P. 1
HUBUNGAN INTERNASIONAL

HUBUNGAN INTERNASIONAL

|Views: 310|Likes:
Published by Rizka Yusrina

More info:

Published by: Rizka Yusrina on Feb 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2013

pdf

text

original

Rizka Yusrina 1.Dewi Ratnasari 2. Rima Santika 4. (07 / XI Sosial 2) (22 / XI Sosial 2) (29 / XI Sosial 2) (31 / XI Sosial 2) . Novia Putri Utami 3.

PENGERTIAN HUBUNGAN INTERNASIONAL  Menurut Para Ahli  Berdasarkan UNESCO ASAS HUBUNGAN INTERNASIONAL  Menurut Schuman  Menurut Hugo de Groot  Asas Lainnya .

PENTINGNYA HUBUNGAN INTERNASIONAL BAGI SUATU NEGARA .

organisasi dan administrasi internasional dan hukum internasional. termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. d) Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI (Renstra). c) Tygve Nathiessen.PENGERTIAN MENURUT PARA AHLI a) Charles A. Mc Clellad . hubungan internasional ialah hubungan antar bangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut . . hubungan internasional merupakan bagian dari ilmu politik dan karena itu komponen -komponen hubungan internasional meliputi politik internasional. hubungan internasional adalah studi tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan -kesatuan sosial tertentu. b) Warsito Sunaryo.

Hubungan internasional adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari semua aspek internasional dari kehidupan sosial manusia .PENGERTIAN MENURUT PARA AHLI e) Trygve Mathisen dan Greyson Kirk.   Hubungan internasional adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang baru serta mempelajari sejarah dari politik internasional. bahwa:  Hubungan internasional adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai satu bidang spesialisasi yang meliputi aspek ² aspek internasional dari beberapa cabang i lmu pengetahuan lainnya. menarik kesimpulan tentang hubungan internasional.

PENGERTIAN BERDASARKAN UNESCO Hubungan internasional adalah salah satu cabang dari ilmu politik yang mempelajari politik internasional. organisasi dan administrasi internasional. HALAMAN AWAL . serta politik luar negeri beserta pelaksanaannya di dalam dan di luar lingkungan diplomatik.

. Yang berarti : 1) Negara sebagai subjek hukum internasional adalah negara yang merdeka. 2) Negara dalam melakukan hubungan dengan negara lainnya yang juga merdeka. asas hubungan antara satu negara dengan negara lainnya adalah berdasarkan kemerdekaan atau kebebasan.ASAS HUBUNGAN INTERNASIONAL MENURUT SCHUMAN Schuman mengemukakan bahwa pasca masa romawi.

ASAS HUBUNGAN INTERNASIONAL MENURUT HUGO de ROOT 1) Asas Teritorial Asas ini didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya. 2) Asas Kebangsaan Asas ini didasarkan pada kekuasaan negara untuk warga negaranya. . 3) Asas Kepentingan umum Asas ini didasarkan ada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan bermasyarakat.

 Reciprositas Tindakan suatu negara terhadap negara lain itu dapat dibalas setimpal. Baik tindakan positif maupun negatif.ASAS HUBUNGAN INTERNASIONAL LAINNYA  Pacta sunt servan-da Setiap perjanjian yang telah dibuat harus ditaati oleh pihak-pihak yang mengadakan perjanjian. .  Egality right Pihak yang saling mengadakan hubungan harus berkedudukan sama.

HALAMAN AWAL .  Rebus sig stantibus Asas yang dapat digunakan terhadap perubahan yang mendasar dalam keadaan yang bertalian dengan perjanjian itu.ASAS HUBUNGAN INTERNASIONAL LAINNYA  Courtesy (kesamaan hak) Pihak saling mengadakan hubungan harus saling menghormati.

. b) Antar sesama warga negara dan pemerintah beserta aparatnya dengan menghormati hak dan kewajibannya. d) Antara bangsa Indonesia dengan sesama bangsa di dunia saling menghormati kedaulatan masing-masing. c) Antar lembaga negara sesuai dengan tugasnya masing -masing. dan golongan.HUBUNGANHUBUNGAN-HUBUNGAN DALAM UNTUK MENJALIN KERJA SAMA a) Individu dengan individu tanpa membedakan suku. ras. agama.

. Hubungan secamam ini biasanya diarahkan untuk memajukan kepentingan masing-masing negara atau untuk kepentingan bersama umat manusia yang bersifat universal. sosial budaya dan ideologi. ekonomi. titik berat dalam hubungan internasional antara lain dalam bidang pertahanan dan keamanan.INFO!!! Secara umum.

FAKTORFAKTOR-FAKTOR PENDORONG KERJA SAMA DALAM HUBUNGAN INTERNASIONAL A. . sosial budaya. Faktor internal : yaitu adanya kekawatiran terancam kelangsungan hidupnya baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain. politik. Faktor eksternal : yaitu kekuatan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerjasama dengan negara lain. Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah ² masalah ekonomi. hukum. B. pertahanan dan keamanan.

Membangun solidaritas dan sikat menghormati antar bangsa. . dan kehadirannya ditenganh bangsa lain.Mengembangkan cara penyelesaian masalah secara damai melalui perundingan dan diplomasi yang lazim.Membantu bangsa lain yang terancam keberadaannya kerena pelanggaran hak kemerdekaan yang dimiliki. perdamaian abadi dan keadilan sosial.PENTINGNYA HUBUNGAN INTERNASIONAL . . .Berpartisipasi dalam rangka mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. kelangsungan keberadaan. .Menciptakan dan memelihara kehidupan yang berdampingan secara adil dan damai dengan bangsa lain.Menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. . . .Mencegah dan menyelesaikan konflik yang mengancam perdamaian dunia sebagai akibat adanya kepentingan nasional yang berbeda antar bangsa.

c) Menentukan apakah tujuan nasional sejalan atau berbeda dengan penetingan negara lain. dan menunjukkan kekuatan militer dan ekonomi. . d) Menggunakan sarana dan kesempatan yang ada dengan sebaik baiknya.PROSEDUR DALAM MEMBINA HUBUNGAN INTERNASIONAL a) Menentukan tujuan dengan menggunakan semua daya dan tenaga dalam mencapai tujuan. setiap negara menggunakan sarana diplomassi ajakan. Pada umumnya dalam menjalankan tugas diplomasi antara bangsa. b) Menyesuaikan kepentingan bangsa lain dengan kepentingan nasional sesuai dengan tenaga dan daya yang ada. konferensi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->