SEKENARIO 4 BLOK 2 Dalam Ensiklopedia, pengertian Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120

mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah.( rokokherbalku.wordpress.com) Batuk adalah refleks fisiologis yang biasa terjadi pada saluran pernapasan orang sehat maupun sakit. Batuk dapat ditimbulkan oleh berbagai sebab, misalnya rangsangan selaput lendir pernapasan yang terletak di tenggorokan dan cabang-cabang tenggorokan.(multiply.com/journal) Sesak nafas adalah perasaan sulit bernapas yang terjadi ketika melakukan aktivitas fisik. Sesak napas merupakan gejala dari beberapa penyakit dan dapat bersifat akut atau kronis. Sesak napas dikenal juga dengan istilah ³Shortness Of Breath´. Kejadian sesak nafas tergantung dari tingkat keparahan dan sebabnya. Perasaan itu sendiri merupakan hasil dari kombinasi impuls (rangsangan) ke otak dari saraf yang berakhir di paru-paru, tulang iga, otot dada, atau diafragma, ditambah dengan persepsi dan interpretasi pasien. Pada beberapa kasus, sesak napas diperhebat karena kegelisahan memikirkan penyebabnya. Pasien mendeskripsikan dyspnea dengan berbagai cara, sesak napas yang tidak menyenangkan, merasa sulit untuk menggerakkan otot dada, merasa tercekik, atau rasa kejang di otot dada.

PENGERTIAN MAKANAN BERGIZI Makanan yang di dalamnya mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh. (medicastore.com)
Home industry(ketrampilanhomeindustry.blogspot.com)

Home berarti rumah, tempat tinggal, ataupun kampung halaman. Sedang Industry, dapat diartikan sebagai kerajinan, usaha produk barang dan ataupun perusahaan. Singkatnya, Home Industry (atau biasanya ditulis/dieja dengan "Home Industri") adalah rumah usaha produk barang atau juga perusahaan kecil. Dikatakan sebagai perusahaan kecil karena jenis kegiatan ekonomi ini dipusatkan di rumah. Pengertian usaha kecil secara jelas tercantum dalam UU No. 9 Tahun 1995, yang menyebutkan bahwa usaha kecil adalah usaha dengan kekayaan bersih paling banyak Rp200 juta (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha) dengan hasil penjualan tahunan paling banyak Rp1.000.000.000. Kriteria lainnya dalam UU No 9 Tahun 1995 adalah: milik WNI, berdiri sendiri, berafiliasi langsung atau tidak langsung dengan usaha menengah atau besar dan berbentuk badan usaha perorangan, baik berbadan hukum maupun tidak. Home Industri juga dapat berarti industri rumah tangga, karena termasuk dalam kategori usaha kecil yang dikelola keluarga.
www.scribd.com its APD (ALAT PELINDUNG DIRI) APD adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang dalam pekerjaanpekerjaan yang fungsinya mengisolasi tubuh tenaga kerja dari bahaya di tempat kerja.APD merupakan cara terakhir untuk melindungi tenaga kerja setelah dilakukan beberapa usaha.

DASAR HUKUM 1. Undang-undang No.1 tahun 1970. a. Pasal 3 ayat (1) butir f: Dengan peraturan perundangan ditetapkan syarat-syarat untuk

iklim yang berubah-ubah. 4.03/Men/1986 Pasal 2 ayat (2) menyebutkan tenaga kerja yang mengelola Pestisida harus memakai alat-alat pelindung diri yg berupa pakaian kerja.Mata 6.bagian dari luarnya harus kuat dan tahan terhadap benturan atau tusukan benda-benda runcing.Tubuh III.Jenis-jenis APD menurut bagian tubuh 1.Penjelasan APD I.Per.Harus terbuat dari bahan yang tak mempunyai celah atau lubang.Jarak antara lapisan luar dan lapisan dalam di bagian puncak 4-5 cm.Per. -Syarat umum: 1. Pasal 9 ayat (1) butir c: Pengurus diwajibkan menunjukkan dan menjelaskan pada tiap tenaga kerja baru tentang APD. . 2. kacamata pelindung atau pelindung muka dan pelindung pernafasan II.Tahan terhadap api.wool.01/MEN/1981 Pasal 4 ayat (3) menyebutkan kewajiban pengurus menyediakan alat pelindung diri dan wajib bagi tenaga kerja untuk menggunakannya untuk pencegahan penyakit akibat kerja. pemilihan alat pelindung diri yang diperlukan dan gizi serta penyelenggaraan makanan ditempat kerja 4.Kaki 2.api harus padam setelah 5 detik Topi/tudung Untuk melindungi kepala dari zat-zat kimia.Per.kulit.api. sepatu lars tinggi.memberikan APD b.Kepala 5.03/MEN/1982 Pasal 2 butir I menyebutkan memberikan nasehat mengenai perencanaan dan pembuatan tempat kerja.biasanya terbuat dari asbes.Tangan dan jari-jari 8. 3. 3. sarung tangan. Permenakertrans No.cara pengujian:topi dibakar selama 10 detik dengan Bunsen atau propan. Permenakertrans No. Pasal 14 butir c: Pengurus diwajibkan menyediakan APD secara cuma-cuma 2.air yang diserap <5% beratnya. Permenakertrans No.dan lain.cara pengujian:diuji dengan merendam air selama 24 jam.lain.Alat Pelindung Kepala Berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 3: Topi pengaman(safety helmet)-untuk melindungi kepala dari benturan atau pukulan benda.Telinga 4.Tidak menyerap air. Pasal 12 butir b: Dengan peraturan perundangan diatur kewajiban dan atau hak tenaga kerja untuk memakai APD.Alat pernafasan 3. c.Muka 7.katun yang dicampur aluminium dll.Cara mengujinya dengan menjatuhkan benda seberat 3 kg dari ketinggian 1 meter-topi tidak boleh pecah atau benda tak boleh menyentuh kepala.

Alat Pelindung Pernafasan Alat pelindung pernafasan berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap sumber-sumber bahaya udara di tempat kerja.iklim yang berubah-ubah. II.2800-4000Hz(35-45 dB).Ketahanan terhadap lemparan benda-benda: dijatuhkan bola saja dengan diameter 1 inci.Gelas yang ditempa secara panas Punya kelebihan bila pecah tak menimbulkan bagian-bagian yang tajam dan bila dipasang frame tidak mudah lepas.api.namun pada frekuensi biasa(25-30 Hz).Ketahanan terhadap api.sama dengan helm.lensa tak boleh pecah atau tergeser dari framenya.plastic lunak.dan kapas.Penutup rambut Biasanya terbuat dari katun atau bahan lain yang mudah dicuci. . Untuk melindungi kepala dari zat-zat kimia.CR-39(allyl-diglicol carbonat) Syarat alat pelindung muka dan mata : a.katun yang dicampur aluminium dll.sedangkan frekuensi untuk bicara biasanya(komunikasi) tak terganggu. III.Sumbat telinga(ear plug) 2. b.plastic keras.Gelas dengan laminasi aluminium dll. -Sumbat telinga biasanya terbuat dari karet.kulit.lilin.wool. d.lain.Policarbonat d. Alat Pelindung Telinga Ada dua jenis : 1. c.dan lain.biasanya terbuat dari asbes. b.Alat Pelindung Muka Dan Mata Fungsi : Melindungi muka dan mata dari: -lemparan benda-benda kecil -lemparan benda-benda panas -pengaruh cahaya -pengaruh radiasi tertentu Bahan Pembuat : -Gelas/kaca biasa -Plastik Dari Gelas : a.Alat pelindung mata terhadap radiasi kacamata yang tahan terhadap panjang gelombang tertentu.Cellulose acetate b.mengenai lensa pada titik pusat geometris lensa. Biasanya terbuat dari katun atau bahan lain yang mudah dicuci.Harus terbuat dari bahan yang tak mempunyai celah atau lubang.dari ketinggian 125 cm. Dari Plastik : a.Tutup telinga(ear muff) Sumbat telinga(ear plug) : Sumbat telinga yang baik adalah menahan frekuensi tertentu saja. -Daya lindung(kemampuan attenuasi):25-30 dB Tutup telinga(ear muff) : -attenuasi(daya lindung):Pada frek.Acrilic c. IV.Syarat optis tertentu lensa tidak boleh mempunyai efek distorsi/efek prisma > 1/16 prisma dioptri.

Terhadap radiasi panas.untuk bahan-bahan kimia tertentu.biasanya aluminium dan berkilat.Terhadap cairan dan bahan-bahan kimiawi. V.baju yang pas.topeng gas dengan kanister yang sesuai.biasanya berisi : -Udara yang dimampatkan -Oksigen yang dimampatkan -Oksigen yang dicairkan c.radiasi elektromagnetik dan radiasi mengion. pakaian terbuat dari plastik atau karet.Respirator yang memurnikan udara.Saluran udara bersih/compressor 2.dll.Pemeliharaan dan pencegahan terhadap penularan penyakit. Yang harus diperhatikan : 1.biasanya berupa self contained breathing apparatus.Alat pernafasan yang mengandung udara(Breathing Apparatus). Pakaian kerja wanita sebaiknya berbentuk celana panjang.Pakaian Kerja Pakaian kerja harus dianggap sebagai alat pelindung diri.Sarung Tangan Fungsinya melindungi tangan dan jari-jari dari api panas dingin. Pakaian kerja khusus untuk pekerjaan dengan sumber bahaya tertentu seperti : a.respirator dengan partum(cartridge) kimia 2. Pakaian tenaga kerja pria yang melayani mesin harus sesuai dengan pekerjaanya. Bentuknya macam-macam : -Sarung tangan (Gloves) -Mitten -Hand pad : melindungi telapak tangan . b.Respirator yang mempunyai filter mekanik dan bahan kimia. b.Pemilihan yang tepat sesuai jenis bahayanya 2.Respirator dengan supply oksigen. pakaian yang berbahan bias merefleksikan panas.Respirator yang mengandung bahan kimia .tutup rambut dan tidak memakai perhiasan-perhiasan.Supply udara dari : 1. c.Respirator yang dihubungkan dengan supply udara.Respiratir dengan filter mekanik 3. 1. .Ada 3 jenis alat pernafasan : a. VI.Pemakaian yang tepat 3.Terhadap radiasi mengion. pakaian dilapisi timbal (timah hitam).

2 Macam ± Macam Polutan a. polusi air.asam kuat.untuk kelembabam air. Polutan adalah suatu zat / substan yang menyebabkan terjadinya polusi b. Terjadinya suatu perpindahan antara gaya tarik degan zat tersebut c. atau komponen lain kedalam lingkungan yang menyebabkan berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alam 3. saat. Polusi udara terjadi jika ada penambahan komponen udara atau bahan kimia yang kehadirannya membahayakan organisme 2. Karbondioksida beasal dari pembakaran bahan bakar dan hutan serta asap kendaraan bermotor 4. energi. Polutan berarti pencemar 2. Polusi berarti masuknya bahan pencemar (Polutan) sebagai akibat dari kegiatan manusia atau proses alam yang ditemukan di tempat. bijih besi. Polutan terjadinya jika suatu lingkungan tercemar atau kotor karena adanya suatu zat yang dapat mengurangi kualitas tempat tersebut 2. Mengapa Polutan Itu Ada ? 1. air. Polusi dimana sesuai tempatnya masing ± masing misalnya. Dimana Polusi Itu berada ? 1. POLUSI a.wool untuk panas dan api. Senyawa belerang berasal dari pembakaran batu bara 2. Polusi sangat beragam sekali sesuai dengan letak / tempat polusi itu terjadi 2. Bahan bermacam-macam sesuai fungsinya : -asbes.oxidant. Polusi merupakan masuknya makhluk hidup. Polusi berarti pencemaran 2. dan jumlah yang tidak selayaknya b. Polusi udara adalah penyusunan kualitas udara sampai pada yang mengganggu kehidupan karena masuknya polutan kedalam udara 2. Polusi dapat kita jumpai misalnya di tanah.katun.dll. zat.luka. dan asbes yang hancur bisannya berbentuk asap 3. polusi udara. Apa Saja Polutan Udara Itu Dan Darimana Polutan Itu Berasal ? 1. Apa Macam ± Macam Polusi Itu ? 1. bahan pelarut dan bahan pengembang pada plastik busa . Apakah Polusi Itu ? 1. Klorofuosokarbon (CFC) berasal dari kebocoran gas lemari pendingin.lecet. Partikulat berasal dari pembakaran serat asbes. Apakah Polutan Itu ? 1. Apa Yang Dimaksud Dengan Polusi Udara ? 1.listrik.dll. -poly vinil chloride. polusi tanah dan polusi suara d.untuk zat kimia.bahan kimia. Dalam ruangan atau tempat pembuangan sampah banyak sekali kotoran / kuman yang dapat menyebabkan polusi c. udara bahkan suara 2. -karet alam atau sintetik.-Sleeve : untuk pergelangan tangan sampai lengan. -kulit untuk panas.

dan lain ± lain 2. Pengoksidasi mengakibatkan rusaknya hasil pertanian dan kesehatan manusia c. Untuk itu. Bagaimana cara mengatasi karbon monoksida (CO) ? 1. Dihutan banyak sekali tumbuhan hijau yang sangat penting peranannya bagi kehidupan namun manusia sering menebangnya dengan liar. akan menimbulkan gangguan b.Yang paling membahayakan adalah CO atau karbon monoksida karena CO merupakan hasil dari pembakaran tidak sempurna yang jika terisap akan lebih reaktif diikat oleh hemoglobin sehingga seseorang kekurangan oksigen 2. manusia bukanlah segalanya dari lingkungan. Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca ? . Nitrogen Oksida mengakibatkan hujan asam karena dapat melarutkan asam pada benda ± benda dan dapat merontokan daun ± daun pohon 6. Mana yang membahayakan antara CO dan CO2 dan kenapa ? .5. Manusia diciptakan Tuhan untuk menghuni bumi. Senyawa belerang mengakibatkan perkaratan logam.3 Dampak Yang Timbul a.Sampah ± sampah daur ulang dengan cara fotosintesis . Karbon Dioksida mengakibatkan perubahan iklim dan menimbulkan ³ Efek rumah kaca´ yang ditandai dengan naiknya suhu udara 4. Apa peranan manusia dalam lingkungan ? 1. Akan tetapi. Klorofluorokarbon (CFC) mengakibatkan terjadinya penipisan lapisan ozon yang juga dapat menyebabkan naiknya suhu udara bumi 5.. penyakit paru ± paru dan kanker 3. Makluk hidup memerlukan lingkungan biotic dan abiotik yang spesifik. Apa dampak atau akibat jika polusi terus menerus bertambah ? 1. Pengoksida berasal dari nitrogen oksida dan hidrokarbon dari mobil.Selalu merawat mesin ± mesin kendaraan 2. Sebutkan polutan dan akibat yang ditimbulkannya dari polusi udara! 1. pelapukan batuan. Manusia merupakan bagian dari lingkungan maksudnya manusialah yang menentukan kulaitas dari pada lingkungan. Pada aktivitas manusia. Banyak sekali cara untuk mengatasi CO yaitu: . manusia selalu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbagai cara yang dapat mengubah kondisi lingkungan dan berdampak negatif yaitu berupa terganggunya keseimbangan lingkungan 2. Hidrokarbon mengakibatkan pembentukan asap kabut fitokimia 7. Hydrogen karbon berasal dari mesin mobil dan penyedot udara 7. menghargai lingkungan berarti menghargai diri sendiri .Setiap pabrik harus memiliki cerobong asap yang tinggi . Contok pengoksida adalah pereaksi asetit nitrat d. diperlukan manusia ± manusia yang sadar lingkungan 2. penyakit bronchitis. Oleh karena itu. kita hendaknya memperbanyak penanaman tumbuhan pelindung b. Nitrogen oksida berasal dari proses pembakaran dan pembentukan asap kabut fito kimia 6.Efek rumah kaca yaitu tertahannya cahaya matahari dari bumi ke atmosfir oleh polutan CO2 sehingga menaikan suhu bumi 2.Jalan ± jalan harus diperlebar untuk menghindari dari kemacetan . Jika lingkungan disekitarnya tercemar. Oleh karena itu.4 Upaya Yang Dilakukan a. Partikulat mengakibatkan asbestosis.

Selain itu limbah dan sampah juga terdiri dari berbagai jenis. juga dibedakan menjadi dua.wordpress. Akan tetapi limbah dikumpulkan dan disimpan dengan baik sehingga aman bagi lingkungan. dedaunan. Karena hal ini berarti menjaga kelangsungan hidup manusia MEMANAJEMEN PENGOLAHAN LIMBAH DAN SAMPAH halil4. walaupun masih dapat diproses untuk kegunaan lain. Berdasarkan kandungan zat kimianya limbah domestik dibedakan menjadi dua.com Perbedaan antara sampah dengan limbah Kedua istilah tersebut pada dasarnya merupakan sisa bahan buangan yang tidak digunakan lagi. pertokoan dan pasar. sisa makanan buah dan sayur. karena tumpukan sampah terkena dengan air. pengangkutan. Berdasarkan sumbernya. yaitu: (a) anorganik. dan (b) tidak mudah dibakar (kaca. logam-logam. kestabilan dan keindahan alam. kertas. kain dan kayu). Sedangkan limbah merupakan bahan buangan yang dalam prosesnya menggunakan air . limbah domestik bisa berasal dari permukiman penduduk. dimana bentuk dan komposisinya dapat dipengaruhi oleh budaya dan lingkungannya. penyimpanan. dan (b) organik seperti sisa makanan. maka sampah akan berubah menjadi limbah. plastik. Jika diperhatikan. Kedua bentuk buangan baik sampah padat maupun limbah cair yang bersumber dari lingkungan masyarakat secara umum disebut dengan istilah limbah domestik. Selain berasal dari sampah. limbah dan sampah berasal dari berbagai macam kalangan. limbah juga bisa berasal dari kegiatan industri.3. pecahan gelas dan abu. Manusia sebagai anggota dari lingkungan yang harus melaksanakan kewajiban dalam menjaga kelestarian. Pengelolaan limbah membutuhkan biaya besar karena didalam proses pengelolaannya diperlukan peralatan dan teknologi yang canggih. Dikatakan berbahaya dan beracun karena limbah mengandung bahan berbahaya atau beracun yang dapat merusak dan mencemari lingkungan serta bisa membahayakan kesehatan manusia. Pengertian limbah domestik adalah bahan buangan yang bersumber dari lingkungan masyarakat. seperti misalnya plastik. maupun industri. Pengertian sampah terbatas pada sampah padat terdiri dari sampah organik yang dapat diproses secara alami dan sampah anorganik yang tidak dapat dimusnahkan. Setelah . Di Indonesia setiap industri yang menghasilkan limbah tidak perlu membangun unit pengelolaan limbah karena tidak ekonomis dan efisien. sehingga limbah dan sampah sulit diatasi. Pengelolaan limbah berbahaya dan beracun merupakan rangkaian yang mencakup pengumpulan. pengolahan limbah. karet. kaleng) LIMBAH Apabila tumpukan sampah tidak cepat dikelola. serta penimbunan hasil pengolahan tersebut. lingkungan perkantoran. yaitu: (a) mudah dibakar (kertas. Dan berdasarkan mudah tidaknya dibakar. Jenis limbah ini sukar atau tidak dapat dinetralisir secara ilmiah dan limbah ini sangat berbahaya dan beracun jika mencemari perairan.

pendaur-ulangan.jumlahnya cukup. hanya saja pengelolaan limbah lebih sulit karena limbah sudah tercampur. dan pemisahan limbah. Pengelolaan sampah bisa melibatkan zat padat. Kalimat ini biasanya mengacu pada material sampah yg dihasilkan dari kegiatan manusia. Buruknya perilaku masyarakat Mengubah kebiasaan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat memang sulit. Pengelolaan sampah juga dilakukan untuk memulihkan sumber daya alam. dan (c) tukar-menukar limbah (waste material exchange) yaitu upaya pemanfaatan limbah dengan jalan tukar-menukar atau membeli dan menjual limbah. penggantian bahan dengan bahan yang kurang daya racunnya. atau radioaktif dengan metode dan keahlian khusus untuk masing masing jenis zat. pemerosesan. Praktek pengelolaan sampah berbeda beda antara negara maju dan negara berkembang. SAMPAH Sampah merupakan suatu benda yang tidak digunakan dan harus dibuang. Buktinya masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan. kriteria sehatnya suatu kota maupun desa tergantung pada sampah. pengangkutan. Sampah juga merupakan bagian terpenting dalam kehidupan. sehingga sulit melakukan pemisahan antara sampah yang masih bermanfaat dengan sampah yang tidak bermanfaat. dikirim ke perusahaan yang khusus mengelola limbah. gas. Limbah dapat dimanfaatkan dengan cara: (a) penggunaan kembali (reuse) yaitu pemanfaatan limbah dengan dengan jalan menggunakannya kembali untuk kepentingan yang sama. contohnya kertas bekas diolah kembali menjadi kertas baru atau benda lain. Apabila tidak dikelola akan menyebabkan pencemaran lingkungan serta menimbulkan penyakit. Pengelolaan limbah dengan sampah hampir sama karena limbah berasal dari sampah. pertanda kawasan itu belum sehat. Menurut Higgins (1989) dalam Djayadiningrat (1996). Banyaknya sampah akan mendatangkan berbagai kuman sumber penyakit. cair. atau pembuangan dari material sampah. dan biasanya dikelola untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan. sedangkan pengguna limbah mendapatkan bahan mentahnya. Usaha-usaha untuk meminimalisasi masalah sampah. berbeda juga antara daerah perkotaan dengan daerah pedesaan. Oleh sebab itu kepedulian dan kesadaran terhadap sampah ini harus ditumbuhkan supaya lingkungan tetap sehat dan bersih dari tumpukan sampah. sedangkan untuk sampah dari area . (b) daur ulang (recycle) yaitu pemanfaatan limbah melalui pengolahan fisik atau kimiawi. Pengelolaan sampah yang tidak berbahaya dari pemukiman dan institusi di area metropolitan biasanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. memperbaiki pelaksanaan house keeping. meminimalisasi limbah dapat dilakukan dengan cara: Mengolah cara pembelian dan pengendalian bahan.tanpa mengalami pengolahan. mengurangi volume aliran air. Hal ini saling menguntungkan karena yang menghasilkan limbah dapat mengurangi biaya pengelolaan. Kalau sampah masih berserakan di mana-mana. Pengelolaan sampah adalah pengumpulan. lingkungan atau keindahan. berbeda juga antara daerah perumahan dengan daerah industri. mengubah cara-cara produksi.

bahkan pemulung pun enggan mengumpulkannya. atau lubang-lubang dalam. dan adanya genangan air sampah. proses pengomposan tidak berdanpak negatif terhadap lingkungan. penghematan energi. Yang menjadi masalah adalah daur ulang sampah plastik. Penimbunan ini biasanya dilakukan di tanah yg ditinggalkan. Pengelolaan sampah merupakan proses yang perlu dilakukan dengan tujuan: mengubah sampah menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis. mereka semua mendapatkan upah yang cukup lumayan dan memadai untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari. Dalam bisnis ini banyak pihak yang bisa terlibat di dalamnya. tukang jemur. . dan lain-lain. sehat. pencemaran lingkungan. juga meningkatkan bahan organik di dalam tanah. usaha ini adalah usaha yang kerap kali dilakukan. sampah plastik selama ini benarbenar hanya dilihat sebagai sampah semata. lingkungan asri (bersih. Kompos selain digunakan sebagai pupuk tanaman. Untuk tujuan pengomposan. Sampah anorganik didaur ulang. Permintaan terhadap bahan baku ini pun sangat besar sehingga pabrik pembuatan plastik sering kehabisan bahan baku. tukang pres. Belum lagi kalau dilihat dari sisi penyerapan tenaga kerjanya. sampah organik dan sampah anorganik harus dipisahkan. 2010).komersial dan industri biasanya ditangani oleh perusahaan pengolah sampah (Wikipedia bahasa Indonesia. diantaranya angin berbau sampah. penampung. yang fungsinya sebagai unsur hara. contohnya botol bekas pakai yang dikumpulkan kembali untuk digunakan kembali. Usaha daur ulang plastik juga sangat berperan dalam membantu dan memelihara kebersihan lingkungan. Daur ulang adalah mengumpulkan dan menggunakan kembali sampah yang dibuang. Hampir-hampir tidak ada yang bisa melihat sisi positifnya. Penimbunan adalah Pembuangan sampah pada penimbunan darat atau TPA termasuk menguburnya untuk membuang sampah. menggemburkan tanah. Pengelolaan sampah dapat dilakukan dengan cara: 1. sumber penyakit. tenaga giling. menjadi sumber penyakit. Padahal sampah plastik ini bisa didaur ulang menjadi bahan baku pembuatan plastik. Sampah organik sangat baik sebagai bahan kompos. Penimbunan darat yang di kelola dengan baik akan menjadi tempat penimbunan sampah yang hiegenis dan murah. tenaga pengepakan sampai staf administrasi dan keuangan. Misalnya pemulung. Pengomposan dilakukan ditempat yang jauh dengan pemukiman. Sedangkan penimbunan darat yang tidak tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan berbagai masalah lingkungan. 2. nyaman). maupun pemasok ke perusahaan daur ulang sampah plastik. jika tempat pengomposan ditutup dengan plastik atau bahan penutup lainnya. bandar sampah plastik bekas. lubang bekas pertambangan. penghematan lahan TPA. Manfaat pengelolaan sampah: penghematan sumber daya alam. 3. Pengkomposan merupakan pemanfaatan sampah organik menjadi bahan kompos. Bencana sampah yang tidak dikelola dengan baik: longsor tumpukan sampah. Di dalam perusahaan atau pabrik daur ulang sampah plastik sendiri banyak menampung tenaga kerja mulai dari tenaga sortir plastik. mengelola sampah agar menjadi sesuatu yang tidak membahayakan bagi lingkungan hidup.

Penyadaran formal. untuk menghargai terhadap alam lingkungannya. Hal tersebut mengingat bahwa keberhasilan penanganan sampah sangat ditentukan oleh ´niat kesungguhan masyarakat´ yang secara sadar peduli untuk menanganinya. Usaha yang dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat yaitu mulai dari sosialisasi terhadap masyarakat itu sendiri. ditambah dengan pendanannya baik yang bersumber dari APBD tampaknya belum merupakan jaminan mantapnya pengelolaan sampah. karena hal itu merupakan sesuatu yang paling utama. karena sepanjang ada kehidupan manusia permasalahan tersebut akan selalu timbul. SLTP. Penyadaran informal. guna menghindari sumber-sumber penyakit (Waryono. dan SLTA) melalui pemantapan kegiatan ´Krida´ mingguan. dan (b) masyarakat hendaknya mulai sadar dan mulai untuk memilah-milah sampah berdasarkan jenisnya. apabila kesadaran masyarakat tidak dibangun. diberikan kepada generasi muda di sekolah (SD. agar tidak lagi membuang limbah domestik (sampah padat dan limbah cair) bukan pada tempatnya. untuk itu perlunya: (a) penyadaran masyarakat.Masalah limbah dan sampah sudah sempantasnya ditangani yaitu dimulai dari kesadaran dalam diri masing-masing. Walaupun kebijakan persampahan telah tersedia. . 1. Masalah persampahan tampaknya bukan hal yang sederhana. tanpa ada kesadaran semua hal yang direncanakan tidak dapat dilaksanakan dengan baik. 2. Atas dasar itulah pentingnya sosialisasi penyadaran masyarakat baik melalui jalur formal maupun informal yang antara lain meliputi hal-hal sebagai berikut:. 2008). diberikan kepada masyarakat dalam kaitannya penanganan sampah berbasis kesehatan lingkungan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful