P. 1
Peer Teaching

Peer Teaching

|Views: 998|Likes:
Published by Bie Rasyad Ritonga

More info:

Published by: Bie Rasyad Ritonga on Feb 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2013

pdf

text

original

By : Yuniar

Pengertian, Tujuan, Manfaat...
Peer Teaching situasi pengajaran dengan sesama teman sebaya dengan peserta dan waktu terbatas dan pengajaran disederhanakan Tujuan menyegarkan kembali ketrampilan dasar mengajar

Meningkatkan penguasaan komponen ketrampilan mengajar 4. mengembangkan dan membina ketrampilan tertentu dalam mengajar 2.. Mendapat umpan balik secara tepat 5. Menempatkan umpan balik secara tepat 7. Mengembangkan pola observasi kelas yang sistematis dan objektif 6. Melatih ketrampilan mengajar secara terkontrol 3..Lanjutan.. Mempertinggi efisiensi dan efektivitas penerapan disekolah . Manfaat 1. Menimbulkan.

Membuka pelajaran Pengertian kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menghubungkan pengalaman siswa dengan tujuan pembelajaran Tujuan 1.Komponen ² komponen Ketrampilan Mengajar A. Menggugah minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran . Menciptakan kerangka berfikir untuk informasi yang diberikan 3. Memperluas pengertian melalui contoh dan analogi 4. Memusatkan perhatian siswa 2.

. Siasat peralihan mengadakan peralihan dari bahan pelajaran yang sudah diketahui kepada pelajaran yang akan diberikan dengan memberikan contoh verbal ataupun non verbal 3. Siasat penilaian mengetahui sampai dimana bahan pelajaran yang sudah diberikan dikuasai oleh siswa sebelum menyajikan bahan pelajaran yang baru .Lanjutan. Jenis siasat membuka pelajaran 1.. Siasat orientasi menarik perhatian siswa pada pembelajaran yang akan berlangsung 2.

Memberikan acuan 4.. Membuat kaitan .Lanjutan. Penilaian membuka pelajaran 1. Menarik perhatian 2. Menimbulkan motivasi 3..

Membangkitkan dan memelihara motivasi siswa 3. Memberikan Penguatan ( Reinforcement ) Pengertian respon terhadap prilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya prilaku tersebut Tujuan 1.B. Memudahkan siswa belajar 4. Mengendalikan dan memodifikasi prilaku siswa yang kurang positif serat mendorong timbulnya prilaku yang produktif . Meningkatkan perhatian siswa 2.

Penguatan berupa simbol dan benda . Penguatan verbal 2... Penguatan dengan kegiatan menyenangkan 6. Penguatan mimik dan gerakan badan 3. ekspresi air muka dan posisi badan dll. Penguatan verbal berupa kata ± kata dan kalimat pujian 2. Pengauatan non verbal berupa gerakan fisik guru seperti kontak mata. Penguatan dengan cara mendekati 4. Teknik pemberian penguatan 1.Lanjutan. Penguatan dengan sentuhan 5. Penilaian 1.

keadaan. data. Ketrampilan menjelaskan Pengertian mendeskripsikan secara lisan tentang suatu benda.C. waktu maupun hukum yang berlaku Prinsip memberikan suatu penjelasan Diberikan selama pembelajaran Menarik perhatian peserta didik Menjawap pertanyaan peserta didik Menjelaskan materi standar yang sudah direncanakan Penjelasan sesuai dengan tujuan pembelajaran Bermakna bagi peserta didik Disesuaikan dengan latar belakang dan tingkat kemampuan peserta didik . fakta.

. Memberikan contoh pemberian contoh yang jelas dan nyata sebaiknya berhubungan dengan keadaan sehari ± hari . Jenis Teknik menerangkan 1. Bertanya mengajukan pertanyaan sesuai dengan bahan yang direncanakan penyajiannya 2.Lanjutan.. Penjelasan memberikan penjelasan lebih lanjut apabila pertanyaan dianggap belum terjawab sepenuhnya 3.

. Kejelasan bahasa 2.Lanjutan. Kejelasan 2.. Menggunakan contoh 3. Balikan ( respon ) 5. Sistematika penyajian . Aspek yang berpengaruh ketika menjelaskan 1. Pemberian tekanan 4. Penekanan berupa perubahan intonasi atau melakukan pengulangan pada bagian yang dianggap penting Penilaian 1. Penggunaan contoh dan ilustrasi 3.

Memupuk prilaku positif peserta didik dalam PBM 4.D. Memberikan bagi pengembangan bakat peserta didik untuk hal baru dalam pembelajaran 3. Memberikan peluang bagi peserta didik untuk berkembang sesuai dengan tingkat kemampuannya . meningkatkan perhatian terhadap materi standar 2. Variasi Stimulus Pengertian tindakan guru yang direncanakan maupun secara spontan didesain untuk mengembangkan dan mempertahankan minat siswa selama PBM Tujuan 1.

isyarat.. Variasi gerak 2.. Jenis teknik variasi stimulus 1. dan gabungan antara verbal dan isyarat.Lanjutan. Mengubah pola interaksi guru kelas guru siswa siswa siswa . 3. Pemusatan perhatian verbal.

4. 5. mencegah dominasi.Lanjutan.. memikirkan pertanyaan. mendorong untuk mendengarkan respon siswa Penukaran alat penerima ( Shiffing Senses ) misal : Mendengarkan ± melihat ± mendengarkan guru menjelaskan secar verbal menunjuk ke chart yang sudah disediakan melanjutkan penjelasn .. Memusatkan perhatian kesuatu masalah. € Berdiam diri sejenak ( Pausing ) fungsi : memenggal informasi agar lebih mengerti.

.. Gerakan badan guru 2. Penggantian indera . Penilaian 1. Pause 8. Pemusatan perhatian 6. Variasi suara 5. Pola interaksi 7. Isyarat tangan 3. Isyarat wajah 4.Lanjutan.

menggunakan dan menilai informasi yang diterima 2. Ketrampilan Bertanya lanjut Pengertian mengembangkan kemampuan berfikir secara baik terhadap inforamsi yang diterima Tujuan 1.E. Membantu menafsirkan emosi . Memberikan peluang untuk merasakan 5. Mendorong mengembangkan ide 4. mengelola. mendorong memahami. Meningkatkan kemampuan menciptakan. merumuskan pertanyaan sesuai informasi yang ada 3.

Lanjutan. Menganekaragamkan tingkat ± tingkat pertanyaan 2. Pengurutan pertanyaan menyusun pertanyaan menurut tingkat kesulitan sesuai dengan si penerima 3... Pemberian waktu berfikir memancing pemikiran siswa untuk menjawab dengan diberikan waktu berfikir . Jenis pertanyaan 1. Pertanyaan yang menggali ( probling ) meningkatkan mutu partisipasi siswa 4.

Pemusatan pertanyaan 4. Penyebaran 6. Pemberian waktu berfikir 7.. Pemindahan giliran 5. Penilaian 1. Pemberian tuntutan . Pemberian acuan 3..Lanjutan. Jelas dan singkat 2.

Memberikan tugas / PR / remedial .F. Menyimpulkan 3. Menutup Pembelajaran Pengertian kegiatan menerangkan pokok ± pokok penting dari pelajaran yang baru diberikan Penilaian 1. Meninjau kembali 2. Mengevaluasi / memberikan test 4.

gerakan mendekati. Ketrampilan prefentif : Berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar a. Menunjukan sikap tanggap contoh : memandang secara seksama. Ketrampilan mengelola Kelas Pengertian ketrampilan menciptakn dan memelihara kondisi belajar yang optimal Jenis 1. Membagi perhatian dengan cara : Visual Verbal c. Menegur f. Memusatkan perhatian kelompok d. b.G. Memberikan petunjuk ± petunjuk yang jelas e. Memberikan penguatan . memberikan reaksi terhadap gangguan dan ketidak acuan siswa . memberikan pernyataan.

Modifikasi tingkah laku 2. mengajar tingkah laku yang baru.Lanjutan. y y y y y Merinci tingkah laku Memilih norma atau tolak ukur Mengorganisir pengamatan dan sistem penyimpanan data Memilih tingkah laku yang akan diperbaiki Memilih pola penguatan untuk meningkatkan tingkah laku yang diinginkan.. serta mengurangi dan menghilangkan tingkah laku yang tidak diinginkan dengan cara penghapusan penguatan. Ketrampilan represif : berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal. membatalkan kesempatan dan pengurangan hak . memberikan hukuman. Tujuan : meningkatkan kemampuan merespon gangguan siswa yang berkelanjutan dengan tindakan remedial Strategi a..

Pengelolaan kelompok menerapkan pendekatan.Lanjutan. analisis dan menerima saran dari siswa Memodifikasi kondisi lebih menyenangkan 2. Memperlancar tugas ± tugas Adanya kerja sama dan kesatuan dalam tugas Menetapkan standar dan koordinasi prosedur kerja Memperbaiki kondisi melalui diskusi. 1.. pengelolaan kelas dengan pemecahan masalah kelompok Ketrampilan yang dibutuhkan : b. Memelihara kegiatan ± kegiatan kelompok .. mengatasi masalah.

. c.Lanjutan.. Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah dengan cara : y y y y y y y y y y y Pengabaian yang direncanakan Campur tangan dengan isyarat Mengawasi dari dekat Mengakui perasaan yang mendasari terjadinya perbuatan negatif Mengungkapkan perasaan siswa Memindahkan benda yang bersikap mengganggu Menuyusun kembali program belajar Menghilangkan ketegangan dengan humor Memidahkan penyebab gangguan Pengekangan fisik Pengasingan .

Penilaian 1. Memberi perhatian 3.Lanjutan.. Memberi petunjuk yang jelas 6.. Bersikap tanggap 2. Menuntut tanggung jawab siswa 5. Memodifikasi tingkah laku . Memusatkan perhatian siswa atau kelompok 4.

Membimbing dan memudahkan belajar . Pendekatan pribadi 2. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar 3. memecahkan suatu masalah Penilaian 1. Membuat variasi 5. mengambil keputusan.H. Membimbing Diskusi Kelompok Kecil Pengertian proses yang teratur melibatkan sekelompok orang dalam interaksi informal dengan tujuan berbagi pengalaman. Mengorganisasi 4.

alat. Hubungan interpersonal yang sehat dan akrab 2.I. Siswa dilibatkan untuk menentukan cara. dan tujuan pembelajaran . Ketrampilan mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan Pengertian pengajaran dengan jumlah siswa yang terbatas ( 3 ± 8 orang ). materi. Bantuan guru sesuai dengan kebutuhan 4. cara. Hakikat pembelajaran kelompok kecil perorang : 1. Belajar sesuai dengan kecepatan. kemampuan dan minat sendiri 3.

Merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar 3. Pendekatan pribadi 2. Membimbing dan memudahkan belajar .. Penilaian 1..Lanjutan. Mengorganisasi 4. Membuat variasi 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->