Definisi Bermain Bermain adalah salah satu aspek penting dari kehidupan anak dan salah satu alat paling penting untuk menatalaksanakan stres karena hospitalisasi menimbulkan krisis dalam kehidupan anak. .

motorik Perkembangan Intelektual (Kognitif) Perkembangan Sosial Perkembangan Kreativitas Perkembangan Kesadaran diri Perkembangan Moral Bermain sebagai Terapi .Perkembangan Sensoris.

Umur 9-12 bulan . Umur 1 bulan 2.1. Umur 4-6 bulan 4. Umur 6-9 bulan 5. Umur 2-3 bulan 3.

Bermain pasif . Bermain aktif 2.1.

Bermain untuk senang-senang (sense of pleasure play) c. Permainan simbolik atau pura-pura (dramatic play role) . Permainan ketrampilan (skill play) d. Bermain afektif sosial (social affective play). b.1. Berdasarkan isinya a.

Permainan yang hanya memperhatikan saja (unoccupied behaviour) . 2004): a.2. Berdasarkan jenis permainan (Supatini. Permainan (Games) b.

Associative play d. Cooperative play e. Therapeutic play . Berdasarkan karakteristik sosial a. Onlooker play f.3. Pararel play c. Solitary play b.

Membawa bayi ikut bermain bersama 3.Teknik bermain untuk bayi usia 0-12 bulan menurut penelope leach : 1. memindahkan tempat tidurnya ke ruang keluarga disaat ia terjaga. Memeluk. Berikan pemandangan yang menarik seperti mainan yang digantung di atas tempat tidurnya . Memberikan tali gendongan yang nyaman saat ibu mengajaknya untuk bermain 4. tersenyum dan dan berbicara dengannya 2. 5.

Tipe dari Permainan 0-3 bulan : Lihat wajahku 4 ± 7 bulan : Main Gelitik 8 -12 bulan : Melukis dengan makanan .

Koordinasi tangan dan mata 4. . Gambar atau tempellah sebuah wajah dengan warna warni yang mencolok di atas sehelai piring kertas. Pasanglah hiasan/mainan yang digantung diatas bayi 2.Permainan-Permainan Untuk Balita Usia 06 Bulan 1. 3. Benda yang digantung bisa berupa origami buatan sendiri dalam berbagai bentuk.

Menjangkau dan mengenggam. 6. Jari-jari tanganku 7.5. Saat mandi .

Milik siapa ini? .PERMAINAN-PERMAINAN UNTUK BALITA USIA 6-12 BULAN 1. Bermain air 2. Bermain saboon dama 3.

Terapi Bermain Terapi bermain digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan emosional anak-anak yang memiliki penyakit atau operasi yang memerlukan rawat inap. .

Tujuan dari terapi bermain adalah untuk memberikan pendekatan yang berpusat pada keluarga untuk membantu anak menyesuaikan diri dengan perawatan di rumah sakit. .

Cara yang dilakukan yaitu: 1. 4. 2. Relaksasi dan keterampilan manajemen nyeri. 3. Kegiatan bermain untuk mempersiapkan anak Anda untuk prosedur medis dan belajar tentang operasi nya. kebutuhan kakak-adik . Memberikan kesempatan bagi anak untuk mengekspresikan perasaannya melalui bermain.