Ringkasan

Pendidikan Jasmani
Mencakup tentang Olahraga Bulu Tangkis

Dalam latihan atau pertandingan tidak resmi digunakan juga kok dari plastik. Namun sejumlah model rendahan masih menggunakan baja atau aluminium untuk sebagian keseluruhan raket. Raket Secara tradisional raket dibuat dari kayu.Materi kali ini lebih mengarah pada Perlengkapan yang kita perlukan untuk bermain . para pemain membutuhkan pegangan dengan lantai yang maksimal pada setiap saat. Keawetan secara umum bervariasi dengan kinerja. Kebanyakan senar berketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30 + lb. dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. dan memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Kini.Oleh. Kesukaan pribadi sang pemain memainkan peran yang kuat dalam seleksi senar. Jenis senar berbeda memiliki ciri-ciri tanggap berlainan. Sepatu Karena percepatan sepanjang lapangan sangatlah penting. terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka. Sepatu bulutangkis membutuhkan sol karet untuk cengkraman yang baik. kaku. Senar Mungkin salah satu dari bagian yang paling diperhatikan dalam bulutangkis adalah senar nya. Nama: Angelica Kelas: XI-IPS4 No. Serat karbon memiliki kekuatan hebat terhadap perbandingan berat. Kemudian aluminium atau logam ringan lainnya menjadi bahan yang dipilih. hampir semua raket bulutangkis profesional berkomposisikan komposit serat karbon (plastik bertulang grafit). Beserta peraturan yang perlu diperhatikan dalam bermain. dan tempat dilaksanakannya permainan tersebut. Kok Kok adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulutangkis.Absen: 03 Bulu Tangkis Olahraga Badminton atau yang lebih kita kenal dengan nama Bulutangkis sebuah permainan yang menyenangkan. dinding sisi 1 .

Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain.55 m berada tepat di tengah lapangan. dan teknologi penyebaran goncangan untuk melompat. sedangkan untuk set berikutnya dilakukan oleh pemenang dari set sebelumnya. Peraturan Servis pada Badminton Servis dilakukan dari satu sisi lapangan (kiri atau kanan) menyilang menyeberangi jaring ke area lawan. Lapangan dan jaring Lapangan bulutangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Partai tunggal dan ganda memiliki area servis yang berbeda seperti yang diilustrasikan pada gambar. Posisi kanan untuk jumlah poin genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. bulutangkis mengakibatkan agak banyak stres (ketegangan) pada lutut dan pergelangan kaki. Pada set pertama pemain/pasangan yang melakukan servis untuk pertam kali ditentukan dengan undian. Posisi kiri atau kanan tempat servis dilakukan ditentukan dari jumlah poin yang telah dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dinyatakan "keluar" dan poin untuk penerima servis. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih. 1 .yang bertulang agar tahan lama selama tarik-menarik. Servis dari posisi kanan juga dilakukan saat jumlah poin masih nol. Jaring setinggi 1. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yg lunak.

Di Indonesia. sejauh tersedia ruangan seluas kira-kira 12 X 20 meter. atap bangunannya sebisa mungkin di atas delapan meter agar shuttlecock yang tengah dimainkan tidak sampai terganggu. Jumlah poin genap atau ganjil menentukan posisi "orang pertama" saat melakukan servis. Namun. Setiap pasangan pempunyai dua kali kesempatan servis (masingmasing untuk tiap pemain) sebelum pindah bola. beberapa peraturan berbeda diterapkan untuk perhitungan poin menggunakan sistem pindah bola dan sistem reli poin. • • • Sistem reli poin : • Setiap pasangan hanya mendapat satu kali kesempatan servis. namun elastis. servis pertama selalu dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan. Servis dilakukan oleh pemain yang posisinya sesuai dengan poin yang telah diraih oleh pasangan tersebut. di kampung-kampung lapangan bulutangkis banyak didirikan di atas tanah. Pilihan ini berlaku untuk setiap set yang dimainkan. • • Menurut Peraturan Badminton yang dirilis oleh PBSI : Lapangan Lapangan bulutangkis dapat dibuat dengan mudah. Di lapangan yang diakui secara internasional digunakan karpet yang terbuat dari karet keras. kecuali servis pertama pada tiap-tiap awal set tidak mendapat kesempatan kedua. semen cor. Di tempat terbuka tentu saja diupayakan agar gangguan angin tidak terlalu besar.Untuk partai ganda. atau aspal. Pemain yang sama akan terus melakukan servis sampai poin berikutnya diraih oleh lawan. di gedung olahraga biasanya sudah berupa semen yang dilapisi vinyl atau kayu lantai. sedangkan bila di ruang tertutup. di mana saja. Saat pindah bola. tidak ada servis kedua. harus ditentukan salah seorang pemain dari tiap-tiap pasangan sebagai "orang pertama". Sistem pindah bola : • Sebelum pertandingan dimulai. 1 . bukan oleh "orang pertama".

Tiang itu haruslah kukuh. kok yang baik akan mencapai kira-kira di tempat yang sama dengan pelaku servis. Net Di tengah-tengah lapangan ada net yang tingginya 155 cm. sehingga net yang dibentangkan tidak akan turun bila ditarik kencang agar lurus. Para pemain tingkat internasional sering mencoba kok dengan memukul ke ruang di balik netnya. sekarang umumnya dibuat dari bahan grafit. Raket ini memiliki jaring 1 .Lapangan bulutangkis ber-ukuran 610 X 1340 cm.67 gram. ukuran. Bentuknya cuma beraneka macam. baik untuk gabus maupun bulunya. Di luar negeri banyak pula digunakan kok dari karet. haruslah 152 cm dari permukaan lapangan. Bulu angsa yang menancap di gabus yang dibungkus kulit berwarna putih berjumlah antara 14-16 buah. ada ruang yang memberi jarak antara pelaku dan penerima servis. Bila dipukul dengan tangan mengayun dari bawah. Net merupakan pembatas berupa jaring yang membentang antara dua bidang permainan yang diikatkan pada tiang. Ada garis tunggal. Shuttlecock Shuttlecock yang di Indonesia lazim disebut kok. namun umumnya kok plastik hanya dipakai untuk latihan saja. ada garis ganda. masih dikenal raket yang baik gagang maupun kepala (daunnya) terbuat dari kayu. Semakin mahal harganya maka semakin enteng dan kuat raket itu. Tinggi net di tengah-tengah lapangan. biasanya terbuat dari bulu angsa buatan abrik. tanpa gerakan ke arah kiri atau kanan saat mengundara. tetapi yang nge-trend sampai dengan tahun 2002 adalah yang umumnya dipakai pemain pelatnas. dan besarnya harus sama dengan kok yang terbuat dari bulu angsa. Kok yang bagus adalah kalau dipukul dengan raket dengan tangan di bawah pinggang meluncur dengan lurus. masingmasing dua sisi berlawaan. Jenis inilah yang selalu dipakai untuk kejuaraan resmi. Bentuk. sampai tahun 1970-an. meskipun masih ada yang dibuat dari bahan aluminium atau besi ringan. yang dibagi dalam bidang-bidang. Raket Raket pada masa lalu. dan diikat dua tali agar tidak mudah lepas. Berat kok sekitar 5. umumnya sudah memiliki standar yang ditentukan IBF.

Untuk ganda. Sebelum pertandingan kedua pemain menjalani undian yang dilakukan wasit. Peraturan Pertandingan Secara sederhana. Celana pendek atau kaus bulutangkis sebenarnya bebas. celana. sepatu tergolong asesori utama. Baju. Ada berbagai cara melakukannya. pengaman lutut bisa disebut tambahan. Bila kok tidak bisa dikembalikan lawan. 1 . balk maju maupun mundur tanpa terpeleset. Senar yang baik adalah senar yang bisa dipasang sekencangkencangnya tetapi tidak mudah putus. sehingga tidak sempat dikuasai atau dikejar lawan. atau memasukkan kok dengan cepat. tetapi di tingkat internasional banyak dipakai jenis kaus yang sejuk dan mampu menyerap keringat dengan cepat. Sepatu bulutangkis umumnya berwarna putih dengan garis-garis yang warnanya bervariasi. pengikat kepala. setiap pemain bulutangkis memiliki perlengkapan utama dan tambahan ketika tampil di sebuah permainan atau pertandingan. servis berpindah. Terkadang pemain menggunakan kaus tangan. ikat kepala. dia akan mendapat angka. Kaus kaki tidak wajib namun sebaiknya memiliki daya serap keringat yang tinggi dan agak tebal supaya empuk dan mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi kulit akibat pergesekan kulit dengan sepatu. mendapat angka. atau penjaga lutut. agar raket dapat memantulkan kok yang dipukul dengan kencang / cepat. Sepatu bulutangkis haruslah enteng. balk untuk keperluan esensial maupun sekedar untuk menambah ramai penampilan. seperti memasukkan kok ke bidang yang tidak terjaga lawan. permainan bulutangkis adalah upaya untuk memasukkan kok ke bidang permainan lawan. setelah undian hanya satu orang yang melakukan servis dan begitu gaga.yang dibuat dari senar (string). tidak menggunakan rally point seperti di tenis meja atau bola voli. Sepatu dan Pakaian Seperti atlet lain pada umumnya. berupa tali plastik sintetis. dalam tempo cepat. maka servis pun berpindah ke lawan. Angka diperoleh si pelaku servis. biasanya dengan tos menggunakan mata uang logam. tanpa kok itu tidak bisa dikembalikan. sedang ikat tangan. Karet sol yang menggigit dibutuhkan karena frekuensi gerakan maju dan mundur di bulutangkis berlangsung tinggi. Pemenang boleh memilih lapangan dan melakukan servis pertama kali. namun menggigit bila dipakai di lapangan agar pemain dapat bergerak. sehingga bila dia gagal.

dan terus menyervis sepanjang mereka terus mencetak poin. Setelah memenangi satu poin. Mirip dengan tenis. pemain yang sama menyervis kembali. Mereka adalah: 1. Dia juga harus mencoba mencegah lawannya melakukan hal tersebut kepadanya. pemain atau pasangan penyervis (peladen) mencetak skor satu poin. Untuk setiap kali ini berhasil dilakukan oleh regu yang menyervis. Ganda putrid 5. seorang peladen memulai permainan. bulutangkis dimainkan dengan pemain di satu sisi bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan. Tunggal putri 3. Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulutangkis. prinsip yang harus dipegang adalah kepala raket tidak boleh Iebih tinggi dari pinggang. Ganda putra 4. dan kaki tidak bergerak mendahului gerakan memukul kok. Tunggal putra 2. Ganda campuran Sejak 1 Februari 2006.Dalam melakukan servis. melompati jaring ke wilayah di seputar batasan/aras tertanda sebelum pemain atau pasangan lawan bisa memukulnya balik. Sedang penerima servis mengalami fault bila bergerak sebelum lawan melakukan servis. dan setelah kalah sebuah reli. seluruh partai memakai sistem "pemenang dua dari tiga set" (best of three) yang masing-masing diraih dengan mencapai 21 poin secara rally point. Dalam permainan ganda. Memainkan bulutangkis tiap pemain atau pasangan mengambil posisi pada kedua sisi jaring di atas wilayah persegi panjang yang ditandai di lantai sebagaimana diperlihatkan di diagram. servis berpindah ke regu lawan. Apabila regu yang tak menyervis memenangkan reli ini. tiada poin dicetak oleh mereka tetapi ada pergantian penyervis. Bulutangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. 1 . Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket. kok dalam keadaan dipegang.

Para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada 1850-an. yakni berlebar 5. yakni 1. Pemain di sisi servis tangan kanan selalu memulai servis. Ada wilayah servis untuk tunggal. seorang penyalur mainan Inggris. Ini melukiskan permainan tersebut dimainkan di Gedung 1 . Di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer.88 meter panjangnya.98 meter dari jaring. Olah raga ini mendapatkan namanya yang sekarang pada 1860 dalam sebuah pamflet oleh Isaac Spratt. Republik Rakyat China. Nenek moyang terdininya diperkirakan ialah sebuah permainan Tionghoa. Olah raga kompetitif bulutangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune.10 meter pada lebarnya dan 11. Ini cukup populer untuk menjadi nuansa harian di jalan-jalan London pada tahun 1854 ketika majalah Punch mempublikasikan kartun untuk ini. kedua pemain pada seregu bergantian menyervis (meladen) sebelum servis kembali berpindah kepada lawan mereka.Dari waktu itu ke depannya.18 meter dan panjangnya 13. India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring/net dan memainkannya secara bersaingan. Di tengah-tengah lapangan berdiri jaring/net. Tiap-tiap pemain menetapkan di antara dua wilayah servis. objeknya dimanipulasi dengan kaki. berjudul "Badminton Battledore . kemungkinan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India dan Tiongkok. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah.40 meter. Areal servis untuk ganda berukuran 6.sebuah permainan baru"). Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.55 meter tingginya. Garis-garis servis pendek berentang 1. Jianzi yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket.a new game" ("Battledore Bulutangkis . Wilayah servis dibagi dua belahan. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona. Alihalih. Olah raga yang dimainkan dengan kok dan raket. Kotak servis kiri dan kotak servis kanan dipisahkan oleh garis di tengahnya. Objek/misi permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu. Penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang. dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia.

sebelum itu. September 2006. dimana olahraga ini dimainkan di abad terakhir. Bulutangkis menjadi sebuah olah raga populer di dunia. India bergabung sebagai afiliat pada 1936. International Badminton Federation (IBF) didirikan pada 1934 dan membukukan Inggris. maupun dari permainan yang dimainkan oleh elit masyarakat di pertengahan 1800. Inggris. dan Prancis sebagai anggota-anggota pelopornya. usulan untuk mengubah nama International Badminton Federation menjadi Badminton World Federation (BWF) diterima dengan suara bulat oleh seluruh 206 delegasi yang hadir. itu tidak mudah melacak garis keturunan dari sekarang kita panggil olahraga bulu tangkis! Badminton ada setidaknya dua ribu tahun lalu. estat Duke of Beaufort's di Gloucestershire. Belanda. terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara. bulutangkis memiliki sejarah panjang! Badminton mendapat namanya dari Badminton House di Gloucestershire Inggris. bulu tangkis tidak begitu berbeda dari para pendahulu kuno. Rencengan peraturan yang pertama ditulis oleh Klub Badminton Bath pada 1877. Skotlandia. kecuali untuk kecepatan permainan. Pertama turnamen Utama Piala Thomas adalah (dunia laki-laki tim championships) pada 1948. Wales. Berikut ini adalah fakta menarik. Olah raga ini menjadi olah raga Olimpiade Musim Panas di Olimpiade Barcelona tahun 1992. Asosiasi Bulutangkis Inggris dibentuk pada 1893 dan kejuaraan internasional pertamanya berunjuk-gigi pertama kali pada 1899 dengan Kejuaraan All England. Sebelum Badminton House. Popularitas di seluruh dunia untuk olahraga bulu tangkis setelah debut di Olimpiade Barcelona pada tahun 1992. Spanyol. Irlandia. dan di negara-negara Skandinavia. Selandia Baru. Denmark. Rumah dari Duke of Beaufort. Indonesia dan Korea Selatan sama-sama memperoleh masing-masing dua medali emas tahun itu. ada sebuah permainan yang disebut poona (permainan yang dimainkan oleh petugas stationed tentara Inggris di India). dimana 1 . Setelah semua tahun ini. Seperti banyak olahraga lainnya. yang saat ini mendominasi olah raga ini. Sebelum poona ada jeu de yang dimainkan di Benua Eropa.Badminton (Badminton House). yang mengherankan sejarah panjang untuk salah satu Olimpiade olahraga terbaru. Kanada. Ti Jian Zi dan karena Anda dapat melihat. Pada IBF Extraordinary General Meeting di Madrid.

kompetisi badminton pertama di dunia. dan awalnya dimainkan di Yunani dan Mesir kuno. Skotlandia. dealer mainan di London. Di Jepang." dan akhirnya disebut sebagai Badminton Sampai 1887. Di barat. permainan ini dimainkan di Inggris dengan peraturan yang ada di India.a new game" pada 1860. Badminton Association of England menerbitkan aturan standar yang dipakai hingga sekarang. dan sekaligus meluncurkan klub pertama yang dinamai "Dunbar" di 6 Waverley Grove. plus Denmark dari Eropa. permainan ini disebut sebagai "The Game of Badminton. didirikan pada 1934 oleh Kanada. International Badminton Federation (IBF) sekarang disebut Badminton World Federation. Irlandia. dan mulai dimainkan di awal abad 16. ada permainan yang mirip dan dinamakan Hanetsuki. India bergabung sebagai afiliasi pada 1936. sayangnya tidak ada edisi yang berhasil selamat Olah raga baru ini diluncurkan pada 1873 di Badminton House. Peraturan dasarnya dibuat pada 1887. Cina. Isaac Spratt. 1899. Permainan ini dinamakan Poona di India pada abad 18. 1 . Korea dan Malaysia adalah negara2 pensuplai pemain kelas dunia. Portsmouth. Prancis. Denmark. Indonesia. Dan pada masa itulah. dan para Pejabat British Army membawa pulang permainan kompetitif yang sudah di modifikasi di India kembali pulang pada 1860-an. adalah clocked di lebih dari 160 mph (260 km / jam). All England Open Badminton Championships. juga adalah prakarsa mereka. Walaupun berasal di Inggris. Di tahun 1893. oleh the Duke of Beaufort. permainan ini berasal dari permainan yang bernama battledore dan shuttlecock. Gloucestershire. dimana dua pemain berusaha mempertahankan kok diudara selama mungkin dengan raket kecil. Belanda.yang smash tercepat dilakukan oleh Simon Archer Inggris. he Bath Badminton Club menstandarkan aturan dan membuat permainan ini diterima oleh berbagai kalangan di Inggris. badminton banyak di dominasi oleh negara2 Asia. dan Wales sebagai pendiri. Badminton mulai dikenal sejak jama dulu. Inggris. England pada 13 September 13 di tahun yang sama. dan permainan ini dimainkan bagi kalangan atas. New Zealand. mempublikasikan sebuah buklet dengan nama "Badminton Battledore .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful