GEJALA ALAM DI INDONESIA DAN NEGARA – NEGARA TETANGGA Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas/Semester : VI/2 Pertemuan

: 5 × Pertemuan Alokasi Waktu : 15 × 35 menit Standar Kompetensi : Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga Indikator : 1. Mendeskripsikan ketampakan alam di dunia 2. Mendeskripsikan contoh peristiwa alam yang terjadi di Indonesia 3. Mendeskripsikan contoh peristiwa alam yang terjadi di negara-negara tetangga 4. Mengidentifikasi dampak positif dan negatif peristiwa alam 5. Mengidentifikasi upaya penanggulangan dampak negatif dari peristiwa alam Tujuan Pembelajaran a. Siswa dapat mendeskripsikan ketampakan alam di dunia. b. Siswa dapat mendeskripsikan keadaan alam di Indonesia dan negara tetangga. c. Siswa dapat mengidentifikasi gejala/peristiwa alam di Indonesia dan negara tetangga. d. Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa-peristiwa alam. e. Siswa dapat mendeskripsikan dampak peristiwa alam.

CUACA CERAH

Gejala alam adalah suatu peristiwa alam yang terjadi sebagai akibat yang ditimbulkan oleh faktor alam itu sendiri. Gejala alam juga sering disebut peristiwa alam. Gejala atau peristiwa alam yang terjadi adakalanya bermanfaat dan menguntungkan bagi kehidupan alam manusia. yang Namun demikian adakalanya dan peristiwa terjadi justru merugikan

membahayakan kehidupan manusia. Dalam kehidupan seharihari sering kita melihat fenomena seperti cuaca mendung, cerah, panas terik, hawa dingin, musim hujan, dan juga kemarau. Peristiwa-peristiwa tersebut merupakan bentuk gejala alam yang biasa terjadi dan menguntungkan bagi kehidupan manusia. Sementara gejala alam yang merugikan dan membahayakan kehidupan manusia contohnya banjir, gunung meletus, gempa bumi, angin ribut, dan juga tsunami. Bagaimana dengan negara kita dan negara tetangga? Peristiwa alam apa yang sering melanda? Berikut ini kalian akan mempelajari gejala atau peristiwa alam yang terjadi di negara kita dan juga negara tetangga. A. Gejala Alam di Indonesia Gejala alam yang terjadi di permukaan bumi pada umumnya dipengaruhi oleh keadaan atau kenampakan muka buminya. Kenampakan muka bumi yang dimaksud adalah kondisi geologis serta keadaan relief muka buminya. Secara geologis, negara Indonesia dilalui oleh dua rangkaian pegunungan muda yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Kondisi tersebut menyebabkan negara kita rawan terjadi peristiwa alam berupa letusan gunung api. Sementara itu kondisi relief muka bumi seperti kemiringan lereng, keadaan tanah, dan tumbuhan dapat memengaruhi terjadinya peristiwa banjir dan tanah longsor.Gejala atau peristiwa alam yang bersifat merusak dan merugikan manusia sering disebut bencana alam. Bencana alam pada umumnya tidak dapat diperkirakan kapan terjadinya. Hal ini dikarenakan bencana alam terjadi karena adanya faktor-faktor alam itu sendiri. Namun demikian, bencana alam juga dapat terjadi karena ulah manusia yang

tsunami.kurang bertanggung jawab dalam memanfaatkan alam. disebabkan aktivitas karena gunung adanya api. Berikut ini akan kita pelajari lebih lanjut berbagai peristiwa alam di Indonesia. a . Berbagai peristiwa alam di Indonesia yang terjadi karena faktor alam adalah gempa bumi. 1 . atau tabrakan adanya runtuhan gua atau tanah. perubahan iklim. angin topan. Peristiwa Alam yang Terjadi karena Faktor Alam Peristiwa alam yang terjadi karena faktor alam biasanya tidak dapat diketahui secara pasti kapan akan terjadinya. Gempa Bumi Gempa bumi merupakan peristiwa goncangan atau pergerakan lapisan kerak bumi secara tiba-tiba karena adanya tenaga dari dalam bumi. SEISMOGRAF . gunung meletus. KERUSAKAN AKIBAT GEMPA Gempa lempeng dapat bumi. serta banjir.

Hal tersebut menyebabkan negara kita rawan terjadi gempa bumi tektonik dan gempa bumi vulkanik. Gempa karena dapat menimbulkan kerusakan di muka bumi. dan nami berarti gelombang. dapat diukur dengan Besar kecilnya kekuatan gempa alat pencatat gempa gempa pusat besar kecilnya sedangkan menggunakan yang disebut seismograf. gempa di permukaan bumi disebut episentrum. Dengan demikian secara bahasa KERUSAKAN AKIBAT TSUNAMI . Pusat gempa di dalam hiposentrum. Ada yang sangat kecil goncangannya sehingga sulit dirasakan sampai pada goncangan yang dahsyat yang dapat menimbulkan kerusakan. Sementara gempa bumi yang terjadi karena adanya runtuhan gua atau tanah disebut gempa atau terban. getaran Gempa yang bumi menyebabkan goncangan besarnya beragam. Gempa bumi yang terjadi sebagai akibat adanya letusan gunung api disebut gempa vulkanik. Selain itu negara kita juga memiliki banyak gunung api aktif. pelabuhan. Tsunami Tsunami berasal dari bahasa Jepang tsu yang berarti bumi termasuk peristiwa alam yang merugikan kehidupan manusia.Gempa yang terjadi karena adanya tabrakan antarlempeng disebut gempa tektonik. Ukuran permukaan bumi disebut umumnya digunakan skala Richter. Wilayah Indonesia secara geologis terletak di antara pertemuan Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia. b .

Tsunami dengan gelombang tertinggi yang pernah tercatat adalah gelombang Gunung Krakatau (1883) setinggi 42 meter. Masih ingatkah kalian tsunami yang melanda Nanggroe Aceh Darussalam? Bagaimanakah kondisi Aceh setelah diterjang tsunami? Indonesia adalah negara kepulauan sekaligus merupakan daerah pertemuan tiga lempeng tersebut adalah Lempeng Pasifik. gas. Lempeng Indo-Australia. Adapun gunung api aktif adalah gunung api yang masih menunjukkan aktivitas vulkanik. Adapun pengertian tsunami secara umum adalah gelombang laut dengan kecepatan tinggi yang ditimbulkan oleh adanya gangguan yang bersifat tiba-tiba tsunami akibat letusan dari dasar laut. Kondisi tersebut menyebabkan wilayah Indonesia sangat labil sehingga rawan terjadi peristiwa gempa bumi dan tsunami. dan Lempeng lempeng besar yang aktif.tsunami dapat diartikan sebagai gelombang pasang laut yang besar di pelabuhan. Sementara itu gunung yang sudah tidak . Gelombang besar tersebut yang mengakibatkan kerusakan dan kehancuran di permukaan bumi. Gunung meletus umumnya dapat terjadi pada gunung api yang masih aktif. dan pecahan-pecahan batuan saat meletus. dan sebagainya. Istilah gunung api digunakan untuk menyebut setiap lubang dalam kerak bumi yang dilalui batuan cair. Gunung Meletus Gunung meletus adalah aktivitas bahan gunung padat. Istilah gunung api juga digunakan untuk menyebut bentuk-bentuk tanah yang secara perlahan meninggi saat material-material masih diendapkan pada permukaan setelah beberapa letusan. c . api cair. mengeluarkan api. yang dan mengeluarkan mate rial berupa gas yang ada di dalam perut bumi ke permukaan bumi. menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda. Aktivitas vulkanik tersebut dapat berupa semburan awan panas. Ketiga Eurasia.

Lava adalah magma serta segala benda yang sudah mencair yang dimuntahkan oleh gunung api dan sampai di permukaan bumi. d . Selain itu letusan gunung juga mengeluarkan bahan padat yang berupa bom (bongkahan batu besar). Letusan itu memicu tsunami yang merenggut kurang lebih 36. Australia. Letusan gunung api terjadi ketika magma keluar dari perut bumi ke permukaan bumi. Sementara lahar adalah debu vulkanik yang bercampur dengan air. 70 diantaranya tercatat pernah meletus dalam rentang sejarah sejak tahun 1600. baik air dari hujan atau air danau kawah yang mengalir dari puncak gunung menuju lereng gunung.000 jiwa. lapili (batuan kecil atau kerikil). Saat terjadi gunung meletus banyak bahan-bahan dan material yang keluar dari gunung api yang bersifat gas. cair. letusan terdahsyat terjadi pada Gunung Krakatau pada tahun 1883. dan padat. Indonesi a memiliki kurang lebih 129 gunung api. Adapun dan sangat magma adalah campuran batuan dan berbag ai campuran mineral yang bersifat cair panas.menunjukkan aktivitasnya disebut gunung mati. dan abu vulkanis. Letusan tersebut menghancurkan tiga perempat pulau gunung api ini. Angin Topan dan Angin Jatuh . Di antara beberapa letusan gunung api yang pernah terjadi di Indonesia. Hujan abu vulkaniknya sampai ke Madagaskar. Bahkan. letusannya terasa hingga ke Brisbane. Bahan cair yang dikeluarkan saat letusan gunung api berupa lava dan lahar.

menerbangkan ditimbulkan merobohkan menumbangkan pohon benda yang dilaluinya. Kekuatan dan kecepatan angin tergantung pada perbedaan tekanan antara dua daerah. semakin cepat angin bertiup di antara daerah-daerah itu. semakin cepat udara akan bergerak dan semakin kuat angin yang berembus.ANGIN TOPAN Angin topan adalah pusaran angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jam atau lebih. perbedaan tekanan antara dua daerah akan lebih besar dan udara bergerak lebih cepat. merusak sarana dan prasarana. Angin topan sering terjadi di wilayah tropis di antara garis balik Utara dan Selatan. Angin topan yang berembus dengan kecepatan sangat tinggi dapat mengakibatkan kerusakan. Angin yang sangat berdekatan karena adanya topan terjadi perbedaan tekanan udara yang sangat besar. Jika pusat yang bertekanan tinggi dekat dengan pusat yang bertekanan rendah. kecuali di daerah-daerah dengan khatulistiwa. Selain angin topan. dan jarak antara kedua daerah tersebut. Angin menenggelamkan kapal-kapal kecil. Semakin besar perbedaan tekanan. Angin jatuh adalah angin yang berembus ke atas puncak pegunungan . dan bahkan dapat Daratan bisa tergenang air laut sampai 15 m atau lebih. angin topan mengangkat air laut sehingga timbul topan dapat mengganggu pelayaran gelombang besar. Kerusakan yang angin topan atau diantaranya dapat adalah dapat bendabangunan. Pada daerah pantai. ada juga yang disebut angin jatuh atau angin fohn. Demikian juga semakin dekat dua daerah yang mempunyai tekanan berbeda.

Sementara di belahan bumi Utara (Benua Asia) yang mendapatkan panas yang sedikit memiliki tekanan udara maksimum. secara astronomis Indonesia terletak antara 60 LU – 110 LS dan antara 950 BT-1410BT. Angin muson Barat Laut bersifat lembap karena membawa uap air yang banyak dari Samudra Pasifik. sehingga wilayah Selatan akan mengalami pemanasan yang maksimal. sehingga menyebabkan terjadinya hujan di wilayah Indonesia. Iklim adalah keadaan rata-rata . Pada bulan ini kedudukan matahari banyak (Benua Australia). Musim hujan di Indonesia pada umumnya berlangsung dari berada di belahan Hal bumi Selatan bulan Oktober sampai Maret. Keadaan iklim suatu negara ditentukan oleh letak lintangnya. Salah satu ciri dari iklim tropis adalah memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Kondisi demikian. Dengan demikian angin yang turun bersifat panas dan kering yang disebut angin jatuh. kemudian berembus turun sepanjang lereng gunung dengan suhu kembali naik dengan kelembapan yang rendah. Sementara itu musim kemarau di Indonesia pada umumnya berlangsung pada bulan April sampai September. e . Angin ini disebut angin muson Barat Laut. sehingga kawasan Benua gejala alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Pada bulan ini kedudukan matahari lebih banyak berada di wilayah belahan bumi Utara (Benua Asia). menyebabkan angin bertiup dari Benua Asi a menuju Benua Australia melalui Samudra Pasifik. Dengan demikian dapat disimpulkan wilayah Indonesia beriklim tropis.dengan suhu yang terus berkurang. ini menyebabkan Benua Australia memiliki tekanan udara minimum. Angin jatuh tersebut bersifat merugikan karena umumnya dapat merusak tanaman. Berdasarkan letak lintangnya. Iklim dan Perubahannya Iklim merupakan suatu bentuk cuaca dari suatu wilayah yang sangat luas dan dalam jangka waktu yang lama.

daerah yang pada suatu cekungan laut. atau adanya pasang banjir ulah manusia. Australia) Sementara yang belahan panas bumi (Benua sedikit mendapat matahari memiliki tekanan udara maksimum. Selatan yang Hal ini menyebabkan kawasan Benua Asia memiliki tekanan udara minimum. Banjir yang membahayakan adalah banjir bandang. Selain itu dengan pengaliran air keluar sempit. f . Beberapa faktor alam yang memengaruhi BANJIR MENGGANGGU ARUS TRANSPORTASI terjadinya terletak naik air dampak banjir adalah curah hujan yang tinggi. Banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba-tiba yang disebabkan tersumbatnya sungai maupun karena . Banjir adalah suatu gejala alam yang menyebabkan suatu daerah dalam keadaan tergenang oleh air dalam jumlah yang sangat besar melebihi tingkat normal.Asia mengalami pemanasan yang maksimal. Banjir Banjir dikatakan sebagai gejala alam murni jika banjir terjadi karena pengaruh alam. daerah yang dikelilingi perbukitan dapat terjadi karena dan yang lebih rendah dibandingkan muka air laut. Angin ini disebut angin muson Tenggara. Akibatnya angin bertiup dari Benua Australia menuju Benua Asia. sepertI penggundulan hutan membuang sampah ke sungai.

Hal ini disebabkan oleh adanya penebangan hutan secara liar yang dilakukan menjadi gundul sebagai oleh orang-orang yang tidak akibat perilaku manusia yang bertanggung jawab. Selain itu hutan juga berfungsi menjaga keberadaan air di muka bumi. memproduksi berbagai hasil hutan. Beberapa bencana yang dapat terjadi sebagai akibat kerusakan hutan adalah banjir dan tanah longsor pada waktu musim penghujan. 2 . Perilaku Manusia yang Merusak Alam Perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan alam dapat mengganggu keseimbangan alam. punahnya berbagai jenis hewan. menjaga kesuburan tanah. sebagai habitat berbagai flora dan fauna. Banyak hutan di Indonesia yang kondisinya rusak bahkan kritis.penggundulan hutan di daerah hulu sungai yang bersifat menghanyutkan. membuang sampah kegiatan penambangan. Bencana banjir hampir setiap musim penghujan melanda Indonesia. perladangan berpindah. kekeringan di musim kemarau. Banyak kawasan hutan yang sekarang melakukan pembalakan liar (Illegal Logging). Hutan merupakan paru-paru dunia yang dapat mengeluarkan oksigen di udara yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Berikut ini dijelaskan tentang beberapa perilaku manusia yang dapat menimbulkan gejala alam yang merugikan kehidupan manusia. dan tumbuhan. dan sebagainya. a . sembarangan. . Beberapa contoh perilaku yang kurang bertanggung jawab diantaranya melakukan dan limbah adalah menebang serta hutan secara liar. Penebangan Hutan secara Liar Salah satu kekayaan alam yang dimiliki negara kita adalah hutan yang luas.

Dengan demikian hutan yang dibakar dan dibuka untuk dijadikan lahan perkebunan semakin luas dibandingkan dengan pembakaran hutan yang dilakukan para petani tradisional (peladang). Setelah lahan dimanfaatkan 3 sampai 4 kali. Kegiatan pertanian ini biasanya dilakukan dengan cara membuka untuk hutan yang kemudian Pelaku pohonladang pohonnya dibakar untuk dijadikan lahan. Perladangan Berpindah AKIBAT KEGIATAN LADANG BERPINDAH Ladang berpindah adalah kegiatan pertanian yang dilakukan dengan cara berpindah-pindah dari lahan yang satu ke lahan yang lainnya. terganggunya kelancaran lalu lintas. Bahkan seringkali negara kita mendapat protes dari negara lain karena asap kebakaran hutan juga mengganggu negara tetangga. dan menimbulkan penyakit pernapasan.b . dan dirasa sudah tidak subur lagi maka lahan akan ditinggalkan begitu saja. Kebakaran hutan dapat memusnahkan berbagai hewan dan tumbuhan di hutan. Kegiatan ladang berpindah seringkali menyebabkan kebakaran hutan yang lebih luas. terganggunya kegiatan penerbangan. berpindah pada umumnya memanfaatkan lahannya hanya beberapa kali saja. . Asap yang ditimbulkan dapat mengganggu kehidupan manusia seperti terganggunya jarak pandang. Selanjutnya peladang akan mencari lahan yang baru lagi.

Ini dapat mencemari tanah. serta cairan pabrik sisa kegiatan industri. Sampah dapat berupa daun. . menyebarkan bau tidak enak. dan dapat merusak jembatan dan pipa karena bersifat korosif. Membuang Sampah atau Limbah Sembarangan Sampah atau limbah adalah barang atau benda yang dibuang karena sudah tidak berfungsi lagi. Sampah atau limbah dapat berasal dari TUMPUKAN SAMPAH DISUNGAI sisa-sisa kegiatan rumah tangga maupun sisa-sisa proses produksi.c . kaca. membuang sampah secara sembarangan seperti di sungai.terbatasan lahan. Sampah berbagai yang dibuang masalah ke sungai akan menyebabkan tersebut dapat pendangkalan sungai dan menyumbat aliran menyebabkan lingkungan. Kondisi menyebab kan banjir di musim penghujan. plastik. Sementara itu limbah cair sisa kegiatan industri yang dibuang ke sungai atau laut tanpa diolah lebih dulu dapat membahayakan kehidupan yang ada di laut atau sungai. atau di lingkungan sekitarnya. Masalah sampah merupakan masalah yang serius terutama bagi penduduk perkotaan yang memiliki lahan terbatas. kertas. logam. di laut. botol. kaleng. orang akan cenderung Dengan ke. dapat menimbulkan bibit penyakit.

1 . Indonesia adalah negara yang kaya barang tambang maupun bahan galian baik logam maupun nonlogam. gempa bumi dan tsunami juga melanda negara. dan Bangladesh. Sri Lanka. B. khususnya negaranegara di kawasan Asia Tenggara. Gejala Alam di Negara-Negara Tetangga Secara umum berbagai gejala alam yang terjadi di Indonesia terjadi juga di negara-negara tetangga. Berikut ini beberapa contoh gejala alam yang terjadi di negara-negara tetangga. Singapura. Selain itu negara tetangga yang wilayahnya rawan terjadi gempa dan tsunami adalah negara Filipina dan Jepang. Negara-negara yang ikut terkena dampak gempa bumi dan tsunami adalah Malaysia. Barangbarang tambang tersebut dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencapai kesejahteraan hidup. .d . Kegiatan barang tambang dapat dilakukan dengan cara melakukan penggalian. India. seringkali perhitungan dan yang sebagainya. Gempa Bumi dan Tsunami Seperti halnya di Indonesia. manusia matang. Thailand. Kegiatan Penambangan Kegiatan penambangan adalah kegiatan manusia hasil yang berhubungan dengan usaha memanfaatkan tambang yang ada di dalam bumi maupun yang terdapat di muka bumi.negara tetangga. Myanmar. Hal tersebut dikarenakan keadaan alam dan kenampakan muka bumi Indonesia dan negara-negara tetangga khususnya Asia Tenggara hampir sama. penambangan dan pada dilakukan tanpa Para perencanaan penambang umumnya hanya akan memikirkan keuntungan semata tanpa memerhatikan kelestarian lingkungan. Sebagai contoh gempa bumi dan tsunami yang melanda Indonesia pada tanggal 26 Desember 2004 juga dialami oleh negara-negara tetangga di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pengambilan pengeboran. Hal ini dikarenakan negara-negara tersebut berbentuk kepulauan dan secara geologis terletak di daerah labil yaitu daerah pertemuan antarlempeng tektonik.

banjir melanda daerah Perak (Malaysia). Siklon tropis selain menghancurkan daerah hujan deras dan gelombang pasang. melanda beberapa wilayah di Thailand. Siklon tropis adalah angin yang bergerak kencang. banjir juga (Malaysia). muncul Siklon 10 di Samudra Barat Australia. yang Gejala siklon dengan Hindia tropis hujan dan dapat yang Siklon merusak menimbulkan badai tropis sering lebat dan kecepatan angin mencapai 300 km/jam. juga perairan di kawasan menimbulkan kali per tahun. Bahkan tidak jarang dapat mengakibatkan banjir.negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. pada Desember 2006 banjir juga melanda wilayah Johor Sementara bulan Oktober 2007. Banjir Bencana banjir merupakan salah satu peristiwa atau gejala alam yang sering melanda negara-negara tetangga di kawasan Asia BANJIR DI MALAYSIA Tenggara. Hal ini dikarenakan negara. yang memindahkan lintang yang panas dari daerah khatulistiwa menuju garis lebih tinggi.2. Siklon tropis adalah bagian dari sistem perputaran udara. sambil berputar ke atas dengan cepat mengelilingi suatu pusat. Siklon Tropis Siklon tropis merupakan gejala atau peristiwa alam yang juga sering melanda negara-negara tetangga. . Siklon tropis terjadi pada sistem tekanan udara rendah yang terbentuk di daerah tropis. yang sumbernya berada di daerah tropis. tersebut rata-rata tropis sering muncul yang dilewati. Sebagai bulan contoh pada tanggal 25 Oktober 2006. 3.

Daerah yang paling merasakan akibat La Nina dan El Nino adalah negara-negara yang berhadapan langsung dengan perairan Pasifik. Gejala La Nina dapat menyebabkan hujan lebat. Bencana alam merupakan kapan peristiwa alam yang tidak dapat diprediksi terjadinya. La Nina dan El Nino saling berhubungan satu sama lain meskipun memiliki dampak berlawanan. Negara kita adalah negara . Cara Menghadapi Bencana Alam Bencana alam merupakan bagian dari gejala alam yang bersifat merugikan atau berdampak negatif bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu gejala alam ini membawa pengaruh cuaca basah. bahwa bencana alam bisa terjadi secara alamiah karena faktor alam. seringkali bencana alam juga dapat terjadi karena faktor perilaku manusia yang kurang bertanggung jawab terhadap alam. Seperti yang telah kalian pelajari. El Nino adalah gejala menghangatnya temperatur permukaan air laut di atas rata-rata pada kawasan Pasifik Timur dan tengah. Daerah yang dilanda El Nino biasanya ditandai dengan panas yang tidak normal yang mengganggu pola curah hujan dan angin.4 . C . Cuaca panas El Nino pernah terjadi pada tahun 1997 yang mengakibatkan kekeringan dan gagal panen di negara-negara kawasan Asia Tenggara. badai tropis. Kawasan yang dilanda kekeringan pada saat gejala El Nino akan mengalami banyak curah hujan saat terjadi La Nina. Gejala La Nina ditandai dengan tetap tingginya curah hujan pada tempat tertentu pada saat seharusnya curah hujan sudah mulai menurun. Sementara El Nino merupakan gejala kebalikan dari La Nina. La Nina dan El Nino La Nina adalah proses mendinginnya suhu permukaan air laut di bawah rata-rata pada kawasan Pasifik Timur dan tengah di sekitar khatulistiwa. dan banjir. Namun demikian. Dengan demikian bencana alam tidak dapat ditolak oleh manusia. Gejala El Nino menyebabkan beberapa kawasan dilanda kekeringan.

b. e. Upaya-upaya dan cara-cara dalam menghadapi tersebut terbukti dari berbagai bentuk bencana alam yang terjadi berbagai bentuk bencana alam. Membangun fasilitas-fasilitas umum dengan standar kualitas tinggi. Membuat rencana penempatan permukiman untuk mengurangi tingkat kepadatan hunian di daerah rawan gempa bumi. d.yang rawan dilanda berbagai bencana alam. a . Ikut serta dalam pelatihan program upaya penyelamatan. pelatihan pemadaman kebakaran. Melakukan pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya gempa bumi dan cara-cara penyelamatan diri jika terjadi gempa bumi. f. dan pertolongan utama. Oleh karena itu beberapa upaya yang dapat kita lakukan dalam menghindari dan menghadapi bencana gempa bumi adalah meliputi hal-hal berikut ini. Pembentukan kelompok aksi penyelamatan bencana yang dibekali pelatihan pertolongan pertama. Hal di Indonesia. Bagi penduduk yang tinggal di daerah pantai. saat terjadi gempa harus menyelamatkan diri dengan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari tsunami. . g. kewaspadaan masyarakat terhadap gempa bumi. c . Membuat bangunan dengan konstruksi tahan getaran (antigempa) khususnya di daerah rawan gempa. 1 . Menghadapi Peristiwa Gempa Bumi Gempa bumi merupakan peristiwa alam secara yang pasti kapan oleh terjadinya tidak dapat diperkirakan manusia.

Gelombang air laut datang secara mendadak dan berulang dengan energi yang sangat kuat. a . sehingga menyelamatkan diri. b .h. i. Terdapat selang waktu antara waktu terjadinya gempa bumi sebagai sumber tsunami dan waktu tiba tsunami di pantai mengingat kecepatan gelombang gempa jauh lebih besar dibanding kecepatan tsunami. . Namun demikian kita bisa menerima peringatan akan terjadinya tsunami kita dengan masih memerhatikan ada waktu gejalauntuk gejalanya. Gejala-gejala dan peringatan dini akan terjadinya tsunami dapat terlihat dari tanda-tanda berikut ini. d . Selalu menyimak atau mendengarkan informasi dari pihakpihak yang berwenang untuk menghindari kepanikan. Di Indonesia pada umumnya tsunami terjadi dalam waktu kurang dari 40 menit setelah terjadinya gempa bumi besar di dasar laut. Menghadapi Peristiwa Tsunami Peristiwa tsunami tidak bisa diramalkan dengan tepat kapan terjadinya. 2 . Bagi penduduk yang tinggal di daerah gunung harus segera menyelamatkan diri menjauh untuk menghindari terjadinya longsoran. c . Pada umumnya di Indonesia didahului dengan gempa bumi besar di dasar laut dan terjadi susut laut.

Melaporkan secepatnya jika mengetahui tanda-tanda akan terjadinya tsunami pada petugas yang berwenang. .Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan sebagai dan upaya pengurangan bencana strategi penyelamatan tsunami meliputi hal-hal berikut ini. i. Memberikan pendidikan dan pengetahuan masyarakat lokal khususnya yang tinggal di pinggir pantai tentang pengenalan tanda-tanda tsunami dan cara-cara penyelamatan diri terhadap bahaya tsunami. h. f. Pembangunan tembok penahan tsunami pada garis pantai bertujuan untuk meredam gejala tsunami. d . Pembangunan Tsunami Early Warning System (Sistem Peringatan Dini Tsunami). c . Peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap bahaya tsunami. PENANAMAN MANGROVE b . Melengkapi diri dengan alat komunikasi. Pendidikan kepada masyarakat terutama yang tinggal di daerah pantai tentang bahaya tsunami. e. Pembangunan tempat-tempat pengungsian yang aman di sekitar daerah permukiman yang cukup tinggi. a . Penanaman mangrove atau hutan bakau serta tanaman lainnya di sepanjang garis pantai merupakan salah satu upaya untuk meredam gelombang bertujuan untuk meredam gelombang tsunami. g .

Dengan demikian kemungkinan terjadi bencana gunung meletus sangat besar. b. Mengenali daerah setempat dalam menentukan tempat yang aman untuk mengungsi dan mempersiapkan berbagai kebutuhan dasar. Menjauhi wilayah yang terkena hujan abu dan awan panas. dan daerah aliran lahar. f. Menghadapi Peristiwa Gunung Meletus Negara kita memiliki banyak sekali gunung api aktif. c. Menggunakan pakaian yang bisa melindungi tubuh dan jangan memakai lensa kontak. Berikut ini beberapa upaya yang dapat dilakukan menghadapi bencana gunung meletus. lembah. g. Melakukan penyelidikan dan pemantauan terhadap aktivitas gunung api sehingga bahaya letusan gunung api dapat diantisipasi lebih awal. Menghindari daerah rawan bencana seperti lereng gunung. d. a .3 .kan aliran lahar panas agar tidak membahayakan daerah permukiman. Membuat bunker-bunker perlindungan dan membuat saluran untuk mengarah. dalam . e . Akan tetapi apa pun jenis produk tersebut kegiatan letusan gunung api tetap membawa bencana bagi kehidupan. Setiap gunung api memiliki ciri-ciri tersendiri jika ditinjau dari jenis letusan dan muntahan yang dihasilkan. Memakai masker atau kain untuk menutupi mulut dan hidung.

Pembuatan bangunan umum yang cukup luas yang dapat digunakan sebagai tempat penampungan sementara bagi orang maupun barang saat terjadi serangan angin topan. Menghadapi Peristiwa Banjir Banjir merupakan peristiwa alam yang dapat dipastikan setiap musim penghujan tiba. 5. . b. yang angin perubahan sistem cuaca sangat kompleks sehingga sulit dibuat perkiraan secara cepat dan akurat. Membuat struktur bangunan yang memenuhi syarat teknis untuk mampu bertahan terhadap gaya angin. Adapun upaya dapat kita lakukan dalam menghadapi bencana topan meliputi hal-hal berikut ini. Pengamanan barang-barang di sekitar rumah agar tidak diterbangkan angin.kapalnya. c. Banjir dapat terjadi secara alami karena faktor alam maupun karena ulah manusia. Perlunya penerapan aturan standar bangunan yang memperhitungkan beban angin khususnya di daerah yang rawan bencana angin topan. Monitoring angin dengan topan dini. a .4 . d. supaya menambatkan atau mengikat kuat kapal. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghadapi banjir. tetapi sebagian besar angin topan dan badai dapat terbentuk melalui proses selama beberapa jam atau hari yang dapat dipantau melalui satelit untuk cuaca. Untuk para nelayan. Menghadapi Peristiwa Angin Topan Angin topan dapat terjadi secara mendadak. e. satelit dapat cukup untuk waktu mengetahui arah sehingga memberi peringatan Meskipun demikian.

Berikut ini beberapa upaya mencegah dan menghadapi kebakaran hutan. Menghadapi Peristiwa Kebakaran Hutan Kebakaran hutan sering terjadi di musim kemarau. Tidak membangun rumah dan permukiman di bantaran sungai.a. senter. guna memudahkan mencari informasi. h. k. Mengungsi ke daerah aman sedini mungkin saat genangan air masih memungkinkan untuk diseberangi. i. antiinfluenza. e. Menyiapkan peralatan keselamatan seperti perahu karet. . Pembangunan sistem pemantauan dan peringatan dini pada bagian sungai yang sering menimbulkan banjir. f. d. Matikan aliran listrik di dalam rumah atau hubungi PLN untuk mematikan aliran listrik di wilayah bencana. dan sebagainya. g. j. c. Mengadakan program penghijauan di daerah hulu sungai. Tidak membuang sampah ke sungai dan mengadakan program Prokasih (Program Kali Bersih). meminta bantuan atau melakukan konfirmasi. jas hujan. akibat dari kelalaian dan kecerobohan manusia. 6. Mengamankan dokumen-dokumen yang penting di tempat yang aman. dan sebagainya. Pastikan pula peralatan komunikasi telah siap pakai. Penataan daerah aliran sungai secara terpadu dan sesuai fungsi lahan. b. Menyiapkan bahan makanan siap saji dan obat-obatan darurat seperti obat antidiare.

a . e. a. f. Pilihlah jawaban yang paling tepat! 1. kecuali … . d. gunakan peralatan yang dapat mematikan api secara cepat dan tepat. b. segera laporkan ke posko kebakaran terdekat. Apabila pembakaran terpaksa harus dilakukan. tanah longsor c . jika dilihat dari faktor penyebabnya termasuk gempa … . c . diusahakan bergiliran (tidak pada waktu bersamaan) dan harus dipantau. Matikan api setelah kegiatan berkemah selesai. vulkanik d . Manfaat yang diperoleh masyarakat di sekitar gunung meletus adalah … . Uji Kemampuan I. gempa bumi 2. Bila terjadi kebakaran. Bila melihat kebakaran hutan dan lahan segera laporkan pada ketua RT atau pemuka masyarakat setempat supaya mengusahakan pemadaman api. tektonik 3. Hindari sejauh mungkin praktik penyiapan lahan pertanian dengan pembakaran. Berikut ini merupakan peristiwa atau gejala alam yang berdampak negatif bagi kehidupan. runtuhan b. banjir b. Gempa yang terjadi di Aceh dan Yogyakarta. Apabila api terus menjalar. terban c . cuaca cerah d . a. Tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Merapi b . sebagian besar wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan c . secara geografis. a . secara geografis. a . Kelud d . hewan peliharaannya dapat berkembang c. tsunami c . tengah laut d . semua wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan b . Krakatau c . tanahnya menjadi subur d. sebagian besar wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan . daerahnya menjadi terkenal b. Gunung api yang meletus pada tahun 1883 dan merupakan letusan gunung api terbesar di Indonesia sepanjang sejarah adalah Gunung … . a . dijadikan objek wisata 4.a. Gelombang tsunami terjadi ketika terjadi gempa di …. Rinjani 5. gunung meletus 7. banjir d . Pernyataan berikut ini yang benar adalah … a . Di bawah ini yang termasuk peristiwa atau gejala alam yang dapat terjadi karena faktor alam dan juga faktor manusia adalah … . gempa bumi b . dasar laut b . secara geologis. permukaan laut c . secara geologis. sepanjang pantai 6. semua wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan d .

a . kemarau 9. Angin muson Tenggara yang bertiup dari Benua Australia menuju Benua Asia menyebabkan Indonesia mengalami musim … . semi c . Indonesia merupakan negara kepulauan c . kecuali … a .8. gelombang tsunami b . banjir bandang c. gugur b . Berikut ini adalah peristiwa alam yang muncul karena pengaruh alam itu sendiri. a . letusan gunung api . hujan d . angin topan d. Indonesia dilalui oleh pegunungan muda Sirkum Mediterania b . Indonesia wilayahnya labil 10. Salah satu faktor yang menyebabkan Indonesia mempunyai banyak gunung api aktif adalah karena … . Indonesia dilalui oleh pegunungan tua d .

. 4. Limbah sisa industri yang dibuang ke sungai atau ke laut akan menimbulkan……………………………………………………………………………… ……………… 6.. Penggundulan hutan mengakibatkan hilangnya daerah resapan air.II. 7. 2. Negara tetangga di kawasan Asia Tenggara yang sering diterjang badai siklon adalah …………………………………………………………………………………. Abu vulkanik yang dikeluarkan oleh letusan gunung api dalam jangka waktu lama dapat memberi manfaat bagi kehidupan yaitu…………………… . yaitu ……… 3. Kebakaran hutan sering terjadi di wilayah ……………………………………………. Program kali bersih (Prokasih) merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya bencana…………………………………………………………………. Jenis bantuan yang dapat kita berikan kepada korban bencana alam berupa…………………………………………………………………………………………. Peladangan berpindah dapat menimbulkan bahaya ………………………………… 8. 5. 10. Pada saat pergantian musim. kita harus mewaspadai bencana alam yang disebabkan adanya perbedaan tekanan yang sangat mencolok. sehingga pada musim kemarau dapat menimbulkan bencana………………………. Pada bulan Oktober sampai Maret di Indonesia mengalami musim…………. Isilah dengan jawaban yang tepat! 1. 9.

Jelaskan terjadinya gejala alam musim kemarau di Indonesia! 4.III. Mengapa daerah di sekitar gunung berapi tanahnya subur? 5. Mengapa di Indonesia rawan terjadi bencana gempa bumi? 2. Sebutkan 4 contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan banjir! 3. Kerjakan soal-soal berikut! 1. Mengapa gejala alam di Indonesia dikatakan hampir sama dengan gejala alam di negara-negara Asia Tenggara? .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful