NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH DALAM FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN

SKRIPSI

Oleh: Sony Lutfiaji Priyandoko 06110131

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2010

NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH DALAM FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN

SKRIPSI Diajukan Kepada Dekan Fakultas Tarbiyah untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan dalam Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam(S.Pd I)

Oleh: Sony Lutfiaji Priyandoko 06110131

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG 2010

NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH DALAM FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN

SKRIPSI

Oleh: SONY LUTFIAJI PRIYANDOKO NIM: 06110131

Telah disetujui Oleh: Dosen Pembimbing:

Muhammad Walid, MA NIP. 197308232000031002

Mengetahui, Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam

Drs. H. Moh. Padil, M.Pd.I NIP. 196512051994031003

196611212002121 001 ( ) . M.Pd NIP. H. H. Nur Ali. MA NIP. M. 06110131 Telah Dipertahankan Di Depan Penguji Dan Dinyatakan Diterima Sebagai Salah Satu Persyaratan Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam (S. Ketua Penguji: Dr. Pdi) Tanggal: 30 Juli 2010 Susunan Dewan Penguji Tanda Tangan 1. Mudjab. 196504031998031 002 ( ) 2.HALAMAN PENGESAHAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH DALAM FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN SKRIPSI Oleh Sony Lutfiaji Priyandoko NIM. Penguji Utama: Dr.

Sekretaris/Pembimbing: Muhammad Walid.3. Zainuddin. . H. yang senantiasa membimbingku dan menjadi sahabat selama aku dilahirkan di dunia ini: Ayahanda Moch Imam Syafi’i dan Ibunda Katarina Dian tercinta. 197308232000031002 ( ) Mengesahkan Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. 19620507 199503 1001 PERSEMBAHAN Dengan segala ketulusan hati kupersembahkan karya ilmiah (skripsi) ini kepada orangorang yang mempunyai kebeningan hati. ketulusan jiwa. MA NIP. engkaulah guru pertama dan pelita dalam hidupku yang telah mengasihi dan menyayangi dengan ketulusan hati. M. MA NIP.

Abu Hurairah) 1 Syaikh Khumais As-Sa’id. Ya Allah … kupersembahkan rasa syukur kepada-Mu yang telah memberikan orangorang yang mencinta. 2005) Hlm.Terima kasih atas moril dan spirituil yang diberikan kepadaku. Beginilah Rasulullah Mengajari Kami (Jakarta: Darus Sunnah Press. yang telah memberikan bimbingan dan ilmunya yang tidak terhingga serta doa yang telah diberikan kepadaku. 38-39 1 . MOTTO ‫ا ﻧ ﻤ ﺑ ﻌ ﺖ ﻤﻢ ﺻ ﺢ ﻻ ﻼ ق‬ ِ َ ‫ِ ﱠ َﺎ ُ ِﺜ ُ ِﻻ ﺗ ّ َ َﺎ ِﻟ َ ا َ ﺧ‬ Artinya: “Aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik”. (HR. Para guru dan dosenku. mengasihi dan menyayangi dengan sebening cinta dan sesuci doa.

Muhammad Walid . Sesudah melakukan bimbingan. Wb. baik dari segi isi. MA Dosen Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang NOTA DINAS PEMBIMBING Hal Lampiran : Skripsi Sony Lutfiaji Priyandoko : 4 (empat) Eksemplar Tanggal. bahasa maupun teknik penulisan. 21 Juli 2010 Kepada Yth : Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Malang di Malang Assalamu’alaikum Wr. dan setelah membaca skripsi mahasiswa tersebut di bawah ini: Nama NIM Jurusan Judul Skripsi : Sony Lutfiaji Priyandoko : 06110131 : Pendidikan Agama Islam : Nilai-nilai Akhlakul Karimah Dalam Film Upin dan Ipin .

21 Juli 2010 Sony Lutfiaji Priyandoko . Malang. Wassalamu’alaikum Wr. Demikian. kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. mohon dimaklumi adanya. juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain.Maka selaku pembimbing. kami berpendapat bahwa skripsi tersebut sudah layak diajukan untuk diuji. 197308232000031002 SURAT PERNYATAAN Dengan ini saya menyatakan. dan sepanjang pengetahuan saya. Muhammad Walid. Wb. MA NIP. bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan pada suatu perguruan tinggi. Pembimbing.

taufiq serta hidayah-Nya.KATA PENGANTAR Alhamdulillah segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahan rahmat. sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul Nilai-nilai Akhlakul Karimah dalam Film Animasi Upin dan Ipin sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar strata satu Sarjana Pendidikan Islam (S. Dengan terselesainya skripsi ini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.PdI). sahabat dan para pengikutnya yang telah membawa petunjuk kebenaran seluruh umat manusia. para keluarga. tak lupa penulis menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan arahan. antara lain: . bimbingan dan petunjuk dalam pelaksanaan skripsi ini.

Imam Suprayogo. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. 5. H. M. penulis sangat mengharapkan saran dan kritik untuk perbaikan dimasa yang akan datang. 3. Akhirnya penulis hanya dapat berdo’a semoga amal mereka diterima oleh Allah SWT sebagai amalan sholehah serta mendapatkan imbalan yang semestinya. 7. Ayah dan Ibunda tercinta yang telah memberikan dukungan baik material maupun spiritual dan kasih sayang yang tiada batas demi tercapainya cita-cita ananda. MA. Moh. Bapak Prof. selaku rektor UIN Malang yang telah memberikan segala motivasi dan layanan fasilitas yang telah diberikan selama penulis menempuh studi. Penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan bagi penulis khususnya. H. Yang terhormat Bapak Muhammad Walid. 4. Oleh karena itu. Dan seluruh pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan skripsi ini. selaku Dosen Pembimbing yang dengan sabar membimbing dan mengarahkan dalam penulisan skripsi ini. 2. atas bantuan dan kerjasamanya dalam pelaksanaan skripsi ini. Padil. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.1. Bapak Dr. Zainuddin. Segenap dewan guru dan karyawan MTs. Penulis mengakui bahwa masih banyak kekurangan dan kekeliruan dalam skripsi ini. Malang. Bapak Drs.PdI. Negeri Pandaan. MA. 6. dan terima kasih yang sebesar-sebesarnya atas waktu yang diluangkannya. Dr. M. 13 Juni 2010 .

............................................................... vi SURAT PERNYATAAN .......... x ABSTRAK……………………………………………………………………........ ….................................................................................................... ii HALAMAN PENGESAHAN ............ iii HALAMAN PERSEMBAHAN............................................. viii DAFTAR ISI......................... i HALAMAN PERSETUJUAN .................................xii BAB I PENDAHULUAN A B C D Konteks Penelitian ............................................................Penulis Sony Lutfiaji Priyandoko DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL.......... …................................................................ …...................... iv HALAMAN MOTTO ......................................... 4 Manfaat Penelitian ........................................................ … ....... vii KATA PENGANTAR ...... 4 Tujuan Penelitian ................................................................................................................................................... 4 ...................... v NOTA DINAS ............................................................................................................................................................................................................ 1 Fokus Penelitian .........................................................................

................................. Fungsi.13 B........... Film Animasi Upin Dan Ipin……………………………………….... B....... 50 38 ........ Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya Akhlak………11 4....................Fungsi Akhlak………………………………………………….................. E....... 30 1............. Fungsi Akhlak dalam Film Upin dan Ipin .................. 19 Teknik Pengumpulan Data . Analisis Nilai Akhlakul Karimah dalam Film Upin dan Ipin……… 42 1............. D.............................. 24 Deskripsi Data ...... ... Faktor.. 6 2................ 5 BAB II KAJIAN TEORI A........12 5......... BAB V PEMBAHASAN A.................. F. Nilai-nilai Akhlakul Karimah Dalam Film Upin dan Ipin 30 2.. Pembinaan Akhlak Pada Anak………………………………….............................................. 23 BAB IV HASIL PENELITIAN A.......................... Fungsi Akhlakul Karimah dalam Film Upin dan Ipin………………................ 19 Instrumen Penelitian ........ Tokoh-tokoh dalm Film Upin dan Ipin………………………......................... Sinopsis ........ 21 Teknik Keabsahan Data ....... 16 BAB III METODE PENELITIAN A.................. Pengertian................ Pendekatan dan Jenis Penelitian ............ 44 B........................ 18 Data danSumber Data ................................. dan Pembinaan Akhlak……………… 6 1...........E Batasan Masalah ……………………………………………….. C........... Sejarah Upin dan Ipin………………………………………… 14 2....................... Dimensi Transendental …………………………………………… 42 2...... Dimensi Sosial …………………………………………………….14 1................... …... Pengertian Akhlak ......... 20 Analisis Data........ Nilai-nilai Akhlak ………………………………………………7 3....... B...........

. dengan mengambil objek film kartun Islami Upin dan Ipin. Kesimpulan …………………………………………………………59 B.C. Fakultas Tarbiyah. Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Dalam Film Upin dan Ipin. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penyampaian materi Aqidah Akhlak pada anak usia Sekolah Dasar. MA. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah nilai Akhlakul Karimah apa saja yang terdapat dalam film kartun Islami Upin dan Ipin. Analisis data dengan menggunakan Content Analisyis . Universitas Islam Negeri Malang. Pembimbing: Muhammad Walid . Latar belakang penelitian ini adalah bahwa orang tua maupun pendidik kadang merasa kesulitan dalam menanamkan nilai-nilai Akhlakul Karimah pada anak usia sekolah dasar terutama dalam Akhlak. Kelebihan dan Kekurangan Film Upin dan Ipin………………………. Penelitian ini bertujuan untuk menuturkan. Saran ………………………………………………………………. 2010.. ini yang menyebabkan banyak para orang tua maupun pendidik merasa gagal dalam mendidik anak (peserta didik). Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan dokumentasi. Fungsi Akhlak apa saja yang terdapat dalam film kartun Islami Upin dan Ipin. dengan sasaran para orang tua dan pendidik. 57 BAB VI PENUTUP A. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian study pustaka (Library Reserch). 60 DAFTAR PUSTAKA ABSTRAK Sony Lutfiaji Priyandoko. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pragmatik dan didukung dengan teori sastra semiotika. menganalisis dan mengklasifikasikan nilai-nilai Akhlakul Karimah dalam film kartun Islami Upin dan Ipin beserta fungsi Akhlak tersebut Dasar.

bahkan mistik. Konteks Penelitian Di tengah banyakya acara-acara televisi pada saat ini. 2) Fungsi Akhlak dalam Film Upin dan Ipin: a) Patuh: Mempunyai rasa taat terhadap orang tua. Tidak pernah merasa kecewa dengan apa yang telah didapat. Menghilangkan rasa dendam BAB I PENDAHULUAN A. i) Menahan nafsu: Melatih Pengendalian diri. Membantu orang yang kurang mampu. j)Tolong menolong: Adanya sikap peduli terhadap sesama. Tidak ragu-ragu dalam mengerjakan sesuatu. Meningkatkan keimanan e) Amar ma’ruf nahi munkar: Menghilangkan kemunkaran. Bersyukur. Terwujudnya kehidupan masyarakat yang damai. khususnya yang . Ikhlas. Amar ma’ruf nahi munkar. h) Sedekah: Saling berbagi. khayalan. Saling berbagi.(Analisis Isi) atau analisis dokumen. Tingkat konsentrasi yang lebih baik. Terwujudnya interaksi bermasyarakat yang baik. f) Bersyukur: Merasa cukup dengan apa yang diperoleh. b) Toleransi: Menghargai pendapat orang lain. Lebih percaya diri. dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Mencegah perbuatan yang negative. Patuh. Terkait dengan dimensi social yaitu: Tolong menolong. Toleransi. Saling mengingatkan dalam hal kebaikan. Menghilangkan rasa egois. Jujur. sangat jarang acara yang sifatnya mendidik khususnya terhadap anak. Menghormati hak-hak antar umat beragama. Menjadikan sifat rendah diri dalam seseorang. kebanyakan film-film untuk anak di penuhi dengan cerita-cerita yang terkait dengan kepahlawanan. Selalu menggunakan akal sehat dalam berbuat sesuatu. c) Khusyu’: Menjadikan Ibadah lebih sempurna. d) Ikhlas: Adanya rasa tenang dan tentram dalam diri sendiri. g) Jujur: Menimbulkan rasa percaya orang lain terhadap kita. Menahan Nafsu. Menjadi orang yang amanat. Maka sangat jarang acara yang mengarah kepada pendidikan agama Islam. Membersihkan harta. Pemaaf. k) Saling memaafkan: Intropeksi diri. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai-nilai Akhlakul Karimah yang terdapat dalam Film Upin dan Ipin seri Pertama dan Kedua adalah: Terkait dengan dimensi transendental (vertikal) yaitu: Upaya Khusyu’ dalam beribadah.

Manfaat dan kegunaan pesawat televisi memang bukan tidak ada. saat ini rata-rata anak usia sekolah dasar menonton tayangan televisi dari empat hingga lima jam sehari. Menurut psikolog yang sering meneliti soal perilaku kekerasan ini. Yayasan kesejahteraan Anak Indonesia mencatat. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. (Pustaka Pelajar. ini yang menyebabkan kekhawatiran akan dirusak oleh media Televisi.menyangkut tentang akhlak anak atau peserta didik. Psikolog dari universitas Indonesia. Sementara di hari Minggu bisa tujuh sampai delapan jam. manfaat menonton acara televisi sampai saat ini. semakin sering anak menonton program TV dengan muatan kekerasan semakin tinggi kecenderungan menjadi agresif saat beranjak dewasa. Televisi dengan berbagai program acara siarannya selama ini dengan berbagai jenis tayangan informasi dan hiburannya memang selalu menawarkan suatu kenikmatan tersendiri bagi para pemirsanya.) hal 87 . Penelitian yang dilakukan Liebert dan Baron dari Inggris. dibandingkan dengan anak yang menonton program netral [tidak mengandung unsurkekerasan]. Efek jangka panjang soal kekerasan ini juga dipaparkan Prof Dr Sarlito Wirawan Sarwono. dibandingkan dengan kerugiannya. 2003. Surabaya. Untuk itulah 2 Muhaimin. Hanya. Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan fantasi dan bermain.2 Pada Koran Surya tanggal 7 Agustus 2009 terdapat data beberapa penelitian menunjukkan dari tahun ke tahun jumlah jam menonton televisi pada anak mengalami peningkatan yang cukup meyakinkan. menunjukkan hasil anak yang menonton program televisi yang menampilkan adegan kekerasan memiliki keinginan lebih untuk berbuat kekerasan terhadap anak lain. jauh lebih kecil ketimbang kemudaratan atau kerugian.

kemandirian. sosial budaya. yang memperkuat ideologi. Puasa.pemerintah telah mengatur Undang-Undang Republik Indonesia nomor: 24 tahun 1997 tentang Penyiaran. keseimbangan. hal 49 . dan membangun masyarakat yang adil dan makmur. di antaranya tentang shalat Tarawih. Film Upin dan Ipin ini cukup bagus dengan menggunakan animasi yang didesain dengan komputer. serta pertahanan dan keamanan 3 Ini mengakibatkan Orang tua maupun pendidik kadang merasa kesulitan dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia sekolah dasar terutama dalam hal ibadah atau pendidikan fiqih. 3 zuhairi. pendidikan dan hiburan. politik. Surabaya). Pasal 5: Penyiaran mempunyai fungsi sebagai media informasi dan penerangan. kejuangan. serta ilmu pengetahuan dan teknologi Pasal 4: Penyiaran bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap mental masyarakat Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. yang menyebabkan banyak para orang tua maupun pendidik merasa gagal dalam mendidik anak (peserta didik). keserasian dan keselarasan. 1993 Metodologi Pendidikan Islam. Sebagai dasar pengaturan dan pembinaan penyelenggaraan penyiaran dimana penyiaran merupakan bagian integral dari pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila dalam upaya mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945. pemerataan. Hal ini tercantum dalam BAB I Undang-Undang Penyiaran Nomor 24 tahun 1997. (ramadhani. memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. ekonomi. mencerdaskan kehidupan bangsa. Zakat. kemanfaatan. Pasal 2: Penyiaran diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 3: Penyiaran berdasarkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Topik ceritanya cukup bagus dan Islami.

” kata Upin.Salam. kehidupan keberagamaan terasa segar dan apa adanya. Boleh-boleh saja. Opah dan Kak Ros memberi nasihat kepada dua kakak-beradik kembar ini. Dalam hampir semua episode. Kawan Upin kan. Ia tak hanya menyampaikan pesan namun juga memiliki tanggung jawab pada isi pesan yang disampaikan bagi khalayak penontonnya”. dan moral yang disampaikan Upin dan Ipin sangat kaya. anak-anak semisal Upin dan Ipin berpuasa setengah hari. Dibanding dengan film sejenis dari Barat atau pun Jepang yang sering mengumbar kekerasan dan pamer aurat. dan sebagainya. Muhd Safwan Abdul Karim salah satu sutradara Film Upin dan Ipin mengatakan dalam emailnya “Mungkin inilah film kartun yang bermuatan dalam tanda kutip. Jadi Opah. agama.. malu-malu. “Opah.Kesempatan ini digunakan Opah untuk menjelaskan bahwa puasa dilakukan dengan ikhlas. jelas film ini sangat baik untuk mendidik akhlak anak kita sehingga bisa hidup sesuai ajaran Islam.. “Tapi kata kawan Ipin. Fizi bilang bahwa dirinya mendapat satu ringgit dari puasa setengah hari yang dilakoninya.Mendengar “provokasi” Fizi. tanpa mengharap pemberian uang. Secara budaya film ini menampilkan budaya melayu sehingga menjadi media pengenal budaya maupun . Upin dan Ipin seakan hendak mengajukan protes pada Opah. Secara agama jelas memudahkan transfer penghayatan keberagamaan dalam kehidupan sehari-hari. dia puase satu hari dapat seringgit. pahamlah Opah. Boleh ke Opah?” timpal Ipin. Penjelasan Opah ini membuat dua kakak-beradik yang lugu ini merasa malu dan akhirnya mereka bertekad untuk berpuasa penuh selama sebulan Ramadan. tanpa terpoles penghayatan keberagamaan yang dipaksakan. dia puasa setengah hari ke. Saat itu. Pesan sosial. kata Opah. Tapi apa salahnya belajar untuk berpuasa sehari penuh. Lihat saja misalnya saat Fizi mencoba mempengaruhi Upin dan Ipin.

bagaimana caranya agar film yang seperti ini dapat tumbuh sehingga semangat keagamaan (Islam) dapat tumbuh secara natural terhadap perilaku atau Akhlak anak.tumbuhnya rasa percaya diri terhadap budaya yang sarat nilai. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan oleh para Guru untuk menyempurnakan penyampaian materi dan metode pendidikan Aqidah Akhlak pada siswa Madrasah Tsanawiyah. Untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Akhlak dalam Film Upin dan Ipin. Tujuan Penelitian Sesuai dengan rumusan masalah yang dikemukakan maka tujuan penelitian ini pada dasarnya adalah: 1. D. Apa nilai Akhlak yang terkandung dalam film Upin dan Ipin? 2. Harapan selanjutnya. Manfaat Penelitian Setelah diketahui tujuan dari penelitian di atas maka hasil penelitian ini bermanfaat sebagai: 1. 2. . Apa fungsi dari nilai akhlak yang terdapat dalam film upin dan ipin? C. Untuk menganalisis fungsi akhlak dalam Film Upin dan Ipin. usaha penulis tertarik dengan penelitian ini dengan judul “NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA FILM ANIMASI UPIN DAN IPIN” B. Fokus Penelitian Berpegang teguh pada latar belakang masalah yang dikembangkan di atas. Berdasarkan latar belakang di atas. disini dikemukakan beberapa rumusan masalah: 1.

2) Sebagai referensi dalam melakukan pembenahan-pembenahan dan pengembangan-pengembangan dalam pendekatan pembelajaran. Bagi Keilmuan Penelitian ini diharapkan mampu memberikan nuansa dan wahana baru bagi perkembangan ilmu dan konsep pendidikan islam ke depan. Memberi kontribusi pada cara pemahaman sebuah film ditinjau dari sudut pandang nilai-nilai akhlak. . Secara praktis manfaat dari pada penelitian ini adalah sebagai berikut: a. 2) Menumbuhkan kesadaran dan semangat masyarakat agar berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan. c.2. 2) Sebagai wahana dalam meningkatkan kompetensi dalam hal penelitian dan penulisan serta ilmu pengetahuan. Bagi Masyarakat 1) Sebagai in-put dalam pelaksanaan pembenahan-pembenahan dan pengembangan-pengembangan dalam proses belajar diluar sekolah. d. Bagi Lembaga 1) Sebagai bahan rujukan dan evaluasi dalam mengambil keputusan dalam kegiatan belajar mengajar. Fakultas Tarbiyah UIN Malang. Bagi Peneliti 1) Sebagai persyaratan dalam memperoleh gelar kesarjanaan di Jurusan PAI. b.

1994).nilai Akhlak 1. Batasan Masalah.E. Sedangkan pengertin akhlak menurut para ahli adalah a. Dalam Akhalakul Karimah terdapapat pembahasan yang cukup luas. tetapi di batasi hanya film Upin dan Ipin seri Pertama Tahun 2007 dan seri Kedua Tahun 2008. tingkah laku dan tabiat4. b. BAB II KAJIAN TEORI A. Pengantar Studi Akhlak (Jakarta:Raja Grafindo Persada. . akan tetapi dalam penelitian ini hanya membahas tentang akhlak-akhlak terpuji yang khususnya ditujukan pada siswa kelas IX Mts. Menurut Ibnu Maskawih Akhlak adalah gerak jiwa yang mendorong kearah melakukan perbuatan dengan tindakan menghajatkan fikiran. Menurut Ahmad Amin 4 Asmaran. Nilai.1. dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak semester Satu dengan kompetensi dasar Menjelaskan tentang akhlak terpuji terhadap sesama manusia.hlm. Pengertian Akhlak Di lihat dari sudut bahasa (etimologi) perkataan akhlak adalah bentuk jama’ dari kata khuluq yang artinya budi pekerti. Tidak semua seri dalam film Upin dan Ipin dibahas dalam penelitian ini.

Nilai-nilai Akhlak Menurut Syeikh Hasan Al Banna Menurut Syeikh Hasan Al Banna yang termasuk nilai akhlakul karimah yaitu: a. 5 6 Humaidi Tatapangsara.2003). rahasia dan sebagainya yang wajib dipelihara atau disampaikan kepada yang berhak menerimanya.Akhlak adalah suatu kekuatan dalam kehendak yang mantap. Maka apabila orang berbuat sesuatu kepada diri kita yang mungkin karena khilaf atau salah maka maafkanlah sebagai rahmat Allah SWT dan janganlah mendendam. Pemaaf Manusia tidak sunyi dari khilaf dan salah. Ahmad Mu’adz Haqqi. kekuatan dan kehendak mana berkombinasi membawa kecenderungan pada pemilihan pihak yang benar (dalam hal akhlak baik) atau pihak yang jahat (dalam hal akhlak jahat)5 c. hlm. . hlm. Akhlak ada yang terpuji dan ada yang tercela6. Bina Ilmu. dimana pebuatan tersebut dapat berupa perbuatan baik atau buruk tanpa melakukan pertimbangan akal pikiran terlebih dahulu. Akhlak yang Mulia (Surabaya :PT. Yang mana dari sifat tersebut perbuatan. Dari ketiga pendapat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa. 2. akhlak adalah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa seseorang.20. Berhias 40 Akhlak Mulia( Malang:Cahaya Tauhid. ilmu. sehingga dia dapat berhubungan dengan orang lain. b. 1980). Jujur Sesuatu yang dipercayakan kepada seseorang baik harta.20. Menurut Al-Qurtubi Akhlak adalah sifat-sifat seseorang.

dan berperasaan senang bersama tuhan” 7 Abd Mudjib Muhaimin Tadjab. bukan “rendah diri”. Secara istilah. b. Dimensi-Dimensi Studi Islam ( Surabaya:. Tawadhu’ Tawadhu secara bahasa berarti “rendah hati”. 8 Mulyadi. rendah. hlm. ketinggian akhlak dan membuahkan cinta antara sesama manusia. teguh dalam kepasrahan. Karya Abditama. menurut Hasan Al Basyri. Khusyu’ Khusyu’ secara bahasa artinya tunduk.Hlm. . khusyu’ adalah perasaan takut yang senantiasa ada dalam hati atau perasaan tunduk kepada Allah SWT yang timbul dari dalam hati8. Tolong Menolong Bertolong-menolong adalah ciri kehalusan budi. Para ulama banyak mengartikan khusyu’ antara lain. Dalam pengertian luas tawadhu adalah merendahkan diri tanpa menghinakan dan meremehkan harga dirinya. Karya Toha Putra2003). menanggung beban dari orang-orang beragama.7 Sedangkan menurut Dr Ahmad Amin Nilai Akhlak Yaitu: a. Aqidah Akhlak (Semarang:PT. khusyu’ artinya bahwa diri berada di hadapan Allah SWT.c. atau takluk.5.242. Al Kalabazdi berpendapat.1994). kesucian jiwa. ‘kerendahan hati adalah berbesar hati pada masa-masa sulit.

tasamuh artinya toleransi. d. tawadhu kepada Allah adalah merendahkan diri dan hati di hadapan Allah yang dilandasi oleh kesadaran akan kebesaran dan keagungan Allah sebagai pencipta alam semesta.Materi Akhlak ( Solo:CV. Mereka pun harus kita hargai karena pada dasarnya sama sebagai makhluk Allah SWT10. Toleransi terdiri dari dua macam yaitu : toleransi terhadap sesama muslim dan toleransi terhadap selain muslim. secara istilah.13. Secara bahasa. tenggang rasa atau saling menghargai. Ramadhani 1989).4. Ibnu Ibrahim. (alih bahasa: Rahmani A. Al-Ta’rif Al-Madzah Al-Tasawwuf.Bandung:Mizan. tasamuh artinya suatu sikap yang senantiasa saling menghargai antar sesama manusia. tidak menyerang. Tasamuh. Taat pada peraturan 9 Al-Kabadzi. c. dan tidak mengusir kita dari kampung halaman. Lawan dari sifat tawadhu adalah takabur (sombong) 9. . 10 Barmawi Umary. hlm . Adapun toleransi terhadap non muslim mempunyai batasan-batasan tertentu selama mereka mau menghargai kita. Yakub. Al-Bukhari.Dengan demikian. Toleransi terhadap sesama muslim merupakan suatu kewajiban karena disamping sebagai tuntutan sosial juga merupakan wujud persaudaraan yang terikat oleh tali aqidah yang sama. 1993) hlm.

sehingga segala upaya yang mengarah kepada pelestarian merupakan suatu sikap yang terpuji dan selalu dianjurkan oleh agama11 Dalam makalah ini penulis hanya membahas masalah akhlakul karimah ialah akhlak yang baik. Memelihara kelestarian Alam. nafsu sangat besar pengaruhnya dan sangat banyak mengeluarkan instruksi-instruksi pada anggota jasmani untuk berbuat dan ini banyak tergantung bagaimana sikap manusia itu dalam menghadapi gejolak nafsunya. yang berupa semua akhlak yang harus dianut serta dimiliki oleh setiap orang. Dan yang termasuk akhlakul karimah ialah: a. tetapi juga merupakan suatu pertanggung jawaban yang telah dibebankan Allah kepada kita sebagai khalifah di muka bumi. e.orang kuat sebenarnya bukanlah orang yang selalu menang 11 Majdu Al Hilali.16.Menaati peraturan merupakan salah satu akhlak yang terpuji. . Sebagai makhluk sosial kita sangat tergantung pada lingkungan sekitar. Menaati segala peraturan yang ada bukan saja kewajiban kita sebagai makhluk social. Mengendalikan Nafsu Nafsu merupakan salah satu organ rohani manusia disamping akal.hlm . apalagi jika kita menyadari proses kejadian kita yang berasal dari sari pati tanah. 38 Sifat Generasi Unggulan (Jakarta:Gema Insani Press. 2003). Pada dasarnya semua peraturan yang kita taati akan terasa manfaatnya baik bagi diri sendiri terlebih lagi orang lain. Agama tidak menginginkan adanya perusakan dalam bentuk apapun di muka bumi ini.

Faktor dari dalam dirinya . sangatlah celaka dan rugi. Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya Akhlak Pada dasarnya faktor ini terdiri dari 2 macam yaitu: a. mengharap ridho dan pahala-Nya. Ikhlas Suatu pekerjaan dikatakan ikhlas kalau pekerjaan itu dilakukan semata-mata karena Allah. tetapi adalah orang yang berkemampuan menguasai hawa nafsunya sewaktu ia arah. b. Faktor dari luar dirinya Lingkungan Rumah tangga dan sekolah Pergaulan taman dan sahabat Penguasa atau pemimpin b. Qona’ah bukanlah penggangguran. menerima dengan sabar ketentuan Tuhan bertawakal kepada Allah dan tidak tertarik oleh tipu daya dunia. sebab amalnya menjadi percuma dan itu berarti amalnya tidak akan diterima oleh Allah. Yang dipegang oleh Allah sebenarnya apa yang menjadi niat dan setiap amal. Orang yang beramal tetapi tidak ikhlas.dalam perkelahian fisik. Qona’ah Qona’ah adalah menerima dengan rela apa yang ada atau merasa cukup dengan apa yang diiliki. 3. memohon kepada Tuhan yang pantas di sekitar usaha. Qona’ah dalam pengertian yang luas sebenarnya mengandung tiga perkara yaitu: menerima dengan rela apa yang ada. c.

Fungsi Akhlak : Akhlak merupakan pokok-pokok kehidupan yang esensial. Akhlak yang baik harus ditanamkan kepada manusia supaya manusia mempunyai kepercayaan yang teguh dan pendirian yang kuat. 4. melalui berbagai segi keutamaan akhlak yang luhur.73. Oleh karena itu Islam datang untuk mengantarkan manusia ke jenjang kehidupan yang bergemilang. . Segala tingkah laku yang dilakukan oleh siswa baik dalam keadaan sadar maupun tidak sadar berarti itulah yang lebih kuat dan lebih banyak memberi warna pada mental anak. hlm. Drs Djazuli dalam bukunya “Akhlak dalam Islam” mengemukakan ada tiga keutamaan Akhlakul karimah: a. Jika lebih kuat berada pada ciri-ciri yang terdapat pada akhlak yang mulia maka anak mempunyai akhlak yang mulia dan sebaliknya.- Instink Kepercayaan Keinginan Hati Nurani Hawa nafsu12. Sifat-sifat terpuji banyak dibicarakan dan di kaji dari sumber-sumber lain. 9 Djatmika Rahmad Sistem Etika Islam.(Jakarta:Pustaka Islam. yang diharuskan dalam agama sangat menghormati orang-orang yang memiliki akhlak yang baik. bahagia dan sejahtera. Dalam kehidupan sehari-hari akhlak merupakan faktor utama untuk tercapainya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.1987). Semua faktor-faktor tersebut menjadi satu sehingga dapat berperan dalam pembentukan Akhlak mulia.

terang dan jelas. Manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk yang lebih sempurna bila dibandingkan dengan makhluk hidup yang lainnya. Sifat-sifat ini banyak dibicarakan dan berhubungan dengan rukun Islam dan ibadah seperti: shalat. Untuk mengatur hubungan yang baik antara manusia dengan Allah dan manusia dengan manusia. Para muslimin tidak dibenarkan sedikit juga untuk mensia-siakan akhlaknya. tolong menolong dan sebagainya. Oleh karena itu Islam memberikan perhatian khusus terhadap pendidikan akhlak dalam kaitannya dengan hal ini Rasulullah menegaskan bahwa kesempurnaan imam seseorang terletak pada kesempurnaan akhlak. puasa. Dalam perkembangannya manusia 13 Djazuli. dihukim setaraf dan sederajat” Lantaran demikian Allah mencurahkan kehormatan pada akhlak dan memperbesar kedudukannya. 5. Bahkan Allah memerintahkan seseorang muslim untuk memelihara akhlanya dengan kata-kata yang pasti.Akhlak Dalam Islam (Malang: Tunggal Murni1990) . Dan juga sebaliknya akhlak tanpa aqidah bagaikan bayang-bayang bagi benda dan tidak tetap dan selalu bergerak.b.Hlm. haji. Sifat-sifat terpuji atau akhlak yang baik merupakan latihan bagi pembentukan sikap sehari_hari. zakat. bahkan tidak boleh memudah- mudahkannya13.2. c. sadaqah. .Hasbi Ash Siddeqi mengatakan : “Kepercayaan dan budi pekerti dalam pandangan Al-Qur’an dihukum satu. Aqidah tanpa akhlak bagaikan sebatang pohon yang tidak dijadikan tempat untuk berlindung di saat kepanasan dan tidak pula ada buahnya yang dapat dipetik. Pembentukan Akhlak Pada Anak.

media adalah perantara (‫ )وﺳ ﺎﺋﻞ‬atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. menyatakan: “Kalau ingin mengetahui pembinaan moral anak sesuai denan kehendak agama. Media 1. hlm 3 Karti Soeharto. maka ketiga pendidikan (keluarga.. dilihat. Op. tidak bertentangan satu sama lain14 A. Cit.mempunyai adanya suatu proses perubahan baik jasmani maupun rohani.Hlm.. Azhar Arsyad. Perkembangan dari masing-masing individu itu tidak sama. Op. Sehubungan dengan hal ini Zakiah Darajat. Pengertian Media Kata media berasal dari bahasa latin Medius yang secara harfiah berarti 'tengah'. Sedangkan National Education Association (NEA) mendefinisikan media sebagai segala benda yang dapat dimanipulasikan. hlm 98 . Bulan Bintang 1970). "media diartikan sebagai segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi. 'perantara'. dan masyarakat) harus bekerja sama dan berjalan seirama.15 Menurut AECT (Association for Education and Comunication Technology). 'pengantar'. Cit. didengar.16 Gagne (1970) menyatakan bahwa media adalah ”berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. sekolah. hal ini di sebabkan adanya facktor-faktor yang mempengaruhi. dkk. Sementara itu. dibaca atau bicarakan beserta instrument yang digunakan dalam kegiatan tersebut". Briggs (1970) 14 15 16 Zakiah Darajad Ilmu Jiwa Agama (Jakarta.62. Dalam bahasa arab.

karakteristik oht. fungsi. Bahan sajian program pendidikan akta mengajar III-IV. Media Elektronik dan Media Cetak a. Media elektronik dapat 17 Arief S. seperti pada televisi. 2. perasaan. hlm 6 Ibrahim. film. slide. dan konten daring. pemilihan. dkk. serta dengan menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa. dan menumbuhkan minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar. 18 . Istilah ini merupakan kontras dari media statis (terutama media cetak). 18 Media elektronik adalah media yang menggunakan elektronik atau energi elektromekanis bagi pengguna akhir untuk mengakses kontennya. presentasi multimedia.. Sadiman. 1986). klasifikasi. video. Media Pendidikan (Jakarta : PT. dan penulisan naskah slide.24. opaque. (Malang FIP-IKIP 1997) . Media Elektronik Media elektronik adalah media yang proses bekerjanya berdasar pada prinsip elektronik dan elektromagnetis. Sumber media elektronik yang familier bagi pengguna umum antara lain adalah rekaman video.17 Dari beberapa definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa media adalah alat yang digunakan sebagai penyalur pesan dalam proses pembelajaran untuk memberikan stimulus pikiran.berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar”. Media pembelajaran: Arti. Raja Grafindo Persada. Media elektronik menyampaikan berita atau informasi dengan cara memperdengarkan suara dan memperlihatkan gambar. rekaman audio. filmstrip. landasan pengunaan.hlm . Tv. yang meskipun sering dihasilkan secara elektronis tapi tidak membutuhkan elektronik untuk diakses oleh pengguna akhir.

orang. dan gerak. 20 19 . dan penulisan naskah slide. Bahan sajian program pendidikan akta mengajar III-IV. 19 Media cetak adalah media statis dan mengutamakan pesan-pesan visual yang dihasilkan dari proses percetakan. Unsur. klasifikasi.20 3. landasan pengunaan. bahan baku dasarnya maupun sarana penuampaian pesannya menggunakan kertas. gambar. dan foto. mengklasifikasikan media berdasarkan unsur pokoknya yaitu suara.( Malang: FIP IKIP Malang 1994). opaque.. Media cetak menggunakan dokumen atas segala hal tentang rekaman peristiwa yang diubah dalam kata-kata. walaupun media baru pada umumnya berbentuk digital. Hlm 12 Ibrahim.hlm 25. Media pembelajaran: Arti. karakteristik oht.unsur Media Media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan. media pendidikan (pembelajaran) terus mengalami perkembangan dan tampil dalam berbagai jenis dan format. Dengan masuknya berbagai pengaruh ke dalam dunia pendidikan (misalnya teori/konsep baru dan teknologi). dengan masingmasing ciri dan kemampuannya sendiri. dan peralatan. Tv. film.berbentuk analog maupun digital. video.. Klasifikasi dan karakteristik media instruksional sederhana. Di samping itu juga. Bretz membedakan antara media siar (telecommunication) Sihkabuden. visual (berupa gambar. garis. slide. Rudy Bretz. (Malang FIP-IKIP 1997) . Usaha-usaha ke arah taksonomi media tersebut telah dilakukan oleh beberapa ahli. dan simbol). fungsi. filmstrip. Dari sinilah kemudian timbul usaha-usaha untuk melakukan klasifikasi atau pengelompokan media. pemilihan.

Dengan demikian. media audio visual gerak a. media audio visual diam b. daya liputnya dan dari bahan serta cara pembuatannya. media semi gerak f. media visual diam e. Raja Grafindo Persada .21 4. Media Visual 21 Arsyad. A. media audio g. Media Auditif Media Auditif adalah media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja. Media Pembelajaran. cassette recorder. hlm 14. media dibagi ke dalam: a.2002). Media ini tidak cocok untuk orang tuli atau mempunyai kelainan dalam pendengaran. Dilihat dari jenisnya. b.( Jakarta: PT. 1. piringan hitam. . media audio semi gerak c. Macam-macam Media Pembelajaran Ada beberapa jenis media yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam dilihat dari jenisnya. seperti radio. media visual gerak d. media cetak. media menurut taksonomi Bretz dikelompokkan menjasi 8 kategori: a.dan media rekam (recording).

Media visual ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip (film rangkai). Ada pula media visual yang menampilkan gambar atau symbol yang bergerak seperti film bisu. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik. gambar atau lukisan. cetak suara. film kartun. yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti bingkai. dan . slides (film bingkai). Media ini dibagi ke dalam: 1) Audiovisual diam. karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan yang kedua. Media Audiovisual Media audiovisual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. cetakan.Media Visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. c. suara (sound slides). Pembagian lain dari media ini adalah: a) Audiovisual murni. yaitu baik unsur suara maupun unsur gambar berasal dari suatu sumber seperti film video cassette. foto. 2) Audiovisual gerak. yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti film suara dan video-cassette. film rangkai suara.

yang harus menggunakan tempat yang tertutup dan gelap. Dilihat dari bahan pembuatanya. sound slide. c. Termasuk media ini adalah modul berprogram dan pengajaran melalui computer. dan penggunaannya tidak sulit.b) Audiovisual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. 3. Contoh: Radio dan Televisi b. film rangkai. Media Kompleks . Media Sederhana Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan harganya murah. Media dengan daya liput luas dan serentak Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat ruang serta dapat menjangkau jumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang sama. Media untuk pengajaran individual Media ini penggunaannya hanya untuk seorang diri. misalnya film bingkai suara yang unsur gambarnya bersumber dari slides proyekor dan unsur suaranya bersumber dari tape recorder. media dibagi ke dalam: a. b. Contoh lainnya adalah film strip suara dan cetak suara. 2. cara pembuatannya mudah. Media daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat Media ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film. media dibagi ke dalam: a. Dilihat dari daya liputnya.

Beberapa aspek pengembangan Sumber Belajar (Jakarta : PT. 3-4 24 Sudjarwo. Pengelompokan tersebut adalah seperti dibawah ini. Karakteristik media yang mana yang diamggap tepat untuk menunjang pencapaian tujuan pengajaran. Sarana Perkasa. Suara saja. kiranya petut menjadi perhatian dan pertimbangan bagi guru ketiaka akan memilih dan mempergunakan media dalam pengajaran. Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta. kartun. Mediyatama. 4. 1989). Media tiga dimensi yatitu dalam bentuk model seperti model padat (solid model). contohnya adalah pita audio. model susun. Media proyeksi seperti slide. foto. hlm. film strip. grafik. radio (tanpa kaset recorder) 22 Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Media dua dimensi seperto gambar. poster. model penampang. mengelompokkan media menjadi sepuluh kelompok atau kelas. 1. itulah media yang seharusnya dipakai.24 Anderson (1976). 140-142 23 Nana Sudjana dan Ahmad Riva'I. 2002). piringan audio. bagan. model kerja.23 Dari jenis-jenis dan karakteristik media sebagaimana disebutkan diatas. 1990). hlm. OHP. hlm 178 . Media Pengajaran (Bandung: CV Sinar Baru. sulit membuatnya. dan penggunaannya memerlukan keterampilan yang memadai.Media ini adalah media yang bahan dan alat pembuatannya sulit diperoleh serta mahal harganya. 3. lingkungan.22 Menurut Nana Sudjana dan ahmad Riva'i media pembelajaran yang biasa digunakan dalam proses belajar mengajar adalah: 1. 2.

op. macamnya. hlm.cit. maka dalam proses belajar mengajar terdapat sejumlah komponen. film strip tanpa suara. Gambar diam yang diproyeksikan. salah satunya adalah media. 4. 3. contoh film bisu 7. Media adalah salah satu komponen dalam proses belajar mengajar PAI. contohnya program cetak.. gambar lukis dan fotografi.25 2. tapi sebagai bagian integaral dalam proses belajar computer assisted instruction dengan segala 25 Syiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. AV gerak tanpa suara (audio visual motion). Gambar diam bersuara yang diproyeksikan. benda sesungguhnya). Vidio 8. dan lain-lain. format dan referensi yang menggunakan pita audio atau piringan audio. contohnya (maket. contohnya slide sound film strip 6. Sehingga kedudukannya tidak hanya sekedar sebagai alat bantu mengajar. Bahan cetak termasuk segala jenis bahan cetakan.2. model. Media (audio print) yaitu kombinasi antara 1 dan 2 tersebut diatas. contohnya adalah slide. contohnya adalah buku kerja siswa dan pita atau piringan suara yang dilengkapi dengan bahan cetak dan chart. 5. Objek fisik (physical object). 9. Fungsi dan Kegunaan Media Pembelajaran Dipandang sebagai suatu sistem. Manusia sumber (human and situational resources) seperti guru. 10. Gambar gerak tanpa suara (motion visual).142 . teman. contohnya film bersuara. Komputer contohnya.

media berfungsi sebagai bagian integral dalam program pembelajaran. 3. dkk. Menyediakan stimulus belajar 4. bahwa media mempunyai fungsi yang cukup berarti di dalam proses belajar mengajar. Dengan masuknya audio-visual instruction. Fungsi Media Seperti yang telah dikemukakan. seperti di bawah ini: fungsi media dilihat dari segi perkembangannya. 4. 1. Karena itu media juga memiliki fungsi dan kegunaan sebagai wujud pemecahan masalah belajar. tetapi pembawa informasi/pesan pembelajaran yang dibutuhkan siswa.. yaitu: 1. Menculnya teori komunikasi menyebabkan media mempunyai fungsi sebagai alat penyalur pesan/informasi belajar. 2. Op. Mengulang apa yang telah dipelajari.26 Menurut Derek Rowntree.mengajar. media bukan saja sebagai peraga bagi guru. 5. Membangkitkan motivasi belajar. Mengaktifkan respons peserta didik 5. media pendidikan berfungsi: 1. Adanya penggunaan pendekatan sistem dalam pembelajaran. Memberikan balikan dengan segera 26 Karti Soeharto. media berfungsi memberikan pengalaman konkret kepada siswa. hlm 104-106 . Akhirnya. 3. Pada mulanya media berfungsi sebagai alat bantu mengajar 2.cit.

6. sehingga mendorong adanya self activity Memberikan hasil belajar yang permanen Menambah pembendaharaan bahasa anak yang benar-benar dipahami (tidak verbalistik) 6. Memberikan dasar pengalaman konkret bagi pemikiran dengan pengertianpengertian abstrak 2. Mempertinggi perhatian anak Memberikan telitas. 2. Menggalakkan latihan yang serasi Berdasarkan hasil penyelidikan terhadap kegunaan berbagai media instruksional edukatif oleh Edgar Dale. 3. Nana Sudjana (1991) merumuskan fungsi media pengajaran menjadi enam kategori. Media Instruksional Edukatif (Jakarta: PT. 5. 4. Penggunaan media pengajaran merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi belajar. Memberikan pengalaman yang sukar diperoleh dengan cara lain. Ini berarti bahwa media pengajaran merupakan salah satu unsur yang harus dikembangkan guru. Hoban di Amerika Serikat. 1997). sebagai berikut: 1.27 Sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi. hal 7-8 . Rineka Cipta. yd finn dan F. 27 Ahmad Rohani. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan. tapi mempunyai fungsi sendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif. dapat ditarik kesimpulan bahwa apabila Audio Visual Aids (AVA) digunakan secara baik akan memberikan sumbangan pendidikan sebagai berikut: 1.

Kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi. film atau gambar. video. 3.cit.. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis b. gamber. film bingkai.28 2. 5. dalam arti digunakan hanya sekedar melengkapi proses belajar supaya lebih menarik perhatian siswa. lewat rekaman film. 152 .3. film bingkai. 4. Media pengajaran dalam pengajaran. Mengatasi keterbatasan ruang. Fungsi ini mengandung pengertian bahwa penggunaan (pemanfaatan) media harus melihat kepada tujuan dan bahan pelajaran. film bingkai. hal. 2. op. dan daya indera. penggunaanya integral dengan tujuan dari isi pelajaran. waktu. bisa digantikan dengan realita. Obyek yang terlalu besar. 6. Kegunaan Media Pembelajaran a. Obyek yang kecil dapat dibantu dengan proyektor mikro. Penggunaan media dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru. seperti misalnya: 1. foto 28 Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Penggunaan media dalam bukan semata-mata alat hiburan. Penggunaan media dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar mengajar. film atau model.

4. Obyek yang terlalu kompleks dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain, 5. Konsep yang terlalu luas, dapat divisualkan dalam bentuk film, film bingkai, gambar, dll. c. Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media dapat berguna untuk: 1. Menimbulkan kegairahan belajar 2. Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara siswa dengan ungkungan dan kenyataan 3. Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya. d. Dengan sifat yang unik pada setiap siswa, ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pembelajaran ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru akan banyak mengalami kesulitan belaman semuanya itu harus diatasi sendiri. Masalah ini dapat diatasi dengan media pembelajaran, yaitu dengan

kemampuannya dalam: 1. Memberikan perangsang yang sama 2. Menimbulkan persepsi yang sama.29 C. Film Animasi Upin Dan Ipin 1. Sejarah Upin dan Ipin

29

Karti Soeharto, dkk. Op.cit,. hal 106-107

Film Upin Ipin yang dibuat oleh Mohn Nizan Abdul Razak, Muhd Safwan Abdul Karim, dan Usalna zaid pemilik Les’ Copaque pada tahun 2007. Ketiganya adalah Mahasiswa dari Multimedia University Malaysia. Tujuan awal film Upin Ipin untuk mendidik anak agar menghayati bulan Ramadan. Les’ Copaque Production

merampungkan produksi film animasi Upin dan Ipin pada Agustus 2007. Sebulan kemudian, film ini diputar di Channel 9, satu televisi swasta Malaysia. Film ini mendapat sambutan hangat dari publik Malaysia. Tak hanya berjaya di negaranya, film ini melebarkan sayap di negeri jiran, Indonesia. Ramadan tahun lalu, Upin dan Ipin menyapa penonton TVRI. Namun Ramadan tahun ini, Upin menyapa penikmat TPI. Bahkan di Banda Aceh, Upin dan Ipin dijual bebas. Tak hanya itu, Upin dan Ipin juga dengan mudah bisa diunduh di Internet, termasuk situs resminya. Les’ Copaque juga sudah memproduksi Upin dan Ipin dalam versi bahasa Turki. Animasi produksi Malaysia, itu terasa dekat di hati khalayak Indonesia: kedekatan budaya. Upin dan Ipin memang banyak mengetengahkan kisahkisah keseharian masyarakat Melayu, yang rumpun budayanya begitu dekat dengan kita. Serial animasi produksi negeri tetangga Malaysia itu berbeda dengan film-film kartun dan tayangan anak lain yang ada di layar televisi selama ini. Bila kartun lain masih menyisakan adegan kekerasan, perkelahian, dan caci-maki, Upin telah alpa semua itu. Tayangan ini disajikan sederhana namun komunikatif dan mendidik. Sajian mereka juga mencerdaskan, mencerahkan30. Serial kartun ini memiliki 6 seri, dimana setiap serinya terdiri dari 10 menit. Upin dan Ipin bercerita tentang dua anak kembar yang bernama Upin dan Ipin. Mereka adalah

30

http://media-islam.or.id/2009/08/26/upin-dan-ipin-film-kartun-anak-anak-yang-islami

anak yatim piatu yang tinggal bersama kakaknya yang bernama Kak Ros, juga neneknya yang sering dipanggil Opa. Diawal kisah serial kartun ini dikisahkan mereka sedang akan memasuki bulan Ramadhan. Dengan diumumkannya melalui televisi oleh pemerintah, bahwa pada pagi harinya bulan puasa telah dimulai31 Dalam film 12 episode itu, Opah (dialihsuarakan oleh Hajjah Ainon) dan Ros (Ida Shaheera) memberikan petuah dan nasihat kepada Upin dan Ipin (Nur Fathiah). Nilainilai kebajikan yang ditanamkan Opah dan Kak Ros dalam film ini sangat mudah dimengerti anak-anak. Adegan dan dialog disajikan dengan kocak dan sederhana. Selain bercerita soal puasa, film Upin dan Ipin juga menyampaikan pesan-pesan edukasi dan nilai moral kepada anak-anak. Pesan sosial, agama, dan moral yang disampaikan Upin dan Ipin sangat kaya. Dalam hampir semua scene, Opah dan Kak Ros memberi nasihat kepada dua kakakberadik kembar ini. Lihat saja misalnya saat Fizi mencoba mempengaruhi Upin dan Ipin. Saat itu, Fizi bilang bahwa dirinya mendapat satu ringgit dari puasa setengah hari yang dilakoninya. 2. Tokoh-tokoh dalm Film Upin dan Ipin a. Upin: Upin ialah abang kembar Ipin, hanya lima menit lebih tua. Dia lebih banyak bicara dan selalu mendalangi perangai anak kembar ini. Dia dapat dibedakan dari adiknya melalui sehelai rambut di kepalanya. b. Ipin: Ipin ialah adik kembar Upin. Dia dikenali karena sering mengulang
31

Burhanuddin Bin Md Radzi ,13-11-2009,http://th3-3city.blogspot.com/

d. Sepanjang bulan Ramadhan. Upin dan Ipin merupakan anak yatim seperti yang dipaparkan di episode 6. Fizi: Fizi adalah teman Upin dan Ipin. dia tetap seorang teman setia. Mei Mei: Mei Mei ialah seorang teman sepermainan dan juga teman sekelas Upin dan Ipin. Dia juga turut serta dalam pekerjaan nakal adik beradik kembar ini tetapi ia gegabah dan sulit memberi tumpuan. Meskipun suka menyendiri. musim kedua. f. Dia amat menggemari ayam goreng. Sedangkan oleh Fizi ia terkadang dipanggil intan payung atau anak manja h. g. dirumahnya ia dipanggil bobob. Ia lebih tua lima tahun dibandingkan keduanya. i. cakap dan cerewet. Oleh karena itu seolah-olah ia menjadi kakak kepada mereka.perkataan sebagai tanda setuju. Ehsan: Ehsan ialah sepupu Fizi. Tetapi. Dia suka mempermainkan adikadiknya. Ipin dan Ros. Selain cantik dan banyak menyayanginya. Mak Uda atau Nenek Uda: Mak Uda adalah nenek Upin. j. Kak Ros: Ros adalah kakak Upin dan Ipin. Dari luar ia nampak garang tetapi sebenarnya dia seorang kakak yang pengasih. e. c. Mail: Mail adalah seorang teman sekelas Upin dan Ipin. saat mereka sekeluarga menziarahi makam ibu dan ayah mereka. Mail susah menunaikan . Ia mengetahui banyak hal duniawi dan keagamaan. tetapi sebenarnya baik hati dan menyayangi orangtuanya. Terkadang dia kelihatan suka besar mulut. Rajoo: Rajoo ialah teman Upin dan Ipin. Dia bersifat penuh keyakinan dan amat dimanjakan orangtuanya. Dia berhati bersih dan sering memanjakan Upin dan Ipin. ia selalu menjadi yang paling waras di kalangan kawan-kawannya.

.http://www. Susanti: Teman Upin dan Ipin yang merupakan pindahan dari Indonesia. Jarjit: Jarjit adalah teman sekelas Upin dan Ipin. dia terlihat tidak berpuasa ketika bulan Ramadhan atas sebab yang tidak jelas. Nampaknya dia sedikit tertarik dengan Susanti. Dia selalu ikut serta dalam permainan anak-anak lain. namun setiap kali terjadi sesuatu yang menyebabkannya ditinggalkan. Cikgu Jasmin atau Bu Guru Jasmin: Guru kelas Upin dan Ipin dan kawan-kawan di sekolah Tadika. 32 Les' Copaque Production 2009 /11/13. tetapi dia juga membantu ibunya menjual makanan di Pasar Ramadhan. Di episode 9. Meskipun usianya sama dengan teman-teman sekelas yang lain tetapi suaranya seperti orang dewasa. l.puasa walaupun sudah cukup umur. Baru tinggal dan belum terbiasa dengan obrolan anak-anak lainnya. Di salah satu episode ditunjukkan bahwa Upin dan Ipin tidak mengerti apa yang dia katakan32.upindanipin. Di kelasnya dan di kalangan teman-temannya ia dijuluki Mail 2 seringgit. m.com. k.

BAB III METODE PENELITIAN A. setting dan tema. Kutipan-kutipan data yang disajikan dalam penelitian ini ditegaskan dalam bentuk lampiran tabel pemaparan data yang diperoleh dari pemahaman makna yang terdapat pada setiap kata. kalimat. Dari pemahaman makna secara keseluruhan. teks dan juga unsur pengembangan karya sastra seperti alur. Dengan demikian. yang mengambil atau mengumpulkan data-data yang berupa dokumen. Jenis penelitian kualitatif ini yaitu library research. Pendekatan dan Jenis Penelitan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan angka. dilakukan penafsiran dan pengkategorian data yang terkandung dalam Film Upin dan Ipin. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis berdasarkan pengkategoriannya. paragraf. laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Karakteristik penelitian yang digunakan . tokoh.

data verbal dapat difahami baik melalui alur peristiwa secara kronologis. analisis data secara induktif.dalam penelitian kualitatif memiliki beberapa ciri. peneliti meggunakan dua ciri. yaitu: latar ilmiah.1. metode kualitatif. Data dan Sumber Data Hubberman menegaskan data kualitatif merupakan sumber dari deskripsi yang luas dan berlandaskan kokoh serta memuat penjelasan tentang proses-proses yang terjadi dalam lingkup setempat. maksudnya peneliti sendiri atau dengan bantuan orang lain merupakan alat pengumpul data utama dan ciri kedua deskriptif. yaitu: manusia sebagai alat atau instrument. narasi maupun dialog yang dituangkan dalam naskah harus disikapi sebagai kesatuan tutur yang lebih lengkap berupa kata. Peneliti terlibat secara penuh dan aktif dalam mengapresiasi film Ipin dan Upin dan menemukan data-data utama yang menunjukkan pada permasalahan sesuai dengan rumusan masalah. grounded theory dan deskriptif33. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung:Remaja Rosda Karya 2002).4. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah isi Film Upin dan Ipin. Dalam penelitian ini. Moleong. Analisis Data Kualitatif (Jakarta:Universitas Indonesia1992) hlm. manusian sebagai alat instrument. Perolehan data tersebut dilakukan peneliti dengan cara mengidentifikasi data sesuai arah permasalahan yang terurai dalam bab IV yakni hasil penelitian. Berdasarkan kedua ciri tersebut analisis nilai akhlaq dalam Film Upin dan Ipin perlu dilakukan pembedaan dan telaah secara mendalam tentang makna kata-kata dan cerita dalam film tersebut. Hubberman. yakni data yang dikumpulkan berupa kata-kata. .hlm. 33 34 Lexy J. kalimat serta tindakan sehingga membentuk suatu wacana yang utuh34. Karya ini memiliki latar belekang religius yang tertanam di dalamnya. B. Dengan demikian.

Dokumentasi berasal dari kata dokumen. tuturan ekspresi maupun deskriptif dari perstiwa yang tersaji dalam film. (2) data berupa paparan bahasa yang mengemban nilai-nilai akhlak yang mendeskripsikan pola interaksi tokoh dalam film dengan lingkungannya. D. Peneliti mencatat paparan bahasa yang terdapat dalam dialog-dialog tokoh.C. Instrumen Penelitian Kedudukan peneliti dalam penelitian kualitatif adalah sebagai instrument. Artinya dalam penelitian ini. 2. Peneliti mengidentifikasi. Dalam melaksanakan studi dokumentasi ini peneliti memilih Film Upin dan Ipin sebagai bahan dalam pengumpulan data tersebut. Langkah-langkah yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data penelitian adalah sebagai berikut: 1. perilaku tokoh. peneliti sendiri yang melakukan penafsiran makna dan menemukan . atau biasa disebut dengan studi dokumentasi. Teknik Pengumpulan Data Peneliti menggunakan teknik telaah dokumen. mengklasifikasi dan menganalisis film sesuai dengan rumusan masalah. 3. Dari langkah-langkah di atas diperoleh data verbal sebagai berikut: (1) data berupa paparan bahasa yang mengemban nilai-nilai akhlaq. yang artinya barang-barang tertulis. Peneliti melihat secara komprehensif dan kritis yang dilanjutkan dengan mengamati nilai-nilai akhlaq yang terdapat dalam film Upin dan Ipin.

163. Burhan Bungin. Analisis isi adalah teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru (replicable). hlm. dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitian35. Content Analisis adalah metodologi penelitian yang memeanfaatkan seperangkat proses untuk menarik suatu kesimpulan yang sahih dari pernyataan atau dokumen. kegiatan melihat cerita film Upin dan Ipin dan peneliti bertindak sebagai penganalisa yang aktif mengenali. Kegiatan yang dilakukan peneliti sehubungan dengan pengambilan data yaitu.172. penafsir data.. E. Remaja rosda Karya 2002). (2) menganalisis kontribusi Film Upin dan Ipin terhadap pembentukan Akhlak anak. Demikian juga dengan Holsi. Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah Content Analysis (kajian isi). mengidentifikasi satuan-satuan tutur yang merupakan penanda dalam satu-satuan peristiwa yang di dalamnya terdapat gagasan-gagasan dan pokok pikiran hingga menjadi sebuah keutuhan makna. pelaksana pengumpulan data. Peneliti juga merupakan perencana. Analisis ini berhubungan dengan komunikasi atau isi komunikasi36.Moleong.Moleong.nilai-nilai tersebut.Menurut Weber. yang mengartikan content analisis sebagai teknik apapun yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan dan dilakukan secara obyektif dan sistematis37. 35 Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif:(Bandung.121. analisis. Content Analysis dan Focus Group Group Discusion dalam Penelitian Sosial(Jakarta:raja Grafindo Persada2003).hlm. 36 .J.hlm.J. dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya. Metodologi Penelitian Kualitatif(Bandung:Remaja rosda Karya 2002). Analisis Data Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) mengidentifikasi nilai-nilai akhlaq dalam film Upin dan Ipin. 37 Lexy.

Menurut Patton. dan generalisasi38. Kemudian para ahli mengemukakan beberapa syarat content analisis. Klasifikasi tanda-tanda yang dipakai dalam komunikasi. maka kegiatan yang dilakukan adalah pemberian makna pada paparan bahasa berupa (1) cerita-cerita yang mengemban gagasan tentang nilai-nilai akhlak. Sesuai dengan masalah yang akan di garap dalam penelitian ini. 38 . Pemahaman dan analisis tersebut dilakukan melalui kegiatan menyaksikan. (2) Pengorganisasian data dalam formalitas tertentu sesuai dengan urutan pilihan dan pengkategorian yang akan di hasilkan. dan merekonstruksi.Menurut Neong Muhadjir. yaitu: Objektivitas. c. Menggunakan teknik analisis tertentu sebagai membuat prediksi. Dalam melakukan pemaknaan data peneliti harus memiliki dasar pengetahuan dan pengalaman tentang bentuk penanaman nilai-nilai akhlak baik di sekolah maupun di luar sekolah. (2) saling menghargai. (2) Cerita-cerita yang mengandung interaksi tokoh dalam film terhadap lingkungannya. pendekatan sistematis.hlm. Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerpan(Jakarta: Rineka Cipta1999). Menggunakan criteria sebagai dasar klasifikasi. (3) penafsiran makna sesuai dengan masalah yang harus dijawab. dalam metodologi penelitian Kualitatif. secara teknis Content analisis mencakup upaya: a. b. Kegiatan tersebut antara lain: (1) saling tolong menolong. kegiatan analisis mencakup:(1) Pengurutan data sesuai dengan tahap permasalahan yang akan di jawab. dsb. Selain itu penulis juga harus memahami realitas pola interkasi sosial seorang muslim di Soedjono dan Abdurachman. menganalisis.14-15.

Langkah ini di pandu dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Selain itu dalam pengumpulan data peneliti dipandu rambu-rambu yang berisi ketentuan studi dokumentasi tentang nilai-nilai akhlak. yakni peneliti secara tekun memusatkan diri pada latar penelitian untuk menemukan ciri-ciri dan unsur yang relevan dengan persoalan yang diteliti. peneliti mendiskusikan data yang di peroleh dengan teman yang sejurusan. Peneliti mengamati secara mendalam pada film agar data yang ditemukan dapat dikelompokkan sesuai dengan kategori yang telah dibuat dengan tepat. Dengan bekal pengetahuan. . F. Adapun rambu-rambu tersebut antara lain: a. kemampuan dan kepekaan peneliti melakukan pembacaan sumber data secara berulang-ulang untuk menghayati dan memahami secara kritis dan utuh terhadap sumber data. Perolehan tersebut dilakukan peneliti dengan identifikasi data sesuai dengan arah permasalahan dalam penelitian.masyarakat sebagai bahan untuk refleksi dan untuk menganalisis keabsahan dan kedekatan cerita dengan realitas kehidupan. Peneliti menganalisa Film dan mengambil data atau cerita. Setelah mendapatkan data-data. wawasan. b. Teknik Keabsahan Data Sebagai upaya untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan Teknik ketekunan pengamat.

cerewet dan suka makan. Fizi (sepupu Ehsan) yang penuh keyakinan diri tetapi suka mengejek orang lain. Sinopsis Upin dan Ipin merupakan sepasang kakak-beradik kembar berusia belia yang tinggal bersama Kak Ros dan Opah di Kampung Durian Runtuh setelahun kematian kedua orangtua mereka sewaktu masih bayi. Ehsan yang suka menyendiri. Upin dan Ipin bersekolah di Tadika Mesra yang terletak dalam kawasan kampung. dan Mael yang berkemampuan untuk berjualan dan pandai berhitung. Esok Puasa . di mana mereka berteman dengan banyak teman yang bermacam-macam tingkah lakunya. antara lain ialah Mei Mei yang imut dan berkepribadian cerdas. Berikut ini adalah episode-episode yang ada pada seri pertama: 1.BAB IV HASIL PENELITIAN A. Jarjit Singh yang gemar membuat humor dan membuat pantun.

Memang merasa teruji dan tidak sabar mereka berdua menunggu saat menikmati hidangan lezat pada saat malam berbuka puasa. keduanya tertidur sambil terlupa rencana mereka untuk ke masjid. Opah dan Kak Ros bersedia menerangkan arti dan tujuan berpuasa kepada mereka. 4. Nikmat Tiba waktunya Upin dan Ipin berbuka puasa setelah melewati berbagai cobaan pada hari pertama mereka berpuasa. Doa tarawih pada saat Ramadhan ini seolah-olah menjadi peluang anak-anak untuk bermain . Mereka selalu tidak ingat ibadah puasa mereka apabila bangun pagi atau setelah bermain ketika cuaca panas. Maka. Usaha puasa mereka akhirnya berhasil apabila mereka menikmati makanan hingga kenyang. Terawih Peluang Upin dan Ipin mengikuti Opah dan Kak Ros ke masjid untuk sembahyang tarawih tercapai juga setelah beberapa hari berpuasa. inilah pengalaman pertama kakak beradik kembar ini bersahur dan berpuasa.Upin dan Ipin yang telah menginjak usia lima tahun mulai mengenali arti "puasa" dan ingin tahu tujuan dan makna berpuasa seperti pada anak-anak Muslim lainnya. Setelah itu. 3. Dugaan Sesungguhnya merupakan hal biasa bagi anak-anak kecil seperti Upin dan Ipin yang tak terbiasa dan nakal saat berpuasa untuk pertama kalinya. 2. sehingga kawan-kawan mereka yang bukan Islam pun terpaksa mengingatkan mereka.

tidak terkecuali Upin. mereka semua bercerita tentang pengalaman berpuasa sementara Opah yang sentiasa ada untuk memberi nasihat dan ajaran kepada mereka untuk berpuasa pada tahun-tahun akan datang. Setelah menceritakan pengalaman berpuasa. Hari Raya Kawan-kawan Upin dan Ipin tiba di rumah kakak beradik itu untuk berpesta bersama. Tadika Berlalunya setahun jagung sejak musim lalu. Fizi dan Upin mengadu laba-laba milik mereka di kelas sebelum pelajaran dimulai. Banyak juga kawan baru tetapi mereka masih bernakal lagi. Mereka semua yang terdiri dari berbagai kaum dan agama ini menikmati hidangan yang disediakan Opah.bersama kawan-kawan dan bukannya beribadah. mereka pun bermain juga. 5. Ipin dan kawan-kawan mereka. Akan menjadi kebiasaan zaman sekarang bahwa orangtua memberi anak-anak uang sebagai ganjaran tanpa mengajar mereka menghayati makna puasa. Upin dan Ipin sudah bersekolah di Tadika Mesra. Esok Raya Opah mencoba meyakinkan Upin dan Ipin bahwa ibadah puasa itu merupakan salah satu kewajiban yang akan diberi pahala oleh Allah setelah menamatkan riwayat. Sewaktu . Setelah makan. 6. Akhirnya keasyikan anak-anak itu berakhir setelah Kak Ros mengarahkan mereka untuk turut serta dalam sembahyang. Seri Kedua Upin dan Ipin 1.

Dengan rasa kagum akan pengetahuan baru ini.pelajaran dimulai. Bu Guru Jasmin mengingatkan ketibaan Ramadan. maka Kak Ros menerangkan mereka bahawa Ramadan bermula sebaik anak bulan kelihatan. Kak Ros memberikan duit kepada adik-beradik kembar itu untuk membeli satu barang saja. neneknya memberi bekal untuk Upin dan Ipin beri kepada Tok Dalang. Neneknya menjawab bahwa itu adalah adat. tetapi mereka terlebih beli ayam goreng sehingga . Upin dan Ipin masih tidak percaya. Ipin dan kawan-kawan membincangkan pengalaman berpuasa mereka. 2. 3. Kak Ros menjawab pertanyaan adik-adiknya itu dengan berkata bahawa perempuan diberi cuti oleh Allah kerana Allah menyayangi perempuan. 4. Anak Bulan Upin dan Ipin teruja dan ingin tahu bila bermulanya Ramadan. Tamak Kak Ros membawa Upin & Ipin ke Pasar Ramadan untuk membeli makanan untuk berbuka puasa. lalu Upin. maka mereka bertanya kepada Kak Ros. adik-beradik itu pun berjaga untuk mencari anak bulan malam itu. tetapi memang rancangan mereka tidak berhasil. Malam itu. Upin bertanya kenapa. Adat Upin dan Ipin bertanya kepada neneknya mengapa Cikgu Jasmin tidak berpuasa.

7. Di luar rumah. 8. Cikgu Jasmin pun masuk ke kelas dan membincangkan sebab dan manfaat berpuasa. mereka tidak terdaya untuk menghabiskan semua ayam yang dibeli mereka itu. Semenatara itu. Upin & Ipin merasa tertekan. kedengaran juga bunyi letupan mercun.cukup untuk memenuhi meja makan. Setelah kelas usai semua pun bermaafmaafan. mereka berencana untuk berada dalam surau selepas tarawih untuk mengkaji al-Qur'an. Ehsan dan Fizi tiba di surau lalu mengajak Upin dan Ipin bermain bunga api. jadi Fizi menceritakan apa yang berlaku malam semalamnya. 6. Upin & Ipin membincangkan persiapan raya bersama kawan-kawan. Ruparupanya Kak Ros bukannya membeli. Sayang Kak Ros Upin dan Ipin mendesak agar Kak Ros dan Opah membeli baju baru untuk mereka waktu hari raya. Mael pula didapati minum di khalayak ramai siang hari bulan puasa. 5. Sementara itu. Apabila Fizi menunjuk-nunjuk baju barunya. sehingga setibanya waktu makan. tetapi kecewa karena Kak Ros enggan membeli baju baru. tetapi adik-beradik itu menolak ajakan mereka. Kisah & Tauladan Teman-teman kelas Upin dan Ipin heboh pasal tangan Fizi yang berbalut. Lailatul Qadr Upin dan Ipin menghayati arti Lailatul Qadr dari Opah. sebaliknya menjahit baju baru untuk adik-adik kesayangannya. Ketupat .

Upin & Ipin bermain-main dengan membuat ketupat berbentuk lain. mereka berempat saling membincangkan kabar persiapan raya kawan-kawan mereka. 9. Mereka bertiga bergegas ke surau. Malam Syahdu Sudah tiba malam raya. dengan izin Opah. tetapi surau sudah kosong. Kak Ros menegur mereka karena cara mereka salah. 10. Opah menceritakan tujuan membayar zakat fitrah yaitu sebagai memperingati golongan orang kurang mampu baik sampai bulan Ramadan. Upin dan Ipin mengingatkan Opah agar membayar zakat fitrah. uang zakat diserahkan Opah ke tangan Tok. tetapi diejek balik pula karena ketupat bawangnya. Zakat Fitrah Dengan menceritakan kegiatan di surau tadi. 11. Lamanya waktu yang diambil mereka untuk meratakan tikar sehingga Kak Ros terpaksa menegur mereka sekali lagi. Tok Dalang mengajak Upin dan Ipin bertakbir di surau. Pagi Raya . Rupa-rupanya tikar ini sebagai alas penduduk kampung melatih takbir. jadi mereka ke rumah Tok Dalang untuk membereskan kewajiban zakat mereka. Upin dan Ipin tengah bermain bunga api tetapi disuruh Kak Ros menyuruh mereka menyediakan tikar. maka tarawih diganti takbir. dan dari Tok ke tangan Upin jua.Opah mengajak Upin dan Ipin membantu menganyam ketupat bersama Kak Ros. Sewaktu berbuka puasa. Sambil menganyam.

Nilai-nilai Akhlakul Karimah Dalam Film Upin dan Ipin a. namun dimaafkan Opah jua asalkan dia tetap berbuat baik sepanjang bulan mulia itu. Tok memberikan duit raya kepada semua anak-anak yang hadir di rumahnya. Mael meluahkan rasa kesal kerana gagal memenuhi kewajipan berpuasa sepanjang Ramadan lalu.Pada waktu pagi 1 Syawal. Berkat Upin dan Ipin membantu mengantar makanan ke rumah Tok Dalang. Patuh . Upin dan Ipin bermaaf-maafan dengan Opah dan Kak Ros. mereka mengajak kawan-kawan ke rumah mereka untuk menikmati hari raya. Ketika makan. 12. Selepas takbir sesi pagi. B. Deskripsi Data Pada bab ini dipaparkan data-data yang telah ditemukan yang sesuai dengan tema dan judul penelitian. Tok pun mengajak Upin. Yaitu data-data dari dialog yang menunjukkan tentang nilai-nilai Akhlak dalam film Upin dan Ipin. Setibanya di sana. Selepas itu. Ipin dan kawan-kawan mereka mencoba hidangan istimewanya yaitu ketupat berbentuk lembu. 1.

mari ku belikan minum Upin – ipin : Baik Bos ! . sebagaimana terdapat pada diaolog di bawah ini: Ketika Upin. Ipin. Toleransi Dalam Film Upin dan Ipin Seri Pertama Episode Satu yang berjudul “ Esok Puasa” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu Toleransi. saat itu terdengar adzan Magrib. Upin : Hah ! Maghrib. setelah itu langsung mengaji Upin dan Ipin bergegas masuk rumah. Dan juga yang terdapat pada Episode Dua yang berjudul “Dugaan”. Tuhan menyuruh. ayo cepat pulang Raju : Hey. Raju : karena kalian menang. sebagaimana terdapat pada diaolog di bawah ini: Upin : wah panasnya… Ipin : Haus juga. supaye kita tahu bagaimana rasanya orang yang kelaparan. sebagaimana terdapat pada diaolog di bawah ini: Upin : kenapa kita pada puasa Opa? Mak Uda : Orang Islam wajib puasa. mau kemana ? Kak Ros : Cepat mandi.Dalam Film Upin dan Ipin Seri Pertama Episode Satu yang berjudul “Esok Puasa” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu Patuh.. mei-mei dan Raju sedang bermain Kelereng. b.

. Raju : emm. Ikhlas Dalam Film Upin dan Ipin Seri Pertama Episode Lima yang berjudul “ Hari Raya Fitri” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu Ikhlas. pendeknya. c. nanti marah Tuhanmu Upin : nah… banyak betul... Mak Uda : nanti .... baca yang betul Upin-Ipin : Bismillahirrahmanirrrohim. mei-mei betul.Mei-mei : eh.. baca doa dulu Upin-Ipin : Bismillahirrahmanirrohim.. Mak Uda : eh.. sebagaimana terdapat pada dialog di bawah ini: Upin : yee. Khusyu’ Dalam Film Upin dan Ipin Seri Pertama Episode Tiga yang berjudul “ Nikmat” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu Khusyu’. ini doa orang lapar.. betul Mei-mei : tak boleh!. orang tak tahu Ipin : betul.betul.dah boleh buka puasa. kalian punya Tuhan tahu apa yang kalian perbuat. d. Allahumma laka sumtu wa bika amantu wa ‘ala rizkika afthortu birohmatika yaa arhama rohimin. sebagaimana terdapat pada dialog di bawah ini: . Raju : Tak apa. kalian kan puasa ? Upin-Ipin : Puasa-puasa. Amin.. cepat kalian balik lah.

.apa kita juga boleh opa? Mak Uda : boleh saja. Bersyukur . tapi itu tak baik. jangan karena berharap Uang e.Ipin : opa. Dalam Film Upin dan Ipin Seri Pertama Episode Lima yang berjudul “ Hari Raya Fitri” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu Amar ma’ruf nahi munkar. lebih baik puasa penuh. dan puasa adalah hal yang baik dilakukan dengan Ikhlas.. bisa masuk syurga Upin : ooo…jadi kita sudah baik ya opa? Mak Uda : iyalah.buat apa?? Ipin : untuk masuk syurga lah. dapat pahala. teman Ipin puasanya cuma setengah hari. sebagaimana terdapat pada dialog di bawah ini: Upin : (melihat Fizi sedang makan kue) hey kamu tak puasa? Fizi : Aku puasa setengah hari saja Upin : Opahku bilang puasa seperti itu tak dapat pahala Ipin : betul itu. f. cucu opa memang baik.. Ehsan : pahala. Amar ma’ruf nahi munkar. betul.

Jujur Dalam Film Upin dan Ipin Seri Kedua Episode sembilan yang berjudul “ Adat” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu Bersyukur.. seperti dialog di bawah ini: Jajrit : “ketupat lembu .. kalian yang punya dosa kepada orang-orang sebaiknya nanti harus minta maaf. sebagaimana terdapat pada dialog di bawah ini: Upin : tadi di sekolah banyak teman-teman upin yang tak puasa opah.Dalam Film Upin dan Ipin Seri Pertama Episode Enam yang berjudul “ Idul Fitri” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu Bersyukur. Dan juga terdapat pada Seri Kedua episode 18 yang berjudul “Berkat” .ketupat katak . minta maaf. Ipin : ih. ambil berkahnya g. Alhamdulillah. Kak Ros : haa. mereka bawa bekal...engga’ kok. tapi kalo kita dapat uang. bukan untuk mencari uang. tergugah iman Ipin. harap-harap dapat banyak” Datuk : nah (sambil memberi uang receh) Ehsan : dikitnya tuk? Datuk : cukuplah tu.. sebagaimana terdapat pada dialog di bawah ini: Mak Uda : kita di hari raya untuk bersalam-salaman .. Kak Ros : trus kalian minum? .

Opah halalkan h. Upin lihat mereka tapi iman Upin kuat. ini kan adat kita i. bulan puasa ni baik untuk bersedekah.. sebagaimana terdapat pada dialog di bawah ini: Mak Uda : nah antar ini(rantang) ke rumah tok dalang Upin : buat apa? Ipin : he’e apakah cukup makanan dirumah? Mak Uda : cukup . aku ada mercon.. Menahan Nafsu Dalam Film Upin dan Ipin Seri Kedua Episode Sebelas yang berjudul “ Lailatul Qadr” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu Menahan Nafsu. Dan juga terdapat pada Seri Kedua Episode Tujuh Belas yang berjudul “Pagi raya” Mail : Opah mail nak minta maaf.Upin : tidak. Sedekah (Saling Berbagi) Dalam Film Upin dan Ipin Seri Kedua Episode sembilan yang berjudul “ Adat” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu Sedekah.nanti setelah shalat kita maen yuk? Upin : mercon? Mana boleh maen? Nanti mengganggu orang sembahyang . sebenarnya (sambil membayangkan kejadian ketika mail menjual leman seharga 5 ringgit) aku jual 2 ringgit Mak Uda : tak apa. sebagaimana terdapat pada dialog di bawah ini: Fizi : eh .

sebagaimana terdapat pada dialog di bawah ini: Kak Ros dan Opah sedang membuat ketupat . aku nak ikut baca Qur’an j. biarkan mereka membantu.. kita maen jauh-jauh dikit Upin : tak enaklah. Tolong Menolong Dalam Film Upin dan Ipin Seri Kedua Episode Tiga Belas yang berjudul “Sayang Kak Ros” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu Tolong Menolong. duduk. k. ya tak boleh Mak Uda : alah Ros. Saling Memaafkan Dalam Film Upin dan Ipin Seri Kedua Episode Tujuh Belas yang berjudul “ Pagi Raya” tedapat nilai Akhlakul Karimah yaitu saling memaafkan. setelah itu Upin dan Ipin dating Upin : kak.Ehsan : tak pa. sebagaimana terdapat pada dialog di bawah ini: ..duduk. boleh kami bantu? Kak Ros : Tak boleh Ipin : bolehlah kak Kak Ros : orang bilang tak boleh.

Upin : minta maaf ya opah. mau kemana ? 1 Kak Ros : Cepat mandi. kita memang nakal tapi opah tak pernah marah. mei-mei dan Raju sedang bermain Kelereng. saat itu terdengar adzan Magrib. Tuhan menyuruh. setelah itu langsung mengaji Upin dan Ipin bergegas masuk rumah. 1/1 yang lebih tua. Upin : Hah ! Maghrib. dan mentaati peraturan 2 Upin : kenapa kita pada puasa Opa? Mak Uda : Orang Islam wajib puasa. ayo cepat pulang Patuh kepada orang Raju : Hey. betul.betul. Ipin. 1/1 Anjuran Untuk bersikap saling . kita sayang opah. betul kan Ipin? Ipin : betul. kita doakan opah panjang umur Untuk lebih jelasnya tentang hasil temuan data-data yang bersangkutan dapat dilihat dalam tabel di bawah ini: No Dialog yang menunjukkan Karimah nilai-nilai Akhlakul Seri / Episode Interpretasi Ketika Upin.

kalian kan puasa ? Upin-Ipin : Puasa-puasa. betul Mei-mei : tak boleh!.. Raju : emm.. baca doa dulu 4 Upin-Ipin : Bismillahirrahmanirrohim.....dah boleh buka puasa...betul. kalian punya Tuhan tahu apa yang kalian perbuat.. Upin : wah panasnya… Ipin : Haus juga. orang tak tahu Ipin : betul. toleransi 3 1/2 Toleransi antar umat beragama Upin : yee. Mak Uda : eh. mei-mei betul.. cepat kalian balik lah. Raju : Taka pa. pendeknya.. Mak Uda : nanti . nanti marah Tuhanmu Upin : nah… banyak betul.supaye kita tahu bagaimana rasanya orang yang kelaparan.. ini doa orang lapar. baca yang betul 1/3 Ajaran untuk khusyu’ . Raju : karena kalian menang. Amin. mari ku belikan minum Upin – ipin : Baik Bos ! Mei-mei : eh..

lebih baik puasa penuh. Alhamdulillah. Allahumma laka sumtu wa bika amantu wa ‘ala rizkika afthortu birohmatika yaa arhama rohimin Ipin : opa.. bukan untuk mencari uang. kalian yang punya dosa kepada orangorang sebaiknya nanti harus minta maaf 1/6 Ajaran bersyukur 1/5 Amr ma’ruf nahi munkar 1/5 Ikhlas dalam melakukan sesuatu ... Mak Uda : kita di hari raya untuk bersalam-salaman . tapi itu tak baik. minta maaf. cucu opa memang baik. betul.. teman Ipin puasanya cuma setengah hari.buat apa?? Ipin : untuk masuk syurga lah. Kak Ros : haa.Upin-Ipin : Bismillahirrahmanirrrohim. dan puasa adalah hal yang baik dilakukan dengan Ikhlas. bisa masuk syurga 5 Upin : ooo…jadi kita sudah baik ya opa? Mak Uda : iyalah.. jangan karena berharap Uang Upin : (melihat Fizi sedang makan kue) hey kamu tak puasa? Fizi : Aku puasa setengah hari saja 6 Upin : Opahku bilang puasa seperti itu tak dapat pahala Ipin : betul itu. tapi kalo kita 7 dapat uang. Ehsan : pahala.apa kita juga boleh opa? Mak Uda : boleh saja. dapat pahala..

. Ipin : ih. 8 Kak Ros : trus kalian minum? Upin : tidak.nanti setelah shalat kita maen yuk? Upin : mercon? Mana boleh maen? Nanti mengganggu orang sembahyang 10 Ehsan : taka pa. kita maen jauh-jauh dikit Upin : tak enaklah. Upin lihat mereka tapi iman Upin kuat 2/9 Belajar berkata jujur Mak Uda : nah antar ini(rantang) ke rumah tok dalang Upin : buat apa? 9 Ipin : he’e apakah cukup makanan dirumah? Mak Uda : cukup .. bulan puasa ni baik untuk bersedekah. setelah itu 11 Upin dan Ipin dating Upin : kak.engga’ kok. ini kan adat kita Fizi : eh . tergugah iman Ipin.. aku nak ikut baca Qur’an 2/11 Menahan Nafsu 2/9 Saling berbagi Kak Ros dan Opah sedang membuat ketupat .. aku ada mercon.. mereka bawa bekal.Upin : tadi di sekolah banyak teman-teman upin yang tak puasa opah. boleh kami bantu? 2/13 Sikap tolong menolong .

duduk. ambil berkahnya 2/18 Mensyukuri apa yang diberi orang lain 2/17 Jujur mengakui kesalahan 2/17 Saling memaafkan Berdasarkan tabel di atas.. Upin : minta maaf ya opah. ya tak boleh Mak Uda : alah Ros. sebenarnya (sambil membayangkan kejadian ketika mail menjual leman 13 seharga 5 ringgit) aku jual 2 ringgit Mak Uda : tak apa. betul. betul kan Ipin? 12 Ipin : betul. biarkan mereka membantu. kita sayang opah. harap-harap dapat banyak” 14 Datuk : nah (sambil memberi uang receh) Ehsan : dikitnya tuk? Datuk : cukuplah tu.Kak Ros : Tak boleh Ipin : bolehlah kak Kak Ros : orang bilang tak boleh.duduk. kita memang nakal tapi opah tak pernah marah. Jelas terbukti bahwa film Upin dan Ipin mengandung banyak data-data yang menunjukkan pada pemirsa film tersebut tentang nilai-nilai akhlakul karimah yang dapat diambil sebagai pelajaran. . kita doakan opah panjang umur Mail : Opah mail nak minta maaf. Opah halalkan Jajrit : “ketupat lembu .ketupat katak .. Selain itu juga mengajak pemirsanya untuk memahami keadaan akhlak anak dalam keseharian.betul.

Menjadikan Ibadah lebih sempurna. Menghormati hak-hak antar umat beragama c. Ikhlas. Menghargai pendapat orang lain 2). Tingkat konsentrasi yang lebih baik. Toleransi 1). Khusyu’ 1). Menjadikan sifat rendah diri dalam seseorang d. Terwujudnya kehidupan masyarakat yang damai 3). 1) Adanya rasa tenang dan tentram dalam diri sendiri 2). Meningkatkan keimanan . 2.Kelebihan dan kelemahan dalam film kartun Islami Upin dan Ipin. Mempunyai rasa taat terhadap orang tua 2) Tidak ragu-ragu dalam mengerjakan sesuatu b. 2). Patuh 1). Fungsi Akhlak Berikut ini Fungsi Akhlakul Karimah yang terdapat pada film Upin dan Ipin: a. 3).

Membantu orang yang kurang mampu 3). Menahan nafsu. Menjadi orang yang amanat. Melatih Pengendalian diri 2). g. Mencegah perbuatan yang negatif . Menghilangkan kemunkaran 2). Saling mengingatkan dalam hal kebaikan f. 1). 1). 3). Saling berbagi. Menimbulkan rasa percaya orang lain terhadap kita. i. Lebih percaya diri. 2).e. 2). 1). 2). Merasa cukup dengan apa yang diperoleh. Sedekah. h. Amar ma’ruf nahi munkar. 1). Tidak pernah merasa kecewa dengan apa yang telah didapat. Jujur. Bersyukur. Membersihkan harta. 1).

Tolong menolong.3). Terwujudnya interaksi bermasyarakat yang baik. Intropeksi diri 2). k. Selalu menggunakan akal sehat dalam berbuat sesuatu j. Saling memaafkan. Menghilangkan rasa egois. Menghilangkan rasa dendam 3). 1). Tidak adanya rasa gengsi . 3). Adanya sikap peduli terhadap sesame 2). 1).

Analisis Nilai Akhlakul Karimah dalam Film Demikian analisis nilai-nilai Akhlakul Karimah dalam film Upin dan Ipin seri pertama dan kedua. Sehingga dapat kita kategorikan dan analisis sebagai berikut : 1. Nilai Akhlakul Karimah yang diartikan sebagai nilai positif dalam interaksi soial di masyarakat akan senantiasa mengusung nilai-nilai religius. Dimensi Transendental a. oleh karenanya tentu berhubungan dengan penanaman nilai yang didasarkan pada aturan yang menyangkut dimensi transendental (vertical) dan dimensi social (horizontal). etika dan estetika. Upaya khusyu’ dalam beribadah Hubungan antara manusia dengan Tuhan adalah yang terpenting. moral.BAB V PEMBAHASAN A. oleh karena itu dalam beribadah setiap manusia diwajibkan untuk membersihkan diri baik rohani .

Karya Toha Putra2003).. Cahaya Tauhid Press. dan bersungguh-sungguh atau khusyu’39 sebagaimana yang tertuang dalam dialog ini : Upin : yee. Malang. dan harus khusyu’ dalam melaksanakannya. Amin.. ini doa orang lapar. karena kita sama saja dengan meminta kepada Allah SWT. Karena dengan bersyukur berarti kita mengakui bahwa Allah itu maha kuasa dan kepadaNyalah kembalinya segala urusan41.. hlm. 41 Ahmad Mu’adz Haqqi.. minta maaf. baca yang betul Upin-Ipin : Bismillahirrahmanirrrohim. bukan untuk mencari uang. Allahumma laka sumtu wa bika amantu wa ‘ala rizkika afthortu birohmatika yaa arhama rohimin Analisis dalam dialog di atas menunjukkan bahwa dalam berdoa haruslah bersungguh-sungguh .29 40 Mulyadi. 2003 hlm. oleh karena itu kita tidak boleh main-main.. tapi kalo kita dapat uang.31 . Aqidah Akhlak (Semarang:PT.dah boleh buka puasa. Berhias 40 Akhlak Mulia.. pendeknya. b. Mak Uda : eh. sebagaimana dicontohkan dalam dialog dibawah ini : Mak Uda : kita di hari raya untuk bersalam-salaman .. baca doa dulu Upin-Ipin : Bismillahirrahmanirrohim.maupun jasmani. 2003 hlm. Berhias 40 Akhlak Mulia..5. Alhamdulillah. khusyu’ adalah perasaan takut yang senantiasa ada dalam hati atau perasaan tunduk kepada Allah SWT yang timbul dari dalam hati40.. Cahaya Tauhid Press. Mak Uda : nanti . Bersyukur Bersyukur merupakan sikap yang harus dilakukan oleh setiap manusia. karena menurut Hasan Al Basyri. Malang. 39 Ahmad Mu’adz Haqqi.

dan juga Datuk megajarkan bersyukur atas apa yang telah kita terima.ketupat katak . Ikhlas Suatu pekerjaan dikatakan ikhlas kalau pekerjaan itu dilakukan semata-mata karena Allah. harap-harap dapat banyak” Datuk : nah (sambil memberi uang receh) Ehsan : dikitnya tuk? Datuk : cukuplah tu. bisa masuk syurga Upin : ooo…jadi kita sudah baik ya opa? 42 Humaidi Tatapangarsa. tanpa melihat seberapa banyak pemberian tersebut. sebab amalnya menjadi percuma dan itu berarti amalnya tidak akan diterima oleh Allah. ambil berkahnya Analisis dalam dialog di atas bahwa Mak Uda mengajarkan untuk bersyukur atas segala sesuatu yang telah kita dapatkan. Yang dipegang oleh Allah sebenarnya apa yang menjadi niat dan setiap amal42. lebih baik puasa penuh. mengharap ridho dan pahala-Nya.Kak Ros : haa. Akhlak Yang Mulia.apa kita juga boleh opa? Mak Uda : boleh saja. dapat pahala. Bina Ilmu. teman Ipin puasanya cuma setengah hari. kalian yang punya dosa kepada orang-orang sebaiknya nanti harus minta maaf Juga terdapat dalam dialog Upin dan Ipin ini : Jajrit : “ketupat lembu . c. 1990. sangatlah celaka dan rugi.. Sebagaimana dicontohkan dalam dialog di bawah ini: Ipin : opa. tapi itu tak baik. Surabaya. Orang yang beramal tetapi tidak ikhlas. hlm:54 .

misalnya mampu menghargai dan menghormati orang lain. Analisis: setiap apa yang kita lakukan dan kerjakan seharusnya dilakukan dengan rasa ikhlas. 2. Tolong Menolong Tolong menolong merupakan nilai Akhlakul Karimah yang patut dikembangkan mengingat bahwa manusia adalah makhluk sosial yang pasti membutuhkan interaksi dan bantuan orang lain. boleh kami bantu? Kak Ros : Tak boleh Ipin : bolehlah kak Kak Ros : orang bilang tak boleh. santun dan lain sebagainya. duduk. dan puasa adalah hal yang baik dilakukan dengan Ikhlas.Mak Uda : iyalah. biarkan mereka membantu..ikhlas juga berarti melakukan sesuatu tanpa mengaharap imbalan. 43 Film Upin dan Ipin juga memuat nilai tolong menolong yakni : Kak Ros dan Opah sedang membuat ketupat . Bila tidak saling tolong menolong. karena jika melekukan dengan ikhlas maka segala yang kita lakukan akan terasa mudah dan tentunya akan lebih berbarokah.. Dimensi Sosial a. ya tak boleh Mak Uda : alah Ros. cucu opa memang baik. Sikap suka menolong akan mebuahkan sifat terpuji lain. hlm. Op-cit. 43 Humaidi Tatapangarsa.duduk. maka roda kehidupan manusia akan terhenti seketika.. 20 . jangan karena berharap uang. setelah itu Upin dan Ipin dating Upin : kak.

mana yang patut dan tidak untuk dilakukan. Kedua kegiatan dalam rangka menyuruh kepada kebaikan dan mencegah dari kemungkaran inilah yang dikenal dengan istilah amar ma’ruf nahi munkar. 44 Djadmika Rahmat.. b. 1987 Sistem Etika Islam(Akhlak Mulia. Meskipun belum bisa membuat akan tetapi keinginan mereka membantu dan belajar sangat kuat. anjuran.buat apa?? Ipin : untuk masuk syurga lah. Surabaya. hlm. Upin dan Ipin ingin membantu Mak Uda dan kak Ros yang sedang sibuk membuat ketupat. mauidhoh hasanah terlebih uswatun hasanah. Karena itu.. Amar ma’ruf nahi munkar Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan kadang ia tidak atau belum menyadari kesalahannya. Sikap ini merupakan sikap yang mendidik seseorang untuk menuju Akhlakul karimah.44 Dialog di bawah ini akan memberikan contoh : Upin : (melihat Fizi sedang makan kue) hey kamu tak puasa? Fizi : Aku puasa setengah hari saja Upin : Opahku bilang puasa seperti itu tak dapat pahala Ipin : betul itu. betul. ).Analisis dialog di atas menggambarkan sikap ingin menolong terhadap orang tua. karena itu ia butuh bimbingan. Dan banyak orang belum mengetahui mana yang salah dan mana yang benar.73 . ia butuh saran dan kritik dari orang lain. Ehsan : pahala. Pustaka Islami.

Karenanya. 62 .Bulan Bintang. Tanpanya. jujur dalam setiap perbuatan akan menimbulkan suasana aman dan tertram dalam proses interaksi di lingkungan masyarakat.Bandung. antara satu orang dan orang lainnya akan sangat berjarak. ia melakukannya dengan kemurahan 45 Zakiyah Daradjat. Jujur Sikap jujur kepada orang lain akan membuat orang lain merasa nyaman. Sikap jujur harus dimiliki oleh setiap anggota masyarakat. Mail : Opah mail nak minta maaf. Mak Uda : tak apa. Saling berbagi Muslim sejati yang tulus adalah muslim yang berusaha mengikuti ajaran-ajaran agamanya. seperti saling berbagi dan berusaha melakukan kebaikan kepada anggota masyarakatnya. bahkan bisa menimbulkan permusuhan45. Dalam agama Islam. berbuat jujur dalam setiap ucapan maupun perbuatan diwajibkan atas semua manusia. Dialog di atas menunjukkan ajakan untuk menuju pada kebaikan. sebenarnya (sambil membayangkan kejadian ketika mail menjual leman seharga 5 ringgit) aku jual 2 ringgit dia akan menjadi orang yang di benci oleh anggota masyarakat. ini termasuk nilai yang mendidik dan sepatutnya dimiliki semua orang. Ilmu Jiwa Agama. Hlm. c.Analisis : yang dimaksud amar ma’ruf nahi munkar yakni menyuruh pada kebaikan dan mencegah dari keburukan. d. Opah halalkan Analisis : mengakui kesalahan adalah merupakan suatu yang sulit dilakukan. Ketika ia membelanjakan hartanya.

orang kuat sebenarnya bukanlah orang yang selalu menang dalam perkelahian fisik.hatinya dan ia percaya bahwa Allah akan menggantinya dengan anugerah dan menambah pahala atas apapun yang di belanjakan dari kekayaannya di dunia 46. Menahan Nafsu Nafsu merupakan salah satu organ rohani manusia disamping akal. Op-cit.47 Sebagaimana yang tertuang dalam dialog di bawah ini : “ Sedekah tidak 46 47 Humaidi Tatapangarsa. karena sedekah akan menambah kekayaan dan tidak menguranginya. tetapi adalah orang yang berkemampuan menguasai hawa nafsunya sewaktu ia arah. 27 . tidak memiliki keraguan sedikitpun bahwa apapun yang ia belanjakan hanya karena Allah tidak akan mengurangi kekayaannya. nafsu sangat besar pengaruhnya dan sangat banyak mengeluarkan instruksi-instruksi pada anggota jasmanai untuk berbuat dan ini banyak tergantung bagaimana sikap manusia itu dalam menghadapi gejolak nafsunya. ini kan adat kita Analisis: sikap saling berbagi dan member merupakan salah satu dari nilai-nilai kebajikan untuk dilaksanakan di dalam hidup ini. Sebagaimana hadits Nabi SAW : mengurangi kekayaan…”(Muslim) e. bulan puasa ni baik untuk bersedekah. Seperti tercermin dalam dialog berikut : Mak Uda : nah antar ini(rantang) ke rumah tok dalang Upin : buat apa? Ipin : he’e apakah cukup makanan dirumah? Mak Uda : cukup . hlm. 25 Humaidi Tatapangarsa. Op-cit. hlm. Muslim yang percaya kepada Tuhannya.

. Sungguh . Tuhan menyuruh. dan mengganggu orang lain. f..Fizi : eh . Panduan Aqidah Lengkap (Bogor: Pustaka Ibnu Katsir. mereka bertemu Fizi dan Ehsan lalu diajak untuk bermain mercon. mari ku belikan minum Abdullah bin ‘Abdil Hamid al-Atsari. supaye kita tahu bagaimana rasanya orang yang kelaparan.nanti setelah shalat kita maen yuk? Upin : mercon? Mna boleh maen? Nanti mengganggu orang sembahyang Ehsan : taka pa. meskipun mereka ingin . oleh karena itu kita harus bisa menahan nafsu kita. kita maen jauh-jauh dikit Upin : tak enaklah. Raju : karena kalian menang. Toleransi Islam mengajarkan dan memerintahkan umat manusia untuk saling menghormati. 2005) Hlm. Ulama dan pemeluk agama lain dicatat sebagai salah satu dari sikap dasar yang paling penting yang member muslim identitasnya dalam masyarakat Islam48.. seperti hanya ketika upin hdan Ipin hendak shala tarawih. Upin : wah panasnya… Ipin : Haus juga. akan tetapi mereka menolak karena itu merupakan perbuatan yang negatif. Sebagaimana yang tergambar dalam dialog di bawah ini : Upin : kenapa kita pada puasa Opa? Mak Uda : Orang Islam wajib puasa. 28 48 . menghormati orang yang lebih tua. aku nak ikut baca Qur’an Analisis : Nafsu pada hal-hal yang tidak baik akan menyebakan factor negative terhadapa manusia . aku ada mercon.

Raju : Taka pa. cepat kalian balik lah. Raju : emm. Kepada Orang tua dan Non muslim. interaksi takkan pernah terwujud.betul.. mei-mei betul. Tanpanya. kalian punya Tuhan tahu apa yang kalian perbuat. kita memang nakal tapi opah tak pernah marah. orang tak tahu Ipin : betul. Maka apabila orang berbuat sesuatu kepada diri kita yang mungkin karena khilaf atau salah maka maafkanlah sebagai rahmat Allah SWT dan janganlah mendendam49. AKIDAH AHLUS SUNNAH (Jakarta: Bumi Aksara.Upin – ipin : Baik Bos ! Mei-mei : eh. g. betul. kita doakan opah panjang umur 49 A. 11 . kita sayang opah. Analisis: menghargai dan menghormati orang lain adalah prinsip dasar dalam berinteraksi..betul. Syihab. kalian kan puasa ? Upin-Ipin : Puasa-puasa. Toleransi ini berlaku kepada setiap manusia. bukan saja pada mereka yang pejabat dan konglomerat.. namun juga pada masyarakat biasa atau miskin.. betul Mei-mei : tak boleh!. 1998) Hlm. Setiap orang hanya akan memikirkan kepentingannya sendiri dan tidak peduli pada eksistensi orang lain.. betul kan Ipin? Ipin : betul. nanti marah Tuhanmu Upin : nah… banyak betul. Pemaaf Manusia tidak sunyi dari khilaf dan salah. Dalam dialog di bawah ini di contohkan : Upin : minta maaf ya opah.

mau kemana ? Kak Ros : Cepat mandi. saat itu terdengar Upin : Hah ! Maghrib. Sebagai makhluk social kita sangat tergantung pada lingkungan sekitar. 50 Seperti pada dialog berikut: Ketika Upin. Aqidah Akhlak (Untuk Madrasah Tsanawiyah Kurikulum 1994 Jilid 1 Kelas 1) (Semarang: CV. 5 50 . apalagi jika kita menyadari proses kejadian kita yang berasal dari sari pati tanah. bagaimana kita dapat meminta maaf kepada orang lain begitu pila bagaimana kita member maaf kepada oaring yna punya salah terhadap kita. setelah itu langsung mengaji Upin dan Ipin bergegas masuk rumah. Rifai. 1994) Hlm. Moh. ayo cepat pulang Raju : Hey. kepada orang tua seharusnyalah kita mentaati segala perintahnya. h. Ipin. Patuh Menaati peraturan merupakan salah satu akhlak yang terpuji. tetapi juga merupakan suatu pertanggung jawaban yang telah dibebankan Allah kepada kita sebagai khalifah di muka bumi.Analisis: sikap saling memaafkan sesame manusia merupakan hal penting dalam berinteraksi. Pada dasarnya semua peraturan yang kita taati akan terasa manfaatnya baik bagi diri sendiri terlebih lagi orang lain. Menaati segala peraturan yang ada bukan saja kewajiban kita sebagai makhluk social.Wicaksana. karena orang tua adalah orang yang patut kita taati. Analisis: Patuh dan taat pada peraturan maupun perintah orang tua merupakan cerminan seorang muslim yang taat. mei-mei dan Raju sedang bermain Kelereng.

menjadikan segenap keutamaan dan kemuliaan untuk ketaqwaan yang merupakan mata air sikap toleransi. Materi Akhlak (Solo: CV. ras. Contohnya adalah toleransi beragama. Menghormati hak-hak antar umat beragama 51 Barmawie Umary.51 Allah SWT Berfirman "Artinya : Wahai sekalian manusia ! Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal. dimana penganut mayoritas dalam suatu masyarakat mengizinkan keberadaan agama-agama lainnya. 2 . nasab dan harta benda.B. Serta menghapus perbedaan jenis. Sesunguhnya Allah Maha Mengatahui dan Maha Mengenal" [Al-Hujurat : 13] Dalam Film Upin dan Ipin Toleransi berfungsi: 1). Toleransi Toleransi adalah istilah dalam konteks sosial. bahasa.mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah diantara kamu adalah orang-orang yang paling bertawqa di antara kamu. Terwujudnya kehidupan masyarakat yang damai 3). petunjuk dan keadilan. Fungsi Akhlakul Karimah dalam Film Upin dan Ipin 1. Islam telah menghidupkan hati dan memakmurkannya dengan iman yang benar dan menghasungnya kepada kebajikan. Menghargai pendapat orang lain 2). Ramadhani. 1991) Hlm. budaya dan agama yang berarti sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat.

Mempunyai rasa taat terhadap orang tua 2) Tidak ragu-ragu dalam mengerjakan sesuatu 3. al-Hakim).52 Dalam Film Upin dan Ipin sikap patuh berfungsi: 1). 1991) Hlm. Menjadikan sifat rendah diri dalam seseorang 52 Barmawie Umary. 5 . 3). Khusyu’ Khusyu’ berarti rendah diri. Materi Akhlak (Solo: CV. Tingkat konsentrasi yang lebih baik. Patuh Menaati peraturan merupakan salah satu akhlak yang terpuji. Rendah diri ini kadang-kadang berada dalam hati dan kadang-kadang berasal dari anggota tubuh seperti diam. apalagi jika kita menyadari proses kejadian kita yang berasal dari sari pati tanah. Dalam Film Upin dan Ipin sikap Khusyu’ berfungsi: 1). "Khusyu' itu berada dalam hati" (HR. Menjadikan Ibadah lebih sempurna.2. tetapi juga merupakan suatu pertanggung jawaban yang telah dibebankan Allah kepada kita sebagai khalifah di muka bumi. Sebagai makhluk sosial kita sangat tergantung pada lingkungan sekitar. 2). Adapun dalil yang menguatkan bahwa khusyu' itu pekerjaan hati adalah hadis Ali ra. Menaati segala peraturan yang ada bukan saja kewajiban kita sebagai makhluk social. Ramadhani. Pada dasarnya semua peraturan yang kita taati akan terasa manfaatnya baik bagi diri sendiri terlebih lagi orang lain.

memerintahkan kepada hal yang ma`ruf dan melarang kepada 53 Zakiah Daradjat. karena kunci dari itu semua belum kita dapatkan. yang artinya. Tidaklah heran seandainya shalat yang kita kerjakan belum terasa khusyu. ”Dan hendaklah sebagian dari kalian ada umat yang menyeru kepada kebaikan. sedang amal yang sederhana saja akan menjadi luar biasa dihadapan Allah SWT bila disertai dengan ikhlas.53 Dalam Film Upin dan Ipin sikap Ikhlas berfungsi: 1) Adanya rasa tenang dan tentram dalam diri sendiri 2). 29 . Amar ma’ruf nahi munkar. yaitu sebuah keikhlasan. atau tidak ada yang memuji/menilainya bahkan dicacipun hatinya tetap tenang. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara. Amar ma`ruf nahi munkar hukumnya fardhu kifayah bagi umat Islam. sesuai dengan firman Allah. sehebat apapun suatu amal bila tidak ikhlas. Meningkatkan keimanan 5. 1996) Hlm. Oleh karenanya. tidak ada apaapanya dihadapan Allah SWT. atau hati selalu resah dan gelisah dan hidup tidak merasa nyaman dan bahagia. karena ia yakin bahwa amalnya bukanlah untuk mendapatkan penilaian sesama yang selalu berubah tetapi dia bulatkan seutuhnya hanya ingin mendapatkan penilaian yang sempurna dari Allah SWT. Orang yang ikhlas dia tidak akan pernah berubah sikapnya seandainya disaat dia berbuat sesuatu kebaikan ada yang memujinya.4. Ikhlas.

disaat kita nyaman.Hlm. Padahal mengeluh itu akan memperkeruh suasana hati kita. Saling mengingatkan dalam hal kebaikan 6. dan merekalah orang-orang yang meraih kemenangan. tetapi sekarang para remaja sudah mulai resah dengan keadaanya sehingga mereka banyak yang terjerumus kedalam lubang kegelapan. sehingga tujuan amalan ini tercapai. Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara. 55 54 55 Arifin. senang. Bersyukur. Coba anda pahami dan perhatikan remaja jaman sekarang dengan jaman dulu. tenang. Kadang dalam menjalani kehidupan ini kita selalu mengeluh tentang segala hal.hal yang munkar. 54 Dalam Film Upin dan Ipin sikap Amar ma’ruf nahi munkar berfungsi: 1). 97 Djazuli. Karena tak jarang. maka ada rambu-rambu yang perlu diperhatikan. aman dan ketika rasa keluh itu datang maka hilanglah semua rasa itu dan kita mulai merasa tidak nyaman dengan diri kita sendiri.” (Ali Imran [3]: 104) Karena tujuan amar ma`ruf nahi munkar menghilangkan kemunkaran.12. 1991) Hlm. amar ma’ruf nahi munkar yang dilakukan tanpa memparhatikan adab malah menimbulkan kerusakan yang lebih besar dan kemunkaran tetap merajalela. Ketika remaja jaman dulu mereka bersusah payah memperjuangkan hidupnya walau pun dalam kesempitan. Inilah adabadab yang perlu diperhatikan bagi siapa saja yang hendak mengubah kemunkaran.Akhlak Dalam Islam (Malang: Tunggal Murni1990) . Menghilangkan kemunkaran 2). .

Lebih percaya diri. tenang. Termasuk dalam jujur adalah jujur kepada Allah. kalau suatu berita sesuai dengan keadaan yang ada. juga ada pada perbuatan. sebagaimana seorang yang melakukan suatu perbuatan. Jujur merupakan sifat yang terpuji. Jadi. nyaman dan selalu bahagia. Seorang yang berbuat riya’ tidaklah dikatakan sebagai seorang yang jujur karena dia telah menampakkan sesuatu yang berbeda dengan apa yang dia sembunyikan (di dalam batinnya). maka dikatakan benar/jujur. padahal sebaliknya. Kejujuran itu ada pada ucapan. Merasa cukup dengan apa yang diperoleh. 2).Janganlah mengeluh dan mulailah bersyukur. Hal yang sama berlaku juga pada pelaku bid’ah. maka dikatakan dusta. 7. Itulah fungsi bersyukur agar hati selalu damai. tentu sesuai dengan yang ada pada batinnya. Allah menyanjung orang-orang yang mempunyai sifat jujur dan menjanjikan balasan yang berlimpah untuk mereka. Jujur. secara lahiriah tampak . karena dengan bersyukur maka akan lebih mendekatkan diri kita dengan sang Pencipta. Jujur bermakna keselarasan antara berita dengan kenyataan yang ada. Tidak pernah merasa kecewa dengan apa yang telah didapat. Demikian juga seorang munafik tidaklah dikatakan sebagai seorang yang jujur karena dia menampakkan dirinya sebagai seorang yang bertauhid. jujur dengan sesama dan jujur kepada diri sendiri. Dalam Film Upin dan Ipin sikap bersyukur berfungsi: 1). tetapi kalau tidak. 3). rasa syukur merupakan apresiasi paling tinggi jika dibandingkan dengan hasilnya tersebut.

dusta. 9. Yang jelas. seperti saling berbagi dan berusaha melakukan kebaikan kepada anggota masyarakatnya. Dalam Film Upin dan Ipin sikap sedekah berfungsi: 1). Sedekah. 56 Dalam Film Upin dan Ipin sikap jujur berfungsi: 1). Muslim sejati yang tulus adalah muslim yang berusaha mengikuti ajaran-ajaran agamanya.137 . 8. tetapi hakikatnya dia menyelisihi beliau. Nafsu merupakan salah satu organ rohani manusia disamping akal. 2).sebagai seorang pengikut Nabi. Islam Untuk Disiplin Ilmu Pendidikan (Jakarta: Bulan Bintang. Menjadi orang yang amanat. Membersihkan harta. Menahan nafsu. Menimbulkan rasa percaya orang lain terhadap kita. Ketika ia membelanjakan hartanya. Membantu orang yang kurang mampu 3). ia melakukannya dengan kemurahan hatinya dan ia percaya bahwa Allah akan menggantinya dengan anugerah dan menambah pahala atas apapun yang di belanjakan dari kekayaannya di dunia. 1987) Hlm. nafsu sangat besar pengaruhnya dan sangat banyak mengeluarkan instruksi-instruksi pada anggota 56 Zakiah Daradjat. sedangkan lawannya. 2). merupakan sifat orang yang munafik. Saling berbagi. kejujuran merupakan sifat seorang yang beriman.

Pranata tolong-menolong berfungsi mengatur anggota masyarakat dalam berinteraksi guna memenuhi kebutuhannya. sebagai sebuah pranata dalam sistem kemasyarakatan. Dalam Film Upin dan Ipin sikap menahan nafsu berfungsi: 1).orang kuat sebenarnya bukanlah orang yang selalu menang dalam perkelahian fisik. Tolong menolong. tetapi adalah orang yang berkemampuan menguasai hawa nafsunya sewaktu ia marah. Melatih Pengendalian diri 2). Tolong-menolong. Dalam perspektif struktural-fungsional. Dalam Film Upin dan Ipin sikap tolong-menolong berfungsi: 1). Terwujudnya interaksi bermasyarakat yang baik. Adanya sikap peduli terhadap sesama 2). . keberadaan pranata tolong-menolong dalam struktur sosial masyarakat karena pranata ini dapat menjadi komponen dalam struktur yang mampu mengatur pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam kondisi keterbatasan masyarakat. timbul dalam masyarakat sebagai akibat dari keterbatasan anggota masyarakat ataupun lingkungan dalam memenuhi kebutuhannya. 3). Mencegah perbuatan yang negatif 3).jasmanai untuk berbuat dan ini banyak tergantung bagaimana sikap manusia itu dalam menghadapi gejolak nafsunya. sekaligus menjadi daya pengikat dan daya gerak masyarakat. Menghilangkan rasa egois. Selalu menggunakan akal sehat dalam berbuat sesuatu 10.

diantaranya adalah: 1. Tidak adanya rasa gengsi C. akting maupun lainnya. Menghilangkan rasa dendam 3). Dalam Film Upin dan Ipin sikap saling memaafkan berfungsi: 1). Kelebihan dan Kekurangan Film Upin dan Ipin Setiap Film Secara global pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan di dalamnya. Manusia tidak sunyi dari khilaf dan salah. naskah atau skenario. Maka apabila orang berbuat sesuatu kepada diri kita yang mungkin karena khilaf atau salah maka maafkanlah sebagai rahmat Allah SWT dan janganlah mendendam. Tema yang diangkat disajikan secara sederhana dan dalam kemasan bahasa yang mudah dipahami. Begitu pula dengan film kartun islami Upin dan Ipin Dalam film tersebut terdapat beberapa kelebihan dan kekuarangan yang harus diakui keberadaannya sehingga pada akhirnya kelebihan dan kelemahannya menjadi tolak ukur dalam penggarapan film bertema serupa.11. Intropeksi diri 2). Film kartun Islami Upin dan Ipin mempunyai beberapa kelebihan. baik yang berupa permasalahan teknis. . Saling memaafkan.

ringan dan tidak berbelit-belit mudahkan penonton mencerna pesan-pesan moral yang ada. sesampai di depan Masjid Upin dan Ipin asik bermain dengan teman-temannya kemudian Kak Ros menampar mereka. Penampilan yang sopan dan penuh kelembutan ini mencerminkan kehidupan yang harmoni sehingga menyenangkan penonton. Kak Ros hanya mengatakan . Peran seorang nenek dapat dijadikan referensi para orang tua dalam mendidik anak-anak mereka Kekurangan: 1. Dalam film kartun terebut terdapat sedikit unsur kekeraan seperti tamparan Kak Ros kepada Upin dan Ipin yang disebabkan kenakalan Upin dan Ipin. Film ini merupakan film kartun yang tiap adegan dan percakapamnya terdapat nilai-nilai pendidikan agama dalam peta pesan-pesan moral yang disampaikan dengan seni yang tinggi dan juga ringan. Dalam mernyampaikan materi atau menjelaskan sesuatu ada yang tidak memuaskan seperti masalah haid. Penyampaian berbagai pesan moral melalui bahasa yang lucu.2. Opah dan Kak Ros mengajak Upin dan Ipin shalat tarawih di Masjid. Dalam pendidikan seharusnya tidak dengan kekerasan akan tetapi dengan nasehat. 3. kalaupun dengan hukuman maka hukuman itu yang sewajarnya dan tidak melukai atau menyakiti. 5. sehingga berbagai lapisan masyarakat dapat menontonnya dan mengambil manfaatnya. 4. Ini terjadi ketika Upin dan Ipin menanyakan kenapa wanita diperbolehkan untuk tidak berpuasa. 2.

Jawaban Kak Ros yang kurang jelas ini dapat menimbulkan pertanyaan yang besar kepada mereka kenapa wanita diberi kelebihan sedangkan Laki-laki tidak. .bahwa wanita diciptakan dengan sesuatu yang lebih dan tidak menjelaskan sama sekali tentang adanya haid bagi wanita sehingga dilarang mengerjakan ibadah puasa.

Bersyukur 3). Terkait dengan dimensi social yaitu: 1). Tolong menolong 2).BAB VI PENUTUP A. Kesimpulan Setelah pembahasan dan analisis pada bab-bab sebelumnya. Upaya Khusyu’ dalam beribadah 2). Nilai-nilai Akhlakul Karimah yang terdapat dalam Film Upin dan Ipin seri Pertama dan Kedua adalah sebagai berikut: a. Terkait dengan dimensi transendental (vertikal) yaitu: 1). Amar ma’ruf nahi munkar 3). Toleransi . Ikhlas b. Jujur 5). maka dapat ditarik kesimpulan. yakni: 1. Saling berbagi 4).

Menahan Nafsu 8). Mempunyai rasa taat terhadap orang tua 2) Tidak ragu-ragu dalam mengerjakan sesuatu b. Toleransi 1). Patuh 1). Fungsi Akhlak dalam Film Upin dan Ipin: a. 2). 3). Menjadikan sifat rendah diri dalam seseorang . Menghargai pendapat orang lain 2). Pemaaf 7). Tingkat konsentrasi yang lebih baik. Menghormati hak-hak antar umat beragama c. Khusyu’ 1).6). Terwujudnya kehidupan masyarakat yang damai 3). Patuh 2. Menjadikan Ibadah lebih sempurna.

Saling mengingatkan dalam hal kebaikan f. Membantu orang yang kurang mampu . Ikhlas. Bersyukur. 3). 1) Adanya rasa tenang dan tentram dalam diri sendiri 2). Lebih percaya diri. Menimbulkan rasa percaya orang lain terhadap kita. Tidak pernah merasa kecewa dengan apa yang telah didapat. g. 1). 2). Sedekah. 2). Menjadi orang yang amanat. 1). 1). Amar ma’ruf nahi munkar. Menghilangkan kemunkaran 2). Meningkatkan keimanan e. h.d. Jujur. 1). 2). Merasa cukup dengan apa yang diperoleh. Saling berbagi.

3). Membersihkan harta. i. Menahan nafsu. 1). Melatih Pengendalian diri 2). Mencegah perbuatan yang negatif 3). Selalu menggunakan akal sehat dalam berbuat sesuatu j. Tolong menolong. 1). Adanya sikap peduli terhadap sesama 2). Menghilangkan rasa egois. 3). Terwujudnya interaksi bermasyarakat yang baik. k. Saling memaafkan. 1). Intropeksi diri 2). Menghilangkan rasa dendam 3). Tidak adanya rasa gengsi

B. Saran Berdasarkan hasil analisis terhadap nilai-nilai Akhlakul Karimah yang terdapat dalam Film Upin dan Ipin seri Pertama dan Kedua, pada bagian ini penulis ingin ikut serta memberikan kontribusi berupa saran sebagai berikut: 1. Terkait dengan eksistensi Film, sudah sepatutnya Film maupun karya lainnya, mempertimbangkan sisi Akhlak dan etika yang bisa disumbangkan kepada masyarakat luas dan bukan hanya mempertimbangkan selera pasar, trend, ataupun profit oriented. Karena, akhir-akhir ini banyak bermunculan filmyang jauh dari unsure mendidik, mengeksplorasi seks tanpa tedeng aling-aling misalnya. Sebab bagaimanapun, film adalah yang paling banyak diminati masyarakat di segala lapisan. 2. Pendekatan ini dapat dimanfaatkan oleh semua Guru untuk dijadikan sebuah metode pengajaran dalam proses belajar mengajar, karena pada zaman sekarang peserta didik mulai bosan dengan bahan ajar atau media yang lama, dan sebaliknya film banyak diminati oleh peserta didik sebagai media pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA Al-Ghazali.1990.Mutiara Ihya ‘Ulumuddin. Bandung:Mizan. Al-Kabadzi, Al-Bukhari, Yakub, Ibnu Ibrahim, 1993 Al-Ta’rif Al-Madzah Al-Tasawwuf, (alih bahasa: Rahmani A).Bandung:Mizan Ahmad Mu’adz Haqqi, 2003.Berhias 40 Akhlak Mulia.Malang:Cahaya Tauhid Aminuddin.1975.Etika Ilmu Akhlak. Jakarta:Bulan Bintang Arifin, 1991, Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta Asmaran. 1994. Pengantar Studi Akhlak, Raja Grafindo Persada, Jakarta, Asnawir dan Usman Basyiruddin. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Bungin, Burhan.2003.Content Analysis dan Fcus Group Discussion dalam Penelitian Sosial .Jakarta:Raja Grafindo Persada, Bawani Imam,dkk, 1991.Cendekiawan Muslim Dalam Perseptif Pendidikan Agama Islam.Jakarta:Ciputat Press Darajad, Zakiah, 1970.Ilmu Jiwa Agama.Jakarta:Bulan Bintang Daradjat, Zakiah, 1987, Islam Untuk Disiplin Ilmu Pendidikan, Bulan Bintang, Jakarta Djatmika, Rahmad.1987.Sistem Etika Islam.Jakarta:Pustaka Islam Djazuli,1990.Akhlak Dalam Islam.Malang:Tunggal Murni Hubberman, Michael.1992.Analisis Data Kualitatif.Jakarta:Universitas Indonesia

Jakarta: Rineka Cipta. Media Instruksional Edukatif. Humaidi. Ramadhani Majdu Al Hilali.id/2009/08/26/upin-dan-ipin-film-kartun-anak-anak-yang-islami Burhanuddin Bin Md Radzi . Barmawi.2002.Metodologi Penelitian Kualitatif.http://th3-3city. Jakarta: PT. Lexy J.Moleong. S. Sadiman Arief. Surabaya: PT. . 38 Sifat Generasi Unggulan.1989.com CD Film Upin dan Ipin Seri Pertama dan Kedua. Bandung: CV Sinar Baru. Raja Grafindo Persada Sudjana Nana dan Rivai Ahmad.http://www.Materi Akhlak. 1990. Jakarta: PT. 1980.upindanipin.Bandung:Remaja Rosda Karya Mulyadi. Solo:CV.1999.blogspot. Soejono.Metode Penelitian Suatu Pemikiran dan Penerapan. 2003 Aqidah Akhlak. Bina Ilmu Umary. Akhlak yang Mulia. 1997. 1986. Media Pendidikan. Tatapangsara.. Media Pengajaran. Jakarta:Gema Insani Press http://media-islam./2009/11/13.Semarang:PT. Rineka Cipta. dkk. Karya Toha Putra Rohani Ahmad. Abdurrahman.or.com Les' Copaque Production 2009 /11/13.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful