P. 1
Prediksi Soal Un Fisika 2012

Prediksi Soal Un Fisika 2012

|Views: 3,513|Likes:
Published by iksan taufik h

More info:

Published by: iksan taufik h on Feb 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2014

pdf

text

original

PREDIKSI SOAL UN FISIKA TAHUN 2012

SKL 2011 SKL 2012 INDIKATOR SKL 2011 1. 1. Membaca pengukuran salah satu besaran dengan menggunakan alat ukur tertentu. INDIKATOR SKL 2012 1. 1. Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting. PREDIKSI SOAL Perhitungan hasil pengukuran mikrometer sekrup dengan aturan angka penting Besar dan arah vektor perpindahan

1. Memahami 1. Memahami prinsip-prinsip prinsip-prinsip pengukuran dan pengukuran melakukan besaran fisika pengukuran secara langsung besaran fisika dan tidak secara langsung langsung dengan dan tidak cermat, teliti dan langsung secara objektif. cermat, teliti dan obyektif. 2. Memahami gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum. 2. Memahami gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah Fluida.

1. 2. Menentukan besaran skalar dan vektor serta menjumlah / mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara. 2. 1. Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola.

1. 2. Menentukan besar dan arah vektor serta menjumlah / mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara. 2. 1. Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola

Percepatan GLBB dipercepat Percepatan Sentripetal

2. 2. Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 2. 3. Menentukan hubungan besaranbesaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi. 2. 4. Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen. 2. 5. Menganalisis hubungan besaranbesaran yang terkait dengan gerak rotasi. 2. 6. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan usaha dan perubahan energi.

2. 2. Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Gaya gesekan

2. 3. Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar. 2. 4. Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait. 2. 5. Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas. 2. 6. Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik. 2. 7. Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan momentum. 2. 8. Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Titik berat Percepatan dan tegangan tali katrol kasar W EK untuk benda bergerak miring

2. 7. Menjelaskan sifat elastisitas benda atau penerapan konsep elastisitas dalam kehidupan sehari-hari.

F = k. untuk rangkaian pegas

2. 8. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik. 2. 9. Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan impuls, momentum, atau hukum kekekalan momentum. 3. 2. Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan penerapannya.

10. Hukum kekekalan EM

11. Impuls 12. Tumbukan tak lenting 13. Bejana berhubungan 14. Perbandingan A dan v 15. Azas Black 16. Konduksi

3. Memahami prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor.

3. Memahami konsep kalor dan prinsip konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya mesin kalor.

3. 1. Menjelaskan proses perpindahan kalor atau penerapan azas Black dalam kehidupan sehari-hari.

3. 1. Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah. 3. 2. Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya.

3. 3. Menentukan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal.

17. Perbandingan dua kondisi gas ideal

3. 4. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas. 3. 5. Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor. 3. 3. Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan proses termodinamika pada mesin kalor. 18. Grafik termodinamika mesin Carnot

SKL 2011 4. Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.

SKL 2012 4. Menganalisis konsep dan prinsip gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.

INDIKATOR SKL 2011 4. 3. Menentukan besaran-besaran tertentu dari gelombang berjalan.

INDIKATOR SKL 2012 4. 1. Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada gelombang.

PREDIKSI SOAL 19. Persamaan umum atau grafik gelombang berjalan 20. Letak perut atau simpul gelombang stasioner ujung terikat atau ujung bebas

4. 2. Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari. 4. 1. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop atau teropong. 4. 4. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa interferensi atau difraksi cahaya.

4. 2. Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari. 4. 3. Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.

21. Manfaat gelombang elektromagnetik

22. Perbesaran pada mikroskop

4. 4. Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi dan difraksi.

23. Interferensi pada kisi 24. Difraksi celah tunggal

4. 6. Menentukan besaran-besaran tertentu yang menimbulkan efek Doppler atau menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut. 4. 5. Membandingkan intensitas atau taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik.

4. 5. Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler.

25. Efek Doppler untuk berbagai kondisi

4. 6. Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi pada berbagai kondisi yang berbeda.

26. Taraf Intensitas bunyi pada perubahan jumlah atau jarak sumber bunyi 27. Resultan gaya Coulomb dari beberapa muatan listrik 28. Medan listrik diantara dua muatan titik

5. Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi.

5. Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah.

5. 1. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum Coulomb atau medan listrik.

5. 1. Menentukan besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.

5. 2. Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan atau tegangan listrik.

5. 2. Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar. 5. 3. Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu rangkaian berdasarkan hukum Kirchoff.

29. Kapasitas kapasitor keping sejajar (C = q/V)

5. 3. Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup.

30. I atau V pada rangkaian DC yang tersusun oleh beberapa resistor dan batere 31. Induksi magnetik kawat di sekitar kawat melingkar 32. Gaya Lorentz pada muatan bergerak.

5. 4. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan medan magnet induksi di sekitar kawat berarus.

5. 4. Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik.

5. 5. Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz) atau menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya. 5. 6. Menjelaskan kaitan besaran-besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday.

5. 5. Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen. 5. 6. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja transformator. 5. 7. Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.

33. Transformator

5. 7. Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus listrik bolakbalik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.

34. Rangkaian RLC sifat R, L atau C 35. Grafik rangkaian R, L atau C

SKL 2011 6. Memahami konsep dan prinsip relativitas, teori atom, dan radioaktivitas serta penerapannya.

SKL 2012 6. Memahami konsep dan prinsip kuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

INDIKATOR SKL 2011 6. 1. Membedakan teori-teori atom.

INDIKATOR SKL 2012 6. 1. Menjelaskan berbagai teori atom.

PREDIKSI SOAL 36. Teori atom Bohr atau Rutherford 37. Energi foton

6. 2. Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan peristiwa efek foto listrik/efek Compton. 6. 2. Menganalisis teori relativitas dan besaran-besaran yang terkait. 6. 3. Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam. 6. 4. Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom. 6. 5. Menentukan jenis-jenis zat radioaktif atau mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan. 6. 4. Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom. 6. 5. Menjelaskan pemanfaatan zat radioaktif dalam berbagai aspek kehidupan. 6. 3. Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan teori relativitas.

38. Kecepatan relatif

39. Energi reaksi atau defek massa 40. Manfaat zat radioaktif dalam bidang industri

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->