Kelompok 1

karena ia adalah sistem hidup yang diturunkan oleh Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana. 5 : 3)." (QS. hal ini didasarkan pada firman ALLAH SWT : "Pada hari ini Aku sempurnakan bagimu agamamu dan AKU cukupkan atasmu nikmatku. sehingga bukan hanya mencakup aturan bagi sesama manusia saja.y Islam adalah Diin yang Syaamil (Integral). indah dan terperinci aturan Sang Maha Rahman dan Rahim ini. Demikian tinggi. melainkan juga terhadap alam dan lingkungan hidupnya. Kaamil (Sempurna) dan Mutakaamil (Menyempurnakan semua sistem yang lain). Oleh karena itu aturan Islam haruslah mencakup semua sisi yang dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupannya. . dan Aku ridhai Islam sebagai aturan hidupmu. Berikut ini adalah beberapa surat quran yang membahas tentang pelestarian lingkungan hidup.

supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka. Katakanlah : Adakanlah perjalanandimuka bumi dan perlihatkanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).y Telah tampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan perbuatan manusia. agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS Ar Rum : 41-42) .

tanamtanamannya tumbuh dengan seizin Allah. kami halau ke suatu daerah yang tandus. Dan tanah yang baik. tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. Demikianlah kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami)bagi orang-orang yang bersyukur. dan tanah yang tidak subur. Dan dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahma Nya (hujan) hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung. mudahmudahan kamu mengambil pelajaran. Maka kami keluarkan dengan sebab hujan itu berbagai macam buah-buahan. Seperti itulah kami membangkitkan orang-orang yang telah mati.y Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadanya rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). (QS Al A raf : 56-58) . lalu kami turunkan hujan di daerah itu.

maka celakalah orang-orang kafir itu karena mereka akan masuk neraka. (QS Sad : 27 ) .y Dan kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian adalah anggapan orang-orang kafir.

landasan etik dan referensi memadai. masih saja ada sebagian manusia yang mempertanyakan kekuasaan Allah secara sembrono. . Yakni mempertanyakan tanpa alasan ilmiah.y Tidakkah kau cermati bahwa Allah telah menjadikan sumber daya alam dan lingkungan sebagai daya dukung lingkungan bagi kehidupanmu secara optimum. Entah demikian.

Yang demikian hanya ditangkap oleh orang-orang yang memiliki daya nalar memadai.y Dan Allah telah menjadikan sumber daya alam dan lingkungan sebagai daya dukung lingkungan bagi kehidupan manusia. .

lalu kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya. tiba-tiba mereka menjadi gembira. Dialah yang mengirim angin. maka apabila hujan itu turun mengenai hambahamba-Nya yang dikehendakinya. .y Allah. dan menjadikannya bergumpal-gumpal. lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya.

Kelompok 1 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful