P. 1
Cara Membuat Rangking Di Excel

Cara Membuat Rangking Di Excel

|Views: 251|Likes:
Published by sensetomo

More info:

Published by: sensetomo on Feb 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2014

pdf

text

original

Sabtu, 20 Juni 2009 Musim Ujian telah selesai, berganti musim Terima Raport dan kemudian berlanjut menjadi

Musim Liburan. Nah biasanya hal yang paling menyibukkan bagi anda yang berprofesi sebagai seorang guru dan wali kelas yaitu harus memberikan Nilai, kemudian menghitung rata-rata Nilai dan Selanjutnya menentukan Rangking / Peringkat Kelas. Dengan Microsoft Excel anda akan dibuat mudah dengan perhitungan cepat dengan Rumus yang memang menjadi salah satu keunggulan Microsoft Excel. Pada postingan ini saya akan memberikan tips bagaimana Menghitung Rata-rata dan Menentukan Rangking atau Peringkat kepada anak didik anda. Langsung aja ikuti Tips berikut ini: 1. Bukalah Microsoft Excel anda, kemudian buatlah tabel dan isilah seperti pada gambar berikut:

2. Untuk mengisikan Rata - Rata gunakan Fungsi Average, bisa dituliskan seperti berikut: =AVERAGE(C7:E7) Average adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung rata - rata, karena pada contoh kasus ini yang ingin diperoleh Nilai Rata-ratanya adalah Nilai Matematika, Nilai Bahasa Inggris dan Nilai Bahasa Indonesia, maka di Dalam Kurung adalah (C7:E7) artinya menghitung rata-rata dari SEL C7 (Nilai Matematika) sampai dengan E7 (Nilai Bahasa Indonesia). Gunakan Copy rumus untuk mengisikan Sel dibawahnya. Jika Nilai dibelakang koma itu terlihat Lebih dari Dua, misalkan : 83,3333 Nah untuk membuat nilai dibelakang koma cuma 2 digit/karakter maka Block data yang akan edit, kemudian Klik Format - Cell - Number - Number, pada Decimal Places masukkan angka 2, kemudian klik OK. Seperti terlihat pada gambar dibawah:

Misalkan pada data diatas untuk menentukan Rangking dengan melihat Rata-rata.Hasilnya bisa anda lihat pada gambar berikut: 3. Ketik Rumus berikut pada Sel G7 : =RANK(F7. Untuk mengetahui Siapa yang mempunyai Nilai tertinggi dan kemudian untuk menentukan Rangkingnya maka bisa menggunakan Fungsi Rank. Fungsi Rank digunakan untuk menentukan Rangking / Peringkat dalam suatu data tertentu. Yang Nilai Rata-ratanya tertinggi maka dia akan mendapatkan Rangking Pertama.$F$7:$F$16.0) Deskripsi Rumus : = Rumus Pasti diawali dengan tanda "Sama Dengan" .

Untuk meng-absolutkan data... bisa dengan cara : Block data yang akan diabsolukan misalkan Block data pada Rata .RANK adalah fungsi yang digunakan untuk menentukan rangking / peringkat ( dalam rumus setelah penggunaan fungsi pasti diikuti dengan tanda "Kurung Buka" kemudian di setelah selesai menuliskan rumus ditutup dengan Kurung Tutup atau ) F7 adalah Sel Kunci untuk menentukan rangking atau peringkat. semoga bermanfaat.Rata akan menjadi F7:F16 kemudian tekan F4 di keyboard supaya data tersebut menjadi $F$7:$F$16 Selamat Mencoba. .. pada contoh kasus ini adalah Sel pertama di Tabel Nilai Rata-rata $F$7:$F$16 adalah data dari Nilai Rata-rata yang telah diabsolutkan (nilainya tetap)..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->