P. 1
Pengorganisasian Aktivitas Individu

Pengorganisasian Aktivitas Individu

|Views: 102|Likes:
Published by sofyahannisaa

More info:

Published by: sofyahannisaa on Feb 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/09/2012

pdf

text

original

Pengorganisasian Aktivitas Individu

‡ ‡ ‡ ‡ Pertanggungjawaban Wewenang Delegasi Sentralisasi dan Desentralisasi .

Pertanggungjawaban ‡ Tanggung jawab merupakan metode penyaluran aktivitas individu dalam organisasi yang paling mendasar ‡ Tanggung jawab adalah kewajiban atau komitmen pribadi untuk menangani suatu pekerjaan yang dibebankan sebaik mungkin sesuai dengan kemampuannya ‡ Deskripsi pekerjaan adalah suatu daftar aktivitas tertentu yang harus dilaksanakan oleh siapapun yang memegang posisi .

Pertanggungjawaban Terdapat tiga bidang yang berhubungan dengan tanggung jawab .

. metode kesamaan fungsional adlah hal yang paling dasar dalam pembagian aktivitas kerja. ‡ Berdasarkan teorisi manajemen.Pembagian aktivitas kerja ‡ Satu individu tidak berkewajiban atau bertanggung jawab melaksanakan semua aktivitas dalam suatu organisasi.

Pembagian Aktivitas Kerja Memeriksa Tujuan Tujuan Merancang Aktivitas yang Perlu untuk Mencapai Tujuan Merancang Pekerjaan dengan Mengelompokkan Aktivitas yang SAma Membuat Individu Bertanggung Jawab bagi Pelaksannan Pekerjaan .

Menguraikan berbagai hubungan tanggung jawab yang ada dalam organisasi Meringkas bagaimana tanggung jawab dari berbagai manajer dalam organisasi berhubungan satu dengan lainnya. 2.Menegaskan Aktivitas Kerja Manajemen ‡ Tujuan : Menjamin bahwa tidak ada tumpang tindih atau kesenjangan di dalam meyakini pertanggungjawaban manajemen yang ada dan bahwa manajer hanya melaksanakan aktivitasaktivitas yang menyebabkan tercapainya tujuan sistem manajemen ‡ Diperlukan pedoman tanggung jawab menajemen yang dapat membantu anggota organisasi di dalam 1. .

Sikap dan Nilai-Nilai Pribadi . Perilaku kepada bawahan 2.Bertanggung Jawab ‡ Empat Dimensi Penting dari Perilaku Manager yang Bertanggung Jawab : 1. Perilaku dengan tingkatan manajemen yang lebih tinggi 3. Perilaku dengan kelompok lain 4.

Wewenang ‡ Wewenang adalah hak untuk melaksanakan atau memerintah ‡ Wewenang memungkinkan pemegangnya bertindak dengan cara tertentu dan mempengaruhi secara langsung tindakan dari orang lain melalui perintah yang dikeluarkannya .

‡ Chester W. Individu secara fisik dan mental mampu menyesuaikan diri dengan perintah tersebut . individu bisa mengerti perintah yang dikomunikasikan 2. Individu percaya bahwa perintah tersebut konsisten dengan tujuan organisasi 3.Barnard menyatakan : Wewenang hanya akan diterima jika 1. Individu melihat perintah tersebut sesuai dengan kepentingan pribadinya 4.

Wewenang Lini b.Jenis Jenis Wewenang ‡ Tiga tipe utama wewenang yang ada dalam organisasi a. Wewenang Staf c. Wewenang Fungsional .

.

Delegasi Kendala bagi proses pendelegasian: ‡ Kendala yang berhubungan dengan penyelia ‡ Kendala yang berhubungan dengan bawahan ‡ Kendala yang berhubungan dengan organisasi .

Dimanakah letak pelanggan organisasi bertempat? 3. Apakah kreatifitas adalah ciri yang menguntungkan dari organisasi? . Seberapa homogennya lini produk dari organisasi? 4. Dimanakah letak pensuplai organisasional? 5.Sentralisasi dan Desentralisasi Beberapa pertanyaan spesifik yang bisa dipertanyakan untuk menentukan jumlah desentralisasi yang sesuai untuk suatu situasi: 1. Apakah terdapat kebutuhan bagi suatu keputusan yang cepat dalam organisasi? 6. Berapa ukuran organisasi sekarang ini? 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->