P. 1
TEORI PRODUKSI

TEORI PRODUKSI

|Views: 92|Likes:

More info:

Published by: AdhitantoNabilShobirin on Feb 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2012

pdf

text

original

TEORI PRODUKSI

Sudah satu faktor yang mempengaruhi penawaran adalah biaya produksi. Faktor ini adalah faktor yang sangat penting dalam menentukan penawaran. Kegiatan perusahaan dalam memproduksi dan menawarkan barangnya, diperlukan beberapa aspek kegiatan  Menganalisis sampai dimana fakto produksi akan digunakan untuk menghasilkan barang yang akan diproduksi  Berapa biaya produksinya  Analisis bagaimana seorang pengusaha dapat membandingkan hasil penjualan produksinya dengan biaya produksi yang di keluarkan untuk menentukan tingkat produksi yang akan memberikan keuntungan yang maksimum.

Perusahaan ditinjau dari sudut Teori Ekonomi
Dalam suatu perekonomian perusahaan adalah tidak seragam bentuknya ada perusahaan yang dimiliki 1 orang dan ada yang dimiliki beberapa orang. Dalam teori ekonomi analisis yang di buat tidak membedakan apakah perusahaan itu harus swasta atau pemerintah, dan apakah perusahaan swasta terbentuk perorangan atau perseroan terbatas. Begitu pula tidak dilakukan pembedaan di antara perusahaan kecil dan perusahaan besar. Karena dalam teori ekonomi, berbagai jenis perusahaan dipandang sebagai unit-unit badan usaha yang mempunyai tujuan yang sama yaitu mencapai keuntungan yang maksimal. Untuk itu ia menjalankan usaha yang bersamaan yaitu mengatur penggunaan faktor-faktor produksi dengan cara yang se efisien mungkin sehingga usaha memaksimumkan keuntungan dapat dicapai dengan cara yang dari sudut ekonomi dipandang sebagai cara yang paling efisien.

Tujuan Perusahaan memaksimumkan keuntungan
Dalam praktek pemaksimumkan keuntungan bukanlah satu-satunya tujuan perusahaan. Ada perusahaan yang menekankan kepada volume penjualan dan ada pada yang memasukkan pertimbangan praktik dalam menentukan tingkat produksi yang akan dicapai. Ada pula perusahaan yang lebih menekankan kepada usaha untuk mengabdi kepentingan masyarakat dan kurang memperhatikan tujuan mencari keuntungan yang maksimum. Tetapi, di samping menyadari kenyataan tersebut perlu juga di ingat bahwa perusahaan pada umumnya bertujuan memaksimumkan keuntungan.

Cara mencapai tujuan
Dalam usahanya untuk memperoleh keuntungan maksimum masalah yang utama adalah:

Fungsi produksi dinyatakan dalam bentuk rumus Q = f (K. Meminimumkan Biaya Produksi Produsen Perlu Memperhatikan  Besarnya pembayaran kepada faktor produksi tambahan yang akan digunakan  Besarnya pertambahan hasil penjualan yang di wujudkan oleh faktor produksi yang ditambah Jadi prinsip yang dipegang adalah: Mengambil unit tambahan faktor produksi yang biaya per rupiah nya akan menghasilkan tambahan nilai penjualan yang paling maksimum. modal. Tenaga Kerja Tanah Modal Keahlian Keusahawanan Dalam teori ekonomi faktor produksi tanah. Komposisi faktor produksi yang bagaimana akan meminimumkan biaya produksi yang dikeluarkan? Fungsi Produksi Fungsi produksi adalah hubungan antara faktor-faktor produksi dan tingkat produksi yang di ciptakan nya faktor produksi dapat di bedakan 4 golongan: 1. dan keahlian keusahawanan dalah tetap jumlahnya. Dengan demikian dalam menggambarkan hubungan diantara faktor produksi yang digunakan dan tingkat produksi yang dicapai adalah hubungan di antara jumlah tenaga kerja yang digunakan dan jumlah produksi yang dicapai. L. 3. R. Bagaimana komposisi dari faktor-faktor produksi yang digunakan  Masing-masing faktor produksi tersebut berapa jumlah yang akan digunakan Untuk memecahkan persoalan ini ada dua aspek yang harus dipikirkan: 1. sedangkan tenaga kerja berubah-ubah jumlahnya. 4. 2. T) K = Jumlah stock modal . Fungsi produksi menunjukkan sifat hubungan diantara faktor-faktor produksi sebagai input dan jumlah produksi dikenal juga sebagai output. Komposisi faktor produksi yang bagaimana perlu digunakan untuk mencapai tingkat produksi yang tinggi 2.

Teori produksi dengan dua faktor berubah . Teori produksi dengan satu faktor berubah 2.L = Tenaga kerja R = Kekayaan Alam T = Tingkat teknologi yang digunakan Teori produksi dalam ilmu ekonomi membedakan analisisnya kepada dua pendekatan 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->