SILSILAH DAN SEJARAH SINGKAT KERAJAAN MINANG KABAU

Sekitar 250 SM, DAPUNTA HYANG (Pimpinan Agama Budha) memimpin perpindahan suku bangsa. Rombongan besar ini sampai ke kaki Gunung Merapi . Pada awal Abad 1 M, Dapunta Hyang meninggalkan pemukiman di kaki Gunung Merapi , memimpin perpindahan lokal ke Muara Sei. Kampar dengan 2 (dua) pelabuhan utama yaitu Muara Kampar dan Muara Sabak , lalu membangun Kerajaan MENANGA KANWA / MINANG KABWA. MENANGA KANWA mempunyai arti MUARA KAMPAR MINANG KABWA mempunyai arti KERAJAAN MINANG KABAU TIMUR diangkatlah seorang raja yang bernama : SRI MAHARAJA LOKITAWARMAN Pemeluk Agama Islam Dari keturunan Dapunta Hyang, kerajaan cepat berkembang dan dikarenakan adanya hubungan dagang dengan pengusaha Arab dan Gujarat, Raja pun masuk Islam dan menimbulkan rasa iri Kaum Cina Thang Ketika SRI MAHARAJA LOKITAWARMAN mangkat maka diangkatlah putranya yang bernama : SRI MAHARAJA INDRAWARMAN Pemeluk Agama Islam/dilantik thn 718 M Dalam suatu Revolusi Istana thn 730 M yang direncanakan oleh para Pemeluk Agama Budha, SRI MAHARAJA INDRAWARMAN terbunuh, Putra Raja beserta keluarga istana yang muslim meninggalkan istana dan pergi ke arah Barat lalu membangun Benteng di Sungayang , sedangkan lawannya pemeluk Agama Budha mendirikan Kerajaan DARMASRAYA di Si Guntur arah Barat Pulau Punjung di tepi Sei. Batang Hari. Khawatir akan terjepitnya Budha oleh Islam, Raja DARMASRAYA yaitu DARMAWIRA (1046-1187M) melakukan serangan ke Benteng Sungayang pada thn 1119 M. Benteng terbakar habis dan keluarga kerajaan meneruskan perjalanan ke arah Barat sampai ke kaki Gunung Merapi kembali, lalu menyusun Kerajaan MINANG KABAU/KOTO BATU yang pusatnya di Pariangan. Dan dilantik Raja MINANG KABAU PERTAMA yang bernama : SRI MAHARAJO DIRAJO Pemeluk Agama Islam/dilantik thn 1119 M dan Mangkat thn 1149 M Sultan menikah dengan 3 orang wanita yang bernama : PUTI INDO JALITO Puti Sedayu Puti Cinto Dunie mendapatkan putra : mendapatkan putra : mendapatkan putra : Dt. KETEMANGGUNGAN Dt. Maharajo Basa Dt. Bandaro Kayo (SULTAN PADUKO BASA) (Penghulu Padang Panjang) (Penghulu Pariangan) Dirangkum oleh : Iwan J. Disastra - Sumber : Tambo Adat Minang Kabau ( hal. 1 )
SILSILAH DAN SEJARAH SINGKAT KERAJAAN MINANG KABAU

Parpatih Nan Sabatang 13 thn. Mambang Sutan (Dt. Keris Balangkuak. lahir thn 1159 M 5. Suri Dirajo. Jatang Sutan Balun (Dt.Dt.Sumber : Tambo Adat Minang Kabau ( hal. Tuntutannya yaitu . KETEMANGGUNGAN 18 thn. Cati Bilang Pandai untuk pertama kalinya memanggil Panghulu nan Baduo yaitu Dt. lahir thn 1153 M 2. mendapatkan warisan berupa : Keris Si Ganjo Era. Dengan kesepakatan semua unsur Istana dan restu Dt. Suri Dirajo dan Cati Bilang Pandai. Suri Dirajo Penghulu Utama Tun Tejo Gurano Arsitek Kerajaan Kedua orang istri sultan yang berasal dari pribumi yaitu Puti Sedayu dan Puti Cinto Dunie diangkat menjadi Keluarga Istana dan mengajukan tuntutan kepada IBU SURI PUTI INDO JALITO dan Pembesar Istana. sebagai Ras Melayu. dan mendapatkan anak masing-masing diberi nama : 1.Sultan SRI MAHARAJO DIRAJO mengangkat seorang Penasehat Kerajaan yang bernama : Dt. lahir thn 1161 M Pada thn 1165 M. Si Mundan Manti dan Si Mundan Panuah. Warisan (Sako & Pusako) mohon diturunkan menurut Waris Ibu (Matrilinial). mendapatkan warisan berupa : Payuang Kuniang kebesaran Raja . Sri Maharajo nan Banego-nego). atas kesepakatan semua unsur istana (krn SULTAN PADUKO BASA mukalaf) untuk sementara waktu kerajaan dipimpin oleh IBU SURI PUTI INDO JALITO Raja MINANG KABAU II bernama : IBU SURI PUTI INDO JALITO Pemeluk Agama Islam/dilantik thn 1149 M Beliau dibantu oleh 3 (orang) kepercayaannya yang bernama : Indo Jati/Cati Bilang Pandai Negarawan Dt. Suri Dirajo II). Dirangkum oleh : Iwan J. IBU SURI PUTI INDO JALITO melaksanakan Pewarisan Pertama kepada 2 (dua) orang putranya antara lain : .Dt. 2. lahir thn 1154 M 3. Bandaro Kayo (Pariangan) dan Dt. Puti Jamilan. Suri Dirajo ( Abang dari Permaisuri PUTI INDO JALITO) Ketika thn 1149 M Sultan SRI MAHARAJO DIRAJO mangkat dalam usia 49 thn. IBU SURI PUTI INDO JALITO menikah dengan Cati Bilang Pandai pada thn 1150 M. Puti Reno Judah. Tuntutan itu dapat dipahami secara arif oleh Dt. 2 ) SILSILAH DAN SEJARAH SINGKAT KERAJAAN MINANG KABAU .Bandaro Kayo 1 thn). Mengangkat Putra-putra IBU SURI PUTI INDO JALITO sebagai penghulu-penghulu. Disastra . lahir thn 1157 M 4.Maharajo Basa 2 thn . Keris Si Ganjo Aie dan Tungkaik Basi Janawi Haluih. Maharajo Basa (Padang Panjang) untuk bermusyawarah bersama dan menghasilkan kesepakatan : 1. Kalap Dunie (Dt. lalu Pembesar Istana tersebut mengabulkannya. meninggalkan putra-putra yang masih kecil (PADUKO BASA 2 thn . Parpatih Nan Sabatang). Sesuai keputusan di Balai Saruang thn 1149 M tentang Matrilinal. .

KETEMANGGUNGAN 4. Disastra .telah pula mendapatkan 4 (empat) orang anak yang bernama : 1. Dilantiklah Raja Pertama untuk Kerajaan BUNGO SATANGKAI Dt. sedangkan Puti Jamilan. Bandaro Putiah (1177 . Bandaro Kuniang dan Batiek Reno Sulam.yang dibawa ke Sei.kelak menjadi Raja Pertama Kerajaan PAGARUYUANG menggantikan Dt. Parpatih nan Sabatang dan Dt. KETEMANGGUNGAN Nama kecilnya SULTAN PADUKO BASA Dilantik pada thn 1165 M Untuk menyempurnakan pemerintahan di Minang Kabau. Datuak nan Batigo (Dt. Dt. membawa adiknya Puti Reno Judah beserta rombongan ke Lima Kaum dan termasuk disana rombongan Tun Tejo Gurano (Arsitek Kerajaan) sedangkan Dt. adik Dt. Puti Lenggo Bongsu (1181 . Tarab dan mendirikan Kerajaan BUNGO SATANGKAI.Selesainya Pelantikan Penghulu dan Pewarisan Pertama. KETEMANGGUNGAN . adik seibu Dt. Dirangkum oleh : Iwan J. NUN ALAM memindahkan basis kerajaannya dari Pagaruyuang ke Bukit Batu Patah (dekat Pagaruyuang) dan Kerajaan PAGARUYUANG berganti nama menjadi Kerajaan BUKIT BATU PATAH. Puti Lenggo Tuo ( 1175 . Dt.yang dibawa ke Lima Kaum .mendapatkan 2 (dua) orang anak yang bernama : Gendi/ Dt. sedangkan Dt. KETEMANGGUNGAN peletak dasar Kelarasan Koto Piliang dan Dt. Tarab . KETEMANGGUNGAN.1275 M) 2. 3 ) SILSILAH DAN SEJARAH SINGKAT KERAJAAN MINANG KABAU . Parpatih nan Sabatang .1240 M) . Dt. KETEMANGGUNGAN menggantikan ayah dan ibunya menjadi Raja. KETEMANGGUNGAN membawa adik seibunya Puti Jamilan beserta rombongan ke Sei. Parpatih nan Sabatang selesai pelantikan. Sri Maharajo nan Banego-nego tidak mau memilih salah satu dari keduanya. Parpatih nan Sabatang peletak dasar Kelarasan Bodi Chaniago . Dan resmilah pada saat itu Dt. Sri Maharajo nan Banego-nego) dianggap sebagai Nenek Moyang Minang Kabau. Dt. Puti Reno Judah. dan melantik Raja Pertamanya NUN ALAM Pemeluk Agama Islam/dilantik thn 1194 M Pada thn 1199 M. Datuak nan Batigo sepakat membentuk Sistem Kelarasan.1216 M) 3. NUN ALAM (1179 .1271 M) Kerajaan BUNGO SATANGKAI ditukar menjadi Kerajaan PAGARUYUANG . namun memadu dua kelarasan tersebut dengan nama Kelarasan Lareh nan Panjang .Sumber : Tambo Adat Minang Kabau ( hal.

Bandaro Putiah III dan Tuan Kadhi. dimulai dari : MAHARAJO INDO dilantik sbg Raja PAGARUYUANG III YANG DIPERTUAN SATI dilantik sbg Raja PAGARUYUANG IV Pada masa pemerintahan YANG DIPERTUAN SATI Nagari Minang Kabau sangat tenteram. Bandaro Putiah II. Disastra .Tarab (setara Mendagri) 2. Sri Maharajo nan Banego-nego 116 thn) dan mereka mengibaratkan pepatah : " Pucuak di cinto Ulam nan tibo " Dirangkum oleh : Iwan J. Dt. rakyat pun hampir telah merata memeluk Agama Islam Sampai pada Pelantikan Raja PAGARUYUANG seterusnya kepada : S U L T A N VIII dilantik pada thn 1260 M SULTAN VIII adalah anak dari Sari Lauik ( adik perempuan RUM PITUALO ) dan SULTAN VIII mempunyai seorang adik perempuan yang bernama Puti Reno Mandi. KETEMANGGUNGAN 123 thn. Perpatih nan Sabatang 117 thn dan Dt. Sehingga pada thn 1270 M dikarenakan merasa senasib. Sari Mambang dan Dt. Raja NUN ALAM mengangkat abang serta kemenakannya duduk dalam Basa Ampek Balai tersebut : 1. Dan saudara perempuan NUN ALAM yang bungsu Puti Lenggo Bongsu memperoleh 3 (tiga) orang anak yaitu : Indopita.Saudara perempuan NUN ALAM yang tertua Puti Lenggo Tuo memperoleh 5 (lima) orang anak yaitu : RUM PITUALO. Untuk mengutuhkan Kerajaan Minang Kabau dengan sistem Rajo Duo Selo dengan Basa Ampek Balai. Makhudum/anak Sari Mambang sbg Aluang Bunian Koto Piliang (setara Menkeu) 4. Beliau disambut baik oleh Datuak nan Batigo yang saat itu sudah sangat tua sekali (Dt. Indomo/anak Indo Yani sbg Payuang Panji Koto Piliang (setara Menkesra) 3.Sumber : Tambo Adat Minang Kabau ( hal. 4 ) SILSILAH DAN SEJARAH SINGKAT KERAJAAN MINANG KABAU . Raja DARMASRAYA pada masa itu MAULIAWARMADEWA melakukan kunjungan ke Kerajaan PAGARUYUANG. Bandaro Putiah/Abang NUN ALAM sbg Pemuncak Sei. Indo Yani. Pada masa pemerintahan SULTAN VIII Kerajaan PAGARUYUANG dan DARMASRAYA selalu dihantui oleh kabar akan kedatangan ekspedisi dari SINGOSARI dan China. Dt. dikarenakan masalah internal istana. rakyatnya sentosa negeri pun aman dan damai. Sari Lauik. Dt. Raja YANG DIPERTUAN SATI penganut Islam yang ta'at. Tuan Kadhi/anak Puti Lenggo Bongsu sbg Menteri Agama dan Penerangan Pada thn 1207 M memindahkan kembali pusat kerajaan dari Bukit Batu Patah ke Pagaruyuang dan melantik Raja PAGARUYUANG Kedua RUM PITUALO Pemeluk Agama Islam/dilantik thn 1240 M Namun Pemerintahan RUM PITUALO tidak berlangsung lama. Masa demi masa kemenakan-kemenakannya silih berganti menduduki tahta kerajaan.

Sesampainya di MOJOPAHIT. Lalu RADEN WIJAYA memperisteri Dara Petak (disamping telah memperisteri 4 (empat) orang putri KERTANEGARA) dan memperoleh seorang putra yang diberi nama JAYANEGARA. Adik perempuan SULTAN VIII.dari perkawinannya dengan Mahisa Anabrang beliau melahirkan sorang putra di Ranah Minang Kabau dan diberi nama RUMANDUANG (DANG TUANKU).Karena dahulu. Mahisa Anabrang menyerahkan Dara Petak kepada RADEN WIJAYA sebagai Lambang Persahabatan dari Kerajaan DARMASRAYA. dalam keadaan hamil DARA JINGGA dikirim kembali ke DARMASRAYA. maka timbullah pemikiran untuk menyatukan Minang Kabau kembali menjadi kerajaan besar di Sumatera Tengah. KERTANEGARA (Raja SINGOSARI) dibunuh oleh RADEN WIJAYA (berkat bantuan Khubilai Khan). Sementara itu di SINGOSARI terjadi perebutan kekuasaan. sedangkan kemenakannya satu-satunya adl seorang perempuan (DARA JINGGA) dan Sultan RUMANDUANG masih berumur 1 thn (mukalaf). Karena sesuatu hal. Pada thn 1293 M. Puti Reno Mandi dinikahkan dengan Raja DARMASRAYA yg bertahta MAULIAWARMADEWA dan dari perkawinan ini lahirlah 3 (tiga) orang anak : DARA JINGGA pada thn 1275 m . datanglah ekspedisi SINGOSARI dan Diplomat dari China. lalu berangkat dengan pasukan lengkap beserta dua orang putri DARMASRAYA (DARA JINGGA & Dara Petak). Atas kebijaksanaan datuak-datuak tsb kedua pimpinan diambil menjadi Urang Sumando . Dikarenakan SULTAN VIII mangkat.Isteri MAULIAWARMADEWA di DARMASRAYA lahir pula Tribuana Neswari yang lebih dikenal dengan nama Dara Petak. DARA JINGGA dinikahkan dengan Mahisa Anabrang ( Si Barakat) sedangkan Kembang Bendahari dinikahkan dengan Selamat Panjang Gombak ( Bujang Selamat). Rombongan tersebut pergi ke Istana DARMASRAYA di Si Guntur dan disambut dengan sangat meriah oleh Datuak nan Batigo .Sumber : Tambo Adat Minang Kabau ( hal. maka diangkatlah DARA JINGGA menjadi seorang Raja PAGARUYUANG berikutnya yang lebih dikenal dengan nama : BUNDO KANDUANG Nama kecilnya DARA JINGGA Dilantik pada thn 1295 M Dirangkum oleh : Iwan J. Disastra . Mahisa Anabrang merasa terpanggil untuk pulang ke Java . Sedangkan Dari Dewi Kencana (Mambang Talena) . Ekspedisi SINGOSARI dibawah pimpinan Panglima Mahisa Anabrang sedangkan Diplomat China dipimpin oleh Selamat Panjang Gombak. RADEN WIJAYA langsung menggantikan posisi KERTANEGARA dan mengganti nama kerajaan dengan MOJOPAHIT. sedangkan Dari perkawinan Kembang Bendahari dan Bujang Selamat. lahir pula seorang putra (yang kelak menjadi seorang gagah perkasa) dan diberi nama Cendra Mata (CINDUA MATO). Pada thn 1294 M .. terpecahnya Kerajaan MINANG KABAU TIMUR akibat muslihat Kaum China Thang yang ingin merebut monopoli dagang di Minang Kabau tempo dulu. Kembang Bendahari dan RAJO MUDO (di Langkawi ). 5) SILSILAH DAN SEJARAH SINGKAT KERAJAAN MINANG KABAU .

Di MOJOPAHIT. ADITYAWARMAN memindahkan Kerajaan DARMASRAYA ke Pagaruyuang dan dengan persetujuan BUNDO KANDUANG beliau menyatukan dua kerajaan besar tersebut menjadi satu yaitu dengan nama Kerajaan MINANG KABAU dan sekaligus sebagai rajanya. Dikarenakan pada usia 79 thn ADITYAWARMAN sudah merasa terlalu uzur untuk memimpin sebuah Nagari besar bernama Minang Kabau . Sultan RUMANDUANG dikirim ke MOJOPAHIT dan berganti nama menjadi AJI MANTROLOT dan mendapat pendidikankeperwiraan disana. sedangkan rakyat yang dipimpinnya pada umumnya memeluk Agama Islam. kuda & ayam milik Cindua Mato).kerbau. Semulanya yang kelak menjadi Raja PAGARUYUANG adalah adik dari BUNDO KANDUANG yaitu RAJO MUDO. barulah Puti Bongsu mau dibawa lari oleh Cindua Mato (dikisahkan dengan Si Binuang. namun dikarenakan sesuatu hal RAJO MUDO berangkat ke Langkawi dengan isterinya Puti Lindung Bulan dan menjadi raja disana. Disastra . ADITYAWARMAN mendapatkan seorang anak yang bernama ANANGGAWARMAN alias Rajo Nan Sati alias Sutan Ali Dunie.Atas permintaan Permaisuri MOJOPAHIT (Dara Petak). AJI MANTROLOT menjalin persahabatan yang sangat akrab dengan Maha Patih Gajah Mada. Raja MOJOPAHIT melantik AJI MANTROLOT sebagai Raja DARMASRAYA pada thn 1343 M dan berganti nama menjadi ADITYAWARMAN. Dari perkawinanya tersebut beliau mendapatkan beberapa orang anak yang salah satunya adalah Puti Bongsu. Atas kecerdasan dan ketangkasannya pulalah. Raja Kerajaan MINANG KABAU berikutnya : ADITYAWARMAN Nama kecilnya RUMANDUANG di MOJOPAHIT namanya AJI MANTROLOT Pemeluk Budha / dilantik pada thn 1347 M ADITYAWARMAN dibesarkan di Kerajaan MOJOPAHIT secara sejarah merupakan pemeluk Agama Budha. Si Gumarang dan Si Kinantan .Sumber : Tambo Adat Minang Kabau ( hal. Atas bantuan Cindua Mato pernikahan antara ADITYAWARMAN dengan anak mamak -nya (red-paman) yang bernama Puti Bongsu dapat terlaksana. Dikarenakan kecerdasannya beliau malah mendapatkan pangkat setingkat lebih tinggi dari Maha Patih tersebut. Dengan berikrar ADITYAWARMAN akan menjadi Islam sejati (sebelumnya Budha). Dari perkawinannya dengan Puti Bongsu. 6 ) SILSILAH DAN SEJARAH SINGKAT KERAJAAN MINANG KABAU . ANANGGAWARMAN Nama kecilnya SUTAN ALI DUNIE alias RAJO NAN SATI Pemeluk Budha / dilantik pada thn 1373 M Dirangkum oleh : Iwan J. sampai akhirnya beliau pernah dikirim ke China sbg utusan kerajaan. maka selama ia menjadi raja di Minang Kabau tetap mempertahankan agamanya. maka di thn 1373 M beliau menobatkan putranya yang bernama ANANGGAWARMAN sebagai Raja Minang Kabau berikutnya. Pada thn 1347 M.

namun dapat digagalkan oleh pasukan kerajaan yang dipimpin langsung oleh Cindua Mato yang saat itu berusia 115 thn.RIAU Telepon : 0812-767 3861 / 0812-75 668 668 Perusahaan : PT. Tempat terjadinya pertempuran sengit ini dinamakan Padang Si Busuak ( sekarang terletak di Kabupaten Darmasraya-SUMBAR). Disastra .Untuk meningkatkan hubungan dengan China. namun kandas ditengah jalan dikarenakan pusat Kerajaan MINANG KABAU sangat jauh dipedalaman yaitu daerah Pagaruyuang.Sumber : Tambo Adat Minang Kabau ( hal. semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan kita tentang sejarah MINANG KABAU umumnya. Suryamulia Gitagraha (SMGG) . 7 ) . saya dengan lapang dada. Wafatnya ADITYAWARMAN dan ANANGGAWARMAN merupakan kesempatan baik buat Kerajaan MOJOPAHIT untuk menyerang Kerajaan MINANG KABAU di Pagaruyuang. ADITYAWARMAN wafat. Pada thn 1377 M tentara MOJOPAHIT menyerang Kerajaan MINANG KABAU. Saya mempersilahkan dan mengizinkan rekan-rekan yang berniat mengirimkan melalui e-mail atau yang lainnya kepada rekan-rekan lainnya untuk sekedar memberi sedikit informasi dan pengetahuan tentang Minang Kabau ini. hati terbuka menerima masukkan atau tambahan dalam penulisan ini. murni agar rekan-rekan semua mancigok seketek tentang sejarah "Urang Awak dan Rajonyo" . beliau dibunuh oleh rakyatnya sendiri yaitu Urang Minang Kabau yang ingin kembali kepada Sistem Matrilinial dan ingin dipimpin oleh raja pemeluk Agama Islam. Pada thn 1375 M. Namun juga pada tahun yang sama anaknya Putra Mahkota ANANGGAWARMAN juga wafat. Manusia tidak ada yang luput dari kesalahan.Gajah Mada Km 3 Sebanga Duri .tidak ada niat untuk dipublikasikan apalagi diperjualbelikan . namun suatu ketika ditengah laut kapal-kapal China dihadang oleh armada dari Kerajaan MOJOPAHIT lalu pasukan ANANGGAWARMAN datang membantu China sehingga terbebas dari penghadangan tersebut. ANANGGAWARMAN banyak kedatangan tamu-tamu dari daratan China. ********************* Inilah sekelumit Silsilah dan Sejarah Singkat Kerajaan MINANG KABAU yang telah saya rangkum . tentara MOJOPAHIT dibawah Pimpinan Wisrama Wardhana melakukan penyerangan untuk kedua kalinya ke Kerajaan MINANG KABAU. oleh sebab itu saya mohon ma'af apabila terjadi kesalahan pada penulisan nama. Namun pada thn 1409 M . Kerajaan MINANG KABAU dipimpin oleh Cindua Mato yang pada saat itu berusia 81 thn. Dikarenakan kekosongan kekuasan (vacum ). mungkin juga ini terjadi pada diri saya. Sekilas Informasi tentang saya : Nama : Iwan Jaya Disastra Tempat/tgl Lahir : Pekanbaru / 31 Oktober 1974 Alamat : Jl. Pada penyerangan untuk kali kedua ini dilakukan persiapan dengan matang sekali.Duri Dirangkum oleh : Iwan J. gelar dan tempat kejadian atau juga ada yang masih kurang dalam penulisan ini. Hanya satu niat saya.juga untuk menambah Khazanah Ilmu tentang Kerajaan MINANG KABAU yang berpusat di Pagaruyuang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful