Cara Belajar Efektif

ingin sukses dalam belajar? Ingin mendapatkan suatu cara efektif untuk belajar dengan menyenangkan? Berikut ini adalah 7 (tujuh) langkah yang dapat kamu lakukan dan kembangkan sendiri yang diadaptasi dari buku Seven Habits of Highly effective People karangan Steven Covey Bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar. Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya. Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting. Kerjakan dulu mana yang penting. Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu. Anggap dirimu berada dalam situasi ³co-opetition´ (bukan situasi ³win-win´ lagi). ³Co-opetition´ merupakan gabungan dari kata ³cooperation´ (kerja sama) dan ³competition´ (persaingan). Jadi, selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukkan /ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik (do your best) di dalam kelas. Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu. Ketika kamu ingin membicarakan suatu masalah akademis dengan guru/dosenmu, misalnya mempertanyakan nilai matematika atau meminta dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas, tempatkan dirimu sebagai guru/dosen tersebut. Nah, sekarang coba tanyakan pada dirimu, kira-kira argumen apa yang paling pas untuk diberikan ketika berada dalam posisi guru/dosen tersebut. Cari solusi yang lebih baik. Bila kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya. Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru/dosen pengajar, teman, kelompok belajar atau dengan pembimbing akademismu. Mereka akan membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik. Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan. Dengan cara ini, belajar akan terasa mengasyikkan, dan mungkin kamu mendapatkan ide-ide yang cemerlang. Cara Belajar Efektif ± Tidak ada dua orang yang belajar dengan cara yang sama, dan ada sedikit keraguan bahwa cara untuk satu orang mungkin tidak efektif bagi orang lain. Namun, ada beberapa teknik umum yang tampaknya menghasilkan hasil yang baik. Akan sangat menarik jika belajar itu tidak di anggap bekerja tetapi kesenangan.

Gunakan waktu untuk berlatih. laboratorium. mulai sekarang . Jelas. dan mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa yang sukses! Mengatur Jadwal Bahkan sebelum Anda mulai berpikir tentang proses belajar. pemikir Bagus melihat kemungkinan di mana orang lain hanya melihat mati-berakhir. Jika Anda tidak memiliki jadwal atau rencana untuk belajar. ada harapan! Keberhasilan Anda di sekolah dan perguruan tinggi tergantung pada kemampuan Anda untuk belajar secara efektif dan efisien. dan dengan menerapkan diri sendiri. tetapi harus dibangun selama jangka waktu tertentu. waktu Anda. akhirnya. Jika Anda bukan seorang pemikir yang baik. Yang terpenting tempat Anda memilih untuk belajar tidak boleh mengganggu. maka Anda tidak akan memiliki cara mengalokasikan waktu berharga Anda ketika hal tak terduga muncul. Belajar untuk program pembacaan Untuk kelas yang membutuhkan bacaan. tetapi gunakan sedikit secara efektif. Anda dapat memperoleh keunggulan yang berharga dalam bahan pemahaman. Jadi baca terus. dan masa depan Anda. dipikirkan dengan baik jadwal tepat. Seorang yang baik. keterampilan berpikir yang efektif tidak dapat dipelajari. kuliah. dan pekerjaan lain di mana Anda terlibat. berpikir tentang apa yang Anda baca.Beberapa siswa. Waktu sangat berharga dan jangan di siasiakan. acara sosial. kemungkinan bahwa Anda bukan salah satu dari mereka. dan. Jika anda membaca halaman ini. Anda harus mengembangkan jadwal. Kadangkadang. belajar. Semua jadwal harus dibuat dengan gagasan bahwa mereka dapat direvisi. Sebuah jadwal harus mempertimbangkan setiap kelas. beberapa tempat lebih baik daripada yang lain adalah Perpustakaan atau kamar pribadi yang terbaik. tetapi jangan putus asa. dengan menggunakan teknik yang dijelaskan dalam panduan ini. Keterampilan berpikir Setiap orang memiliki kemampuan berpikir. Panduan cara belajar efektif ini dirancang untuk membantu Anda mengembangkan kemampuan belajar yang efektif. praktek dengan orang lain dapat membantu mempertajam keterampilan Anda dalam jangka waktu belajar sebelum kelas. seperti bahasa asing. Ini hidup Anda. Mempelajari suatu bahan membutuhkan kerja! Namun. Tempat Yang Tepat Untuk belajar Anda bisa belajar di mana saja. Panduan ini berisi beberapa teknik terbaik dan paling efektif untuk siswa sukses ± siswa yang biasanya memiliki nilai tinggi di sekolah dan perguruan tinggi terlepas dari mata kuliah yang mereka ambil. pastikan untuk menjadwalkan waktu studi sebelum kelas. mempersiapkan tes. belajar dan termotivasi untuk belajar datang secara alami.

Di perguruan tinggi Anda diharapkan untuk membaca lebih banyak daripada di sekolah tinggi. Ucapkan Ketika Anda membaca. Membaca Sebuah cara utama dengan mana Anda mendapatkan informasi adalah melalui membaca. Anda harus tahu sebelum Anda mulai membaca apa tujuan Anda adalah. siapa dan di mana isi studi. Selalu waspada untuk mencetak tebal atau dicetak miring. dan apa grafik. Dalam mempelajari. ide-ide penting dari konsep yang disajikan dalam huruf tebal atau huruf miring. Membaca TIDAK menjalankan mata Anda melalui buku pelajaran. Halhal yang membuat tayangan yang lebih berarti. Anda dapat mengambil informasi berharga untuk membantu Anda menjadi seorang pemikir yang lebih baik. termasuk tabel. diagram atau ilustrasi menunjukkan. pada catatan kuliah. mengapa. setiap kali dengan tujuan yang berbeda. Cobalah untuk terhubung hal-hal yang baru saja Anda baca untuk hal-hal yang sudah tahu. Ajukan pertanyaan diri Anda membaca atau belajar. Review . Ketika Anda melakukan ini secara berkala. Para penulis bermaksud bahwa bahan ini mendapat penekanan khusus. Juga. Anda akan membantu untuk memahami materi dan ingat lebih mudah karena prosesnya akan membuat kesan pada Anda. Bicaralah dengan siswa lain yang Anda merasa adalah pemikir yang baik. Cobalah untuk mengingat judul utama. dan membaca. esai dan tes obyektif. Anda dapat membaca tugas yang sama tiga atau empat kali. pastikan untuk membaca semuanya. membaca aktif.dengan mengembangkan kebiasaan yang membuat Anda mengajukan pertanyaan diri Anda baca. Jangan takut untuk menulis pertanyaan Anda di margin buku teks. Pertanyaan harus mengarah pada penekanan pada apa. maka kemungkinan Anda akan mengingat lebih banyak dan bisa mengingat bahan untuk makalah. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka lakukan ketika mereka berpikir kritis atau kreatif. grafik dan ilustrasi. Anda berhenti membaca secara berkala untuk mengingat apa yang Anda baca. grafik dan ilustrasi dapat menyampaikan ide lebih kuat daripada teks tertulis. Hal-hal penting untuk belajar biasanya jawaban atas pertanyaan. Ajukan Pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk belajar. kapan. Anda harus belajar untuk membaca dengan tujuan. Sering kali tabel. Sering kali. ketika Anda membaca. Baca untuk menjawab pertanyaan Anda bertanya pada diri sendiri atau pertanyaan instruktur atau penulis telah meminta. dan karena itu lebih mudah diingat. Ketika Anda membaca. atau di mana pun itu masuk akal. bagaimana. Jangan berasumsi hanya karena Anda telah ³membaca´ tugas yang adalah akhir dari itu. Ketika Anda menjawab mereka. Cobalah untuk mengembangkan konsep keseluruhan apa yang telah Anda baca dalam kata-kata Anda sendiri dan pikiran.

Hampir selalu. melakukan review akhir. Jika Anda mengatur waktu Anda. siang. review akhir dapat dianggap sebagai ³fine-tuning´ pengetahuan Anda tentang bahan tersebut. adalah kekurangan konstan dalam metode studi banyak sekolah menengah dan mahasiswa. mencatat. Selama pemeriksaan. Mungkin pada saat itu Anda telah hafal. jangan hanya membaca bersama dan menyoroti apa yang tampaknya kata-kata penting. Ini adalah review dari apa yang seharusnya Anda capai. teknik itu jarang bekerja. mencatat adalah keterampilan yang harus dipelajari dan disempurnakan. sampai dengan malam hari. Membaca kembali dengan gagasan bahwa Anda mengukur apa yang telah Anda diperoleh dari proses tersebut. Belajar bahan catatan baik mengambil agak mudah. bukan apa yang akan Anda lakukan. Ribuan sekolah menengah dan mahasiswa telah mengikuti langkah-langkah SQ3R untuk mencapai nilai yang lebih tinggi dengan lebih sedikit stres Mencatat Seperti membaca. Gunakan stabilo. Anda harus belajar untuk mencatat secara logis dan terbaca. jangan menggarisbawahi. menerapkannya untuk situasi Anda sendiri tergantung pada seberapa serius Anda menjadi seorang mahasiswa yang sukses. atau kurangnya. tetap tidak membuahkan hasil yang baik. berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat Anda simak untuk mengefektifkan cara belajar. Anda tetap saja lupa. Tindakan menguraikan bekerja jauh lebih baik. namun pada keesokan harinya Anda telah merasa kesulitan untuk mengingatnya kembali atau tidak mampu memecahkan suatu persoalan berdasarkan materi yang telah dipelajari sebelumnya. Sebelum pemeriksaan. Jika Anda merupakan salah satu orang yang mengalaminya. mengapa usaha belajar yang telah dilakukan mulai dari pagi. ini saat yang baik untuk pergi lebih dari catatan anda telah diambil untuk membantu menjelaskan poin Anda mungkin telah terjawab atau tidak mengerti. Jangan tunggu sampai sebelum pemeriksaan untuk memulai proses pemeriksaan. Apa saja? . Garis Tulisan atau Menandai Tulisan yang di Baca Pertama-tama. Dalam menjelaskan teks. Pengalaman menunjukkan bahwa bagian-bagian teks yang disorot lebih mudah diingat daripada bagian yang sama digarisbawahi. bingung dan tidak memahami materi yang sedang dipelajari. Waktu terbaik untuk meninjau adalah ketika Anda baru saja selesai mempelajari sesuatu.review adalah survei dari apa yang telah tertutup. Mungkin Anda pernah berpikir. Membaca ulang adalah bagian penting dari proses pemeriksaan.

Dengan keadaan yang rileks dan tenang. Tempat yang nyaman Untuk dapat belajar secara efektif. usahakan tempat yang digunakan memiliki tingkat kenyamanan yang baik. tetapi dilakukan sedikit demi sedikit alias secara bertahap. Selain itu berdoa juga bermanfaat agar semua yang dilakukan dapat bermanfaat dan tidak sia sia. hal tersebut dapat membuat otak menjadi menjadi cepat lelah karena tidak mampu mencerna informasi yang terlalu banyak. entah itu pagi. maka diharapkan materi yang sedang dipelajari dapat lebih mudah dicerna dan dipahami. Alih-alih. Pilih waktu yang tepat Anda sebaiknya memilih waktu yang tepat untuk belajar. Suasana belajar tidak boleh gaduh dan sebaiknya dalam keadaan yang tenang.Berdoa sebelum belajar Ini sangat penting agar kita dimudahkan dalam proses belajar. bahkan dalam keadaan tertentu Anda dapat merasakan depresi atau merasa jatuh (down). Hal tersebut bertujuan untuk membuat situasi yang terbaik atau nyaman. Suasana yang tenang Suasana juga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika sedang belajar. Hal ini penting Anda lakukan. karena belajar secara sekaligus (dengan materi ajar yang berlebihan) tidak akan memberikan hasil yang efektif. siang atau malam. sehingga Anda dapat lebih mudah fokus dan berkonsentrasi. sebaiknya jangan sekaligus. Anda dapat merasa tertekan. Pada akhirnya. Sedikit demi sedikit Ketika belajar. . sehingga konsentrasi belajar tidak terganggu oleh suara-suara yang dapat mengalihkan perhatian. di mana Anda dapat belajar secara rileks dan materi yang dipelajari dapat lebih mudah dimengerti.

Semoga bermanfaat. bahasa. semuanya direkam oleh otak kiri dan disimpan didalam otak belakang yang berfungsi sebagai gudang memory atau semacam hard disknya computer . manusia memiliki otak yang fungsinya terbagi tiga Otak kiri yang berfungsi untuk menangani materi yang bersifat matematis. untuk kemudian menuliskannya kembali. saya ingin sharing dengan para pelajar atau mahasiswa yang mendapat kesulitan dalam mencapai hasil yang memuaskan/optimal dalam mengerjakan pekerjaan soal soal ujian.otak kanan yang menangani materi yang bersifat intuitive. Dengan membuat ringkasan. maksimal hanya 20% yang bisa dijawab sempurna. emosional dan otak belakang yang menangani masalah memory . Kelompok belajar memungkinkan Anda untuk dapat saling bertukar pikiran dan berdiskusi antar anggota kelompok. kita akan memerintahkan otak kiri kita untuk membuka kembali rekaman pelajaran yang sudah disimpan di memory otak belakang . mendekati 100% .. Untuk diketahui. Pada saat kita mengerjakan dan menjawab soal ujian. maka setidaknya Anda telah membaca materi yang sedang dipelajari. Akibatnya. ilmu ukur sudut. Otak secara tidak langsung merekam informasi yang sedang Anda ringkas. termasuk rumus matematika. yang lainnya hanya kira kira saja/gambling Sekarang masalahnya adalah bagaimana caranya agar kemampuan otak kiri membuka kembali hasil rekaman yang tersimpan diotak belakang bisa meningkat sampai optimal. pada saat kita harus menjawab soal ujian. sehingga Anda akan lebih mudah mengingatnya. logis .sangat lelah.. untuk membuka kembali semua yang direkam dan disimpan di otak belakang. maksimal hanya 20% saja . terutama yang bersifat hapalan . Namun satu hal yang pasti. bukannya belajar. maka akan memudahkan Anda sewaktu menghadapi pertanyaan atau masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri. spiritual. ternyata kemampuan otak kiri manusia normal dengan metoda standard.Membuat ringkasan Ringkasan dapat memudahkan Anda dalam belajar dan menghafal atau memahami. logarithma. Anda harus selektif dalam memilih anggota kelompok belajar. Mengapa? Karena jika Anda salah memilih kelompok belajar. alih-alih Anda hanya akan keasyikkan mengobrol dan kehilangan banyak waktu yang berharga. Setelah banyak menulis tentang kategori spiritual dan militer. Membuat kelompok belajar Dengan dibentuknya kelompok belajar. apa yang kita baca dan hapal. Kalau kita menghapal sebuah mata pelajaran. agar otak kanan kita secara tomatis akan segera membantu tanpa kita perintahkan (memang juga kita tidak bisa . sehingga informasi dapat digali sedalam-dalamnya. Disinilah letak kendalanya. menurut hasil penelitian pakar kemampuan otak manusia di Amerika Serikat. sejarah dll. Jawabnya adalah kita harus memeras otak kiri kita agar bekerja sampai batas maksimal .

y y y y y y y . mendapatkan Bintang Kartika Cendekia)untuk jurusan tempur AMN lulusan 1965 Ujian masuk pendidikan Seskoad 1978 hanya sekali langsung lulus (umumnya beberapa kali baru lulus masuk) . dia akan bekerja secara intuitive. Setelah anda mampu mencapai hasil menulis kembali apa yang dibaca. Setelah tubuh dan otak sudah terasa dingin dan santai. bila keadaan sudah emergensi. ambilah kertas yang berisi tulisan singkatan mata pelajaran tersebut dan tempel didinding tempat anda belajar Setiap hari. ambil kertas dan fulpen . bilamana.) . tutup bukunya dan lakukan relaksasi dengan cara berbaring santai. darurat . pertama kali melakukkan uji coba. dengan menggunakan singkatan singkatan semacam jembatan keledai (contoh singkatan/jembatan keledai untuk Siapa apa. sebanyak 20% secara baik yang lainnya lupa lupa ingat/ragu ragu Lakukan terus berulang ulang uji coba ini untuk satu materi pelajaran yang diujikan. dimana. jangan pindah ke pelajaran lain dulu . bagaimana dan mengapa . maka anda hanya aka mampu menuliskan kembali apa yan anda hafal. bukan diaca dari kertas berisi singkatan itu !!! Demikianlah lakukan terus dengan seluruh mata pelajaran yang akan diujikan Dengan cara belajar menghapal seperti ini saya telah berhasil antara lain: y y y Mendapatkan hasil prestasi terbaik ujian SMA Negri untuk profinsi Jawa Barat pada tahun 1961 Prestasi terbaik (no 1. Mengapa harus dibantu otak kann? Otak kanan mempunyai kemampuan mengakses semua hasil rekaman yang berada didalam otak belakang . dikeluarkan dari otak belakang anda/memory sebanyak 100% dan itu dilakukan sebanya 10 kali berturut turut dan hasilnya sama baiknya. Caranya adalah sebagai berikut: y Baca dan hapalkan seluruh materi pelajaran yang akan diujikan berulang ulang sampai merasa sudah hafal betul .minimal satu kali anda harus review hasil catatan yang ditempel tersebut dengan membuat copy catatan yang anda keluarkan dari otak.lalu kita tuliskan kembali semua yang kita hafalkan tadi diatas kertas.jembatan keledainya adalah: Siabidibame ) Saya yakin. Kemudian kalau merasa sudah hafal betul.Otak kananlah yang berfungsi dalam kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual Otak kanan memiliki kemampuan radar dan pemancar yang frequensinya bisa berhubunan dengan frekuensi otak belakang dan alam semesta Otak kananlah yang bisa mengakses kekuatan alam bawah sadar yang tersembunyi didalam otak belakang kita Sekarang bagaimana cara melatih otak kiri kita supaya bekerja keras dan sangat lelah mendekati titik optimal sehingga terpaksa otak kanan yang intuitive turun tangan menolong otak kanan? . tutup mata sambil mengatur nafas yang santai sekitar 30 menit saja .perintahkan otak kanan bekerja.

3. Materi yang banyak bukan masalah. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal Yap. tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. artinya merah. minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari. 1. kuning. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Tapi biasanya. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Pilih waktu belajar yang tepat Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran. 5. Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. jingga. hijau. biru. kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian. Mencatat pokok-pokok pelajaran Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita. 2. Sebenarnya ini bisa disiasati. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. 4. Jadi sebelum menghapal. Hapalkan kata-kata kunci Kadang. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan. mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. . fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh.. supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran. Misal. Membaca adalah kunci belajar Supaya kita bisa paham. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang.y dll. nila dan ungu. Mudah mudahan metoda saya ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang ingin berprestasi dalam ujian yang bersifat menghapal maaf kalau ada yang kurang bisa menerima metoda saya ini hanya sekedar sharing . Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Satu lagi. .berarti kita sudah paham. Pada setiap akhir bab pelajaran. 7. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur . Kembangkan materi yang sudah dipelajari Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.tak perlu detail . Kalau di kelas. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Bangun suasana belajar yang nyaman Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk. Kalau materi jawaban tidak ada di buku. Kalau pikiran sudah suntuk. percuma saja memaksakan diri. tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain. Selain menjawab soal-soal latihan. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Setelah istirahat. Bentuk Kelompok Belajar Kalau lagi bosan belajar sendiri. tapi jangan lupa untuk istirahat.6. coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. jangan langsung tutup buku. setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. bisa belajar bareng dengan teman. ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. 10. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif. 8. cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. cobalah tanya ke guru. maksimal lima orang. Sediakan waktu untuk istirahat Belajar boleh kencang. Kalau belum puas. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Latih sendiri kemampuan kita Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. 9. badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful