Hati (liver) merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia.

Di dalam hati terjadi prosesproses penting bagi kehidupan kita, yaitu proses penyimpanan energi, pembentukan protein dan asam empedu, pengaturan metabolisme kolesterol, dan penetralan racun atau obat yang masuk dalam tubuh kita. Apabila fungsi hati terganggu maka akan terjadi dampak yang kompleks pada kesehatan tubuh. Berikut akan dipaparkan beberapa gangguan dan kelainan pada hati.

Hepatitis
merupakan peradangan pada sel-sel hati. Peradangan ini disebabkan oleh virus, terutama virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Pada umumnya penderita hepatitis A dan E dapat disembuhkan, sebaliknya hepatitis B dan C dapat menjadi kronis. Sementara itu hepatitis D hanya dapat menyerang penderita yang telah terinfeksi virus hepatitis B sehingga kondisi ini dapat memperparah keadaan penderita.

Sirosis hati
merupakan gangguan hati yang disebabkan oleh banyaknya jaringan ikat pada hati. Sirosis hati ini dapat terjadi karena virus hepatitis B dan C yang berkelanjutan. Berkembangnya virus ini dapat dipicu oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, salah gizi, atau penyakit lain yang disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu. Penyakit ini belum dapat disembuhkan. Sementara itu pengobatan yang dilakukan hanya berguna mengobati komplikasi yang terjadi seperti berak darah, perut membesar, mata kuning, serta koma hepatikum. Perhatikan Gambar 8.12 untuk mengetahui perbedaan hati yang sehat dan terkena sirosis.

bilirubin dan kolesterol di hati. juga dapat menyebabkan terjadinya penumpukan asam empedu. E. Kanker ini sebagai komplikasi akhir dari hepatitis kronis karena virus hepatitis B. Perlemakan hati merupakan kelainan hati akibat adanya penimbunan lemak yang melebihi 5% dari berat hati. dan hemokromatis. dan K oleh usus.Kanker hati merupakan kelainan hati yang disebabkan oleh berkembangnya sel-sel kanker pada jaringan hati. Perlemakan hati sering berpotensi menjadi penyebab sirosis hati. Kolestasis dapat menyebabkan gagalnya penyerapan lemak dan vitamin A. sehingga lemak ini membebani lebih dari separuh jaringan hati. Kolestasis dan Jaundice merupakan keadaan akibat terjadinya kegagalan hati dalam memproduksi dan atau pengeluaran empedu. Kelainan ini dapat dipicu oleh konsumsi alkohol yang berlebih. . D. C.

Sudjino. Penyakit ini bersifat genetik atau keturunan.sentra-edukasi.html . Biologi SMA / MA Kelas IX karangan Siti Nur Rochmah . Trijoko.Hemokromatosis merupakan kelainan metabolisme yang ditandai dengan adanya pengendapan besi secara berlebihan dalam jaringan.com/2011/08/gangguan-kelainan-pada-hati. Meirina Arif Biologi untuk SMA / MA Kelas IX Program IPA karangan Faidah Rachmawati . Biologi Kelas IX karangan Purnomo. Nurul Urifah .Ari Wijayati Praktis Belajar Biologi 2 Karangan Fictor F . Moekti A. Sri Widayati . Suwarni hadisusanto. http://www.

G. Penyakit ini disebabkan oleh serangan virus yang dapat menular melalui makanan. Beberapa jenis hepatitis yang saat ini harus diwaspadai adalah: 1. Virus hepatitis yang sudah ditemukan sudah cukup banyak dan digolongkan menjadi virus hepatitis A. Berolahraga dengan teratur 5. Hepatitis adalah peradangan pada sel-sel hati.(Beberapa Kelainan Kelainan pada Hati) – Gangguan pada hati yang umumnya dijumpai di masyarakat saat ini adalah HEPATITIS atau PENYAKIT KUNING. B. jarum suntik dan transfusi darah. Hepatitis B yang disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB) 3. Penyebab penyakit hepatitis yang utama adalah virus. Menghindari pergaulan bebas (berganti-ganti pasangan) http://www.g-excess. minuman. Hepatitis C yang disebabkan oleh Virus Hepatitis C (VHC) Cara Menanggulangi Kelainan-kelainan Pada Hati Cara mengatasi kelainan-kelainan pada hati diantaranya adalah dengan: 1. E. Menghindari penggunaan obat-obatan terlarang 4.com/4515/beberapa-kelainan-kelainan-pada-hati/ . Disebut demikian karena tubuh penderita menjadi kekuningan. Hepatitis A yang disebabkan oleh Virus Hepatitis A (VHA) 2. dan TT. disebabkan zat warna empedu beredar ke seluruh tubuh. D. Makan makanan yang sehat 3. Sterilisasi penggunaan jarum suntik 6. Pemberian vaksinasi 2. C.

Jahe adalah rempah-rempah yang sangat populer. Selain sebagai bumbu masakan. Meredakan perut kembung. setiap kali terserang flu. dan Afrika. saya akan mengambil jahe segar (500 gr).lagalus. Sariawan . seperti Asia Tenggara. tidak keriput dan tidak berjamur pada saat membelinya. dan selama bertahun-tahun sudah digunakan sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mengobati rematik. Jahe mempunyai rasa yang khas dan tajam yaitu rasa pedas karena mengandung senyawa keton bernama zingeron. Selama bertahun-tahun. Berikut ini beberapa manfaat jahe bagi kesehatan kita : • • • • • • • • • • Menghilangkan rasa mual saat mabuk perjalanan. sebaiknya memilih jahe yang halus. Di Indonesia sendiri. Menurunkan kolesterol. Mengobati nyeri pinggang dan punggung. resep keluarga. rakyak Indonesia di paksa menanam rempahrempah karena jahe memiliki rasa yang hangat dan pedas sehingga menjadi komoditi yang sangat populer di Eropa. Agar jahe dapat awet dan tahan lama. jahe sering di manfaatkan sebagai obat. kemudian minum 4 hingga 5 kali sehari. Pada jaman penjajahan Belanda. seperti air jahe segar. Keunggulan jahe adalah tidak menimbulkan efek samping. Mengobati sariawan. http://www. Mengatasi bau mulut. Mengobati pilek dan hidung tersumbat. Mengobati kram perut. Jahe hangat (rebusan air jahe segar) dapat mengobati berbagai penyakit ringan seperti: 1. simpan ke dalam plastik dan masukkan ke dalam freezer. Jahe segar ini kemudian diiris dan direbus dalam air panas selama 20 menit. Brazil. Kemudian kupas terlebih dahulu.html Kadang kala.com/2012/01/manfaat-jahe. Jahe hanya dapat tumbuh subur di daerah tropis. Karena merupakan bahan alami sehingga aman di konsumsi untuk tubuh. Banyak orang telah menggunakan resep ini dan sembuh dari flu dan pilek. pilek dan sakit kepala. Dengan cara ini jahe dapat bertahan lama dan dapat digunakan kapan saja saat dibutuhkan. Jahe ada sejak jaman dulu. Semoga ulasan tentang manfaat jahe diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Sebagai rempah-rempah alami. wedang jahe sangat di gemari karena memberikan rasa yang hangat pada tubuh. lalu tambahkan gula merah (100 gr). Menurunkan tekanan darah. jahe sudah ada sejak 2500 tahun yang lalu. dapat menyembuhkan secara ajaib beberapa penyakit ringan.

3. . Periodontitis Kumur mulut dengan air jahe hangat pada pagi dan malam hari. 8. Jika tenggorokan terasa sakit atau gatal. Cara ini dapat pula diterapkan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam dan kulit kering. jahe hangat dapat ditambahkan garam dan gunakan 2-3 kali sehari. Minum air jahe sebagai minuman sehari-hari dapat membantu mencegah dan meringankan gejala tersebut. Ketombe Gosoklah jahe mentah ke dalam rambut. Nyeri Pinggang dan Punggung Tambahkan sedikit garam dan cuka ke dalam air jahe hangat.Rebus jahe segar (800 gr) dan masukkan ke dalam mangkok yang siap digunakan. Banyak orang telah menikmati perawatan ini dengan hasil yang baik. Kemudian bilas dan tempel pada tempat yang terasa sakit. Kemudian bilas dengan air jahe hangat. Kerusakan gigi Kumurlah mulut dengan jahe hangat pagi dan malam hari. Metode ini juga dapat membantu mencegah rambut rontok. Enam hingga sembilan kumuran akan memiliki hasil yang luar biasa. 2-3 kali sehari. air jahe akan meningkatkan sirkulasi untuk membantu menghilangkan etanol dari tubuh. Dapat pula ditambahkan madu untuk meningkatkan rasa. Gunakanlah rebusan air jahe hangat tersebut untuk berkumur. Jerawat Cuci wajah dengan air jahe hangat pagi dan malam hari. Cara semacam ini dapat membantu meringankan rasa sakit. 5. 6. Mencuci rambut dengan air jahe merupakan resep kuno peninggalan nenek moyang. Ulangi beberapa kali. mereka memiliki cara khusus menggunakan air jahe hangat untuk mencuci rambut. Kondisi ini akan dapat meringankan bahkan menghilangkan jerawat dalam waktu 60 hari. Di sejumlah toko di Tiongkok. 2. Rendamlah handuk dengan air ini. Migren Rendam tangan dalam air jahe hangat selama 15 menit. Mabuk Minumlah air jahe hangat. Metode ini dapat melemaskan otot dan membantu sirkulasi darah sehingga mengurangi rasa sakit. 7. Ketika seseorang mabuk. 4.

Kemudian keringkan kaki dengan handuk lalu taburkan bedak talk. Pilek Rendam kaki hingga ke pergelangan dalam air jahe panas. Rendam kaki selama 15 menit. Tambahkan garam dan cuka serta tambahkan air hangat secara terus menerus. metode ini juga baik untuk menghilangkan sakit kepala dan batuk. 11. http://erabaru. Metode ini membantu sirkulasi darah dengan cara refleksologi untuk menurunkan tekanan darah. Rendam sampai kaki berubah menjadi merah.9.net/kesehatan/61-pengobatan-alternatif/23256-sebelas-manfaat-jahe-bagikesehatan . Selamat mencoba!! 10. Kaki Bau Tambahkan garam dan cuka ke dalam air jahe hangat. Tekanan darah tinggi Rendam kaki dalam air jahe hangat selama 15 menit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful