P. 1
TUGAS EKONOMI

TUGAS EKONOMI

|Views: 752|Likes:
Published by kiswardi

More info:

Published by: kiswardi on Feb 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/19/2013

pdf

text

original

TUGAS EKONOMI TIDAK TERSTRUKTUR PENDAPATAN NASIONAL INDONESIA DAN PENDAPATAN PERKAPITA ASEAN

DISUSUN OLEH :
Nama No Kelas : Ani Nurhayati : 07 : X 10

SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

TUGAS TIK TOMBOL SPECIAL KEY PADA MICROSOFT WORD DISUSUN OLEH : Nama No Kelas : Ani Nurhayati : 07 : X 10 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 .

. Sedangkan mulai dari tahun 2006 hingga 2009 sektor Industri yang paling besar menyumbang Pendapatan Nasional. bukan tidak mungkin Indonesia dapat menciptakan peluang usaha guna mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan serta meningkatkan derajat hidup rakyat banyak. Dapat dikatakan bahwa Indonesia saat ini berkembang menjadi Negara Industri walaupun Indonesia disebut sebagai negara Agraris.Penjelasan Tabel Dari data tersebut bisa kita simpulkan bahwa setiap tahunnya Indonesia mengalami peningkatan Pendapatan Nasional. Mengapa demikian ? Indonesia menpunyai peluang besar untuk menjadi Negara Industri dengan SDM yang ada dan dengan adanya teknologi yang berkembang cukup pesat saat ini. Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan PDB terbesar didunia. Dengan menjadikan Industri sebagai tonggak utama Pembangunan dan diberdayakannya SDM yang ada.28 triliuni. itu berarti sektor tersebut memberikan PDB yang cukup besar. Pada tahun 2005 Pendapatan Nasional Indonesia terbesar dipasok dari sektor pertambangan sebesar Rp 491. Dilihat dari PDB tanpa Migas juga tidak terpaut jauh dari PDB dengan migas.

dan tabungan sangat erat hubungannya. 2. yang selanjutnya akan mengurangi tingkat pengangguran. Permintaan agregat adalah suatu daftar dari keseluruhan barang dan jasa yang akan dibeli oleh sektor-sektor ekonomi pada berbagai tingkat harga. Penurunan pada tingkat penawaran agregat cenderung menaikkan harga. tetapi akan menurunkan output nasional (pendapatan nasional) dan menambah pengangguran.Permintaan dan penawaran agregat Permintaan agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan permintaan terhadap barang-barang dan jasa sesuai dengan tingkat harga. 3 . maka perubahan tersebut akan menimbulkan perubahan-perubahan pada tingkat harga. pendapatan. Hal ini dapat kita lihat dari pendapat Keynes yang dikenal dengan psychological consumption yang membahas tingkah laku masyarakat dalam konsumsi jika dihubungkan dengan pendapatan.Faktor yang memengaruhi pendapatan nasional 1. Adanya kenaikan pada permintaan agregat cenderung mengakibatkan kenaikan tingkat harga dan output nasional (pendapatan nasional).Konsumsi dan tabungan Konsumsi adalah pengeluaran total untuk memperoleh barang-barang dan jasa dalam suatu perekonomian dalam jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun).Konsumsi merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pendapatan nasional Jika terjadi perubahan permintaan atau penawaran agregat. 4. tingkat pengangguran dan tingkat kegiatan ekonomi secara keseluruhan. sedangkan tabungan (saving) adalah bagian dari pendapatan yang tidak dikeluarkan untuk konsumsi. Antara konsumsi.Investasi Pengeluaran untuk investasi merupakan salah satu komponen penting dari pengeluaran agrega . sedangkan penawaran agregat menunjukkan hubungan antara keseluruhan penawaran barang-barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan dengan tingkat harga tertentu.

PENDAPATAN PERKAPITA NEGARA ASEAN TAHUN 2005-2008 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->