P. 1
tajwid

tajwid

|Views: 2,953|Likes:
Published by Tyas Iyas

More info:

Published by: Tyas Iyas on Feb 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

2.1 Surat Al-Kafirun Dan Terjemahan 1. 2. 3. 4. 5. 6.

Katakanlah: ³Hai orang-orang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku´.

2.2 Tajwid Dan Arti Perkata Tajwid : = Mad jaiz munfasil (setelah huruf mad ada huruf hamzah yang berbentuk alif dan dalam lain kalimat, panjangnya 5 harkat) = Mad arid (karena ada huruf mad bertemu huruf mati berhenti dalam bacaan) = Ikhfa (karena nun mati bertemu dengan huruf ta, salah satu huruf ikhfa) = Id am mutajanisain (tanda sukun huruf dal menghadapi huruf ta berharakat, keduanya itu sama makhrajnya dan lain sifatnya) = Qalqalah qubra (huruf dal berharakat sukun karena wakaf) Arti perkata : = Katakanlah = Hai orang-orang kafir = Aku tidak akan menyembah = Apa yang kamu sembah = Dan kamu bukan = Penyembah (Tuhan) = Yang aku sembah = Dan aku tidak pernah = Menjadi penyembah = Apa yang kamu sembah

5 Tajwid dan Arti Perkata Tajwid : = izhar (karena nun mati bertemu dengan huruf ta) = id am bilagunnah (karena nun mati bertemu dengan huruf lam) = ikhfa (karena nun mati bertemu dengan huruf kaf) = mad wajib muttasil (karena mad menghadapi huruf hamzah dalam satu kalimat) = mad arid (karena adanya huruf mad bertemu huruf mati berhenti /waqaf dalam bacaan) Arti perkata : = Dan. diantara mereka = Ada (pula) orang-orang yang tidak beriman = kepadanya (Al-qur¶an) = Dan Tuhanmu = Lebih mengetahui = Tentang orang-orang yang berbuat kerusakan .= Dan kamu tidak pernah = Menjadi penyembah = Yang aku sembah = Untukmulah agamamu = Dan untukkulah agamaku 2. diantara mereka = Ada orang-orang beriman = Kepadanya (Al-qu¶an) = Dan.

= Dan jika mereka mendustakan kamu = Maka katakanlah = Bagiku pekerjaanku = Dan bagimu pekerjaanmu = Kamu berlepas diri = Terhadap apa yang aku kerjakan = Dan aku pun berlepas diri = Terhadap apa yang kamu kerjakan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->