P. 1
Management Trainee

Management Trainee

|Views: 94|Likes:

More info:

Published by: Alisa Aryana Pratiwi on Feb 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/12/2012

pdf

text

original

Pertanyaan : Suppose that you give all candidates applying fot a management trainee position a personality test that

measures the five dimensions in the five factor model. Which personality traits would you consder to be the most important for thid type of job? Explain you answer. Jawab : Untuk menjawab pertanyaan di atas maka jawaban kelompok kami di awali dari pemahaman mengenai management trainee terlebih dahulu. Apabila kita lihat pada lowongan – lowongan pekerjaan di media massa dapat diketahui bahwa persyaratan untuk seorang management trainee di beberapa posisi perusahaan adalah mempunyai kemampuan akademis yang cukup tinggi dari berbagai jurusan pendidikan. Keberagaman latar belakang jurusan pendidikan ini dikarenakan seorang management trainee pada mulanya tidak spesifik menempati satu posisi tertentu. Berbeda dengan pegawai lainnya para management trainee harus mengalami rotasi hampir ke seluruh bidang yang ada di dalam perusahaan tersebut. Waktu kerja management trainee dalam posisi yang sedang ditempatinya dapat bervariasi. Di setiap bagian mereka belajar dan biasanya pada akhir periode mereka harus membuat laporan dan rekomendasi apa yang menurut mereka dapat diperbaiki di bagian tersebut. Rotasi pekerjaan inilah yang membuat management trainee kemudian layak dipandang ke level yang lebih tinggi. Rotasi pekerjaan membuat managemen trainee mendapatkan pengetahuan yang cukup lengkap di seluruh bidang pada perusahaan. Pegawai dengan jalur karir biasa membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan kesempatan rotasi sedangkan seorang management trainee memang telah di plot untuk menempati beberapa posisi dalam jangka waktu yang cukup singkat. Oleh karena itu, berangkat dari pemaparan management trainee diatas maka apabila ada seorang management trainee yang melamar di suatu perusahaan dan dilatarbelakangi dari hasil pengukuran personality test, lima dimensi di dalam lima faktor model yaitu conscientiousness, agreeableness, neuroticism, openess to experience dan exstroversion, maka untuk posisi management trainee kepribadian yang paling penting adalah exstroversion. Management trainee sangat cocok untuk kepribadian ini karena karakteristiknya yang mudah bergaul, dapat bersosialisasi dengan baik, berpendapat dengan kritis dan tegas. Seorang management trainee dengan kepribadian exstroversion dapat beradaptasi dengan cepat dan baik apabila di rotasi. Dia dapat menerima segala perubahan yang ada dengan cepat dan melakukan sosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Bekerja sama dengan para pekerja lainnya untuk mengatasi masalah-masalah di berbagai bidang yang ada dengan ilmu yang telah didapatnya yang merupakan hasil dari rotasi kerja yang telah dijalaninya. Agreeableness sifat yang peduli terhadap sesama, memiliki empati, sopan, tetapi terkadang cenderung terlalu setuju untuk menerima segala sesuatu sehingga kurang dapat mempertahankan pendapatnya sehingga kurang sesuai menempati posisi management trainee.

Pada lowongan . Pandangan para MT ini biasanya lebih objektif karena mereka belum lama telibat dan tidak memiliki kepentingan apa – apa terhadap apa yang mereka usulkan. keterkaitan dengan bagian lain dan menentukan pada sisi . para MT harus mengalami masa rotasi. Di setiap bagian mereka belajar dan biasanya pada akhir periode mereka harus membuat laporan dan rekomendasi apa yang menurut mereka dapat diperbaiki di bagian tersebut. Dengan bekal pengetahuan yang mereka peroleh pada saat rotasi maka MT diharapkan memiliki kemampuan memecahkan masalah yang tinggi. Program rotasi inilah yang memungkinkan para lulusan MT ini kemudian dipandang layak dipromosikan dengan cepat ke level yang tinggi. Karena dengan rotasi maka para MT memiliki pandangan yang relatif lengkap tentang bagaimana perusahaan dijalankan.sisi mana tiap – tiap bagian dapat bekerja sama. ada yang enam bulan dan ada yang satu tahun. Seperti yang telah dijelaskan di atas. Lamanya bervariasi.lowongan pekerjaan yang kita lihat di media massa dapat diketahui bahwa sebagaian besar posisi Management Trainee (MT) harus memenuhi persyaratan Berbeda dengan pegawai lain para Management Trainee biasanya harus mengalami masa rotasi. Terjadi perubahan suasana kerja. Mereka tahu bagaimana sebuah divisi bekerja dan bagaimana setiap bagian dan seksi – seksi dibawahnya saling berinteraksi.Neuroticism sangat tidak sesuai untuk posisi management trainee karena seseorang yang memiliki kepribadian ini sangat tidak stabil emosionalnya. Program Management Trainee adalah program pengembangan pegawai dengan pola rekrutmen dan jalur yang khusus. Selama masa ini para trainee akan dirotasi ke semua bagian yang ada. Kalau saja ada satu masalah maka MT seharusnya tahu di bagian mana perbaikan harus dimulai. Pegawai dengan jalur karir biasa membutuhkan waktu bertahun – tahun untuk mendapatkan kesempatan rotasi semntara MT harus menyelesaikannya dalam waktu cepat (MT ReINDO harus menyelesaikan semua rotasi dalam waktu enam bulan). . Satu hal yang akan selalu terjadi pada perusahaan – perusahaan yang merekrut MT.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->