NIRMANA TRIMATRA Bahasa Indonesia

Jovita Adeline / 02520100005 Fakultas Desain dan Teknik Perencanaan Jurusan Desain Produk Universitas Pelita Harapan 2010

warna. Internet. Homepage Online. Homepage Online. 2 Bagi pemula.Nirmana Trimatra Nirmana didefinisikan sebagai pengorganisasian atau penyusunan elemenelemen visual seperti titik. Biasanya. bulat yang sebelumnya tidak bermakna. dilihat sebagai kesatuan pola.ahlidesain.com/nirmanatrimatra.ahlidesain. Jika dilihat dari bentuk yang dipakai dalam ilmu desain. 1 Nirmana dapat diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra.html. kemudian dalam proses perancangan nirmana didesain sedemikian rupa menjadi sebuah karya seni yang memiliki pola berirama tertentu. nirmana menggambarkan lambang-lambang bentuk tidak bermakna. warna. Dalam hal ini penggunaan istilah ini seringkali berhubungan 1 “Nirmana Trimatra”. komposisi. segitiga.html. garis. bentuk-bentuk yang dipelajari pada awalnya dimulai dari bentuk dasar seperti kotak. Diambil dari http://www. jika digabungkan berarti tidak bermakna atau tidak mempunyai makna. Istilah ini sering dikaitkan dengan karya atau studi karya yang tidak memiliki makna (nonrepresentasi). 2 “Nirmana dalam Desain Grafis”. . istilah ini dipakai sebagai sarana studi mengenai unsur-unsur dan struktur dalam karya seni. Kata nirmana berasal dari dua kata yaitu nir yang berarti tidak dan mana yang berarti makna. ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. trimatra yang mempunyai nilai keindahan. nada dalam desain. Internet. irama.com/nirmana-dalam-desain-grafis. dan lebar. Nirmana disebut juga ilmu tata rupa. Sedangkan matra atau dimensi ialah satuan ukuran yang memiliki tinggi. Diambil dari http://www. panjang.

desain produk. tampak. seperti dwimatra yang berarti dua dimensi atau trimatra yang berarti tiga dimensi.gunadarma. Berbeda dengan dunia dua dimensi yang hanya memiliki satuan panjang dan lebar yang menciptakan suatu permukaan bidang di mana tidak mempunyai kedalaman.ac. Homepahe Online. pengamat akan melihat objek lebih besar. 3 Sudut-sudut yang berbeda dapat menghasilkan banyak sekali hubungan di dalam ruang yang kompleks. tampak depan dan belakang. Maksudnya. yang sulit bila divisualisasikan hanya di atas kertas. dunia tiga dimensi lebih rumit. Nirmana trimatra disebut juga sebagai nirmana ruang atau desain tiga dimensi. tetapi dalam bentuk yang sama persis. tetapi objek nirmana trimatra harus dipertimbangkan dari tampak atas dan bawah. Diambil dari http://elearning.dengan keruangan. Sebaliknya. tetapi harus memiliki estetika atau keindahan. . Nirmana trimatra dipelajari di jurusan desain komunikasi visual. objek tidak akan mengalami perubahan bentuk atau shape ketika pengamat mengubah kedudukan dan posisi. atau dalam pengertian yang lebih lengkap memberikan pengetahuan dasar mengenai prinsip-prinsip pengolahan rupa tanpa adanya tujuan terhadap fungsi apapun. dan arah yang harus dipertimbangkan secara simultan. dan tampak samping kiri dan samping kanan. Ini karena dunia tiga dimensi memiliki kedalaman fisik yang menyebabkan banyak pandangan. Kemudian di dalam dunia dua dimensi atau nirmana dwimatra. Internet.id/docmodul/estetika/Bab_3. Tidak hanya satu sisi. nirmana 3 “Bab 3 Komposisi dan Elemen-elemen Komposisi”. ketika pengamat bergerak mendekati objek. Nirmana trimatra menggali studi tentang pengolahan rupa bentuk.pdf. dan desain interior di tingkat universitas sebagai salah satu mata kuliah wajib dalam jurusan desain produk.

tetapi harus mampu membayangkan keseluruhan bentuk sebuah benda. 1989. Perancang tidak boleh membatasi dirinya pada satu atau dua tampak saja. setiap desainer dapat merancang nirmana trimatra secara sadar dengan caranya masing-masing yang berbeda-beda. di dalam konteks desain produk. tetapi harus dengan saksama menjelajahi kedalaman. tampak. Perancang nirmana trimatra juga tidak bisa merencanakan sebagian dari bentuk keruangan yang akan dibuatnya. segi. rongga. dan 4 Wong. nirmana trimatra memerankan peranan penting mengenai bagaimana menata. untuk mengetahui kelengkapan suatu objek tiga dimensi. yang akan menghasilkan informasi yang lengkap dalam pikiran pengamat. karena sedikit perubahan posisi sangat memengaruhi perubahan tampak keseluruhan bentuknya. Wucius. bisa dalam bentuk lekukan. Bandung : Penerbit ITB. . Merancang Nirmana Trimatra Untuk merancang nirmana trimatra tidak memiliki proses yang pasti. Beberapa Asas Merancang Trimatra.trimatra sangat bergantung pada posisi pengamat. dapat dicapai dengan mengamati objek dari sudut dan sisi yang berbeda. dan sebagainya yang dapat dilihat nilai estetikanya secara tiga dimensi. Meski nirmana trimatra dijelaskan sebagai bentuk desain tiga dimensi yang tidak memiliki makna. Artinya. menyusun. dan bahan yang mendukung bentuk tersebut. desainer yang merancang nirmana trimatra dapat mempraktekkan langsung di atas kertas atau material lainnya dalam bentukbentuk yang memiliki ruang. Oleh karena itu.4 Jika dalam nirmana dwimatra desainer merancang dengan mencoret-coret dan mencoba membuat pola gambar di atas kertas terlebih dahulu.

di dalam nirmana trimatra terdapat pelajaran mengenai pola. Pola dan bentuk dari nirmana trimatra biasanya disusun dengan cara memutar objek dua dimensi ( rotate ). yaitu kemampuan untuk melahirkan sebuah gagasan kreatif dengan baik. Homepage Online. .uwohmedia. dan tata kelola unsur desain produk dalam sebuah perencanaan komposisi yang serasi dan seimbang untuk setiap bagian dalam nilai seni suatu produk. menduplikasi objek ( duplicate ). Ketika desainer telah berhasil merancang dan membuat nirmana trimatra dengan baik.html. tata susun. membalik objek dwimatra ( mirror ). Internet.com/article-52nirmana-3d. ia dapat mempelajari seni nirmana trimatra ke tingkat yang lebih 5 “Nirmana 3D”. merubahukuran ( transform ). nirmana trimatra dipelajari sebagai pelajaran dasar untuk mengolah pengetahuan tidak hanya tentang konstruksi ruang yang dibuat di atas kertas. 5 Pada umumnya. tetapi juga untuk menggali kreatifitas setiap perancang dalam menggunakan teknik-teknik tertentu dalam membuat ruang di atas kertas itu sendiri. menerapkan gagasan tersebut. nirmana trimatra melatih salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang desainer. memiringkan objek ( skew ). Material yang Digunakan dalam Nirmana Trimatra Material yang digunakan dalam merancang nirmana trimatra tidak selalu kertas. Selain itu. dan menghasilkan suatu produk dengan kualitas yang baik seperti ergonomi[1] dan estetika produk tersebut. Oleh karena itu. Diambil dari http://www.mempelajari konstruksi elemen dasar desain produk. dan atau langkah kombinasi dari kesemuanya.

tetapi juga nirmana yang memiliki material yang sama dengan pola berbeda akan menghasilkan nilai seni yang berbeda. Oleh karena itu untuk menentukan nilai seni dari nirmana trimatra harus didasari oleh bagaimana pandangan orang lain dan bagaimana cara orang-orang tersebut menilai seni dari nirmana trimatra yang dibuat. Sebagai contoh. Dover Publications. tetapi desainer juga mempelajari bagaimana menggunakan kelebihan dan kekurangan dari bentuk-bentuk barang tiga dimensi yang memiliki konstruksi yang berbeda-beda jika dikombinasikan. Kedua material ini dapat digunakan sebagai perwakilan bentuk lingkaran dan garis dalam sebuah nirmana trimatra. ISBN 0486222012 . Louis. selang dan sumpit. Jika seorang desainer membuat dua buah nirmana trimatra dengan pola yang sama namun berbeda material. nirmana yang pertama dibuat dari material selang dan sumpit. 6 6 Wolchonok. sedangkan nirmana kedua dibuat dari material selang dan tusuk gigi. Tidak hanya nirmana yang memiliki pola yang sama dengan material berbeda. nirmana trimatra yang terlihat pasti akan menghasilkan nilai seni yang berbeda. walau memiliki bentuk dan pola yang sama. Semua karya nirmana trimatra ialah hasil karya seni yang diciptakan sesuai dengan keinginan. The Art of Three-Dimentional Design. Tidak hanya memanfaatkan kertas dan membentuknya menjadi karya seni yang memiliki ruang. Penggunaan material yang berbeda-beda dalam nirmana trimatra tidak pernah dibatasi. dan ide yang dipaparkan desainer masing-masing.dalam dan lebih rumit dengan menggunakan material-material lain yang mengandung pola-pola tertentu. karakter.

Lampiran Nirmana Dwimatra Nirmana Trimatra .

Homepage Online. Diambil dari http://ndreh.ahlidesain. Sadjiman Ebdi Sanyoto. Yogyakarta : Arti Bumi Intaran. Sanyoto.html. Yogyakarta : Jalasutra. “Nirmana Trimatra”. Diambil dari http://elearning.id/docmodul/estetika/Bab_3.com/nirmana-dalam-desain-grafis.com/doc/40387389/Konsep-Seni-Rupa.html.scribd. Beberapa Asas Merancang Trimatra. Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Homepage Online. Diambil dari http://www. Diambil dari http://www. Internet. Homepage Online. Wucius. The Art of Three-Dimentional Design.pdf.html. Louis. Homepage Online. Wolchonok.com/nirmana-trimatra. “Nirmana Trimatra”. Homepage Online. Bandung : Penerbit ITB. 2005. Internet. .com/article-52-nirmana-3d. Sadjiman Ebdi Sanyoto.com/about.ac. Dover Publications.uwohmedia. “Nirmana 3D”.2itb. Diambil dari http://www.html.gunadarma. “Bab 3 Komposisi dan Elemen-elemen Komposisi”. Nirmana : Dasar-dasar Seni dan Desain. 2009. 1989. ISBN 0486222012 Wong. “Konsep Seni Rupa”. Internet. Internet. Drs. Internet. Internet. Drs.DAFTAR PUSTAKA Sanyoto. Diambil dari http://www. “Nirmana dalam Desain Grafis”. Homepage Online.ahlidesain.