APA ITU DESKRIPSI ?

Kunci:
Menggambarkan keadaan/sesuatu Objek yang dideskripsikan dapat berupa keindahan alam, keindahan jasmani, watak, atau objek tertentu yang dapat diserap pancaindra. http://klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelajaran-bahasa/bahasa-indonesia/macam-jenis-karangandan-laporan.html

Prinsip.
- Dalam penulisan deskripsi ada satu clear dominant impression (kesan dominan yang jelas). Kesan dominan ini akan memandu kita memilih detail dan ketika disusun dalam kalimat akan menjadi jernih bagi pembaca.

deskripsi obyektif seekor penyu akan menyebutkan fakta tinggi. Karena itu penting menggunakan detail yang spesifik dan konkret. Macam macam Deskripsi Aturan . -Kecuali deskripsi yang obyektif. Misalnya.Penulis harus hati-hati memilih detail untuk mendukung kesan utama yang dipilih.wordpress.Penulisan deskrispi bisa obyektif atau subyektif. nilai. dan juga kebiasaan dan personalitinya .Tujuan dari penulisan deskripsi adalah melibatkan pembaca sehingga ia bisa membayangkan sesuatu yang kita deskripsikan.com/2009/03/09/belajar-menulis-deskripsi. kata keterangan kata kerja.html . Ingat kita memiliki lima panca indra. Karena itu kata kerja. dan suasana yang cukup luas. . dan kata sifat lebih bisa digunakan menunjukkan emosi dibandingkan kata benda. penulis memiliki wewenang untuk menyingkirkan detail yang tidak sesuai dengan kesan utama. Deskripsi subyektif tetap membutuhkan rincian obyektif itu tetapi juga menekankan perasaan penulis terhadap penyu itu. . dan lainnya.Deskripsi sangat sering bergantung pada emosi yang ingin ditunjukkan. dan emosi) http://asep. memberikan penulis pilihan kata. kita harus yakin kesan utama yang dipilih itu membuat pembaca percaya (suatu kondisi mental yang komplek menyangkut keyakinan. Atau dengan kata lain. berat. warna kata.Penulisan deskripsi bergantung pada detail konkret yang ditangkap oleh panca indra. warna. rasa..