MySQL on Linux

Masuk MySQL : Buka Applications -> Terminal Ketik : mysql –h 10.1.5.254 –u (kelas) –p <- Penulisan tidak harus –h terlebih dahulu, bisa dibolak-balik. Mysql :program mysql -h : host/server dari database, dalam hal ini IP server yaitu 10.1.5.254 -u : user/pengguna yang akan mengakses database, dalam hal ini nama kelas. -p : untuk meminta password dari user. Contoh : mysql –h 10.1.5.254 –u xi7 -p Password : (kelas) <- Penulisan password kecil semua, dan password tidak akan muncul ketika diketik. Catatan : penulisan mysql diatas harus kecil semua…kalau diketik Mysql akan error. Catatan : Semua perintah dalam mysql HARUS diakhiri tanda titik koma (;) Setelah masuk mysql, cek database yang ada dulu : show databases; Setelah itu kita gunakan database yang ada dengan perintah use, dalam hal ini menggunakan xip7 : use xip7; (Karena sekarang ga boleh buat database baru maka cuma bisa menggunakan perintah use, kalau ingin buat database baru setelah perintah show databases; ketik create database nama database;) Catatan : perintah dalam mysql tidak case sensitive tapi nama database, tabel, dan field case sensitive. Jadi create table Satria_17 beda dengan create table satria_17 tapi Create table satria_17 sama dengan cReaTe table satria_17.

Tipe Data yang biasa digunakan dalam MySQL
1. Int : Kependekan dari Integer, digunakan untuk angka. Batasnya cukup panjang. Penulisan dalam perintah biasanya dibarengi dengan tanda kurung untuk menentukan lebar maksimum. 2. Varchar : Tipe data untuk menuliskan karakter. Hampir sama dengan text tapi lebih fleksibel dan digunakan untuk data yang panjangnya bervariasi. Penulisan dalam perintah biasanya dibarengi dengan tanda kurung untuk menentukan lebar maksimum.

4. Timestamp : Tipe data yang sama dengan datetime hanya tanpa pemisah. tanggal_lahir date). nama text(30) not null. Contohnya adalah : Create table satriac_17 ( no_id int(3) not null auto_increment primary key. Formatnya adalah YYYY-MM-DD (Tahun-bulan-tanggal) 6. Manipulasi Data Untuk memasukkan data pada tabel yang telah kita buat. 5. Formatnya YYYYMMDDHHMMSS Perintah Create table: Create table nama tabel ( Nama kolom pertama tipe data(lebar kolom) null/not null auto increment/tidak primary key/tidak. Nama kolom kedua tipe data(lebar kolom) null/not null auto increment/tidak. Date : Tipe data untuk tanggal. Untuk melihat tabel apa saja yang ada dalam database digunakan perintah show tables.3. Untuk melihat struktur tabel yang telah kita buat digunakan perintah describe (nama table). 7. perintah yang digunakan adalah Insert into. Berikut syntax yang digunakan : . Datetime : Tipe data untuk tanggal dan jam. Dst. Panjang maksimalnya 65535 karakter. Butuh waktu yg lebih lama untuk diproses. Text : Tipe data untuk menuliskan karakter. Tergantung jumlah kolom). Lebih jarang digunakan Karena biasanya digunakan untuk data yang besar. sekarang kita memasukkan data yang kita inginkan ke dalam tabel. Setelah membuat tabel. Tinytext : sama dengan tipe data text tapi panjang maksimalnya hanya 255 karakter. Formatnya adalah YYYY-MM-DD HH:MM:SS. alamat varchar(30) not null.

Jika ingin memasukkan data ke satu kolom tertentu Contoh : Insert into satriac_17 (alamat) values (‘Sidoarjo’). Update nama table set nama kolom = ‘data baru’. Contoh : Update satria_17 set nama = ‘Cheng’.nama kolom = ‘data baru’ where nama kolom yang menjadi primary key = baris yang ingin diubah. Perintah DELETE FROM ini selalu dibarengi WHERE untuk menyatakan kondisi.digunakan untuk mengubah data lebih dari 1 baris. ‘1990-04-27’). <. Contoh : Insert into satriac_17 values (‘ ‘.).4). <. ‘Satria’. Update nama table set nama kolom =’data baru’. Update nama table set nama kolom = ‘data baru’ where nama kolom yang menjadi primary key IN (baris yg ingin diubah). . - Insert into nama table (nama kolom) values (‘data’). <. Contoh : Update satriac_17 set alamat = ‘Jakarta’ where no_id IN (2. Banyak variasi dari perintah ini. ‘data kolom ketiga’. Apabila kita hendak mengganti data yang sudah kita masukkan ke dalam tabel kita menggunakan perintah Update. Contoh : Update satriac_17 set alamat = ‘Gunung Anyar 65’ where no_id = 3. alamat = ‘Surabaya’ where no_id = 4. ‘data kolom kedua’.- Insert into nama table Values (‘data kolom pertama’. Apabila kita ingin menghapus data kita menggunakan perintah DELETE FROM. ’Surabaya’. dst. <.digunakan untuk mengubah data di banyak kolom dalam satu baris.mengubah semua data di kolom tersebut Contoh : Update satria_17 set alamat = ’…’. Berikut syntax-syntax yang digunakan untuk update: Update nama table set nama kolom = ‘data baru’ where nama kolom yang menjadi primary key = baris yang ingin diubah.

<.Menghapus primary key Contoh : Alter table satriac_17 DROP primary key. Contoh : Alter table satriac_17 ADD cita_cita varchar(30).Menghapus semua data pada tabel satriac_17. Contoh : Alter table satriac_17 CHANGE nama name varchar(30) not null.Menghapus data pada baris dengan no_id 2.Menghapus satu kolom Contoh : Alter table satriac_17 DROP nama. <. Manipulasi kolom Kita bisa menambah kolom. merubah deskripsi kolom. - Delete from satriac_17.* > < >= <= dan perintah lain seperti AS.3). . dan WHERE. ORDER BY.Menghapus data pada baris dengan no_id 1 dan 3.- Delete from satriac_17 WHERE no_id = 2. menghapus kolom pada MySQL dengan menggunakan perintah Alter table. <. Menampilkan Data Untuk menampilkan data pada MySQL digunakan perintah Select. Delete from satriac_17 WHERE no_id IN (1.Menambah kolom baru pada tabel. <Mengganti nama kolom beserta deskripsinya. <. Perintah select ini merupakan perintah yang memiliki banyak kombinasi karena bisa menggunakan operator aritmatika seperti + . <. Alter table nama table DROP primary key. LIMIT. <. Alter table nama table DROP nama kolom. Alter table nama tabel CHANGE nama kolom lama nama kolom baru dan deskripsinya.Menambah primary key untuk kolom tersebut Contoh : Alter table satriac_17 ADD primary key (no_id). Berikut syntax yang bisa digunakan untuk memanipulasi kolom: Alter table nama tabel ADD nama kolom baru dan deskripsinya. Alter table nama table ADD primary key (nama kolom). Contoh : Select * FROM satriac_17. <. <.Menampilkan semua data yang ada dalam satu tabel. Berikut contoh syntax yang biasa digunakan untuk perintah SELECT: Select * FROM nama tabel.

Select alamat FROM satriac_17 WHERE no_id > 1. sama sekali tidak merubah nama kolom yang sudah dibuat dalam struktur tabel. hobi FROM satriac_17. alamat FROM satriac_17 WHERE no_id IN (1. nama. Catatan : Untuk perintah ORDER BY ini. dst. Catatan : Perintah AS disini hanya berfungsi untuk menampilkan nama kolom baru. <. - Select * FROM nama tabel ORDER BY nama kolom. Contoh : Select * FROM satriac_17 ORDER BY alamat LIMIT 0.4).Menampilkan semua data dari nama kolom yang ada dalam tabel dengan nama kolom baru Contoh : Select nama AS name FROM satriac_17. <. <.Menampilkan sejumlah data yang ada dalam satu tabel dibatasi nilai awal dan nilai akhir dan diurutkan berdasarkan data di nama kolom. defaultnya adalah ascending (dari kecil ke besar atau dari A ke Z) untuk menampilkan data secara descending tambahkan DESC setelah nama kolom. Catatan : Nilai data paling awal dalam MySQL adalah 0. artinya data pertama memiliki 0 dan seterusnya. atau karakter.Menampilkan semua data yang ada dalam satu tabel diurutkan berdasarkan data di nama kolom.- Select nama kolom1. bisa berupa data Integer. Contoh : Select nama FROM satriac_17 WHERE alamat = ‘Surabaya’. Select nama. - Select nama kolom FROM nama tabel WHERE kondisi.nilai akhir. Contoh : Select * FROM satriac_17 ORDER BY alamat.Menampilkan semua data dari nama kolom yang ada dalam tabel sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Apabila kondisi berupa tanggal atau karakter maka perlu ditambahkan quotation mark (‘’). Perintah ORDER BY ini juga bisa digunakan untuk menampilkan data pada beberapa kolom seperti syntax kedua. Contoh : Select no_id. tanggal. <. <. Caranya adalah ganti * dengan nama kolom yang hendak ditampilkan. - Select nama kolom AS nama kolom baru FROM nama tabel. FROM nama tabel.4.Menampilkan semua data yang ada pada kolom tersebut. - Select * FROM nama tabel ORDER BY nama kolom LIMIT nilai awal. nama kolom2. Catatan : Maksud dari kondisi ini adalah syarat yang kita inginkan dalam pencarian data. .

user”. String LIKE ini mirip dengan operator aritmatika = akan tetapi kondisi yang diberikan lebih luas. if ($sambung) { Contohnya : echo "koneksi berhasil". Penggunaan wildcard ini akan lebih jelas dengan menggunakan contoh. Dalam penggunaannya ada dua wildcards tambahan untuk pencariannya yaitu % dan _. Contoh : Select * FROM satriac_17 WHERE nama LIKE ‘An_’.254". Perintah yang pasti digunakan untuk ini adalah perintah untuk menyambungkan PHP <? dengan MySQL dan perintah untuk memilih database MySQL. Syntax diatas akan menampilkan data anak dengan nama berawalan huruf A. Menggunakan MySQL dalam script PHP Penggunaan MySQL sendiri sebenarnya lebih banyak digabungkan dengan PHP. Contoh : Select * FROM satriac_17 WHERE nama NOT LIKE ‘%A’."xip Perintah yang digunakan untuk koneksi MySQL dalam PHP adalah mysql_connect(“nama host”.} else {echo "koneksi belum tersambung". Syntaxnya adalah: Select * FROM nama tabel WHERE nama kolom sebagai kondisi pencarian LIKE ‘%/_karakter’.Dalam pencarian data di web dengan menggunakan bahasa PHP akan lebih sering digunakan string LIKE. “password”). $sambung=mysql_connect("10.} ?> .1."xip1". Contoh : Select * FROM satriac_17 WHERE nama LIKE ‘%A’. Syntax diatas digunakan jika kita ingin mencari anak yang mempunyai nama dengan jumlah karakter tiga dan dua karakter terdepan adalah An. Kenapa demikian? Karena sebenarnya tampilan suatu halaman web yang dibuat dengan PHP terkadang membutuhkan data dari database MySQL. Syntax diatas digunakan untuk menampilkan data anak selain yang namanya berhuruf depan A.5. “nama 1").

mysql_select_db(“xip1”).5. Perintah MySQL ketika dituliskan dalam bahasa PHP memiliki awalan mysql_query.5. Contoh Penggunaannya : <? $ID=$_POST ['ID'].1. mengubah data.254". mysql_connect("10.’$alamat’. ?> . mysql_query ("Update 15_php set PASSWORD='$Password' where ID='$ID'"). dan menampilkan data. $hp=$_POST[‘hp’].’$hp’)”).”xip1”. ?> <? Diatas ini adalah kode PHP untuk perintah MySQL mengubah isi data. Perintah yang akan kita gunakan disini hanya untuk mengisikan data.’$nama’.”xi p1”).1. UPDATE digunakan untuk merubah data pada tabel. password untuk orang dengan ID yang dimasukkan.254”."xip1". $alamat=$_POST[‘alamat’]. Maksud dari perintah diatas adalah mengubah $nama=$_POST[‘nama’]. Seperti telah kita ketahui perintah $id=$_POST[‘id’]. mysql_query(“insert into register values(‘$id’. mysql_select_db("xip1"). mysql_connect(“10."xip1").Setelah berhasil tersambung kemudian kita memilih database dengan perintah mysql_select_db(“nama database”). $Password=$_POST ['Password'].

$search=mysql_query("select*from UH2 where nama like '% $nama%'").1."xip2").5. echo"<br>Hasil Pencarian<br>" while ($data=mysql_fetch_row($search)) {echo"<br>no : data[1]".Perintah diatas adalah perintah yang digunakan untuk mengisikan data pada tabel yang telah kita buat dengan menggunakan tampilan web seperti dibawah ini : Perintah dibawah ini adalah perintah untuk pencarian data. mysql_connect("10. Penggunaan like disini karena perintah select…like memiliki wildcard yang sangat membantu dalam pencarian. Untuk pencarian data digunakan perintah select dengan kondisi. mysql_select_db("xip2").} . Dalam contoh dibawah ini dicari data dari seorang anak dengan nama yang kita masukkan."xip2".254".echo" <br>deskripsi_diri : data[2]". echo" <br>nama : data[0]". <? $nama=$_POST['nama'].

1.”xip1”. Perhatikan contoh dibawah ini : <? mysql_connect(“10. hanya saja disini kita menampilkan semua data sehingga tidak dibutuhkan kondisi dan LIKE cukup dengan perintah select * from nama tabel.5.} echo”</table>”.mysql_select_db(“xip1”). echo”<table><tr><td>id</td><td>nama</td><td>alamat</td> <td>hp</td></tr>”.254”. ?> . while (($data=mysql_fetch_row($pilih))) { echo” <tr><td>data[0]</td> <td>data[1]</td> <td>data[2]</td> <td>data[3]</td></tr>”.Perintah untuk menampilkan semua data pada dasarnya sama dengan perintah untuk mencari data.”xip1”). $pilih=mysql_query(“select*from register”).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful