Konsep Object Oriented Programming

NIM : 672010012 NAMA : Cahyo Dimas Kurnianto

Universitas Kristen Satya Wacana Fakultas Teknologi Informasi Teknik Informatika Salatiga 2012

Ketika enam orang tersebut telah selesai maka bagian-bagian tersebut hanya tinggal digabungkan menjadi satu kesatuan. dll. OOP memiliki tujuan. OOP. kemudian OOP juga dapat meningkatkan kemampuan kita untuk membuat program yang lebih besar dan lebih ruwet. Definisi Object Oriented Programming atau yang sering kita dengar dengan OOP. Kemudian robot itu sendiri dibagi menjadi enam bagian. dimanakah letak objek yang rusah atau error. tujuan tersebut adalah untuk memudahkan user dalam melakukan pengkodean dan pencarian error. Independensi. dimana tiap bagiannya dikerjakan oleh satu orang. Reusable.1. . Information Hiding dll. Tak hanya itu. Object. Modular. memang memiliki banyak kelebihan dan keuntungan. yaitu :  Alami (Natural)  Dapat diandalkan (Reliable)  Dapat digunakan kembali (Re-usable)  Mudah untuk di maintain (Maintainable)  Dapat diperluas (Extendable)  Efisiensi waktu Selain itu. merupakan salah satu bahasa pemrogaman yang menggunakan konsep Object. Object Oriented Programming memiliki sebuah cara pandang dimana sebuah program bukanlah urut-urutan instruksi tapi diselesaikan oleh objek-objek yang saling bekerja sama untuk menyelesaikan suatu masalah. cobol. dan apabila terjadi error maka akan gampang terdekteksi. Didalam jenis bahasa ini. misalnya saja dalam pembuatan program untuk membuat robot yang dilakukan oleh satu tim yang berisi enam orang. fungsi dan data menjadi satu kesatuan yang disebuat dengan Objek. OOP lebih digemari oleh para programmer karena lebih mudah dan fleksibel disbanding dengan bahasa pemrogaman imperative seperti pascal. OOP juga memiliki kelebihan lain. Misalnya saja OOP dapat mengurangi terjadinya Bug. Hal itu dapat terjadi dikarenakan OOP memiliki konsep Encapsulation.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa objek adalah hasil instantiasi dari class. Dalam pemrogaman menggunakan java maupun C#. objek juga memiliki ciri. Didalam class dideklarasikan berbagai method dan variable yang dimiliki oleh objek. . Ciri tersebut adalah :  Objek memiliki status (state) dan tingkah laku (behavior). tangan merupakan perwujudan objek nya. Sebagai contoh objek konkret adalah mobil sedangkan objek abstraknya adalah ban. Selain itu. sedangkan new merupakan keyword untuk proses instatiasi. Dalam contoh berikut objek tangan memiliki state bahan dan behavior bergerak dll. proses instantiasi dapat dituliskan sebagai berikut : Dimana kata Robot menyatakan nama class.2. Kemudian yang terpenting dalam konsep OOP. Class dan Object Secara fungsi. class merupakan tempat untuk membuat objek. objek dapat dikatakan dengan perwakilan atau perwujudan dari sebuah class. Proses pembuatan objek didalam class disebut dengan instantiation.

Encapsulation Proses ini juga biasa disebut dengan proses pengkapsulan atau pembungkusan. tentu kita tidak perlu tahu isi dari method pembuatan nasi goreng. Demikian juga apabila kita ingin mengakses objek nasi goreng. . contoh :  Private. robot memiliki tangan dan kaki  Pada OOP. Kita dapat melakukan enkapsulasi pada method dan variable agar terlindungi. atribut tersebut dapat diakses oleh kelas itu dan turunannya. konsep ini merupakan perluasan dari tipe data terstruktur. dalam kasus robot. Perantara tersebut antara lain adalah :  Public. Pada dasarnya. Jadi state atau attribute adalah sesuatu yang dimiliki oleh objek. yang membuat atribut dapat diakses dari luar kelas. dan jika kita ingin memakannya tentu kita tidak perlu tahu bagaimana cara membuatnya. state variable dan behavior disimpan dalam method.  Menyediakan perantara untuk mengakses data atau biasa disebut access modifier. contoh : Sebagai contoh di dunia nyata. kita mengambil objek nasi goreng. yaitu :  Information Hiding dimana variable dalam suatu class tidak dapat diakses oleh class lain. hanya dapat diakses oleh kelas tersebut. Caranya adalah dengan memberikan control akses private di variable tersebut. Ada dua hal dalam enkapsulasi. sehingga hak akses terhadapnya dapat kita tentukan. contoh :  Protected. State disebut juga dengan atribut. Dalam objek itu terdapat method pembuatan nasi goreng. 3.

Sebagai contoh di dunia nyata. subclass pun dapat berlaku sebagai superclass bagi class-class yang lain. Tak hanya itu. Dan dari situlah kita memanggil method dari kelas kakek melalui pembuatan objek dari kelas ayah. Di dalam java. hal itu dibuktikan dengan adanya keyword extends setelah nama kelas. berikut adalah contohnya : Dalam contoh tersebut. sedangkan kelas ayah adalah superclass dari kelas anak. Kelas kakek merupakan superclass dari kelas ayah. Polimorphism Dilihat dari segi bahasa. kita mengambil dari silsilah keluarga. dibuatlah kelas Tes. Arti dari pewarisan disini adalah dimana subclass memiliki beberapa kesamaan dengan superclassnya dalam hal method dan attribute. missal ada 3 class yaitu kelas kakek. Selanjutnya untuk melakukan pengetesan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Maka dari itu polimorfisme dapat diartikan sebagai sebuah variabel tungal dalam program yang dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan. dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. polymorphism atau polomorfisme berarti suatu benda yang memiliki satu atau lebih bentuk. Dimana class yang mewariskan disebut dengan superclass sedangkan class pewaris disebut dengan subclass. keyword untuk inheritance adalah menggunakan kata extends. ayah dan anak. . Inheritance Inheritance merupakan pewarisan attribute dan method kedalam class yang lain. 5.4. dan hal itu merupakan sebuah keuntungan. dan hal ini disebut dengan multilevel inheritance. penggunaan inheritance membuat subclass dapat memiliki method atau attribute yang sama seperti superclassnya. kelas ayah mewarisi method dan atribut dari kelas kakek.

abstract class masih menggunakan super dan subclass.6. Jadi. Abstract class dideklarasikan dengan menggunakan keyword abstract dan class tersebut tidak dapat diinstantiasi seperti layaknya kelas-kelas lain. . masih berkaitan dengan inheritance atau pewarisan karena disini. Selain itu abstract class biasanya digunakan untuk pengimplementasian frameworks. Abstract Class itu sendiri merupakan kelas-kelas yang didefinisikan dengan atribut dan method yang bersifat umum yang berlaku baik pada superclass maupun subclass. Abstract Class dan Interface Konsep akan abstract class. Dibawah ini ada sebuah contoh yang saya ambil dari sebuah web. yang mungkin dapat membantu kita dalam pembuatan dan pemahaman program dengan menggunakan abstract class.

akan tetapi method-method tersebut eblum memiliki isi atau perintah. . interface atau sering kita ketahui dengan antar muka bukanlah GUI (Graphics User Interface) yang memudahkan kita dalam menjalankan operasi. Selanjutnya tentang interface. ide untuk membuat class ini menjadi abstract class adalah untuk mendefinisikan sebuah framework untuk sebuah exception logging. Di class ini akan mengijinkan semua subclass untuk mendapatkan akses pada modul exception logging pada umumnya dan ini memfasilitasi untuk dengan mudah memindah logging library.Seperti yang dikatakan pada web tersebut. akan tetapi hal itu mungkin saja apabila kita mengimplementasikannya. Interface merupakan suatu class yang memiliki method atu bahkan sekumpulan method.

com/l.pdf.Berbeda dengan abstract class yang menggunakan keyword abstract untuk penggunaannya. Modifier di dalam interface juga tidak boleh menggunakan tipe static.com%2FArt icles%2F22769%2FIntroduction-to-Object-Oriented-ProgrammingConcep&h=3AQEoVz_U. Badriyah.htm. Referensi 1.wikipedia. Interface membuat implementasi dapat dirubah-rubah sedangkan abstract class bias digunakan untuk menyediakan beberapa method default di class utama. Interface tidak memiliki implementasi sedangkan abctract class dapat diimplementasikan Interface hanya memiliki deklarasi method (method kosong) sedangkan abstract class tidak Interface dapat mewariskan kepada lebih dari satu interface sedangkan abstract class dapat diimplementasikan kebanyak interface. http://www. 17 Januari 2012. SKom. namun hanya dapat satu yang di warisi. 2007. 2. interface menggunakan keyword interface diantara access modifier dan nama interface nya. Interface hanya bias digunakan bila implementasinya berubah sedangkan abstract method harus meng-override semua abstract method dan mungkin meng-override method-method virtual. Interface meningkatkan keamanan dengan menyembunyikan implementasinya sedangkan abstract class dapat digunakan bila mengimplementasi framework. Konsep Pemrogaman Berbasis Objek.facebook.codeproject.org/. http://www. MT. 17 Januari 2012 . 4.pdf. 15 Januari 2012 5.    7. Berikut adalah perbedaan-perbedaan antara abstract class dan interface :     Interface dideklarasikan dengan keyword interface sedangkan abstract class dengan keyword abstract.webs. Tessy.com/tugasoop. http://jbsoleh. 3.php?u=http%3A%2F%2Fwww. 24 January 2012. 17 Januari 2012. 7 Prinsip Dasar OOP.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful