BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Seperti yang telah kita ketahui, Perguruan Tinggi Universitas merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berguna untuk memperluas wawasan mahasiswa sesuai dengan instuisi yang diambilnya. Desain Komunikasi Visual contohnya, merupakan bidang ilmu desain yang erat kaitannya dengan sesuatu yang berbau visual. Di dalam DKV terdapat pelajaran mengenai teori warna, tipografi, layouting, serta simbol-simbol dan ilustrasi yang beraneka macam. Bidang ini mengajarkan bagaimana kita menyampaikan suatu pesan dan bentuk non-verbal (visual) yang berkonsep sehingga bisa dimengerti oleh masyarakat. Dari situlah, mahasiswa akan mendapatkan banyak pengetahuan-pengetahuan serta ilmu-ilmu baru yang tidak mereka dapatkan semasa duduk di bangku sekolah. Namun, secara garis besar instuisi pendidikan / universitas akan lebih banyak mengajarkan tentang teori-teori serta sisi akademis dan belum ke arah yang universal, seperti terjun langsung dan terlibat dalam lingkupan dunia pekerjaan. Untuk itu mahasiswa memerlukan Kerja Praktek untuk melihat seberapa banyak sisi akademis yang di dapat semasa kuliah dan mengembamgkan serta mempraktekkan di dunia kerja khusunya di bidang produksi desain. Kerja praktek yang dilakukan selama periode 3 bulan di CMC BINUS UNIVERSITY ini sangat penting dalam pengaplikasian dan pengembangan ilmu Desain Komunikasi Visual. Karena melalui KP ini secara tidak langsung kita harus mampu menyeimbangkan antara dihadapkan dengan berbagai request dengan berbagai target moodboarding mulai dari anak-anak hingga dewasa. Disini kita keinginan client dengan sisi idealis kita yang berhubungan dengan suatu design. Bagaimana kita mampu menjalin hubungan dan bertemu bermacam-macam karakter orang-orang dan bagaimana mengembangkan suatu profesionalitas kerja secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip design dan praktek yang nyata sehari-hari. 1

1.2

Ruang Lingkup Ruang Lingkup di CMC BINUS UNIVERSITY sangatlah luas. Saya bekerja sebagai junior graphic designer yang mulai mencicipi suatu design yang berbau corporate namun harus tetap flexible. Disini saya mengerjakan berbagai macam design seperti Promotional item, logo, bulletin, dll. Lingkup designnya mencangkup berbagai request yang tentunya berasal dari jurusan serta cabang-cabang dari BINUS UNIVERSITY itu sendiri, seperti BINUS SIMPRUG & SERPONG, BIS,BBS, BGP, BINUS CENTER, BOL, BU, BINUS CAREER. Masing-masing dari Cabang tersebut memiliki style design yang berbeda-beda

1.3

Tujuan dan Manfaat
-

Tujuan KP :
a. Mengaplikasikan teori / ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dengan praktek

kenyataannya di instansi atau perusahaan.
b. Memperoleh pengalaman bagaimana suasana nyata dalam bekerja, bagaimana

berkomonikasi dan bersosialisasi dalam lingkungan kerja.
c. Memperoleh suatu bekal untuk terjun kelapangan usaha di masa datang,

sehingga menjadi sarjana yang siap pakai setelah menyelesaikan program sarjana.
d. Melatih sikap lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang didapat

dari perusahaan.
e. Melatih diri untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang

ditentukan. Manfaat dari KP adalah:

Memperoleh ilmu-ilmu yang tidak di dapatkan di bangku kuliah. (Mendapatkan pengalaman bagaimana bertemu dengan clien dan bekerjasama dalam team yang efektif dan efisien). 2

serta posisi tiap staff yang bekerja di perusahaan tersebut dan mengenai proses design yang biasa mereka lakukan. metodologi dan sistematika penulisan 3 . 1.5 Sistematika Laporan Kerja Praktek ini terdiri dari empat bab dengan sitematika penulisan sebagai berikut: Bab I : Pendahuluan Bab ini berisi tentang latar belakang. ruang lingkup. tujuan & manfaat dari kerja praktek. memastikan alamatnya serta posisi tempat kantor tempat berlangsungnya kerja praktek selama 3 bulan ini. 1. - Studi Literatur Pustaka dengan teori Studi ini dilakukan dengan membaca dan mencari referensi untuk tambahan mengetahuan dan dijadikan panduan dalam penyusunan laporan kerja praktek ini. Sebagai salah satu prasyarat untuk Pelaksanaan Tugas Akhir jurusan Desain Komunikasi Visual. Metode Wawancara Metode wawancara digunakan guna mengumpulkan informasi mengenai sejarah perusahaan.4 Metodologi Dalam penyusunan laporan ini. saya mengumpulkan data laporan kerja praktek dengan melakukan beberapa studi seperti: Studi Lapangan Studi ini merupakan studi praktek dimana saya mensurvey kantor tempat saya bekerja. namun lebih kepada praktek.• • Mengetahui dan mendapatkan wawasan tentang dunia kerja tidak hanya sebatas teori saja. jabatan-jabatan yang ada.

Meliputi sejarah organisasi. disertai contoh hasil karya dan prosesnya. job describtion. sampai pada eksekusi ke media. dari mulai brief dari client. Bab III : Perancangan dan Implementasi Pada bab ini. serta alur kerjanya.- Bab II : Analisasi Organisasi Bab ini menjelaskan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan struktur perusahaan tempat dilaksanakanya kerja praktek dengan terperinci dan jelas. struktur. - Bab IV : Penutup Berisi tentang kesimpulan dan saran dari kerja praktek yang telah dilakukan. 4 . gambaran proses pemecahan masalah(proses kreatif). Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil kerja praktek dan saran yang dapat diberikan kepada DKV Binus untuk proses ke depannya. brainstorming. Berisi penjelasan dari tiap-tiap hasil design yang telah dibuat beserta keikutsertaan terhadap suatu proses design tersebut hingga ke hasil akhir.

baik itu mahasiswa maupun orang awam. Pada awalnya divisi design ini memiliki para designer yang tersebar di seluruh cabang binus. Binus International.Bab II ANALISASI ORGANISASI 2.1 Visi CMC Visi dan Misi CMC o • Menciptakan suatu usaha periklanan yang dinamis dan memberi klien keunggulan yang prima. Kini.1. (Bina Nusantara = ‘ world class university’). exellence. merupakan suatu organisasi yang dibentuk Binus guna memperkenalkan Binus berikut di dalamnya segala informasi yang berhubungan dengan Binus agar semakin dikenal oleh khalayak ramai. Di dalam keorganisasian CMC terdapat divisi desain dan divisi komunikasi. 5 . maka timbul kebijakan baru bahwa seluruh designer yang tersebar tersebut akhirnya dikumpulkan menjadi satu. Request disini bermacam – macam mulai dari promotion tools hingga ke aspek advertisement.1 Sejarah Perusahaan Divisi Design dengan nama Corporate Marketing Communication atau yang biasa disingkat CMC. keterampilan dan sikap mental professional dalam perusahaan sesuai dengan tagline Binus people. • Mengembangkan kemampuan. dan membuat requestrequest design dari berbagai cabang dari BINA NUSANTARA (ex. Binus Center. Innovative. dll). Binus School Serpong & Simprug. para designer yang telah tergabung dan berkumpul tersebut menempati ruang CMC yang terletak di Kampus Syahdan Bina dan mulai berkarya serta menyelesaikan berbagai request –request design secara dalam team dan dikepalai oleh seorang head. Mereka bertugas untuk menerima. Namun karena dirasakan tidak adanya keefektifan dan keefisienan dalam berkarya. mendukungnya dalam berkompetisi di pasar. 2. merespon.

• • Penekanan pada kultur perusahaan pada etika berusaha. Memberikan penekanan dalam etika berusaha dan etika biaya dalm kebersamaan kerjasama dengan tujuan akhir hasil usaha. Menjadi bagian yang aktif dalam periklanan yang berperan secara global. o Misi CMC • • • Menciptakan ide dan karya desain yang mempunyai keunikan. Satu team terdiri dari 5 orang dengan 1 Head.1. creative. Sedangkan Divisi Design itu sendiri memiliki satu team designer yang dikepalai oleh seorang head. keunggulan sesuai dengan identitas / karakter Bina Nusantara. 2. Marketing biasanya melakukan request design yang kemudian dilempar ke Divisi design. Mewujudkan usaha periklanan berkualitas yang selalu innovative. professional dan berwawasan. Struktur CMC secara keseluruhan 6 .2 Struktur CMC CMC memiliki beberapa divisi di dalamnya yang saling berkaitan. Struktur organisasinya sebagai berikut. Divisi Communication terdiri dari marketing. kerja sama team dan kemampuan bersaing.

2 Creative Director Peranan Creative director adalah sebagai berikut: • Bertanggung jawab atas perkembangan.2.2. request-request design dan pelayanan kreatif perusahaan. Art Director. Dalam hal ini karena di Inhouse seperti CMC designernya hanya ada 5 orang maka dalam Creative Department ini jabatan kerja Creative Director. Head dari divisi CMC merangkap jabatan sebagai Creative Director.2 Job Deskription Creative Department Creative Department berperan dalam menciptakan ide-ide kreatif yang nantinya dituangkan dalam desain. 7 . 2. maupun photographer bisa dijabat rangkap oleh beberapa designer yang memiliki kemampuan / skill lebih.Struktur CMC berdasarkan pembagian divisi 2.1 2. copywriter.

3 Art Director Peranan Art Director adalah sebagai berikut: • • • • Bertugas mencari ide-ide kreatif untuk dituangkan ke dalam Memastikan ide-ide kreatif yang telah dirancang dapat Menterjemahkan konsep kreatif menjadi suatu desain suatu visual. 2.5 Photographer Peranan Photographer adalah sebagai berikut:  Melakukan sesi fotografi di lokasi yang telah ditentukan oleh klien.2. Membawa mood model untuk bisa terbawa suasana sesuai dengan tema pemotretan. 2. Kepala bidang bina cipta dan membantu mengarahkan para diajukan klien. komunikasi visual.2. Membuat suatu desain sesuai dengan ide kreatif yang telah Bertanggung jawab atas hasil visual sebuah desain. Menyerahkan Final Art-Work bisa melalui email maupun dalam dirancangkan. 8  .• • • Mengenali dan mencari konsep untuk permasalahan yang Bertanggung jawab atas kejujuran serta keaslian sebuah desain. 2.4 Graphic Designer Peranan Graphic Designer adalah sebagai berikut: • • • • Bersama dengan art director mencari ide-ide kreatif. diterapkan ke dalam segala bentuk visual untuk berbagai media. bentuk CD atau dummynya kepada klien / percetakan yang bersangkutan. desainer.2. Bertanggungjawab dalam mengembangkan dan melaksanakan kreativitas mulai dari tahap perencanaan hingga tahap akhir.

tugas lain dari request design adalah berupa informasi visual terdiri dari pengumuman maupun pemberitaan berikut informasi sehubungan tentang binus dan perkuliahan yang disajikan dalam bentuk visual yang menarik. Selain itu. yaitu Universitas Bina Nusantara.1 Implementasi • Tahap 1 Tahap dimana brief dari klien di dapat kemudian diidentifikasi permasalahannya untuk kemudian diolah dan dijadikan sebagai acuan design. • Tahap 3 Mengaplikasian ide-ide dan konsep yang telah di dapat untuk dituangkan ke dalam suatu design dengan beberapa alternatif.  2. 9 . • Tahap 4 Tahap perbaikan atau penambahan serta revisi yang diperlukan baik dari senior designer maupun klien yang bersangkutan. professional. Divisi ini bertanggung jawab penuh terhadap brand (Bina Nusantara) yang sifatnya mempromosikan lembaga pendidikan tersebut melalui karya-karya visual yang menarik. dan berwawasan sehingga dikenal oleh banyak orang / mahasiswa.3 Kegiatan CMC Divisi Design Bina Nusantara CMC (Corporate Marketing Comunication) divisi design merupakan sebuah divisi yang bergerak di bidang design grafis yang bisa disebut sebagai inhouse karena mereka terdiri dari beberapa orang saja dan bekerja di bidang grafis untuk sebuah perusahaan. • Tahap2 Pencarian ide-ide dan konsep yang sesuai untuk kemudian diolah menjadi suatu design yang kreatif dan menarik. 2.4. creative.4 Implementasi & Perancangan 2. Menjalin komunikasi yang baik antara klien dengan model. Mengambil foto sesuai dengan prinsip fotografi yang baik untuk kemudian diserahkan kepada klien. unik.

4.• Tahap 5 Design yang telah di approve kemudian dibuatkan final artworknya sesuai dengan kebutuhan.2 Perancangan 10 . 2.

Ukurannya 170 x 210 x 150 cm Targetnya adalah anak-anak playgroup dan SD BIS SERPONG.Bab III PERANCANGAN dan IMPLEMENTASI 3.1 Karya-Karya Selama KP di CMC Selama menjalani kerja praktek . maka gaya designnya menggunakan konsep full illustrasi dengan suasana / mood ceria disertai dengan foto-foto anak-anak yang ingin ditampilkan dilayout dengan permainan warna dan bentuk. Konsep: Karena targetnya adalah anak-anak. 11 . Content hanyalah judul saja selebihnya vector. Poster & Backwall Papan Trapesium Brief: BIS menginginkan bentuk poster trapesium bolak balik dan nantinya akan di pasang di tiap-tiap ruangan BIS Serpong & Simprug. BIS Serpong & Simprug a. beberapa project yang sempat saya pegang dan kerjakan adalah sebagai berikut: 1. Bertema “A Home for Learning” yang intinya belajar di Binus Serpong sama seperti belajar di rumah.

b. baik di web maupun di Binus. Ucapan Idul Fitri & Berbuka Puasa Bersama Brief: Spanduk ini dibuat dalam rangka menyambut hari berbuka puasa dan idul fitri. Kebersamaan yang dimaksud tidak hanya 12 . Ukuran yang di inginkan 1 x 5 m yang kemudian diturunkan dengan berbagai ukuran lagi untuk di sesuaikan dengan tempat pemasangan. Konsep: Untuk spanduk berbuka puasa bersama tema yang ingin di angkat adalah kebersamaan dan 30 tahun Binus.

gaya designnya bebas. 13 . untuk itu saya menggunakan vector para muslim dipermanis dengan background berupa ketupat dan content berupa text. kemudian diolah menjadi suatu bentuk design yang menampilkan keharmonisan antar etnis. c. Bee News Brief: Buletin Bee news ditujukan untuk anak-anak BIS mulai dari TK hingga SMA. ukurannya A4 + dan dilayout dengan permainan warna dan typography yang menarik. Untuk spanduk Idul Fitri. bulletin berisi informasi-informasi mengenai BIS.tertuju untuk kaum muslim saja namun juga etnis-etnis lainnya turut serta di dalamnya. Untuk itu design dibuat dengan menampilkan orang-orang dengan berbagai etnis.

Bee news sama seperti membuat majalah. d. dan ceria disertai dengan logo binus serpong. Kemudian diberi logo Binus Serpong di pojok kanan atas maupun bawah. Desain yang dikendaki fun. edukatif.Konsep: Disesuaikan dengan isi dan judul dari tiap-tiap content. Jam Dinding Design Serpong Brief: Membuat Background untuk Jam Dinding dengan ukuran A4. 14 . ada halaman di tiap-tiap sudut footer dan header pada bagian awal bulletin. Konsep: Berdasarkan brief di atas maka penggabungan elemen – elemen warna dan benda-benda yang bersifat edukatif disusun sedemikian rupa agar terkesan tidak monoton dan tetap menarik untuk dilihat. layout dimainkan dengan penggunaan warna yang cerah dan foto-foto diaplikasikan agar tidak terkesan flat. menarik. Tema bebas disesuaikan dengan target sasaran anak-anak yang bersekolah di Serpong.

f. pengambilan gambar seperti mike dan elemen-elemen lain digunakan untuk mendukung tampilan logo agar lebih berkesan maksimal. Desain yamg dikendaki adalah harus menampilkan kesan presenter dengan permainan warna yang menarik Konsep: Dengan mengambil konsep di bidang presenter maka dalam pembuatan logo ini digunakan anagram.e. Post it magnet Brief: Post it ini dibuat dengan ukuran yg berisi foto-foto anak-anak Binus Serpong yang dilayout pada bagian atas. Dengan target anak-anak muda / teens. Logo Presenter Competition Brief: Logo ini dibuat karena Binus International School mengadakan kompetisi di bidang presenter untuk menarik anak-anak yang berbakat di bidang jurnalistik maupun presenter untuk mengikuti lomba tersebut. sedangkan bagian bawahnya hanyalah 15 .

Invitation & Web Banner Appreciation Night Brief: BBS design style yang digunakan lebih dewasa dan cenderung berwarna biru dan mengarah kepada professional business. Selebihnya. dll dimana maksud dari tiap-tiap promotional toolsnya berisikan acara tentang seminar-seminar dengan pembicara orang-orang terkenal di bidang bisnis. Konsep: Berkaitan dengan brief di atas. Konsep: Menggunakan wrna merah dan merah maroon untuk mewakili sisi Binus Serpong itu sendiri. Untuk itu design yang dikendaki adalah design yang benar-benar simple dan berbau bisnis. b.lembaran kertas polos yang berisi content logo binus. 16 . Design harus simple namun tetap berkelas. BBS (Binus Business School) a. dan alamat website. maka warna biru muda menjadi warna yang dominan digunakan untuk menonjolkan sisi bisnis. foto-foto di layout agar enak dipandang dengan tambahan elemen-elemen bidang untuk mempermanisnya. web banner. Konsep: Invitation & Web banner menggunakan wrna hitam dipadu dengan warna abuabu dan biru tua untuk memunculkan kesan tone dewasa. CEO Speaks Brief: CEO Speaks merupakan kumpulan 1 paket dari hall of fame. poster. penggunaan grid yang ada juga dibuat serapi mungkin dengan sentuhan foto tiap-tiap pembicara pada promotional itemnya. nomer telepon. Kemudian pada bagian content menggunakan text warna putih dengan background hitam dan di layout rata kanan dengan tambahan mandatory pada bagian bawahnya. 2. Formal dan rapi.

Selain itu. Untuk ukuran Lift 110 x 210 cm sedangkan escalator 120 x 825 x 120 cm. Konsep: Design dilayout dengan penggunaan wrna kuning dan biru yang dominan. 4. b. logo Binus University juga di ikutsertakan untuk mengingatkan bahwa untuk menjadi seorang IT leader dibutuhkan sebuah institut pendidikan yang baik.3. Lift & Eskalator promotion ads Brief: Pada design style BGP. Konsep: Karena sifatnya yang formal maka disini untuk lift dan escalator adsnya menggunakan permainan foto-foto orang berkelas agar pesannya dapat tersampaikan dengan jelas. Bina Nusantara a. menuntut adanya design yang benar-benar formal karena disini targetnya lebih ke IT. Cashless Vaganza & Flazz Cashless Progam Brief: 17 . Ukurannya A3 dengan design bebas yang terpenting adalah rapid an terkesan dewasa. Bentuknya memanjang dan berisi konten “You are the Next IT Leader”. sedangkan text rata kiri dan hierarkhinya diperjelas antara judul dengan bodycopy. Mading Big 4 Accounting Brief: Mading berisi informasi mengenai berita binus yang menempati urutan ke empat pada bidang accounting. sehingga penggunaan warnanya jg harus benar-benar warna dengan mood yang elegan dan tidak boleh ada permainan warna. kemudian foto-foto yang ingin ditampilkan dikemas menggunakan foto Polaroid. BGP (Binus Graduate Progam) a.

c. Konsep: 18 . Konsep: Warna yang dominan digunakan adalah orange. ungu. dan kuning. Hierakhi dimainkan typografinya agar terkesan menarik dan menonjol. kesatuan antara komunitas anak muda. Designnya bebas namun harus lebih ke arah mahasiswa. Karena banyaknya text yang ada. Konsep: Untuk menekankan bahwa ini adalah jurnalistik maka penggunaan background kertas dan pena ditonjolkan dan juga berfungsi sebagai tempat dimana konten dituliskan.Cashless Vaganza & Flazz Cashless Progam dengan ukuran poster A4 yang kemudian diturunkan ke web banner ini berisi informasi mengenai penggunaan kartu flazz di kawasan kampus Bina Nusantara. Logo Youth to Community Brief: Logo ini ingin menampilkan kesan kebersamaan. penyusunan antara judul dan text di olah sedemikian rupa agar enak dilihat dan tidak membuat orang malas untuk membacanya. Design tema bebas dan harus berbau jurnalistik. d. Dengan header Binus pada bagian atas dan tambahkan logo binus media group. buletin dan warta jwc. merah. Recruitment Journalist Poster A2 Brief: Poster dengan ukuran A2 ini berisi tentang BINUS MEDIA GROUP membuka lowongan buat para mahasiswa yang tertarik atau ingin menyalurkan hobi di dunia jurnalistik. kehangatan. Berisi konten-konten yang dituntut penggunaan hierarkhi yang jelas.

dan formal. web banner warna-warna yang dominan digunakan adalah emas dan hitam untuk menampilkan kesan elegan dan berkelas. majalah” bagi para binusian. Gaya design bebas. sedangkan logo Binus University pada bagian bawah beserta dengan sponsor-sponsor yang ada. g.Mengusung dari arti logo di atas maka digunakan warna-warna sifat untuk menampilkan maksud dari logo tersebut. Kemudian logonya disingkat menjadi Y2C agar tidak terlalu panjang di text. paper bag. invitation. Mind + promotion ads Brief: Mind + disini targetnya parents yang diundang untuk mengikuti seminar tentang bagaimana cara mendorong bakat anak untuk bisa menjadi sukses. f. TFI poster Brief: Menghendaki Poster ukuran A3 dan A5 mengandung tema tentang “Jangan buang buku. terdiri dari 18 quotes yang harus diselesaikan. web banner. Gaya desain bebas dan dianjurkan sesuai dengan penekanan judul. Konsep: Dalam pembuatan poster A4. komik. Design yang dikendaki harus berkelas menengah ke atas. invitation. Ukurannya 55 x 70 cm. dan kuning. e. paper bag. 19 . hijau. Menghendaki request poster A4. yaitu merah. simple. Logo Mind + diletakkan di bagian kanan atas. Permainan Typography. Targetnya mahasiswa binus. bentuk. Konsep: Text dilayout menggunakan prinsip typography dengan permainan warna. 18 Quote poster Brief: Melayout Poster yang berisi quotes-quotes dari orang terkenal. maupun prinsip & gaya design agar terkesan menarik dan enak dibaca.

Konsep: Text dilayout menggunakan prinsip typography dengan permainan warna. HR Gathering Poster Brief: 20 .com. maupun prinsip & gaya design agar terkesan menarik dan enak dibaca. dan penekanan alamat website diperbesar sehingga semua mata langsung tertuju padanya. Konsep: Menggunakan warna merah dan emas yang dominan agar terkesan corporate dan professional dengan dipermanis oleh foto di bagian kanan. 6. Pada bagian atas terdapat header dan bagian bawah ISO. Spanduk & xBanner SISCO Brief: Menghendaki Poster ukuran A3 dan A5 mengandung tema tentang “Jangan buang buku. Yang ingin ditonjolkan disini adalah “www. komik. Pengolahan typography laennya menyusul sesuai tahapan yang paling penting ingin ditampilkan. website tempat dimana seluruh info mengenai lowongan pekerjaan berada. Gaya desain bebas dan dianjurkan sesuai dengan penekanan judul. Spanduk Lowongan Bicar Brief: Spanduk ini dikhususkan untuk mahasiswa binus semester akhir yang ingin mencari lowongan pekerjaan. bentuk. Binus Center a. Targetnya mahasiswa binus. maupun prinsip & gaya design agar terkesan menarik dan enak dibaca. 5. BICAR (Binus Career) a. bentuk. b. Gaya desain lebih ke arah profesionalisme kerja. Konsep: Text dilayout menggunakan prinsip typography dengan permainan warna. majalah” bagi para binusian.binuscareer.

Binus Square a. 8. menarik. Binus University a. competition serta foto gedung dan kamar. Berisi informasi seputar games dan hadiah-hadiah serta uji keberuntungan dalam rangka menyambut tahun baru. Penggunakan warna orange dijaga moodnya agar tetap menampilkan kesan profesionalisme. Diberi gambar seperti Boarder activity yang berhubungan dengan kegiatan akademis seperti seminar. dan fun. sales contain. Konsep: Karena acara seminarnya bersifat bisnis strategi maka pengolahan background harus mendukung. Kemudian. Konsep: 21 . Beberapa foto dimainkan peletakannya agar terkesan fun. Flyer Binus Square Brief: Menginginkan mood design yang simpel. meriah. Header Binus Square diletakkan pada bagian atas. Gaya desain bebas. Diberi header pada bagian atas dan sponsor d bagian bawah. Acara yang di adakan Binus Center ini menginginkan warna dominan orange dan gaya design yang terorganisir dan rapi. 7. Text dibuat penekanan. Konsep: Design dibuat eye catching dengan menggunakan permainan warna dan menonjolkan hierakhi agar pembaca tertarik. attractive. Ukurannya A5 dengan target mahasiswa Binus. Lucky Draw Poster Brief: Poster A2 dengan tujuan untuk menjaring dan menarik perhatian anak-anak muda untuk melakukan pendaftaran mahasiswa di Binus. hierarkhi yang ingin ditampilkan di perbesar dan menyusul informasi-informasi sesudahnya.Poster ini berisi informasi seminar tentang bisnis dan strategi. shortcourse.

Gaya desain behubungan dengan pajak dan harus mudah dibaca. Logo-Logo Progam BU Brief: Binus memiliki progam-progam baru dan harus mempunyai logo-logo sesuai dengan nama progamnya. Konsep: 22 . Tidak terkesan flat dan datar. d. pemenang beasiswa jepang. b. Targetnya adalah orang-orang yang ingin mengetahui lebih dalam tentang brevet dan perpajakan. Konsep: Mengusung tema dari brevet dan pajak di atas maka desain yang ada dibuat sesimpel mungkin untuk lebih memudahkan keterbacaan namun tidak membuat orang malas untuk membaca akibat banyaknya text.Agar memiliki stopping power yang kuat maka penampilan vector dan judul sengaja dibuat meriah. Brevet Brief: Mendesign brosur dengan 3 lipatan. Konsep: Gaya desain disesuaikan dengan tema yang bersangkutan. Dengan penonjolan hierarkhi yang jelas. Permainan warna ditonjolkan pada sisi-sisi tertentu agar menarik untuk dilihat. 3 Web Banner Japan Brief: Mendesain web banner 720 x 400 px sehubungan dengan mahasiswa-mahasiswa yang mendapat penghargaan dan juara 3 besar sesuai dengan tema yang ada di antaranya. Penggunaan elemen-elemen geometri dibuat sedemikian rupa untuk memisahkan antar judul / sub judul. dan peraih juara 1 dalam kompetisi yang diakan oleh kementrian perhubungan. Cukup menggunakan 1 warna atau tidak lebih dari 2 dan harus bersifat corporate. lomba pidato jepang. c.

Logo dibuat dengan menggunakan vector dengan menampilkan ilustrasi pictogram yang merepresentasi dari tiap-tiap progam agar terkesan modern dan unik. berwarna. sedangkan untuk desain tas yang bersifat fun dilengkapi dengan elemen bee untuk mempermanis dan penggunaan warna hijau orange. e. Tas BU Brief: Membuat tas kain dengan 1 design corporate dan 1 design yang lebih fun. Konsep: Permainan tipografi pada judul dan penggunaan warna-warna cerah di olah dengan menggunakan text dengan pemilihan font dan warna yang tepat agar legibilitynya mudah. foto 4 kampus Binus. Selain itu. & ISO harus di ikutsertakan. dengan informasi yang harus jelas untuk di baca. Spanduk Outreach & TPKS Brief: Spanduk ini berisi informasi bahwa Binus hadir di 19 kota yang berbeda. Boleh terdiri dari logo Binus maupun bee yang merupakan mascot Binus itu sendiri. g. header. Sticker School of Information Progam Brief: 23 . Dengan ukuran spanduk yang berbeda untuk tiap kotanya. Konsep: Untuk desain tas yang bersifat corporate menggunakan logo Binus dan warna biru yang diambil dari header Binus. Hanya boleh ada 2 warna saja dengan komposisi yang menarik. Gaya desain cerah. f.

Membuat tas kain dengan 1 design corporate dan 1 design yang lebih fun. flyer A5. biaya. sedangkan untuk desain tas yang bersifat fun dilengkapi dengan elemen bee untuk mempermanis dan penggunaan warna hijau orange. Boleh terdiri dari logo Binus maupun bee yang merupakan mascot Binus itu sendiri. BOL (Binus Online Learning) a. Gaya desain BOL lebih menginginkan warna dominan biru muda dan berbau bisnis professional. Konsep: Untuk desain tas yang bersifat corporate menggunakan logo Binus dan warna biru yang diambil dari header Binus. b. serta informasiinformasi penting lainnya. Konsep: 24 . Ukurannya A3. Sisipan BOL Brosur Brief: BOL brosur berisi informasi tentang pendaftaran BOL. BOL Poster A3 Career Seminar Brief: Poster berisi seminar gratis tentang perkembangan ekonomi dan bisnis bersama Dino Martin tentang bagaimana menyiapkan diri dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi. Tidak ada permainan tipografi maupun warna karena yang ingin ditekankan disini adalah bagaimana agar informasi tersebut bisa tersampaikan dengan jelas baik menggunakan tabel maupun elemen desain yang simple. Dengan desain yang rapi dan jelas. Hanya boleh ada 2 warna saja dengan komposisi yang menarik. Konsep: Penggunaan warna seminimal mungkin. Kemudian dengan penambahan elemen ulir-ulir Binus pada bagian dalam untuk kesan yang professional. kemudian diturunkan menjadi thumbnail dan web banner. 10.

setelah itu baru di ajukan ke klien. 25 . Hal ini membuat saya shock pada awal bekerja karena saya mulai menyadari bahwa di dunia kerja sangatlah berbeda di dunia perkuliahan. Karena dituntut untuk bekerja cepat. Karena watu disini adalah segalanya. namun di dunia kerja hal ini tidak berlaku lagi. Tak lupa. kemudian disatukan dengan background yang mendukung sesuai dengan judul tersebut untuk membangun mood yang diinginkan. Jika diterima maka tidak perlu melakukan revisi lagi dan bisa langsung naik cetak.Gaya desain dibuat seprofesional mungkin dengan penekanan hierarkhi yang tepat & jelas. saya terlebih dahulu mendapatkan brief dari klien / senior designer mengenai design yang akan di buat.1. Setelah melalui brief saya mulai mencari ide dan konsep yang sesuai untuk di aplikasikan pada design tersebut. Penambahan header dan ISO pada bagian bawah. Dalam membuat Project di atas. maka project yang akan dikerjakan tanpa melaui proses sketsa. namun langsung ke komputer.1 Permasalahan Permasalahan yang saya hadapi selama saya bekerja adalah fasilitas yang kurang menunjang disertai dengan request design yang sangat banyak dan deadline kerja yang cepat. Bab IV PENUTUP 4. foto pembicara di sebelah kanan dengan penjelasan sejarah dari pembicara di sampingnya.1 Permasalahan Kasus KP 4. Setelah proses design dilakukan dan dibuat baru design tersebut menerima revisi dari pihak senior designer. Di dunia perkuliahan 1 tugas bisa dikerjakan hingga seminggu.

Melihat ke dalam gaya style design saya lebih menguasai style dengan gaya vector / ilustrasi. Hingga suatu saat CPU tersebut tidak bisa dinyalakan akibat tidak kuat dan kekurangan memory. namun tetap berkelas. Akibatnya jika mendesign suatu karya mood design saya cenderung ke arah target anak-anak. Mulai dari Binus School. Binus Serpong & Simprug sengan style full illustrasi. fun. BGP dengan style tingkat atas yang formal. Sebagai contoh. hingga BGP (Binus dengan system pendidikan Strata 2). Spesifikasi dari RAM hanya 256Mb dengan kapasitas hardisk yang tidak lebih dari 2 Giga. Sedangkan cabangnya sendiri ada sekitar 10 cabang. di divisi ini request design berdatangan dari berbagai macam cabang. Masalah lainnya terletak pada request design. Binus University dengan style remaja. Binus University. Saya mencoba bersabar dan terus berkarya. Namun setelah memanggil IT dan melalui beberapa jam proses pembetulan data dapat diselamatkan dan memory RAM diupgrade menjadi 512Mb. Hari demi hari saya terus berusaha memahami character design dari berbagai macam request design dan 26 . Meskipun computer yang saya pakai tidak memenuhi standart yang ada. Para designer dituntut untuk berpikir cepat dalam menciptakan suatu ide. meskipun sampai lembur. computer kantor yang saya gunakan benar-benar membuat saya frustasi. ceria. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap mood design yang akan dibuat.Dalam sehari saya diharuskan untuk menyelesaikan beberapa proyek dengan konsep ide yang jelas sesuai keinginan klien. Masing-masing cabang dari BINA NUSANTARA tersebut memiliki gaya dan style design yang berbeda-beda. dan simple. Pada awalnya saya merasakan stress yang berkepanjangan karena selain banyaknya request design yang ada dan pengharusan berpikir secara cepat dalam mencari ide. serius. kembali pada sudut pandang bahwa magang adalah belajar menuangkan ide yang telah dipelajari selama kuliah untuk dipraktekkan dalam dunia kerja. saya kawatir jika data-data yang ada hilang. saya mencoba sebisa saya untuk menyelesaikan request design yang diberikan sesuai jadwal deadline.

barulah mereka menemukan keinginan design mereka. saya dapat menghandle smuanya dengan baik. pada divisi ini ada beberapa klien yang merequest.mulai membedakan serta mempelajari berbagai mood design yang kemudian saya coba aplikasikan ke design yang saya buat. namun mereka tidak mengerti ingin design stiker seperti apa. Agar hal. dan mau mengerti kondisi computer saya di kantor. Misalnya.1. namun seiring dengan waktu dan proses belajar kepada senior. dan crash secara tiba-tiba bisa dihindari. setelah design dibuat dan melakukan revisi sangat banyak. Performance computer yang bagus akan menjadikan waktu kerja yang ada menjadi efektif dan efisien. Dan smua yang telah direvisi tersebut akhirnya tidak dipakai semua karena mereka mendapatkan ide / wangsit sendiri sehingga kita para designer harus memulai dari awal lagi. Sehingga saya terus berusaha untuk menghasilkan karya-karya yang tidak mengecewakan meskipun harus melalui beberapa revisi. namun fatalnya. hang. Jadi.hal seperti whitescreen. Para senior designer disana terutama head sangatlah pengertian. Terkadang masalah juga muncul dari dalam diri klien sendiri. Sedangkan dari sisi design adalah terus belajar baik kepada senior maupun dengan cara mencari & melihat referensi. mereka ingin membuat stiker. 4. design yangs aya buat hanya melakukan sedikit revisi. Hal ini terbukti dengan semakin berjalannya waktu. membantu memberikan ide jika saya sedang stuck. Meskipun mengalami kesusahan pada awalnya. bahkan ada yang sampai naik cetak dan dipajang karena bisa dibilang bagus. Terkadang mereka hanya memberikan bahan mentah tanpa content apa-apa yang mengharuskan kita para designer untuk meramal keinginan mereka. mereka mau membagikan ilmu mereka.2 Pemecahan Masalah Pemecahan dari masalah di atas menurut saya adalah dengan melakukan maintenance komputer yang sudah lama dan mengganti komputer yang sudah outdate. Saya benar-benar mendapatkan banyak ilmu dan skill saya bertambah. serta 27 . mengembangkan skill. mereka tidak tau apa yang direquest.

hubungan social dan emosional dalam dunia kerja juga sangat mempengauhi mood kerja sehari-hari. Semoga dengan adanya kerja praktek ini.2 Kesimpulan & Saran 4. Bagi Universitas. harus dituntut dengan attitude yang baik dan bertanggung jawab dalam menghadapi setiap goncangan / permasalahan yang ada. mahasiswa/i dapat bertambah ilmu serta wawasannya dalam pengaplikasian ilmunya semasa di bangku kuliah.memahami karakter dari sisi klien dan perusahaan sehingga hasil design yang dibuat dapat sesuai dengan request dan permintaan.2. kerja praktek ini telah membuka pandangan saya mengenai dunia kerja yang benar-bernar berbeda dengan dunia perkuliahan. bertanggung jawab terhadap pekerjaan. hingga bagaimana menyikapi deadline dengan tuntutan pekerjaan yang sangat banyak. 4. Disini banyak ilmu yang saya dapatkan mulai dari bagaimana belajar disiplin. kerja keras. agar membantu mahasiswa/inya dalam hal koneksi sehingga mereka dapat lebih mudah mendapatkan kesempatan Kerja Praktek sesuai dengan bidangnya masing-masing.2 Saran Berdasarkan kesimpulan di atas. tidak hanya semata-mata memiliki bakat / kemampuan saja. 28 .2.1 Kesimpulan Selama menjalani proses kerja prakter di CMC Bina Nusantara saya mendapatkan banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang berharga. Melaikan. Di sisi lain. sehingga untuk menjadi designer grafis yang baik. 4. kerja praktek yang ada hendaknya dapat membantu mahasiswa membuka pikirannya untuk mengenal dunia kerja yang memang jauh berbeda dengan dunia perkuliahan. Tak hanya itu.

29 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful