P. 1
HAMA ULAT BULU

HAMA ULAT BULU

|Views: 1,057|Likes:

More info:

Published by: Rizkye Shii PubbayRifyluvers Gfc on Feb 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/12/2014

pdf

text

original

Disusun oleh

:

KELOMPOK KEPOMPONG
Amalia Candra Wijayanti Bagus Yuli Prakosa C Hedyana Astari Muhammad Firdaus Basyuni (04) (08) (12) (16) MODERATOR NARASUMBER NOTULIS NARASUMBER

SMP NEGERI 2 REMBANG TAHUN 2011/2012

Jadi.´ jelasnya. Totok mengatakan bahwa itu hanyalah kemungkinan kecil saja. serangan ini diakibatkan oleh rusaknya ekosistem alam yang mengakibatkan populasi serangga tidak seimbang. termasuk musuh alami ulat tersebut. sehingga dari ribuan telur. Selain itu. Fakultas Pertanian. secara otomatis jumlah ulat akan semakin banyak. tambahnya. salah satunya dilakukan dengan cara menyebar burung pemangsa ulat.500 pohon mangga di kabupaten. Apalagi ulat sekali melahirkan bisa mencapai ratusan ulat. .000 ribu hektare lahan pertanian mangga. Tujuang pelepasan burung predator pemangsa ulat ini untuk menghambat perkembangan populasi ulat bulu yang akhir-akhir ini menyerang di delapan kecamatan di wilayah Probolinggo.BAB I PENDAHULUAN 1. tambahnya. Senin 4 April 2011. Untuk mengantisipasi serangan ulat bulu ini. ´ abu Bromo yang hanya terjadi sebentar tidak mungkin mengganggu kehidupan musuh alami itu. Dalam proses sirkulasi kehidupan ulat. Hujan yang terus menerus terjadi di sejumlah kawasan mengakibatkan musuh alami ulat yakni sejenis predator bernama ³Braconid´ dan ³Apanteles´ tidak mampu bertahan hidup. ulat bulu juga mewabah di daerah lain. Universitas Brawijaya Malang.´ katanya.1Latar Belakang Serangan ulat bulu yang terjadi di kabupaten Probolinggo. Menurut Kepala Laboratorium Hama. hanya beberapa telur saja yang lolos dari parasit dan bisa menjadi ulat. Dr Ir Totok Himawan. Ulat bulu tersebut jenis dasi sira. Mengenai abu bromo yang katanya masyarakat juga menyebabkan terjadinya hujan ulat tersebut. Jawa Timur. semakin meluas. Bahkan setelah mewabah di Probolinggo. hal ini bisa mengakibatkan terganggunya sirkulasi salah satu kehidupan. Jawa Timur. semakin cepat berkembangnya ulat ini disebabkan oleh pemakaian pestisida secara berlebihan oleh petani. Ulat pemakan daun pohon mangga menyerang setidaknya 60. saat menjadi telur. musuh alami ulat tersebut selalu memberikan parasit pada telur ulat. ³Tapi masyarakat jangna khawatir. Selain itu. ulat tersebut bukan termasuk ulat yang gatal. Itu sekitar 8. anomali cuaca yang tidak menentu.

makalah ini bermanfaat bagi pembaca untuk mengetahui dan memahami penyebab terjadinya hama ulat bulu.4Manfaat 1.2 Permasalahan Dari latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan beberapa masalah. kalipuro. 8 April 2011 Mewabahnya hama ulat bulu (desiciria inclusa) di jawa timur yang diawali dari kabupaten Probolinngo.3Tujuan Makalah ini disusun dengan tujuan sebagai berikut . berkurangnya predator ulat bulu seperti semut rangrang dan burung pemakan ulat. Mengungkap hal-hal yang menyebabkan adanya hama ulat bulu. Apakah dampak dari pesatnya perkembangbiakan ulat bulu? 3.Manfaat Teoretis Secara teoretis. 1. 3 kecamatan tersebut yaitu wongsorejo. dan menjadi factor pendukung menetasnya telur ulat bulu. Mengungkap jenis ulat bulu di lingkungan masyarakat. 4. dan kecamatan banyuwangi Meledaknya populasi ulat bulu ini di sebabkan oleh 2 faktor alam. 1. karena kabupaten ini sebagai penghasil buah mangga terbesar di jawa timur dan pohon mangga merupakan sasaran empuk hama ulat bulu ini. Bagaimana cara membasmi perkembangbiakan ulat bulu? 1. 1. di banyuwangi sendiri sudah 3 kecamatan yang di temukan adanya serangan ulat bulu. Hal ini di sebabkan. faktor pertama adalah kondisi cuaca saat pancaroba yang terlalu lama. Setelah menyerang probolinggo. Tak ayal hampir seluruh pohon mangga di kabupaten probolinggo rusak setelah di serang hama ulat tersebut. Factor yang kedua yaitu. dampak negatif yang ditimbulkan . Memaparkan cara-cara untuk membasmi ulat bulu di lingkungan masyarakat.Jum¶at. Apakah penyebab dari pesatnya perkembangbiakan ulat bulu? 2. antara lain. 2. 1. Mengungkap dampak negatif dari pesatnya perkembangbiakan ulat bulu di lingkungan masyarakat. yang menjadikan hama ini bisa tumbuh subur . hama ulat tersebut menjalar hingga kabupaten banyuwangi. 3.

Bagi guru. dengan mengetahui dan memahami penyebab terjadinya hama ulat bulu. 2. . maka guru dapat mengajak siswa untuk ikut berpartisipasi dalam memperbaiki keseimbangan lingkungan sejak dini.bagi lingkungan masyarakat serta hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi terjadinya hama ulat bulu . makalah ini bermafaat bagi pembaca untuk ikut serta dalam memperbaiki keseimbangan lingkungan dengan melakukan berbagai hal sehingga dapat mengurangi hama ulat bulu yang berakibat buruk bagi di lingkungan masyarakat.Manfaat Praktis Secara praktis.

³Sebagai suatu memiliki komponen-komponen yang menciptakan keseimbangan. seperti burung. pengendalian terhadap populasi ulat menjadi langkah yang harus segera dilakukan. Saat salah satu komponen mengalami gangguan. Akibat adanya perubahan iklim. Begitu juga dengan yang terjadi dengan famili Limantriidae (ulat bulu) saat ini. Berkurangnya pemangsa alami dan peningkatan ulat bulu juga dipengaruhi unsur non hayati. "Meningkatnya populasi ulat bulu juga disebabkan semakin berkurangnya musuh alami. Oleh karena itu. Semua makhluk hidup punya kemampuan adaptasi terhadap perubahan alam yang terjadi.BAB II PEMBAHASAN 2. Fenomena meningkatnya populasi ulat bulu. kelelawar. parasitoid. seperti burung. Perubahan iklim global menjadi faktor utama. dan musuh alaminya. burung. parasitoid. kata pakar hama dan penyakit tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Suputa. Perubahan iklim Perubahan iklim terutama temperatur lingkungan ikut mempengaruhi populasi ulat bulu. Kamis. karena temperatur yang meningkat dapat mempercepat siklus hidup ulat itu. dan semut rangrang.1 PENYEBAB UTAMA TERJADINYA HAMA ULAT BULU A. faktor hayatinya disebabkan berkurangnya pemangsa alaminya. C. dan penggunaan perangkap feromon seks perlu dilakukan. perangkap lampu UV." katanya. terjadi perubahan suhu dan kelembaban udara.´ papar Haryono. B. "Pengendalian hama terpadu dengan pendayagunaan musuh alami. Berkurangnya Pemangsa Alaminya . dan predator lain. Terlebih kemampuan produksi telur ulat betina mencapai 70-300 butir per ulat. di Yogyakarta. Perubahan Ekosistem Alam juga Perubahan ekosistem itu telah menyebabkan hilangnya keseimbangan alami untuk sementara waktu." katanya dalam diskusi Fenomena Wabah Hama Ulat Bulu di Jawa Timur. misalnya parasitoid. keseimbangan itu akan terganggu.

Bukti nyata wabah ini meluas hingga kedaerah lainnya. Walaupun dampak ini tidak langsung dirasakan namun dengan meluasnya wabah ulat ini sangat dicemaskan akan merusak tanaman para petani dan membuat panenpun gagal. Memasuki rumah penduduk .Berkurangnya pemangsa alami dan peningkatan ulat bulu juga dipengaruhi unsur non hayati. Hal ini akan menambah populasi ulat karena satu kupu-kupu dapat bertelur mencapai 20 telur. Dampak adanya ulat bulu antara lain.´ Perubahan suhu dan kelembaban udara bisa saja mengakibatkan pemangsa alami ulat bulu berkurang. Akibat adanya perubahan iklim.. c. terjadi perubahan suhu dan kelembaban udara. . Mengakibatkan gatal-gatal di kulit . Walaupun pada akhirnya ulat-ulat itu akan berubah menjadi kepompong dan kemudian menjadi kupu-kupu namun bukan tidak mungkin kupu-kupu itu akan bertelur ditempat yang sama. a. sebaliknya ulat bulunya meningkat. b. Jumlah ulat yang awalnya ribuan menjadi jutaan. Merusak tanaman penduduk . 2. ³Semua makhluk hidup punya kemampuan adaptasi terhadap perubahan alam yang terjadi. Perubahan iklim global menjadi faktor utama.2 DAMPAK TERJADINYA HAMA ULAT BULU BAGI KEHIDUPAN MAKHLUK DI BUMI Ulat bulu memakan berbagai tanaman yang akan mengakibatkan tanaman mati. Jika ini terus berlangsung akan mengakibatkan kelangkaan bahan pangan.

Jika kepompong berubah menjadi ngengat maka serangga tersebut harus dimusnahkan. Selama beberapa hari ulat bulu akan berubah menjadi kepompong. Penyemprotan dilakukan terhadap daun saat ulat masih berukuran kecil. "Insektisida yang disemprotkan akan menempel pada daun dan akan termakan oleh ulat.3 HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGURANGI HAMA ULAT BULU Upaya pengendalian ngengat bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pertumbuhan ngengat dalam jumlah besar pada fase kehidupan selanjutnya." Bakteri yang tertelan akan mengeluarkan racun dalam saluran pencernaan ulat sehingga menyebabkan kematian pada ulat . . Pemberantasan menggunakan pestisida juga bisa dilakukan.2. Mengembangbiakkan parasitoid juga bisa mencegah ledakan populasi ulat bulu pada siklus kehidupan selanjutnya Masyarakat dapat membantu perkembangan parasitoid ulat bulu ini. Namun jika kepompong mengeluarkan sejenis lebah kecil maka serangga tersebut harus dilepaskan karena berfungsi sebagai parasitoid bagi ulat bulu . Pestisida yang digunakan sebaiknya mengandung bahan aktif bakteri Bacillus thuringiensis yang aman terhadap lingkungan karena hanya mematikan ulat namun tidak mempengaruhi musuh alaminya. Caranya. dengan mengumpulkan ulat bulu ke dalam botol plastik air mineral yang berisi daun dan menutupnya dengan kain kasa.

lantai serta pohon disekitar rumah. merawat. Marilah kita mulai untuk mencintai diri sendiri maupun apa saja yang ada disekitar kita. Memasuki rumah penduduk . melestarikan dan tidak merusak apa yang sudah ada. dampak yang ditimbulkan hama ulat bulu adalah sebagai berikut.1 SIMPULAN Dari uraian di atas dapat disimpulkan sebagai sebagai berikut . y Dengan disinfectan atau obat pembasmi hama. y Menggunakan perangkap lampu UV.2 Saran janganlah kita merusak ekosistem. Mengakibatkan gatal-gatal di kulit . b. y menyuntikkan pestisida ke sejumlah pohon 3. y Menyemprotkan oli dan minyak tanah ke dinding . a. Hama ulat bulu disebabkan karena berkurangnya pemangsa alaminya. musuh alami ulat seperti:burung. y Pendayagunaan parasitoid. Kita mulai untuk menjaga. cara membasmi hama ulat bulu antara lain. 1. y Penggunaan perangkap feromon seks perlu dilakukan. c. Merusak tanaman penduduk 3. perubahan iklim global dan hujan terus menerus 2.BAB III PENUTUP 3. .

Serangan Ulat Bulu Mulai Mengkawatirkan.kompas. 2012. Diakses pada tanggal 24 Januari 2012.id. Tersedia pada http://detiknews. Kompas.gudangmateri. Detik. Tersedia pada http://nasional.com. 2012. 2012. 2012.DAFTAR PUSTAKA Gudang Materi.com. Tersedia pada http://nationalgeographic. Hama Ulat Bulu. Tersedia pada http://news. Diakses pada tanggal 24 Januari 2012. Diakses pada tanggal 24 Januari 2012. Nasional geographic.co. . Diakses pada tanggal 20 Januari 2012. Faktor Penyebab Serangan Ulat Bulu. Serangan Ulat Bulu di Probolinggo.

.Berikut adalah beberapa gambar serangan ulat bulu di Probolinggo.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->