P. 1
Episkop

Episkop

|Views: 2,631|Likes:
Published by Spencer Williams

More info:

Published by: Spencer Williams on Feb 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2013

pdf

text

original

EPISKOP

Episkop alat optik untuk memproyeksikan image buram pada bidang yang datar, seperti kartupos, foto, halaman buku-buku, tetapi juga dapat menampilkan obyek 3 demensi ke layar, seperti koin, serangga dan dedaunan. obyeknya biasanya ditempatkan terbalik/ sungsang, kebanyakan di belakang lentera, kadang-kadang pada bawah atau atas lentera, gambar akan ditampilkan berbalik kembali oleh lensa proyeksi. Amat sangat ringan, sering dari dua sumber, sinari benda dari sisi. bagian dari cahaya yang ter-refleksi melewati lensa yang memproyeksikan gambar pada layar. Episkop adalah sebuah PROYEKTOR yang digunakan untuk menampilkan dua sisi slide dan obyek transparan. Kombinasi dari fungsi-fungsi yang diciptakan oleh episkop sangat ideal digunakan pada sekolahan. Episkop sederhana, Gebr?ing, Nuremberg c. 1900. memilik tempat kartu dibelakang dapat digeser kesamping agar mencapai sinaran lampu. Sinaran lampu dipantulkan oleh cermin dari dalam. kaleng tipis buatan jepang dengan panjang pipa saluran bercat merah dan lambang µGBN Bavaria¶ diatapnya. Dimensi: 13 x 7.5 x 6 inches (33 x 19 x 14.5 cm). Salah satu epodiaskop yang paling terkenal adalah µJanus¶ dibuat oleh Ed. Liesegang, tahun 1925, D?orf, Germanyc. Versi improvasinya adalah µTrajanus¶, dilengkapi dengan dua lampu menjadikannya lebih baik daripada satu lampu. Obyek transparan atau gambarnya ditaruhkan pada lempengan besi tipis pada bagian bawah lentera, yang mana dapat digerakan keatas dan bawah dengan menggunakan sistem yang cerdas yang dapat menahan lempengan besinya selalu pada posisi horisontal.

PERISKOP

Periskop merupakan alat optik untuk mengamati suatu objek dari posisi tersembunyi. Periskop sederhana dapat dibuat dengan menggunakan tabung yang diberikan cermin paralel yang saling berhadapan dengan sudut 45° pada setiap sisinya. Periskop sederhana sering digunakan sebagai alat untuk melihat ketika dihalangi kerumunan orang. Periskop yang canggih biasa ditemukan pada kendaraan tempur lapis baja dan kapal selam.

DIASKOP

Diaskop adalah alat yang digunakan untuk memproyeksikan bayangan nyata dari sebuah gambar diapositif, yaitu gambar yang tembus cahaya. Proyektor yang termasuk jenis diaskop adalah :

PROYEKTOR

Proyektor adalah sebuah oleh untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa.
y

y

y

y

Proyektor elektronik: o Proyektor digital o Proyektor LCD o Proyektor CRT o Proyektor DLP o Proyektor LCOS Proyektor transparansi: o Proyektor film o Proyektor slide o Proyektor overhead o Magic Lantern o Enlarger - lihat juga (printer contact) Lainnya o Proyektor Handheld projector (akan digunakan dengan PDA dan kamera digital) o Proyektor Opaque (proyektor reflektif) Matematika o Operator proyeksi

PROYEKTOR FILM

Digunakan untuk memproyeksikan gambar tembus pandang. Gambar yang sati dengan yang lainnya merupakan gambar mati dan terputus-putus, kemudian diputar 16 gambat tiap detik dengan kecepatan tinggi maka kesan yang ditangkap oleh mata adalah gambar hidup. Seperti halnya jika ujung sebuah lidi yang dibakar dikibas-kibaskan dalam ruang gelap, akan tampak garis cahaya bukan titik cahaya. Kesan demikian sebagai efek bayangan iring.

SLIDE PROYEKTOR

Proyektor ini memproyeksikan slide (film) satu demi satu ke sebidang layer. Film yang diproyeksikan ke layer berupa deretan gambar diapositif yang digulunng dalam roll film. Bagian slide proyektor adalah sebagai berikut. (1) Lampu proyektor merupakan bagian utama yang sangat kuat memancarkan cahaya.

(2) Cermin cekung, berfungsi mengumpulkan cahaya agar daya pancar sinar proyektor lebih kuat. (3) Kondensor, berupa dua buah lensa cembung-datar yang disusun bertolak belakang, berfungsi agar sinar jatuh ke slide merata ke seluruh permukaan. (4) Filter, berfungsi melindungi slide dari panas yang dihasilkan lampu proyektor. (5) Lensa proyektor, berupa lensa cembung yang berfungsi sebagai pembalik. Oleh karena itu untuk memperoleh bayangan tegak di layer, slide harus dipasang terbalik. Jadi bayangan yang dihasilkan proyektor adalah nyata, terbalik, dan diperbesar.

OVERHEAD PROYEKTOR (OHP)

OHP adalah banyak digunakan untuk media pendidikan di sekolah atau rapat-rapat dikantor. Bagian OHP sama seperti slide proyektor yaitu dua buah cermin datar untuk memantulkan cahaya dan dua buah lensa cembung untuk lensa proyektor. Gambar diapositifnya dapat berupa selembar plastic ukuran folio yang dgambari dengan tinta spidol.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->