P. 1
Penelitian Eksperimental - 4

Penelitian Eksperimental - 4

|Views: 36|Likes:
Published by Lia Diana Ridwan

More info:

Published by: Lia Diana Ridwan on Feb 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2012

pdf

text

original

Oleh: Nunuk Mulandari

€ Dalam penelitian ilmiah. istilah eksperimen seringkali diartikan sama dengan ¶percobaan·. € Penelitian eksperimental adalah suatu penelitian yang di dalamnya ditemukan minimal satu variabel yang dimanipulasi untuk mempelajari hubungan sebab-akibat (Solso & MacLin. € Dalam . 2002). eksperimen berkaitan dengan salah satu jenis penelitian yang disebut ¶penelitian eksperimental·.pandangan awam.

€ Perbedaannya terletak pada objek yang diteliti dan cara untuk memunculkan sesuatu gejala. € Untuk membedakan dari penelitian eksperimental yang lain. maka penelitian eksperimental dalam psikologi disebut eksperimen psikologis.€ Lalu. yaitu membuat sesuatu terjadi. penelitian eksperimental. maupun psikologi. bagaimana dengan penelitian eksperimental dalam psikologi? € Sebenarnya. baik dalam bidang kimia. . fisika. memiliki prinsip yang hampir sama.

. 2001). dimana satu atau lebih faktor divariasikan dan faktor yang lain dibuat konstan (Zimney. dlm Christensen.€ Eksperimen psikologis adalah observasi yang objektif terhadap suatu fenomena yang dibuat agar terjadi dalam suatu kondisi yang terkontrol ketat.

tetapi meneliti hubungan kausal (cause-effect relationship) antara VB dan VT. VB adalah variabel penyebab yang akan dilihat pengaruhnya terhadap VT. Bentuk-bentuk permasalahan yang diajukan antara lain: a. Meneliti hubungan sebab-akibat sebab‡ Penelitian eksperimental bukan hanya meneliti hubungan antar variabel.1. b. VT adalah variabel akibat dari VB. Apakah X berpengaruh pada Y? Apakah ada pengaruh X terhadap Y? Apakah X dapat meningkatkan/menurunkan Y? ‡ ‡ ‡ . c.

Tidak semua VB dapat dimanipulasi karena sudah menjadi karakteristik dari subjek.2. Misal: suhu ruangan. metode pembelajaran. Misal: jenis kelamin. VB yang dapat dimanipulasi adalah variabel yang ada di luar diri subjek ataupun kondisi lingkungan fisik. Penelitian non-eksperimental tidak melakukan manipulasi terhadap VB. jenis kelamin guru. tingkat sosial ekonomi. Adanya manipulasi ‡ ‡ ‡ ‡ Yang dimaksud dengan manipulasi adalah pemberian perlakuan atau mengkondisikan keadaan/kejadian yang berbeda (VB) kepada subjek penelitian. . inteligensi. usia. agama.

melainkan melakukan pengukuran terhadap fenomena yang dimunculkan dalam penelitian. ‡ Objektif berarti bahwa pelaksanaan penelitian eksperimental tidak dipengaruhi oleh faktor subjektivitas dari peneliti. . Dilakukan melalui observasi yang objektif ‡ Observasi bukan berarti peneliti harus benarbenar melakukan observasi atau pengamatan.3.

Penelitian eksperimen berusaha memunculkan VT di masa mendatang dengan memberikan VB kepada subjek penelitian. gejala/fenomena disebut sebagai VT yang akan diobservasi atau diukur kemunculannya. Memunculkan/ Memunculkan/menciptakan terjadinya suatu gejala/fenomena gejala/ ‡ ‡ ‡ Dalam penelitian eksperimental. . Penelitian non-eksperimental tidak berusaha memunculkan VT.4.

kontrol yang ketat terhadap jalannya penelitian dilakukan sebagai usaha agar suatu akibat (VT) hanya ditimbulkan oleh penyebab (VB) yang sedang diteliti. Dilakukan dalam situasi yang terkontrol ketat ‡ Dalam penelitian eksperimental. bukan oleh faktor-faktor lain.5. .

‡ Yang dimaksud sebagai faktor yang tetap konstan adalah VS (variabel sekunder). yaitu variabel lain di luar VB yang dapat mempengaruhi VT. ‡ VS dikonstankan/disetarakan dengan cara memilih subjek penelitian dengan karakteristik yang sama.6. Adanya faktor yang divariasikan dan faktor yang tetap konstan ‡ Yang dimaksud sebagai faktor yang divariasikan adalah VB. atau dilakukan randomisasi (random assignment). ‡ Variasi dilakukan dengan memberikan jenis atau kuantitas VB yang berbeda pada kelompok subjek yang berbeda. .

P o p u l a s i Random sampling KE Sampel Randomisasi KK .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->