Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP

)
Nama Sekolah Kelas/Semester Pertemuan Ke Alokasi Waktu Tema : SD : II/1 : : 2 x 35 Menit ( 1 pertemuan ) : Diri Sendiri

Standar Kompetensi : 1. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. 2. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. 3. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. 4. Bahasa Indonesia : y Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah yang dilisankan. y Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh. 5. Seni Budaya dan Keterampilan : y Mengapresiasi karya seni rupa. y Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. Kompetensi Dasar : 1. IPA : y Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. 2. PKN : y Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa. 3. Matematika : y Membilang banyak benda . 4. Bahasa Indonesia : y Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun. y Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. 5. Seni Budaya dan Keterampilan : y Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek.

3. 5. Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan. Menyebutkan perbedaan agama dan perbedaan suku MATEMATIKA : 5.ekonomi. Menjelaskan cara merawat tubuh PKN : 3. Siswa dapat menyebutkan contoh perbedaan agama dan perbedaan suku dengan benar. sosial. I. 2. Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya meelalui kegiatan demontrasi di depan kelas. BAHASA INDONESIA : 6. Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri fisik dari laki-laki dan perempuan. 4. Mendemonstrasikan teknik menggunting / menyobek gambar. SBK : 7. Tujuan Pembelajaran : 1. Cara berfikir. Siswa dapat mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa. 6.  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas. Siswa dapat membilang banyaknya jumlah anggota tubuh dengan baik. Menyebutkan banyak anggota tubuh. bersikap. dan didengar  Cinta tanah air : Cara berfikir. Siswa dapat memahami dan memperagakan cara merawat tubuh dengan benar melalui kegiatan demonstrasi.Indikator : IPA : 1. 2. 4. lingkungan fisik.serta menyelesaikan tugas dengan sebaikbaiknya  Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki  Demokratif . kepedulian. Menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya. 8. dilihat. dan politik bangsa . budaya. Menjelaskan ciri-ciri fisik dari laki-laki dan perempuan. Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan diri untuk merawat seluruh anggota tubuhnya dengan benar. dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain  Rasa Ingin tah : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya. Siswa dapat mendemonstrasikan teknik menggunting / menyobek gambar dengan benar. bersikap. 7.

kegunaan dan cara perawatannya. Mandi dua kali sehari agar tubuh terasa segar. terhadap diri sendiri.dan jari. Tangan gunanya untuk memegang. dan tangan. 5. dan mengakui. telinga. Di kaki juga ada bagiannya lagi yaitu . dan bekerja sama dengan orang lain  Menghargai prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. paha. Kaki untuk berjalan dan berlari. yang seharusnya dia lakukan.betis. dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi  Peduli sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan Tanggung jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya. rambut. lingkungan (alam. apalagi ketika hendak makan dan selesai makan agar kuman ditangan hilang dan tubuh kita terhindar dari kuman yang dapat menyebabkan penyakit. serta menghormati keberhasilan orang lain  Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya  Peduli lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya. dan mulut. Cucilah tangan mulai dari jari. 4. kuku. minum. Di kepala ada bagiannya lagi yaitu . Cara merawat anggota tubuh Mencuci tangan ketika tangan kotor. 6. Materi Ajar ( Materi Pokok ) : 1. Memtong kuku . bernafas.sosial dan budaya). masyarakat. Mulut gunanya untuk berbicara. Bagian anggota tubuh Tubuh terdiri dari. Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. negara dan Tuhan Yang Maha Esa II. hidung. Hidung gunanya untuk mencium bau. Mengenal anggota-anggota tubuh manusia . dada. lutut . tumit . 3. bergaul. yaitu pundak. Kegunaan anggota tubuh 1 Mata gunanya untuk melihat. 2. Bersahabat: Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara. Telinga untuk mendengar. badan. telapak tangan selasela jari secara menyeluruh dengan menggunakan sabun. sehat dan terawat. menulis dsbnya. makan. mata. dan kaki. perut. punggung. Mandilah dengan air yang bersih. kepala. Di badan ada bagiannya lagi.

keristen katolik. memakai celana . Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri. Ceramah 2. Hidup rukun dalam perbedaan a. islam. maka siswa membilang angka 2. jawa. Mengenali perbedaan agama Di Indonesia ada enam agama resmi yaitu. : berambut pendek. 5. Mengenali perbedaan jenis kelamin yaitu perempuan dan laki-laki. Saya senang menonton televisi dan menggambar tumbuhan III. dua kaki dan dua tangan. Pemberian tugas. budha. Oprasi hitung 1-5 yaitu dngan menghitung jumlah bagian-bagian tubuh siswa. 4. keristen protestan. 4. Tanya jawab. 5. Model Pembelajaran dan Metoda Pembelajaran : Model pembelajaran : CTL (Contekstual teacher learning) 1. Anak perempuan memiliki ciri : berambut panjang.- Memakai baju yang bersih Makan tiga kali sehari berolahraga 2. Contoh : Nama saya bulan arie fabregas Saya mempunyai dua mata. Diskusi. c. Bernyanyi : dua mata saya hidung saya satu dua kaki saya pakai sepatu baru dua telinga saya yang kiri dan kanan satu mulut saya tidak berhenti makan 3. Perbedaan suku bangsa misalnya suku aceh. hindu. Demontrasi 3. batak. misalnya jumlah anggota mata ada dua. memakai rok Anak laki-laki memiliki ciri b. dan konghucu.

menutup hidung. bekerjasama dan percaya diri . kegunaan dari masing-masing anggota tubuh serta cara perawatan anggota tubuh. percaya diri terhadap jawabannya dan memiliki rasa ingin tahu terhadap materi pelajaran . Eksplorasi . 2.cinta kebersihan dan menjaga kesehatan. Siapa yang pesuka menonton televisi ? Siapa yang pernah sakit flu ? kira-kira kenapa anak ibu bisa sakit flu ? 3. Eksplorasi Salah seorang siswa kedepan kelas dan menunutun seluruh siswa menutup mata. . Kegiatan Inti (60 Menit) 1. Life Skill Waktu -Siswa diharapkan menjadi 1 menit pribadi yang taat beragama. mencium bau. agama dan suku serta akan lebih mengingat materi sebab didemonstrasikan langsung dan bernyanyi . Motivasi Guru memberikan motivasi (dorongan. . berbicara. kegunaannya serta cara perawatannya. untuk mengawali pelajaran. siswa memiliki pengetahuan/pemahaman awal mengenai materi pelajaran. Siswa diharapkan memiliki 1 menit semangat dan rasa ingin tahu yang besar terhadap materi pelajaran dan dengan penjelasan singkat mengenai tujuan pembelajaran oleh guru. Langkah-langkah Kegiatan Kegiatan Awal (5 menit) 1. satu lakilaki dan satu siswa perempuan kedepan kelas sebagai model untuk menjelaskan materi anggota tubuh. jenis kelamin.IV.siswa membersihkan sampah yang ada dibangku masing-masing.Guru menyuruh dua orang siswa. Pertanyaannya adalah : Anak ibu. 2. . jenis kelamin. agama dan suku. Apersepsi Guru memberikan dua pertanyaan kepada seluruh siswa yang berkaitan dengan materi pelajaran mengenal anggota tubuh.Guru menyuruh satu orang siswa memimpin lagu dua mata saya. tujuannya adalah agar siswa termotivasi untuk belajar mengenal anggota tubuh. Siswa memiliki rasa 5 menit ingin tahu. Life Skill Waktu siswa diharapkan 10 Menit bertambah pengetahuannya mengenai bagian-bagian tubuh. Pra Pembelajaran -Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. semangat) kepada siswa dengan menjelaskan mengapa ibu guru bertanya pertanyaan seperti itu. siswa diharapkan memiliki 3 menit sifat keberanian dalam menjawab.

Refleksi Menyimpulkan Materi Siswa dapat menyimpulkan 5 menit Pembelajaran sendiri materi pelajaran. Kegiatan Akhir (5 menit ) Life Skill Waktu 1. melambai dan berjalan untuk menjelaskan kegunaan anggota-anggota tubuh tersebut. . Dua orang siswa memperagakan cara 5 menit mencuci tanga yang benar. siswa juga dapat memiliki jiwa berani dalam mempresentasikan hasil diskusi serta rasa percaya diri terhadap hasil diskusi. Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Satu orang dari setiap perwakilan kelompok Siswa merasa senang dan maju untuk mengisi permainan yang tidak bosan dalam 5 menit disediakan guru. Sebagai portofolio. kegunaan dan cara perawatannya. Masing-masing kelompok mempehatikan wajah salah seorang anggota kelompok mereka. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman. karya siswa dipajang didinding kelas. menulis. menerima materi pelajaran. anggota tubuh. pemahaman yang benar guru menjelaskan kembali mengenai mengenai materi. Yaitu mengisi huruf ataupun gambar anggota tubuh. Kemudian Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari yaitu mengenai mengenai anggota tubuh.menutup telinga. mengikuti petunjuk teman didepan kelas. Siswa dapat memiliki sikap bekerjasama bersama 10 menit teman dalam kelompok diskusi. Konfirmasi Siswa memiliki 15 menit Setelah siswa menceritakan hasil diskusi . jenis kelamin. sehingga siswa memiliki rasa percaya diri dan semangat melihat hasil karya mereka. suku dan agama. Soal diskusinya yaitu : Menggunting gambar-gambar anggota tubuh yang ada dikertas origami kemudian menyusunnya kedalam kertas jeruk sehingga berbentuk wajah seperti wajah temannya ! Setelah selesai. memberikan penguatan mengenai materi. Seluruh siswa dibagi kedalam 5 kelompok diskusi. 3.

Alat dan Sumber Belajar y Buku Sumber : Sholehudin dan Susanti. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta : Pusat perbukuan. edi.V. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 1. Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Jakarta : Pusat perbukuan.hasil diskusi baik dan benar Performance bekerjasama Individu Dapat menyebutkan anggota tubuh dan kegunaannya dengan benar Dapat memperagakan cara merawat anggota tubuh Aktif dan berpartisipasi Bobot Penilaian 70-75 cukup baik 75-80 baik 80-85 sangat baik 85-100 amat sangat baik . 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1. Jakarta : Pusat perbukuan. y Alat Peraga : Kertas origami Spidol Penghapus Hvs warna Kertas jeruk Papan tulis Gunting Lem Gayung Air Sabun Tissue Bunga mawar Tong sampah Lingkungan Kelas y VI. Penilaian Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran Mata pelajaran IPA Diskusi . Departemen Pendidikan Nasional. Asyiknya Belajar IPA Kelas I Sd. 2007.hasil diskusi baik dan kurang benar Sopan dan santun -kreatifitas hasil diskusi Aktif dan berpartisipasi . Sulistyanto. Heri dan wiyono. Widiastuti dan Fajar.

CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10...«««« ) NIP/NIK : ««««««« ( SRI MAS BULAN SRG) NIM : ««««««« . 5.Mata pelajaran bahasa Indonesia diskusi performansi . ««««««« 20« Guru Tematik Kelas I ( ««««««. Lembar Penilaian No Nama Siswa Performan Kerjasama Partisipasi Produk Jumlah Skor Nilai 1.. 3. 6.hasil diskusi baik Sopan dan santun dan benar hasil diskusi baik bekerjasama dan kurang benar Penggunaan bahasa baik dan sopan Dapat menyusun huruf dengan baik Bobot nilai 70-75 cukup baik 75-80 baik 80-85 sangat baik 85-100 amat sangat baik Mata pelajaran Matematika Criteria penilaian Dapat membilang jumlah anggota mata dengan benar Bobot penilaian 70-75 cukup baik 75-80 baik 80-85 sangat baik 85-100 amat sangat baik Mata pelajaran PKN Criteria penilaian Dapat hidup rukun dengan teman Menghargai karya dan jawaban teman Bobot penilaian 70-75 cukup baik 75-80 baik 80-85 sangat baik 85-100 amat sangat baik 2.. 4. 2. Mengetahui Dosen Pamong ««..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful