P. 1
7 Unsur Kebudayaan Universal

7 Unsur Kebudayaan Universal

|Views: 3,528|Likes:
Published by Mudjie Putra Sazaky

More info:

Published by: Mudjie Putra Sazaky on Feb 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

Mrdeday7z.blogspot.

com
just share and please leave a comment

Minggu, 20 Februari 2011
7 Kebudayaan Universal
Unsur-unsur kebudayaan adalah rincian suatu kebudayaan agar dapat kebudayaan yang khusus. Ada tujuh unsur kebudayaan yang merupakan isi pokok dari setiap kebudayaan yang bersifat universal, yang artinya ada dalam setiap kebudayaan di dunia. Ketujuh unsur kebudayaan universal itu maing-masing mempunyai wujud fisik, walaupun tidak ada satu wujud fisik untuk keseluruhan dari satu unsur kebudayaan universal. Tiap unsur kebudayaan universal dapat dipeinci ke dalam unsur-unsurnya yang lebih kecil sampai beberapa kali. Dari beberapa pendapat yang ada tentang unsur kebudayaan universal, pendapat C. Kluckhohn yang sering dijadikan sebagai referensi. Pendapat C. Kluckhohn tentang tujuh unsur kebudayaan merupakan hasil inti sari dari pendapat-pendapat lainnya. 1.Sistem kepercayaan (sistem religi)

Merupakan hal-hal yang berbau agama.Dalam hal ini bisa dibilang budaya yang mistis. Seperti animisme,Dinamisme,dsb.Biasanya terdapat bacaan-bacaan dan juga ritual-ritual dalam pelaksanaan system kepercayaan ini. 2.Sistem pengetahuan.

Unsur ini termasuk penting,jika tidak adanya pengetahuan yang memadai maka budaya tersebut tidak akan tercipta apalagi berkembang.pengetahuan sangat berguna untuk memicu timbulnya ide-ide yang baru dan kreatif sehingga budaya tersebut dapat dipertahankan.

Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi. Terlahir karena manusia memiliki hawa nafsu dan keinginan yang tidak terbatas dan selalu ingin lebih sehingga budaya menjadi dimanfaatkan untuk hal tersebut. 5. 4. .Peralatan dan perlengkapan hidup manusia.3.Sistem kemasyarakatan Sistem yang muncul karena kesadaran manusia bahwa meskipun diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna namun tetap memiliki kelemahan dan kelebihan masing – masing antar individu sehingga timbul rasa utuk berorganisasi dan bersatu.sehingga timbulnya peralatan-peralatan baru yang bisa digunakan sebagai pelengkap dan juga sebagai keindahan tersendiri. Dengan budaya yang berkembang.

2.secara tidak langsung manusia berpikir dan akhirnya terciptalah unsur-unsur kebudayaan yang ada saat ini.com/2008/09/unsur-unsur-budayauniversal.Bahasa Sesuatu yang berawal dari hanya sebuah kode. Dan opini saya tentang unsur-unsur budaya adalah: 1.6. Unsur budaya adalah suatu hal yang membentuk dan merupakan hal yang penting agar budaya tersebut dapat terbangun. Karena untuk memenuhi kebutuhannya.dan terus menggali potensi dari setiap unsur-unsur budaya yang ada. Unsur budaya terbentuk secara alami dan dari kesadaran manusia itu sendiri. Unsur budaya bisa dikembangkan di masa mendatang.html . 3.mungkin budaya yang ada saat ini tidak akan berkembang dengan cepat. Sumber:http://geo-redaksi.dengan cara melestarikan budaya tersebut. Bahkan sudah ada bahasa yang dijadikan bahasa universal seperti bahasa Inggris.blogspot. 7.Kesenian Setelah memenuhi kebutuhan fisik manusia juga memerlukan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan psikis mereka sehingga lahirlah kesenian yang dapat memuaskan hati setiap orang.tanpa unsur-unsur tersebut. tulisan hingga berubah sebagai lisan untuk mempermudah komunikasi antar sesama manusia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->