PANCASILA DALAM KONTEKS KETATANEGARAAN REPUBLIK INDONESIA

Dapat kita bahwa pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI. Dalam beberapa tahun ini Indonesia mengalami perubahan yang sangat mendasar mengenai system ketatanegaraan. Dalam hal perubahan tersebut Secara umum dapat kita katakan bahwa perubahan mendasar setelah empat kali amandemen UUD 1945 ialah komposisi dari UUD tersebut, yang semula terdiri atas Pembukaan, Batang Tubuh dan Penjelasannya, berubah menjadi hanya terdiri atas Pembukaan dan pasal-pasal. Penjelasan UUD 1945, yang semula ada dan kedudukannya mengandung kontroversi karena tidak turut disahkan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945, dihapuskan. Materi yang dikandungnya, sebagian dimasukkan, diubah dan ada pula yang dirumuskan kembali ke dalam pasal-pasal amandemen. Perubahan mendasar UUD 1945 setelah empat kali amandemen, juga berkaitan dengan pelaksana kedaulatan rakyat, dan penjelmaannya ke dalam lembagalembaga negara. Sebelum amandemen, kedaulatan yang berada di tangan rakyat, dilaksanakan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Majelis yang terdiri atas anggota-anggota DPR ditambah dengan utusan dari daerah-daerah dan golongan-golongan itu, demikian besar dan luas kewenangannya. Antara lain mengangkat dan memberhentikan Presiden, menetapkan Garisgaris Besar Haluan Negara, serta mengubah Undang-Undang Dasar. Rumusan UUD 1945 tentang semangat penyelenggaraan negara belum cukup didukung ketentuan konstitusi yang memuat aturan dasar tentang kehidupan yang demokratis, supremasi hukum, pemberdayaan rakyat, penghormatan hak asasi manusia dan otonomi daerah. Hal ini membuka peluang bagi berkembangnya praktek penyelengaraan negara yang tidak sesuai dengan Pembukaan UUD 1945, antara lain sebagai berikut: a. Tidak adanya check and balances antar lembaga negara dan kekuasaan terpusat pada presiden. b. Infra struktur yang dibentuk, antara lain partai politik dan organisasi masyarakat. c. Pemilihan Umum (Pemilu) diselenggarakan untuk memenuhi persyaratan demokrasi formal karena seluruh proses tahapan pelaksanaannya dikuasai oleh pemerintah. d. Kesejahteraan sosial berdasarkan Pasal 33 UUD 1945 tidak tercapai, justru yang berkembang adalah sistem monopoli dan oligopoli. Menurut saya, walaupun sudah banyak lembaga yang terdapat didalamnya namun kenyataannya aplikasi belum bisa dijalankan. System ketatanegaraan bangsa Indonesia sudah memadai namun

1986) 2. 2. 2001) II. pandangan hidup.konsep. sosial. Pengertian dan Fungsi Ideologi Nama ideologi berasal dari kata ideas dan logos. Sebagai kekuatan yang mampu member semangat dan motivasi individu. Mempunyai derajat yang tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan. pedoman hidup. Berdasarkan Tap. serta menjadi tujuan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia. I. d. Pengertian ideologi secara umum adalah sekumpulan ide. ekonomi. (Hidayat. dan bangsa untuk menjalani kehidupan dalam mencapai tujuan. Aplikasi yang menjalankannya belum seperti yang diharapkan. XVIII/MPR/1998 tentang Pencabutan Ketetapan MPR tentang P4. Sebagai jembatan pergeseran kendali kekuasaan dari generasi tua (founding fathers) dengan generasi muda. budaya dan keagamaan.aplikasinya masih belum sesuai dengan yang diharapkan. masyarakat. Fungsi ideologi menurut beberapa pakar di bidangnya : 1. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka Makna dari ideologi terbuka adalah sebagai suatu sistem pemikiran terbuka. b. Berupa nilai-nilai dan cita-cita yang berasal dari dalam masyarakat sendiri. (Cahyono. Bersifat dinamis dan reformis. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah Pancasila sebagai cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa Indonesia. pegangan hidup yang dipelihara diamalkan dilestarikan kepada generasi berikutnya. MPR No. 2001) 3. kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis dalam bidang politik. c. merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat. Oleh karena itu. sedangkan logos berarti ilmu. gagasan. III. ditegaskan bahwa Pancasila adalah dasar NKRI yang harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hasil musyawarah dan konsensus masyarakat. Idea berarti gagasan. pandanagn dunia. Sebagai sarana untuk memformulasikan dan mengisi kehidupan manusia secara individual. Ciri-ciri ideologi adalah sebagai berikut : 1. diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban. mewujudkan suatu asas kerohanian. (Setiardja. . keyakinan. Ciri-ciri ideologi terbuka dan ideologi tertutup adalah : Ideologi Terbuka a.

luwes dan fleksibel dan tidak tertutup. 2. 1994:38). jiwa. Terdiri atas tuntutan konkret dan operasional yang diajukan secara mutlak. dan amal perbuatan bangsa Indonesia yang pada akhirnya mempunyai cirri khas. dan kepribadian bangsa Indonesia. Selain itu. Maka dari itu. Jiwa ini keluar diwujudkan dalam sikap mental. dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat.Pancasila juga berfungsi sebagai kepribadian bangsa Indonesia. tetapi semangatnya sudah tumbuh sejak Pancasila itu sendiri ditetapkan sebagai dasar negara (Emran. c. yaitu hakekat kelima sila Pancasila. jiwa bangsa Indonesia mempunyai arti statis dan dinamis. ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah yang paling tepat untuk digunakan oleh Indonesia. Bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat. sasaran serta lembaga pelaksanaanya. c) Nilai praktis. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia keberadaanya/lahirnya bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia. yaitu merupakan realisasi nilai-nilai instrumental dalam suatu realisasi pengamalan yang bersifat nyata. Pancasila menjadi pedoman dan acuan kita dalam menjalankan aktivitas di segala bidang. . Sebagai ideologi.Ideologi Tetutup a. tingkah laku. nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah sebagai berikut : a) Nilai dasar. Bukan berupa nilai dan cita-cita. kebijakan strategi. Kepercayaan dan kesetiaan ideologis yang kaku. yang merupakan arahan. kaku yang akan membuatnya ketinggalan jaman. Karena Indonesia adalah sebuah negara dan sebuah negara memerlukan sebuah ideologi untuk menjalankan sistem pemerintahan yang ada pada negara tersebut. Sehingga akan muncul dengan sendirinya harapan optimisme dan motivasi yang sangat berguna dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. d. berbangsa dan bernegara. sehingga sifatnya haurs terbuka. Artinya. PERTANYAAN : 1) Mengapa Indonesia menggunakan ideologi terbuka? 2) Bagaimana cara menumbuhkan kadar dan idealism yang terkandung Pancasila sehingga mampu memberikan harapan optimisme dan motivasi untuk mewujudkan cita-cita? JAWABAN : 1. 3. dan masingmasing negara berhak menentukan ideologi apa yang paling tepat untuk digunakan. Menurut Kaelan. b) Nilai instrumental. Kita harus menempatkan Pancasila dalam pengertian sebagai moral. b. dan di Indonesia yang paling tepat adalah digunakan adalah ideologi terbuka karena di Indonesia menganut sistem pemerintahan demokratis yang di dalamnya membebaskan setiap masyarakat untuk berpendapat dan melaksanakan sesuatu sesuai dengan keinginannya masing-masing. Gagasan mengenai pancasila sebagai ideologi terbuka mulai berkembang sejak tahun 1985.

Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini sedang berada dalam masa transisi disetiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. . sehingga mengakibatkan terjadinya krisis identitas diri bangsa Indonesia. Namun saat ini Pancasila tidak lagi dijadikan sebagai falsafah dan pedoman hidup bangsa. dimensi idealisme. premordialisme sempit. Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung makna bahwa nilai-nilai dasar Pancasila itu dapat dikembangkan sesuai dengan dinamika kehidupan bangsa Indonesia dan tuntutan perkembangan zaman secara kreatif dengan memperhatikan tingkat kebutuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia sendiri. Ekses dari perubahan-perubahan yang terjadi tidak hanya melahirkan krisis tapi juga mengakibatkan masyarakat kehilangan orientasi keluhuran budi dan kemantapan moral etika. Ini bukan berarti bahwa nilai dasar Pancasila dapat diubah dengan nilai dasar yang lain yang sama artinya dengan meniadakan Pancasila atau meniadakan identitas/jati diri bangsa Indonesia. Dinamika perubahan tersebut membawa pergeseran nilai-nilai pranata kehidupan sosial ditengah masyarakat baik secara individu maupun kelembagaan sehingga melemahkan persatuan bangsa. bentrok fisik. Dari pengalaman sejarah. Pancasila telah memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka. peranannya sebagai dasar negara menjadi kabur. dan dimensi fleksibilitas 4. Akibat dari perubahan-perubahan yang berlangsung sangat cepat yang membuat masyarakat kehilangan orientasi serta memunculkan ekses tumbuh suburnya etnosentralisme. Hal tersebut apabila dibiarkan dapat menimbulkan perpecahan bangsa. yaitu pemenuhan persyaratan kualitas tiga dimensi. Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah Pancasila merupakan ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman tanpa pengubahan nilai dasarnya. 5. yaitu dimensi realitas.Sebagaimana yang dikemukakan oleh Alfian yaitu bahwa. Pancasila beberapa kali menjadi penyelamat dan perekat bangsa. Hal ini dibuktikan dari adanya sifat-sifat yang melekat pada Pancasila maupun kekuatan yang terkandung di dalamnya. disisi lain peranan UndangUndang Dasar 1945 sebagai dasar hukum juga menjadi bias. Sejak era reformasi sampai dengan sekarang perubahan terjadi dengan cepat dan menghasilkan dampak negatif maupun positif yang sangat berpengaruh dalam sistem pemerintahan negara. aksi-aksi teror sampai dengan timbulnya gerakan separatisme serta yang marak saat ini adalah adanya pencucian otak yang dilakukan oleh anggota-anggota NII.

Dalam hal ini yang berkewajiban menjaga dan . 9.6. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi segala permasalahan akibat lunturnya nilai-nilai pancasila adalah setiap warganegara harus memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. muncul aneka ragam bentuk protes baik melalui demonstrasi yang ringan sampai dengan yang anarkhis. korupsi masih terjadi di beberapa instansi pemerintah. kinerja pemerintah yang kurang baik seperti yang dilakukan oleh anggota DPR RI. yaitu hakikat nilainilai dasar yang terkandung dalam kelima sila pada pancasila. Reformasi sejak tahun 1998 bangsa kita mengalami cobaan dan ujian bertubi ± tubi. 7. Makhsud dari judul artikel ³Membumikan pancasila sebagai ideologi terbuka bangsa´ yaitu penegasan terhadap pancasila sebagai dasar hidup negara Indonesia. masyarakat kecil merasa kurang diperhatikan oleh pemerintah. bukan sebaliknya mengajarkan keserakahan dan mendorong persaingan yang saling mematikan untuk memuaskan kepentingan sendiri. Hal ini menimbulkan rasa frustasi dan ketidakpercayaan rakyat kepada pemerintah. Biaya pendidikan yang terlalu tinggi kehususnya di Perguruan Tinggi yang tidak terjangkau oleh masyarakat miskin. Pancasila merupakan kekuatan terakhir bangsa untuk mempertahankan diri dari perpecahan atau disintegrasi bangsa karena di dalamnya selain terdapat lima sila juga ada sesanti : Bhineka Tunggal Ika. maka dari itu mau tidak mau pancasila harus dapat diterima dan diimplementasikan oleh bangsa Indonesia dalam kehidupannya. Perilaku kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara tersebut menggambarkan adanya kecenderungan melunturnya sendi ± sendi kehidupan yang berdasarkan Pancasila dan Undang ± undang Dasar 1945. biaya hidup untuk mencukupi kebutuhan sehari±hari dirasakan semakin berat. Hal ini dikarenakan para penyelenggara negara dan tokoh ± tokoh politik lebih mengutamakan kepentingan kelompok daripada kepentingan nasional. 8. Perlu dimunculkan gerakan penyadaran agar ilmu ekonomi ini dikembangkan ke arah ekonomi yang humanistik. mengingat bahwa pancasila itu merupakan ideologi terbuka yang selalu mengakomodir kepentingan bangsa dan negara. Langkah yang perlu dilakukan adalah perlu digalakkan kembali penanaman nilai-nilai Pancasila melalui proses pendidikan dan keteladanan. krisis moneter dan ancaman disintegrasi bangsa sampai saat ini masih belum dapat diselesaikan dengan tuntas.

mengharuskan bangsanya untuk selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dan akan dihadapinya. sehingga sifatnya tetap. termasuk oleh MPR/DPR hasil pemilihan umum. Dalam hal ini Pancasila dipergunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan Negara. Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara mempunyai fungsi dan kedudukan sebagai kaidah Negara yang fundamental atau mendasar. atau pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara yang sesuai dengan bunyi pembukaan Undang-undang Dasar 1945 2. Sebagai Ideologi terbuka. Nah ini dia sambungan .mempertahankan negara dari perpecahan adalah para generasi muda sebagai penerus bangsa. masing-masing fungsi dari pancasila mempunyai 2 point pengertian *karena yang disuruh emang cuma 2 hehe.Pancasila sebagai Dasar Negara atau sering juga disebut sebagai Dasar Falsafah Negara ataupun sebagai ideologi Negara. Pancasila sebagai Jiwa dan Kepribadian Bangsa Indonesia . kuat dan tidak dapat dirubah oleh siapapun. Pancasila memberikan orientasi ke depan. lanjutan atau apalah dari postingan aku yang sebelumnya (Pengertian Bangsa. Negara dan Masyarakat) . yaudah deh cekidot gan. diwujudkan dalam sikap mental dan tingkah ..Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia atau Dasar Falsafah Negara atau Philosofis Granslog. cape nih nulis sebanyak ini ~ 1. untuk kali ini aku mempostng tugas tentang fungsi-fungsi dari bagian-bagian dari pancasila. Pancasila yang memelihara nilai-nilai fundamental mampu mempersatukan berbagai perbedaan Bangsa Indonesia dan selanjutnya mampu mengantarkan Bangsa Indonesia mencapai tujuan nasionalnya. . hal ini mengandung pengertian bahwa Pancasila sebagai dasar mengatur penyelenggaraan pemerintahan. terutama menghadapi globalisasi dan era keterbukaan dunia dalam segala bidang. Ideologi Pancasila menghendaki agar bangsa Indonesia tetap bertahan dalam jiwa dan budaya bangsa Indonesia dalam ikatan Negara kesatuan Republik Indonesia.Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia. Pancasila sebagai Dasar Negara ..

Artinya Pancasila dipergunakan sebagai petunjuk hidup sehari-hari dan juga merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahpisah antara satu dengan yang lain.menurut AG. Pancasila sebagai palsafah hidup yang mempersatukan Bangsa. Nilai-nilai yang dimiliki dan bersumber dari kehidupan bangsa Indonesia sendiri. Pancasila sebagai Pandangan hidup Bangsa Indonesia . . .Pancasila sebagai Pandangan Hidup bangsa atau Way of Life mengandung makna bahwa semua aktifitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila daipada Pancasila.Pancasila merupakan sarana yang ampuh untuk mempersatukan Bangsa Indonesia. Jadi Pancasila lahir dari jiwa kepribadian bangsa Indonesia yang terkristalisasi nilai-nilai yang dimilikinya. bijaksana dan tepat bagi Bangsa Indonesia untuk mempersatukan Rakyat Indonesia.laku serta amal perbuatan sikap mental. 3.Cita-cita luhur Negara Indonesia tegas dimuat dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945.Bangsa Indonesia yang pluralis dan wilayah Nusantara yang terdiri dari berbagai pulau-pulau. 4. . adil. 5. . artinya dapat dibedakan dengan Bangsa lain. Sikap mental dan tingkah laku mempunyai ciri khas. Karena pembukaan Undang-undang Dasar 1945 merupakan penuangan jiwa proklamasi yaitu jiwa Pancasila. sehingga Pancasila merupakan cita-cita dan tujuan bangsa indonesia. Ciri Khas inilah yang dimaksud dengan kepribadian. Karena Pancasila adalah palsafah hidup dan kepribadian Bangsa Indonesia yang mengandung nilainilai dan norma-norma yang oleh Bangsa Indonesia diyakini paling benar. Pringgodigdo bahwa Pancasila sebagai jiwa bangsa lahir bersamaan adanya Bangsa Indonesia. karena Pancasila juga merupakan kristalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki dan bersumber dari kehidupan bangsa Indonesia sendiri. . Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan Bangsa Indonesia.Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Cita-cita luhur inilah yang akan disapai oleh Bangsa Indonesia. .

Jadi dapat diartikan Pancasila sebagai Sumber hukum dasar nasional. Cita-cita moral mengenai kehidupan kemasyarakatan dan keagamaan. keadilan sosial dan perdamaian Nasional.Dalam ilmu hukum istilah sumber hukum berarti sumber nilai-nilai yang menjadi penyebab timbulnya aturan hukum. 18 Agustus 1945 disahkan pembukaan dan batang tubuh Undang-undang Dasar 1945 oleh PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Pancasila sebagai Sumber Hukum Dasar Nasional . bangsa Indonesia telah sepakat untuk menjadikan Pancasila sebagai Dasar Negara. .Pada saat bangsa Indonesia bangkit untuk hidup sendiri sebagai bangsa yang merdeka. 7. 8. hal ini dikarenakan Pancasila mempunyai nilai-nilai umum dan universal sehingga memungkinkan dapat mengakomodir semua perikehidupan yang berbhineka dan dapat diterima oleh semua pihak. atau sumber tertib hukum bagi Negara Republik Indonesia. bentuk dan tujuan negara. Pada saat bangsa Indonesia mendirikan negara atau Proklamasi 17 Agustus 1945. Sumber tertib hukum Republik Indonesia adalah pandangan hidup. yaitu segala aturan hukum yang berlaku di negara kita tidak boleh bertentangan dan harus bersumber pada Pancasila. cita-cita hukum serta cita-cita moral yang meliputi suasana kejiwaan serta watak Bangsa Indonesia. kesadaran. 6. perikemanusiaan.Pancasila sebagai sumber dari segala sumber Hukum. Cita-cita politik mengenai sifat.maka sangat tepat apabila Pancasila dijadikan Pemersatu Bangsa.Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia. Pancasila sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia . Cita-cita itu meliputi cita-cita mengenai kemerdekaan Individu. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara RI . Bangsa Indonesia belum mempunyai Undangundang Dasar Negara yang tertulis. Kesepakatan itu terwujud pada tanggal 18 Agustus 1945 dengan disahkannya Pancasila sebagai Dasar Negara oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang mewakili seluruh bangsa Indonesia. kemerdekaan Bangsa. . PPKI merupakan penjelmaan atau wakil-wakil seluruh rakyat Indonesia yang mengesahkan perjanjian luhur itu untuk membela Pancasila untuk selama-lamanya.

keagamaan serta sebagai kausa materialis Pancasila.Pancasila sebagai Ideologi Negara merupakan tujuan bersama Bangsa Indonesia yang diimplementasikan dalam Pembangunan Nasional yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila dalam wadah Negara Kesatuan RI yang merdeka. nilai-nilai Pancasila sudah ada pada diri bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai pandangan hidup. PANCASILA SEBAGAI SUMBER NILAI . Pandangan Hidup Bangsa Indonesia 2. pengertian fungsi dan kedudukan Pancasila antara lain adalah sebagai : 1. nilai Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalan permusyawaratan/perwakilan.Pancasila sebagai ideologi bangsa berakar pada pandangan hidup dan budaya bangsa dan bukannya mengambil ideologi dari bangsa lain . berdaulat. dan nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa/Jati Diri Bangsa Sebelum Pancasila disahkan sebagai dasar filsafat. kebudayaan.. Pancasila berisi lima sila yang pada hakikatnya berisi lima nilai dasar yang fundamental.pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional membawa konsekuensi logis bahwa nilai-nilai pancasila dijadikan landasan pokok. tertib dan damai. tertib dan dinamis serta dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka. Dasar Filsafat Negara Indonesia 3. FUNGSI DAN KEDUDUKAN PANCASILA Pengertian Fungsi dan Kedudukan Pancasila Secara umum. 9. misalnya nilai-nilai adat istiadat. Nilai-nilai dasar dari pancasila tersebut adalah nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. nilai Persatuan Indonesia. bersatu dan berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman. Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. tentram. . landasan fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia .. bersahabat. Ideologi Bangsa 1.

Dari Pandangan hidup dapat diketahui cita-cita dan gagasan-gagasan yang akan diwujudkan bangsa Indonesia. 2. Ideologi menurut Kamus Umum Bhs Indonesia adalah keyakinan yang dicita-citakan sebagai dasar pemerintahan negara. cita-cita. gagasan-gagasan yang ingin dicapai bangsa Indonesia. dan bidang keagamaan. Oleh karena itu Pancasila dijadikan Ideologi Bangsa. Isinya bukan hanya berupa nilai-nilai dan cita-cita tertentu melainkan terdiri dari tuntutan-tuntutan konkret dan operasional yang keras. pengertian dasar. Sedangkan pengertian µideologi¶ secara umum adalah kumpulan gagasan-gagasan. bidang sosial. bidang kebudayaan. Di dalam Pancasila terdapat tata nilai yang mendukung tata kehidupan sosial dan kerokhanian bangsa yang menjadi ciri masyarakat.Jadi Bangsa Indonesia dan Pancasila tidak dapat dipisahkan sehingga Pancasila disebut sebagai jati diri bangsa Indonesia. µlogos¶= ilmu. Ideologi adalah ilmu pengetahuan tentang ide-ide (the science of ideas). . ide-ide. Secara harfiah. ide-ide. tingkah laku dan perbuatannya. Ciri khas Ideologi tertutup : 1. Hal ini berarti demi ideologi masyarakat harus berkorban untuk menilai kepercayaan ideologi dan kesetiaannya sebagai warga masyarakat. kepercayaan-kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis. Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup Ideologi Terbuka merupakan suatu sistem pemikiran terbuka sedangkan ideologi tertutup merupakan suatu sistem pemikiran tertutup. ideologi itu bukan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat. yang menyangkut dan mengatur tingkah laku sekelompok manusia tertentu dalam pelbagai bidang kehidupan yang menyangkut bidang politik (termasuk bidang pertahanan dan keamanan). µIdein¶=melihat. Di dalam Pancasila telah tertuang cita-cita. atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar. Jadi ideologi tertutup bersifat totaliter dan menyangkut segala segi kehidupan. 2. keyakinan-keyakinan. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia Ideologi berasal dari kata µidea¶ = gagasan. Kata idea berasal dari kata bahasa Yunani µeidos¶=bentuk. melainkan cita-cita satu kelompok orang yang mendasari suatu program untuk mengubah dan membaharui masyarakat. konsep. sehingga Pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia. Pandangan hidup dan filsafat hidup merupakan kristalisasi nilai-nilai yang diyakini kebenarannya oleh bangsa Indonesia yang menimbulkan tekad untuk mewujudkannya dalam sikap.

Sedangkan ideologi memiliki kadar kefilsafatan karena bersifat cita-cita dan norma. Isinya tidak operasional. Jadi ideologi terbuka adalah milik seluruh rakyat dan masyarakat dalam menemukan dirinya. strategi dan doktrin. 2. moral dan budaya masyarakat itu sendiri. 3. tentang makna hidup dan sebagai dasar dan pedoman dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. dinamis. yaitu nilai-nilai dasar yang terkandung dalam pancasila yang bersifat sistematis dan rasional yaitu hakikat nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila. manusia. barat dan sebagainya. kepribadiannya di dalam ideologi tersebut. nilai-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar. melainkan digali dan diambil dari suatu kekayaan rohani. Islam. dan sekaligus praksis karena menyangkut operasionalisasi. Dengan demikian filsafat telah menjadi suatu sistem cita-cita/keyakinan-keyakinan yang telah menyangkut praksis karena dijadikan landasan cara hidup manusia/masyarakat. Hubungan filsafat dan Ideologi Filsafat sebagai pandangan hidup merupakan sistem nilai yang diyakini kebenarannya sehingga dijadikan dasar atau pedoman dalam memandang realitas alam semesta. Menjadi operasional ketika sudah dijabarkan ke dalam perangkat peraturan perundangan. 4. Misalnya masuknya budaya India. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka Pancasila sebagai ideologi terbuka maksudnya adalah Pancasila bersifat aktual. Oleh karena itu Pancasila harus dijabarkan dalam kehidupan seharihari sehingga bersifat realistis artinya mampu dijabarkan dalam kehidupan nyata dalam berbagai bidang. 3. Ideologi juga menyangkut hal-hal yang berdasarkan satu ajaran yang menyeluruh tentang makna dan nilai-nilai hidup bagaimana manusia harus bersikap dan bertindak. tidak diciptakan oleh negara melainkan digali dan ditemukan masyarakat itu sendiri. Keterbukaan Pancasila dibuktikan dengan keterbukaan dalam menerima budaya asing masuk ke Indonesia selama budaya asing itu tidak melanggar nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila. dasarnya bukan keyakinan ideologis sekelompok orang. masyarakat. Sebagai suatu ideologi terbuka. Pancasila memiliki dimensi : 1. antisipatif dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman.Ciri khas ideologi terbuka : 1. nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila perlu dijabarkan dalam suatu sistem norma. Dimensi normatif. Pancasila bila disederhanakan menjadi tiga sila adalah . Dimensi realistis. sehingga filsafat telah menjelma menjadi ideologi. bangsa dan negara. Dimensi idealistis. sebagaimana terkandung dalam Pembukaan UUD 1945. harus mampu mencerminkan realitas yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. melainkan hasil musyawarah. 2.

B. Sosio-demokrasi 1. Berilah bangsa kita satu demokrasi yang tidak liar. Demokrasi terpimpin adalah demokrasi kekeluargaan tanpa anarkhinya liberalisme. Nasionalis yang bukan Chauvinis.1. Demokrasi Indonesia sejak jaman purbakala mula adalah demokrasi terpimpin. Sosio-nasionalisme adalah nasionalisme politik dan nasionalisme ekonomi. Sosio kerakyatan/demokrasi 3. Sosio kebangsaan/nasionalisme 2. Sosio-nasionalisme 1. Sosio-demokrasi tidak ingin mengabdi kepentingan sesuatu gundukan kecil saja. demokrasi dan keTuhanan menurut bung karno (penggali pancasila) A. Berilah bangsa kita satu demokrasi gotongroyong yang tidak jegal-jegalan. dan lain-lain. tetapi kepentingan masyarakat. Nasionalis yang sejati. C. dan tanpa autokrasinya diktator. 2. ala jerman.«suatu nasionalisme yang mencari keberesan politik dan keberesan ekonomi. keberesan negeri dan keberesan rejeki« 3. Sosiodemokrasi bukanlah demokrasi ala Netherland. tak boleh tidak haruslah menolak segala faham pengecualian yang sempit-budi itu. nasionalisme yang mencari selamatnya seluruh masyarakat dan bertindak menurut wet-wet nya masyarakat« 2. KeTuhanan Keyakinan Bung Karno percaya terhadap Tuhan YME tercermin dalam pidato pengukuhan gelar honoris causa di IAIN Jakarta: . keberesan negeri. yang nasionalismenya itu bukan semata-mata suatu copie atau tiruan dari nasionalisme barat. dan keberesan rejeki. tetapi ia adalah demokrasi sejati yang mencari keberesan politik dan ekonomi. Berilah bangsa kita satu demokrasi terpimpin !!! 3. dan ini adalah karakteristik demokrasi asli di benua Asia. Sosio-semokrasi adalah pola demokrasi yang berdiri dengan dua-dua kakinya di dalam masyarakat. yang ber keTuhanan lalu apa maksud dari tiga sila tersebut?? inilah nasinalisme. akan tetapi timbul dari rasa cinta akan manusia dan kemanusiaan. Sosio demokrasi adalah timbul karena sosio-nasionalisme. Sosio-nasionalisme adalah ³nasionalisme kemasyarakatan´.

negara yang tidak menyembah Tuhan. di dalam cita-cita sukmaku aku ini sama sekali Theis. di dalam cita-cita sosialku. Karena itu. aku ini sosialis. malahan sebagai salah satu ibadah kepada Allah. Sarinah Kewajiban Wanita dalam perdjoeangan Republik Indonesia: «Dan«entah dimengerti orang atau tidak«saya mencintai sosialisme. lenyap dari muka bumi.´ Keutuhan jiwa Bung Karno juga tercermin dalam tulisan Bung Karno. Sama sekali percaya kepada Tuhan. Saya mencintai sosialisme karena saya mencintai Islam. akhirnya akan cilaka. saya percaya kepada Tuhan. dengan keyakinan saya berkata. Saya mencintai sosialisme dan berjuang untuk sosialisme itu. Didalam cita-cita politikku aku ini nasionalis. Sama sekali ingin mengabdi kepada Tuhan«´ .³«ya kalau saudara tanya apakah Bung Karno itu percaya kepada Tuhan ? Saya Menjawab: ya. oleh karena saya berTuhan dan menyembah Tuhan.