P. 1
Ppt Ginjal

Ppt Ginjal

|Views: 265|Likes:
Published by Dito Keyen

More info:

Published by: Dito Keyen on Feb 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2014

pdf

text

original

Buku Ajar Ilmu Bedah) .Wim Dejong.Definisi BSK Batu di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri. perdarahan. (Sjamsuhidajat. penyumbatan aliran kemih atau infeksi.

Pada abad ke-16 hingga abad ke-18 tercatat insiden tertinggi penderita batu saluran kemih yang ditemukan diberbagai negara di Eropa.Epidemologi BSK Hippocrates yang merupakan bapak ilmu Kedokteran menulis 4 abad sebelum Masehi tentang penyakit batu ginjal disertai abses ginjal dan penyakit Gout. .

Kamboja. misalnya Indonesia. dan Mesir. Thailand. di negara-negara berkembang penyakit batu ini masih ditemukan hingga saat ini. Batu saluran kemih menduduki gangguan sistem kemih ketiga terbanyak setelah infeksi saluran kemih dan BPH. India.Berbeda dengan eropa. .

Etiologi BSK Faktor intrinsik antara lain : Herediter (keturunan) : penyakit ini diduga diturunkan dari orang tuanya. Umur : penyakit ini paling sering didapatkan pada usia 30-50 tahun. Jenis kelamin : jumlah pasien laki-laki tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan pasien perempuan .

( Basuki B. Dasar-Dasar Urologi. ) . oksalat dan kalsium mempermudah terjadinya batu. Fakultas kedokteran Brawijaya. 2009. purnomo.  Diet : Diet tinggi purin.Faktor ekstrinsik diantaranya adalah :  Geografis : pada beberapa daerah menunjukkan angka kejadian batu saluran kemih yang lebih tinggi dari pada daerah lain sehingga dikenal sebagai daerah stonebelt. Malang.  Iklim dan temperatur  Asupan air : kurangnya asupan air dan tingginya kadar mineral kalsium pada air yang dikonsumsi.  Pekerjaan : penyakit ini sering dijumpai pada orang yang pekerjaannya banyak duduk atau kurang aktifitas atau sedentary life.

dkk.. A. ) . Penerbit Media Asculapius. ( Mansjoer. FK UI 2000. Kapita Selekta Indonesia.Definisi BPH Pembesaran Prostat Jinak (PPJ) disebut juga Benigna Prostate Hyperplasia (BPH) adalah hiperplasia kelenjar periuretral prostat yang akan mendesak jaringan prostat yang asli ke perifer dan menjadi simpai bedah.

Epidemiologi BPH Pada usia lanjut beberapa pria mengalami pembesaran prostat benigna. Keadaan ini dialami oleh 50% pria yang berusia 60 tahun dan kurang lebih 80% pria yang berusia 80 tahun .

.Etiologi BPH Beberapa hipotesis menyebutkan bahwa hyperplasia prostat erat kaitannya dengan peningkatan kadar dehidrotestosteron (DHT) dan proses aging (menjadi tua).

.Definisi Stiktur Uretra ‡ Striktur uretra adalah penyempitan lumen uretra akibat adanya fibrosis pada dindingnya.

7 %. .Epidemiologi Stiktur Uretra Ljunghell dan Hedstrand dalam laporannya yang dilakukan secara kuisioner retrospektif di swedia mendapatkan angka prevalensi 13.

.Etiologi Striktur Uretra Striktur uretra dapat terjadi secara: Kongenital. Didapat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->