P. 1
serangga

serangga

|Views: 603|Likes:

More info:

Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2012

pdf

text

original

Ordo Archyptera atau Isoptera Ciri-ciri ordo Archyptera: - Metamorfosis tidak sempurna.

- Mempunyai satu pasang sayap yang hampir sama bentuknya. Kedua sayap tipis seperti jaringan. - Tipe mulut menggigit. Contoh: Reticulitermis flavipes (rayap atau anaianai) Keterangan: Pada rayap terjadi polimorfisme, artinya di dalam satu spesies terdapat bermacam-macam bentuk dengan tugas yang berbeda. Rayap hidup berkoloni, dalam koloni ini terjadi pembagian tugas kerja, yaitu: - Ratu, yakni laron (rayap betina fertil). Biasanya tubuh gemuk dan tugasnya adalah bertelur. - Raja, yaitu laron (rayap jantan fertil), tugasnya melestarikan keturunan. - Serdadu, rayap yang bertugas mempertahankan sarang dan koloni dari gangguan hewan lain. - Pekerja, rayap yang bertugas memberi makan ratu dan raja, serta menjaga sarang dari kerusakan. Sifat rayap pekerja dan rayap serdadu bersifat steril. Perhatikan perkembangan rayap dari telur sampai dewasa pada bagan berikut ini!

Gambar laron Ordo Orthoptera (serangga bersayap lurus) Ciri-ciri ordo Orthoptera: - Memiliki satu pasang sayap, sayap depan lebih tebal dan sempit disebut tegmina. Sayap belakang tipis berupa selaput. Sayap digunakan sebagai penggerak pada waktu terbang, setelah meloncat dengan tungkai belakangnya yang lebih kuat dan besar. - Hewan jantan mengerik dengan menggunakan tungkai belakangnya pada ujung sayap depan, untuk menarik betina atau mengusir saingannya.

Larva hidup di air .Jangkrik (Gryllus sp) Gambar Belalang 3.Hewan betinanya mempunyai ovipositor pendek dan dapat digunakan untuk meletakkan telur.Kecoak (Blatta orientalis) .Gangsir tanah (Gryllotalpa sp) .Bersifat karnivora Contohnya : .Belalang (Dissostura sp) .Capung (Aeshna sp) .Antenanya pendek .Belalang sembah (Stagmomantis sp) .Capung besar (Epiophlebia) .Tipe mulut mengunyah ..Mempunyai dua pasang sayap .Belalang ranting (Bactrocoderma aculiferum) . Contoh: .Terdapat sepasang mata majemuk yang besar . .Metamorfosis tidak sempurna . Ordo Odonata Ciri-ciri Ordo Odonata: .Tipe mulutnya menggigit.

Kepinding air (Lethoverus sp) Walang sangit (Leptocorixa acuta Ordo Homoptera (bersayap sama) Ciri-ciri Homoptera : .Kutu daun (Aphid sp) .Mempunyai dua pasang sayap. sepasang tebal dan sepasang lagi seperti selaput.Capung (Aeshna sp) Ordo Hemiptera (bersayap setengah) Ciri-ciri Hemiptera : .Wereng hijau (Nephotetix apicalis) .Metamorfosis tidak sempurna.Tipe mulut menusuk dan mengisap . .Kutu busuk (Eimex lectularius) . Contohnya : .Mempunyai dua pasang sayap .Kumbang coklat (Podops vermiculata) .Metamorfosis tidak sempurna.Sayap depan dan belakang sama.Wereng coklat (Nilapervata lugens) . Contohnya : .Tipe mulut mengisap .Walang sangit (Leptocorixa acuta) .Tonggeret (Dundubia manifera) . . bentuk transparan.Kutu kepala (Pediculushumanus capitis) .

Berdasarkan ciri sayap dan alat mulutnya. Pupa kokon. Ordo Neuroptera (serangga bersayap jala) Ciri serangga ini adalah mulut menggigit.Pupa pada Lepidoptera dapat dibedakan menjadi dua. kelompok Holometabola ini meliputi 6 ordo. Larva adalah hewan muda yang bentuk dan sifatnya berbeda dengan dewasa. yaitu: a. imago) 2. yaitu memiliki siklus hidup: telur ± larva ± kepompong (pupa) ± imago . Ordo Lepidoptera (bersayap sisik) Ciri-ciri ordo Lepidoptera: .Mempunyai 2 pasang sayap yang dilapisi sisik. 1.Tipe mulut mengisap dengan alat penghisap berupa belalai yang dapat dijulurkan. Imago adalah fase dewasa atau fase perkembangbiakan.Diptera 4.Tahapan dari daur serangga yang mengalami metamorfosis sempurna adalah telur ± larva ± pupa ± imago. larva.Siphonoptera 6.Coleoptera 5. . Metamorfosis sempurna. . pada saat itu pula terjadi penyempurnaan dan pembentukan organ.Kelompok Holometabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Hymenoptera Selanjutnya pelajarilah uraian tiap-tiap ordo dan dimulai dengan ordo Neuroptera. yaitu ordo: 1. Pupa adalah kepompong dimana pada saat itu serangga tidak melakukan kegiatan.Neuroptera 2. bagian tubuh pupa terlindung kokon. Contoh: undur-undur ± metamorfosis sempurna (siklus hidupnya: telur. pupa (kepompong).Lepidoptera 3. Pupa mummi: bagian badan kepompong terlihat dari luar b. dan mempunyai dua pasang sayap yang urat-uratnya berbentuk seperti jala.

Lalat (Musca domestica) . (c) nyamuk kecil.Mempunyai sepasang sayap depan.Mengalami metamorfosis sempurna.Aedes (inang virus demam berdarah) Gambar Macam-macam Diptera (a) lalat rumah. .Nyamuk biasa (Culex natigans) . Sub ordo Rhopalocera (kupu-kupu siang) Contohnya: . (d) .Ulat tanah (Agrotis ipsilon) . Ordo Diptera (serangga bersayap dua buah/sepasang) Ciri-ciri ordo Diptera: . .Kupu-kupu pastur (Papiliomemnon) . Contohnya: .Nyamuk Anopheles . Hidup aktif pada malam hari. Jika hinggap kedudukan sayap mendatar membentuk otot.Kupu ulat sutra (Bombyx mori) Gambar Hewan kelompok Lepidoptera 3.Kupu sirama-rama (Attacus atlas) b. membentuk alat mulut seperti belalai disebut probosis.Tipe mulut ada yang menusuk dan mengisap atau menjilat dan mengisap.Hama daun pisang (Erlonata thrax) .Ulat jengkol (Plusia signata) . (b) lalt tze-tze.Hama kelapa (Hidari irava) . Contohnya: .Ordo Lepidoptera dibagi menjadi 2 sub ordo: a. Sub ordo Heterocera (kupu-kupu malam) Sering juga disebut ngengat. dan satu pasang sayap belakang berubah menjadi alat keseimbangan yang disebut halter.

Anopheles dan Aedes perhatikan gambar 23 berikut ini! Gambar Perbedaan posisi larva dan pupa nyamuk di dalam air serta posisi nyamuk dewasa dalam keadaan hinggap 4.nyamuk Untuk membedakan nyamuk Culex.Mempunyai mata tunggal. Hewan kelompok Coleoptera 5. . sagu. Ordo Coleoptera (bersayap perisai) Ciri-ciri ordo Coleoptera: .Tipe mulut mengisap. Ordo Siphonoptera (bangsa pinjal) Ciri-ciri ordo Siphonoptera : . kelapa sawit dan lain-lain. b. . pakis. . Kumbang buas air (Dystisticus marginalis) c. Contoh: a. sayap belakang seperti selaput.Serangga ini tidak bersayap. kaki sangat kuat dan berguna untuk meloncat. tebal dan mengandung zat tanduk disebut dengan elitra.Metamorfosis sempurna .Mengalami metamorfosis sempurna.Sayap depan keras.Mempunyai dua pasang sayap. .Tipe mulut menggigit.Segmentasi tubuh tidak jelas (batasan antara kepala ± dada dan perut tidak jelas) . . . Kumbang kelapa (Orytec rhynoceros) menyerang pucuk kelapa. Kumbang beras (Calandra oryzae) Gambar 24.

Contoh: .Contoh: Pinjal manusia (Pubex irritans) Pinjal anjing (Ctenocephalus canis) Pinjal kucing (Ctenocephalus felis) Pinjal tikus (Xenopsylla cheopis).Tipe mulut menggigit. . 6.Lebah madu (Apis mellifera) .Kumbang pengisap madu (Xylocopa) biasanya melubangi kayu pada bangunan rumah . tipis seperti selaput. Ordo Hymenoptera (bersayap selaput) Ciri-ciri ordo Hymenoptera: . pinjal pada tikus dapat menularkan kuman pes / sampar.Mempunyai dua pasang sayap.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->