Membatasi Bandwidth Tanpa Software

Ditulis oleh Gus Adit pada 24 February 2010 <p>Your browser does not support iframes.</p> Sharing koneksi internet atau Internet Connection Sharing adalah hal lazim dilakukan sekarang ini. Namun membagi koneksi internet ke beberapa komputer jelas menurunkan bandwidth yang kita terima dari Internet Service Provider (ISP) jika beberapa user secara bersamaan mengakses internet. Apalagi jika seorang user sedang mendownload file yang cukup besar. Misalkan sebuah film berdurasi 2 jam yang besarnya kira-kira 1 GB. Coba bayangkan jika satu koneksi internet kita bagi ke 10 PC dan semua pengguna PC tersebut sedang mendownload file yang besarnya 1 GB bisa lemot koneksi internet kita. Untuk itu, saya rasa perlu jika Anda membatasi bandwith koneksi internet pada setiap komputer. Untuk membatasi bandwith koneksi internet, lazimnya kita menggunakan sebuah software bandwidth management yang mungkin tidak gratis dan berharga cukup mahal. Namun ada sebuah cara membatasi bandwidth koneksi internet sebuah komputer tanpa menggunakan software pada sebuah jaringan lokal (LAN) kita. Langkah-langkah yang kita gunakan hampir sama dengan cara mempercepat koneksi internet yang pernah saya tulis sebelumnya. Namun, ada sedikit perbedaan. Berikut langkah-langkahnya: 1. Klik Start »» Run dan ketik ³gpedit.msc´ (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. 2. Pada jendela sisi sebelah kiri pilih Computer Configuration »» Administrative Template »» Network »» Qos Packet Scheduler.

3. Kemudian di sisi jendela sebelah kanan double click Limit Reservable Bandwidth

4. Pada jendela Limit Reservable Bandwidth tandai option Enable dan set Bandwidth limit menjadi 50 % atau nilai yang Anda inginkan. Semakin besar nilai yang Anda set maka semakin kecil bandwidth yang bisa digunakan komputer tersebut.

5. Setelah seting Anda anggap sesuai click tombol OK dan tutup jendela Group Policy. Agar setingan berpengaruh restart komputer. Kemudian cobalah untuk melakukan test terhadap kecepatan koneksi internet pada komputer tersebut. Jika Anda rasa masih cepat atau terlalu lambat, rubahlah setingan dengan mengikuti langkah-langkah tadi. Kemudian rubah nilai pada Bandwidth Limit menjadi lebih besar atau kecil tergantung dari kecepatan yang Anda inginkan. Setelah setingan Anda anggap pas. Barulah set komputer-komputer lainnya pada jaringan dengan

Di ³ Computer Configuration ³. Lalu pilih ³ Network ³ 5.:D posting blog kita subuh ini adalah tutorial cara membagi bandwidth client warnet tanpa software. Lumayan untuk mengirit uang belanja software. Cara nya adalah sebagai berikut : 1. Pilih ³Administrative Templates³ 4. tips dan trik ini untuk semua blogger dunia. Selamat mencoba! Kategori: Networking Tags: Bandwidth Internet. Tentu saja dengan langkahlangkah yang sama seperti seting diatas. Klik pada ³QoS Packet Scheduler ³ 6. Memang kurang efisien karena mesti menset satu-persatu komputer terutama pada jaringan yang besar. Setelah itu Pilih Pada ³ Limit reservable Bandwidth ³ 7. Setelah itu Pada tabel bawah pada tulisan ³ Bandwidth Limit % ³ Ubah Dari ³20´ Menjadi ³80 . tanpa modem dan tanpa hardware apapun alami. Tutorial Jaringan Ini dia Tips Komputer Dan News Flash Artinya Berita Terbaru Paling Mantap Pekan ini Terutama Pada Blog ini Karna Saya Sendiri Baru Tau kalo begini caranya yah.. Kemudian setelah itu keluar kotak ³Group Policy´ 3. siapa berminat langsung aja nih cara2nya. Pilih dari ³ Not Configured ³ menjadi ³ Enable ³ 8.seting yang sama atau seting yang berbeda pada Bandwidth Limit. cara ini adalah dengan cara mensetting % penggunaan bandwidth client yang di setting melalui windows itu sendiri.msc. Klik start ==> run 2. Demikian sebuah cara membatasi bandwidth koneksi internet tanpa menggunakan software. tapi tetep khususnya untuk yang punya warnet neh ^_^ dan juga anak anak ataupun pelopor dan pendiri HTC harus tau neh.. Namun pada jaringan skala kecil yang hanya terdiri dari 5-10 komputer saya rasa tidak cukup berat dilakukan. Lalu ketik gpedit.

jika kita mau setting setiap komputer dapet bandwith 10% maka kita tinggal masukan angka 90%. setting ini tergantung dari jumlah komputer. ³ OK ³. Gimana sobat Mudah bukan silahkan di coba jika sobat tidak mencoba saya yakin tidak bisa. bila setiap komputer ingin kita set dapat 20% maka tinggal kita masukan angka 80%. . Lalu ³Apply´ .atau 20´. silahkan dicoba dan dipraktekkan semoga bermanfaat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful