Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasih 1. masa Perasejarah a. Masa (….

s/d 3000 SM) Pada awalnya teknologi informasi yang dikembangkan manusia pada masa ini berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang meraka kenal. Mereka menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini mereka mulai melakukan pengidentifikasian benda-benda yang ada dilingkungan mereka tinggal dan mewakilinya dengan bentuk-bentuk yang kemudian mereka lukis pada dinding gua tempa.t mereka tinggal, karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada masa ini. Perkembangan selanjutnya adalah diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti kendang ,terompet yang terbuat dari tanduk binatang, atau isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya. b. Masa Sejarah(3000 SM s/d 1400 –an M) Pada masa tersebut teknologi informasi belum menjadi teknologi masal seperti yang kalian kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan oleh kalangan terbatas saja, digunakan pada saat-saat khusus dan biaya yang dikeluarkan banyak. c. Masa 3000 SM Untuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan symbolsimbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan), sehingga mampu menjadi kata , kalimat dan bahasa.

d. Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M) 1) 2900 SM Pengunaan huruf hierogliph pada bangsa Mesir kuno. Hierogliph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh symbol yang berbeda.Ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa heirogliph ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria. 2) 500 SM Serat papyrus digunakan sebagai kertas. Kertas terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh disekitar Sungai Nil ini menjadi media menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya digunakan sebagai menia informasi. 3) 105 M Bangsa Cina menemukan kertas.Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kalian kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring,dicuci, kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang dengan sistem cap. 2. Masa Modern (1400-an M s/d sekarang) 1. Tahun 1455 Mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk yang pertama kalinya oleh Johann Guntenberg

Tahun 1830 Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin Analytical-nya. Tahun 1923 Pada masa ini ditandai dengan Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama. 1. Alat tersebut didesain mampu memasukkan data. Tahun 1861 Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap. 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk . 1. 1. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu dikirim dan diterima pada saat yang hampir bersamaan waktunya penemuan ini memungkinkan informasi dapat diterima dan digunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi oleh jarak dan waktu. dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. 1.Pada masa ini penggunaan hypertext sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain web site yang saat ini berkembang. mengola data. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital. Tahun 1899 Dipergunakan system penyimpanan dalam tape (pita) magnetis yang pertama tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti masa sekarang. Tahun 1957 . 1. Tahun 1876 Pada masa ini ditandai dengan tokoh Melvyl Dewey yang mengembangkan sistem penulisan desimal. 1. Tahun 1877 1) Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang digunakan pertama kali secara umum. 1.1. Tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext. Tahun 1837 Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode Morse bersama Sir Wiliam Cook dan Sir Charles Wheatstone yang dikirim secara elektronik antara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Tahun 1940 Dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang digunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape. 2) Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge. 1. 1. 1. Tahun 1946 Pada masa kurun waktu ini teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi tertentu. 1. Tahun 1948 Para peneliti di Bell Telephone mengembangkan transistor.

Alat kiraan terawal Manusia telah lama menggunakan alat untuk membantu aktiviti harian mereka contohnya dalam kiraan. Tahun 1973-1990 Istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.Pada tahun 1993. 1. Manakala sempoa ataupun dekak-dekak merupakan alat . ARPANET.Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet. Sejarah perkembangan komputer Dari Wikipedia Bahasa Melayu. Komputer telah berkembang dari satu peralatan mekanikal berubah kepada menggunakan tiub vakum.Tahun 1995.Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih. Tahun 1991-Sekarang Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. yang membolehkan berat sesuatu benda dibandingkan. kepada litar elektronik dalam tempoh masa yang singkat.Teknologi ini memungkinkan Pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silicon.dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). DDN. 1. jasa registrasi (oleh Network Solution Inc). Antara contoh alat kiraan terawal ialah dacing. perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone.E-mail dapat dikatakan sebagai surat elektronik. dan Internet Gateway.Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantaranya:DARPA. ensiklopedia bebas. gelintar Komputer dan perkakasannya merupakan komponen penting proses pengiraan dan simpanan data sejak ia mula dicipta.Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Sebagai balasannya Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer. kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. 2) USSR (Rusia pada saat itu) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata.Pada tahun 1981 National Science Fondation mengembangkan Backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. 1. Lompat ke: navigasi. NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T). Tahun 1972 Pada masa ini Ray Tomlinson menciptakan program E-mail pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks.1) Jean Hoerni mengembangkan transistor planar.

Bagaimanapun desain ‘roda penghitung’ masih digunakan oleh seluruh alat hitung setidaknya sampai pertengahan tahun 1960. Semenjak Babbage dilahirkan pada era teknologi elektronik. Pada tahun 1834. Pemikiran-pemikiran Babbage yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern. sehingga para pengusaha menganggap alat tersebut terlalu kompleks. punched-card dan serangkaian program pengontrol. tetapi Pasaline merupakan alat yang sukar untuk diperbaiki jika rusak. semua tidak terjadi begitu saja. mesin berhitung elektronik mungkin telah ditemukan jauh sebelumnya. Sebenarnya. printer. Ia memajukan perkomputeran di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika. Alat tersebut disebut Pascaline dan menggunakan ‘roda penghitung’ untuk menjumlahkan bilangan. Orang-orang yang skeptik menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). alat ini dikendalikan dengan punched-card (punched-card). Babbage menemukan ide mengenai analytical engine. Ironisnya. Kemampuannya telah terbukti sejak digunakannya sebagai alat penghitung di sekolah dan per-bisnisan modern. Abacus (mungkin) telah ditemukan setidaknya 5000 tahun yang lalu. Pada masa orangorang tinggal dan bekerja. Sejarah per-komputer-an memiliki arti yang sangat penting bagi kita. Selain itu pada masa tersebut tenaga kerja bidang perhitungan aritmatik sangat murah dibanding dengan tenaga kerja bidang mesin. Sekarang abacus lebih di kenal sebagai cipoa. Atas penilaiannya. tetapi penemuan-penemuan sebelumnyalah yang lebih berperan dalam penemuan-penemuan komputer elektronik berikutnya. Babbage ingin menerapkan konsep punched-card dari alat tenun Jacquard untuk analytical engine-nya. Atanasoff (1942) bisa digolongkan pada salah satu dari peristiwa-peristiwa yang penting dalam sejarah. Lubang merupakan inti dari punched-card dan kartu-kartu tersebut menunjukkan desain untuk tenunan. menemukan alat penghitung mekanik pertama yang berupa mesin. tetapi oleh orang Cina dibawa ke negerinya sehingga berubah namanya menjadi cipoa. Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal. Pascaline Blaise Pascal (1623-1662). para pelopor sebelumnya dalam pengembangan mesin berhitung elektronis tidak sadar akan idenya mengenai memori. Abacus Abacus mungkin alat hitung manual pertama di dunia. Selama dua dekade terakhir telah banyak terjadi sesuatu yang menggemparkan tetapi tidak semeriah sejarah komputer elektronik. Babbage’s Folly Mungkin Charles Babbage (1792-1871) yang telah mempercepat perkembangan komputer sejak 1600-an. penemuan komputer oleh John V. beberapa orang menganggap Lady Lovelace sebagai programmer pertama (walaupun masih diperdebatkan). Sejarah Purbakala Sejarah komputer elektronik modern memang dianggap mulai pada tahun 1942. . ketika bermaksud mengembangkan difference engine-nya. Hanya Pascal saja yang bisa memperbaiki alat tersebut. Namun. seorang ahli filosofi dan matematika. Walaupun atas penemuannya ini Pascal dipuji sampai keseluruh Eropa. Lady Ada Augusta Lovelace menilai punchedcard tersebut bisa dirancang untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage untuk mengulang operasi-operasi tertentu. Kemudian alat penghitung mekanik telah dianggap usang sejak ditemukannya alat penghitung elektronik. Ada beberapa penemuan & peristiwa pada masa sebelumnya yang mendasari itu semua. Pada tahun 1843. Peralatan Punched-card Punched-card Pertama Alat tenun Jacquard ditemukan tahun 1801 dan masih digunakan sekarang. Punched-card ditemukan oleh orang Perancis yang bernama JosephMarie Jacquard (1752-1834). abacus berasal dari Mesir.pertama yang digunakan untuk mengira.

Inilah dimulainya pemrosesan data secara otomatis. Walaupun pemrograman interaktif dan on-line data entry telah membuat punched-card secara ekonomis usang. Bureau. pada tahun 1924 perusahaan tersebut merubah namanya menjadi International Business Machine Corporation (IBM). sensus bisa selesai dalam waktu 2. Pimpinan Bureau segera menghentikannya sebelum berlangsung selama 10 tahun. Dengan pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith (Hollerith’s punched-card machine). sampai pada tahun 1919 Computing-Tabulating-Recording Company mengumumkan telah menciptakan printer/lister yang lama kelamaan merubah jalan hidup perusahaan tersebut.S. Bureau of Cencus tidak menyelesaikan sensus sejak tahun 1880 sampai hampir 1888. kartu-kartu tersebut harus sudah tersortir dan tersusun. Permintaan mesin Hollerith menyebar sampai ke Rusia. summary punch. Dalam sekali langkah. Pada tahun 1911. Untuk mempersiapkan arsip-arsip punched-card yang akan diproses. Pada kebanyakan sistem informasi modern.S. Sebuah panel yang berbeda terhubung (wired) untuk tiap jenis operasi untuk bekerja. Punched-card dan hasil cetakan dari printer dipindahkan dari alat lain ke yang lainnya dengan menggunakan gerobak tangan. Electromechanical Accounting Machine Hasil (output) dari mesin Hollerith masih harus ditulis tangan. biasanya dalam satu langkah . calculator. dan mesin akunting. verifier. sorter. Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company dan menjual produknya ke seluruh dunia. interpreter. beberapa langkahnya disebut “langkah-langkah mesin” yang dibutuhkan untuk menghasilkan keluaran. Tingkat kebisingannya tidak jauh berbeda dengan sebuah pabrik mobil. pada pemrosesan punched-card juga ada yang disebut sebagai unit record processing (satu kartu = satu record).Munculnya Pemrosesan Data Otomatis The U. Pemrosesan Punched-card Ruangan mesin yang menggunakan punched-card telah membuka lowongan kerja. Sampai pertengahan tahun 1950. Beberapa ruangan tersebut mirip sebuah pabrik.5 tahun. teknologi punched-card diperbaiki dengan penambahan beberapa alatnya serta kemampuan yang lebih pintar. Komisi The U. hanya bagian dari database yang dibutuhkan saja yang diproses. tiap arsip membaca satu kartu dalam satu waktu. Jerih payah Dr. Tabulating Hollerith Company merger dengan beberapa perusahaan lain dan berganti nama menjadi ComputingTabulating-Recording Company. Pada setiap kartu biasanya mengandung sebuah record (misal nama dan alamat). Untuk mengembangkan jangkauannya. Hollerith membuktikan sekali lagi bahwa “kebutuhan merupakan ibunya penemuan”. Kebanyakan dari alat-alat tersebut di program untuk melakukan operasi khusus dengan menyisipkan papan kontrol yang prewired. collator. kita masih bisa menemukannya di tempat terpencil (mungkin tidak di Indonesia). Keluarga dari mesin punched-card Electromechanical Accounting Machine (EAM) tersedia dengan card punch. Herman Hollerith seorang ahli statistik menggunakan keahliannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus pada tahun 1890. Karena setiap alat-alat punched-card beroperasi secara bebas. reproducer. Sensus pertama di Rusia (1897) menggunakan mesin Hollerith.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful