P. 1
Penerapan Gelombang Cahaya

Penerapan Gelombang Cahaya

|Views: 153|Likes:
Published by Adt Jaya Putra

More info:

Published by: Adt Jaya Putra on Feb 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/11/2012

pdf

text

original

Gelombang Cahaya Cahaya adalah sebuah gelombang yang merambat dengan frekuensi yang lebih besar dibandingkan dengan

gelombang bunyi. Berbeda dengan bunyi, cahaya tidak hanya terdiri dengan gelombang saja, akan tetapi cahaya juga terdiri dari partikel-partikel yang relative sangat kecil. Teori ini disebut dengan teori dualisme gelombang cahaya. Ini adalah teori modern yang menjelaskan tentang sifat-sifat cahaya, dan bahkan sifat-sifat partikel secara umum.

a) Warna dan Panjang Gelombang Panjang gelombang yang berbeda-beda diinterpretasikan oleh otak manusia sebagai warna, dengan merah adalah panjang gelombang terpanjang (frekuensi paling rendah) hingga ke violet dengan panjang gelombang terpendek (frekuensi paling tinggi). Cahaya dengan frekuensi di bawah 400 nm dan diatas 700 nm tidak dapat di lihat manusia dan di sebut ultraviolet pada batas frekuensi tinggi dan inframerah pada batas frekuensi rendah. Walaupun manusia tidak dapat melihat sinar inframerah kulit manusia dapat merasakannya dalam bentuk panas. Ada juga kamera yang dapat menangkap sinar inframerah dan merubahnya menjadi sinar tampak (sinar yang dapat dilihat oleh mata manusia), kamera seperti ini disebut night vision camera. Kamera ini digunakan manusia untuk melihat pada malam hari tanpa menggunakan lampu atau alat penerang. Radiasi ultraviolet tidak dirasakan sama sekali oleh manusia kecuali dalam jangka paparan yang lama. Hal ini dapat menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit. Beberapa hewan seperti lebah dapat melihat sinar ultraviolet, sedangkan hewan hewan lainnya seperti ular viper dapat merasakan inframerah dengan organ khusus. b) Aplikasi Sel Surya Sebagai Sumber Energi Alternatif Gelombang yang timbul akibat medan listrik dan medan magnet disebut gelombang electromagnet. Gelombang elektromagnet yang terlihat oleh pancaindera manusia adalah cahaya dengan panjang gelombang berkisar pada 300-700 nm (nanometer). Gelombang diatas panjang gelombang 700 nm adalah inframerah dan dibawah 300 nm adalah ultraviolet. Manusia telah banyak memanfaatkan energi yang terdapat pada gelombang elektomagnet sejak zaman dulu. Tapi pemahaman tentang gelombang ini sendiri baru dapat dianalisis oleh ilmuwan sekitar abad 10

Memberikan harapan kepada kita untuk mengelola alam secara lebih alamiah.Seiring dengan perkembangan zaman. menyebabkan aliran medan listrik. Apabila elektron tersebut bisa menempuh perjalanan menuju bahan semikonduktor pada lapisan yang berbeda. tidak berpolusi. Berbagai instalasi sel surya telah banyak dipakai walaupun hanya pada beberapa golongan masyarakat mampu. Dan menyebabkan elektron dapat disalurkan ke saluran awal dan akhir untuk digunakan pada perabot listrik. Ketika cahaya bersentuhan dengan sel surya dan diserap oleh bahan semi-konduktor. aman dan persediaannya hampir tidak terbatas. Cara kerja sel surya sebenarnya identik dengan perangkat semikonduktor dioda. pemanfaatan gelombang elektromagnet oleh manusia semakin sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan pemahaman tentang gelombang ini. terjadi perubahan sigma gaya-gaya pada bahan. semi-konduktor Ptype dan N-type (terbuat dari campuran silikon) untuk menghasilkan medan listrik. Cahaya matahari yang merupakan pancaran gelombang elektromagnet adalah salah satu contoh dari sekian banyak bentuk energi yang dapat kita rasakan di bumi dan telah dimanfaatkan oleh mahluk hidup berabad-abad. material anti-refleksi untuk menyerap lebih banyak cahaya dan mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan. . Indonesia adalah sebuah negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa dan menerima panas matahari yang lebih banyak dibandngkan dengan negara lain. Gaya tolakan antar bahan semi-konduktor. Pemberdayaan energi cahaya matahari pada setiap zaman semakin meningkat seiring dengan pengetahuan yang kita dapatkan dan salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang memanfaatkan energi foton cahaya matahari menjadi energi listrik. mempunyai potensial yang sangat besar untuk mengembangkan PLTS sebagai alternatif batubara dan diesel sebagai pengganti bahan bakar fosil yang bersih. Bahan sel surya terdiri dari kaca pelindung dan material adhesive transparan yang melindungi bahan sel surya dari keadaan lingkungan. terjadi pelepasan elektron. Bahan dan cara kerja yang aman terhadap lingkungan menjadikan sel surya sebagai salah satu hasil teknologi pembangkit listrik yang efisien bagi sumber energi alternatif masyarakat di masa depan. saluran awal dan saluran akhir (tebuat dari logam tipis) untuk mengirim elektron ke perabot listrik.

yang terjadi adalah penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard. Cara kerja scanner yakni ketika tombol mouse ditekan untuk memulai scanning. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning. berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor. . Setelah nyala lampu sudah tidak ada.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam. Nyala lampu yang terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan. Pena scanner itu berukuran panjang 6 inci dan beratnya sekitar 3 ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Mesin fotokopi hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file teks. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1. dokumen dan gambar. Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.d) Scanner Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. bahkan yang terbaru.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->