Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba, HIV-AIDS, IMS

1

DAFTAR ISI Renungan ….. ................................................................. 4 Sambutan Ketua BPNA Jatim ......................................... 5 HIV .................................................................................. 7 a. Definisi HIV ................................................................ 7 b. Proses HIV Memasuki Tubuh ..................................... 8 c. Kelompok Beresiko Tertular dan Penular HIV ......... 13 d. Menghindari HIV ....................................................... 16 e. Tes HIV ...................................................................... 17 AIDS ............................................................................... 20 a. Definisi AIDS ............................................................. 20 b. Beberapa penyakit oportunistik .................................. 20 c. Fase-fase perkembangan AIDS dalam tubuh ............ 22 d. Pengobatan AIDS ....................................................... 24 e. Mitos-mitos seputar HIV/AIDS .................................. 28 IMS ................................................................................. 30 a. Definisi IMS ............................................................... 30 b. Tanda dan gejala IMS ................................................. 30 c. Cara Pencegahan IMS ................................................ 32 d. Jenis-jenis IMS ........................................................... 33 NARKOBA .................................................................... 39 a. Definisi Narkoba ......................................................... 39 b. Jenis-jenis Narkoba .................................................... 39 c. Dampak penyalahgunaan narkoba .............................. 47 PERSPEKTIF ISLAM ................................................... 57 1. Narkoba hukumnya haram ......................................... 57 2. Mengatasi Narkoba ..................................................... 62 3. Doa-doa yang dianjurkan ........................................... 64 4. Dzikir .......................................................................... 68
Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba, HIV-AIDS, IMS

2

PERSPEKTIF AGAMA KRISTEN KATOLIK-PROTESTAN .............................................. 70 1. Manusia ciptaan Allah ................................................ 70 2. Untuk Para pengguna Narkoba ................................... 73 3. Untuk para pengedar .................................................. 75 PERSPEKTIF AGAMA HINDU ................................... 80 PERSPEKTIF AGAMA BUDHA .................................. 87 PENUTUP ...................................................................... 91 LAMPIRAN GAMBAR ................................................. 92

Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba, HIV-AIDS, IMS

3

( Agama Hindu ) Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.“ RENUNGAN ” “Secara tekstual kitab suci agama Islam. Hindu dan Budha tidak ada yang menyatakan bahwa Narkoba itu hukumnya haram. Hal ini setelah dilihat dari dampaknya menyalahgunakan Narkoba adalah lebih besar madharatnya dari pada manfaatnya”. namun akibat dari Narkoba tersebut dan penanggulangannya tertera dalam al-Kitab.Katolik. ( Penulis ). maka para ulama’ memutuskan Narkoba adalah haram”. (Agama Kristen) “Setiap manusia yang diciptakan di dunia ini mempunyai tujuan utama yaitu menghindari kesegsaraan dan mencari kehidupan yang damai sejahterah. Sehubungan dengan itu maka tugas manusia adalah menghindari perbuatan dosa dan memutar roda kehidupan berdasarkan Dharma”. HIV-AIDS. Dengan demikian para pengguna Narkoba diharapkan dapat mengerti dan menyandarkan diri pada firman Tuhan yang terdapat dalam al-Kitab”. IMS 4 .Katolik kata Narkoba tidak terdapat dalam kitab suci. Namun secara kontekstuak semua agama tersebut di atas telah menyatakan bahwa Narkoba itu hukumnya haram. Namun melihat bahaya yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan Narkoba hampir sama bahka lebih berbahaya Narkoba. “Agama Islam baik dalam al-Qur’an maupun alHadits tidak secara langsung menyebutkan haramnya Narkoba. (Agama Islam ) “Dalam agama Kristen Protestan . Kristen Protestan.

mencakup semua perilaku dan sifat-sifat baik yang termasuk dalam ajaran moral dan etika agama budha”. IMS 5 . HIV-AIDS.“Dalam agama Budha Sila merupakan dasar utama dalam pelaksanaan ajaran agama. (Agama Budha ) Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.

H. M. Dalam prinsip pola hidup sehat disebutkan bahwa diperlukan keimanan yang kuat dengan cara mempelajari dan menerapkan pelajaran agama dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan agama sebagai pedoman hidup. Nawawi. M. M. BPNA Pripinsi Jawa Timur telah dapat menerbitkan Buku Panduan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan Timbulnya HIV-AIDS bagi tokoh Agama di Jawa Timur.Ag dan Saudara Drs. Sehingga dengan rahmat dan nikmat yang telah diberikan. S. IMS 6 . HIV-AIDS.Si yang telah penyusun buku P3NA (Panduan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan HIV-ADS). Oleh sebab itu kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Saudara Muhammad Arifin. Alhamdulillahirabbil’alamin. Kami menyadari bahwa peningkatan penghayatan spiritual memegang peranan penting dalam usaha penanggulangan bahaya narkoba dan HIV-AIDS di samping pola hidup sehat.Ag. Semoga buku yang sedang anda baca ini dapat membantu mengurangi penyalahgunaan Narkoba dan timbulnya Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.SAMBUTAN KETUA BPNA PROPINSI JAWA TIMUR Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Segala Puja dan Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberikan rahmat dan nikmat kepada hambanya.

HIV-AIDS yang semakin naik grafiknya di Jawa Timur ini. HIV-AIDS. Wassalamu’alaiku Warahmatullahi Wabarakatuh. 21 Maret 2007 Ketua BPNA JAWA TIMUR DR. SOENARJO Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Surabaya. IMS 7 . H.

Sel-sel T yang diproduksi oleh tubuh ini akan segera menggantikan sel T yang mati. Tubuh memang terus memproduksi sel T baru. maka jumlah sel T dalam tubuh semakin lama akan semakin berkurang. Apabila batas ini terlampui. sel T tidak sempat lagi memproduksi lagi protein-protein yang diperlukan bagi kelangsungan hidup sel. dan virus-virus HIV baru yang telah dicetak segera mencetak sel T yang lain. dengan kata lain apabila sel-sel T mati lebih cepat dari pada kecepatan tubuh memproduksi sel T baru. Definisi HIV Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Cara kerja virus adalah mencari sel T darah putih. Sel T yang mati akan ditinggalkan. Sel T ini seperti prajurit yang membunuh setiap musuh penyakit yang masuk. Sel-sel ini dapat memakan setiap bakteri dan kuman berbahaya yang Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Walaupun begitu kecepatan tubuh memproduksi sel T juga memiliki batasnya. IMS 8 . lalu memasukinya dan memaksa sel T untuk mencetak virus HIV baru. Sel T ini dengan cepat akan mati setelah mencetak ratusan virus HIV baru. Sel T adalah salah satu tipe darah putih yang mempunyai peran paling penting bagi kekebalan tubuh manusia. Sel T adalah darah putih yang dipaksa mencetak virus HIV baru.HIV HIV (Human Immunodeficiency Virus) A. HIV-AIDS.

Dengan demikian. HIV tidak dapat di bawa oleh angin seperti halnya virus influenza atau masuk begitu saja ke dalam kulit atau melalui mulut. HIV-AIDS.memasuki tubuh sehingga bakteri dan kuman tersebut tidak membuat tubuh sakit. HIV tidak dapat hidup lama bila ada di luar cairan tersebut. Bahkan virus HIV akan dapat segera mati bila berada di udara terbuka. cairan sperma. Percampuran ini dapat terjadi melalui luka yang terbuka. maka muncullah penyakit-penyakit yang biasanya tidak pernah menyerang manusia sebelumnya. IMS 9 . Apabila jumlah sel T dalam tubuh berkurang. maka bakteri dan kuman yang masuk dapat membuat tubuh sakit. Tubuh akan melemah dan mudah sakit. Proses HIV memasuki tubuh manusia HIV hidup dalam 4 (empat) cairan tubuh manusia. B. cairan vagina dan Air Susu Ibu (ASI). Ini karena sel T yang ada tidak cukup untuk membunuh semua bakteri dan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Jamur dapat dengan mudah masuk dan tumbuh di paru-paru. HIV hanya dapat ditularkan bila terjadi kontak langsung dengan darah. bahan pemakan jaringan sel paru-paru. Pada saat sel T jauh di bawah batas normal. cairan sperma. cairan vagina dan air susu Ibu. Apabila jumlah sel T normal. atau di masukkan ke dalam tubuh melalui alat suntik. Tempat hidup HIV yang terbatas Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. jamur semacam itu tidak akan ditemukan di dalam paru-paru karena sudah mati saat memasuki lapisan kulit. Adapun cairan tubuh tersebut antara lain: darah. HIV baru bisa masuk ke tubuh manusia bila darah yang mengandung HIV masuk ke dalam tubuh dan bercampur dengan darah sehat.

yaitu laki-laki dengan wanita. Hubungan seksual anal yaitu hubungan seks atau senggama melalui dubur. baik secara vaginal. Penis tidak dimasukkan ke dalam lubang vagina.membuat virus ini hanya dapat masuk kepada orang sehat dengan cara-cara tertentu. Cara ini biasa dilakukan oleh para homoseksual. maka HIV dapat masuk ke tubuh orang yang sehat (HIV-) melalui luka kecil di penis atau vagina. Lubang dubur tidak sama dengan lubang vagina. sering terjadi luka pada penis menggesek dinding vagina. sedangkan lubang dubur tidak mengeluarkan. Pada saat melakukan hubungan seksual vaginal. sedangkan lubang dubur sebaliknya. yaitu laki-laki suka laki-laki. HIV-AIDS. Hubungan seksual yang dimaksud disini adalah hubungan seks yang tidak aman (tanpa menggunakan kondom). namun dimasukkan ke lubang dubur. yaitu akan terjadi penyempitan jika dimasuki penis sehingga akan terjadi luka baik pada penis maupun pada dinding dubur. walau banyak juga pasangan heteroseksual. oral (mulut) ataupun anal (senggama di dubur) dengan seorang pengidap HIV. IMS 10 . Cara-cara penularan virus HIV adalah: 1. Dari Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Hubungan seksual. Saat itulah HIV langsung berdiam di tubuh orang yang sehat (HIV-) dan menyerang sel-sel T disana. Jika lubang vagina dapat mengeluar cairan pelumas. Apabila salah satu dari cairan vagina atau cairan semen tersebut mengandung HIV. Luka ini dapat terjadi di penis atau di dinding vagina. Luka akibat gesekan ini sangat kecil namun cukup besar bagi ukuran virus. Karena pada saat terangsang lubang vagina akan mengeluarkan cairan yang membuat vagina menjadi fleksibel ketika dimasuki penis.

Rumah-rumah sakit juga sudah melakukan pemeriksaan ketat terhadap darah donor sebelum ditranfusikan ke pasien yang membutuhkan. Pemakaian jarum tidak steril / pemakaian bersama jarum suntik dan sempritnya pada para pengguna napza suntik (penasun). napza untuk mendapatkan efek langsung yang cepat. IMS 11 . saat ini tranfusi darah di Indonesia telah aman dari infeksi HIV. HIV-AIDS. 2. Kontak langsung dengan darah / produk darah / jarum suntik: a. Penerima darah donor tersebut dapat langsung terinfeksi HIV. Melalui tranfusi darah. Darah donor yang terinfeksi penyakit apapun. Penyalahgunaan napza (narkotika psikotropika dan zat adiktif) tanpa disadari dapat terinfeksi HIV melalui cara seseorang menyuntikkan napza kedalam tubuhnya. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Pada saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) sudah melakukan screening terhadap darah donor. risikonya sangat tinggi. Dan apabila darah donor tercemar virus HIV. Penyalahguna napza yang menggunakan napza dengan cara disuntikkan ini disebut sebagai penasun atau Injecting Drug User (IDU) Penasun menyuntikkan . termasuk di dalamnya HIV akan segera dimusnahkan. sampai lebih dari 90%. Transfusi darah / produk darah yang tercemar HIV. maka virus HIV akan berpindah dari tubuh sakit (terinfeksi HIV) ke tubuh yang sehat (HIV-). Cara lain memasukkan darah kedalam tubuh adalah melalui alat suntik. Dengan demikian. maka HIV terdapat dalam darah donor tadi akan langsung masuk kedalam tubuh melalui tranfusi darah tersebut. b.sinilah.

c. jarum tindik. Agar alat tajam ini tidak menyebarkan HIV. Dengan cara dibakar atau dicuci dengan cairan khusus sebelum dipakai ulang. Karena dimasukkan ke pembuluh darah. maka setelah disuntikkan setengah bagian dari napza tadi. dan sisa darah tersebut dapat saja tercemar HIV. Hal ini karena dapat saja terdapat sisa-sisa darah yang menempel di alat tajam tadi. HIV-AIDS. Penularan lewat kecelakaan tertusuk jarum pada petugas kesehatan dan pemakaian alat tusuk yang menembus kulit. lalu disedot kembali sehingga darah masuk ke dalam alat suntik dan bercampur dengan sisa napza yang ada di alat suntik. Penasun kemudian menyuntikkan kembali seluruh sisa napza yang telah bercampur ke darah dalam tubuh. jarum tato. silet cukur. Sisa darah yang tercemar HIV yang terdapat di dalam alat suntik ini dapat langsung masuk ke dalam tubuh bersama HIV yang ada di dalamnya. IMS 12 . Agar napza benar-benar tercampur dengan darah.Napza berbentuk padat atau serbuk masih harus diserap dulu oleh sistem pencernaan sebelum disebarkan keseluruh tubuh. Apabila penggunaan alat tajam baru cukup mahal. HIV dapat berpindah ke tubuh orang yang sehat ketika alat suntik bekas dipakai langsung digunakan oleh penasun yang lain. maka perlu dipakai sekali saja dan setelah itu dipakai alat tajam yang baru. Bidang kedokteran telah memiliki prosedur yang ketat dalam penggunaan Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. maka alat tajam bekas dipakai lagi harus disterilkan. Alat-alat tajam seperti jarum suntik. bahkan alat kedokteran seperti pisau bedah dan jarum infus dapat menyebarkan HIV apabila langsung digunakan kembali tanpa disterilkan terlebih dulu.

Silet cukur yang telah digunakan harus tetap dipakai sendiri dan tidak boleh dipinjamkan ke orang lain. Prosedur ini cukup menjamin keamanan alat-alat tajam yang digunakan dalam bidang kedokteran. Kitapun juga harus menjamin keamanan alatalat tajam yang kita pakai. Melalui tali ari-ari (placenta) ini zat-zat yang dibutuhkan oleh bayi dibawa oleh darah ke tubuh janin. Janin di dalam kandungan tidak dapat makan. Segala kebutuhan tubuhnya dipasok melalui tali ari-ari (placenta) yang menghubungkan tubuh janin dengan ibunya. minum apalagi bernafas. Demikian juga untuk penggunaan jarum tato atau alat tajam lainnya. HIV-AIDS. dan mensterilkan peralatan bedah sehabis dipakai. maka HIV juga langsung dipindahkan kejanin melalui tali ari-ari (placenta). Hal ini untuk menghindari terjadinya luka pada bayi saat proses Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Ibu yang terinfeksi HIV dapat menulari bayinya melalui tali ari-ari (placenta) bayi ketika bayi masih dalam kandungan. Dokter selalu menggunakan jarum suntik dan infus baru. saat melahirkan ataupun setelah melahirkan (ketika menyusui. Khusus bagi ibu hamil HIV sangat dianjurkan untuk melahirkan melalui operasi ceasar. maka kita harus selalu memastikan bahwa jarum yang digunakan adalah baru. baik selama hamil. Bayi yang dikandung oleh ibu hamil pengidap HIV bisa juga tertular HIV saat proses kelahirannya. 3. Apabila darah ibu mengandung virus HIV. IMS 13 . Apabila kita menindik telinga atau bagian tubuh kita yang lain.alat-alat tajam ini. Secara vertikal dari ibu hamil pengidap HIV kepada bayinya.

IMS 14 .kelahirannya secara normal. Penasun disebut juga dengan IDU (Injecting Drug User). Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. yang ada dalam pikirannya hanya bagaimana bisa secepatnya menyutikkan napza ke dalam tubuhnya. Kelompok berisiko tertular dan menularkan HIV Aktifitas yang dilakukan oleh seseorang yang rentan tertular dan menularkan HIV disebut sebagai perilaku berisiko. HIV-AIDS. Kedua perilaku berisiko tersebut antara lain: perilaku menggunakan jarum suntik yang tidak steril dan peralatannya secara bergantian dan perilaku seks bebas. maka dianjurkan untuk tidak menyusui dan menggantinya dengan memberikan susu formula. sehingga tidak peduli apakah jarum yang dipakainya tersebut steril atau tidak. Berbagai alat suntik yang digunakan oleh penasun yang tidak steril dari HIV memiliki risiko menularkan HIV. Penasun yang berada dalam kondisi sakit akibat putus obat (sakaw) ada kecenderungan mengabaikan kesehatan. Kelompok perilaku berisiko tersebut antara lain: 1) Pengguna Napza Suntik (penasun) Pengguna napza suntik (penasun) adalah orang yang menggunakan napza dengan cara disuntikkan. C. Selain itu ibu yang terinfeksi HIV yang memiliki bayi. Penasun memiliki dua perilaku berisiko menularkan dan tertular HIV. Adapun kelompok yang melakukan aktifitas yang rentan tertular dan menularkan HIV disebut kelompok perilaku berisiko.

penasun terbiasa melakukan hubungan seks tanpa menggunakan kondom.Ketidakpeduliannya terhadap kesehatan juga terjadi ketika melakukan hubungan seks. Pekerja Seks Komersial (PSK) terdiri dari Wanita Pekerja Seks (WPS) dan Pria Pekerja Seks (PPS). 3) Pelanggan pekerja seks komersial. tanpa pernah melihat dan menyadari apakah pelanggannya itu terinfeksi HIV atau tidak. HIV-AIDS. 2) PSK (Pekerja Seks Komersial) Pekerja Seks Komersial selalu berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seks dengan pelanggannya. Umumnya mereka tidak mempunyai posisi tawar (bargaining position) dalam penggunaan kondom untuk melindungi dirinya dari penularan HIV. Semua orang bisa berhubungan seks dengannya asal memiliki uang. Mereka tidak pernah memilih-milih pelanggan. IMS 15 . Sehingga Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Pekerja seks komersial dan pelanggannya yang terinfeksi HIV dan mempunyai pasangan tetap (baik pacar ataupun suami / istri) dapat berpotensi menularkan HIV kepada pasangannya. 4) Pasangan tetap pekerja seks komersial (PSK) dan pelanggan. Mereka berisiko tertular HIV bila pekerja seksual tersebut terinfeksi HIV dan dalam melakukan hubungan seksual tidak menggunakan pengaman (kondom). Pelanggan pekerja seks adalah laki-laki ataupun perempuan yang membeli seks pada pekerja seks komersial.

bila penasun tersebut telah terinfeksi HIV dan melakukan hubungan seks tanpa menggunakan kondom dengan pasangan tetapnya. Pada umumnya pasangan tetap ini tidak menyadari bila pasangannya tersebut adalah pengguna napza dan telah terinfeksi HIV. Tertular pasangan penasun bisa juga terjadi karena penasun sendiri tidak menyadari bila dirinya telah terinfeksi HIV. 7) Bayi yang dikandung ibu hamil yang terinfeksi HIV Bayi yang dikandung oleh ibu yang telah terinfeksi HIV berisiko tertular HIV. Adapun kelompok lesbian adalah wanita suka wanita. kalau waria suka berdandan seperti wanita sedangkan gay cenderung tidak berdandan. 5) Homoseksual Kelompok homoseksual ini terdiri dari kelompok gay. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Kelompok gay dalam istilah lain disebut sebagai kelompok lelaki suka lelaki. Kelompok ini lebih tertutup dibandingkan kelompok gay dan waria. melahirkan ataupun menyusui. IMS 16 . HIV menular ke bayi melalui proses kehamilan.pasangan tetap pekerja seks komersial dan pasangan tetap pelanggan juga berisiko tinggi tertular HIV. waria dan lesbian. 6) Pasangan tetap penasun Pasangan tetap penasun baik istri / suami yang sah ataupun pacar penasun juga berisiko tertular HIV. Waria (wanita pria) ini pada dasarnya lelaki yang melakukan hubungan seks dengan lelaki beda gaya dengan waria. HIV-AIDS.

Be faithful (setia pada pasangan). infeksi HIV dapat dihindari bila suami tidak melakukan hubuangan seks selain dengan istriistrinya. dapat menghindari infeksi HIV dengan tidak melakukan hubungan seks dengan orang lain selain pasangannya. Seseorang yang telah aktif secara seksual. Pada perkawinan poligami. IMS 17 . Kondom adalah alat kontrasepsi yang paling diandalkan saat ini untuk melindungi diri dan pasangan dari infeksi HIV. Berpantang melakukan hubungan seks. Menghindari HIV Infeksi HIV dapat dihindari melalui beberapa cara. Cara paling aman untuk menghindari infeksi melalui hubungan seks adalah dengan tidak melakukan hubungan seks sama sekali. 2. Walaupun begitu. Ini berarti. seseorang yang melakukan abstinensi tetap harus menjaga infeksi HIV dari cara penularan lainnya. seorang laki-laki harus tetap melakukan hubungan seks dengan seorang perempuan saja. Cara ini sangat dianjurkan bagi yang belum menikah atau yang masih belum aktif secara seksual.D. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Abstinentia (puasa). Kondom adalah selubung karet yang dipakai menutupi penis saat melakukan hubungan seksual. Condom (mengunakan kondom). Dinding kondom yang tidak berpori menghalangi sperma sekaligus juga melindungi penis dari luka akibat gesekan. Cara-cara menghindari infeksi HIV adalah: 1. begitu pula sebaliknya. 3. HIV-AIDS. dan para istri yang dinikahi tidak melakukan hubungan seks dengan laki-laki lain selain suaminya.

Para tukang cukur rambut tradisional seringkali dalam menggunakan alat cukurnya tidak disteril ketika akan menggunakannya.4. Perilaku menyuntik para penasun sangat berisiko dalam penularan HIV. mereka tidak akan dapat dibedakan dari orang sehat. Tidak menggunakan alat tajam bekas pakai. HIV-AIDS. Perilaku menghindari penyalahgunaan napza jenis apapun. 5. Edukasi Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan HIV dan AIDS melalui penyuluhan. Oleh karena itu kita perlu berhati-hati setiap kali ingin menggunakan alat-alat tajam bekas tersebut. IMS 18 . Menghindari penggunaan jarum suntik dan alat tajam bekas. Banyak orang ketika menggunakan alat-alat tajam tidak lagi melihat apakah alat itu sudah steril atau belum. Begitu seseorang menunjukkan gejala AIDS. merupakan perilaku yang bijaksana. Identifikasi terhadap keberadaan HIV yang disandarkan pada gejala-gejala AIDS adalah sudah terlambat. E. Tes HIV Apabila seseorang telah terinfeksi HIV. pelatihan kecakapan hidup (life skill education) baik pada kelompok risiko tinggi ataupun kelompok risiko rendah (remaja dan masyarakat umum). Sebab rata-rata para pengguna napza suntik (penasun) menyuntikkan napza dengan cara bergantian. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. karena perilaku tersebut dapat menghindarkan seseorang menggunakan napza dengan cara disuntikkan yang berisiko terhadap penularan HIV.

tes dipstick Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Hasil positif yang terdapat dari tes elisa ada kalanya belum spesifik karena dapat menunjukkan positif palsu dalam arti hasil tes juga menunjukkan positif pada seseorang yang tidak menunjukkan antibodi HIV. Untuk memastikan infeksi HIV. Tes HIV yang biasa digunakan adalah tes elisa. Tes semacam ini sama dengan mencari tahu keberadaan harimau jawa dari kotoran-kotoran harimau yang ditemukan dalam hutan. Tes elisa memiliki sensitivitas yang paling tinggi dalam arti lebih sedikit memberikan hasil negatif palsu dibandingkan tes yang lain. Adanya antibodi atau antigen HIV di dalam darah menunjukkan bahwa ada HIV di dalam darah tersebut. Anti bodi atau antigen ini secara otomatis terbentuk begitu HIV melakukan serangan pertama. IMS 19 . Selama masa itu mereka tidak pernah tahu keberadaan HIV dalam tubuhnya. terutama pasangannya dan mereka sendiri juga dapat terinfeksi ulang dari perilaku berisiko yang mereka lakukan. Adakalanya tes elisa. Tes HIV berfungsi mengetahui adanya antibodi atau antigen HIV. tes dipstick dan tes western blood. Ketiga tes ini memiliki sensitivitas yang berbeda dalam menemukan orang yang mengidap HIV. Tes ini perlu dikonfirmasikan dengan tes lain seperti western blood yang memiliki spesifitas tinggi dalam menentukan antibodi mana yang benarbenar antibodi HIV. maka seseorang perlu di tes HIV. Hasil negatif palsu ini dapat terjadi apabila jumlah HIV lebih tinggi dari pada jumlah antigen atau antibodi yang diketahui. HIV-AIDS. Kondisi yang terakhir disebut window period. dan selama itu pula HIV dalam tubuhnya dapat menginfeksi orang lain. atau tubuh belum memproduksi antigen atau antibodi pada hal sudah terhadap HIV di dalam tubuh.virus HIV sebenarnya sudah ada dalam tubuh orang tersebut sejak sepuluh tahun yang lalu.

dan tes western blood digunakan bersamaan dan saling mengkonfirmasi untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. IMS 20 . Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Penggunaan banyak macam tes HIV membawa konsekwensi pada mahalnya biaya tes. HIV-AIDS.

Penyakit-penyakit ini disebut sebagai penyakit oportunistik. Definisi AIDS (A cquired Im m une D eficiency Syndrom e ) AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah sindroma penyakit yang disebabkan oleh penurunan kekebalan tubuh.AIDS AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome ) A. HIV dan AIDS adalah dua hal yang berbeda. AIDS muncul saat kekebalan tubuh mulai menghilang setelah banyak sel T yang mati karena serangan HIV. AIDS bukan satu penyakit tunggal. karena mengambil kesempatan dalam kesempitan. AIDS sebenarnya suatu keadaan di mana kekebalan tubuh menghilang secara tidak wajar sehingga muncul banyak sekali penyakit-penyakit yang sebelumnya tidak berbahaya menjadi bahaya dan akhirnya dapat menyebabkan kematian. Beberapa penyakit oportunistik Beberapa penyakit oportunistik yang sering menyertai AIDS adalah: Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS. Gejala-gejala yang ditunjukkan oleh penderita AIDS adalah gejala-gejala penyakit yang muncul setelah kekebalan tubuh melemah. B. Ini berarti. IMS 21 . Kematian yang terjadi adalah akibat dari parahnya penyakit oportunistik tersebut.

Sarkoma Kaposi. Gejala lain (minor signs) • Batuk terus menerus selama lebih dari satu bulan • Gatal-gatal disertai iritasi pada kulit secara keseluruhan. Beberapa gejala AIDS yang dapat diamati adalah: 1). • Munculnya herpes zoster Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Penderita akan nampak semakin kurus dan bertambah kurus dengan cepat • Demam terus menerus selama lebih dari satu bulan • Diare parah selama lebih dari satu bulan (terputusputus atau terus menerus) 2). Pneumonia. HIV-AIDS. IMS 22 . Penyakit infeksi saluran pencernaan dalam. seperti diare parah berkepanjangan sehingga tubuh menjadi sangat kurus. kuman atau cacing dibagian otak Gejala . Penderita AIDS dapat dengan mudah terinfeksi TBC dari orang lain atau penyakit TBC yang telah dideritanya dulu yang tidak pernah muncul menjadi kambuh dan mengakibatkan kematian. 2. terutama tipe pneumocytis carini pneumonia 4. 5.gejala dari penyakit . Gangguan otak dan sistem syaraf karena serangan bateri. yaitu sejenis kanker kulit yang menampakkan bercak-bercak hitam pada kulit. Gejala utama (mayor signs) • Kehilangan berat badan lebih dari 10 % dari berat tubuh semula.penyakit oportunistik di atas dapat dijadikan tanda-tanda kemunculan AIDS. Tubercolosis (TBC). 3.1.

Walaupun begitu seseorang yang telah terinfeksi HIV tetap dapat menularkan virusnya kepada orang lain. terus menerus dan semakin parah.• Munculnya infeksi candida atau sejenis jamur penyakit di mulut dan kerongkongan (oropharyngeal candidiasis) • Infeksi herpes simplex yang kronik. • Pembengkakan kelenjar limpa (lymphadenopathy ) • Rasa lelah dan sakit kepala berlebihan • Kelainan pada kulit maupun mukosa. menghindari penularan penyakit dan menjaga jumlah HIV dalam tubuhnya tetap rendah. Stres atau depresi yang dirasakan penderita AIDS akan langsung memperburuk kondisi kesehatannya dan mempercepat perkembangan AIDS di dalam tubuhnya. serta kepercayaan diri dan harapan hidup yang jatuh. Secara umum AIDS berkembang dalam tubuh melalui empat fase: Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Fase-fase perkembangan AIDS di dalam tubuh Seseorang yang terinfeksi HIV bisa bebas dari AIDS hingga seumur hidupnya. HIV-AIDS. IMS 23 . Seseorang yang telah terkena AIDS juga dapat bertahan hidup cukup lama. Stres dan depresi ini dapat muncul karena penolakan terhadap kenyataan yang dialaminya bahwa ia harus hidup dengan HIV/AID. hidung atau anus yang berdarah. ejekan dan perlakuan buruk yang terimanya dari orang-orang disekitar yang terkait dengan AIDS. C. mulut. penolakan. Hal ini dapat terjadi apabila ia dapat menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik.

HIV yang dimiliki tidak berkurang. Berlangsung sekitar dua sampai sepuluh tahun setelah infeksi HIV terjadi. selain membahayakan orang lain. atau karena faktor kekebalan tubuhnya yang unik yang tetap menjaga jumlah HIV tetap dalam jumlah rendah. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Walaupun tes darah menunjukkan hasil positif. Orang dengan HIV tidak dapat dibedakan dari orang sehat. Begitu ia terinfeksi HIV. tubuh belum menunjukkan reaksi sampai enam bulan berikutnya. Ini untuk memastikan apakah hasil tes itu benar-benar negatif atau palsu. HIV-AIDS.1. Pada fase ini seseorang dengan HIV perlu menjaga kesehatannya dan tidak melakukan perilaku yang beresiko menularkan HIV. Ia dapat bertahan hingga seumur hidupnya tidak menderita AIDS karena kemampuannya menjaga rendahnya jumlah HIV dalam tubuh. dan sama seperti orang yang sehat lainnya. Pada saat ini antibodi anti HIV sudah terbentuk sehingga dapat diukur melalui tes darah. Pada fase ini antibodi belum terbentuk sehingga keberadaan HIV ini tidak dapat dideteksi HIV akan berakhir negatif. Karena itu seseorang yang mendapatkan hasil tes HIV negatif perlu memeriksakan ulang tujuh hingga dua belas bulan berikutnya. tidak sakit. walaupun sebenarnya dalam tubuh orang itu telah terdapat HIV yang mulai berkembang dan berpotensi untuk menularkan kepada orang lain. Pada fase ini orang mulai hidup dengan HIV yang ada di dalam tubuhnya. 2. IMS 24 . namun orang dengan HIV tetap menunjukkan penampilan yang sehat. Hasil negatif yang didapat bisa jadi negatif palsu. Hasil tes darah adalah positif. malah bertambah dan dapat berpindah ketubuh orang lain bila melakukan perilaku berisiko. Apabila ia melakukan perilaku berisiko itu.

IMS 25 . HIV-AIDS. Virus-virus HIV baru bisa masuk melalui tubuh dan mempercepat kemunculan AIDS. Kondisi penderita AIDS akan cepat sekali menurun hingga berakhir dengan kematian. D. 3.ia juga terkena infeksi ganda dari HIV. Gejala yang muncul ini menunjukkan bahwa jumlah HIV dalam tubuh semakin banyak dan semakin banyak pula sel T yang mati. Upaya paling jauh dalam pengobatan AIDS ini adalah agar jangan sampai HIV Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Pada fase ini seseorang dengan HIV mulai menderita AIDS. infeksi usus dan infeksi otak mulai bermunculan. Pengobatan AIDS AIDS tidak dapat disembuhkan selama HIV tidak dapat dibasmi dari tubuh. Sayangnya sampai saat ini belum ada obat atau metode terapi yang dapat membasmi HIV dari dalam tubuh. Kanker. Satu orang penderita AIDS dapat menderita satu atau lebih penyakit oportunistik. Penyakit oportunistik ini sangat sulit disembuhkan karena kekebalan tubuh penderita telah hilang. Fase ini seseorang dengan HIV mulai menunjukkan gejala-gejala utama (major signs) yang berkaitan dengan AIDS atau ARC ( AIDS Related Complex). Gejala ini disebut juga dengan HIV related illness karena penyakit yang muncul belum dapat disebut sebagai AIDS. Pada fase ini jumlah sel T di bawah 200 permikroliter. TB. Jumlah menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh penderita telah rusak. Pada fase ini gejala-gejala yang nampak pada fase ketiga mulai berkembang menjadi penyakit oportunistik yang menyerang tubuh. 4.

yang ada di dalam tubuh seseorang berkembang menjadi AIDS. Upaya ini di tempuh dengan cara menekan perbanyakan HIV serendah mungkin sehingga orang dengan HIV dapat dipertahankan pada fase kedua. Pengobatan ini dikenal sebagai pengobatan antiretrovirus (ARV). Cara ini telah terbukti berhasil dan mampu memperpanjang harapan hidup tanpa masuk ke fase ketiga atau keempat. Pengobatan anti-retrovirus (ARV) biasanya dilakukan dengan memberikan beberapa macam obat antiretroviral sekaligus yang dapat menghambat pertumbuhan virus HIV. Beberapa obat yang diberikan adalah AZT, Didanosine, Zaecitabine dan Stavudine atau obat-obatan lainnya. Cara kerja ARV adalah menghambat serangan HIV pada sel T melalui : 1. Menghambat proses docking atau penempelan virus pada sel T. HIV berbentuk bola dengan jarum-jarum di sekeliling tubuhnya sehingga nampak mirip durian yang durinya berbentuk seperti jarum jahit. Jarumjarum ini berfungsi sebagai kanal atau saluran yang memasukkan RNA atau kode genetik virus ke dalam tubuh sel, sekaligus juga sebagai pengait yang mengikat HIV pada sel T inang. Pada saat HIV sudah terkait pada tubuh sel T, ia akan langsung menyuntikkan RNA kedalam tubuh sel. ARV bekerja dengan cara membuat agar proses docking atau penempelan virus ini tidak terjadi. Apabila tidak ada docking, maka tidak ada HIV yang berhasil memasuki sel T, dan itu berarti tidak ada serangan HIV ke tubuh sel T. 2. Menghambat proses replikasi atau pertumbuhan HIV di dalam tubuh sel T.
Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba, HIV-AIDS, IMS

26

Apabila HIV berhasil melakukan docking dan langsung melakukan RNA ke dalam tubuh sel T. RNA ini akan memasuki dinding nukleus atau inti sel, dan setelah itu RNA ini akan mengintervensi kerja DNA inti sel T sehingga memperbanyak RNA virus dan bukannya melakukan sintesa protein untuk keperluan sel. RNA ini akan diperbanyak oleh DNA sel melalui penggandaan yang mirip dengan kerja mesin fotocopy. RNA virus yang telah digandakan akan keluar dari nukleus, tetapi tetap berada pada tubuh sel. ARV menghambat proses replikasi dengan beberapa cara, diantaranya adalah: a. menghambat RNA virus memasuki nukleus b. menghambat terjadinya penggandaan RNA virus c. merusak proses penggandaan RNA. Masuknya RNA virus ke dalam Nukleus dilakukan dengan membuat dinding Nukleus peka terhadap kode RNA virus sehingga RNA akan ditolak bila menerobos dinding nukleus. DNA dapat dimanipulasi sehingga langsung mencegah RNA virus memasuki nukleus. pertumbuhan virus dapat dihambat dengan cara mencegah agar DNA membiarkan RNA virus menyusup dan memaksa DNA memperbanyak RNA virus. Perusakan proses pertumbuhan RNA virus dapat dilakukan dengan cara membuat DNA mengabaikan kode RNA virus yang sudah menempel atau merusak hasil pengadaan sehingga RNA virus tidak membentuk tubuh virus.

3. Menghambat terbentuknya HIV baru dan keluar nya HIV dari dalam sel T. Apabila RNA virus telah berhasil memperbanyak diri, RNA virus baru akan keluar dari
Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba, HIV-AIDS, IMS

27

nukleus lalu memproduksi virus seperti tubuh virus lengkap dengan jarum-jarumnya. Setelah itu, virus HIV baru akan mendesak keluar dari sel dan memasuki sel T lainnya. Satu sel T dapat menggandakan hingga ratusan virus baru sebelum akhirnya mati. Kerusakan terjadi karena tidak ada lagi protein dan energi yang menyokong hidup sel. ARV bekerja menghambat pembentukan organ virus HIV baru dan mencegah HIV keluar dari sel T untuk menginfeksi sel-sel T yang lain. Dengan cara ini, maka serangan terhadap sel T lain dapat dihentikan, dan jumlah HIV dalam tubuh dapat ditekan serendah mungkin karena tidak ada lagi infeksi-infeksi HIV baru ke dalam tubuh sel-sel T yang lain. Upaya lainnya adalah dengan mengobati penyakit-penyakit oprtunistik yang muncul. Upaya pengobatan ini baru dilakuan saat orang-orang dengan HIV telah masuk kedalam fase ketiga dan mulai menunjukkan gejala terikat HIV, hingga fase keempat saat penyakit oportunistik muncul. Cara ini disebut sebagai pengobatan anti infeksi oportunistik. Obatobatan yang digunakan adalah yang khusus menyembuhkan penyakit oportunistik tertentu seperti TB, herpes, infeksi, atau cryptococcus meningitis. Selain menghambat pertumbuhan HIV dan menyembuhkan penyakit oportunistik, cara lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan stamina dan kondisi kesehatan penderita AIDS, terutama yang masih berada dalam fase pertama dan kedua. Penderita AIDS dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi makan sehat dan bergizi tinggi agar pertahanan tubuhnya meningkat, penderita AIDS juga dianjurkan untuk aktif berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh. Tubuh yang sehat dan
Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba, HIV-AIDS, IMS

28

sebagaimana halnya Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.Untuk itu penderita AIDS perlu mendapatkan bantuan konseling dan pendampingan psikologis sehingga ia bisa menghadapi masalah-masalahnya secara sehat. Mitos-mitos seputar HIV/ AIDS Mitos adalah pendapat opini atau cerita yang tidak memiliki dasar fakta atau temuan ilmiah. HIV-AIDS. stigma dan diskriminasi. Tidak jarang tekanan psikologis ini membuat penderita AIDS enggan untuk makan dan berolahraga sehingga kesehatan bertambah buruk . Kita juga dapat membantu penderita AIDS dengan memberikan perlakuan dan perhatian yang empatik serta tidak menambah berat beban penderitaannya dengan ejekan. namun dipercaya oleh masyarakat memiliki kebenaran. IMS 29 . Penderita AIDS yang mengalami stress atau tekanan psikologis akan mengalami penurunan kekebalan tubuh yang dratis sehingga kondisi kesehatannya cepat memburuk. Walaupun begitu banyak sekali mitos yang dipercaya masyarakat sebagai teori walau tidak ada yang dapat membuktikan kebenaran fakta-fakta yang mendukungnya Mitos juga dapat dilakukan secara logika karena didasarkan pada asumsi-asumsi. Teori memiliki dasar fakta dan bukti ilmiah yang telah teruji kebenarannya. Tekanan psikologis inilah yang sulit dihindari oleh penderita AIDS terutama ketika masyarakat yang berada disekitar penderitaan masih menolak dan memusuhi penderita AIDS. E. Mitos berbeda dengan teori. Penderita AIDS juga dijaga pertahanan mentalnya karena kondisi kesehatan juga ditentukan oleh keseimbangan mental penderita.bugar akan memperlambatkan perkembangan sel-sel AIDS.

HIV hanya menular melalui hubungan seks. AIDS/HIV hanya ditularkan melalui hubungan seksual 4. HIV-AIDS. penggunaan alat suntik dan jarum yang tidak steril serta pencampuran darah melalui luka terbuka atau selaput lendir. Berbagi makanan 8. Berbagi pakaian atau selimut 7. AIDS/HIV dapat menular dengan melalui kontak sosial Pada kenyataannya. Diantara mitos-mitos yang muncul diseputar HIV/ AIDS adalah : 1. AIDS/HIV adalah penyakit orang kulit putih (orang barat) dan kulit hitam 3. AIDS/HIV adalah penyakit kaum homoseksual 5. IMS 30 . Dengan demikian HIV tidak menular melalui : 1. sedangkan mitos didasarkan pada asumsi yang tidak memiiki dasar ilmiah yang kuat. AIDS/ HIV adalah penyakit kutukan Tuhan 2. mitos tidak memiliki dasar yang kuat sehingga tidak dapat diterima kebenarannya. AIDS/HIV hanya akan diderita oleh pekerja seks komersial (PSK) 6. Jabat tangan 2. Berbagi toilet atau kamar mandi 4. Ciuman pipi 6. Akan tetapi teori didasarkan pada asumsi-asumsi yang memiliki kebenaran ilmiah. Berpelukan 5. Air mata 9. Berbagi piring atau gelas yang sama 3. Minuman dari gelas yang sama Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.teori. Dengan demikian.

IMS 31 . Infeksi menular seksual akan lebih berisiko bila melakukan hubungan seksual dengan berganti pasangan baik melalui vagina. perlu disadari bahwa risiko untuk terkena IMS lebih besar dari pada laki-laki sebab alat reproduksinya lebih rentan. Bila tidak diobati secara cepat infeksi dapat menjalar dan menyebabkan penderitaan. HIV-AIDS.IMS IMS ( Infeksi Menular Seksual) A. B. Seringkali berakibat lebih buruk karena gejala awal tidak segera dikenali. karena IMS dapat menyebabkan infeksi alat reproduksi yang harus dianggap serius. IMS perlu mendapat perhatian. mulut (seks oral) maupun dubur (seks anal). Sebaliknya pada Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. sakit berkepanjangan. kemandulan dan kematian. sedangkan penyakitnya berlanjut ketahap yang lebih parah. Definisi Infeksi Menular Seksual (IMS) Infeksi menular seksual (IMS) adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Untuk remaja perempuan. Tanda dan gejala Infeksi Menular Seksual (IMS) Gejala IMS pada laki-laki lebih mudah dikenali karena bentuk dan letak alat kelamin laki-laki yang lebih menonjol serta dapat dilihat.

Selain itu. muncul bintil-bintil berisi cairan. Adanya kutil atau daging yang tumbuh seperti jengger ayam pada penis dan scrotum 4. disertai mencret terus menerus. keras dan berwarna merah pada alat kelamin. gejala IMS lebih sulit dikenali karena organ reproduksi perempuan lebih banyak berada di dalam tubuh. keputihan berwarna putih susu. lecet atau borok pada kelamin. Tanda-tanda dan gejala IMS pada laki-laki adalah : 1. 2. timbul bercak-bercak darah setelah melakukan hubungan seksual. Luka yang tidak sakit. rasa nyeri atau sakit pada saat kencing atau saat melakukan hubungan seksual. Asa gatal yang hebat sepanjang alat kelamin 5. keluarnya lendir pada vagina. Rasa sakit yang terasa pada kencing 6. IMS 32 . rasa nyeri pada perut bagian bawah. 5. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. 6. sebagaian besar IMS pada perempuan lebih banyak dan tanpa gejala yang jelas sehingga seringkali tidak disadari. Kencing nanah atau darah yang berbau busuk 7. lecet atau borok pada penis. keputihan yang berbusa berwarna kehijauan. 3. Kehilangan berat badan yang drastis. HIV-AIDS. 3. bergumpal dan disertai rasa gatal dan kemerahan pada alat kelamin dan di sekitar alat kelamin. Bintil-bintil berisi cairan. Bengkak panas dan nyeri pada pangkal paha kemudian berubah menjadi borok 8. berbau busuk dan terasa gatal. 2. 7. dan sering demam serta berkeringat malam. 4. Tanda-tanda dan gejala IMS pada perempuan adalah : 1.perempuan.

apabila kita selalu menjaga kebersihan alat kelamin. 3. Kondom digunakan untuk mencegah infeksi langsung saat melakukan hubungan seksual. baru kondom yang paling efektif mencegah penularan IMS. Sebagian IMS muncul karena kita kurang menjaga kebersihan alat kelamin kita. Beberapa cara pencegahan IMS adalah: 1. Dengan demikian. Abtinensia. maka akan memperkecil kemungknan infeksi dan membuat kita waspada terhadap gejala-gejala infeksi yang muncul. IMS 33 . Setia pada pasangan. Cara ini dianjurkan terutama bagi mereka yang belum menikah. HIV-AIDS. Perempuan yang memiliki organ reproduksi yang lebih kompleks dan lebih tersembunyi letaknya perlu lebih cermat dan lebih rutin membersihkan alat kelaminnya. Dengan tidak melakukan hubungan seksual maka kita bisa menghindari infeksi IMS ke dalam tubuh kita. kondom sebaliknya selalu dipakai setiap melakukan hubungan seksual. Jamur yang tumbuh dalam alat kelamin selain memperparah IMS juga dapat berkembang menjadi infeksi saluran reproduksi ( ISR). 4. Cara ini ditempuh dengan tidak melakukan hubungan seks bergantian pasangan dan hanya melakukan hubungan seksual dengan satu orang saja. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Selalu menjaga kebersihan alat kelamin. 2.C. Cara pencegahan Infeksi Menular Seksual (IMS) Infeki menular seksual dapat dicegah penularannya. Menggunakan kondom. Cara ini dianjurkan bagi mereka yang sudah menikah atau sudah aktif secara seksual. Untuk saat ini. tidak melakukan hubungan seksual. terutama apabila kita atau pasangan kita pernah melakukan hubungan seksual bergantian pasangan.

HIV-AIDS. Pada perempuan. Pada perempuan juga bisa terjadi radang panggul. Sipilis (raja singa) Sipilis disebabkan oleh Treponema pallidum. alat kelamin menjadi merah. Masa inkubasi kuman ini adalah 2 -10 hari. 2. ujung penis nampak merah dan agak bengkak. Pada laki-laki terasa nyeri dan muncul nanah kental berwarna kuning kehijauan. bengkak dan bernanah. namun ada juga yang merasakan nyeri pada saat kencing dan terdapat keputihan kental berwarna kekuning-kuningan. Bayi yang dilahirkan melalui persalinan normal dari ibu yang terifeksi Gonore (GO) dapat mengalami infeksi mata yang mengalami kebutaan. Pada laki-laki juga. Gonore (GO) Gonore (GO) disebabkan oleh infeksi kuman Neisseria Gonorrhoeae. tidak menunjukkan tanda-tanda spesifik. Tanda-tanda Gonore (GO) adalah: • • • • Nyeri pada alat kelamin. Penyakit ini seringkali dianggap sebagai Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.D. IMS 34 . Gonore (GO) dapat menimbulkan kemandulan baik pada laki-laki maupun perempuan. Gonore (GO) dapat ditularkan kepada bayi yang dilahirkan. berarti setelah 2 hingga 10 hari sejak infeksi terjadi baru terasa gejala-gejala penyakit. Jenis-jenis Infeksi Menular Seksual (IMS) 1. Masa inkubasi penyakit ini adalah 3-4 minggu. terkadang sampai 13 minggu hari setelah itu muncul gejala.

IMS 35 . pada bibir vagina. Tahap ke-2 (sifilis sekunder) • • • • Tahap ke-2 muncul beberapa bulan setelah tahap pertama.penyakit kambuhan karena terkadang hilang dan muncul begitu saja. atau pada leher rahim. baru muncul luka yang tidak terasa nyeri di penis. Tahap ke-3 (sifilis laten) Pada tahap ke-3. Hal ini karena ada tahapantahapan perkembangan infeksi sifilis di dalam tubuh. terutama di telapak tangan dan kaki. Pada tahapan ini. Setelah 90 hari. muncul bercak kemerahan yang tidak terasa gatal. Walaupun begitu infeksi masih tetap berlanjut menyerang alat-alat atau organ tubuh lainnya. Penyakit seolah sembuh dengan sendirinya. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. tidak ada keluhan atau gejala yang nampak. perlu dilakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui infeksi yang terjadi. Tahapan-tahapan perkembangan infeksi sifilis di dalam tubuh adalah : Tahap pertama (sifilis primer) • • Gejala tahap pertama baru muncul 9-90 hari setelah infeksi. Gejala yang nampak berupa kelainan kulit. HIV-AIDS. Terjadi pembesaran kelenjar limpa di seluruh bagian tubuh Seringkali muncul pula kutil di seluruh bagian tubuh.

Kerusakan ini dapat menimbulkan kelumpuhan hingga kematian. kelainan bentuk gigi yang khas. juga selalu mengenakan pakaian yang bersih serta tidak meminjamkan atau meminjam pakaian pada orang lain. kelainan kulit. Tahap ke-5 ( sifilis kongenital) •Pada tahapan ini sifilis dapat berpindah ke tubuh bayi melalui persalinan atau pada saat kehamilan. kelainan tulang. Penderita sifilis selain menjaga keamanan saat melakukan hubungan seksual dengan kondom. Sifilis selain menular melalui hubungan seksual juga dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita. kematian pasca-persalinan. ketulian. Herpes Simpleks Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks (HPV) dengan masa inkubasi 4-7 hari setelah infeksi. 3. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. •Bayi dan anak-anak yang terinfeksi sifilis dapat memiliki kelainan seperti : kelainan bentuk muka. HIV-AIDS. pembuluh darah dan jantung. kebutaan.Tahap ke-4 (sifilis tersier) • • Tahap ini muncul 5 hingga 30 tahun terhitung setelah tahap sifilis sekunder berakhir Pada tahapan ini mulai terdapat kerusakankerusakan yang menetap pada otak. IMS 36 . Gejala-gejala dan tanda-tanda herpes simpleks adalah: • Bintil-bintil berair yang berkelompok seperti anggur dan terasa nyeri pada sekitar alat kelamin. serabut saraf dan sumsum tulang belakang.

Munculnya rasa nyeri saat kencing. Bila ada infeksi lebih lanjut. IMS 37 . Gejala kemudian kambuh lagi dengan munculnya bintil-bintil berair namun tidak terasa nyeri seperti saat pertama muncul. mulut atau anus. Munculnya perendahan yang terjadi setelah berhubungan seksual. Herpes simpleks juga dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Kambuhnya binti-bintil ini biasanya bila ada faktor pencetus seperti stres. Masa inkubasi berlangsung selama 7-21 hari. Gejala-gejala yang nampak adalah: * Pada perempuan • • • Munculnya keputihan encer berwarna putih kekuningan Rasa nyeri pada rongga panggul.• • • Bintil-bintil berair ini kemudian pecah dan meninggalkan luka yang kering menggerakkan lalu hilang sendiri. Klamidia Klamidia disebabkan oleh infeksi bakteri chlamydia trachomatis. HIV-AIDS. Keluarnya cairan bening dari saluran kencing. seringkali menjadi kanker mulut rahim beberapa tahun kemudian. cairan semakin sering keluar dan bercampur darah. Pada perempuan. baik itu melalui vagina. haid. Herpes simpleks juga dapat menular melalui kontak langsung dengan bintil atau luka. * Pada laki-laki • • • Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. 4. atau minuman beralkohol dan bergantian kambuh dan hilang seumur hidup.

Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. gatal dan terasa tidak nyaman. Klamidia dapat menimbulkan gangguan fisik yang serius pada laki. IMS 38 . klamidia menyebabkan rusaknya saluran sperma (vas deferens) dan kemandulan. dan robeknya saluran ketuban sehingga terjadi kelahiran prematur. Pada laki laki. serta radang saluan kencing. klamidia dapat menimbulkan kecacatan pada saluran telur dan kemandulan. berbusa dan berbau busuk. HIV-AIDS. berwarna kemerahan. berwarna kuning kehijauan. Pada perempuan.laki dan perempuan. dan menyebabkan penyakit mata serta infeksi saluran pernapasan (pneumonia) 5. Rasa nyeri yang dirasakan saat berhubungan seksual atau saat kencing. radang saluran kencing. Vulva agak bengkak. Gejala yang nampak adalah: • • • Cairan vagina encer. Trikomoniasis Vaginalis Trikomoniasis Vaginalis disebabkan oleh parasit Trikomonas Vaginalis.Gejala-gejala di atas seringkali tidak muncul atau tidak nampak. namun proses infeksi sedang berlangsung apabila ini terjadi. Klamidia juga dapat menular pada bayi. penderita tidak sadar bahwa ia pernah terjangkit klamidia dan dapat menularkannya kepada pasangaan seksnya melalui hubungan seksual.

kutil dapat tumbuh sampai sangat besar. jamur ini terdapat di kulit maupun di dalam liang vagina. HIV-AIDS. kutil kelamin mengenai alat kelamin dan saluran kencing bagian dalam. Infeksi kandidiasis tidak selalu di identifikasikan sebagai IMS.6. dalam keadaan tertentu jamur ini dapat meluas sehingga dapat menimbulkan keputihan. Pada perempuan. pengobatan dengan steroid dan konsumsi antibiotik. KadangPeranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. tetapi laki-laki yang pasangan homoseksualnya terinfeksi jamur ini dapat mengeluh gatal dengan gejala bintik kemerahan di kulit kelamin. IMS 39 . 7. Dalam keadaan normal. Akan tetapi. Penyakit ini berupa kutil di sekitar alat kelamin bahkan pada perempuan sampai pada bagian dalam vagina dan leher rahim. Gejala kandisiasis vagina adalah keputihan berwarna putih seperti susu. dan liang vagina sampai leher rahim. Pada perempuan hamil. bergumpal dan disertai rasa gatal panas dan kemerahan pada alat kelamin dan sekitarnya. selaput lendir bagian dalam. Kondisi yang memicu meluasnya sebaran jamur candida adalah penyakit kencing manis. kutil kelamin dapat mengenai kulit di daerah kelamin sampai dubur. Pada laki-laki. Kutil Kelamin (Candiloma acuminata) Kutil kelamin atau candiloma acuminata disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). kehamilan. Kandidiasis Vagina Kandidiasis vagina adalah keputihan yang disebabkan oleh jamur candida albicans. Kutil kelamin kadang-kadang bisa mengakibatkan kanker leher rahim atau kanker seputar alat kelamin.

Sampai saat ini belum ada obat yang dapat secara tuntas menyembuhkan kutil kelamin.kadang kutil tidak terlihat sehingga tidak disadari keberadaannya. HIV-AIDS. IMS 40 . Pengobatan yang bisa dilakukan hanya terbatas pada tahap menghilangkan kutilnya saja. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Biasanya laki-laki baru sadar terkena kutil kelamin setelah ia menulari pasangannya.

NARKOBA A. akan mengubah kerja syaraf otak. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Jenis . hilangnya rasa. yaitu Narkotika Alkohol dan Zat Adiktif / Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya. setelah ketagihan (addicted) pemakai narkoba akan sampai pada tingkat yang paling parah yaitu ketergantungan (dependence). Psikotropika dan Bahan Adiktif lainnya. Narkoba juga sering disebut dengan sebutan Naza / Napza. fungsi mental dan perilaku seseorang. Narkoba merupakan kepanjangan dari Narkotika. Sebagai zat adiktif atau zat yang bisa menimbulkan efek kecanduan. Pemakaiannya sulit untuk dikontrol. Narkoba jika disalahgunakan untuk tujuan selain pengobatan. sehingga si pemakai berfikir. baik sintetis maupun semi sintetis.Jenis Narkoba 1. B. mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. berperasaan dan berperilaku tidak normal. Narkotika Narkotika adalah: Zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman. yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan. IMS 41 . perasaan. Definisi Narkoba Narkoba adalah zat kimiawi yang mampu mengubah pikiran. HIV-AIDS.

morfin dan codein. yaitu hanya seperduabelas daya analgesic morfin. yaitu: Opium. Heroin adalah hasil pemrosesan opioida alamiah dengan sedikit perubahan kimiawi. c. Opioida semi sintetis. Codein Codein adalah Alkoida yang terkandung dalam opium sebesar 0. propoksifen.7-2. meliputi: 1.5 % merupakan opioida alamiah yang banyak digunakan untuk keperluan medis.Macam-macam Narkotika a. yaitu: Hidrimorfin dan heroin. IMS 42 . leforfanol dan levarolfan. Codein mempunyai khasiat analgesic lemah. HIV-AIDS. Opioida alamiah. semi sintetis atau sintetis yang mempunyai khasiat farmakologi mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri (analgesik). Codein digunakan sebagai antitusis (peredam batuk) yang kuat. 2. Morfin Morfin adalah Opioida alamiah yang mempunyai daya analgesik yang kuat. Opium mentah mengandung 4-21 % morfin. berwarna putih dan berubah menjadi kecoklatan dan tidak berbau. Sebagian besar opium diolah menjadi morfin dan codein. d. Opioida sintetik adalah meliputi peperidin. Heroin/ Putauw Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Opioida Opioida adalah Sekelompok zat alamiah. 3. berbentuk kristal. b.

f. e. h. untuk mengabati ketergantungan tergadap opioida. tepung susu dan lain-lain sekitar 24 %. orang-orang Indian Inca suka mengunyah daun koka dalam upacara ritual dan atau untuk menahan lapar atau letih. Kamboja. IMS 43 . Di pasar gelap heroin dipasarkan dalam ragam warna. Korea dan Lowa (Amerika Serikat). India. Crack Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. coklat. sejenis tumbuhan yang tumbuh di lereng pegunungan Andes di Amerika Selatan. Jamaica. Laos. Kokain Kokain adalah Alkoloida dari daun tumbuhan Erythroxylon Coca. Rusia bagian selatan. Ganja Ganja adalah Tumbuhan perdu liar yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis seperti Indonesia. Sejak berabad-abad yang silam. Thailan. karena dicampur dengan bahan lain seperti gula. Nepal. Metadon digunakan sebagai terapi substitusi dalam Methadone Maintenance Program. Kolumbia. g. nama jalanan di Indonesia di sebut cimeng.Heroin atau diasetilmorfin adalah opioida semi sintetis berupa serbuk putih yang terasa pahit. HIV-AIDS. Metadon Metadon adalah Opioida sintetis yang mempunyai daya kerja lebih lama dan lebih efektif dari pada morfin dengan cara penggunaan ditelan.

Macam-Macam Psikotropika a.Crack adalah Bentuk baru berupa kristal seperti kerikil. Flake dan Rock. Nama lain dari crack ini adalah Coke. Snow. Cara penggunaannya dihisap seperti rokok. harganya tak terlalu mahal. Psikotropika Psikotropika adalah Zat atau obat baik alamiah maupun sintetis. suatu hormon yang merangsang kegiatan susunan syaraf pusat serta meningkatkan kinerja otak. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS. Amphetamin Amphetamine adalah Sekelompok zat / obat yang mempunyai khasiat sebagai stimulant susunan syaraf pusat. Amphetamine bersifat menimbulkan rangsangan serupa dengan Adrenalin. masih banyak lagi jenis-jenis narkoba yang tergolong pada narkotika. Crack ini merupakan saripati kokain yang mempunyai dampak ketergantungan lebih kuat dari pada kokain. melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Selain yang kami sebutkan di atas. IMS 44 . 2. bukan narkotika yang berkhasiat psikoaktif.

Psikotropika Golongan II Psikotropika golongan II yaitu: Kelompok psikotropika yang mempunyai daya menimbulkan ketergantuangan menengah. Psikotropika Golongan III Psikotropika golongan III yaitu: Kelompok psikotropika yang mempunyai daya menimbulkan ketergantungan sedang. MDMA (Ecstacy) 2. digunakan hanya untuk tujuan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan untuk pengobatan. Nama lainnya adalah: Speed. Psikotropika Golongan I Psikotripika golongan 1 ini memiliki daya yang dapat menimbulkan ketergantungan tertinggi. seperti antara lain Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Amphetamine 2. seperti: 1. Mescaline yang diperoleh dari tumbuhan sejenis kaktus. LSD ( Lysergic Diethylamide) 4.b. Amphetamine Type Stimulans (ATS) adalah Nama sekelompok zat/obat yang mempunyai khasiat sama dengan atau seperti amphetamine. yaitu zat yang diperoleh dari sejenis jamur yang tumbuh di Mexico 3. IMS 45 . Crystal dan Ecstasy. Psilosibin dan psilosin. mempunyai khasiat dan digunakan untuk tujuan pengobatan dan ilmu pengetahuan. Metaqualon. c. tumbuh di Amerika Barat. digunakan untuk tujuan pengobatan dan ilmu pengetahuan. e. HIV-AIDS. d. seperti berikut: 1.

nira. Kadar alkohol minuman yang diperoleh melalui proses fermentasi tidak lebih dari 14%. Macam-Macam Zat Adiktif a. mikroba raginya mati. Klobazam 4.1. Flunitrazepam 3. Alkohol Alkohohol (ethanol atau enthyl alcohol) adalah: Hasil fermentasi / peragian karbonhidrat dari butir padi-padian. Amobarbital 2. tembakau. Pentobarbital. Psikotropika Golongan IV Psikotripika golongan IV yaitu: Kelompok jenis psikotrika yang mempunyai daya menimbulkan ketergantungan rendah. antara lain seperti alkohol. f. Zat Adiktif lainnya. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. tetapi menimbulkan ketergantungan. Alkohol yang disebut methyl alkohol adalah jenis alkohol yang berbahaya. Yang dimaksud dengan zat adiktif lainnya disini adalah Bahan yang tidak termasuk ke dalam golongan narkotika atau psikotropika. Kadar alkohol dari bir 3-5 %. cassava. Barbital 3. sari buah anggur. sedatif hipnotika dan inhalansia. Dazepam 2. berkasiat dan digunakan luas untuk pengobatan dan ilmu pengetahuan seperti antara lain: 1. Nitrazepam 3. HIV-AIDS. IMS 46 . karena ketika kadar alkohol mencapai 14 %.

gin. Nikotin menimbulkan ketergantungan.wine 10-14 %.1 mg nikotin. Biji kopi mengandung 1-2. Dalam setiap batang rokok terdapat sekitar 1. Nitrazepam dan Klonazepam. Dalam daun tembakau terdapat ratusan jenis zat lainnya selain dari nikotin. Nikotine Nikotine (Nicotiana Tabacum) terdapatnya dalam tumbuhan tembakau dengan kadar sekitar 1 4%. caffeine Kafein. IMS 47 . d. vodka dan brendy antara 40-50 %. rhum. caffeine (Trimethylsantine) adalah: Alkaloida yang terdapat dalam buah tanaman kopi. Ada halusinogen alamiah dan ada halusinogen sintetis. e. HIV-AIDS. whisky. b.5 % kafein. Kafein. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Zat Sedatifdan Hipnotika Yang tergolong zat sedatif (penenang) atau hipnotika di antaranya Benzondiazepin meliputi: Temazepam dan Diazeoam. c. Halusinogen Halisinogen adalah: Sekelompok zat alamiah atau sintetik yang bila dikonsumsi menimbulkan dampak halusinasi. Kafein juga terdapat dalam minuman ringan.

TMA. Halusinogen Alamiah: a. yang tumbuh di Amerika Serikat. HIV-AIDS. silena. DOE. Hidrokarbon alifatis dan solvent termasuk toluen yang (terdapat dalam perekat/lem. Trichlorofluoromethana dan Dichloro tetrafluorometana ( terdapat dalam Freon. bensin. DET. pelumas. PMA. 2. f. Tetra chloretilena. b. tablet atau kapsul. Tri cloretana dan Methyl enchlorida (terdapat dalam minyak pelumas). Halotena. pendingin AC dan Lemari Es) Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. pelumas. Halogen hidrokarbon termasuk: Tri chloretilena. merupakan narkoba sintetis yang disarikan dari jamur kering (ergot) yang tumbuh pada rumput gandum. Lysergic Acid Diethylamide (LSD) adalah halusinogen yang paling terkenal. aerosol dan semir sepatu) Benzena. Harmin. zat yang terdapat dalam tumbuhan harmala. DMP. Chloroform. bensin). Inhalansia Inhalansia adalah Zat-zat yang disedot melalui hidung. Lysergic Acid Diethylamide (LSD) adalah cairan tawar. tidak berwarna dan berbau yang sering diserap ke dalam zat apa saja yang cocok seperti kertas penghisap dan gula balok.1. seperti: 1. 2. Halusinogen Sintetis Yang tergolong pada halusinogen sintetis adalah: LSD-25. DOET. strirena (terdapat dalam perekat. DOM. c. MDA. DOB. DMA. IMS 48 .

Cyclo hexanon. HIV-AIDS. Amilacetat. 6. Methyl isobuthyl keton dan Methylamil keton. maupun psikotropika bukan lagi murni alami dari tumbuh-tumbuhan tertentu yang dikonsumsi langsung atau melalui proses. Kandungan dan komposisi kimiawi tersebut membahayakan kesehatan serta menimbulkan ancaman kematian bagi pengguna. Pemakaian penyalahgunaan narkoba biasanya dengan minuman ringan atau dengan minuman beralkohol untuk mendapatkan efek yang diinginkan. 5. Ester meliputi Ethylasetat. Keton meliputi Aseton. Nitrit alifatis meliputi Amilnitrit. Pada zaman tekhnologi maju sekarang ini. Buthylacetat dan Propilacetat.3. Komposisi kimiawi dari satu jenis narkoba hasil rekayasa (state of the art) ahli narkoba yang satu atau produksi pabrik yang satu berbeda dengan lainnya.drug users ). IMS 49 . Laboraturium gelap narkoba pada umumnya membuat semacam resep kombinasi kimiawi dari zat induknya dengan zat kimia lainnya sehingga mempunyai dampak yang lebih kuat dari zat induknya. Isobutilnitrit dan Butilnitrit (semuanya terdapat dalam pengharum ruangan) 4. melainkan kombinasi dari beberapa jenis narkoba ( multiple . melainkan diproduksi secara sintetis dan banyak sekali jenis turunannya. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Narkoba yang disalahgunakan biasanya tidak hanya satu jenis. sebagian besar narkoba baik golongan narkotika. Methyl ethylketon. Glycol meliputi Methylcellulose acetate dan Ethylen glycol.

9. seluruh badan panas. 4. 2. 6. 7. 8. Gejala fisik akibat penggunaan opioida adalah sebagai berikut: 1. anggota badan terasa berat. Merasa mulut kering. Kejang lambung Muka merah Gatal sekitar hidung Meningkatkan produksi antidiuretik hormon sehingga produksi air seni berkurang 5. Pupil mata menyempit Tekanan darah menurun Denyut nadi melambat Suhu badan menurun Obat menjadi lemah Otak kejang Timbul perasaan tidak enak Mual dan muntah Merasa cemas dan ketakutan b. IMS 50 . Dampak Penyalahgunaan Narkoba Setiap jenis narkoba akan membawa dampak masing-masing sesuai dengan jenisnya. Dampak fisik lainnya adalah : 1. Menghambat produksi hormon gonadotropin yang menimbulkan gangguan menstruasi serta gangguan impotensi 6. 5. 4. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Diantara dampak yang ditimbulkan berdasarkan jenisnya adalah sebagai berikut: Opioida/ Morfin a. HIV-AIDS. 2. 3. 3.C.

Gejala fisik akibat pengguna ganja adalah sebagai berikut: 1. terdidur mimpi indah Kesadaran menjadi kabur di saat menjelang tidur Menimbulkan gangguan konsentrasi pikiran dan sulit berfikir 7. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS. Berkurangnya kemampuan koordinasi. Apatis/ tidak acuh Ganja a. 6. Gelisah 5. 4. Perasaan tertekan 4. 3. IMS 51 . 5. Rasa gembira yang berlebihan (Euphoria) 7. Menimbulkan rasa gembira berlebihan Anti depressan Merasa relaks Mengantuk. Dampak psikis yang ditimbulkan adalah : 1. Denyut nadi meningkat Mata merah Mulut kering Nafsu makan bertambah Mengantuk b. Merasa ringan pada tungkai badan 9. Rasa khawatir (anxietas) 3. 2. Banyak bicara 8. Gejala psikis yang ditimbulkan adalah: 1. Kegaduhan (hilaritas) 2. 4. 5. Halusinasi 10. 3. 2.c. Agresif 6. pertimbangan dan daya ingat.

d. Menurunnya kemampuan membaca. Radang paru-paru 2. HIV-AIDS. Adakalanya disertai sinestesia. Menurunkan semangat 2. Merasa curuga tetapi tidak menimbulkan rasa takut. Menimbulkan penyakit kanker 5. 15. c. Pada laki-laki mengurangi jumlah sperma dan pada perempuan menimbulkan gangguan menstruasi dan aborsi. Hal ini dapat membahayakan jika sedang mengendarai motor. Menurunnya kemampuan bergaul dan bersosialisasi Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. 13. Menurunnya kadar hormon pertumbuhan. IMS 52 . bahkan bahkan menyepelekan dan mentertawakanya. Menurunnya kemampuan berfikir 3. Mudah terpengaruh 12. Memperburuk aliran darah koroner dan menimbulkan serangan nyeri dada 4. Iritasi dan pembengkakan saluran nafas 3. Merasa bahwa penampilan dirinya lebih baik walaupun kenyataannya sebaliknya 14. misalnya setiap kali melihat warna kuning dan mendengar nada tertentu. Terjadi gangguan persepsi tentang waktu dan ruang seperti 1 menit terasa 5 menit. Dampak psikis yang ditimbulkan adalah: 1. tiroksin dan hormon kelamin baik pada laki-laki maupun perempuan.11. 5 meter terasa 50 meter. Menekan produksi leukosit sehingga menurunkan daya imun. Dampak fisik yang ditimbulkan adalah : 1. 6. mudah terserang penyakit. berbicara dan berhitung 4.

3. 2. yaitu gangguan penilaian kenyataan dan pemahaman diri 7. Banyak bicara. Dampak fisik yang ditimbulkan adalah : 1. Gangguan pada mental. depresi. kebingungan dan keterasingan (alienasi) 8. Menimbulkan ilusi. 5. 6. Tidak memiliki semangat juang / hidup ( syndrom amotivasional ) Kokain a. Rasa gembira yang berlebihan. 3. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Dosis tinggi meningkatkan denyut jantung dan menimbulkan kejang dan tekanan darah tinggi serta detak jantung tidak teratur. 5.5. b. Dosis rendah meningkatkan kinerja motorik dan melambatkan denyut jantung. Agresif 10. Merangsang susunan syaraf pusat. Meningkatkan kadar katekolamin dalam otak sehingga memberi dampak euphoric. Gangguan jiwa psikosis seperti skizofrenia. Dampak psikis yang ditimbulkan adalah : 1. Menghambat penyampaian rangsangan kepada susunan syaraf tepi. Halusinasi 9. Rasa bahagia yang berlebihan. IMS 53 . Sistem peredaran jantung dan peredaran darah. sehingga memberi dampak anastesi. 2. 4. Mengganggu fungsi psikomotor dan gerakan menjadi lamban 6. HIV-AIDS. 4. Meningkatkan rasa percaya diri.

8. Tekanan darah meningkat. Rasa curiga berlebihan. Meningkatkan stamina dan prestasi kekuatan fisik. 9. 4. Dampak overdosis yang ditimbulkan adalah : 1. Berkurangnya rasa lelah. Rasa cemas dan ketakutan. Pernafasan tidak teratur. Nafas sesak sampai terhenti (meninggal dunia). IMS 54 . Suhu badan naik. gangguan syaraf. Mengobati depresi ringan. Menghilangkan rasa kantuk terutama bagi orang yang kerja pada malam hari. Khasiat yang ditimbulkan dari amfhetamin adalah : 1. 6. Dibidang kedokteran amfhetamin digunakan untuk mengobati : Gangguan obsitas (kegemukan). seperti dalam kasus doping oleh para olah ragawan. Amfhetamin a. 8.6. Halusinasi penglihatan dan pendengaran. 9. Kurang darah. Kesadaran kabur. 4. Mengurangi rasa kantuk. 5. 5. hiperkinetik (gerakan yang berlebihan) dan narkolepsi Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. tekanan darah di bawah normal. 2. c. Mengurangi berat badan karena dampak menghilangkan rasa laparnya. 7. Denyut nadi meningkat. 3. 7. HIV-AIDS. 10. Pupil mata melebar. 2. 3. Gemetaran.

berkeringat 7. Muka merah kemudian pucat 2. Membuat orang menjadi tenang 2. denyut nadi cepat. Gejala apatis. Membuat orang tertidur pulas b. Menimbulkan gangguan pembuluh darah jantung 3. Demam 3. Sesak nafas 5. tetapi lemah 6. Gerakan lambat 8. jalan sempoyongan Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Dampak penggunaan secara terus menerus adalah : 1. Gejala keracuan yang ditimbulkan adalah : 1. Kejang-kejang 10. Khasiat dari Sedatif / hipnotik adalah : 1. Pingsan 4. Menekan pernafasan 2. Pingsan 12. Sekedar kabur 9. Tekanan darah turun. HIV-AIDS. Gemetar 8. IMS 55 . Gelisah 7. Nafas pendek. Dampak fisik yang ditimbulkan 1. Mual dan muntah 4. Bicara pelo. Gejala putus obat 2.B. Mudah tersinggung 6. Psikosis 11. Mati 5. Mati Sedatif / hipnotik a. Nyeri seluruh badan c. rasa letih 3.

Perasaan takut 9. Tertawa terkekeh 5. Tegang 5. Perubahan persepsi 8. Kemampuan mempertimbangkan baik dan buruk berkurang 3. Rasa kawatir berlebih-lebihan Inhalansia Dampak yang ditimbulkan dari Inhalansia adalah : 1. IMS 56 . daya ingat terganggu 2. Tertawa-tertawa dan teriak 6. Daya otot dan penguasaan refleks berkurang Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Badan lemas 3.c. Cenderung ingin bunuh diri Halusinogen Dampak yang ditimbulkan dari Halusinogen adalah : 1. Pandangan terganggu 2. Bermusuhan 7. Ilusi pandangan 7. Penilaian terhadap kenyataan kacau 3. Dampak psikis yang ditimbulkan 1. Mengantuk 4. Perhatian menyempit 4. Sulit berfikir. Muram dan curiga 9. Pusing 2. Kemampuan pengendalian diri lemah 10. HIV-AIDS. Mudah tersinggung dan bertengkar 8. Emosi labil 6.

seperti : Menurunkan kemampuan hati mengkondisikan lemak. menimbulkan hiperlimidemia (meningkatkan jumlah senyawa racun dalam hati). 3. • meningkatkan lipoprotein. meningkatkan tekanan darah gagal jantung. 9. • menimbulkan kanker tenggorokan dan sepanjang saluran pencernaan. IMS 57 . anemia dan leukemia Menimbulkan gangguan fungsi endokrin. Menimbulkan gangguan fungsi hati. 8. menghambat pembentukan trobosit. • menimbulkan gastritis dan pendarahan lambung. Menimbulkan perubahan pada struktur dan fungsi pankreas. HIV-AIDS. bicara pelo dan mabuk • 2. mengurangi produksi testoteron Menyebabkan detak jantung bertambah. 6. 5.Zat Adiktif lainnya a. • memperburuk fungsi usus halus dalam menyerap makanan yang berakibat kekurangan gizi Menimbulkan kelemahan otot Merusak sumsun tulang belakang. Dampak minuman beralkohol 1. Meningkatkan risiko kanker Menyebabkan gangguan koordinasi motorik. Menimbulkan gangguan fungsi atau kerusakan saluran pencernaan seperti : • Merusak selaput lendir lambung. 7. dan cardiomyopia. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. 4.

Menimbulkan iritasi lambung 8. Muntah 5. Sakit kepala 7. Menimbulkan kecemasan 5. Sakit perut 4.b. Meningkatkan jumlah air seni 7.Tekanan darah 6. Dampak yang ditimbulkan Nikotin adalah : a. Dampak yang ditimbulkan kafein adalah : 1. Diare 6. Denyut nadi cepat b. Menimbulkan ketergantungan fisik dan psikis c. Menahan kantuk 4. Menghambat kontraksi otot lambung. Menyebabkan penyempitan pembuluh darah 4. Air liur bertambah 2. Berkeringat dingin 8.sehingga menurunkan nafsu makan 5. Menyebabkan empisema dan kanker paru 2. Dampak ketergantungan dan dosis tinggi tembakau sangat merugikan kesehatan 1. Iritasi saluran nafas 6. Menyebabkan penyakit jantung koroner 3. IMS 58 . Merangsang otot jantung dan meningkatkan detak jantung 3. Mual (nausea) 3. Meningkatkan gairah dan kesiagaan 2. Kesadaran kabur 10. Dampak keracunan nikotin 1. Tidak dapat memusatkan perhatian 9. HIV-AIDS. Mempercepat denyut jantung Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.

termasuk meninggalkan yang diharamkan. Agama yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk mengatur semua tatanan hidup yang ada di dunia. Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin. Manusia yang baik disisi Allah adalah manusia yang mau mentaatinya. HIV-AIDS. zakat. baik urusan manusia dengan Allah (hablum minallah) maupun urusan manusia dengan sesama manusia (hablum minannas). Islam tidak hanya mengatur tentang shalat. Tetapi Islam mengatur semua urusan manusia. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Meskipun Allah Subhanahun wa Ta’ala menciptakan bumi beserta isinya itu untuk manusia.PERSPEKTIF ISLAM Inna hadhal qur’aa yahdi lil latii hiya aqwamu wa yubassirul mu’miniina al ladhina ya’maluunas sholihati anna lahum ajron kabiroo “Sesungguhnya Al Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang Mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar” ( QS. bukan berarti manusia bebas berbuat sesuatu. seperti narkoba. puasa dan haji. Al Isro' : 9). IMS 59 .

AlBaqarah: 219). HIV-AIDS. (QS. IMS 60 . lebih banyak madharatnya dari pada manfaatnya. maka Islam memutuskan bahwa narkoba itu hukumnya haram. Melihat bahanya narkoba melebihi khamr. maka narkoba hukumnya adalah haram. tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Yas aluunaka anil khamri wal maisiri qul fiihima ismun kabiir wa mana fi ‘u linnasi wa ismuhuma akbaru min naf ‘I hima. Katakanlah: pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Kullu muskirin Khomrun wa kullu muskirin haraamun Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. “Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Narkoba Hukumnya Haram Secara tekstual Islam tidak menyatakan bahwa narkoba itu hukumnya haram.1. Narkoba tidak hanya membuat orang menjadi mabuk tetapi dapat membuat orang yang menyalahgunakan menjadi mati. akan tetapi melihat dampak penyalahgunaan dari narkoba itu sangat membahayakan. Dari ayat di atas jelas bahwa khamr itu memabukkan dan hukumnya haram sedangkan narkoba lebih bahaya dari khamr dan hukumnya lebih haram dari khamr.

adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. “Hai orang-orang yang beriman. tetapi narkoba membuat syarafnya error bagi yang menyalahgunakan. mengundi nasib dengan panah. maka Allah SWT memerintahkan agar sesuatu yang dapat membahayakan seperti minuman keras. Abdullah Ibnu Umar) Narkoba tidak hanya sekedar membuat mabuk. Melihat bahaya narkoba yang sangat besar. narkoba dan lain-lainnya itu supaya dijauhi. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Al-maidah: 90). Oleh karena itu narkoba harus dijauhi dengan sejauh-jauhnya. IMS 61 . Innama yuriidusy syaithaanu an yuuqi’a bainakumul ‘adawata wal baghdhooa fil khamri wal maisiri wa yashuddakum ‘an dzikrilaahi wa ‘anish shalati fahal antum muntahuuna. (HR. Sebagaimana firman Allah : Yaa ayyuhal ladzina aamanu innamal khamru wal maisiru wal anshaabu wal azlaamu rijsun min ’amalisy syaithaanu fajtanibuuhu la’allakum tuflihuna. HIV-AIDS. berjudi.“Setiap zat yang memabukkan itu kmar dan setiap zat yang memabukkan itu haram”. sesungguhnya (meminum) khamar. (berkorban untuk) berhala. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan” (QS.

HIV-AIDS.“Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu lantaran minuman keras dan berjudi itu. yang meminumnya. (QS. Khamr dan judi adalah haram Yas aluunaka anil khamri wal maisiri qul fiihima itsmun kabiirun wa manaafi’u linnaasi wa itsmuhuma akbaru min naf’ihima”.(QS. yang memerasnya. orang yang Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. maka berhentilah kamu”. tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Allah melaknat minuman keras. “Mereka bertanya kepadamu tentanng khamr dan judi. AlBaqarah:219) Laknat terhadap Khamr Ataani Jibriilu faqoola : “Yaa Muhammad innallaaha la’anal khamra wa ‘aashirohaa wa mu’tashirohaa wa syaaribaha wal mahmuula ilaihi wa baa’I’ahaa wa mubtaa’ahaa wa saaqiyahaa”. IMS 62 . Malaikat Jibril datang kepadaku lalu berkata : “ hai Muhammad.dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat. Al-Maaidah:90). Katakanlah: pada keduuanya itu terdapat dosa besar dann beberapa manfaat bagi manusia.

IMS 63 . narkoba dan sejenisnya) dan tiap zat?bahan yang memabukkan adalah haram”. Naha Rasulullahi Shallahu ‘alaihi wa Sallama ’an kulli muskirin wa muftirin. kokain dan sejenisnya) yang meracik.menerima penyimpanannya. “Rasullullah SAW melarang setiap zat / Bahan yang memabukkan dan melemahkan”. Sabda Nabi Muhammad SAW. orang yang menyuguhkannya dan orang-orang yang mau disuguhi”. Kullu muskirin khomrun wa kullu muskirin haroomun. “Tiap zat/bahan yang memabukkan adalah khamr (alkohal. sehingga pengguna (ganja. penjual. putaw. HIV-AIDS. semua dilaknat Allah. pembeli bahkan yang menyuguhkan serta orang-orang yang mau disuguhi. Tentang khamr. ekstasi. pemproses. orang yang membelina. oleh karena itu narkoba mempunyai sifat merusak melebihi khamr. (Riwayat Ahmad bin Hambal ibnu Abbas) Hadits ini analog kepada khamr. (Riwayat Umi Salamah) Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. penyimpan. orang yang menjualnya. penanam. mendapat murka Allah dan dosa. (Riwayat Abdullah ibnu Umar).

namun kerugiannya dan mudharatnya lebih besar dari manfaatnya. “Dan apabila aku sakit. peliharalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka”. 2.Merujuk beberapa ayat dan hadits di atas. (QS. At Tahriim: 6) b. (QS. Kepada yang akan bertaubat dan kembali pada kebaikan Dari sudut agama Islam taubat adalah : Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Asy Syu’araa: 80) yang c. HIV-AIDS. IMS 64 . Islam memandang narkoba adalah haram hukumnya. Bagi yang sudah terkena / Kecanduan. dan ingin berobat serta Mengharap pertolongan Allah. memang ada manfaatnya tetapi ada juga mudharatnya. maka segeralah melakukan upaya sebagaimana anjuran yang tersirat dalam ayat berikut ini: Wa idzaa maridhtu fahuwa yasyfiini. Mengatasi Narkoba a. Prinsip diatas sesuai dengan kaidah ayat berikut ini: Yaa ayyuhal ladziina aamanuu quu anfusakum wa ahliikum naaroo “Wahai orang yang beriman. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Dia-lah menyembuhkan”.

menyalahgunakan dan meninggalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Narkoba secara konsisten. Sebenarnya Allah SWT telah menegaskan keutamaan taubat bagi mahluknya seperti makna ayatayat berikut: Innallaha yuhibbut mutatohiirina tawwabiina wa yuhibbul Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang mensucikan diri (QS.Wa fis syar’i ar ruju’ ‘ammaa kana madzmuman fis syar’i ila maa huwa mahmudun fis syar’i Taubat menurut hukum Islam. IMS 65 . Dengan demikian bagi pengguna Narkoba. taubat artinya berhenti. HIV-AIDS. Al-Baqarah:222) Dalam firman Allah yang tersirat dalam Al quran Surat At Tahrim ayat 8 : Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. tidak menggunakan atau memakai. berarti meninggalkan dari segala sesuatu yang tercela dan melaksanakan segala sesuatu yang terpuji sesuai pandangan agama”.

perlu bantuan dari yang Maha Kuasa. bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang setulus hati. At-Tahriim : 8) 3. Al-Mu’min : 60) Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. (QS. Do’a adalah sumber kekuatan. HIV-AIDS. (QS. Al-Baqarah:45) Dalam ayat lain Allah SWT berfirman: Wa qoola Rabbukum ud’uunii astajib lakum Dan Tuhanmu berfirman : Berdo’alah kepada-Ku pasti AKU kabulkan”. IMS 66 . (QS. semoga Tuhan menghapuskan dosa-dosamu dan memasukkanmu kedalam surga yang mengalir dibawahnya sungaisungai”. yaitu Allah SWT. Kita yakin dengan kelemahan kita sebagai manusia. Do’a yang dianjurkan a. Was ta’iinuu bishshobri wahs sholaati Dan mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan menegakkan shalat”. Hai orang-orang yang beriman.Ya ayyuhal lazdiina aamanu tuubuu ilallahi taubatan nashuuhaa “asaa rabbukum anyukaffira ‘ankum sayyiaatikum wa yudkhilukum jannaatin tajrii min tahtihal anhaaru.

dari kedatangan mereka kepadaku. Do’a Mohon Dijauhkan Dari Bisikan Syaitan. (QS. Asy-Syu’ara: 169). HIV-AIDS.Rasullulah Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Do’a adalah senjata orang-orang yang beriman”.”( QS. Ihdinaasy shiraathol mustaqim “Tunjukilah kami jalan yang lurus”. b. Al-Mukminun: 97-98) d. Do’a Mohon Hidup di Jalan Yang Benar. Al-Fatihah : 6) c. Do’a mohon dijauhkan dari kerusakan masyarakat (Lut berdoa): “Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan’. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku.( QS. Waqul rabbi a’uudzubika min hamazaati syaithaani. Do’a ini dapat dibaca apabila kita tinggal dilingkungan masyarakat yang banyak menggunakan Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. IMS 67 . Wa a’uudzubika rabbi anyahdluruni asy- “Dan katakanlah: “Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan.

narkoba, pengedar, bandar narkoba atau lingkungan yang banyak dijadikan perbuatan mesum lainnya. e. Do’a mohon diselamatkan dari pengaruh lingkungan yang rusak. Qoola Rabbinshurnii ‘alalqaumil mufsidiin Lut berdoa: “Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu”.(QS. Al-Ankabut:30) Doa ini sebaiknya kita baca agar kita dapat terhindar dari lingkungan yang rusak, seperti lokalisasi pelacuran dst. f. Do’a mohon disembuhkan dari sakit

Bismillahi rahmanir rahim. Adzhibil ba’sa rabbannaasi isyfi antassaafi laasyafi illa anta allahumma inni as’alukalafiyah. Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Yaa Allah Tuhan pemelihara manusia, hilangkanlah derita, sebuhkanlah penyakit, Engkaulah Dzat Maha Penyembuh tiada kesembuhan kecuali Engkau. Ya Allah aku mohon padamu agar aku sehat. ( HR. Ahmad, Nasa’i dari Muhammad ibn Khatib).

Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba, HIV-AIDS, IMS

68

As alullaha adziima an yasyfiyanii syifa’a laa yughoodiru saqomaa Aku mohon kepada Allah Maha Agung agar menyembuhkan aku denga tidak menderita sakit lagi (HR. Bukhari). g. Do’a dalam proses benyembuhan

Alhamdu lillahil ladzi kafaana wa arwaana ghara makfiyyin wa laa makfuurin Segala Puji bagi Allah yang telah memberi kepada kita kecukupan dan kepuasan yang tidak terabaikan dan tidak tertolak ( HR. Bukhari dari Abu Umamah). h. Do’a sesudah sembuh Jika sudah sembuh dari memanjatkan doa sebagai berikut. sakit dimohon

Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina hamdan yuwaafii ni’amahu yukaafii maziidah. segala puji kepunyaan Allah, Tuhan yang memelihara, mencukupi, mendidik segala alam, pujian yang

Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba, HIV-AIDS, IMS

69

menyamai nikmat-NYA dan menandingi keutamaanNYA”. (Hadits Riwayat Bukhari) i. Do’a Mohon Dijauhkan dari Kesesatan. Menyalahgunakan Narkoba, mengedarkan apalagi sebagai bandar, adalah jalan yang salah, sesat dan dosa. Harus ditinggalkan dan mohon dijauhkan dari jalan yang sesat, dengan mengucapkan do’a:

Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hab lanaa min ladunka rahmatan innaka antal wahab (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”(QS. Ali-Imran : 8) j. Do’a Mohon Diampuni dari Kedzaliman. Penyalahgunaan Narkoba adalah suatu kedzaliman, kebodohan, mengundang penyakit yang merusak jasmani dan rohani bagi pemakainya. Maka kita harus meninggalkan, menghindari dan tidak mengulangi lagi, dengan berdo’a kepada Allah SWT sebagai berikut :

Qala Rabbi dzolamtu nafsii faghfirlii
Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba, HIV-AIDS, IMS

70

mental bahkan moral dan sosial. untuk memperoleh kesembuhan selain berobat ke para dokter yang kompeten. sehingga pengaruh buruk Narkoba akan menyebabkan hidup tidak tenang. Al-Qashash : 16) 4. dzikir dan wirid untuk memohon kepada Allah SWT agar memperoleh kesembuhan yang tentunya disertai tekad dan semangat yang kuat. sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku”. Dalam masalah Narkoba. juga diperlukan do’a. (QS. jiwa yang gelisah dan resah. Dzikir Penyalahgunaan Narkoba akan merusak physik. Untuk itu dzikir sangat dibutuhkan untuk memperoleh ketenangan. IMS 71 .Musa berdoa: “Ya Tuhanku. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS.

laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. HIV-AIDS. Kejadian 1 : 27 “Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya. 13 “Kristus telah memerdekakan kita.PERSPEKTIF AGAMA KRISTEN KATOLIKPROTETAN Kata Narkoba tidak tertera secara jelas dalam ayatayat suci agama Kristen Protestan dan Katholik. “Saudara-saudara memang kamu telah dipangil untuk merdeka. Manusia adalah ciptaan Allah a.. b. namun akibat dari Narkoba tersebut dan penanggulangannya tertera dalam ayat-ayat suci yang ada. IMS 72 . Tetapi janganlah kamu mempergunakan kenerdekaan itu sebagai kesempatan untuk hidup dalam dosa. Dengan demikian para pengguna Narkoba diharapkan dapat mengerti dan menyandarkan diri pada firman Tuhan yang terdapat dalam Alkitab. Galatia 5 : 1. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan Kuk perhambaan” .. 1.. melainkan layanilah seorang yang lain oleh kasih”. menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia. Melihat ayat-ayat tersebut diatas terlihat bahwa umat kristen yang telah ditebus dan dimerdekakan Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Allah memberkati mereka”...

d. “Itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan akan menyegarkan tulang-tulangmu” e. maka Ia akan meluruskan jalanmu” “Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak. mengawasi orang jahat dan orang baik f. termasuk obat-obat bius dan Narkoba. Pengkotbah 11 : 9 “Bersukarialah hai pemuda dalam kemudaanmu biarlah hatimu bersuka dalam masa mudamu dan turutilah keinginan hatimu dan matamu. akan tetapi arahkanlah untuk melayani sesama manusia dalam kasih. Amsal 21: 17 “Orang yang suka bersenang . Amsal 17: 25 “Anak yang bebal menyakiti hati ayahnya. HIV-AIDS. tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan”. orang yang gemar kepada minyak dan anggur tidak akan menjadi kaya”.senang akan berkekurangan. c. takutlah akan Tuhan dan jauhilah kejahatan”. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Amsal 15: 3 Mata Tuhan ada disegala tempat.perlu berdiri teguh dan tidak jatuh dalam dosa. Amsal 3 : 5 – 8 “Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu dan janganlah bersandar kepada pengetahuanmu sendiri” “Akuilah Dia dalam segala lakumu. IMS 73 . dan memedihkan hati ibunya”. g.

Agama Katolik mengajarkan cintailah sesama manusia seperti engkau mencintai diri sendiri Ajaran tersebut mengandung pengertian bahwa setiap orang harus dibebaskan dan membebaskan diri dari kejahatan yang menghancurkan dirinya sendiri. orang-orang Mu yang mati akan hidup pula. Hai orang-orang yang sudah di kubur dalam tanah. keluarga dan masyarakat. Roma: 12:1-2 “Karena itu saudara-saudara demi kemurahan Allah Aku menasihatkan kamu. Hal ini berarti bahwa seluruh manusia akan mengalami hidup abadi. b. yaitu: manusia sebagai mahluk ang utuh. a. c. Yohannes 6: 39 “Dan inilah kehenndak Dia yang telah mengutus aku. yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepadaku jangan ada yang hilang tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman”. IMS 74 . supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup. Penghancuran martabat manusia oleh narkoba dan penanggulangannya ditekankan pada aspek hakekat manusia. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. yang kudus yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. HIV-AIDS. janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini”. Yesaya 26: 19 “Ya Tuhan. bangkitlah dan bersorak-sorai sebab embun Tuhan ialah embun erang dan bumi akan melahirkan arwah kembali”. manusia sebagai mahluk berlingkungan dan manusia sebagai mahluk bebas atas tindakannya. mayat-mayat mereka akan bangkit pula.

Lukas 21: 34 “Janganlah dirimu. Roma 10 : 3 “Sebab oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka tidak mengenal kebenaran Allah dan oleh karena mereka berusaha untuk mendirikan kebenaran mereka sendiri. HIV-AIDS.“tetapi berubahlah oleh pembaharuann budimu. 2. Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah bahwa kamu bukan milik kamu sendiri ? sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas di bayar: Karena itu mulikanlah Allah dengan tubuhmu”. maka mereka tidak takluk pada bekenaran Allah”. 1 Korintus 6: 19-20 “Atau tidak tahukah kamu. d. Untuk para pengguna narkoba a. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Demikian juga dengan firman Allah menyatakan bahwa pemabuk tidak masuk dalam kerajaan surga. b. bahwa tubuhmu adalah bait roh Kudus yang diam didalam kamu. sehingga kamu dapat mmembedakan manakah kehendak Allah : apa yang baik yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna”. IMS 75 . Ayat-ayat al-Kitab yang mengingatkan secara khusus dalam pemeliharaan tubuh secara jasmani dan rohani dalam kaitan dengan penyalahgunaan dan pemakaian obat-obat terlarang (Narkoba). supaya hatimu jangan syarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingankepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat”.

c. karena takut akan Tuhan akan menjauhi kejahatan”. g. Alasan mengapa pemabuk tidak dapat masuk dalam kerajaan surga. baik terhadap sesama maupun terhadap Allah”. d. Amsal 16 : 6 “Dengan kasih dan kesetiaan. orang kikir. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Galatia 5 : 11 “Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatn kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa. Kejadian 9: 21 “Orang yang mabuk tidak mempunyai rasa malu sehingga mudah berbuat perkara-perkara yang hina dan keji”. IMS 76 . ha lini sangat berbahaya apabila orang-orang yang terkena mempunyai kedudukan penting karena setiap keputusannya akan mencelakakan banyak orang”. “karena pengaruh minuman akan menimbulkan kejahatan atau perbuatan banyak dosa. kesalahan diampuni. f. pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah”. tapi sebaliknya telanjangilah perbuatanperbuatan itu”. pemabuk. Korintus 6: 10 “Pencuri. Amsal 23: 29-30 “Karena perbuatan orang tersebut merusak lingkungan”. Raja-raja 20: 16 “Pikiran menjadi tumpul karena pengaruh obat sangat mengganggu susunan syaraf sehingga setiap perbuatannya tidak lagi dapat dikontrol dengan pikiran yang jernih. 1. e. HIV-AIDS. h.

“Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik. j. ia harus mencarai perdamaian dan berusaha mendapatkannya”. b. dan barang siapa menyebarkan yang kecil-kecil lambat laun jatuh miskin”. Pengkotbah 5 : 11 “Dan akhirnya engkau akan mengeluh kalau daging dan tubuhmu hhabis binasa”. 1 Petrus 3 : 11. HIV-AIDS. kalau merah menarik warnanya dan menyilau dalam cawan yang mengalir masuk ke dalam nikmat”. Sirakh 19 : 1. “Buruh peminum tidak pernah akan kaya. sebab Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. 3. sebab tidak berguna sedikitpun pada hari sial”. Untuk Para Pengedar a. Sirakh 5 : 8 “Jangan percaya kepada harta benda yang diperoleh dengan tidak adil.i. IMS 77 . Lukas 12 : 15 “Katanya lagi kepada mereka: berjaga-jagalah dan waspada terhadap segala ketamakan. Amsal 23 : 31 – 33 “Jangan melihat kepada anggur. “Tetapi kemudian memagut seperti menyemburkan bisa seperti beludak” ular dan “Lalu matamu akan melihat hal-hal yang aneh dan hatimu mengucapkan kata-kata yang kacau” l. k.

karena Tuhan Allah kita akan membalas semuanya menurut kehendak-Nya”. Sirakh 27: 27 “Kejahatan yang dilakukan orang akan berguling atas dirinya sendiri dan tak tahu dari mana datangnya. Hiduplah menurut perintah Tuhan dan jauhilah semua larangan-Nya.. ingatlah akan arti hidupmu.yang Ku kehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan. 4. e. karena aku datang bukan Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. dan demikianpun dosa menyisip antara jual dan beli”. Matius 9: 12-13 “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib tapi orang sakit. Sirakh 21:8 “Siapa yang membangun rumahnya dengan harta orang lain menyerupai seseorang yang mengumpulkan batu guna kuburnya”. d.. IMS 78 . Untuk para pengedar yang ingin kembali kejalan yang benar a. Sirakh 27: 26-27 “Orang yang menggali lubang akan terperosok ke dalamnya dan yang memasang jaring akan terjerat sendiri”. b. Sirakh 21 : 1-2 “Karena uang sudah banyak orang berdosa. c.. HIV-AIDS.walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya hidupnya tidak akan tergantung pada semua itu”. dan barang siapa berdaya upaya menjadi kaya. memalingkan muka antara rapatan dua batu tertancap pasak.

supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. melainnkan orang berdosa”. Mazmmur 662:2 “Hanya dekat Allah saja aku tenang dari pada-Nya keselamatanku”. IMS 79 . sebab itu janganlah engkau menolak didikan yang Maha kuasa”. Ayub 5: 17 “Sesungguhnya berbahagialah manusia yang ditegur Allah. Matius 14: 27 “Yesus berkata kepada mereka : tenanglah ! aku ini. karena ia lahir dari Allah. 1 Yohanes 3: 9 “Setiap orang yang lahir dari Allahh tidak berbuat dosa lagi: sebab benih Ilahi tetap ada di dalam Dia dan Ia tidak dapat berbuat dosa. jangan takut”. d. g. HIV-AIDS. f. “Jikalau kamu tahu bahwa Ia adalah benar. d. engkau dan seisi rumahmu”. kamu harus tahu juga bahwa setiap orang yyang berbuat kebenaran lahir dari pada-nya”. kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya”.” e. Kisah Rasul 16: 31 “Jawab mereka : Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristusdan engkau akan selamat. c.untuk memanggil orang benar. 1 Yohanes 2: 28-29 “Maka sekarang anak-anakku tinggallah di dalam kristus.

Kisah 20: 35 “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepadamu.5. tetapi orang bodoh mati karena kurang akal budi” “Harapan orang benar akan menjadi suka cita tetapi harapan orang pasif menjadi sia-sia”. HIV-AIDS. bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus”. lingkungan dan teman sebaya Orang tua perlu mendidik anaknya secara serius sedini mungkin. maka pada masa tuanya ia tidak akan menyimpang dari jalan itu”. Amsal 22: 6 “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya. Untuk itu firman Allah mengatakan : a. kita akan memenuhi rumah kita dengan barang rampasan” “Demikianlah pengalaman setiap orang yang loba dengan keuntungan gelap dan mengambil nyawa orang yang mempunyainya”.19 “Hai anakku. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.28 “Bibir orang benar mengembalakan banyak orang. d. Amsal 1: 10.13. c. b. Untuk orang tua. jikalau orang berdosa hendak membujuk engkau janganlah engkau menurut” “Kita akan mendapat berbagai benda yang berharga. Amsal 10: 21. IMS 80 .

Menikmati kehendak hawa nafsunya oh parta. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Terjemahan : “Ia yang tidak ikut memutar roda hidup ini selalu hidup dalam dosa. Menuruti kehendak nafsu semata berarti mereka menuju kebahagian dan kedamaian semu. HIV-AIDS. seperti yang tertera dalam Bhagawadgita III. Sebagai manusia ada kewajiban yang harus selalu di laksanakan. IMS 81 . yaitu: “Evam pravartitam Chakram Na. nuvartayati. Sehubungan dengan itu tugas manusia adalah menghindari perbuatan dosa dan memutar roda kehidupan berdasarkan Dharma. Seloka ini menjelaskan bahwa hidup tidak teratur dan memenuhi nafsu belaka tanpa melakukan tugas hidup dan kehidupan dengan sebaik-baiknya. Ia hidup sia sia”. maka kehidupan akan sia-sia dan merendahkan tingkatan kehidupan yang akan datang. 16.PERSPEKTIF AGAMA HINDU Setiap manusia yang di ciptakan ke dunia ini mempunyai tujuan utama yaitu menghindari kesengsaraan dan mencari kehidupan yang damai sejahtera. ha yah Aghayur indriyaramo Mogham partha Sajivati”. 1.

onar.12 menyatakan: “Hrtsu piraso yudhyante Durmadaso na surayam”. Karena itu. narkoba. bingung. karena ia dapat mengakibatkan manusia mabuk. baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak. Terjemahan : “Tuhan Yang Maha Esa memiliki dan mengendalikan segala sesuatu yang ada di dalam alam semesta. Rg VedaVIII. IMS 82 . seperti berfoya-foya. HIV-AIDS. melainkan akan mengakibatkan mala petaka. hendaknya seseorang hanya menerima bendabenda yang di butuhkan untuk dirinya yang telah di sediakan sebagai jatahnya. dan sebaiknya jangan menerima benda-benda yang lain.2. untuk mencari kehidupan yang damai dan sejahtera.dengan mencari kenikmatan yang di larang oleh ajaran agama. liar dan menderita. yang bukan haknya”. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. termasuk obat-obatan yang mengandung zat adiktif ( miras. manusia hendaknya menghayati Petunjuk veda Sruti yang dinyatakan di dalam kitab Isa Uponisad mantra satu yang berbunyi: “Isavasyam idam sarvam Yat kinca jagatyam jagat Tena tyaktena bhunjhita Ma grdhah kasya svid dhanam”. dll ). Narkoba dan miras bukanlah benda yang di butuhkan manusia untuk hidup damai sejahtera. mengkonsumsi makanan terlarang. 2.

terperangkap oleh jaring pikiran yang membingungkan. mencuri emas. meminum-minuman keras. terseret ke dalam pemuasan nafsu mereka jatuh kedalam neraka yang menjijikan”. Slokantara. melakukan pembunuhan. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. IMS 83 . ini dinamai dosa besar (mala petaka)”. 3. Terjemahan: “Membunuh Brahmana.Terjemahan: “Para pecandu yang sedang mabuk akan berkelahi di antara mereka. Dalam kitab suci agama Hindu Sarasamuccaya Sloka 256 di jelaskan : Janganlah hendaknya mengambil barang orang lain. 16 menyatakan: “Aneka citta vibhrata mohajala Samavrtah. memperkosa gadis perawan dan membunuh guru. karena akan menghalangimu untuk menyatu dengan Tuhan. Bhagavad Gita XVI. 4. HIV-AIDS. Janganlah minum-minuman keras dan obatobatan terlarang. Terjemahan : “Terkecoh oleh berbagai macam pikiran. berdusta. Sloka16 menyebutkan: “Braima wadah sulapanam Suwarna steyarnewa ca Kanyawighnam gurarwadho Mohapalakamucyate”. menciptakan keonaran”. prasaktah kama bhogesu Patanti narake’sucau”.

IMS 84 . keliwat besar dosanya”. orang yang hidupnya terikat oleh candu dan alkohol (“BAHUMAYINAM”) adalah tergolong orang jahat yang tak layak mendapat kehormatan (Sarasmucaya325) serta di anggap sebagai orang yang berada di luar golongan. Mereka yang mengkonsumsinya untuk pemuasan nafsu. disebut “CANDALA” (Slokantara 22). Terjemahan : “Brahmaghna artinya membunuh sanng brahmana dan menghilangkan brahma mantra. 5.Narkoba dan miras di dalam kitab suci Veda disebut “SURAPANAM” yaitu konsumsi yang memabukan. surapa artinya mengkonsumsi alkohol/miras/narkoba/zat adiktif lainya. orang yang menjalankan brata tidak di benarkan mengkonsumsi alkohol/miras/narkoba/zat adiktif lainya. tergolong “dosa besar” yang setara dengan perbuatan mencuri emas. HIV-AIDS. baghnabrata namanya jika melebur (membatalkan ) brata. Oleh karena itu. Juga di sebut “MADYA” yaitu minuman beralkohol/berzat adiktif tinggi. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Kitab suci Sara samuscaya juga menyatakan : “Brahmaghna ca sarape ca aore Bhagnavrate cate. Niskrtirvihita sadbhih krtaghne Nasti niskrtih”. tidak mengindahkan beliau. membunuh pendeta atau guru dan memoerkosa gadis di bawah umur. tidak boleh mencuri.

1 disebutkan: “Na papa traya rasiya” Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Dalam kitab suci Atharwa Weda XX 81. Karena keadaan setengah sadar atau kelupaan (laya) itu sama berbahayanya dengan gangguan dari keinginan”. setetes demi setetes dengan bantuan selembar daun kusa”. “Upayena nigrehniyad Visiptam kamabhogayoh Suprasannam laye caiva Yatha kamo layastatha” Terjemahan : “Pikiran yang di ganggu oleh keinginan-keinginandan kenikmatan-kenikmatan. IMS 85 . Dalam Madukya Upanisada III.6. HIV-AIDS. demikian pula pikiran yang menikmati kesenangan akan “kelupaan sepenuhnya” (laya) hendaknya di bawa di bawah disiplin yang sempurna dengan membangkitkanya melalui saluran yang semestinya. hanya dengan usaha yang terusa menerus tanpa henti. 41-42 disebutkan bahwa: “Utseka udadher yadvat Kusagrena ikabinduna Manaso nigrahastadvad Bhaveda pari khedatah” Terjemahan : “Pikiran dapat di bawa di bawah pengendalian. 7. seperti yang di lakukan untuk menguras lautan.

Bhagawad Gita XVII.nafsu dan kemarahan. membenci aku yang ada dalam jasmani mereka sendiri dan jasmani yang lainya”. Bagi pecandu tidak lagi memiliki daya untuk membedakan antara baik dan buruk. leburlah segala perbuatan buruk ke dalam perbuatan baik. penuh penderitaan. 8. kesombongan. HIV-AIDS. benar dan salah. 21 menyebutkan : Sadarilah bahwa kehidupan yang singkat ini adalah mengemban misi meningkatkan kualitas kehidupan menuju yang lebih baik. IMS 86 .Terjemahan : “Kita tidak harus mengalah kepada sifat-sifat yang buruk dan perbuatan jahat yang membuat kehidupan menjadi menderita/neraka”. dan memenuhi nafsu tanpa batas adalah neraka penderitaan”. Dalam sarasmuccaya 4 di sebutkan : Bahwa di antara semua mahkluk hidup. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Di dalam kitab Bhagawad Gita sloka XVI 18-20 menyatakan : Dengan kebiasaan yang buruk ini (ia) membohongi dirinya sendiri dengan keakuan. 9. Melihat sloka tersebut di atas jelaslah bahwa penggunaan narkoba oleh manusia akan membawa kehidupan yang tidak baik di dunia dan akan merupakan penghambatjalan menuju ke surga. sebab itulah gunanya menjelma menjadi manusia. ketakutan. hanya yang di lahirkan sebagai manusialah yang dapat melaksanakan perbuatan baik. bahkan mereka akan jadi pembenci. termasuk terhadap dirinya sendiri.

sehingga mereka terjatuh kedalam jalan yang paling rendah. berlindung dan bersembah sujud kepada Hyang Widhi Wasa serta berserah diri meraih kasihNya. “Tan eva saranam gachchha sarvabhavena Bharata tatprasadat param santim sthanam Prapsyasi”. wahai Kuntiputra”.Mereka yang kejam dan pembenci ini. “Manmana bhava madbhakto madyaji mam Namaskuru mam evai shyasi styam te Pratijane priyo si me”. oh bharata dengan restu-Nya engkau akan mencapai kedamaian tertinggi kediaman kekal abadi”. Setiap orang yang ingin menghindari kesengsaraan dan hidup damai sejahtera hendaknya selalu berbuat di jalan Dharma. yang aku campakan berkali-kali kedalam kandungan raksasa”. Terjerumus kedalam kandungan raksasa. Terjemahan : “Puasatkan pikiranmu pada-Ku. bersujud pada-Ku. 10. HIV-AIDS. dalam berbagai kelahiran tak akan pernah mencapai aku. berbakti pada-Ku. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. adalah manusia paling hina di dunia ini. sembahlan Aku engkau akan tiba pada-Ku. Terjemahan : “Berlindunglah engkau kepada-Nya dengan seluruh jiwaragamu. Aku berjanji setulusnya padamu sebab engkau Ku-kasihi”. yang terbingungkan ini. IMS 87 .

Sura. HIV-AIDS. d. sesuatu yang membuat nekat. sesuatu yang membuat mabuk/ kurangnya kewaspadaan. sesuatu yang membuat tidak sadarkan diri. b.PERSPEKTIF AGAMA BUDHA Dalam agama Budha sila merupakan dasar utama dalam pelaksanaan ajaran agama. e. IMS 88 . menyebutkanya dengan istilah yang terdiri dari 4 kosa kata yaitu : a. Menghindari pengambilan barang yang tidak di berikan oleh pemiliknya c. Majja. Meraya. mencakup semua perilaku dan sifat-sifat baik yang termasuk dalam ajaran moral dan etika agama Budha. seperti ganja. morphin. 2. Menghindari segala minuman keras yang dapat menyebabkan lemahnya kewaspadaan. c. Pancasila Buddhis terdiri dari lima latihan moral yaitu : a. b. Menghindari pembunuhan makhluk hidup. mengacu pada minuman keras yang mengandung alkohol. seperti minuman keras yang memabukan. Menghindari perbuatan asusila. Menghindari ucapan yang tidak benar. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. 1. Agama Budha dalam pandanganya tentang narkoba.

Artinya : “Aku bertekad akan melatih diri menghindari minuman keras yang dapat melenyapkan lemahnya kesadaran”. seperti yang di peroleh dari obatobatan. orang bijaksana akan bergembira dalam kewaspadaan. (Paritta Suci. 22) Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. yang menjadi dasar kelengahan / kecerobohan 3. ariyanam gocare rata”. (Dhammapada.21) 5. Penyalahgunaan Sila ke lima dari Pancasila Budhis yaitu menghindari segala minuman keras berbunyi. pamado Maccuno padam. tetapi orang yang lengah seperti orang yang sudah mati”. dan bergembira dalam praktek para ariya”.d. “Surameraya Majjapamadatthana Veramani Sikkhapadam Samadiyami”. 24) 4. Pamadatthama. atau minuman yang menimbulkan ketagihan. kelengahan adalah jalan menuju kematian orang yang waspada tidak akan mati. IMS 89 . Kebahagiaan sebagai akibat dan kesadaran bhatin adalah kebahagiaan yang sesungguhnya. Artinya : “Kesadaran adalah jalan menuju kekekalan. appamadamhi Pandita. appamatta na niyati. Dalam kitab Suci Dhammapada di katakan : “Etam Visesato natva. Ajaran sang Budha : “Appamado amatapadam. Artinya : “Setelah mengerti dengan jelas. bukan kebahagiaan sesaat. ye Pamatta yatha mata”. appamade pamodanti. (Dhammapada. HIV-AIDS.

b. d. Sering mengunjungi tempat plesiran. 241-242) 7. b. appamado ca dhammesu. Kecerdasan menurun. Untuk itu khotbah sang Buddha kepada Ananda yaitu: “Ananda kebiasaan-kebiasaan yang baik (sila) tujuan adalah supaya tidak menyesal dan menfaatnya supaya tidak ada penyesalan”. (Riwayat hidup Buddha Gotawa. f. Sering berkeliaran di jalanan pada yang tidak la yak. Pergaulan yang tidak baik. Selanjutnya dikatakan terdapat 6 (enam) bahaya dari ketagihan minuman keras yaitu: a. Menampakkan diri secara tidak tampak. d. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Ketagihan minuman keras atau arak. c. Gemar berjudi. Etammnggalamuttaman”. 1) 8. yaitu: a. Harta akan habis. f. yang terdapat pada Siogalovada Sutta. Para pecandu Narkoba adalah mereka yang lemeh dari rasa “ottapa” yaitu malu berbuat jahat dan takut akan akibatnya. V. Sering bercekcok dengan orang lain. c. Watak baik akan hilang. Khotbah sang Budha yang disampaikan pada pemuda sigala diingatkan adanya 6(enam) jalan untuk menghabiskan harta. majjapanacaSannamo. HIV-AIDS. IMS 90 . Kebiasaan bermalas-malasan. Mudah terserang penyakit. (Angutara Nikaya. e. e. Dalam maha sutta dikatakan : “Ararti Virarti papa.6.

Artinya: “Menjahui tidak melakukan kejahatan. HIV-AIDS. IMS 91 . termasuk Narkoba. 30) Dengan melihat ayat-ayat suci di atas. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. menghindari minuman keras. jelaslah bahwa minuman keras yang berakhohol dan memabukkan. tekun melaksanakan dharma. itulah berkah utama”. (paritta suci. dilarang dalam agama Buddha.

Walaupun begitu seseorang yang telah terinfeksi HIV tetap dapat menularkan virusnya kepada orang lain. Data telah menunjukkan bahwa 64% dari penderita HIV-AIDS adalah disebabkan oleh penyalah gunaan narkoba oleh pengguna jarum suntik (Penasun). IMS 92 . Seseorang yang telah terkena AIDS juga dapat bertahan hidup cukup lama. Stres atau depresi yang dirasakan penderita AIDS akan langsung memperburuk kondisi kesehatannya dan mempercepat perkembangan AIDS di dalam tubuhnya. Hal ini dapat terjadi apabila ia dapat menjaga kesehatan tubuhnya dengan baik. oleh karena itu selain pendekatan medis dan psikologis. penolakan. serta kepercayaan diri dan harapan hidup yang hilang. karena dikawatirkan penderita AIDS akan mengalami krisis spiritual atau gangguan kejiwaan misalnya kecemasan dan depresi. Stres dan depresi ini dapat muncul karena penolakan terhadap kenyataan yang dialaminya bahwa ia harus hidup dengan HIV/AIDS.PENUTUP Penderita Acquire Immune Deficiency Syndrome (AIDS) akan berakhir kepada kematian. ejekan dan perlakuan buruk yang diterimanya dari orang-orang disekitar yang terkait dengan AIDS. Seseorang yang terinfeksi HIV bisa bebas dari AIDS hingga seumur hidupnya. HIV-AIDS. menghindari penularan penyakit dan menjaga jumlah HIV dalam tubuhnya tetap rendah. maka perlu adanya pendekatan keagamaan. Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.

Narkoba Dari Sudut Pandang Agama Budha.DAFTAR PUSTAKA Arifin. Pedoman Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Jakarta. Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Dakwah Kontemporer. HIV-AIDS. Studio driya Media. 2006. M. Direktorat Urusan Agama Budha. Drs. 1997 Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. 2004 Badan Narkotika Nasional. Ayat-Ayat Suci Agama Di Indonesia Yang Berkaitan Dengan Narkoba. FIAD Unmuh. Modul Pelatihan Instruktur Penyuluh Narkoba Untuk Tokoh Masyarakat. 2005 Badan Narkotika Nasional. Arifin. Narkoba. Jakarta. AIDS dan Penanggulangannya. Jakarta. IMS 93 . Dept. Jakarta. dkk. 2004 Badan Narkotika Nasional. Surabaya. IMS dan HIV-AIDS dalam Paradigma Islam. 2004 Badan Narkotika Nasional. Jakarta. Ditjen Bimmas Hindu Dan Budha. Agama RI. M. 2003 Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2005 Badan Narkotika Nasional. Materi Advokasi Pencegahan Narkoba. Komunikasi Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Klasifikasi ayat-ayat Al Quran. 2005 Dasikin.

Do'a Sehari-Hari Menurut Agama Hindu. UNFPA. dkk. Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba.Si. 2002 PKBI. Drs. PMS dan HIV/AIDS modul 4. Drs. Dana Bhakti Prima Yasa. I Gusti Made. 1998 Satgas Luhpen Narkoba Mabes Polri. Pandangan Agama Islam Tentang Narkoba Titib. BNP Jatim.DIT BINMAS POLRI. Erry Kadarmono. 2000 . M. Drs. Penanggulangan Penyalahgunaan N arkobaJakarta. IMS 94 . 1997 I Gede Jaman. CV. MM.Ag. Narkoba Menurut Pandangan Agama Kristen Hawari. Wiwiek. 2005 Ersetiawan. 1998 Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. Jakarta. Fransiskus. Siswa Cerdas Tanpa Narkoba. Narkoba Dari Sudut Pandang Agama Hindu Nurwiyono. Paramita. I Made. Ilmu Kedokteran Jiwa dan Kesehatan Jiwa. IPPF. S. 2001 Subagjo. Wedha Sabda Suci. Pelita Nursatama Lestari. D. Jakarta. Pandangan Katholik Narkoba Menurut Ngurah. Surabaya. HIV-AIDS.

IMS 95 . HIV-AIDS.Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.

IMS 96 .LAMPIRAN JENIS-JENIS NARKOBA Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS.

IMS 97 . HIV-AIDS.Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba.

Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS. IMS 98 .

Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS. IMS 99 .

Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. IMS 100 . HIV-AIDS.

IMS Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS. IMS 101 .PENDERITA HIV-AIDS.

IMS 102 .Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS.

IMS 103 .Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS.

IMS 104 .Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. HIV-AIDS.

Jauhi NARKOB A Peranan Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Jatim Bebas Narkoba. IMS 105 . HIV-AIDS.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.