MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

SILABUS KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN
NAMA SEKOLAH : SMKN 1 KARANGANYAR MATA PELAJARAN : DASAR KOMPETENSI KEJURUAN KELAS/SEMESTER : X/1 DAN 2 STANDAR KOMPETENSI : MENERAPKAN PRINSIF PROFESIONAL BEKERJA KODE KOMPETENSI : 121DKK-01 DURASI PEMBELAJARAN : 40X45 MENIT

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN 1. Jnis-jenis industri besar,menengah dan kecil. 2. kelompok industri besar menegah dan kecil.. 3. Contoh industri besar,menengah dan kecil. 4. prosfek industri besar,menengah dan kecil. 5. syarat pniian industrimenengah besar dan kecil. 6. Dampak pendirian sebuah industri besar,menegah dan kecil. 1. Pngertian prosedur kerja 2. Manfaat prosedur kerja. 3. Azazs penyusunan tata krja,prosedur dan system krja

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAK TM

PS
3(6)

1.1. Meng-dentifikasi sector dan tanggung jawab industri.

1. Didefinisikan jenis-jenis industri besar,menengah dan kecil. 2. Dibedakan jenis industri besar,menengah dan kecil. 3. Diberikn contoh jenis industi besar,menengah dan kecil. 4. Dianalisis perkembsngsn sector industri besar,menengah dan kecil. 5. Dikemukakan syarat-syarat pendirian sebuah industri kecil,menengah,dan besar. 6. diaalisa dampak positif dan negatif eksistnsi industri besar,mnengah dan kecil.

1. Mnganalisis jnis-jenis industri besar,menengah dan kecil 2. Mengelompokan jenis-jenis industri besar,menengah dan kecil. 3. Memberikan contoh yang termsuk industri besar,menengah dan kecil. 4. Menganalisis prosfek kegiatan industri besar,menengah dan kecil. 5. Menganalisis syarat-syarat ipendirian industri besar,mengah dan kecil. 6. Menganalisis pengaruh industri besar,menegah dan kecil.

1. tes tertulis/ lisan 2. penugasan

9

2

1.2. Menerapkan pedoman ,prosedur, dan aturan kerja.

1. Pengertian prosedur dan pedoman kerja di sebutkan dengan benar. 2. Dianalisis tentang perlunya prosedur kerja. 3. dikemukakan tentang azas

1. Menyebutkan pengertian prosedur kerja. 2. Menganalisis manfaat prosedur kerja. 3. Menganalisis susunan tata kerja

1. tes tertulis/ lisan 2. penugasan

7

2(4)

2

KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN

Halaman 1 dari 41

MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR penyususnan tata kerja, proses dan system kerja. 4. Membuat bagan rosedur dan tata kerja.

MATERI PEMBELAJARAN 4. Bagan prosedur dan tata kerja.

KEGIATAN PEMBELAJARAN prosedur dan system kerja. 4. Membuat bagan prosedur kerja berdasarkan analisis kelompok. 1. Mengumpulkan data-data dan informasi yang menunjang bagian pemasaran dan penjualan produk. 2. Menganalisis tentang keadaan pasar dan produk pesaing. 3. Mendisskusikan media yang cocok untuk pemasaran produksi. 1. Mengemukakan eluang kerja dan prospek kerja pada ligkungan kerja. 2. Mendiskusikan prosfek krja dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. 3. Mengemukakan roses kerja efektip dan efisien dengan pertimbangan waktu sumber daya dan eluang usaha. 4. Mengemukakan resiko pekerjaan ,dampak fositip dan negative resiko usaha dan pkerjaan. 1.Mengemukakan potret diri,sifat,kebiasaan dengan kelebihan diri) 2. Melakukan simulasi untuk menyampaikan sebuah rencana

PENILAIAN

ALOKASI WAK TM

PS

1.3. Mengelola informasi.

1. Disebutkan sumber-sumber informasi. 2. Diidentifikasi system penyampaian informasi yang tepat. 3. Informasi yang menunjang kegiatan usaha mampu diklola dengan baik dan benar. 4. Kegunaan informasi dijelaskan dengan benar. 1. Dianalisis peluang kerja dan prosfk pekerjaan. 2. didiskusikan tntang pluang kerja dengan sumber daya yang tersdia. 3. Dianalisis fektifitas dan efisiensi kerja. 4. Dianalisis resiko dari sebuah pekerjaan.

1. sumber informasi 2. sistemenyampaian informasi. 3. pengelolaan informasi. 4.penggunan informasi.

1.tes tertulis 2.penugasan

10

3(6)

2

1.4. Meren canakan pekerjaandengan memprtimbangkan waktu dan sumber daya.

1. peluang kerja daan prosfek kerja. 2. Pemanfaatan sumber daya yang tersedia. 3. Efektifitas dan efisinsi kerja. 4. Mmpertimbangkan resiko pekerjaan.

1. Tes tertulis 2. Peugasan 3. Diskusi Kelompok

13

5(10)

2

1.5. Menglola kompetensi personal.

1.Dianalisis sifat-sifat dngan kemampuan diri. 2. teknis bergaul yang bik dengan berkomunikasi untuk dipahami

1. Kecakapan pribadi(mengenal diri,berfikir rasional dan ercaya diri)

1. Tes trtulis/ lisan 2. Penugasan. 3. praktek

13

5(10)

2

KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN

Halaman 2 dari 41

MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR dengan baik. 3. Diungkapkancontoh kerjasama yang ada dimasyarakat. 4. Dianalisis sebuah peristiwa. 5. diungkapkan kemampuan kerja.

MATERI PEMBELAJARAN 2. Kecakapan social(Kecakapan berkomunikasi,bekerjasa ma, kecakapan akademik,kecakapan berfikir logis dan analitis,kecakapan vokasional dengan keahlian kerja). . .

KEGIATAN PEMBELAJARAN dengan tujuan ntara teman didepan kelas. 3. Mengemukakan sebuah team bentuk kerjasama dimasyarakat. 4. Mengerjakan tugas kelompok untuk meneliti sebuah peristiwa. 5. Mengemukakan cita-cita keinginan dan kahlian krja yang dimiliki.

PENILAIAN

ALOKASI WAK TM

PS

Nama Sekolah Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kelas / Semester Kode Kompetensi Alokasi Waktu

: SMK Negeri 1 Karanganyar : Melaksanakan Komunikasi Bisnis : Melaksanakan Komunikasi Bisnis : X/ 1 , 2 : 121 D.K.K. 2 : 72 Jam (2x36 jam pertemuan)

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajan

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi w TM PS

KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN

Halaman 3 dari 41

MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN 2.1 Mengidentifikasi penerima pesan Pengertian komunikasi menurut beberapa ahli, dalam kehidupan sehari-hari. Komponen komunikasi merupakan unsur yang berperan dalam komunikasi Keberhasilan komunikasi sangat dipengaruhi dari komunikator (penyampai data) dan komunikan) penyampai berita Mengidentifikasi Penerima Pesan. Pengertian Komunikasi Tujuan komunikasi Fungsi dan mamfaat komunikasi Sikap dalam berkomunikas Teknik berkomunikasi seca ra efektif Komponen Komunikasi Faktor-faktor penyebab keberhasilan dan penghambat komunikasi. Memahami pengertian komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pendapat pendapat para ahli komunikasi Memahami tentang komponen atau unsur yang sangat berperan dalam komunikasi Memahami faktor-faktor yang mendukung berhasilnya komunikasi Memahami faktor- faktor yang jadi penghambat, sehingga komunikasi gagal / tidak berhasil Diskusi kelompok tentang berhasil tidaknya bisnis yang di awali dengan berhasil tidaknya dalam komunikasi Membuat Laporan kelompok hasil diskusi dan hasil observasi tentang keberhasilan, bisnis diawali dengan komunikasi yang baik Tes tertulis Obesebvasi Demonstrasi Portofolio 4 7 (14)

-

Memahami prinsip-prinsip etika berkomunikasi

-

Ketidak berhasilan dalam komunikasi di pengaruhi oleh beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam komunikasi

2.2. Membuat Pesan Bisnis

Pengertian lambang dan jenis – jenis lambang yang digunakan dalam komunikasi

-

Keberhasilan membuat pesan bisnis sangat dipengaruhi oleh jenis komunikasi yang

Membuat pesan bisnis Pengertian dan jenis – jenis lambang komunikasi Jenis – jenis komunikasi

-

-

Memahami pengertian dan jenis lambang yang digunakan berkomuni-kasi dalam membuat pesan Memahami dan menerapkan penggunaan

-

Tertulis Observasi Demonstrasi Portofolio

4

7 (14)

KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN

Halaman 4 dari 41

Mendemonstrasikan produk kepada konsumen - Tes tertulis Demonstrasi Observasi Portofolio 5 10 (20) KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 5 dari 41 .MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN digunakan (menciptakan kreatifitas berkomunikasi) Memahami prinsip-prinsip dasar yang digunakan dalam proses membuat pesan / informasi Prinsip dasar proses informasi dalam komunikasi jenis.Visual . Pengertian media komunikasi Jenis – jenis media komunikasi - Fungsi media komunikasi - Fungsi media komunikasi sangat penting dalam pelaksanaan proses penyampaian informasi (kreatif. komunikasi. Audio Visual Dalam pelaksanaan proses penyampaian informasi/ berita sehingga komunikasi bisnis dapat berjalan lancar dan Sukses.mandiri dan bersahabat) - - Memahami pengertian media. (bersahabat/komunikatif) 2. Menyusun lambanglambang komunikasi bisnis Menerapkan pelaksanaan langkah – langkah proses komunikasi dalam membuat pesan bisnis - Langkah – langkah proses komunikasi - - Mengerti dan memahami langkah-langkah proses komunikasi. keuntungan dan kelemahan klemahannya dengan menggunkan media komunikasi yang ada Mengetahui macammacam media komunikasi yang tersedia dan dapat digunakan di dalam bisnis Mempraktikkkan penggunaan penggunaan media komunikasi Audio .jenis komunikasi untuk kelancaran dalam bisnis Menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam proses membuat pesan / informasi bisnis. keuntungan dan kelemahan-kelemahanya Jenis media komunikasi yang digunakan misalnya dengan : Audio Visual Audio Visual Menggerakkan media komunikasi yang tersedia.3 Menggunakan media komunikasi yang tersedia. Pengertian media komunikasi.

mandiri.4 Melaksanakan komunikasi bisnis Komunikasi tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris Pengertian surat dan surat menyurat untuk melaksanakan komunikasi Mengerti dan memahami dasar-dasar dalam membuat surat niaga Melaksanakan komunikasi bisnis Peran komunikasi tertulis Surat – menyurat sebagai alat komunikasi Dasar – dasar Surat Niaga Mempraktekkan komunikasi tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris Melaksanakan komunikasi bisnis dengan cara membuat atau mengirim surat kepada relasi .MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN 2. Memahami dan mengetahui istilah –istilah yang digunakan di dalam KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 6 dari 41 . Melaksanakan komunikasi bisnis dengan dasar mebuat surat – surat niaga misalnya untuk Promosi penjualan Surat pesanan barang / jasa Surat permintaan dan penawaran barang / jasa Macam surat referensi Dll Tertulis Observasi Demonstrasi Portofolio 6 10 (20) Arti surat perjanjian Syarat – syarat surat perjanjian Macam – macam surat perjanjian Tata cara menyusun surat perjanjian - Surat perjanjian - (kejujuran. dimanan di dalamnya harus memenuhi syarat syarat sesuai dengan surat perjanjian yang dibuat Membuat surat perjanjjian dan mengirimkannya kepada relasi sehingga perjalanan perlaksanaan bisnis tersebut lancar. bertanggung jawab) Menjelaskan arti surat perjanjian dan memberikan contoh-contoh surat percanjian.

Terasebut KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 7 dari 41 .MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN komunikasi dan dokumentasi bisni s barang dan jasa.

- Segala bentuk perilaku dan kejadiankejadian yang mencurigakan segera dilaporkan pada orang yang berwenang. Halaman 8 dari 41 KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN .1 Mendeskripsikan keamanan. Hukum kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku secara Internasional. kesehatan dan keselamatan kerja dengan benar sesuai dengan aturan perusahaan dan relevan dengan peraturan pemerintah dan syaratsyarat asuransi. kerja SOP kesehatan.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS / SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI Alokasi Waktu : SMK Negeri 1 Karanganyar : Dasar Kompetensi Kejuruan : X/1 : Menerapkan keamanan. keselamatan dan kesehatan kerja Kegiatan Pembelajaran Penilaian Tes tertulis Tes lesan Pengamatan Alokasi W TM 9 PS 9 - Mengetahui dan memahami ruang lingkup kesehatan lingkungan kerja Memahami dan Menjalankan SOP K-3 Menjelaskan hukum kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku secara Internasional Menjelaskan prosedur K-3 yang berlaku di industri. kesehatan kerja dan lingkungan hidup : 121 DKK 03 : 60 X 45 menit Materi Pembelajaran (Materi Pokok Pembelajaran) kerja SOP kesehatan. Identifikasi kesehatan di lingkungan Kompetensi Dasar 3. Mengidentifikasi dan melaporkan pelanggan prosedur keamanan. keselamatan dan keamanan di tempat kerja Hukum kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku secara Internasional Prosedur keselamatan. Idenfikasi kesehatan di lingkungan Menjelaskan kesehatan lingkungan kerja Menjelaskan SOP K-3 Tes lesan Tes tertulis pengamatan 9 9 3. keselamatan. keselamatan dan keamanan di tempat kerja. Mengidentifikasi dan melaporkan pelanggaran - - Menjelaskan hukum kesehatan dan keselamatan kerja internasional Menjelaskan prosedur. dan keamanan yang berlaku di industri. Prosedur keselamatan.2 Melaksanakan Prosedur K-3 Mengikuti prosedur keamanan. dan keamanan yang berlaku di industri. dan kesehatan kerja - Indikator Mengikuti prosedur keamanan. keselamatan dan keamanan yang berlaku di industri. keselamatan. kesehatan dan keselamatan kerja dengan benar sesuai dengan aturan perusahaan dan relevan dengan peraturan pemerintah dan syaratsyarat asuransi.

air. KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 9 dari 41 . fosfor. Melaporkan rincian Kondisi bahaya di tempat kerja Perlengkapan yang digunakan dalam siatuasi darurat Langkah-langkah situasi darurat (evakuasi) - Mengetahui dan memahami kondisi bahaya di tempat kerja.3 Menerapkan konsep lingkungan hidup Hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dalam lingkungan. Mengidentifikasi terjadinya over eksploitasi terhadap lingkungan. air. Perusahaan lingkungan Etika lingkungan Keterbatasan ekologi Menjelaskan sikap manusia terhadap lingkungan Menjelaskan keseimbangan lingkungan Menjelaskan tentang daur biogeo kimia. keselamatan dan kesehatan kerja Menugaskan siswa untuk mengumpulkan SOP K-3 di salah satu perusahaan - Segala bentuk perilaku dan kejadiankejadian yang mencurigakan segera dilaporkan pada orang yang berwenang. Menjelaskan perlengkapan dalam situasi darurat Menjelaskan langkahlangkah siatuasi darurat Menjelaskan prosedur keadaan darurat. biogeo kimia dan oksigen. Sikap manusia terhadap lingkungan Keseimbangan lingkungan Daur. sulfur. sulfur. Mengidentifikasi terjadinya bahaya karena over eksploitasi. Keadaan darurat dan potensi keadaan darurat dapat segera dapat diketahui dan menentukan tindakan yang dibutuhkan dan melakukannya dalam lingkup tanggungjawabnya.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN prosedur keamanan. Prosedur keadaan darurat diikuti dengan sesuai dengan prosedur perusahaan. Menjelaskan perubahan lingkungan Menjelaskan etika lingkungan Menjelaskan keterbatasan ekologi Tes tertulis Tes lisan Pengamatan 9 9 Tes tertulis Tes lisan pengamatan 9 9 3. cara pemberian bantuan dan melaporkan keadaan darurat sesuai aturan. hitrogen. fosfor.4 Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan. - - 3. Bantuan segera dicari dari rekan sejawat dan atau orang yang mempunyai wewenang bilamana perlu.

nesia. hukum merk.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN keadaan darurat dengan atau sesuai dengan aturan. dan hukum cipta dijelaskan dengan benar • Peranan HaKI. tugas. • Hukum paten • Hukum merk • Hukum cipta • Menjelaskan pengertian hukum paten.dan hukum cipta di Indonesia 6 12 (2x3) 12 (4x3) KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 10 dari 41 . hukum merk dan hukum cipta di Indonesia • • HaKI dijelaskan Pengertian Hukum paten.2 Mengidentifi kasi hukum paten. di Indo. bisnis Perbedaan antara organesasi perusahaan yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum Dasar hukum bisnis tugas dan fungsi • • KEGIATAN PEMBELAJARAN Menjelaskan pengertian. tugas. dan fungsi bisnis dijelaskan dengan benar • Dapat membedakan badan perusahaan berbadan hukum dan tidak berbadan hukum • Prinsip-prinsip bisnis dideskripsikan dengan benar • • 1. hukum merk. dan fungsi bisnis Menjelaskan perusaha an yang berbadan hu-kum dan tidak berba-dan hukum Mendeskripsikan prinsip bisnis prinsip• • • • PENILAIAN TM PS 12 (2x3) Tes Tertulis Tes Praktik Penugasan Observasi 6 12 (4x3) KOMPETENSI DASAR 1. SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SMT STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU : SMK NEGERI 1 KARANGANYAR : KOMPETENSI KEJURUAN PEMASARAN : X/1&2 : MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP BISNIS : 121 KK 01 : 72 (2x36 jam pertemuan) ALOKASI WAKTU INDIKATOR MATERI PELAJARAN • • Pengertian.1 Mendeskrips ikan prinsipprinsip bisnis dan dasar hukum bisnis P • Pengertian.

• UU No. 8 tahun 1999 Perlindungan Konsumen undang • • • Mengidentifikasi Konsumen Menyusun Pelanggan keluhan Keluhan 6 12 (2x3) 12 (4x3) • Mengidentifikasi Keluhan Pelanggan tentang Mencari solusi terhadap keluhan dan keberatan pelanggan Mengidentifikasi UU No 8 Th.4 Mengidentifi kasi larangan praktik monopoli • Pengertian monopoli dapat dijelaskan dengan benar • Tingkah laku Produsen Monopoli dideskripsikan dengan jelas • Larangan praktik monopoli diidentifikasi dengan benar • • • Menjelaskan Pengertian Monopoly Mendesdripsikan produsen monopoli Tingkahlaku • • • Mengidentifikasi Larangan praktik monopoly Mendeskripsikan tingkahlaku produsen monopoli Mengidentifikasi praktik monopoli larangan 1.6 Memahami etika bisnis • Peraturan hukum dagang diidentifikasi dengan benar Pengertian etika dan etiked dijelaskan dengan benar Etika Bisnis dideskripsikan dengan benar Peraturan Hukum Dagang • Mengidentifikasi hukum dagang peraturan 6 12 (2x3) 12 (2x3) 12 (4x3) 12 (4x3) • • • Pengertian Etika dan Etiket • • Menjelaskan etika pengertian Etika 6 Etika Bisnis Mendeskripsikan Bisnis KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 11 dari 41 .MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN 1.5 Mengidentifi kasi peraturan hukum dagang 1. 1999 tentang Perlindungan Konsumen Menjelaskan monopoli pengertian 6 12 (2x3) 12 (4x3) • 1.3 Mengidentifi kasi hukum perlindungan konsumen • Undang-undang perlindungan konsumen dijelaskan • Keluhan Pelanggan dapat diidentifikasi dengan benar • Hukum Perlindungan Konsumen dapat diidentifi kasi dengan jelas • Tujuan adanya undangperlindungan konsumen.

MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN Nama Sekolah MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU : : : : : : SMK Negeri I Karanganyar Kompetensi Kejuruan Pemasaran X / 1 dan 2. macam dan spesifikasi barang Menjelaskan Kode etik asosiasi penjualan langsung Indonesia bagian 2 Menata produk sesuai prosedur perusahaan     Mengidentifikasi barang  KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 12 dari 41 . teliti dan bertanggungjawab dalam engidentifikasi barang Cermat. XI / 3. teliti dan bertanggungjawab dalam Menata produk sesuai prosedur perusahaan Menjelaskan SOP penataan produk dari suatu perusahaan Menjelaskan jenis. XII/ 5 dan 6 Menata produk 121 KK 02 200 x 45 menit ALOKASI WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN  Tes tertulis  Tes perbuatan TM 14 PS 20 (40) PI 21 (63) SUMBER BELAJAR  Modul  SOP Perusahaan KOMPETENSI DASAR 2. Cermat.1 Mendeskripsikan perencanaan visual penataan produk INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN    UU No 8 Th 99 pasal 7 Tentang perlindungan konsumen SOP penataan produk Pengetahuan barang  Persyaratan disain penataan produk diidentifikasi    Sumber daya yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan perencanaan dikerahkan  Faktor-faktor yang memiliki dampak pada perencanaan diidentifikasi  Standar penataan produk perusahaan diaplikasikan sesuai perencanaan.

teliti dan bertanggungjawab dalam mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk Cermat.2 Menata display produk. teliti dan bertanggungjawab dalam membuat display produk agar tetap konsisten terhadap perencanaan penataan • tertulis • perbuatan Tes Tes 20 20 (40) 28 (84) • Modul • SOP Perusahaan Halaman 13 dari 41 .MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR 2. teliti dan bertanggungjawab dalam mengevaluasi display produk sesuai dengan perencanaan Menjelaskan UU No 8 Th 99 pasal 7 Tentang perlindungan konsumen Menjelaskan SOP penataan produk Menjelaskan spesifikasi barang  Tes perbuatan     Mengevaluasi display produk sesuai dengan perencanaan  Mengidentifikasi kerusakan atau perubahan pada display produk  Kerusakan atau perubahan pada display produk segera diidentifikasi  Tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi setiap perubahan pada display  Cermat. INDIKATOR  Menata display produk sesuai dengan perencanaan dan SOP penataan produk    MATERI PEMBELAJARAN UU No 8 Th 99 pasal 7 Tentang perlindungan konsumen SOP penataan produk Pengetahuan barang KEGIATAN PEMBELAJARAN ALOKASI WAKTU PENILAIAN  Tes tertulis TM 20 PS 20 (40) PI 25 (75) SUMBER BELAJAR  Modul  SOP Perusahaan  Cermat. teliti dan bertanggungjawab dalam mengatasi setiap perubahan pada display Menjelaskan Kode etik asosiasi penjualan langsung Indonesia bagian 2 temntang perilaku konsumen    Mengatasi setiap perubahan pada display 2.3 Menjaga display produk agar tetap sesuai dengan standar perusahaan dan perencanaan KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN  Display produk dijaga agar tetap bersih dan rapi  Penambahan atau perubahan pada display kalau perlu dilakukan    UU No 8 Th 99 pasal 7 Tentang perlindungan konsumen SOP penataan produk Pengetahuan barang  Cermat.

MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR INDIKATOR agar display konsisten ter-hadap perencanaan penataan produk. MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN produk ALOKASI WAKTU PENILAIAN TM PS PI SUMBER BELAJAR  Cermat.  Standar perusahaan dalam penataan produk tetap dijaga dalam display. teliti dan bertanggungjawab dalam merawat display produk agar bersih dan rapi Menjelaskan UU No 8 Th 99 pasal 7 tentang perlindungan konsumen Menjelaskan SOP penataan produk Menjelaskan spesifikasi barang Menjelaskan cara mem-buat display Menjelaskan cara mera-wat display product       Membuat display produk agar tetap konsisten terhadap perencanaan penataan produk  Merawat display produk agar bersih dan rapi KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 14 dari 41 .

teliti dan bertanggung jawab dalam menanggapi keberatan pelanggan  Menjelaskan perilaku konsumen  Menjelaskan cara memotivasi calon pelanggan  Menjelaskan Pelayanan purna jual  Mengidentifikasi keberatan calon pelanggan  Menanggapi keberatan calon pelanggan dengan sikap simpati dan empati PENILAIAN  Tes tertulis  Perbuatan  Pengamatan TM 8 PS 12 (24) PI 12 (48)  SUMBER BELAJAR Modul KOMPETENSI DASAR 3. teliti dan bertanggung jawab dalam mengidentifikasi keberatan calon pelanggan  Cermat.KK. XII / 5 dan 6 Melakukan negosiasi 121.3 160 x 45 menit ALOKASI WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN  Cermat.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN Nama Sekolah MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU : : : : : : SMK Negeri 1 Karanganyar Kompetensi Kejuruan Pemasaran X / 1 dan 2.1 Memberikan tanggapan terhadap keberatan yang muncul dari calon pelanggan INDIKATOR  Siswa dapat menjelaskan pengertian dan ruang lingkup negosiasi  Keberatan tersebut ditanggapi dengan me-nunjukkan sikap simpati dan empati  Target pelanggan ditenangkan dan dibesarkan hatinya  Keberatan calon pelang-gan diidentifikasi berda-sarkan jenis dan tingkatannya  Setiap keberatan ditampung dan dan disalurkan dalam proses tawar-menawar MATERI PEMBELAJARAN  Pengertian negosiasi  Perilaku konsumen  Pelayanan pelanggan KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 15 dari 41 .

1999 3. dan mendorong calon pelanggan ke arah kesepakatan  Ketertarikan target pelanggan terhadap produk dipertahankan  Target pelanggan diarahkan untuk melangkah maju ke tahap kesepakatan  Target pelanggan diberikan alternatif akses informasi untuk negosiasi lebih lanjut. teliti dan bertanggung jawab menyampaikan keunggulan produk yang ditawarkan  Cermat. teliti dan bertanggung jawab dalam mengidentifikasi keberatan dan kesulitan pelang-gan  Cermat. 8 Th. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen KEGIATAN PEMBELAJARAN  Cermat.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR 3. teliti dan bertanggung jawab dalam memberi solusi terhadap kesulitan pelanggan  Menjelaskan spesifikasi produk  Menjelaskan Standar mutu produk  Menjelaskan UU No.2 Melakukan proses tawar menawar dengan calon pelanggan INDIKATOR  Calon pelanggan ditekankan tentang keunggulan produk dan perbandingan dengan produk pesaing  Kelemahan produk dikemas sehingga tidak signifikan  Alternatif solusi terhadap keberatan dan kesulitan yang dihadapi oleh calon pelanggan diidentifikasi dan disusun  Batasan wewenang negosiasi yang dimiliki harus diketahui.3 Memotivasi. dan dikonfirmasikan kepada pimpinan MATERI PEMBELAJARAN  Pengetahuan tentang produk  UU No. dipahami. seperti pihak pimpinan  Motivasi pelanggan  Perilaku konsumen  Cermat. meyakinkan. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen  Menunjukkan keunggulan produk yang ditawarkan dibandingkan dengan produk pesaing  Mengidentifikasi keberatan dan kesulitan pelanggan  Mencari solusi terhadap keberatan dan kesulitan pelanggan ALOKASI WAKTU PENILAIAN  Tes tertulis  Pengamatan TM 10 PS 16 (32) PI 18 (72)   SUMBER BELAJAR Modul UU No. teliti dan bertanggung jawab dalam memotivasi pelanggan agar terjadi kesepakatan  Menjelaskan langkah-langkah memotivasi pelanggan  Menjelaskan pelayanan purna jual  Menjelaskan perilaku konsumen  Memotivasi pelanggan untuk mencapai kesepakatan Tes tertulis Tes lisan 8 18 (36) 18 (72)  ul Mod KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 16 dari 41 .

2 Mengajukan pertanyaan konfirmasi keputusan calon pelanggan  Bahasa yang baik digunakan dalam  Standard Operating menanyakan keputusan calon pelanggan  Pertanyaan-pertanyaan yang mempercepat pengambilan keputusan diajukan kepada calon pelanggan. seperti : ”Jadi kapan barang dapat dikirim. XII / 5 dan 6 Melaksanakan Konfirmasi Keputusan Pelanggan 121 KK 04 140 x 45 menit ALOKASI WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN  Cermat. pak?”  Konfirmasi dilakukan kembali untuk mempertegas jadi tidaknya pembelian Procedure (SOP) perusahaan untuk melakukan konfirmasi kepada pelanggan. teliti dan ramah dalam menghadapi keberatan calon pelanggan KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 17 dari 41 . teliti dan bertanggungjawab dalam melakukan konfirmasi keputusan calon pelanggan  Menjelaskan Standard Operating Procedure (SOP) perusahaan untuk melakukan konfirmasi kepada pelanggan.  Menjelaskan penggunaan macam-macam alat komunikasi  Menjelaskan Etika dan etiket dalam berkomunikasi Tes lisan Perbuatan 15 25 (50) 15 (45)  SOP Perusahaan  • SOP Perusahaan untuk penyelesaian keberatan calon pelanggan 4.1 Mengidentifikasi sinyal-sinyal dari calon pelanggan INDIKATOR  Bahasa atau gerak tubuh calon MATERI PEMBELAJARAN  Identifikasi gerak tubuh pelanggan dapat diidentifikasi  Bahasa atau gerak tubuh konsumen dapat dipahami calon pelanggan 4.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU : : : : : : SMK Negeri 1 Karanganyar Kompetensi Kejuruan Pemasaran XI / 1 dan 2.3 Mengidentifikasi keberaan pelanggarn  Keberatan calon pelanggan dapat diidentifikasi Menjelaskan penggunaan bahasa yang baik dan benar  Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk melakukan konfirmasi keputusan calon pelanggan Tes lisan Pengamatan 15 15 (30) 5 (15 ) • Modul  Cermat.  Cermat. teliti dan bertanggungjawab dalam mengidentifikasi pelanggan  Menjelaskan Etika dan etiket dalam berkomunikasi  Mengidentifikasi bahasa dan gerak tubuh pelanggan PENILAIAN Pengamatan TM 20 PS 25 (50) PI 10 (30 ) SUMBER BELAJAR  SOP Perusahaan KOMPETENSI DASAR 4.

1 Menyiapkan formulir atau berkas-berkas administrasi INDIKATOR  Daftar formulir atau berkas-berkas administrasi diidentifikasi sesuai dengan prosedur perusahaan  Formulir atau berkasberkas administrasi dipersiapkan sesuai dengan daftar yang telah ditetapkan  Formulir atau berkasberkas administrasi diperiksa kembali kelengkapannya.macam serta kelengkapan formulir atau berkas-berkas adminitrasi PENILAIAN  Tes tertulis  Tes perbuatan  Pengamatan TM 20 PS 30 (60) - PI SUMBER BELAJAR  Modul  SOP Perusahaan  Bukti-bukti Administrasi KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 18 dari 41 .KK. teliti dan bertanggungjawab dalam menyiapkan formulir atau berkas-berkas adminintrasi  Menjelaskan langkah-langkah prosedur penyiapan formulir atau berkas-berkas administrasi  Menjelaskan jenis dan macam serta kelengkapan formulir atau berkas-berkas administrasi  Mengidentifikasi formulir atau berkas-berkas administrasi sesuai prosedur perusahaan  Mempersiapkan formulir atau berkas-berkas administrasi sesuai prosedur perusahaan  Memeriksa jenis . MATERI PEMBELAJARAN  SOP tentang formulir atau berkas-berkas administrasi suatu perusahaan KEGIATAN PEMBELAJARAN  Cermat.05 140 x 45 menit ALOKASI WAKTU KOMPETENSI DASAR 5. XII / 5 dan 6 Melakukan proses administrasi transaksi 121.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU : : : : : : SMK Negeri 1 Karanganyar Kompetensi Kejuruan Pemasaran XI / 3 dan 4.

 Isi formulir atau berkasberkas administrasi disetujui oleh pelanggan.  Hasil kesepakatan dengan pihak lain dicatat dan dikonfirmasi kembali  Hasil kesepakatan tersebut diberitahukan kepada pelanggan.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR 5. teliti .4 Menghubungi pihakpihak yang terkait dengan transaksi  Pihak-pihak lain diidentifikasi sesuai dengan prosedur perusahaan. jujur dan bertanggungjawab dalam pengisian formulir  Menjelaskan SOP perusa-haan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan  Memberi contoh cara-cara pengisian formulir atau berkas-berkas administrasi serta kelengkapannya agar dapat diketahui oleh pelanggan  Tes tertulis  Tes perbuatan 10 20 (40) 20 (80)  Modul  SOP Perusahaan  Bukti transaksi 5. ALOKASI WAKTU PENILAIAN  Tes tertulis  Tes perbuatan  Tes pengamatan TM 10 PS 20 (40) PI SUMBER BELAJAR  Modul  Hand Out Kode Etik APLI  Bukti Transaksi 5. teliti.2 Menjelaskan kepada pelanggan mengenai formulir atau berkasberkas administrasi yang diperlukan.  Isi dan kelengkapan formulir atau berkasberkas administrasi yang diperlukan telah dimengerti dengan baik oleh pelanggan MATERI PEMBELAJARAN  Kode etik dari Asosiasi penjualan Langsung Indonesia bagian 2 KEGIATAN PEMBELAJARAN  Cermat. teliti.  Pihak-pihak lain dihubungi sesuai dengan prosedur perusahaan. INDIKATOR  Bahasa yang baik dan mudah dimengerti digunakan dalam menjelaskan formulir atau berkas-berkas administrasi yang diperlukan. dan bertanggungjawab dalam menjelaskan kepada pelanggan mengenai formulir atau berkas-berkas administrasi yang diperlukan  Menjelaskan Kode etik dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia bagian 2  Menjelaskan penggunaan bahasa yang baik dan benar  Menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam menjelaskan kepada pelanggan mengenai formulir atau berkas-berkas administrasi yang diperlukan.  SOP Perusahaan dalam menghubungi pihak lain atau yang terkait dengan transaksi setelah kesepakatan pembelian  Cermat.3 Mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi yang diperlukan  Pengisian formulir atau berkas-berkas administrasi diketahui oleh pelanggan. dan bertanggungjawab dalam menjalin hubungan  Menjelaskan SOP perusahaan dalam menghubungi pihak lain atau yang terkait dengan transaksi setelah kesepakatan pembelian  Menghubungi pihak-pihak yang terkait dengan transaksi setelah kesepa-katan pembelian  Tes perbuatan  Pengamatan 8 12 (24) 10 (40)  SOP Perusahaan KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 19 dari 41 .  SOP Perusahaan dalam mengisi formulir atau berkas-berkas administrasi kepada pelanggan  Cermat.

teliti. sabar. sabar.1 Mempersiapkan barang yang akan diserahkan atau dikirim  INDIKATOR Daftar spesifikasi produk yang dibeli pelanggan diidentifikasi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati Produk yang dibeli pelanggan dipersiapkan dan dikemas sesuai dengan prosedur perusahaan. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pasal 4 Menjelaskan identifikasi produk yang dibeli pelanggan Mengidentifikasi produk yang dibeli pelanggan Membuat daftar spesifikasi produk Mengemas produk yang dibeli pelanggan Cermat. jujur. teliti. MATERI PEMBELAJARAN  Pengiriman produk            KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 20 dari 41 . teliti. 8 Tahun 1999 Modul SOP perusahaan KOMPETENSI DASAR 6. sabar. bertanggungjawab dan kreatif dalam menyiapkan dan mengemas produk yang dibeli pelanggan Menjelaskan bentuk-bentuk kemasan yang akan digunakan untuk mengemas produk yang dibeli pelanggan Menjelaskan tata cara pengemasan produk • • • PENILAIAN Tes tertulis Tes perbuatan Pengamatan TM 4 PS 6 (12) PI 10 (40) • • • SUMBER BELAJAR UU No.KK. XII / 6 Melakukan penyerahan atau pengiriman produk 121.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU : : : : : : SMK Negeri 1 Karanganyar Kompetensi Kejuruan Pemasaran XI / 3 dan 4 . jujur.06 120 x 45 menit ALOKASI WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN Cermat. bertanggungjawab dan kreatif untuk mengidentifikasi produk yang dibeli pelanggan Cermat. jujur. bertanggungjawab dan kreatif dalam membuat daftar spesifikasi produk Menjelaskan UU No.

taat. jujur dalam mengisi buktibukti perhitungan harga produk untuk diperlihatkan kepada pelanggan Teliti. Uang pembayaran dari pelanggan diterima. Total harga produk diberitahukan kepada pelanggan. cermat. jujur dalam mengisi formulir transaksi penyerahan produk Menjelaskan kalkulasi total harga produk yang dibeli pelanggan Menjelaskan tata cara pengisian bukti-bukti perhitungan harga produk Menjelaskan tata cara menerima dan mengembalikan uang sebagai pembayaran dari pelanggan Menjelaskan tata cara pengisian formulir transaksi penjualan Menghitung total harga produk dengan dan tanpa alat hitung Mengisi bukti-bukti perhitungan harga produk untuk duperlihatkan kepada pelang-gan Menerima dan mengembalikan uang pembayaran pelanggan Mengisi dan menerima bukti-bukti pembayar-an ALOKASI WAKTU PENILAIAN  Tes tertulis  Tes perbuatan TM 14 PS 12 (24) PI 16 (64) SUMBER BELAJAR  Modul  SOP perush  Format perjanjian jual beli  Bukti-bukti transaksi  UU No. bon atau kuitansi diserahkan kepada pelanggan  MATERI PEMBELAJARAN Perhitungan harga  Administrasi transaksi penyerahan produk Penerimaan uang pembayaran produk yang dibeli pelanggan   KEGIATAN PEMBELAJARAN Teliti. taat. bertanggungjawab.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR 6. rapi. jujur dalam menghitung total harga produk dengan dan tanpa alat hitung Teliti. Struk.2 Melakukan proses penyerahan produk yang dibeli pelanggan  INDIKATOR Produk yang dibeli pelanggan dihitung harganya dengan tidak menggunakan atau menggunakan alat hitung. rapi. atau pelanggan diperlihatkan hasil perhitungan harga. 8 Tahun 1999                Mengisi formulir tran-saksi penyerahan produk  KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 21 dari 41 . rapi. uang sisa pembayaran dikembalikan kepada pelanggan apabila ada sisa pembayar-an. jujur dalam menerima dan mengembalikan uang pembayaran dari pelanggan Teliti. bon atau kuitansi diisi sesuai jumlah harga yang dibayarkan pelanggan Struk. cermat. cermat. taat. cermat.

cepat. faktur atau berkas pengiriman barang diserahkan kepada pelang-gan/penerima Uang pembayaran diterima dari pelanggan. XII / 6 Halaman 22 dari 41 KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN . MATERI PEMBELAJARAN  Administrasi pergudangan  Pengiriman produk  Administrasi pengiriman dan penyerahan produk  Penerimaan pembayaran produk KEGIATAN PEMBELAJARAN Cermat. rapi dan bertanggungjawab dlm melaksanakan adm. penyerahan dan penerimaan barang Menjelaskan peralatan yag akan digunakan untuk mengirim brg Menjelaskan macam-macam formulir pengi-riman barang Menjelaskan admi. rapi dan bertanggungjawab dalam melaksanakan admi. teliti. Produk yang dibeli pelanggan dikirim sesuai jadwal yang telah ditetapkan. teliti. rapi dalam menyiapkan formulir pengiriman brg Cermat. teliti. gudang Cermat. Faktur atau formulir asli diserahkan kepada pelanggan. copy faktur atau formulir disimpan sebagai laporan. cepat. rapi dan bertanggungjawab dalam melaksanakan pengiriman brg Cermat. cepat.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR  INDIKATOR Alat pengiriman dipersiapkan sesuai dengan prosedur dan kebutuhan. pergudangan Menjelaskan SOP perusahaan untuk pengiriman barang Menjelaskan formulir pengiriman dan peneri-maan barang Menjelaskan SOP pembayaran Menyiapkan alat pengiriman barang sesuai prosedur dan kebutuhan Menyiapkan form pengiriman brg Menyiapkan adm. cepat. cepat. kreatif dan inovatif dalam menyesuaikan sistem dan alat distribusi barang Cermat. teliti. Formulir pengiriman dipersiapkan sesuai prosedur perusahaan Pihak lain yang bertanggung jawab dalam pengiriman barang dihubungi dan diberitahu jadwal pengiriman barang. pergudangan Melaksanakan pengiriman barang sesuai waktu yang tepat Mengisi berkas administrasi pengi-riman barang Menerima uang pembayaran dari pelanggan ALOKASI WAKTU PENILAIAN • Tes tertulis • Tes pengamatan TM 14 PS 12 (24) PI 16 (64)    SUMBER BELAJAR Modul SOP perush Format perjanjian jual beli Bukti-bukti transaksi UU No. Formulir. 8 Tahun 1999         NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER : SMK Negeri 1 Karanganyar : Kompetensi Kejuruan Pemasaran : XI / 3 dan 4.

MATERI PEMBELAJARAN  Perjanjian jual beli PENILAIAN  Tes tertulis  Tes perbuatan TM 18 PS 20 (40) PI 22 (88) SUMBER BELAJAR  UU. Daftar pelanggan yang akan atau telah jatuh tempo disusun untuk kemudahan menghubungi pelanggan. sanksi keterlambatan pembayaran. dan sebagainya.07 ALOKASI WAKTU : 120 x 45 menit ALOKASI WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN  Cermat.1 Mengidentifikasi klausulklausul perjanjian  INDIKATOR Klausul-klausul perjanjian jual beli dibaca dan dipe-lajari kembali. 1999  Perjanjian Jual beli  Buku Pembantu           dalam mengidentifikasi klausul-klausul perjanjian jual beli Cermat. taat azas dan bertanggungjawab KOMPETENSI DASAR 7.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN STANDAR KOMPETENSI : Melaksanakan Penagihan Pembayaran KODE KOMPETENSI : 121. taat azas dan bertanggungjawab dalam melaksanakan konfirmasi kepada bagian keuangan apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli Cermat. teliti. No 8 Th. teliti. Pembayaran pelanggan dikonfirmasi ke bagian keuangan apakah pelang-gan telah membayar produk yang dibeli. seperti jatuh tempo pembayaran. teliti. taat azas dan bertanggungjawab pada saat menyusun Daftar pelanggan yang kewajibannya akan dan telah jatuh tempo Menjelaskan perjanjian jual beli Menjelaskan Administrasi keuangan Menjelaskan formulir daftar pelanggan Mengidentifikasi klausul-klausul perjanjian jual beli Melaksanakan konfirmasi kepada bagian keuangan apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli Menyusun daftar pelang-gan yang kewajibannya akan dan telah jatuh tempo Utang  Buku Pembantu piutang  Modul KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 23 dari 41 .KK.

2 Melakukan kontak dengan pelanggan  INDIKATOR Daftar pelanggan yang telah disusun. taat azas. Pelanggan diingatkan kembali mengenai klausul perjanjian yang berkaitan dengan pembayaran Waktu dan metode pembayaran ditentukan berdasarkan kesepakatan. ramah dan komunikatif dalam berkomuniukasi dengan pelanggan D. disiapkan dan diperiksa kembali Pelanggan dihubungi dengan menggunakan komunikasi lisan atau tertulis sesuai prosedur perusahaan. sabar dan bertanggungjawab dalam melaksanakan penagihan pembayaran Menjelaskan sistem pembayaran Menjelaskan klausul perjanjian Menjelaskan administrasi pembayaran Melaksanakan penagihan pembayaran berdasarkan klausul perjanjian Mengurus administrasi pembayaran   Tes tertulis Tes perbuatan 8 8 (16) 14 (56)  SOP Perusahaan  Faktur penjualan NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER KODE KOMPETENSI ALOKASI WAKTU : SMK Negeri 1 Karanganyar : Kompetensi Kejuruan Pemasaran : X / 2. XII / 5 dan 6 : 121 KK 08 : 200 x 45 menit STANDAR KOMPETENSI : Mempersiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 24 dari 41 . tekun. sabar dan bertanggungjawab dalam mencermati klausul perjanjian Teliti. Komunikasi lisan atau tertulis B.3 Melakukan proses penagihan pembayaran  Penagihan pembayaran kepada pelanggan          Teliti. Menjelaskan Komunikasi lisan atau tertulis E. Menjelaskan klausul perjanjian berkaitan dengan pembayaran  Melaksanakan komunikasi lisan atau tertulis sesuai prosedur perusahaan untuk mengingatkan kembali klausul perjanjian yang berkaitan dengan pembayaran ALOKASI WAKTU PENILAIAN  Tes tertulis  Tes perbuatan TM 8 PS 8 (16) PI 14 (56) SUMBER BELAJAR  Modul  Hand Out Perjanjian jual beli   7. taat azas. disiplin. Klausul perjanjian KEGIATAN PEMBELAJARAN C. Teliti.Cermat. Pelanggan diminta untuk menyerahkan atau mengirimkan bukti pembayaran (apabila pembayaran dilakukan melalui pihak ketiga)  MATERI PEMBELAJARAN A. tekun. tekun.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR 7. taat azas. XI / 3 dan 4. Jumlah pembayaran berserta denda (jika ada) dihitung dan disampaikan kepada pelangan. jujur. cermat.

Mengoperasikan alat komunikasi  INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN  Pengoperasian pesawat  ALOKASI WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN TM 12 PS 14 (28) TI 14 (42) SUMBER BELAJAR  Modul  Manual pengoperasian Panggilan dari alat komunikasi dijawab dengan cepat dan tanggap sesuai prosedur perusahaan. dicatat dengan baik dan akurat. teliti. Kerusakan alat dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai      KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 25 dari 41 .1.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR 8. teliti. sopan dan tepat azas dalam berkomunikasi dengan pesawat telepon Cermat. dalam melaporkan kerusakan pesawat telepon Menjelaskan tatacara pengoperasian alat komunikasi telepon Menjelaskan fungsi tombol pada pesawat telepon untuk mendapatkan informasi akurat dan lengkap   Tes tertulis Tes perbuatan telepon  pesawat telepon  Informasi dari pemanggil didapatkan secara akurat dan lengkap    Pesan dari pemanggil diterima dan diserahkan kepada orang yang terkait. Cermat.  Panggilan diakhiri dengan baik sesuai etika dan   Nomor-nomor telepon yang sering dihubungi.    prosedur berlaku.  Menjelaskan prosedur penanganan informasi Menjelaskan etika dan etiket berkomunikasi Menjelaskan prosedur pemeliharaan pesawat telepon Menjawab panggilan telepon dengan cepat dan tanggap Menerima informasi secara akurat dan lengkap Menyampaikan informasi yang diterima kepada yang kompeten Menjawab panggilan telepon sesuai dengan etika dan etiket bertelepon Mencatat nomor-nomor telepon pelanggan yang sering dihubungi Melaporkan kerusakan telepon kepada pihak yang berwenang  etiket.

teliti dan bertanggungjawab dalam menghitung  PENILAIAN    TM 11 PS 12 (24) TI 12 (36)   SUMBER BELAJAR Modul Buku Manual mesin hitung 8. teliti.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR INDIKATOR • Fungsi-fungsi perhitung-an dasar dipastikan agar dapat dioperasikan dengan baik  Perhitungan diverifikasi bahwa telah akurat 100% Kerusakan alat dilaporkan kepada pihak yang ber-wenang sesuai prosedur yang berlaku  MATERI PEMBELAJARAN  ALOKASI WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN Cermat.2 Mengoperasikan alat hitung Pengoperasian alat hitung Pemeliharaan alat  Tes tertulis Tes perbuatan Pengamatan Cermat. jujur dan bertanggungjawab memelihara alat hitung Menjelaskani fungsi tombol alat hitung Menjelaskan kebenaran hasil perhitungan Menjelaskan prosedur pemeliharaan alat Mengoperasikan alat hitung Menghitung secara akurat Melaksanakan pemeliharaan alat sesuai prosedur perusahaan        KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 26 dari 41 .

teliti bertanggungjawab & tepat azas dalam pemeliharaan mesin Menjelaskan persiapan penggunaan mesin Menjelaskan tatacara memasukkan harga barang dalam mesin Menjelaskan tatacara identifikasi dan kodefikasi barang Menjelaskan tatacara memasukkan nomor kartu kedalam mesin pembayar-an non tunai Format bukti pembayaran       Menjelaskan perhitungan total harga dan pengem-balian uang Menjelaskan prinsip-prinsip pengendalian uang kas dalam mesin pemba-yaran tunai Mengoperasikan mesin pembayaran tunai Mengoperasikan mesin pembayaran non tunai Melaksanakan pemeliharaan mesin Melaporkan kerusakan alat kepada yang berwenang sesuai prosedur perusahaan       Menjelaskan tatacara pemeliharaan mesin pembayaran  KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Menjelaskan prosedur perawatan dan perbaikan pesawat telepon Halaman 27 dari 41 .3 Mengoperasikan mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai Pengoperasian mesin pembayaran tunai Pengoperasian mesin pembayaran non tunai Pemeliharaan mesin pembayaran  Tes tertulis Tes perbuatan Cermat. teliti bertanggungjawab dan tepat azas dalam menggunakan mesin pembayaran tunai maupun non tunai  PENILAIAN   TM 14 PS 14 (28) TI 17 (51)   SUMBER BELAJAR Modul Buku Manual alat pembayaran  8.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR INDIKATOR • Kerusakan alat dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur  MATERI PEMBELAJARAN  ALOKASI WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN Cermat.

Produk yang dibeli konsumen diukur dengan menggunakan alat ukur yang sesuai. MATERI PEMBELAJARAN 14 Pengoperasian alat ukur 15 Perawatan dan pengujian alat ukur 16 Pelaporan erusakan alat ukur     ALOKASI WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN Cermat. rapi dan bertanggungjawab dalam mengoperasikan alat ukur Cermat.4 Mempersiapkan dan mengoperasikan alat ukur 9 o INDIKATOR Alat ukur diperiksa agar akurat 100% dalam pengukuran. teliti. 13 Kerusakan alat ukur dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur. 10 Produk diukur sesuai dengan prosedur 11 Hasil pengukuran produk diperlihatkan dan diberitahukan kepada pelanggan 12 Alat ukur dirawat. teliti dan bertanggungjawab dalam perawatan dan pengujian alat ukur Menjelaskan langkah-langkah persiapan sebelum mengoperasikan alat ukur Menjelaskan identifikasi peralatan dikaitkan dengan produk yang diukur    PENILAIAN   TM 11 PS 12 (24) TI 12 (36)   SUMBER BELAJAR Modul Manual alat ukur Tes tertulis Tes perbuatan Menjelaskan prosedur pengukuran produk Menjelaskan pengukuran dengan benar Memahami perawatan dan pengujian alat ukur Memahami prosedur pelaporan kerusakan kepada pihak yang berwenang Mempersiapkan alat ukur sebelum dioperasikan Memilih alat ukur yang sesuai dengan barang yang dibeli konsumen Mengoperasikan alat ukur sesuai prosedur Merawat dan mengujikan alat ukur Membuat laporan kerusakan alat ukur kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur       KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 28 dari 41 .MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR 8. dipe-riksa dan dijaga kebersih-annya secara teratur.

MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR 8.3.5. teliti. jujur dan bertanggungjawab melaksanakan verifikasi dengan alat bantu Cermat.1.   MATERI PEMBELAJARAN  Pengoperasi an alat bantu verifikasi (money detector) Perawatan alat bantu verifikasi Pelaporan kerusakan alat     ALOKASI WAKTU KEGIATAN PEMBELAJARAN Cermat. jujur dan bertanggungjawab dalam membuat laporan kerusakan kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur Menjelaskanlangkah-langkah persiapan pengoperasian alat bantu verifikasi  PENILAIAN    TM 10 PS 11 (22) TI 12 (36) SUMBER BELAJAR  Modul  Manual alat bantu Tes tertulis Tes perbuatan Pengamatan verifikasi Menjelaskan cara pengoperasian alat bantu verifikasi Menjelaskan tatacara perawatan dan pengujian alat bantu verifikasi Menjelaskan prosedur pelaporan kerusakan alat kepada pihak yang berwenang    Melaksanakan verifikasi dengan alat bantu Merawat dan memeriksa alat bantu verifikasi secara teratur Membuat laporan kerusakan kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur   NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI : : : : : SMK Negeri 1 Karanganyar Kompetensi Kejuruan Pemasaran XI / 1 dan 2 Menemukan peluang baru dari pelanggan 121 KK 09 Halaman 29 dari 41 KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN . INDIKATOR Alat bantu verifikasi diperiksa agar akurat 100% Uang diverifikasi dengan menggunakan alat bantu sesuai prosedur.4. Kerusakan alat bantu verifikasi dilaporkan kepada pihak yang berwenang sesuai prosedur. teliti.5 Mempersiapkan dan mengoperasikan alat bantu verifikasi 4. teliti.2. dan bertanggungjawab dalam merawat dan memeriksa alat bantu verifikasi Cermat. Hasil verifikasi diperlihatkan dan diberitahukan kepada pelanggan 4. Alat bantu verifikasi dirawat dan diperiksa secara teratur. 4. 4. 4.

 Menganalisis jalinan hubunan baik dengan pelanggan  Mencatat umpan balik tentang permintaan baru dari pelanggan Standar mutu produk yang dipakai perusahaan untuk menghasilkan produk. obyektif dalam mencatat umpan balik tentang permintaan baru pelanggan Cermat. obyektif dalam Menganalisis ALOKASI WAKTU PENILAIAN  Tes lisan  Tes perbuatan TM 12 PS 8 (16) PI 10 (30) SUMBER BELAJAR  UU No 8 Th. Cermat. : 140 x 45 menit MATERI PEMBELAJARAN  Undang-undang No. teliti. 1999  Formulir Daftar pelanggan tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. rapi dalam Menunjukkan tatacara pengisian formulir pesanan kepada pelanggan  Cermat. teliti. teliti. rapi dalam menyelesaikan formulir pesanan sesuai prosedur  Menjelaskan tata cara pencatatan formulir pesanan pelanggan  Menjelaskan tata cara komunikasi dan negosiasi KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 30 dari 41 . rapi dalam melaksanakan komunikasi dan negosiasi kepada pelanggan. teliti. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. teliti.1 Menganalisis/mengeval uasi hasil hubungan yang telah dijalin dengan pelanggan.  Tes lisan  Tes perbuatan 14 10 (20) 13 (42)  Modul  Formulir Daftar Kebutuhan  Daftar harga 9.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN ALOKASI WAKTU KOMPETENSI DASAR 9. khususnya bagian III tentang hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha. teliti dan obyektif dalam memilih jenis dan macam produk yang ditawarkan kepada pelanggan  Tatacara mengidentifikasi kebutuhan pelanggan  Menjelaskan jenis dan macam produk yang ditawarkan sesuai standar mutu produk perusahaan  Melaksanakan survey kebutuhan pelanggan  Memilih jenis dan macam produk lain yang ditawarkan kepada pelanggan sesuai kebtuhan dan keinginan pelanggan  Cermat.2 Menawarkan produk lain (penjualan silang) yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan  Daftar kebutuhan dan keinginan pelanggan terkait dengan produk yang relevan disiapkan Produk lain yang akan ditawarkan didaftar kelebihannya sehingga dapat memenuhi keutuhan dan keinginan baru pelanggan. rapi dalam mencatat pesanan pelanggan dalam formulir pesanan  Cermat. 8 INDIKATOR Hasil umpan balik dari penjalinan hubungan dengan pelanggan disiapkan  Daftar umpan balik tentang permintaan baru pelanggan dicatat/ dikumpulkan  KEGIATAN PEMBELAJARAN  pelanggan   Cermat. Menjelaskan Undang-undang No. teliti.  9.3 Menindaklanjuti permintaan lain dari pelanggan  Permintaan baru dari pelanggan dicatat dalam formulir pemesanan Pesanan/permint aan baru pelanggan dikonfirmasi ulang Formulir pemesanan di-tandatangani oleh pelanggan  Formulir pesanan pelanggan  Tes lisan  Tes perbuatan 20 10 (20) 14 (42)  Formulir pesanan barang  Formulir rekap pesanan barang    Cermat. teliti. jujur dan obyektif dalam melaksanakan survey kebutuhan pelanggan  Cermat.

 Menunjukkan tatacara pengisian formulir pesan-an kepada pelanggan  Menyelesaikan formulir pesanan sesuai prosedur ALOKASI WAKTU PENILAIAN TM PS PI SUMBER BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 31 dari 41 .MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN  Menjelaskan pengisian formulir pesanan pelanggan  Mencatat pesanan pelanggan dalam formulir pesanan.  Melaksanakan komunikasi dan negosiasi kepada pelanggan.

attention and action) Pelayanan pelanggan berdasarkan penampilan serarsi Pelayanan pelanggan dengan berpikir positif Pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai Hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan Tipe pelanggan dan perilaku      Dapat melaksanakan pelayanan secara prima Sopan dan ramah dalam menghadapi pelanggan Cara berdandan / make up yang serasi Cara berbusana dengan pekerjaan / acara sesuai  Gamba Peralata make up Blanko faktur. attention and action). umur dan pekerjaan Pelayanan dengan berfikir positif pelanggan Laporan penjualan Kertas karbon   Kalkula    Sikap menghargai pelanggan dengan ramah.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN Nama Sekolah Standar Komptensi Kelas/Semester Kode Kompetensi Alokasi Waktu : SMK Negeri 1 Karanganyar : Malaksanakan Pelayanan Prima : X/1dan 2 XII/5 dan 6 : 121 KK 10 120 X 45 menit Alokasi Waktu TM PS 4 PI 20    Modul Buku referensi 11 Kompetensi Dasar 10. nota Memperhatikan kebutuhan pelanggan Mendengarkan apa yang di impikan pelanggan Mencermati perilaku pelanggan yang berbeda-beda Memberikan perhatian penuh pada pelanggan Mencatat pelanggan pesanan / kebutuhan tentang    Cara memakai assesoris sesuai dengan jenis kelamin . hormat dan tutur bahasa yang baik Bagaimana menegaskan kembali tentang kebutuhan pelanggan Halaman 32 dari 41 Menegaskan kebutuhan pelanggan kembali Harapan pelanggan Mencatat pesanan kebutuhan pelanggan /  Ucapan terima kasih setelah melayani KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN .  Pelayanan kepada pelanggan selalu memperhatikan konsep A3 (attitude.1 Melaksanakan standar penampilan pribadi    Indikator Berpenampilan serasi dalam memberi pelayanan kepada pelanggan Pembentukkan kepribadian yang baik dalam menghadapi pelanggan Bertatakrama yang baik (sopan santun) dalam menghadapi pelanggan   Materi Pembelajaran Pelayanan pelanggan dengan penampilan yang serasi Pelayanan pelanggan dengan pembentukan kepribadian Pelayanan pelanggan dengan bertatakrama yang baik      Kegiatan Pembelajaran Pentingnya dalam pelayanan Arti dan kepribadian penampilan pembentukkan    Penilaian Tes Tertulis Tes Lisan Tes Perbuatan Sumber Belaja  Gamba Cara mengetahui kekuatan pribadi Cara membangkitkan kekuatan pribadi Cara baik bertatakrama yang    Tes Tertulis Tes Lisan Tes Peragaan       44 28 (4x7) 20   Modul Buku referensi 10.2 Menerapkan prinsip-prinsip pelayanan prima / service excellent (attitude. attention and action) Berpenampilan serasi dalam memberi pelayanan kepada pelanggan Selalu pelanggan berpikir positif kepada           Hakikat dan pengertian pelayanan prima berdasarkan konsep A3 (attitude.

Penuh perhatian menghadapi pelanggan mengisi dalam    Tes tertulis Tes lisan Pengamatan 11 4 (1x4) 20  Modul Laporan penjualan 10.3 Memberikan bantuan kepada pelanggan     Pemahaman pelanggan Pentingnya pelayanan prima terhadap pelanggan Harapan pelanggan Penanganan kritikan pelanggan     Pengetian pelanggan umum   Pentinya pelayanan prima terhadap pelanggan Harapan pelanggan Penanganan pelanggan keluhan Bertindak cekatan.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN pelanggan dengan harapan mau dating kembali     Mencatat pelanggan Faktur Nota identitas      Bersikap bijak sesuai dengan harapan pelanggan Memberikan perhatian penuh kepada pelanggan Membuat rekap kebutuhan pesanan pelanggan Membuat dan mengisi nota Membuat dan laporan penjualan.4 Melakukan komunikasi dengan pelanggan   baik  Mendengarkan dan memberikan pertanyaan secara aktif guna memastikan     Komunikasi dengan pelanggan dilaksanakan dengan ramah dan sopan Menggunakan bahasa dan nada yang   Pengertian dasar-dasar komunikasi Teknik dan berkomunikasi Factor-faktor komunikasi Asas-asas komunikasi Model komunikasi  prosedur     menyelesaikan     Tes tertulis Tes lisan Tes perbuatan Penegasan 11 4 (1x4) 20  Modul Sopan dan ramah dalam berkomunikasi dengan pelanggan Cepat dan tanggap dalam melayani kebutuhan pelanggan Penuh perhatian dalam berkomunikasi dengan pelanggan Bertindak pelanggan adil terhadap  Buku referensi  gambar Jenis-jenis komunikasi Memberikan sikap yang baik dalam berkomunikasi dengan pelanggan KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 33 dari 41 . cermat dan teliti dalam melayani pelanggan Apa yang diharapkan pelanggan dipenuhi sesuai dengan yang diinginkan Cara menyikapi pelanggan Cara komplain keluhan  Buku referensi    10.

1 Mengidentifi kasi dasar bisnis ritel KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 34 dari 41 .MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN Nama sekolah : SMK Negeri 1 Karanganyar Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan Kelas/Semester : XI / 3 dan 4. XII / 5 dan 6 Standar Kompetensi : Membuka Usaha Eceran / Ritel / Expansion Store Opening Kode Kompetensi : 121 KK 11 Alokasi Waktu : 160 X 45 Menit ALOKASI WAKTU INDIKATOR • Melakukan identifikasi terhadap bisnis ritel • Kecakapan membedah ritel tradisional dan ritel modern • Kecakapan menganalisis factor-faktor yang mendorong percepatan pertumbuhan bisnis ritel • Kecakapan menyusun strategi keunggulan bersaing • Kecakapan menjelaskan proses perencanaan strategi dalam ritel MATERI PEMBELAJARAN • Pengertian tentang bisnis ritel • Perbedaan ritel tradisional dan ritel modern • Faktor-faktor yang mendorong percepatan pertumbuhan bisnis ritel • Cara ritel menyusun strategi keunggulan bersaing • Proses percepatan strategi dalam ritel KEGIATAN PEMBELAJARAN • Menjelaskan pengertian tentang bisnis ritel • Menjelaskan perbedaan ritel tradisional dan ritel modern • Mengetahui factor-faktor yang mendorong percepatan pertumbuhan bisnis ritel • Menerangkan cara ritel menyusun strategi keunggulan bersaing • Kecakapan menjelaskan proses perencanaan strategi dalam ritel PENILAIAN TM 9  Tes tertulis  Obsevasi / pengamatan  Laporan hasil pengamatan bentuk portofolio 2 PS 3 PI KOMPETENSI DASAR SUMBER BELAJAR 11.

⇒ Fungsi tersebut : • Menyediakan berbagai produk dan jasa ( Providing Assortments) Breaking • Mengetahui produk-produk yang disediakan oleh ritel Mengetahui tentang memecah dalam bisnis ritel Menjelaskan tentang Inventory/Holding Inventory Menerangkan bahwa ritel memberikan jasa/layanan (Providing Service) Menjelaskan bahwa ritel meningkatkan nilai produk dan jasa • Tes tertulis • Obsevasi / pengamatan • Laporan hasil pengamatan bentuk portofolio 9 2 3 • Cakap dalam menerangkan ritel memberikan jasa/layanan • Cakap dalam menerangkan mutu produk jasa • Memecah( Bulk ) • • Mengadakan Inventory ( Holding Inventory ) • Memberikan layanan ( Service ) jasa atau Providing • Meningkatkan nilai produk dan jasa KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 35 dari 41 .3 Menjelaskan distribusi dalam bisnis ritel • Kecakapan menyebutkan produk-produk yang disediakan ritel • Kecakapan dalam menerangkan memecah dalam bisnis ritel tentang Distribusi dalam bisnis ritel : • • Mampu menjelaskan tentang Inventory / Holding Inventory ⇒ Ritel menjalankan fungsi dalam memudahkan • distribusi produk-produk tersebut bagi mereka yang • membutuhkan.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN 11.2 Membedakan klasifikasi dan diferensiasi bisnis ritel • Kecakapan mengelompokkan berdasarkan unsur-unsur yang digunakan ritel untuk memuaskan kebutuhan konsumen • Kecakapan mengfelompokkan berdasarkan sarana atau media yang digunakan • Kecakapan mengelompokkan kepemilikan berdasarkan • Pengelompokan berdasarkan unsur-unsur yang digunakan ritel untuk memuaskan kebutuhan konsumen Pengelompokan berdasarkan sarana media yang digunakan Pengelompokan berdasarkan kepemilikan atau • Menjelaskan karakteristik ritel berdasarkan :  Pengelompokan berdasarkan unsure-unsur yang digunakan ritel untuk memuaskan kebutuhan konsumen  Pengelompokan berdasarkan sarana atau media yang digunakan  Pengelompokan berdasarkan kepemilikan • Tes tertulis • Obsevasi / pengamatan 9 2 4 • • • • Modul ajar bah • • Laporan hasil pengamatan bentuk portofolio Obyek nyat riil Buku stra Pemasaran • Membuka Usaha K SMK Tk. SMK 11.

4 Melakukan riset pemasaran dalam bisnis ritel • Kecakapan dalam segitiga ritel menerangkan konsep dan • Konsep segitiga ritel • Mengumpulkan informasi dan menentukan pelanggan sasaran • Mengetahui dan mengumpulkan informasi dan menentukan pelanggan sasaran • Pemilihan lokasi ritel • Pengelolaan dagangan • Pengelolaan dagangan • Komunikasi pelanggan • Operasional toko harga barang barang dengan • Mengetahui pemahaman konsep segitiga ritel • Mengetahui dan mengumpulkan informasi dan menentukan pelanggan sasaran • Menerangkan tentang pemilihan lokasi ritel • Menerangkan tentang pengelolaan barang dagangan • Menerangkan tentang pengelolaan harga barang dagangan • Menerangkan tentang komunikasi dengan pelanggan • Menjelaskan tentang operasional toko • Tes tertulis • Obsevasi / pengamatan • Laporan hasil pengamatan bentuk portofolio 48 16 5 • Cakap mengumpulkan informasi menentukan pelanggan sasaran • Kecakapan memilih lokasi ritel • Kecakapan dagangan dalam pengelolaan barang • Kecakapan dalam pengelolaan harga barang dagangan • Kecakapan dalam menerangkan komunikasi dengan pelanggan tentang • Kecakapan menjelaskan tentang operasional toko KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 36 dari 41 .MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN 11.

2 XII/1.2 XI/1.2 : Melakukan Pemasaran barang dan jasa 121 KK 12 280 x 45 menit KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 37 dari 41 .MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN NAMA SEKOLAH : MATA PELAJARAN : KELAS/SEMESTER : STANDAR KOMPETENSI KODE KOMPETENSI : LOKASI WAKTU : SMK NEGERI 1 KARANGANYAR Melakukan Pemasaran barang dan jasa X/1.

faktorfaktor yang mempengaruhi target pasar  Mempelajari Pengertian barang dalam arti pemasaran.  Menganalisis syaratsyarat segmentasi pasar  Menganalisis manfaat segmentasi pasar  Menganalisis jenis-jenis segmentasi pasar  Mendiskusikan 12. KEGIATAN PEMBELAJARAN  Mendiskripsikan ALOKASI WAKTU PENILAIAN  Test tertulis TM 20 PS PI  SUMBER BELAJAR Asasasas Marketing Basu Swasta  Pemas aran barang dan jasa (Armico) Pemasaran pasar  Mengelompokkan segmentasi pasar dengan kreativitas dan tanggung jawab    Pemasaran. Arti barang Penggolonga n barang  Strategi product line  Siklus kehidupan barang    Rencana pemasaran Rencana jangka pendek. menengah dan panjang  Mempelajari perencanaan pemasaran jangka pendek.1.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI DASAR 12.  Test tertulis 20 - - Asasasas Marketing Basu Swasta  Pemas aran barang dan jasa (Armico)  12. Menyusun rencana pemasaran  Menganallisis rencana pemasaran  Membuat perencanaan jangka pendek.2 Menyusun rencana pencapaian target pasar  Menganalisis target pasar secara jujur dan bertanggung jawab   Target pasar Strategi penetrasi pasar  Perencanaan dan pengembangan barang. menengah dan jangka panjang Test tertulis 20 - - KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 38 dari 41 Asasasas Marketing Basu Swasta  Pemas aran barang dan jasa (Armico)  .  Mendiskripsikan Pasar  Menganalisis jenis jenis pasar  pengertian segmentasi pasar  Menganalisis tujuan segmentasi pasar  Menganalisis pengertian pasar. menengah dan panjang. Mengidentifi kasi segmen tasi pasar INDIKATOR  Mendefinisikan  Mendefinisikan MATERI PEMBELAJARAN       Pengertian Pemasaran Pengertian Pasar Jenis-jenis pasar Pengertian segmentasi Tujuan segmentasi Dasar Segmentasi pasar Syarat-syarat segmentasi pasar Manfaat segmentasi pasar Jenis-jenis segmentasi pasar.3. strategi product line dan siklus kehidupan barang.

Blog dan Email. o Menghitung PPN. Product Strategi  Mempelajari faktorfaktor yang mempengaruhi Marketing Mix Mendiskusikan : Strategi Product Strategi harga Strategi distribusi Strategi promosi Test tertulis 20 10 (20) 5 (20)         Strategi harga Strategi distribusi  Strategi promosi System penjualan  Perbedaan Konsep penjualan dengan konsep pemasaran  System penjualan melalui internet  Perangkat hard ware dan soft ware.   PN. PPn  Test BM. PPh dan Bea Materai Tertulis 30 5 (10) 8 (32) Perpajakan Pemasaran barang dan jasa (Armico) Asuransi (Armico) 12. premi dan penggolongan asuransi  Test Tertulis 32 20 (40) - KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 39 dari 41 Jumlah . PPn BM. PPn BM dan Bea Materai  Mendefinisikan istilah dan penggolongan pajak dapat . Asasasas Marketing Basu Swasta  Pemasar an barang dan jasa (Armico) Asas-asas  12.  Web. polis premi dan penggolongan asuransi  o Mempelajari pengertian dasar asuransi serta peristiwa dan resiko o Mempelajari penggolongan asuransi o Menetapkan kontrak pengurusan polis.6.5.  Mengnhitung premi dan restorno Pengertian dasar asuransi serta peristiwa dan resiko  Kontrak pengurusan asuransi. PPh. Menghitung PPn. PPh dan bea Materai Asasasas Marketing Basu Swasta  Pemasar an barang dan jasa (Armico  12. o Pemanfaatan fasilitas media on line yang disediakan ISP.7. Menerapkan prinsipprinsip marketing mix  Mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi Marketing Mix . Menerapkan aturan pokok hukum pertanggungan (asuransi)  Mendefinisikan Peristiwa dan resiko yang bisa diasuransikan  Menggolongkan asuransi  Melakukan kontrak asuransi  Mengurus polis.4.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN 12.  Menganalisis unsurunsur marketing MIX  Faktor-fkator yang mempengaruhi marketing mix. Menerapkan system informasi dan teknologi penjualan  Menganalisis System informasi penjualan o penjualan o mempelajari system  Test tertulis 10 5 (10) 10 (40)  Mendefinisikan media-media on lone  Mendefinisikan bisnis On line ( ECommerce) Membandingkan konsep penjualan dengan konsep pemasaran o Membedakan system penjualan sederhana dengan system penjualan modern o Pengggunaan hard ware dan soft ware.

E.MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN Keterangan : TM PS PI : Tatap Muka : Praktik di Sekolah (2 jam praktik di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka) : Praktik di Industri ( 4 jam praktik di DU/DI setara dengan 1 jam tatap muka) Menyetujui : Komite SMK Negeri 1 Karanganyar Menyetujui : DU/DI Data Vista Retail Consulting Mengesahkan : Kepala SMK Negeri 1 Karanganyar Dra. S. M.Pd Nip. 19650302 198903 1 019 KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 40 dari 41 .M Ketua Asik Hidayat. M. Drs. Endang Sri Handayani. Casudi.

MODEL KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN KOMPETENSI KEAHLIAN : PEMASARAN Halaman 41 dari 41 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful