ِ ِ ِ َِّ ‫ب ِِالل َّ من‬ ‫ِسم ِِالرح ِِِالرحيم‬ ْ ْ
Alhamdulillah, sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad ‫ ,صلي اهلل عليو وسلم‬keluarga dan sahabatnya ‫ رضي اهلل عنهم‬dan yang mengikuti mereka hingga akhir zaman. Menyambut Ibadah Haji yang segera akan ditunaikan saudara-saudara kita yang berbahagia dapat melaksanakannya, maka kami ketengahkan kepada kita doa-doa dalam ibadah Haji dan Umrah, sejak berangkat dari rumah hingga melempar Jumrah. Sebelumnya semua doa-doa ini telah kami posting di blog kami doa dan dzikir, adapun pengambilan utama dari doa ini adalah kitab ’Panduan Manasik Haji dan Umrah’ oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani ‫ رمحو اهلل‬kemudian

Panduan Ziarah Madinah Kami menyadari kelemahan kami. Panduan Manasik Haji Dan Umarah Bergambar 2.خفظو اهلل‬ Kami menyarankan kepada saudaraku yang berangkat haji membaca dua kitab pertama yang kami sebutkan sebagai bekal ilmu sebelum menunaikan ibadah yang agung ini. .kami juga merujuk kitab ’Panduan Praktis Manasik Haji & Umrah’ oleh Syaikh ‟Ali bin Hasan bin ‟Ali ‟Abdul Hamid ‫ خفظو اهلل‬serta tambahan dari kitab ’Hisnul Muslim’ oleh Syaikh Said bin ‟Ali bin Wahf al-Qahthani ‫. maka bila ada kesalahan dalam menukil doa maupun berhubungan dengan fikihnya maka hal tersebut murni kesalahan kami. Umroh dan Umroh Ta‟nim 3. Di blog kami sekurangnya ada 3 ebook yang bisa dipelajari berhubungan dengan ibadah yang agung ini yaitu: 1.

Syawal 1432 H www.doandzikir. baik yang akan melaksanakan haji tahun ini maupun yang berniat menunaikannya. Rumbio.wordpress.com www.com www.wordpress.ibnumajjah.wordpress. dan kami yakin setiap muslim pasti berkeinginan menunaikan rukun Islam yang agung ini.Akhirnya kami berharap eBook Doa-doa Haji dan Umroh ini dapat menjadi panduan praktis bagi kaum muslimin.soaldanjawab.com Ibnu Majjah .

Abu Dawud dan Tirmidzi) . Aku bertawakkal kepadaNya. Ahmad dan Ibnu Majah.::Ucapan Ketika Berpamitan:: ِ ِ ِ ُ ِْ ْ ََ ُ ُ‫أَستَ ودعُكم اهللَ الَّذي لَ تَضْيع ودائعُو‬ ْ ُ “Aku menitipkan kamu kepada Allah yang tidak akan hilang titipan-Nya. dan tiada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah” (HR. Shahih) ::Doa Keluar Rumah:: ِ‫بِسم اهللِ، تَ ك ْلت علَى اهللِ، ولَ حول ولَ قُوةَ إِلَّ بِاهلل‬ ِْ َّ َ َ ْ َ َ َ ُ َّ‫و‬ َ “Dengan nama Allah (aku keluar).” (HR.

Ya Allah! Sesungguhnya kami memohon kebaikan dan taqwa dalam bepergian ini. Allah Maha Besar. Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami. Ya Allah! . وإِنَّا إِل ربِّنَا لَمْن قلِبُون} اللَّهم إِنَّا نَسأَلُك‬ َّ ُ َ ْ َ ُ َ َ َ َ ْ ِ ْ ُ ُ َ َ َ ْ ِ ‫ِف سفرنَا ىذا الِْب والتَّقوى، ومن الْعمل ما تَ ْرضى، اللَّهم ىون‬ ْ ِّ َ َّ ُ َ َ ِ َ َ َ َ َ ْ َ َّ َ َ ِ َ َ ْ ِ ِ َّ َ َّ ُ ‫علَْي نَا سفرنَا ىذا واطْو عنَّا بُعدهُ، اللَّهم أَنْت الصاحب ف‬ َ ْ َ ِ َ َ َ ََ َ َ ُ ِ ‫السفر واْلَلِْي فةُ ف اْألَىل، اللَّهم إِّن أَعُوذُ بِك من وعثَاء‬ ْ َ ْ ِ َ ْ ِّْ َّ ُ ِ ْ ِ َ ْ َ ِ َ َّ ِ ْ َ ِ َ ِ ِ َ ُ ِ ْ ُ َ ِ َ ِ َ‫َّ َ ِ و‬ ‫السفر َكآبَة الْمْنظَر وسوء الْمْن قلَب ف الْمال واْألَىل‬ “Allah Maha Besar. sedang sebelumnya kami tidak mampu.::Doa Berangkat Safar:: ‫اهللُ أَكبَ ر، اهللُ أَكبَ ر، اهللُ أَكبَ ر، {سْبحان الَّذي سخر لَنَا ىذا‬ َ َ َ َّ َ ْ ِ َ َ ُ ُ ْ ُْ ُْ ‫وما كنَّا لَوُ مقرنِي. Allah Maha Besar. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). kami mohon perbuatan yang meridhakanMu.

berlindung Sesungguhnya kelelahan kepada-Mu bepergian. Ya Allah! Engkaulah teman dalam bepergian Ya dan Allah! dari yang mengurusi aku dalam keluarga(ku).” (HR. Muslim) ::Talbiyah Niat Haji dan Umroh:: Talbiyah Niat Umroh ً‫لَبَّ ْيك اللَّهم عُمرة‬ َ ْ َّ ُ َ ”Kupenuhi Panggilan-Mu ya Allah untuk Umroh” Talbiyah Niat Haji ‫لَبَّ ْيك اللَّهم حجا‬ ً َ َّ ُ َ ”Kupenuhi Panggilan-Mu ya Allah untuk Haji” . dan dekatkan jaraknya bagi kami.Permudahlah perjalanan kami ini. pemandangan yang menyedihkan dan perubahan yang jelek dalam harta dan keluarga.

tiada sekutu bagi-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Dhiya‟ Al-Maqdisi dengan Sanad Shahih . 1 HR. Aku datang memenuhi panggilan-Mu.::Doa Setelah Talbiyah Niat Umroh dan Haji:: ‫ُ َّ َ ِ َ َّ ة ِ َ َ ُ َة‬ ٌ ‫اللَّهم ىذهِ حج ٌ لَريَاءَ فِْي ها ولَ ُسْع‬ ”Ya Allah ini adalah haji yang tidak mengandung unsur Riya dan Sum‟ah”1 ::Bacaan Talbiyah:: َ‫لَبَّ ْيك اللَّهم لَبَّ ْيك، لَ شريْك لَك لَبَّ ْيك، إِن اْلَمد والنِّعمة‬ َ َّ ُ َ َ ْ َ َ ْ ْ َّ َ َ َ ِ َ ‫لَك والْم ْلك لَ شريْك لَك‬ َ َ َِ َ ُ َ َ “Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah. Aku datang memenuhi panggilan-Mu.

sesungguhnya segala puji. nikmat dan segenap kekuasaan milik-Mu. Talbiyah boleh di tambah dengan Tahlil. Talbiyah Haji dihentikan setelah melempar Jumrah Aqabah (Kubra) Doa ini dan setelahnya di baca ketika Masuk Masjid Haram. terutama saat mendaki dan menurun. Masjid Nabawi dan Umumnya Masjid . Wanita boleh mengeraskan Talbiyah bila tidak khawatir fitnah. Ya Allah bukakan bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”3 Atau Membaca: ِ ِِ ِ ِ ِ ‫أَعُوذُ بِاهللِ الْعظْيم، وبِوجهو الْكرْي، وس ْلطَانِو الْقدْي، من‬ ُ َ ِِْ َ ِ ْ َ َ ِ َ ْ َ ْ َ ِ ِ َّ ِ ْ‫الش‬ ‫َّيطَان الرجْيم‬ 2 3 Talbiyah dilakukan secara terus menerus. tiada sekutu bagi-Mu”2 ::Doa Masuk Masjid:: ‫اللَّهم صل وسلَّم عل ُمَمد، اللَّهم افْ تَح ل أَبْوب رمحَتِك‬ َّ ُ ٍ َّ ُ َ َ ْ َ َ ِّ َ َّ ُ َ َْ َ َ ِ “Ya Allah berilah shalawat dan salam atas Muhammad. Talbiyah dihentikan begitu sampai di Makkah (waktu Umrah).

Membaca Do‟a ِ ‫اللَّهم أَنْت الس الَم ، ومْنك الس الَم ، فَحيِّ نَا ربَّنَا بِالس الَِم‬ َّ َ َ ُ َّ َ َ ُ َّ َ َّ ُ “ Ya Allah Enkaulah keselamatan. maka hidupkanlah kami penuh kesejahteraan wahai Rabb kami”5 dengan 4 5 Amalan ini diriwayatkan secara shahih dari Amalan Ibnu Abbas ‫رضي اهلل عنهما‬ Doa ini adalah riwayat yang shahih dari amalan Umar bin Khattab ‫رضي اهلل عنو‬ .” ::Amalan Ketika Melihat Kabbah:: 1. dari-Mu lah keselamatan. Mengangkat Kedua Tangan4 2. dengan wajahNya Yang Mulia dan kekuasaanNya yang abadi.“Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung. dari setan yang terkutuk.

Hal ini dilakukan pada setiap putaran.” 6 Doa ini dibaca ketika di „rukun‟ Hajar Aswad. dan jauhkan kami dari siksaan api Neraka.::Ucapan Memulai Thawaf:: ‫بسم اهلل واهلل أكب‬ “Dengan Nama Allah dan Allah Maha Besar”6 ::Doa antara Rukun Yamani dan rukun Hajar Aswad:: ِ ِ َ ََ ‫ربَّنَا آتِنَا ِف ُّنْيَا حسنَةً وِف اْآلخرةِ حسنَةً وقِنَا عذاب النَّار‬ َ ََ َ َ َ َ ‫الد‬ َ “ Wahai Tuhan kami! Berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. . bila hal ini juga tidak memungkinkan cukup mengisyaratkan dengan tangan kepadanya. Kalau tidak memungkinkan menciumnya di sentuh dengan tangan dan tangan yang menyentuhnya dicium. setelahnya kalau memungkinkan mengecup Hajar Aswad.

Namun dibolehkan membaca Al-Qur‟an atau Berdzikir sesuka hatinya. ::Doa Ketika Menuju Maqam Ibrahim:: ِ ِ ِ َِّ ‫واَّتذوا من مقام إِبْراىيم مصلِّى‬ َ ُ َ َ ََ ْ ُ َ “Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat Shalat” (QS:Al-Baqarah[2]: 125)7 ::Surat yang dibaca Ketika Shalat di Belakang Makam ibrahim:: Setelah membaca Al-Fatihah pada rakaat pertama membaca membaca surat ‫الكافرون‬ dan rakaat kedua ‫اإلخالص‬ 7 Ini dilakukan setelah selesai Thawaf .::Doa Ketika Thawaf:: Tidak ada doa khusus dalam thawaf [kecuali doa antara rukun yamani dan rukun hajar aswad].

HR.::Doa Minum Air Zamzam::8 ٍ ُ ِ َِ ِ ِ ِ ‫اَللَّهم إِّن أَسأَلُك ع ْلما نِافِعا،ورزق واسعا، وشفاءً من كل داء‬ َ ِّ ْ َ ً َ ً ْ َ ً ً َ ْ ِّْ َّ ُ “Ya Allah.”9 ::Doa Ketika Menuju Bukit Shafa:: ِ َ َّ َ ْ َ ِ ِ َ َ ِ َ ْ َ َ َ َّ َّ ‫إِن الصفا والْمروةَ من شعآئِر اللّو فَمن حج الْبَ ْيت أَو اعتَمر‬ ََ ْ ِِ ِ َّ ْ َ َ َّ َ َ ُ َ‫فَالَ جنَاح علَْيو أَن يَطَّوف ِبما ومن تَطَوع خْياً فَِإن اللّو‬ َ َ َ َ َّ ‫شاكِر علِيم‬ ٌ َ ٌ َ “ Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebahagian dari syi'ar Allah. 8 9 Setelah sholat di belakang Maqam Ibrahim. Ad-Daraquthni . rizki yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit. sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber-'umrah. dianjurkan minum Air Zamzam dan menuangkannya diatas kepala.

Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati. maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui” [QS:Al-Baqarah: 125] Kemudian membaca: ِ ‫أَبْدأُ ِِبَا بَدأَ اهللُ بِو‬ َ َ ”Aku memulai dengan apa yang Allah memulai darinya” ::Doa Ketika di Shafa dan Marwa:: َ‫اهلل أكب ، اهلل أكب ، اهلل أكب. لَإِلَوَ إِ لَّ اللَّوُ وحدهُ ل‬ ََْ ‫شريك لَوُ ، لَوُ الْم ْلك و لَوُ اْلَمد، ُيِِي وُيِْيت، وىو علَى كل‬ ِّ ُ َ َ ُ َ ُ ُ َ ُْ ُ ْ ْ َ ُ ُ َ َِ .maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa'i antara keduanya.

. Dia membela Hamba-Nya dan Ia kalahkan sendiri musuh-musuh-Nya” [dibaca 3 x] Dan disela-sela itu berdoa. Allah Maha Besar. baginya segenap kerajaan dan segala pujian. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan dan Dia maha mampu atas segala sesuatu. Allah Maha Besar. Dia memenuhi janji-Nya.،ُ‫شْيئ قَديْر، لَإِلَوَ إِ لَّ اللَّوُ وحدهُ لَ شريك لَوُ، أَْنَز وعده‬ َْ َ َ ْ ََْ َ َِ ٌ ٍ َ َ ْ َ َ َ ْ ََ َ َ َ َ ََ َ ُ‫ونَضر عْبدهُ، وىزم اْألَحزاب وحده‬ “Allah Maha Besar. tiada Ilah selain Allah semata dan tidak ada sekutu baginya. jadi caranya ialah berdzikir seperti diatas. Tiada Ilah selain Allah dan tiada sekutu baginya. lalu doa dan ditutup dengan dzikir (tiga kali dzikir dan dua kali doa). berdzikir lagi. kemudian doa.

sesungguhnya Engkau Maha Perkasa lagi Maha Mulia”10 ::Doa Keluar Masjid:: ِ ‫بِسم اهللِ والصالَةُ والسالَم علَى رسول اهللِ، اَللَّهم إِّن أَسأَلُك‬ َ ْ ِّْ َّ ُ ْ ُ َ َ ُ َّ َ َّ َ ِ ْ ِ ِ َّ ِ ْ‫ِ ْ ْ َ ُ َّ ْ ِ ْ ِ ِ َ الش‬ ‫من فَضلِك، اَللَّهم اعصمِن من َّيطَان الرجْيم‬ ْ ” Dengan nama Allah.عنو‬Ibnu Umar ‫ رضي اهلل عنهما‬dan kalangan sahabat lainnya. Ya Allah. sesungguhnya aku minta kepadaMu dari 10 Diriwayatkan secara shahih dari amalan Ibnu Mas‟ud ‫رضي اهلل‬ ‫ . semoga sha-lawat dan salam terlimpahkan kepada Rasulullah.::Doa Ketika Sa’i:: ِ ‫رب اغفْر وارحم ، إنَّك أنْت األَعز األَكرم‬ ُ َ ْ َُّ َ َ ْ َ ْ ْ ِّ َ ”Ya Rabb. Ampunilah dan rahmatilah aku. .

Tahlil [seperti diatas] dan memperbanyak doa terutama agar terbebas dari siksa neraka.karuniaMu. Waktu wukuf menghadap kiblat. Yang Maha Esa. Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. membaca Talbiyah. . peliharalah aku dari godaan setan yang terkutuk”11 ::Doa Ketika Wukuf di Arafah:: ‫لَ إِلَوَ إِلَّ اهللُ وحدهُ لَ شريْك لَوُ، لَوُ الْم ْلك ولَوُ اْلَمد، وىو‬ ََْ َ َِ ََُ ُ ْ ْ َ ُ ُ ِ ٍ ‫علَى كل شيء قَديْر‬ ٌ ْ َ ِّ ُ َ ”Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah. Tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujian.”12 11 12 Hadits Shahih dan Kalimat terakhir tambahan pada Riwayat Ibnu Majah. Ya Allah. Bacaan ini dibaca keluar Masjid Haram dan Masjid umumnya.

::Doa Ketika di Masy’aril Haram [di Muzdalifah]:: Membaca Takbir. Muslim) . berdoa. Kemudian beliau berangkat (ke Mina) sebelum matahari terbit.” (HR. Tahlil dan Kalimat Tauhid [berdasarkan Hadits]: ِ ْ َّ َ َ ْ َ َ ِ‫ر‬ ََ ُ‫كب الْقصواءَ حَّت أَتَى الْمشعر اْلَرام فَاستَ قبَل الْقْب لَةَ (فَدعاه‬ ْ َ َ ْ ََ ْ َ َ َ ِ ‫َكبَّرهُ وىلَّلَوُ ووحدهُ) فَلَم يَزل واقِفا حَّت أَسفر ج ِّا فَدفَع قَْبل‬ َ َّ َ َ َ َ َ َ‫و‬ َ َ ‫ْ َ ْ َ ً َ َّ ْ َ َ د‬ َ ‫أَن تَطْلُع َّمس‬ ُ ْ ‫ْ َ الش‬ ”Nabi ‫ صلي اهلل عليو وسلم‬naik unta bernama Al-Qaswa‟ hingga di Masy‟aril Haram. membaca takbir dan tahlil serta kalimat tauhid. lalu beliau menghadap kiblat. Beliau terus berdoa hingga fajar menyingsing.

setelah selesai melempar kerikil ketujuh di Jumrah Aqabah (Kubra) barulah menghentikan Talbiyah Haji. Allah maha besar. Ya Allah Terimalah dariku”14 13 14 Dibaca setiap melontar.::Ucapan Ketika Melontar:: ‫اهلل أكب‬ “ Allah Maha Besar”13 ::Ucapan Nahr:: Ketika Menyembelih pada Hari ِ ِ ‫بِسم اللَّو ، اللَّوُ أَكبَ ر ، اللَّهم إِ ن ىذا مْنك ولَك، اللَّهم‬ ْ َّ ُ َ َ َ ِ َ َ َّ َّ ُ ْ ُ ‫تَقبَّل مّن‬ ِّ ِ ْ َ “ Dengan menyebut Allah. Hari Penyembelihan (Nahr) adalah tanggal 10 Dzul Hijjah dan Hari-hari Tasyriq (11-13) . Ya allah sesungguhnya (sembelihan) ini dari Engkau dan untuk Engkau.

Al-Maidah dan lain-lain). Ali Imran. 12 dan 13 Dzulhijjah setelah melempar Jumrah Shugro menghadaplah ke kiblat dan angkatlah tangan berdoa15 kepada Allah dengan doa sepanjang-panjangnya dan sebanyak-banyaknya.::Doa Setelah Melontar:: Pada tanggal 11. yang disyariatkan selesai melempar Jumrah Kubro langsung berlalu.[] 15 16 Tidak ada doa khusus ditempat ini. namun tidak dilakukan ketika selesai melempar ialah Jumrah setelah Kubra. .16 Amalan ini juga dilakukan setelah melempar Jumrah Wustha. An-Nisa‟. Panjangnya kira-kira sebanding dengan salah satu dari 7 surat terpanjang dari al-Qur‟an (Al-Baqarah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful