P. 1
15 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

15 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

|Views: 135|Likes:
Published by Resti Kuple

More info:

Published by: Resti Kuple on Feb 09, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/09/2012

pdf

text

original

15 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

³Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.´ Ungkapan itu sangat benar. Tentu saja, karena jika tubuh sehat, Anda akan mampu berpikir dan berbuat apa saja. Manfaat latihan kebugaran jasmani, apa pun bentuknya, pasti membawa nilai-nilai positif. Terlebih, bagi tubuh. Di balik segala macam bentuk olahraga tersebut, tahukah Anda apa saja manfaat olahraga itu? Mari kita simak satu per satu manfaat kebugaran jasmani. 1. Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Obesitas Selain karena zat-zat makanan atau energi berlebih yang tertimbun di dalam tubuh, kegemukan dan obesitas juga bisa terjadi karena tubuh kurang beraktivitas. Itu sebabnya, olahraga merupakan salah satu cara untuk menggerakan tubuh dalam upaya menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar tidak gemuk, apalagi obesitas. 2. Mencegah Penyakit Jantung Ketika tubuh berolahraga, aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh ke jantung menjadi lebih cepat daripada saat tubuh diam. Pada saat itu, otot-otot jantung berkontraksi dengan baik. Semakin sering otot jantung dilatih (dengan olahraga), semakin baik pula kinerjanya. Itu artinya, jantung akan terhindar dari berbagai macam penyakit (seperti stroke, serangan jantung, jantung koroner, atau yang lainnya). 3. Mencegah dan Mengatur Penyakit Diabetes Pada penyakit diabetes tipe 2, kelainan pada insulin kebanyakan terjadi akibat kegemukan dan obesitas. Jadi, agar tubuh terhindar dari penyakit diabetes tipe 2, hindarilah kegemukan dan obesitas. 4. Meningkatkan Kualitas Kehidupan Seksual Saat Anda terbiasa berolahraga, segala bentuk metabolisme tubuh akan berada pada tingkat yang optimal. Termasuk juga dengan sistem hormon, salah satunya sistem hormon seksual. Perlu diingat, berhubungan seksual juga termasuk olahraga. Hal ini karena pada saat berhubungan seksual, Anda membakar banyak sekali kalori yang ada di dalam tubuh.

Dengan kata lain. Menurunkan Risiko Kanker Tertentu Dalam suatu penelitian dikatakan bahwa ternyata olahraga dapat menurunkan tingkat risiko kanker tertentu sebesar 30%. untuk menghindarinya perlu dihindari juga penyakit-penyakit penyebabnya. dan gagal jantung. Jika tubuh rutin berolahraga. . Ini sama saja memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memproduksi banyak energi. Oleh karena itu. termasuk penyakit jantung koroner. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Tekanan darah tinggi bisa terjadi akibat adanya gangguan kesehatan. Anda akan bisa tidur nyenyak. dan multiple myeloma (sumsum tulang). Kanker tersebut misalnya saja kanker kolon (usus besar). Menambah Kepintaran Otak yang pintar adalah otak yang sirkulasi oksigennya lancar. Menurunkan Gejala Depresi Ringan dan Kegelisahan Saat berolahraga.5. stroke. berpikir jernih. dan berbagai hal lain yang bisa menguras energi. kanker paru-paru. Olahraga mampu menghindarkan Anda dari berbagai penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. kanker payudara. olahraga akan membuat Anda senantiasa pintar. Memberi Banyak Energi Anda tentu heran dengan manfaat yang satu ini. Bagaimana mungkin olahraga yang justru mengeluarkan energi bisa memberi Anda banyak energi? Maksud kalimat di atas sebenarnya mengacu kepada efek setelah Anda berolahraga. Mengurangi LDL dan Menaikkan HDL Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa jalan kaki atau jogging selama 24 hingga 32 km per minggu mampu menurunkan "lemak jahat" (LDL = Low Density Lipoprotein) dan menaikkan "lemak baik" (HDL = High Density Lipoprotein). Itu sebabnya. Olahraga mampu melancarakan sirkulasi oksigen ke otak. Hal ini tentu saja mempengaruhi depresi. 9. 8. terhindar dari stres. Dalam sebuah sumber disebutkan bahwa salah satu penanganan terhadap orang-orang yang mengalami depresi ringan adalah diberi latihan olahraga. 6. olahraga mampu menjauhkan Anda dari penyakit-penyakit yang melemahkan kerja otak (seperti pikun dan Alzeimer). 10. tubuh Anda akan merasa rileks. 7.

olahraga adalah salah satu cara yang bisa mengilangkannya. Meningkatkan Citra Diri dan Rasa Percaya Diri Dalam suatu jurnal psikologi disebutkan bahwa sekecil apa pun olahraga bisa meningkatkan citra diri dan rasa percaya diri pada pelakunya. Melindungi dari Osteoporosis Para ahli berpendapat bahwa anak-anak yang banyak bergerak (aktif) akan memiliki tulang yang kuat. pernahkah Anda penasaran dengan usianya? Di tahun 2010 ini dia berusia 51 tahun. Sehingga. mereka terhindar dari risiko osteoporosis (pengeroposan tulang) ketika sudah dewasa. jika dilihat dari fisiknya. Olahraga membuatnya tampak awet muda. Sebuah studi mengatakan bahwa olahraga aerobic dapat mengurangi ketegangan dan membuat Anda semangat lagi. sudahkah Anda berolahraga? Marilah mulai sekarang kita berolahraga! . Meningkatkan Mood Jika Anda sedang bete. dia bak seorang ibu yang baru berusia 35 tahun. 14. 12. 13. Membuat Anak-anak Selalu Aktif Dalam suatu penelitian diungkapkan bahwa ternyata orangtua yang rajin berolahraga membuat anak-anaknya selalu aktif dan ceria. Hal ini tentu saja karena dia rajin berolahraga. Lalu. Membuat Awet Muda Jika Anda melihat artis Minati Atmanegara. 15. Akan tetapi.11.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->