AGUS SISWANTO 42 Ketika Rhonda Byrne menerbitkan The Secret, gemanya nyaris memenuhi planet ini.

Dunia seolah tersentak, The Secret tidak lagi menjadi rahasia bagi siapapun. Dalam pandangan Rhonda, The Secret adalah rahasia kesuksesan yang dimiliki tokohtokoh besar dan sejumlah orang sukses dari berbagai belahan dunia sejak zaman 3000 tahun sebelum Masehi hingga abad modern sekarang. Berpijak pada Hukum Ketertarikan (Law of Attraction), Rhonda Byrne berhasil mengemas The Secret menjadi sebuah karya menakjubkan dalam bentuk buku, website dan DVD. Pundipundi uangnya pun bertambah. Apa yang dikatakan Rhonda benar adanya. Setiap bangsa di dunia memiliki resep sukses yang cenderung memiliki kesamaan dengan bangsa lainnya di dunia, termasuk Indonesia. Dalam tradisi budaya Nusantara, resep sukses itu terangkum dalam istilah cipta, rasa dan karsa. Tiga komponen kata tersebut merupakan satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan (tritunggal). Pada masa lalu, kemampuan manusia dalam mengolah cipta, rasa, karsa telah menghasilkan peradaban menakjubkan. Cipta, rasa dan karsa merupakan kekuatan manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidup. Inilah yang melahirkan peradaban besar di masa lalu, sebagaimana ditunjukkan orangorang yang hidup pada masa Majapahit, Mataram, Singasari, Demak, Sriwijaya, dll. Begitupula dengan tokoh-tokoh besarnya, seperti Gajah Mada, Hayam Wuruk, Sultan Agung, Prabu Siliwangi, Wali Songo, Sukarno, Arupalaka, Diponegoro, dll. Itulah sebabnya, umumnya orang-orang tua dahulu sering mengatakan bahwa apabila kita bisa menyelaraskan 3 komponen kata di atas, maka kita akan bisa merasakan nikmatnya kehidupan (kemakmuran dan kebahagiaan). Ketiga komponen (cipta, rasa dan karsa) tersebut merupakan bagian dari sistem kebudayaan Nusantara yang tak terpisahkan dari bingkai utamanya, yaitu spiritualitas. Penyederhanaan Makna Makna cipta, rasa dan karsa memang terkesan sulit dipahami. Terutama pemahaman hakekatnya. Banyak yang mengetahui ketiga istilah tersebut, tetapi tidak banyak yang mengetahui cara menggunakannya. Penyederhanaan diperlukan untuk lebih memahami maknanya, sehingga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila dikaji lebih jauh, ternyata makna ketiga kata itu sederhana. Meski begitu, terdapat perbedaan cara dalam menerapkannya. Perbedaan itu terletak dalam tradisi daerah masingmasing (budaya turun temurun, seperti ritual-ritual, tapa brata, kaharingan, kejawen, dll.) dan dalam tradisi dengan unsur keagamaan samawi, seperti puasa, zikir, tarekat dan ajaran tasawuf. Tetapi hakekatnya tetap sama.

´ (HR. Banyak riwayat Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan dan mendorong seorang hamba untuk berdoa. disentuh dan dimanfaatkan (berdaya guna). Al Baqarah: 186). Pengabulan doa bisa sesuai dengan yang diminta hambaNya. Qaf:16). Tirmidzi dari Ibnu Mas¶ud). ditangguhkan hingga hari kiamat atau dijauhkan dari suatu keburukan. Al Mukmin: 60). 00. Setelah sesuatu tercipta dalam pikiran yang disusul dengan merasakan hasil ciptaannya. Bahkan ia harus meminta kepada Allah saat tali sandalnya putus.´( Q.8.THN Berdoa Doa adalah permohonan hamba kepada Tuhan.42.´ Para ulama juga seringkali menegaskan kedekatan antara manusia dengan Tuhan. Cara Menggunakan . Doa pasti dikabulkan Allah SWT. Hal ini tercantum dalam FirmanNya: ³(Dan) Tuhanmu berfirman: µBerdoalah kepadaKu.19. sehingga dapat dilihat. rasa dan karsa adalah saat sedang berdoa.S. ³Dia bersama kamu di manapun kamu berada.´ (HR.S. Tahap berikutnya adalah rasa atau merasakan sesuatu yang tercipta dalam pikiran. ³«dan kami lebih dekat kepadanya daripada urat leher. Pengabulan doa dari Allah SWT bersifat pasti dan hanya Dia yang dapat mengabulkan doa. Mereka mengingatkan kita tentang ayat-ayat Al Quran yang berbunyi: ³Maka dimanapun kamu menghadap. maka (jawablah) bahwasanya Aku dekat.´ (QS.´ (Q. karena sesungguhnya Allah senang apabila dimintai (sesuatu).00. Sesuatu yang kita ciptakan dalam pikiran seolah-olah sudah maujud dan kita dapat merasakan kehadirannya. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepadaKu.S. Cara menggunakan cipta.´ (QS. Hadits Rasulullah SAW mengungkapkan: ³Doa adalah pangkal (otak)nya Ibadah´ dan ³Masing-masing kalian harus meminta kepada Tuhan kalian atas semua kebutuhan. di situlah wajah Allah. cipta berarti keinginan menciptakan sesuatu (tahap awal berada dalam pikiran). Tirmidzi). Al Hadid: 4).´(Q. Dalam berdoa terdapat adab tertentu yang dicontohkan Rasulullah SAW. Al Baqarah: 115). niscaya akan Aku kabulkan bagimu. diantaranya :³Mintalah kepada Allah akan kemurahanNya. Seperti dikatakan Imam Husain ra. Dibutuhkan kekuatan visualisasi atau daya cipta terhadap keinginan itu. ´Nabi SAW memiliki kebiasaan mengangkat tangannya ketika beliau berdoa dan memohon kepada Allah seperti pengemis yang meminta-minta untuk mengharap suatu makanan.Secara singkat dapat dikatakan. maka dilanjutkan dengan karsa atau berupaya mewujudkan keinginan tersebut secara nyata. ³(Dan) apabila hamba-hambaKu bertanya tentang Aku.

Visualisasi adalah salah satu daya cipta yang sangat kuat dalam benak kita. rasa dan karsa adalah sbb: Cipta Proses penerapan cipta ini menggunakan kekuatan pikiran dan imajinasi. Sehingga kita harus percaya apa yang kita minta sudah menjadi milik kita dan telah menerimanya. maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah harus jelas apa yang sungguh-sungguh kita inginkan. kita biasanya juga berdoa untuk hal-hal khusus yang diinginkan. Seseorang yang berdoa dengan keyakinan penuh seperti ini akan terlihat ekspresi wajahnya usai berdoa. Kemudian lakukanlah visualisasi terhadap keinginan itu. Untuk mempermudah visualisasi. Sehingga kita harus memahami arti dan makna dari doa-doa yang kita panjatkan. gunakanlah gambar atau foto. orang yang beribadah harus sungguh-sungguh dalam ibadahnya dan keinginannya harus kuat. pendamping hidup. seolah-olah kita sedang membentuknya. Kita harus selalu berprasangka baik kepada Tuhan. yaitu diliputi perasaan bahagia.Tujuan doa seperti diuraikan di atas adalah untuk membentuk imajinasi orang yang berdoa sesuai dengan syariat agama. Tidak ada batasan terhadap apapun yang diinginkan. Karena sesuatu yang Allah SWT berikan tidaklah berat bagiNya. Inilah sebenarnya yang dimaksud agar dalam berdoa harus dilakukan dengan sungguhsungguh dan yakin doanya pasti dikabulkan. Setelah kita menggunakan daya cipta terhadap keinginan. Umumnya doa itu diucapkan dalam bahasa ibu. Apapun permohonan kita tidaklah sulit bagi Tuhan untuk mengabulkannya. dll. Katakanlah kita menginginkan rumah. Dengan demikian. Gambar tersebut akan membantu kekuatan daya cipta terhadap apa saja yang kita inginkan. Pada saat berdoa atau memohon kepada Tuhan. Adapun cara menerapkannya dalam konteks cipta. Agar daya cipta terhadap apa yang kita inginkan menjadi jelas. senang dan gembira. Selain memanjatkan doa sebagaimana diatur dalam syariat agama. lalu letakkan di manapun kita dapat melihatnya setiap saat. maka ambillah gambar rumah. Misalkan. Rasa Cara menerapkannya menggunakan kekuatan perasaan batin atau emosi jiwa. keinginan memiliki pekerjaan. uang. Buatlah skala prioritas dalam catatan keinginan dan tumbuhkan hasrat terhadap keinginan. maka dilanjutkan dengan merasakan dalam batin bahwa keinginan tersebut telah hadir dan dirasakan. karena Tuhan mengikuti persangkaan hamba-hambaNya. maka kita harus mengetahui apa yang kita minta atau mohonkan itu. tulislah apa yang diinginkan tersebut dengan jelas. sepanjang untuk kebaikan sendiri. rumah. Dengan kata lain. Meski saat berdoa . ketika kita menginginkan sesuatu dalam kehidupan. Ketika memvisualisasikan sesuatu.

maka dalam tahap selanjutnya keinginan itu harus diupayakan maujud sehingga dapat dilihat. meski sebelumnya orang itu yang meminta. Karena itu. Bersyukurlah dengan apa yang sudah dimiliki dan lakukan pekerjaan apa saja. Jadi jangan main-main dengan doa. Jadi yang perlu dilakukan adalah bekerja (apapun pekerjaan itu) dengan perasaan sungguh-sungguh dan ikhlas dalam menjalaninya. Ketiga istilah tersebut merupakan warisan para leluhur negeri ini dan pernah menghasilkan peradaban besar. cipta. karsa. keinginan itu harus jelas dan jangan setengah-setengah. rasa dan karsa. Jangan diam atau duduk bermalas-malasan. Anda berminat mencobanya ? . Kita bisa memulainya tanpa bekal apapun. cipta. Tentu sia-sia saja keinginan itu. Tuhan yang akan membuatkan jalan untuk mencapai keinginan kita. tetapi dengan hasrat yang tidak terlalu menggebu-gebu atau sekadarnya saja. ketiga istilah tersebut tidak harus berurutan. biasanya tidak akan betah bekerja di perusahaan tambang tersebut. Misalkan. Karsa Karsa bermakna keinginan atau kemauan yang kuat. Cara adalah urusan Tuhan. rasa. Harus sungguh-sungguh. rasakan seolah-olah kita telah menerima apa yang kita inginkan. Apabila dalam tahap cipta dan rasa. Persoalannya adalah dengan cara bagaimana mewujudkannya? Tugas kita sebenarnya bukanlah menemukan bagaimana caranya. Keraguan dapat merusak daya cipta dan perasaan kita sendiri. serta tanpa tahu jalan mana yang harus dilalui. Demikian sekelumit rahasia kekuatan cipta. Sangatlah penting untuk merasa diri kita selalu dalam keadaan baik dan bahagia. Sebab cara itu akan muncul dengan sendirinya dari komitmen dan keyakinan pada apa yang diinginkan. disentuh dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Bisa saja dimulai dari cipta. seseorang memiliki keinginan untuk bekerja di perusahaan pertambangan. Tuhanlah yang selalu tahu cara tersingkat. Sebab Tuhan akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Hal ini terjadi karena hasratnya memang tidak ada. Meskipun tampak yang dikerjakan saat ini tidak sesuai dengan keinginan-keinginan yang diharapkan. tetapi yakinlah keinginan itu akan terwujud. Itulah sebabnya. karsa atau karsa. Bebas-bebas saja. Harap difahami. keinginan-keinginan itu masih tak kasat mata.tangan bergetar dan mata berlinang air mata. Karsa berarti kekuatan untuk mewujudkan keinginan tersebut menjadi nyata. Bahkan terkesan menolak pemberian Tuhan. kita harus benar-benar berhasrat terhadap apapun yang diinginkan. Pada intinya tidak boleh ada keraguan sedikitpun. Ketika kemudian keinginan itu tercapai. rasa atau rasa. Dengan kata lain. tercepat dan terharmonis dalam mewujudkan keinginan kita. Seperti diuraikan sebelumnya.

ketika belajar berbicara. kita sesungguhnya sedang terhubung dengan energi Ilahi yang tanpa batas sebagaimana firmanNya : 'Dan Allah beserta orang-orang yang sabar. keterplesetan.Tentang hal ini. barangkali nilai kepuasannya tidak sedahsyat ini. Saat itu. Hal tersebut mengajarkanku bahwa untuk mencapai puncak harapan. Seorang bayi. Dan dalam kesabaran. ternyata puncak tidak sedekat yang kami kira. ditambah lagi kambuhnya rasa nyeri di kaki akibat terjatuh dari motor setahun sebelumnya.Dengan langkah gontai penuh kecewa. akan selalu ada berbagai rintangan . saya paksakan kaki ini untuk melangkah.Luar biasa Puas karena keindahan gunung itu lebih dari apa yang kami bayangkan sebelumnya . Tanpa terasa. Sebelum seorang anak bisa berjalan.Indahnya Kegagalan Suatu hari saat kuliah dulu. dan kepuasan yang lain adalah karena kami telah berhasil melewati berbagai rintangan dan hambatan. saya dan teman-teman hiking ke salah satu gunung tertinggi di Jawa barat. beberapa kali saya terpeleset. dan kalimat. sebagaimana Musa as yang berada dalam puncak keterbatasannya saat Fir`aun dan tentaranya kian mendekat sementara di hadapanNnya tidak ada jalan lain kecuali lautan. dan dengan penuh semangat kami percepat langkah kami . Syeikh Muhyiddin Ibnu Arabi berkomentar Tuhan menemukan kesempurnaaNya dalam keterbatasan kita. begitu fikirku saat itu. atau sebagaimana sebuah hadist Qudsi yang mengatakan. energi Tertinggi yang Tak Terbatas senantiasa hadir di tengah -tengah kita . kami pun berteriak kegirangan. kekecewaan atau keterjatuhan dalam konteks ini saya akan mengistilahkannya sebagai kegagalan. Akhirnya. semuanya semakin menambah berat perjalananku. Artinya di setiap puncak kesulitan dan keterbatasan kita Sumber Energi Tertinggi senantiasa hadir dan mencurahkan kuasaNya pada kita. segala keterbatasan kita menjadi tak terbatas. pasti mengalami jatuh berkali-kali. agama seringkali mengajarkan kita untuk sabar dalam menghadapi segala hambatan di hidup ini. 2:153/ 8:66) Saat dipuncak kegagalan dalam keterbatasan kita.Tapi ternyata. Untuk itulah . Sebelum mereka berhasil mempersembahkan penemuan yang gemilang. segala ketidakmungkinan kita menjadi MUNGKIN Kegagalan merupakan anak tangga menuju sukses Di balik manisnya kesuksesan selalu ada setumpuk kegagalan. kata. kami saling menguatkan hati satu sama lain.' (QS. atau sabar dalam menerima dan kemudian melewati kegagalan demi kegagalan. terjatuh hingga badan berlumuran Lumpur. Cuaca yang dingin berkabut.andaikata satu kedipan mata sudah ada di puncak gunung tersebut . Aku hadir dalam hati orang-orang yang remuk. membuat perjalanan tersebut kian berat kurasakan. Belum lagi rasa letih dan pegal akibat membawa ransel yang membebani punggungku. mereka banyak mengalami . puncak gunung terlihat sudah di depan mata. bahkan berlari. sampailah kami pada puncak gunung itu dalam keadaan bahagia dan luar biasa puas. sesungguhnya . harus melewati kegagalan dalam mengucapkan huruf. Karena kondisi jalan yang licin akibat baru terguyur hujan. kami masih belum mencapainya. saat itulah Sang Maha Terbatas men campur tangani urusan Musa dengan membelahkan lautan untuk beliau alaihissalaam. dan terus berjalan merangkak menuju puncak. Kegagalan juga dialami oleh para ilmuwan. sudah lebih dari lima belas menit kami berjalan.

dan lagi-lagi hanya bukit batu keringlah yang ia dapat. hanya satu yang berhasil membawa sukses: penemuan bola lampu. apakah ini perintah Allah? . tanpa mengeluh ia berusaha bergerak berlarian ke sana kemari mencari seteguk air bagi anaknya. karena keringat merekalah kita tumbuh seperti ini. Penulis buku best seller Chicken Soup for Soul pernah mengalami penolakan sebanyak 36 kali dari berbagai penerbit sebelum bukunya pada akhirnya diterbutkan. Mereka bahkan memasukkan kegagalan dalam rencana sukses mereka. Demikian juga dengan olahragawan. Lagi-lagi Ibrahim tidak menjawab kecuali menunduk haru sambil bergegas pergi.Saat harapan seolah tada lagi. Wahai suamiku mengapa engkau tinggalkan kami. sang guru besar teladan kepasrahan. dan dari marwah ke shofa yang panas dan tandus. tak ada air setetes pun. laku keras.Kita kembali ke kisah tadi.Ketika jalan itu berhasil mereka lalui.Hal ini mengingatkan kita pada perjuangan ibu kita. Jack Canfield.kegagalan (puluhan. kecuali menunduk sambil bergegas meninggalkan isteri dan buah hatinya tersebut. mengapa engkau tinggalkan kami. Maha besar Tuhan. bahkan ratusan kegagalan) dalam percobaan dan riset yang mereka lakukan. Sang bayi Ismail pun menangis keras .Suaminya mengangguk sambil menjauh dari pandangan. ketaatan tanpa mengeluh. kesabaran. Ibrahim terdiam . air memancar dari tempat ia berdiri. sebelum mereka berhasil membukukan sukses.Dengan kesabarannya. Hajar berusaha menyusuinya. kembali ia berlari ke bukit Shofa dan lagi-lagi hanya batuan kering yang ia dapatkan. bertanyalah Siti Hajar. Wahai suamiku. akhirnya sampailah Siti Hajar di bukit Shofa yang dari jauh terlihat seperti ada air ternyata kering tak ada air setetes pun. dan ayah kita yang telah membesar kita dengan susah payah. ia melakukan banyak kesalahan dan mengalami ratusan percobaan yang gagal. namun malang air susunya tak keluar setetes pun.Untuk keduakalinya Hajar bertanya lagi. Hal yang sama juga dialami oleh para pebisnis sukses. Belajar dari Siti Hajar Barangkali kita ingat sejarah Siti Hajar as.Pada masa lalu. perjuangan dan cinta suci.Saat tangis sang bayi kian keras.Di Marwah kembali ia berdiri dan terlihat ada air di bukit Shofa. Wahai suamiku. dan sukses. begitulah hingga tujuh balikan ia berlarian dari shofa kemarwah. rasa letih dan haus telah sampai pada puncaknya. meninggalkan Siti hajar bersama Ismail kecil di tengah padang gersang menyendiri. Saat Ibrahim sang suami meninggalkannya. Bahkan dari ratusan percobaan tersebut. Hajar bertanya lantang pada suaminya Ibrahim yang kian jauh dari pandangan.Di Shafa ini Siti Hajar berdiri dan melihat air di Marwah bukit batu yang satunya. dengan semangat bergegaslah hajar ke Marwah untuk mendapatkan air bagi anaknya. Kegagalan mereka antisipasi dalam perjalanan meraih sukses. mereka mengambil pelajarannya dan terus melaju meraih yang mereka citacitakan. Sebelum Thomas Alva Edison menemukan bola lampu yang berhasil merevolusi kehidupan manusia. Hajar merasakan basah pada telapak kakinya. sehingga mereka pun bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk melewati jalan yang penuh kesulitan. hajar bangkit . diangkatlah kedua kakinya dari tempat tersebut yang bergemuruh. serta merta ia membuat kubangan air dengan kedua tangannya sambil berkata . tiba-tiba saat memohon ampunan dan rahmat dari Tuhannya. mereka juga harus melewati jalan yang sama: kegagalan. tak ada setetes air pun yang didapat. Siti Hajar bersama bayinya Ismail yang masih merah ditinggalkan Ibrahim as kepala rumah tangga mereka di tanah tandus tak berpenghuni. menangis tanpa sanggup berkata apa-apa.

dirasakan nabi dan para sahabat selama kurang lebih dua tahun. bila kita menyerah ditengah jalan begitu saja. barangkali saat ini tidak akan ada lampu. para Muhajirin . Demikian pula dengan Thomas Alpha Edison yang pada akhirnya berhasil menciptakan sebuah bola lampu dari seribu kali kegagalan sebelumnya. Hilangnya kedua figur yang sedari awal menjadi tulang punggung dakwah itu memiliki implikasi besar bagi suasana psikis nabi. berkumpulah zam-zam. ketidakberdayaanku. kita pun harus pula sabar melintasi shafa marwah kegagalan kita sendiri sebelum akhirnya pertolongan Tuhan hadir ditengah-tengah kita. itulah awal mula munculnya mata air Peristiwa tersebut mengajarkan kepada kita bahwa sebelum Hajar memperoleh Zam-zamnya yang tidak pernah mengering. Atau berkumpulah .Ya. atau barangkali kita tidak akan mendengar nama Thomas Alpha Edison sebagai penemu lampu. Maka demikian halnya dengan kita.Sebagaimana sabarnya Hajar melintasi shofa marwah kegagalannya. Wahai yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi! Engkau Tuhan orang-orang yang lemah dan Engkau adalah Tuhanku. secara historis bahwa kemenangan atau kesuksesan spiritual Arrosul yaitu Israk Mikraj (tahun ke-10 kenabian) dan awal kesuksesan politis-sosiologis beliau yaitu berdirinya Negara masyarakat Madinah didahului sebuah tragedi penting: yaitu Tahun Duka Cita . ia harus melintasi perjalanan bulak-balik shofa marwah dalam rangka mencarikan air baginya dan anaknya yang ternyata tidak ditemukannya di kedua bukit tersebut. Namun. Sejalan dengan itu.Pada tahun ini sirah mencatat tentang mangkatnya Khadijah (isteri Nabi) pendukung ekonomi perjuangan Nabi dan dan berturut-turut pada tahun yang sama Abi Thalib (paman) yang mendukung perjuangan beliau secara politis wafat. yakni para pengikut Nabi yang hijrah ke Ethiopia yang dipimpin oleh ja`far sepupu Nabi diusir. kepada-Mu aku mengeluhkan kelemahan-kelemahanku. dan dipecundangi oleh sesuatu yang kita kita mnyebutnya sebagai kegagalan Belajar sabar dari Nabi Muhammad yaitu Orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka (QS Al-Hajj. rahmat-Mu .zam zam Zam. barangkali tidak pernah ada zam-zam. andaikata saat baru puluhan atau ratusan kali gagal ia menyerah. 22: 35) Kita tahu. Pahitnya boikot terhadap kebutuhan pangan dan komunikasi. dan kehinaanku di hadapan manusia. jika Engkau tidak murka kepadaku. Kepada siapakah Engkau hendak menyerahkan diriku? Kepada orang-orang asing yang bermuka masam terhadapku atau kepada musuh yang Engkau takdirkan akan mengalahkanku? Hal itu tidak aku risaukan. dan politis mereka atas nabi dan pengikut-pengikut awalnya. ekonomis. mata air cinta yang tidak pernah mengering.Pada tahun yang sama. barangkali kita tidak akan menemukan kesuksesan kita. . Hadist Riwayat Ahlul bait (Keluarga Nabi) menggambarkan betapa berat tekanan psikis yang ditanggung Nabi saat itu terlihat dalam doa yang beliau panjatkan yang dikenal dengan Doa Thoif : "Ya Allah.Andaikata Siti hajar saat itu menyerah belum sampai 7 balikan misalnya baru enam kali bulak-balik shofa marwah ia berhenti dan pulang mengejar Ibrahim. kaum Quraisy gencar meningkatkan tekanan-tekanan psikis.

justeru ayat-ayat yang berisi janji -janji Allah berupa kemenangan yang dekat turun silih berganti untuk menguatkan hati arrosul. mampu menjalani hidup dengan lebih efektif dan produktif .Beberapa tahun setelahnya. siap-siaplah untuk meraih kesuksesan. Keindahan juga merupakan sumber kebahagiaan. Aku senantiasa mohon rida-Mu. keikhlasan akan bertemu dengan kebahagiaan moral. Pikiran selalu mencari data dan bukti nyata. Tapi kesulitan kita belajar ikhlas itu karena pikiran kita sudah terlalu lama tidak sederhana. fokus. Padahal. bahwa kegagalan dalam wujud kesedihan. damai. kemenangan demi kemenangan dating silih berganti.Karena dengan hati yang ikhlas kita bisa berpikir lebih jernih."(1) Pada tahun tahun penuh kesulitan tersebut . Maka demikianlah. Karena itu ikhlas justru sangat powerful untuk diterapkan di semua bidang kehidupan. Selama ini para motivator selalu mengajar untuk berpikir positif. kata Erbe Sentanu. Tapi kalau hidup mengandalkan fisik. jelas terbatas. Sayangnya. kebahagiaan moral dan kebahagiaan spiritual. dan benarlah demikian. kekecewaan dan yang lainnya adalah merupakan langkah awal dari sebuah kesuksesan. bersyukur. sifatsifat yang dimiliki Tuhan. Hati itu bicaranya sederhana dan ikhlas itu kerja yang paling gampang. kebahagiaan dari kapasitas intelektual. jika panas berteduh.000 kali kekuatan pikiran. tinggal apakah hati kita cukup lega . Jika capek. kita duduk. yaitu kebahagiaan fisikal. siap-siaplah untuk menghadapi kegagalan-demi kegagalan berikutnya hingga seterusnya. Di antaranya. sebagian orang malah keliru menafsirkan ikhlas dengan menggolongkannya sebagai sikap yang lemah. Sedangkan kebahagiaan spiritual akan kita rasakan saat kita bersyukur atau berterima kasih atas segala hal yang kita terima. akan tetapi bila tidak. mulai dari keberhasilan hijrah beliau ke Yatsrib yang kemudian menjadi sebuah tatanan masyarakat Madani yang bernama Madinah. kejatuhan. Ikhlas Tuhan melalui berbagai ajaran agama telah mengajarkan kita menerapkan ikhlas agar kita mendapatkan apa pun yang kita inginkan. namun ternyata berperasaan positif juga penting untuk menggapai apa yang kita impikan. Sementara itu. Oleh : Akbar Kuspriadi. pelopor Teknologi Ikhlas dalam roadshow seminar buku yang ditulisnya Quantum Ikhlas .Bila ya. skenario Allah berjalan.bagiku amat luas. dan seterusnya hingga Fuuttuh Makkah. cinta. kata Komarudin Hidayat. sabar. Kebahagiaan fisikal menurut Komarudin Hidayat adalah yang terkait dengan fisik kita. Aku berlindung dari murka-Mu. keterpurukan . Pada seminar yang diselenggarakan oleh Katahati Institute dengan Elex Media Komputindo ini juga tampil rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Aku menyerahkan diri pada cahaya-Mu yang menerangi segala kegelapan dan menentukan kebaikan urusan dunia dan akhirat. dan bahagia. karena ternyata kekuatannya 5. cerdas dan bijaksana. Kondisi ikhlas bisa membawa manusia menjadi sangat kuat. Kebahagiaan kapasitas intelektual kita dapat dari membaca buku. atau lapang untuk menerimanya. di dalam ikhlas terdapat sifat-sifat ilahiah. Nabi diberikan kemenangan spiritual berupa diperjalankan (isra ) dan dinaikkan (mi raj) menuju ke haribaan-Nya. Karena tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas perkenan-Mu. Komarudin Hidayat memaparkan lima tangga kebahagian. keindahan. Grand Master Reiki Neo Sufi Jangan meremehkan kekuatan hati atau perasaan. yakni dengan merasakan ikhlas. Komarudin Hidayat dengan moderator mantan model Auk Murat. membuat artikel atau tulisan.

seorang reporter bertanya kepada seorang pelatih tim pingpong Cina mengenai bagaimana tim tersebut berlatih. Galilah kekuatan Anda dan hiduplah di dalamnya maka kesuksesan akan menjadi milik Anda. Dia memberi contoh lebih lanjut tentang salah satu pemain yang memukul bola dengan pukulan forehand. Pemain tersebut tidak mempunyai pukulan backhand yang baik. anda akan memiliki hidup yang penuh dengan sukses kebahagiaan lahir batin yang sempurna. Jika anda selalu berhasil merasa bahagia dan ikhlas di hati. Ilustrasi sederhana ini merupakan pengingat hebat untuk menerapkan hal yang sama dalam memaksimalkan kekuatan-kekuatan kita di setiap sektor kehidupan. kata Erbe Sentanu. Pelatih tim tersebut mengatakan bahwa mereka meluangkan paling tidak delapan jam setiap hari untuk melatih titik-titik kekuatan mereka. Inilah yang dilakukan oleh orang-orang yang sukses. Bahkan hubungan dengan siapa pun akan terjalin semakin menyenangkan. Beberapa tahun yang lalu. Karena kita mempunyai kekuatan dan juga kelemahan. .untuk mencapai tujuan. mereka berfokus untuk terus mengembangkan kekuatan mereka dan mendelegasikan semua yang lainnya. Kekuatan kita adalah hal-hal yang dapat kita lakukan dengan sangat baik dan membuat kita bergairah. Kalau kita mau maksimal maka kita perlu fokus untuk mengembangkan kekuatan kita. Melakukan hal itu sangat mudah bagi kita dan sangat menyenangkan. Tidak ada manusia yang sempurna. ini berarti kita tidak bisa melakukan semua hal dengan sama baiknya. Kekuatan kita memberitahukan kepada kita mana yang bisa kita lakukan dengan baik dan mana yang sulit kita lakukan. Latihan sejenis ini meningkatkan kekuatan sampai titik maksimumnya dan kekuatan-kekuatan tersebut mengkompensasi kekurangan-kekurangan mereka. maka dia hanya menggunakan forehandnya dengan begitu efektifnya sehingga tidak dapat dikalahkan. Setiap kita mempunyai kekuatan tapi juga mempunyai kelemahan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful