AUTISME

Dwi berumur 3 tahun aktif & jarang sakit. Tetapi ortunya kwatir karena dia tidak berkembang seperti kakaknya dulu. Dia belum mulai berkata-kata. Terkadang dia mengucapkan berulangberkataberulangulang kali beberapa kata yg dia mendengar dari orang lain. Tetapi ia tidak pernah memakai kata untuk berkomunikasi. Rupanya dia hanya menikmati suara kata-kata itu saja. kataDwi paling senang bermain sendirian. Dia memperhatikan beberapa permainan saja, semua mobil-mobilan asalkan ada mobilrodaroda-roda. Dia paling senang memutar-mutarkan roda pada memutarpermainannya. Terkadang dia berdiri dan berputar-putar berputarcepatcepat-cepat. Orang tuanya sangat bingung karena Dwi mulai menjadi cepat marah & Mengamuk, kalau ada perubahan kecilpun pada kegiatan-kegiatan rutin. Mereka merasa makin cemas kegiatandan bingung karena tidak dapat meramal faktor yang akan memicu amarahnya.

Garis Besar
Apakah Autisme itu? Tipe-tipe Autisme yang dikenali? Penyebab Autisme? Bagaimana diagnosa Autisme ditentukan? Ciri khas penderita Autisme? Dapatkah Autisme disembuhkan? Penatalaksanaan Autisme yang paling berhasil?

Apakah AUTISM itu?
Sejenis Gangguan Perkembangan yang berlarutlarut (pervasive developemental disorder) Perkembangan yang terganggu terutama dalam  komunikasi  interaksi / bergaul  perilaku Pertama kali dilapor oleh Dr. Leo Kanner 1943, early infantile autism Selama 30 tahun berikutnya Autisme dianggap gangguan emosi, masalah psikologis. Salah!

Apakah AUTISM itu?
Asal-usul Autisma mungkin besar dari neurofisiologik. Jelas tidak dikarenakan ibu yg dingin (Refrigerator Mom) Prevalens dikirakan 1/150 anak di AS (2007) Perbandingan lelaki / perempuan 4 : 1 Tidak terbatas oleh ras, suku, etnik, sosial Adanya Autisme tidak berhubungan dgn ekonomi keluarga atau gaya hidup

Perubahan Perhitungan Kasus (%) Gangguan Spektrum Autisme di California 1994 .2002 AUT: Autism CP: Cerebral Palsy MR: Mental Retardation EP: Epilepsy .

Dia sulit berkomunikasi kepada orang lain & berhubungan dengan dunia luar . Terkadang ada perilaku agresif / merusak dan / atau perilaku memutilasikan diri. .Tanda AUTISM itu? Penyandang Autisme hidup di dunianya sendiri dan bersifat sangat cuek.

. tangan dikepak-kepak) Reaksi yg aneh terhadap orang-orang Berhubungan erat pada benda/objek tertentu Melawan perubahan pada aktifitas rutin. Sangat peka terhadap stimulasi tertentu sekaligus mengabaikan stimulasi yg lain.Tanda AUTISM Gerakan tubuh yang berulang-ulang (goyanggoyang.

Tipe-tipe Autisme? Pervasive Developmental Disorder (PDD) . Autism Disorder AspergerÕ s Disorder PDD-NOS Rhett¶s ¶ Disorder Disintegrative Disorder . Gangguan Perkembangan Pervasif bagaikan payung dibawanya ada 5 tipe.

Pada semua tipe PDD / ASD ada kekurangan komunikasi dan berhubungan sosial. Tetapi istilah Autisme dan Gangguan Sepktrum Autisme (ASD) sering dipakai untuk berarti semua tipe PDD. Autisme ialah 1 diantara 5 Pervasive Developmental Disorders (PDD). Banyak perbedaan dari segi severitas (ringan & berat) .Tipe-tipe Autisme / ASD / PDD? Secara akademis.

Tipe Autisme Kekurangan pada interaksi sosial.1. Termasuk perilaku aktifitas dan cara berfikir yang ciri khas / stereotipik . komunikasi & kegiatan bermain dengan memakai imajinasi / daya khayal Tanda-tanda jelas sebelum umur 3 tahun.

Tipe Gangguan Asperger Kesulitan dengan berinteraksi sosial serta kegiatan & yang dianggap penting (interests) yang sangat terbatas.2. Tidak ada kelambatan berbahasa secara signifikan Kecerdasan biasa atau lebih .

3. . Tipe Gangguan Perkembangan Pervasif yang Non-Spesifik Terkadang disebut Autisme Atipikal Diagnosa ini dipakai pada anak yang tidak mencontohi semua kriteria diagnosa PDD. Tetapi ada kekurangan yang berat dan berlarut-larut (pervasive) pada perilakuperilaku tertentu.

Lalu kehilangan kemampuan yang diraih dulu. Diganti dengan gerakan yg berulang-ulang Mulai diantara umur 1 & 4 tahun. Tipe Gangguan Rhett Gangguan yg makin memburuk / progresif hanya ditemukan pada anak perempuan Perkembangan pada permulaaanya normal. Kehilangan kemampuan memakai tangan secara bertujuan. .4.

Gangguan Disintegratif Anak Perkembangan normal selama 2 tahun atau lebih Kemudian kehilangan kemampuan yang dulu diperbolehkan .5.

Perilaku Autisme .

Kesimpulan dari 5 Tipe PPD/ASD Autisme (5 tipe) ialah gangguan yang beraneka variasi (spectrum disorder) Maka gejala & tanda dapat tampil dgn kombinasi yang berbeda dan juga berbeda severitas dari ringan sampai berat. Salah seorang penyandung Autisme mungkin sangat berbeda dari yang lain .

Faktor-faktor yang rupanya berperan:  Gangguan perkembangan otak  Kelainan neurokimia  Faktor-faktor genetik Tetapi krn prevalens & insidens autisme meningkat.Penyebab Autisme Secara umum ahli-ahli Autisme setuju bahwa penyebab autisme belum diketahui. faktor lingkungan harus dicari .

medscape.com/viewarticle/730949 .Penyebab Autisme: Hubungan/Link Lahir pd bulan Oktober s/d Maret di belahan bumi utara Ibunya multipara (bukan primipara) Dulu mengalami ikterus neonatus ( 67%) www.

Teori-teori Penyebab yg Terbukti Salah dari Reset yg teliti & berulang Bettleheim s theory of psychogenesis. Autisme = Psychosis disebab ibu yang dingin terhadap anaknya ( Ibu kulkas . Refrigerator Mom ) Vaksin yang mengandung pengawet Thimerosol (Hg. Mercury) Vaksin MMR/ Morbilli. Wakefield (UK) ternyata dibayar organisasi ortu anak autisme! Radiasi yang berfrekwensi radio Kekurangan vitamin atau sejenis zat tertentu . Reset Dr.

ahli perkembangan anak.Bagaimana diagnosa Autisme ditentukan? Tidak ada tes laborat atau fisik yang memastikan diagnosa Autisme. . Tim ini memakai wawancara. juru terapi perkataan/bahasa dan konsultan pendidikan istimewa. observasi dan daftar tanda ciri khas yang dikembangkan untuk membuat diagnosa autisme. psikolog. Sebaiknya ada Tim Diagnostik terdiri dari neurolog.

Bagaimana diagnosa Autisme ditentukan? Harus meniadakan ( rule out ) kemungkinan diagnosa banding:      Retardasi mental Kesulitan mendengar / tuli Gangguan perilaku Kebiasaan yang aneh-aneh Sindroma AD/HD .

Contoh Daftar Pertanyaan tentang anak yg diduga ASD  Senang diayun dan bermain "ongkang-ongkang"?  Tertarik bermain dengan anak lain?  Suka memanjat barang-barang. memelihara anak dgn boneka. naik tangga dsb. lebih dari sekedar gigit-gigit & banting-banting?  Sering memperlihatkan benda untuk diperlihatkan ke orang?  Bisa melihat anda ke mata lebih dari dua detik?  Terlalu sensitif terhadap kebisingan (menutup telinga)?  Bisa jalan? . balok kayu.?  Senang "ci-lu-ba" atau "delik-an"?  Pernah bermain pura-pura melakukan sesuatu: misalnya bicara di telpon. main dokter-dokteran?  Menggunakan telunjuk untuk menunjuk saat minta sesuatu?  Menunjuk untuk memerlihatkan perhatiannya pada sesuatu?  Bermain sewajarnya dengan mainan kecil seperti mobil-mobilan.

apabila anda menunjuk ke suatu benda/mainan?  Melihat ke benda yang anda lihat?  Menggerakkan jari dgn cara yg tidak biasa di dekat muka?  Mencoba menarik perhatian anda pada aktivitasnya?  Pernahkan anda berpikir bahwa dia tuli?  Tampak memahami yang dikatakan orang?  Menunjukkan pandangan kosong & mondar mandir?  Melihat ke wajah anda untuk mengetahui adanya reaksi saat menemui sesuatu yang aneh? . Memberi senyum balasan atas senyuman anda?  Bisa menirukan ekspresi wajah anda misalnya senyum atau merengut?  Menjawab panggilan namanya?  Mengikuti dengan pandangannya.

 Kemampuan intelektuil / cara berfikir      .Gangguan Autisme dari Banyak Segi Komunikasi dan bahasa Interaksi sosial / cara berhubungan Perilaku-perilaku Gangguan sensoris dan gerakan Perlawanan terhadap perubahan pada kebiasaan.

Perkembangan bahasa terlambat / mundur 2.1. Echolalia . Komunikasi dan Bahasa Jajaran kemampuan berkomunikasi sangat luas Mungkin ia tidak berkomunikasi dengan kata sama sekali. Anak autisme lain mungkin dapat berkata-kata dengan lancar dan kompleks (jarang) Dua kelainan yang hampir selalu ada: 1.

Padahal dia yg mau. . Perkembangan bahasa terlambat Lama-kelamaan hanya 50% penyandang autisme bisa memakai kata-kata dengan berarti Menukar kataganti (pronoun): Kamu mau makan nasi goreng . Mesti Saya Sulit berbicara sama orang lain secara lancar.A. Biasanya dia melihat ke samping. Sulit mengikuti gantian pokok pembicaraan/topik Tidak mau memandang langsung pada mata orang.

Ekolalia Ekolalia: Orang meniru kata-kata yg didengar bagaikan gema/echo.B. Perilaku ini terkadang ditemukan pada anak biasa yang berumur 3 tahun. Pada 75% anak autisme perilaku ini sering ditemukan pada mulanya atau lambat Apakah ada tujuan anak autisme memakai ekolalia? . tanpa memikirkan atau mengerti artinya.

gerak isyarat) Tidak berhubungan dgn anak lain yg sebaya.2. Kurang Berinteraksi Sosial Kurang menggunakan komunikasi non-bahasa / non-verbal (mata. wajah. Tidak mau membalas apa-apa pada orang Tiada Theory of mind : tidak mampu mengerti apa yg dipikirkan atau dirasakan orang lain . Tidak berbagi secara spontan kepada orang lain tentang kesenangan atau kesukaannya.

Agresi pada guru atau anak lain. tik-tik. Perilaku-perilaku Perilaku yang berulang-ulang: termasuk obsesi. Perilaku mutilasi diri / menyakiti diri B. .3. dan preservation (suatu gerakan yang dibuat berulang-ulang) Perilaku yang merugikan & yg menghalang proses belajar (baik untuk penyandang maupun anak-anak lain di sekolah) A.

Gerakan mata aneh dan tidak komunikatif Kebiasaan gerakan & sikap badan diulang-ulang Gangguan motorik ini dapat dideteksi awal. Gangguan Sensorik & Motorik Gangguan ini sangat sering terjadi Bisa terlalu peka terhadap stimulus sensorik tertentu (suara. . terang) atau kurang peka. Perawakan badan.4. mungkin seawal masa neonatus. gerakan wajah. kepala & anggota badan tidak normal.

Soal Mampu Meramalkan Perubahan kegiatan rutin menambah stres berat Predictability pada anak autisme. seri TV atau musik yang boleh dimainkan. . (Dia perlu Predictability) Anak autisme sering memaksakan kehendaknya tentang tata meubel. Soal kesemetrisan sering sangat penting Intervensi untuk memperbaiki perilaku autisme harus berfokus pada mempersiapkan anak terhadap perubahan aktifitas yang akan terjadi. makanan.5.

yaitu 2 kelemahan autisme Sindroma Savant: daya ingat sangat luar biasa.6. Kemampuan Intelektuil Autisme terjadi pada anak dari semua lapisan IQ. Contoh: menghafal semua nomer direktori telfon . Jajarannya dari anak autisme yg berbakat (intelek gifted) sampai anak autisme yg retardasi mental Tetapi pada umumnya majoritas anak autisme kena retardasi mental 75% di bawa IQ 70. Masalahnya: Dasar tes IQ menguji kemampuan bahasa dan memecahkan soal dgn logika.

Tatalaksana Popular (Fad) yg sudah direset & ternyata tidak menolong: ¡ Vitamin B-6 plus Magnesium ¡ Secretin ¡ Diet bebas gluten ¡ Diet bebas casien ¡ Intergrasi Auditori ¡ Kelasi Zat Mercury (Hg) www.medscape.com/viewarticle/562059 .

Banyak Tatalaksana yg Popular (Fad). namun belum cukup direset ¡ Dipeluk lama ( Holding therapy ) ¡ Memainkan binatang (³Animal playing´) Contoh: Bermain dgn lumba-lumba ¡ Oksejen hyperbarik DAN LAIN-LAIN! .

 Persiapan untuk bekerja yang realistis Mendukung perilaku yang positif & benar Memakai cerita & musik Metode Lovaas atau Applied Behavioral Analysis (ABA) paling berhasil .  Pelajaran yg dapat dipakai sehari-hari.Intervensi (tidak ada obat khas) Kunci sukses adalah intervensi sedini mungkin dan disesuaikan secara Individu Target-target intervensi:  Ketrampilan untuk hidup biasa.

5 6 hari seminggu. berulang-ulang & kurikulum yg jelas.Metode Lovaas atau Applied Behavioral Analysis (ABA) Sesi yg sangat terstruktur. dinilai secara obyektif. belajar taat pada pesan. Ketrampilan dilakukan 8 jam sehari. Lalu masuk play group kecil . selama 2 tahun atau lebih. Hasilnya. konsisten.

Metode Lovaas atau Applied Behavioral Analysis (ABA) .

(rapih & tersusun) Stimulasi suara/auditori diminimalkan Acara belajar rutin segera ditentukan dan diikuti secara ketat dan konsekwen . Lingkungan harus ditata agar mengurangi stimulasi dari distraksi.Cara menolong anak autisme belajar berkomunikasi Penolong harus mengerti apa yang diartikan oleh anak autisme dengan perilakuperilaku yg tertentu.

Tidak mennunjukkan hal-hal yg menarik. Lihatlah itu . Tidak bersenyum saat memandang orang Tidak mau langsung memandang mata-ke-mata Tidak minta tolong/bantuan atau minta diperhatikan .Tanda Awal ASD: uji saringan umur 1 tahun Umur 1 tahun: Tiada babbling (mengoceh yg tdk berarti) Tidak melambai tangan da-da ( bye ) Umur 16 bulan: Tiada kata yang berarti Umur 2 tahun: Tiada frase 2 kata Tanda-tanda lain Tidak menoleh bila orang tua memanggil nama bayi Tidak menoleh bila orang tua menunjukkan sesuatu & mengatakan.

.

Referensi Yayasan Autisma di Indonesia: http://puterakembara.com/autism-symptoms-checklist.medscape.html 2 Situs dgn banyak link dlm Bhs Indonesia tntng Autisme: http://prastowo.id/ Autistic Spectrum Disorders: http://www.child-behavior-guide.htm http://www.com/dianms/autisme.staff.com/viewprogram/8674_pnt .fortunecity.htm Autism Checklists (free) http://www.ugm.ac.sch.com/med/topic3202.emedicine.id/?modul=baca&artikel=autism http://dian-amanah-yog.org/ Penanganan dini bagi anak autis: http://members.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful