Judul Penulis Penerbit Tanggal terbit Jumlah Halaman

Tetralogi Laskar Pelangi #1: Laskar Pelangi Andrea Hirata Bentang Pustaka September - 2005 534

Laskar Pelangi adalah Novel Pertama Andrea Hirata, meskipun penulisnya belum punya pengalaman menulis, tapi karyanya seperti novelis-novelis profesional. Novel ini mengangkat kisah perjalanan hidup sang penulisnya yang bernama Andrea Hirata. Pada saat itu sang penulis akan diterima pada Sekolah Dasar Swasta dan mulai menjalani kehidupan bersekolah saat menduduki awal bangku SD sampai dengan tamat bangku SMP bersama dengan teman-teman sekelasnya yang hanya berjumlah 9 orang di sekolah yang bernama SD Muhammadiyah. Karena jumlah siswanya yang terlalu sedikit, hampir-hampir sekolah ini ditutup lantaran jumlah muridnya dalam 1 kelas tidak memenuhi kuota yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan saat itu yaitu minimal 10 murid siswa per kelasnya. Di saat yang mendebardebarkan akhirnya ada seorang calon murid terakhir yang akhirnya diterima sehingga mengenapi angka ganjil menjadi 10 murid siswa. Perkenalanpun dimulai di antara mereka dengan menyebutkan nama masing-masing di depan ruang kelas. Lambat laun mereka menjadi sebuah ³tim´ yang solid dan kompak, mereka saling tolong-menolong apabila diantara mereka mendapatkan kesulitan. Mereka, Sang Penulis beserta teman-teman sekelasnya yang berjumlah 10 orang menyebut diri mereka Laskar Pelangi. Sekolah Muhammadiyah berada di pedalaman yang jauh dari pusat kota yang terletak di Pulau Belitong. Pulau Belitong bukanlah suatu pulau yang daratannya cocok untuk bertani dan bercocok tanam. Namun Pulau Belitong adalah pulau yang kaya akan kandungan timah. Sekolah di mana tempat mereka belajar, bukanlah sekolah elite dan mewah yang memiliki segala fasilitas pendukung pembelajaran seperti sekolah lainnya yang dideskripsikan di buku ini sebagai sekolah PN (Perusahaan Negara). Sekolah mereka hanya sebuah bangunan tua yang rapuh, reyot dan terbengkalai sehingga apabila kita melihatnya maka sedikitpun tidak akan menumbuhkan minat untuk belajar pada sekolah ini, dengan kata lain sekolah ini biasa disebut dengan sekolah Kampung. Tingkat ekonomi orang tua mereka adalah berasal dari golongan tidak mampu. Rata-rata mata pencaharian orang tua mereka berasal dari profesi buruh tambang dan nelayan. Di akhir cerita ini akan ada pendatang baru yang membuat kelompok mereka bertambah jumlahnya menjadi 11 orang. Seorang gadis tomboy dari keluarga kaya raya. Ayahnya adalah seorang berpendidikan tinggi dan memiliki pengaruh pada suatu perusahaan milik BUMN di Pulau Belitong. Sangat kontras bila membandingkannya dengan murid-murid Laskar Pelangi lainnya. Dengan kedatangan pendatangan baru yang bernama Flo pada akhir cerita ini, alur cerita semakin menarik dan petualangan kehidupan para Laskar Pelangi lebih banyak melewati cobaan, rintangan, tantangan, dan pertentangan yang pada saat membacanya akan membuat kita selalu penasaran seperti apa ujung dari akhir cerita ini. Daripada saya menjelaskan panjang lebar tentang novel ini lebih baik kalian membacanya sendiri dan menikmatinya.

mengingatkannya akan ayahnya yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuknya. Pak Mustar terkenal sangat galak dan kejam jika memberikan hukuman. Harus cepat diselesaikan dengan gunting yang tajam!´ Berbeda dengan Pak Balia.2009 292 Sesuai judulnya. sekeras apapun hidup. Arai dan Jimbron.Judul Penulis Penerbit Tanggal terbit Jumlah Halaman Tetralogi Laskar Pelangi #2: Sang Pemimpi Andrea Hirata Bentang Pustaka November . Namun akhirnya. baik dari segi isi maupun penulisan. . Andrea juga tidak lagi terkesan ingin µpamer pengetahuan¶ dengan memasukkan banyak sekali nama-nama latin yang cukup mengganggu pembaca. Pak Mustar-lah yang µmemaksa¶ murid-muridnya menggapai langit mimpi itu. dan Jimbron berani bermimpi. Seperti ketika Ikal kehilangan semangat untuk mewujudkan mimpinya. Andrea Hirata melukiskan pengalaman hidupnya sejak SMA hingga menerima beasiswa bersama teman-temannya sesama pemimpi. ³Setiap peristiwa di jagat raya ini adalah potongan mozaik-mozaik. Laskar Pelangi. buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi ini memang bercerita tentang impian. menjelajah Eropa sampai ke Afrika. Membuat Ikal sadar. Padahal. Di Laskar Pelangi. kita tidak boleh berhenti berkelana untuk menemukan kepingan mozaik kehidupan kita. wakil kepala sekolah yang juga merupakan pendiri SMA negeri pertama di kampung mereka. Membaca Sang Pemimpi adalah membaca berbagai panggung kehidupan manusia. pesimis adalah sikab takabur mendahului nasib. bisa dibilang Sang Pemimpi menyempurnakan Laskar Pelangi. setelah lulus dari sekolah Muhammadiyah. menjejakkan kaki di altar suci alamamater Sorbonne. Cerita diawali dengan adegan kejar-kejaran antara Pak Mustar. seperti kata Arai. Ia terinspirasi kata-kata Deng Xio Ping yang menjadi pedoman tindakan brutal tentara pada mahasiswa di Lapangan Tiannanmen. kepala sekolah SMA tersebut. Beliau selalu mendorong murid-muridnya bermimpi setinggi langit. Sang Pemimpi. cerita meloncat 13 tahun kemudian. Karena itulah manusia bisa bermimpi dan berusaha mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Kadang resah. Pak Mustar menyemprotnya habis-habisan. Sang Pemimpi mengisahkan µbagian yang hilang¶ tersebut. Maka berkelanalah di atas muka bumi ini untuk menemukan mozaikmu!´ Ucapannya itulah yang membuat Ikal. karena kita tak akan pernah bisa mendahului nasib. ³Masalah orang muda seperti akar rumput yang kusut. dan mempertanyakan ke mana larinya mimpi-mimpi itu. dengan Arai. Kita dihadapkan pada berbagai persoalan kehidupan. Suatu kali ia berkata di depan kelas. manusia tak akan pernah mendahului nasib. bertekad akan sekolah sampai ke Prancis. Sang Pemimpi memiliki alur yang lebih tertata. kadang sedih. seperti terjadi pada Laskar Pelangi. Jimbron. Jika dibiarkan pasti berlarut-larut. kadang µgila¶. Dibandingkan buku pertamanya. dan Ikal -panggilan akrab Andrea. tidak meloncat-loncat membingungkan. Secara keseluruhan. Arai. juga bahagia. Jika Pak Balia mendorong mereka untuk bermimpi setinggi langit.

yang entah dimana. A Ling. ³Bermimpilah Karna Tuhan akan memeluk Mimpi-Mimpi itu´ ±Arai. Nilai filosofis buku ini sangat dalam. Mereka melakukan perjalanan musim panas sebagai bagpacker. Sang penulis berhasil memadukan sastra dengan science. Rusia hingga menjejakkan kakinya ke Afrika! Selama perjalan tersebut. Tak sedikit orang hanya menjadikan mimpi sebagai angan-angan yang seolah tak mungkin terjangkau. yaitu menampilkan seni patung dimana Ikal dan Arai menjadi patung dan berdandan sebagai putri duyung. bahkan ketika kehabisan uang. Namun Ikal dan Arai tak pernah menyerah. Prancis. Mendatangkan angan. Buku yang sangat indah. mimpi serta harapan. Tapi tidak untuk Ikal dan Arai. Prancis. jelajahi Eropa.Judul Penulis Penerbit Tanggal terbit Jumlah Halaman Tetralogi Laskar Pelangi #3: Edensor Andrea Hirata Bentang Pustaka Mei . Ikal justru menemukan edensornya. dan tidak menemukan yang dicari. ke Sheffied. guru semasa SMA tersebut telah menghantui Ikal dan Arai. . tidur di jalan-jalan. Belum lagi pengalaman dirampok dan hamper dibunuh. karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu. bahwa betapa apa yang kita impi-impikan sebenarnya berada sangat dekat dengan kita. Berbekal teknologi internet. mereka mampu (dengan segala daya upaya) memperoleh beasiswa Uni Eropa ke Universitas Sorbonne. ³Murid-muridku.. dan tenggelam dalam rutinitas hidupnya. mereka akhirnya mereka mampu melakukan perjalanan ke 42 negara di Eropa. Bagi anda yang senang bermimpi. justru dalam kondisi ´keterpaksaan´. Buku ini termasuk nominasi penghargaan nasional sastra KLA (Katulistiwa Literaly Award) tahun 2007. Kalimat dari pak Balia. termukan mozaik nasibmu di pelosokpelosok dunia. berkelanalah. Tidak hanya sampai di situ. Inggris. Ikal sibuk mencari A Ling ke seluruh pelosok. jamah Afrika. melupakannya. mereka manusia yang hidup dalam mimpinya. keberanian dan tekad untuk memenangkan taruhan.. mereka tetap memiliki mimpi untuk menjelajahi dunia. mereka harus makan daun-daunan mentah untuk bertahan hidup. Untuk membiayai perjalanannya mereka harus rela menjadi pengamen seni. Tuntut ilmu sampai ke Sorbonne di Prancis. Ikal tak pernah lupa pada cinta pertamanya. sehingga ia menyerah pada mimpinya.2007 288 Edensor merupakan buku ketiga dari Tetralogi Laskar Pelangi. Perjalanan mereka penuh tantangan. Dari mimpi dan berkhayal.´ (hal 34). menjadikan buku ini sangat layak dibaca dan dimiliki. saksikan karya-karya besar Antoni Gaudi si Spanyol. ketika dia harus memilih pindah dari Sorbonne. ia mencari nama A Ling di search engine dan mendatangi alamat-alamat yang mencantumkan nama A Ling di setiap negara yang ia kunjungi. Hanya berbekal impian. Padahal dalam perjalanan selama musim panasnya. tanpa kita sadari. jangan takut! Tetaplah bermimpi. mereka menumpang kendaraan lewat.

hingga teenlit. Singkat kata. Tak heran jika seorang Sapardi Djoko Damono pun berdecak kagum dan memberikan komentar positif tentang semua karya yang dihasilkan oleh Andrea Hirata terutama Maryamah Karpov yang digadang-gadang sebagai buku pamungkas pertunjukan sastra yang dibawakan langsung oleh maestro dari ranah melayu. Sang Pemimpi. novel vulgar. Inisiasi bahasa dan asimilasi kata diacukan sebagai fragmentasi antara budaya melayu asli dan budaya Indonesia yang dibangun dari perkembangan ideologi melayu. Andrea Hirata layaknya juragan penjaga pintu yang membukakan pintu masa depan baru bagi perkembangan sastra di Indonesia dan memberikan aura positif bagi penulis lain untuk terus berpacu dalam karya dan tidak pernah mengenal puas akan kombinasi sastra yang mereka mainkan masing-masing.Judul Penulis Penerbit Tanggal terbit Jumlah Halaman Tetralogi Laskar Pelangi #4 : Maryamah Karpov Andrea Hirata Bentang Pustaka November . Perekonomian menengah kebawah dengan segi geografis kelautan berhasil dibakuhantamkan dalam latar kejadian-kejadian di Maryamah Karpov. Inspiratif dari awal hingga akhir. membaca ulasan buku ini takkan pernah habis untuk menggambarkan seluruh panorama keindahan kata dan frasa yang ditampilkan hingga Anda sendiri yang harus membacanya. Buku ini membawa unsur budaya melayu yang sangat kental dan pluralisme lawas anutan bangsa Indonesia serta keringat besi orang-orang melayu kelas bawah khas Indonesia. Maryamah Karpov dan pendahulunya seperti Laskar Pelangi. juga bagi pecinta buku dan penulis yang ingin merambah kreativitasnya sendiri karena Andrea Hirata telah membuktikan bahwa masih banyak celah dalam sastra yang masih bisa untuk dimasuki dan dibuahi.2008 503 Halaman Maryamah Karpov merupakan buku terakhir Tetralogi Laskar Pelangi. Tidak hanya menggambarkan sisi positif kreativitas sang penulis. Karya sastra yang bening nan teduh ini berhasil melahirkan nafas baru dan memperbanyak improvisasi dari kiblat penulisan di Indonesia. . Buku ini sangat layak untuk menjadi pusat perhatian tidak hanya bagi sastrawan di seluruh dunia. Orang pesimis banyak bilang bahwa buku sastra hanya sebagai pajangan etalase dan idealisme terakhir penulis sastra saja namun tetralogi buatan Andrea Hirata berhasil membongkar hingga ke akarnya pandangan picik yang mengungkungi batas-batas ide penulisan buku di Indonesia. Buku ini pantas sebagai pengiring dari buku-buku Andrea Hirata sebelumnya yang berhasil merajai kumpulan buku best-seller di Indonesia. dan Edensor berhasil meruntuhkan benteng komersialisasi romantisme yang merebak di pasaran buku Indonesia secara besarbesaran mulai dari novel romantis. Selamat menikmati. ragam pilihan kata yang diambil juga melambangkan kekayaan bangsa Indonesia akan budaya berbahasa yang mau tidak mau menyita perhatian seluruh rakyat pecinta bahasa untuk merambahnya lebih dalam lagi. kulminasi tertinggi dan permainan emosi yang selalu berada di puncak berhasil diatraksikan dengan baik oleh buku ini. Andrea Hirata.

dan Genta yang dianggap sebagai leader dalam kelompok itu. Dan kamu akan selalu dikenang sebagai seorang yang masih punya mimpi dan keyakinan . dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya. Hingga suatu saat dikarenakan ada rasa bosan satu sama lain. Zafran yang berlagak seperti seorang penyair. 5 centimeter mengantung mengambang di depan kening kamu. Riani sebagai satu-satunya wanita dalam kelompok itu. Perpisahan dan perjalanan yang mereka lewati ini ternyata telah membuat mereka menjadi manusia yang sesungguhnya. Dan sehabis itu yang kamu perlu Cuma. Penggambaran tokoh-tokoh utama dalam cerita ini cukup spesifik membuat pembaca seolah-olah kenal dengan mereka. sampai menonton layar tancap. Didalam cerita ini banyak terdapat lirik-lirik lagu mancanegara sehingga jika tidak semua pembaca tahu bagaimana lagu dari lirik tersebut. Meskipun begitu. Mereka adalah Arial yang paling tampan. Mereka memiliki kegemaran yang aneh-aneh mulai dari mengunjungi kafe dari yang termahal dan yang termurah. serta mulut yang akan selalu berdo¶a. tetapi cerita ini merupakan cerita yang bagus karena ringan dan mudah dipahami. bukan cuma seonggok daging yang punya nama. mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya. dan cinta.2011 381 Halaman Ada lima sahabat yang telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun.´ -5CM . ³Biarkan keyakinan kamu. dan mengunjungi tempat-tempat yang menakjubkan seperti Menaklukan Mahameru.Judul Penulis Penerbit Tanggal terbit Jumlah Halaman 5 cm Donny Dhirgantoro Grasindo Juni . cerita ini diselingi dengan kata-kata dan kalimat yang dapat menunjukkan kepada para pembaca bagaimana makna hidup itu dan bagaimana kita menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya. Novel karangan Donny Dhirgantoro ini memberikan kepada para pembaca suatu ajakan untuk lebih mencintai tanah air yang kaya ini. Ian yang paling subur badannya. Meskipun dalam novel ini tidak diterangkan apakah cerita didalamnya itu bersifat nyata secara keseluruhan atau hanya fiksi tetapi cerita ini telah mampu menghanyutkan pembacanya kedalam sebuah kisah yang bermanfaat bagi seorang manusia. kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya. mereka memutuskan untuk tidak saling bertemu dan berkomunikasi selama tiga bulan. cita-cita. dan punya nama. Buku ini sangat menginspirasi saya untuk terus bermimpi. berjalan. Puncak tertinggi di tanah Jawa. leher yang akan lebih sering melihat keatas. Dimana saat itulah mereka menemukan hal-hal baru yang memperkaya hidup mereka sebelumnya. tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya. Walaupun konflik dalam cerita ini kurang. mimpi. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya dirayakan dengan sebuah perjalanan. tidak hanya seonggok daging yang hanya bisa bicara. Dimana sebuah perjalanan ini penuh dengan keyakinan. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja.