Jenis-jenis Tumbuhan Lumut (daun, hati, tanduk

)
Jenis-jenis Tumbuhan Lumut (daun, hati, tanduk)- Dalam tulisan kali ini kita akan membahas 3 jenis tumbuhan lumut yaitu lumut daun, lumut hati dan lumut tanduk. Ketiga jenis tumbuhan lumut diatas memiliki ciri masing-masing yang berbeda. Simak uraian berikut tentang jenis-jenis tumbuhan lumut. 1.Ciri-ciristrukturLumutDaun

Lumut daun (moss) merupakan tumbuhan lumut yang paling terkenal. Hamparan lumut daun terdiri atas kelompok lumut yang padat, yang saling menyokong satu sama lain. Setiap tumbuhan yang tergabung dalam hamparan tersebut melekat pada substrat dengan sel memanjang atau filamen seluler yang disebut rizoid. Gametofitnya tumbuh tegak di permukaan tanah, memiliki bagian-bagian yang menyerupai ³akar´, ³batang´, dan ³daun´ yang sesungguhnya tidak sama dengan struktur yang sama pada tumbuhan vaskuler. Gametofit merupakan generasi dominan, tempat terjadinya fotosintesis. Sporofit tumbuh membentuk suatu batang panjang yang muncul dari arkegonium. Pada ujung batang terdapat sporangium, yaitu kapsul tempat terjadinya pembelahan meiosis dan spora haploid berkembang. Gambar 7.3b sporofit yang memiliki sporangium berbentuk kapsul dengan tutupnya disebut kaliptra. Jika kadar air rendah, kaliptra terlepas, gigi peristom terbuka, dan spora keluar.

Gambar 7.3 Lumut daun

tumbuhan hidup dan mati di tanah basah, mengikat banyak sekali karbon organik. Sebagai tempat penyimpanan karbon, rawa gambut tersebut berperan penting dalam menstabilkan konsentrasi karbon dioksida (CO2) di atmosfer. Sphagnum tumbuh di daerah tundra, merupakan makanan rusa kutub. Lumut daun dapat dimanfaatkan sebagai media tanaman (pengganti ijuk). Siklus hidupnya sudah kamu lihat pada Gambar 7.1.

rizoid lumut dapat menembus permukaan batuan. Bentuk tubuhnya mirip lumut hati. sedangkan tangkai anteridium disebut anteridiofor. akan tumbuh menjadi individu baru. Tangkai arkegonium disebut arkegoniofor.4 Kelompok Lumut hati Perkembangbiakan seksual terjadi melalui pembentukan arkegonium dan anteridium. Selain itu. Dapatkah kamu sebutkan manfaat lainnya? Gambar 7. Adanya hamparan lumut pada permukaan tanah dapat mencegah erosi. bentuknya seperti hati hewan. Setelah terjadi pembuahan terbentuk zigot. Spora yang jatuh pada tempat yang sesuai akan tumbuh menjadi benang yang tidak tentu bentuknya dan berfungsi sebagai sel pemula pembentukan gametofit. epidermisnya mengandung klorofil. Oleh karena itu. Lekukan pada payung pembawa anteridium lebih dangkal dibanding dengan payung arkegonium. Ciri-ciri struktur LumutHati Hutan tropis merupakan tempat hidup lumut hati dengan keanekaragaman yang paling besar.2. Ciri-ciri struktur Tanduk Di antara semua lumut.5 Lumut tanduk . biasanya tumbuh pada gametofit yang berbeda. dan arkegonium. tetapi sporofitnya membentuk kapsul memanjang yang tumbuh seperti tanduk. Kuncup yang terlepas dan jatuh di tempat yang sesuai. Gambar 7. sementara arkegoniofor terus memanjang. Pada tiap lekukan terdapat satu arkegonium. Sampai saat ini ketiga divisi lumut itu masih bertahan sebagai tumbuhan darat. Proses ini secara bertahap membentuk tanah baru. tumbuhan lumut disebut sebagai tumbuhan pionir. Pada permukaan gametofit terdapat badan seperti mangkuk yang berisi kuncup (gemma) yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan aseksual. 3. Gametofitnya merupakan lembaran ³daun´ tipis yang menempel pada substratnya dengan rizoid yang halus. Zigot tumbuh menjadi sporofit dan terbentuk ³kapsul´ tempat tumbuhnya spora yang haploid. yang tumbuh ke arah bawah. Gambar 7.4b Lembaran ³daun´ (gametofit dengan mangkuk berisi gemma. Siklus hidup lumut hati hampir sama dengan siklus hidup lumut daun. Lembaran ³daun´ dibagi menjadi beberapa lobus. anteridium. lumut tanduk adalah yang paling dekat hubungan kekerabatannya dengan tumbuhan vaskuler.