-

AKAR

1. Rasional Akar merupakan bagian tumbuhan yang bisanya tumbuh didalam tanah, namun ada yang di udara (seperti epifit ) dan di air ( seperti hidrofit ) secara morologi akar berbeda dengan batang, pada akar tidak ditemukan adanya buku (nodus ), ruas ( internodus ) dan organ bentuk daun. Akar dalam system percabangannya berfungsi untuk mmperkuat berdirinya tumbuhan, meresap air dan unsur minral yang terlarut dalam air tersebut ke bagian tumbuhan yang memerlukan, dan kadang-kadang sebagai tempat penimbunan makanan. 2. Bagian ± bagian akar a. Tudung akar ( calyptras ) bagian akar yang letaknya paling ujung, menutupi meristem apex akar. b. Leher akar ( collum redisi ) adalah akar yang merupakan batas antara akar dengan batang. c. Ujung akar , adalah suatu organ tumbuhan paling dasar yang berfungsi untuk mengangkut air , mineral dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan tumbuhan-tumbuhan. d. Batang akar

e. Cabang akar f. Serabut akar ( radiz fibrilla ) adalah rambut-rambut di dekat ujung akar yang merupakan tonjolan dari epidermis akar.

3. Sistem perakaran a. Akar serabut adalah akar samping yang keluar dari batang atau buku umumnya bergerombol dan berungsi sebagai pengganti akar tunggang yang tidak berkembang, yang

disebut velamen. Macam-macam akar menurut fungsi dan sifatnya a. Misalnya pada panili. b. 4. b. Akar pembelit (radix adligans) akar yang keluar dari buku atau ruas batang untuk memanjat dengan cara meletakkan atau menempelkan akarnya pada satu tempat. adalah cabang-cabang akar yang tumbuh tegak lurus keatas hingga muncul di permukan tanag atau air tempat tumbuhan tersebut tumbuh. (sirih) dan piper nigrum 1. akar gantung dapat amat panjang ( sampai 30m ). karna tumbuhan ini biasanya hidup di tempat- . (lada) d. Akar ini mempunyai banyak liang-liang atau celah-celah (pneumathoda) untuk jalan masuknya udara yang diperlukan dalam pernafasan. Akar udara atau akar gantung ( radix aereus ). Selama masih menggantung akar ini hanya dapat menolong menyerap air. menggantung di udara dan tumbuh ke arah tanah. zat-zat dan gas udara dan seringkali mempunyai epidermis multiseriata yang khusus menimbun air/udara. misalnya pada piper betle 1. Pada saat sel-sel penuh berisi udara.terdiri dari akar advent dengan cabangnya yang terdapat pada tumbuhan monokotil misalnya pada tanaman jagung. misalnya pada anggrek. velamen tampak putih dan jika menyerap air tampak hijau. Akar nepas (pneumatophura). Akar pmblit ( cirrhus radicalis ) adalah akar yang keluar dari buku berfungsi selur untuk memanjat dengan cara memeluk penunjangnya c. akar cabang yang terdapat pada tumbuhan dikotil yang tumbuh atau pembiakan melalui biji. yang terdiri dari akar utama. akar ini keluar dari bagian-bagian di atas tanah. tegak kebawah dan dari akar tersebut keluar cabang dari akar. Akar tunggang adalah akar utama yang tumbuh dari biji. Bergantung pada tingginya tempat permukaan keluarnya.

Bagian akar yang ada di permukaan atas tanah juga disebut pneumatofor misalnya pada tanjang (bruguera paruiolia) g. Akar tunjang. Misalnya pada api-api (aviciena sp. sehingga membentuk gambaran seperti lutut yang ditekuk. Misalnya pada kienari (canarium commune). adalah akar yang tumbuh keatas.tempat yang di dalam tanah atau lumpur dengan kandungan oksigen sedikit. Akar pengerak . f. h. beringin (ficus benyamina). pandan (oandanus tectorius). Akar banir. sukun (artocarpus commonis) dan angsana (pterocarpus indicus). muncul dipermukaan dan selanjutnya membengkok lagi masuk kedalam tanah atau lumpur.) e. Akar lutut.) dan bidara ( soneratia sp. adalah akar berbentuk papan didekat sumbu batang yang berungsi untuk memper kokoh berdirinya pohon. adalah akar yang keluar dari batang yang berfungsi khusus untuk menunjang berdirinya batang misalnya pada jagung (zea mays).