P. 1
Artikel Tentang Keteladan Rasulullah Saw Periode Mekah

Artikel Tentang Keteladan Rasulullah Saw Periode Mekah

|Views: 2,967|Likes:

More info:

Published by: Rilla Syahputri SR Sloow on Feb 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

ARTIKEL TENTANG KETELADAN RASULULLAH SAW PERIODE MEKAH

D I S U S U N

OLEH NAMA : RILLA SYAHPUTRI KELAS : X.7 NISN : 9961937352

SMA NEGERI 19 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

KETELADANAN RASULULLAH SAW PERIODE MEKAH

A. SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MEKKAH
1. SEJARAH RINGKAS KOTA MEKAH
Mekah pada zaman kuno terletak di garis lalu lintas perdagaangan antara yaman ( arabia selatan ) dan syam dekat lautan tengah. Kedua negara ini zaman dahulu telah mencapai peradaban yang tinggi dan dihubungkan oleh beberapa negeri-negeri kecil antara lain mekah. Dipandang dari segi geografis, kota mekkah hampir terletak ditengah-tengah jazirah arab. Oleh karena itu kabilah-kabilah arab dari segalah penjuru tidaklah terlalu sulit mencapai mekkah, seperti halnya juga pendudukkota mekkah, tidaklah amat sukar bagi mereka berpergian ke negeri-negeri tentangganya seperti ke syam, hirah dan yaman. Tidaklah mengherankan, bilamana semangat dagang berkembang dikalangan penduduk mekkah. Dalam kota mekkah itu terdapat rumah suci yang disebut e BAITULLAH atau KAd BAH e . Bangsa arab pada umumnya amat memuliakan tempat suci ini. Pembinaan Baitullah ini menurut sejarah islam dilakukan oleh Nabi Ibrahim a.s. bersama puteranya Ismail a.s. kemudian kawin dengan penduduk mekkah dari suku jurhum yang berasal dari Yaman dan terus menetap dikota ini terun temurun. Keturunan Nabi Ismail a.s. ini disebut Banu Ismail atau Adnaniyyun. Pada waktu bendungan besar di mad rib di arabia selatan pecah dan menimbulkan malapetaka yang besar pada penduduknya, maka kabilahkabilah arab selatan ini berbondong-bondong meninggalkan daerahnyKa menuju ke arah utara. Diantara mereka satu rombongan yang dipimpin oleh Harits bin c amir yang bergelar Khuzad ah berpindah menuju Mekkah; mereka berhasil mengalahkan penduduk mekah ( suku jurhum ) dan seterusnya menjadi penguasa atas negeri ini turun temurun.

bulan dan jin yang diperbuat oleh sebagian masyarakat diluar kota mekah. Kejahiliahan mereka dalam bidang hukum antara lain anggapan mereka bahwa judi. ayahnya. yang telah diajarkan oleh para rasul terdahulu. seperti Nabi Ibrahim A. dan hukum. Dalam masyarakat arab jahiliah perempuan tidak berhak atas harta peninggalan suaminya. suka menghormati tamu. mencuri. ada sebagian masyarakat arab jahiliah . Juga dalam bidang perdagangan. Namun perlu diketahui bahwa tidaj semua perilaku masyarakat arab jahiliah itu buruk. umunya masyarakat arab waktu itu sudah menyimpang jauh dari ajaran Tauhid. Uzza. bermabuk-mabukan. terdapat dalam bidang agama. Berhala-berhala yang mereka puja itu mereka letakkan didekat KAd BAH ( BAITULLAH ) yang jumlahnya mencapai 300 lebih. yakni berjudi dan meminum minuman keras. masyarakat arab jahiliah telah menempuh cara-cara yang sesat. Lata. berzina. Kebodohan masyarakat arab waktu itu. Diantara berhala-berhala yang termansyur bernama: Mad abi. Khuzad ah. dan membunuh. bukan merupakan perbuatan yang salah. Mereka umunya beragama watsani atau agama penyembah berhala. Dalam bidang moral.2. moral.S. Hubal. Bahkan seorang wanita ( istri ) boleh diwarisi oleh anak tirinya atau anggota keluarga lain dari dari suaminya yang telah mati. MASYARAKAT ARAB JAHILIAH PERIODE MEKAH Objek dakwah Rasulullah SAW pada awal kenabian adalah masyarakat Arab Jahiliah. Dalam bidang agama. merampok. tetapi ada pula yang baiknya. c) Memilih kebiasaan buruk. dan Manat Selain itu ada pula sebagian masyarakat arab jahiliah yang menyembah malaikat dan bintang yang dilakukan kaum Sabid in serta menyembah matahari. maka kabilah yang kalah perang akan dijadikan budak oleh kabilah yang menang perang. seperti: memiliki keberanian dan kepahlawana. murah hati dan mempunyai harga diri. b) Menempatkan perempuan pada kedudukan rendah. atau anggota keluarga lainnya. atau masyarakat yang masih berada dalam kebodohan. seperti : a) Bila terjadi peperangan anatarkabilah.

Pada waktu itu Abrahah berkendaraan gajah.yang sudah memilki kemajuan. bertemu. Ibunya bernama Aminah binti Wahab bin Abdulmanaf bin Zuhrah bin Kitab bin Murrah. Oleh karena pasukan itu mempergujahkan gajah. karena pada tahun itu. gubernur dari kerajaan Nasrani Abessinia yang memerintah di Yaman. seorang bayi yang kelak membawah berubahan besar bagi sejarah peradaban duniz. Baik keluarga dari pihak bapak maupun dari ibu keduanya termasuk golongan bangsawan dan terhormat dalam kalangan kabilah-kabilah Arab. lahirlah ke dunia dari keluarga yang sederhana di kota mekah. dengan mengirimkan BURUNG ABABIL. 3. KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW Di kala umat manusia dalam keadaan kegelapan dan kehilangan pegangan hidunya. Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdulmanaf bin Qusahi bin Kilab bin Murrah dari golongan Arab Banu Ismail. berdagang pada musim panas kenegeri syam ( sekarang Suriah. . Misalnya. sedang tahun terjadinya peristiwa itu disebut tahun gajah. Kehadiran bayi itu disambut oleh neneknya Abdul Muthalib yang penuh kasih sayang dan kemudian bayi itu dibawanya ke kaki KAd BAH. para pedagang dari kabilah quraisy. Penurut penanggalan para ahli kelahiran Muhammad itu pada tanggal 12 Rabiulawal tahun Gajah atau tanggal 20 april 571 M. dan Yordania ) dan pada musim dingin ke yaman Q. Apapun sebab dinamakan tahun kelahiran Nabi itu dengan tahun Gajah. maka orang arab menamakan bala tentara itu pasukan gajah. mereka sudah dihancurkan ALLAH SWT. Mereka memperdagangkan bulu domba. kulit binatang. dan tali. Belum lagi maksud mereka tercapai.s Quraisy: 106 1-4. Bayi itu yatim bapaknya. Nabi Muhammad SAW adalah keturunan dari Qushai pahlawan suku Quraisy yang telah berhasil menggulingkan kekuasaan KHUZAd AH atas kota Mekkah. dan disinilah keturunan ayah dan ibu Nabi Muhammad SAW. Ditempat suci ini lah bayi itu diberi nama muhammad suatu nama yang belum ada sebelumnya. Palestina. unta. bernama Abdullah meniggal± 7 bulan sebelum dia lahir. kota mekah diserang oleh suatu pasukan tentara orang nasrani yang kuat dibwah pimpinan Abrahah. dan mereka bermaksud menghancurkan KAd BAH. Libanon.

Peristiwa itu sering disebut-sebutnya. sehingga ia sudah tinggal . diasuh dan dibesarkan sampai berusia lima tahun. kira-kira sejauh 23 mil disebelah selatan kota Madinah ). sehingga sampai sesudah ia diangkat menjadi Rasul dan sesduah ia berhijra ke Madinah. menyusuhkan dan menitipkan bayi-bayi mereka kepada wanita badiyah ( dusun di padang pasir ) agar bayi-bayi iut dapat menghirup hawa yang bersi. Mereka tinggal disitukira-kira satu bulan. terhindar dari penyakitpenyakit kota dan supaya bayi itu dapat berbicara dengan bahasa yang murni dan fasih. terutama pada orang-orang yang tergolong bangsawan. Baru beberapa hari saja ia mendengar cerita ibunya tentang kematian ayahnya yang telah meninggalkannya selagi Nabi Muhammad SAW dalam kandungan.Sudah menjadi kebiasaan pada orang-orang Arab kota Mekka. Nabi Muhammad SAW. KEMATIAN IBU DAN NENEK Sesudah berusia lima tahun. pertama untuk memperkenalkan ia kepada keluarga neneknya Bani Najjar dan kedua untuk menziarahi makan ayahnya. Maka disitu diperliatkan kepadanya rumah tempat ayahnya dirawat diwaktu sakit sampai meninggal. Demikina halnya Nabi Muhammad SAW. Dalam perjalanan mereka pulang pada suatu tempat. Diperkampungan Bani Sad ad inilah Nabi Muhammad SAW. Maksud membawah Nabi Muhammad SAW ke Madinah. tempatnya tidak jauh dari kota Mekkah. Diantarkannya ke Mekkah kembali kepada ibunya. ( Abwad ialah nama sebuah desa yang terletak anatara Madinah dan juhfah. kemudian pulang kembali ek mekkah. beliau dibawa oleh ibunya ke Madinah. bersama-sama dengan Ummu Aiman. sekarang ibunya meninggal pula dihadapan matanya sendiri. Abwad namanya tiba-tiba Aminah jatuh sakit sehingga meninggal dan dimakamkan disitu juga. menghadapi bencana kemalangan atas kematian ibunya itu. Dapatlah dibayangkan betapa sedih dan bigungnya Nabi Muhammad SAW. Agaknya mengharukan juga cerita Aminah kepada anaknya tentang Ayahnya itu. 4. demikian terharunya. sahaya peninggalan Ayahnya. Siti Aminah. yaitu sesudah ia berusia kira-kira enam tahun. beliau diserahkan ibunya kepada seorang perempuan yang baik yang bernama Halimah Sad diyah dari Bani Sad ad kabilah Hawazin. dan pusaran tempat ayahnya dimakamkan. Setahun kemudian.

Nabi Muhammad SAW segera meninggalakan kampung Abwad itu kembali ke Mekkah dan tinggal bersama-sama dengan neneknya Abdul Muthalib. sebab baru saja berselang dua tahun ia merasakn terhibur dibawah asuhan neneknya. Nabi Muhammad SAW ketika itu baru berusia delapan tahun. menjadi seorang anak yatim piatu. dan penduduk kota Mekkah pada khususnya. berani dan perwira yang tidak mudah mencari gantinya.sebatang kara. Dengan meninggalnya Abdul Muthalib itu penduduk Mekah kehilangan seorang pembesar dan pemimpin yang cerdas dan bijaksana. Tetapi. Setelah selesai pemakaman ibundanya. keadaan ini tidak lama berjalan. Kesungguhan dia mengasuh Nabi Muhammad SAW serta kasih sayang yang dicurahkan kepada keponakannya ini tidaklah kurang dari apa yang diberikannya kepada anaknya sendiri. Sesuai dengan wasiat Abdul Muthalib. Dia adalah seorang pemuka Quraisy yang dissegani dan dihormati oleh segenap pemuka Quriasy pada umunya. Nabi Muhammad SAW dapat hiburan dan dapat melupakan kemalangan nasibnya karena kematian ibunya. orang tua yang abik itu meninggal pula. Demikian penghormatan bagi kedudukannya yang tinggi dan mulia. tetapi juga merupakan kemalangan dan kerugian penduduk kota Mekah. tiada berayah dan tiada beribu. 5. Disinilah Nabi Muhammad SAW diasuh sendiri oleh neneknya Abdul Muthalib dengan penuh kasih sayang. Usia Abdul Muthalib pada waktu itu mendekati usia 80 tahun. sampai-sampai anak-anaknya sendiri tidak ada yang ebrani mendahului menduduki tikar yang disediahkan khusus baginya disisi Kad bah. Selam dalam asuhan neneknya dan pamanya. Disebabkan kasih sayang neneknya. AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW DARI MASA KANAK-KANAK HINGGA DEWASA . maka Nabi Muhammad SAW diasuh oleh pamannya Abu Thalib. Abdul Muthalib. Nabi Muhammad SAW menunjukkan sikap yang terpuji dan selalu membantu meringankan kehidupan mereka. bukan saja kemalangan besar bagi Nabi Muhammad SAW. Meninggalnya Abdul Muthalib itu. dalam usia 82 tahun.

kekuatan ingatannya. Pemandangan itu tidak dapat dihilangkan dari pikirannya. Untuk emnutupi keperluan hidupnya sahri-hari. dan mempunyai kepribadian yang tinggi. namun sebelum kenabiannya dia tidaklah sampai kepada hakikat penciptaannya. Sesduah dia menikah dengan Siti Khadijah. kekerasan kemauannya. Sebagi seorang manusia yang bbakal menjadi pembimbing umat manusia. bahwa Nabi Muhammad SAW. ketajaman otaknya. karena orang tuanya tidak meninggalakan harta warisan yang cukup. kehalusan perasaannya. Karena demikian jujurnya dalam perkataan dan perbuatan. kecepatan tanggapannya. Untuk bertahannuts ini dipilhnya tempat disebuah gua kecil yang bernama e HIRA e yang terdapat pada sebuah bukit yang bernama e JABAL NUR e ( Bukit Cahaya ) yang terletak kira-kira dua atau tiga mil sebelah utara kota Mekkah. kesedihan masyarakat dan keruntuhan agama bangsanya. Dia mengetahui babak-babak sejarah negerinya. dan tidak pernah pula makan daging hewan yang disembelih untuk korbabn berhala-berhala seperti lazimnya oprang Arab Jahiliah pada waktu itu. Ia sangat benci kepada berhala itu dan menjauhkan diri dari keramaian dan upacara-upacara pemujaan kepada berhala itu. Ahli sejarah menuturkan. dia berusaha sendiri mencari nafkah. mendapat pengolahan ayng sempurnah dalam jiwanya. berbudi luhur. Nabi Muhammad SAW memiliki bakat-bakat dan kemampuan jiwa besar kecerdasan pikirannya. berlainan sekali dengan tingkah laku dan perbuatan pemudapemuda dan penduduk kota Mekkah pada umumnya yang gemar berfoyafoya dan bermabuk-mabukan. maka beliau diberikan julukan e AL-AMIN e artinya orang yang dapat dipercai. Dia mulai e menyiapkan dirinya e ( bertahannuts ) untuk mendapatkan pemusatan jiwa yang lebih sempuranh. Segala pengalaman hidupnya. dia berdagang bersama dengan istrinya dan kadang-kadang berserikat pula dengan orang lain. Sejak kecil hingga dewasa tidak pernah menyembah berhala. beliau terkenal sebagai seorang yang jujur.Dalam perjalanan hidupnya sejak masih kanak-kanak hingga dewasa dan sampai diangkat menjadi Rasul. sebagiman . Walaupun Nabi Muhammad SAWdenganday pikirnya yang jernih itu berusaha merenungkan tentang penciptaan alam raya ini. Tak ada sesuatu perbuatan dan tingkah lakunya yang tercela yang dapat dituduhkan kepadanya.

Pada malam 17 ramadhan. dan akhirnya Nabi Muhammad Saw berkata e apa yang ku ba a e . e Dan surat ( 93 ) ADH DHUHA ayat 7 yang artinya : e dan dia dapati kamu dalam kebingungan. dan tuhanmu teramat mulia. kamu belum pernah mengetahui apakah kitab. Pada bulan Ramadhan dibwahnya perbekalan yang lebih banyak dari biasanya. Nabi Muhammad SAW lebih banyak mengerjakan tahannuts dari pada waktu-waktu sebelumnya. Dalam melakukan tahannuts kadang-kadang belia bermimpi. PENGANGKATAN NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI RASUL Ketika menginjak usia 40 tahun. Dengan terpeanjat Nabi Muhammad SAW menjawab : e aku tidak dapat memba a e .f Setibahnya dirumah. Ba alah. Waraqah adalah seorang pemikir yang berusiah                               . datanglah Malaikat Jibril membawa tulisan dan menyuruh Nabi Muhammad SAW memba anya. dan apakah ima. di waktu itu Nabi Muhammad SAWsedang bertahannuts di GUA HIRA. tetapi ia ingin mengetahui bagaimana pendapat Waraqah bin Naufal. Beliau direngku beberapa kali oleh malaikat jibril sehingga nafasnya sesak. 6. mimpi yang benar. Yang mengajarkan dengan pena ( tulis ba a ). lalu dilepaskan olehnya serayah disuruhnya memba a sekali lagi : e ba alah e . Khadijah peristiwa yang dialaminya. 13 tahun sebelum hijrah ( 610 M ). saudara sepupunya terhadap peristiwa yang dialami oleh suaminya itu. Yang menjadikan manusia dari segumpal darah. katanya : e ba alah e . karena akan bertahannuts lebih lama dari pda waktu sebelumnya.. kata jibril : yakni Surat Al Alaq 96 Ayat 1-5 yang artinya e ba alah dengan nama tuhanmu yang menjadikan. Begitulah keadaan berulang sampai ketiga kalinya. Tetapi Nabi Muhammad SAW tetap menjawab e aku tidak dapat memba a e . Nabi Muhammad SAW men eritakan kepada istrinya. ( Arrud yaa ashshaadiqah ). Mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. Sebenrnya khadijah mempe ayai seglah apa yang di eritakan oleh suaminya.diisyaratkan oleh ALLAH SWT dalam surah AL-QURd AN surat ASSYUURAA ayat 52 yang artinya : e dan begitulah telah kami wahyukan kepadamu suatu ruh ( al-qurd an ) dari perintah kamu. lalu dia beri hidayah ( kenabian ) e .

yang tidak dimusuhi.R.f AHMAD. Setelah Waraqah bin Naufal mengetahui semua peristiwa yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. tentu aku akan menolongmu dengan sekuat tenangaku. karena Atieq meninggal dunia. PERANAN KHADIJAH DISAAT NABI MUHAMMAD SAW MENERIMAH WAHYU Siti khadijah adalah masih satu keturunan dengan Nabi Muhammad SAW. AL-BUKHARI DAN MUSLIM ) ( H. beragama nasrani. Jika sekiranya aku masih hidup pada masa itu. Jika diuraikan silsilah keturunan Nabi Muhammad SAW dan Siti Khadijah adalah sebagai berikut :  Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdul Manaf  Siti Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abdul Jadi diantara isteri-isteri Nabi Muhammad SAW Siti Khadijah inilah yang paling dekat dengan nasabnya dengan beliau. Perkawinan dengan suaminya yang kedua inipun tidak lama ¡ bin Qushai. Perkawinan Siti khadijah dengan suaminya yang pertama ini tidak lama berlangsung. hanya menurunkan seorang puteri bernama Hindu.Makhzumy seorang laki-laki masih tergolong keluarga bangsawan Quraisy. Alangkah baiknya kalau aku masih muda dan masih hidup sewaktu kamu diusir oleh kaummu. yang pertama dengan Atieq bin Aabed Al. Perkawinan Siti Khadijah dengan Nabbasy ini menurunkan seorang putra bernama Halal dan seorang puteri juga bernama Hindun. e ya.lanjut. ¡ ¡ ¡ . tidak seorang pun datang dengan membawa seperti apa yang kamu bawa ( ajaran islam ). Ia telah dua kali menikah. yang telah menyalin kitab injil dari bahasa ibrani ke dalam bahasa arab. 7. kemudian Siti Khadijah kawin lagi dengan Nabbasy bin Zurarah Attad my juga seorang laki-laki masih keturunan keluarga bangsawan Quraisy. Uzza bin Qushai. Siti kahdijah adalah seorang janda keturunan bangsawan Quraisy.f Nabi Muhammad SAW berkata e apakah kaumku akan mengusirku? f jawab Waraqah. yaitu bertemu di Qushai.s. ia berkata e itu adalah Numus ( Jibril ) yang pernah datang kepada Nabi Isa a.

hingga dan kemudian menjadi suaminya. c) Ketika Nabi Muhammad SAW dalam keraguan dan kebimbangan dalam mengahadapi kejadian-kejadian yang dilihatnya dalam tidurnya ( mimpi yang benar ). sehingga oleh penduduk Mekah ia diberi gelar e AT THAHIRAH e . agar terus mencari hakikat yang benar dan mutlak itu. Dan ketika suaminya bertafakur atau bertahannuts di gua hirad disediakannya perbekalan untuk tinggal beberapa hari dalam melakukan tahannuts mencari hakikat yang benar itu. di urus oleh Siti Khadijah sendiri. Sehingga kedua kalinya Siti Khadijah menjadi janda. Dalam kehidupannya sehari-hari senantiasa memelihara kesucian dan martabat dirinya. bahwa dengan akhlaknya yang mulia . Demikian pula ia sangat benci kepada kegemaran kaumnya berjudi dan meminum khamar serta melakukan perbuatanperbuatan diluar peri kemanusiaan seperti membunuh bayi perempuan mereka hidup-hidup. kuat himmah dan tinggi cita-citanya. yang tidak puas bahkah sangat tidak suka kepada adat-istiadat kaumnya menyembah dan mendewakan patung dan berhala. Untuk membantu melancarkan perdagangannya. isteri Nabi Muhammad SAW yang patuh dan setia ini. ia jauhi adat istiadat yang tidak senonoh wanita-wanita Arab Jahiliyah pada waktu itu. lapang dada.. pribadi serta akhlak suaminya ( Muhammad SAW ) sejak dari kecil. Disamping itu ia adalah seorang wanita yang pandai berdagang.berlangsung. Siti khadijah mempunyai pribadi luhur dan akhlak yang mulia. dengan tidak dibebani persoalan-persoalan rumah tangga. b) Siti Kahdijah memberi suaminya kesempatan dan keleluasaan yang sebesar-besarnya untuk memasuki kehidupan berpikir dan alam nafsani. Ia suka menolong orang-orang yang hidup dalam kekurangan dan sangat penyantun kepada orang-orang yang lemah. karena Nabbasy meninggal dunia pula. disaat-saat Nabi menerima wahyu dan keangkatan sebagai Rasulullah ( utusan allah ) secara ringkas dapat disimpulakan sebagai berikut : a) Siti Khadijah kenal benar akan jiwa. untuk mencari hakikat yang benar dan mutlak. Siti Khadijah sebagai istri yang setia menyakinkan suaminya. karena malu dan takut miskin. Adapun peranan Siti Khadijah. ia mempunyai pikiran yang tajam. Suaminya diberi dorongan semangat.

AJARAN ISLAM PERIODE MEKKAH Ajaran islam periode mekkah. Dan oleh Waraqah bin Naufal ditegaskan berdasarkan pengetahuannya tentang kitab injil yang dipelajarinya. mustahil ia akan diganggu atau digoda oleh jin dan setan. e) Ketika suaminya menerima wahyu yang kedua berisi perintah menyuruh untuk memulai bekerja dan berjuang menyiarkan agama ALLAH SWT dan mengajak kaumnya kepada agama tauhid.S AL IKHLAS 112 : 1-4 ) b. ALLAH SWT tempat bergantung segala apa saja dari makhluk-Nya.. tidakberanak dan tidak pula diperanakkan. Peranan Siti Khadijah sebagai isteri dan wanita pilihan yang memang telah ditetapkan oleh ALLAH SWT dalam qadar-nya. Kemudian setlah hilang keraguan dan kecemasan suaminya. dan kemudian ia menyatakan ke-islamanya tanpa ragu-ragu dan bimbang sedikit pun juga. d) Ketika Nabi Muahmmad SAW dalam kegelisaan dan kebigungan setelah menerima wahyu yang pertama. bahwa Nabi Muhammad SAW akan menjadi Nabi. bahwa suaminya akan menjadi Nabi. adalah sangat besar sekali dalam usaha suaminya untuk menyeru dan mengajak kaumnya kepada agama tauhid. Siti Khadijah menghibur dan menyakinkan hati suaminya. serta tidak ada selain ALLAH SWT. dan meninggalkan agama berhala dan adat istiadat jahiliyah. dan akan mengangkat derajat kaumnya dari lembah kehinaan dan kesesatan ke derajat kemuliaan dan kebahagian abadi. 8. HARI KIAMAT SEBAGAI HARI PEMBALASAN . Siti Khadijah adalah seorang wanita yang pertama percaya bahwa adalah RASULULLAH SAW ( utusan ALLAH SWT ). pergilah ia ke Waraqah bin Naufal menceritakan prihal yang dialami oleh suaminya.dan tiddak pernah berdusta atau menyakiti hati orang lain. yang harus didakwahkan Rasulullah SAW di awal kenabiannya adalah sebagai berikut : a. yang menyamai-Nya ( Q. KEESAAN ALLAH SWT Islam mengajarkan bahwa pencipta dan pemeliharaan alam semesta adalah ALLAH SWT.

Rasulullah SAW bersabda : e tidak dianggap beriman seorang muslim diantara kamu. AHMAD. 107 . MUSLIM. seperti mencintai dirinya. Tetapi manusia yang ketika di dunianya durhaka kepada ALLAH SWT dan banyak berbuat jahat. dan alangkah ruginya orang yang mengotori jiwanya ( Q.S AL-QARd IAH. Di alam kubur akan memperoleh berbagai kenikmatan dan dialam akhirat akan ditempatkan di surga yang penuh dengan hal-hal yang memuaskan. dibawah naungan rida ilahi. dan dianggap mengotori jiwanya apabila durhaka pada ALLAH SWT dan banyak berbuat dosa.R BUKHARI. membiarkan saudaranya yang teranianya tanpa diberi pertolongan. Seseorang dianggap suci jiwanya apabila selama hayat di kandungan badan senantiasa beriman dan bertakwa atau meninggalkan segala perbuatan dosa. tentu akan memperoleh balasan yang menyenangkan. DAN NASAd I ) . Sedangkan umat islam yang mampu disuruh untuk memberikan pertolongan kepada saudaranya yang dud afa. yakni kehidupan di alam kubur dan alam akhirat. 91 : 9-10 ) d. ( Q. tetapi merupakan awal dari kehidupan yang panjang. Sungguh beruntung orang yang senantiasa memelihara kesucian jiwanya. e ( H. 101 . bukanlah akhir kehidupan. Manusia yang ketika di dunianya taat beribah. dan senantiasa berbudi pekerti yang terpuji. bahkan persaudaraan landasan bagi terwujudnya persaudaraan. giat beramal saleh. ( Q. tentu setelah matinya akan mendapatkan siksa kubur dan dicampurkan ke dalam neraka yang penuh dengan berbagai macam siksaan.S ASY-SYAMS. 1-7 ) Islam mengajarkan bahwa sesama orang beriman adalah bersaudara.S AL-MAd UN. PERSAUDARAAN DAN PERSATUAN Persaudaraan mempunyai hubungan yang erat dengan peratuan. sehingga ia mencintai saudaranya. KESUCIAN JIWA Islam menyerukan umat manusia agar senantiasa berusaha menyucikan jiwanya dan melarang keras mengotorinya. Mereka dituntut untuk saling mencintai dan sayang-menyayangi. 1-11 ) c.Islam mengajarkan bahwa mati yang dialami oleh setiap manusia. yakni para fakir miskin dan ank-anak yatim terlantar.

Pada masa dakwa secara sembunyi-sembunyi ini. dan ummu aiman ( pengasuh Rasulullah Saw sewaktu kecil ) Sesuai dengan ajaran islam. DAKWA SECARA SEMBUNYI-SEMBUNYI SELAMA 3-4 TAHUN Cara ini ditempuh Rasulullah SAW karena beliau begitu yakin. wafat tahun 8 H = 625 M ). kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. jangan sekali-kali tolong-menolong dalam dosa serta permusuhan. bahwa berdakwah bukan hanya kewajiban Rasulullah SAW. ilmu . norma. yang dihormati dan disegani banyak orang. karena budi bahasanya yang halus. Strategi dakwah Rasulullah SAW dalam berusaha mencapai tujuan yang luhur tersebut sebagai berikut : 1. Zaid bin Haritsah ( anak angkat Rasulullah SAW. hendaknya saling menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. masih sangat kuat mempertahankan kepercayaan dan tradisi warisan leluhur mereka. maka Abu Bakar As-shiddiq. seorang saudagar kaya. Sedangkan uma islam yang mampu disuruh untuk memberikan pertolongan kepada saudarnya yang dud afa. 107 : 1-7 ) B. Sehingga mereka bersediah berperang dan bersediah rela mati demi mempertahankannya. bahwa masyarakat Arab jahiliah. dan hukum sehingga menjadi umat yang menyakini kebenaran kerasulan Nabi Muhammad SAW dan ajaran islam yang disampaikannya. yakni para fakir miskin dan kepada fakir miskin dan anakanak yatim yang terlantar ( Q. orang-orang yang berda di lingkungan rumah tangganya sendiri dan kerabat serta sahabat dekatnya. Abu Bakar As-shiddiq ( sahabat Rasulullah SAW yang hidup dari tahun 573 M.Selain itu sesama umat isalm.S AL-MAd UN. waktu masuk islam ia baru berusia 10 tahun ). Jangan saling menganiaya dan jangan pula membarkan saudaranya yang teraniaya tanpa diberikan pertolongan. tetapi juga kewajiban para pengikutnya ( umat islam ).634 M ). STRATEGI DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MEKKAH Tujuan dakwa Rasulullah SAW pada periode mekkah adalah agar masyarakat arab meninggalkan kejahiliahannya di bidang agama. Mengenai orang-orang yang telah w yang wafat pada tahun ke 10 kenabian ). Ali bin Abi Thalib ( saudra sepupu Rasulullah SAW yang tinggal serumah denganya. Rasulullah SAW menyeru untuk masuk islam.

Usah dakwah Abu Bakar As-shiddiq berhasil karena ternyata beberapa orang dekatnya menyatakan diri masuk islam. Mereka adalah Ali bin Abu Thalib. Namun ada 3 orang kerabat dari kalangan Bani Hasyim yang sebenarnya sudah masuk islam. dan Zaid bin Haritsah.  Abu Ubaidah bin Jarrah dari Bani Haris  Zubair bin Awam  Sa a bin Abu Waqqa  Thalhah bin Ubaidillah. Rasulullah SAW mengum. Orang-orang yang masuk islam. Tetapi karena cahaya hidayah ALLAH SWT waktu itu belum menyinari hati mereka. mereka adalah :  Abdul Amar dari Bani Zuhrah. kemudian nama itu diganti oleh Rasulullah SAW menjadi Abdurrahman bin auf. tetapi merahasiakan keislamannya.pulkan para penduduk kota mekkah. Tahap-tahp dakwah Rasulullah SAW secara terang-terangan ini antara lain sebagai berikut : a. 2. pada waktu itu dengan tegas menyatakan keislamannya. yang artinya hambah milik ALLAH SWT yang maha pengasih. Mengundang kaum kerabat keturunan dari Bani Hasyim. mereka belum menerima islam sebag agama mereka. Wahyu tersebut berupa ayat al-qurd an surah 26. yang namanya sudah ada diats disebutkan di atas disebut dengan assabiqunal awwalun yang artinya pemeluk islam generasi pertama. pada masa dakwah secar sembunyisembunyi. terutama yang berada dan bertempat tinggal disekitar Kad bah ¢¢ . untuk menghadiri jamuan makan dan mengajak mereka agar masuk islam.pengetahuannya yang luas. 214-216. b. DAKWAH SECARA TERANG-TERANGAN Dakwah secara terang-terangan ini dimulai sejak tahun ke 4 kenabian yakni setelah turunnya wahyu yang berisi perintah ALLAH SWT agar didakwakan dan dilaksanakan secara terang-terangan. dan pandai bergaul telah meneladani Rasulullah SAW yakni berdakwa secara sembunyi-sembunyi. Abdul Amar berarti berarti ahmba milik si yang amar karena islam melarang perbudakan.

tidak lama setelah sebagian kaum muslimin berhijrah ke Habasyah atau Ethiopia pada tahun 615 M . Menanggapi dakwah Rasulullah SAW tersebut diantar yang hadir ada kelompok yang menolak disertai teriakan dan ejakan. seraya ia berkata : e Celakalah engkah Muhammad.pul di Bukit Shaf.untuk berkum. 111: 1-5. menyatakan diri masuk islam di hadapan Rasulullah . seorang penyahir terpandang dari kaum Daus yang bertempat tinggal di wilayah barat kota mekkah. sedangkan Hamza bib Abdul Muthalib masuk islam pada tahun ke 6 dari kenabian. Sejarah mencatat bahwa penduduk diluar kota mekkah yang masuk islam antara lain  Abu Zar Al-Giffar. yang bertempat tinggal di sebelah barat laut mekkah atau tidak jauh dari laut merah. menyatakn diri dihadapan Rasulullah SAW masuk islam. bukan hanya mengejek. untuk inikah engkau mengumpulkan kamu? e Sebagai balasan terahadap kutukan Abu Lahab itu turunlah ayat al-qurd an yang berisi kutukan ALLAH SWT terhadap Abu Lahab. Pada periode dakwah secar terang-terangan ini juga telah menyatakn diri masuk islam dua orang kuat dari kalangan kaum kafir quraisy. ada kelompok yang diam saja lalu pulang. seorang tokoh dari kamu Giffar. yaitu : Hamzah bin Abdul Muthalib ( paman NABI )dan Umar bin Khattab. tetapi berteriak-teriak bahwa Nabi Muhammad SAW orang gila. Bahkan Abu Lahab. yakni surah AL-LAHAB. c.  Tufai bin Amr Ad-Dausi. sengsara di dunia dan di akhirat. jika peringatan yang disampaikannya itu dilaksanakan tentu akan merahi rida ilahi bahagia didunia dan di akhirat. Rasulullah SAW menyampaikan seruan dakwah kepada para penduduk diluar kota mekkah. yang terletak tidak jauh dari Kad bah. Keislamannya itu kemudian diikuti oleh kaumnya. Rasulullah SAW juga menegaskan. Tetapi apabila peringatan itu diabaikan tentu akan mendapat murka ALLAH SWT. Rasulullah SAW memberi peringatan kepada semua yang hadir agar segera meninggalkan penyembahan terhadap berhala-berhala dan hanya menyembah atau menghambakan diri kepada ALLAH SWT. sedangkan Umar bin Khattab ( 581-644 M ).

Peristiwa hijrah Rasulullah SAW ini terjadi pada awal bulan Rabiul Awal tahun pertama hijrah ( 622 M ). telah masuk islam dari suku Aus dan Khazraj sebanyak 6 orang. Setelah datang perintah dari ALLAH SWT. Di antaranya Abu Jabir Abdullah bin Amr. terjadi pada tahun ke 13 kenabian dan menghasilkan baid tul aqabah.a meninggalkan kota mekkah tempat kelahirannya menujuh yatsrib.SAW. sehingga dalam waktu 2 bulan sebanyak 150 orang umat islam penduduk mekkah telah berhijra ke yastrib. Isi baid tul aqabah tersebut merupakan pernyataan umat islam Yatsrib bahwa mereka harus mengorbankan tenaga. Gelombang kedua tahun 621 M. Waktu itu ikut pula berziarah ke mekkah. tidak ikut berhijrah bersama Rasulullah SAW. Berkat cahay hidayah ALLAH SWT. istri. menungguh perintah dari ALLAH SWT untuk berhijra. secara bergelombang telah masuk islam di hadapan Rasulullah Saw.  Dakwah Rasulullah SAW terhadap penduduk Yatsrib ( Madinah ). yang datang ke mekkah untuk berziarah nampak berhasil.a dan Ali bin Abiir Thalib masih tetap tinggal di kota mekkah. Pada gelombang ketiga ini telah datang ke mekkah untuk berziarah dan menemui Rasulullah Saw. Pertemuan umat islam yatsrib dengan Rasulullah SAW pada gelombang ketiga ini. umat islam penduduk Yatsrib yang jumlahnya mencapai 73 orang di antara 2 orang wanita. yang kemudian menyatakan masuk islam di hadapan Rasulullah SAW. kemudian Rasulullah SAW berhijrah bersama Abu Bakar As-Shiddiq r. Para sahabat Nabi Muhammad SAW melaksankan suruhan Rasulullah SAW tersebut. Sedangkan Ali bin Abi Tahilib. para penduduk Yatsrib. Keislamannya itu diikuti oleh bapak. Sedangkan Nabi Muhammad SAW. Gelombang pertama tahun 620 M. mereka memohon kepada Rasulullah SAW dan para pengikutnya agar berhijrah ke Yatsrib. untuk segera berhijrah ke Yatsrib. Abu Bakar As-Shiddiq r. Selain itu. Setelah kejadian peristiwa baid tul aqabah itu. Mereka berhijrah ke yatsrib secara diam-diam dan sedikit demi sedikit. orang-orang yatsrib yang belum masuk islam. keluarga. serta kaumnya. sebanyak 13 orang dan pada gelombang ketiga tahun berikutnya lebih banyak lagi. pimpinan kaum Salamah. kemudian Rasulullah Saw menyuruh para sahabatnya yakni orang-orang islam yang bertempat tinggal di kota mekkah. karena beliau disuruh Rasulullah SAW . harta bahkan jiwa.

maka di alam kuburnya akan disiksa. Sedang manusia yang ketika di dunianya durhaka akan banyak berbuat jahat. telah menjelaskan sebab-sebab kaum kafir Quraisy menentang dakwa rasulullah SAW. Rasulullah SAW mengajarkan tentang adanya persamaan hak dan kedudukan antara semua orang. 3. setelah berdakwah itu dilakukan secara terang_ terangan.yakni : a. Orang miskin yang bertakwa. kemudian Ali bin Abu Thalib menyusul Rasulullah SAW berhijra ke yatsrib.A. sedangkan Islam mengajarkan adanya kehidupan sesudah mati yakni hidup di alam kubur dan alam akhir.S. REAKSI KAUM KAFIR RASULULLAH SAW. Manusia yang ketika di dunianya betakwa. Kaum kafir quraisy menolak ajaran islam karena mereka merasa berat meningalkan agama dan tradisi hidup bermsyarakt warisan leluhur mereka. kaum kafir quraisy menolak dengan keras ajaran islam tersebut. terutama para bangsawan sangat keberatan dengan ajaran persamaan hak ini. Kaum kafir quraisy. d. maka di alam kuburnya akan memperoleh kenikmatan dan di alam akhirnya akan masuk surga. ajaran Mereka Rasululluh ingin SAW mempertahankan perbudakan. yakni semenjak tahun ke-4 kenabian. Setelah perintah Rasulullah SAW itu dilaksanakan. Kaum kafir Quraisy QURAISY TERHADAP DAKWAH melolak dakwa Rasulullah SAW.untuk mengembalikan barang-barang orang lain yang dititipkan kedapanya. dan di alam akhirnya akan masuk neraka. Mereka berkata e cukuplah bagi kami apa yang . shalaby dalam bukunya sejarah kebudayaan islam. Mereka mem pertahankan tradisi hidup berkasta-kasta dalam masyarakat. Muluia tidaknya ketakwaannya kepada Allah SWT. ALHujurat. Prof. b. karena mereka merasa ngeri dengan siksa kubur dan azab neraka. 49: 13).Dr. di hadapan Allah SWT lebih mulia daripada orang kaya yng durhaka (lihat Q. (islam) melarangnya.

e . az_Zanirah disiksa sampai mengalami kebutaan. Umat islam mengganti nama itu menjadi Abu Jahal yang artinya bapak kebohongan. Abu Bakar as-Shiddiq r. Rasulullah SAW bersabda : e wahai pamanku demi ALLAH. 104 ) e. biarpun mereka meletakkan matahari ditangan kananku.S ALMAd IDAH 5. lalu beliau memerdekakan beberapa orang dari mereka termasuk Bilal bin Rabbah. memperjulabelikan berhalaberhala. budak milik Bani Mahzum disiksa oleh tuanya sampai mati. sehingga ia kembali menganut agama keluarganya ( agama Watsani ). dan bulan ditangan kiriku. ( Q. paman dan pelindung Rasulullah SAW. Namun tatkala Abu Thalib menyampaikan keinginan kaum kafit quraisy tersebut. Amr dan azZanirah. atau aku binasa karenanya. bapak juru damai. Nama asli Abu Jahal adalah Amr Abu al-Hakam yang artinya Amr.a tidak tegah melihat saudarasaudaranya seiman disiksa seperti itu. dan melarang penduduk mekkah dan luar mekkah berziarah memujah berhala.  Kaum kafir quraisy memintah Abu Thalib. Oleh karena itulah. kaum kafir quraisy menetang keras dan berusaha menghentikan dakwah Rasulullah SAW. hingga aku menang. Bahkan. dan Ummu Amr binti Ysir. disiksa oleh para pemiliknya atau tuannya diluar batas peri kemanusiaan.  Nabi Muhammad SAW sendiri dilempari kotoran oleh Ummu Jamil ( istri Abu Lahab ) dan dilempari isi perut kambing oleh Abu Jahal. aku tidak akan menghentikan dakwah agama Allah ini.  Setiap keluarga dari kalangan kaum kafir quraisy diharuskan menyiksa anggota keluarganya yang telah masuk islam.telah kami terimah dari nenek moyang kami e . padahal itu semua mendatadangkan keuntungan dibidang ekonomi terhadap kaum kafir quraisy. dengan cara memberikan sejumlah uang tebusan kepada tuannya. seperti Bilal. Islam melarang menyembah berhala. agar Rasulullah SAW menghentikan dakwahnya. Usaha-usaha kaum kafir quraisy untuk menolak dan menghentikan dakwah Rasulullah SAW bermacam-macam cara :  Para budak yang telah masuk islam.

S AL KAFIRUN 109 : 1-6 ). Dalam . Empat hari setelah itu istri tercintanya Siti Khadijah juga wafat dalam usia 65 tahu. Di saat lain umat islam menganut agama kaum kafir quraisy dan melakukan penyembahan terhadap berhala.. akhirnya Rasulullah SAW menyuruh sahabatnya. Di negeri Habasyah ini selain memperoleh jaminan keamanan dari Raja Negus. karena Raja Negus di negeri itu suka memberikan jaminan keamanan kepada orang-orang yang meminta perlindungan kepadanya. karena mereka menduga mekkah keadaannya sudah normal. selain Nabi bersabar. karena menurut ajaran islam mencampuradukan akidah dan ibadah islam dengan akidah dan ibadah bukan islam. beliau menyuruh 16 orang sahabatnya. Pada tahun ke 10 kenabian ( 619 M ) Abu Thalib. Menghadapi situasi yang demikian. Peristiwa hijrah yang pertama ke Habasyah terjadi pada tahun 615 M. untuk yang kedua kalinya agar berhijra ke Habasyah. termasuk Usman bin Affan dan 4 orang wanita untuk berhijrah ke Habasyah ( Ethiopia ). paman Rasulullah SAW dan pelindungnya wafat dalam usia 87 tahun. karena ternyata Abu Jahal. Jumlah para sahabat yang berhijrah pada saat itu sebanyak 83 orang laki-laki dan 18 orang wanita. dengan masuk islamnya seorang bangsawan quraisy yang gagah berani yakni Umar bin Khattab. para sahabat nabi juga memiliki kebebasan untuk melaksanakan peribadahan sesuai dengan ajaran islam. Usul tersebut ditolak oleh Nabi. bertawakal dan berdoa. Suatu saat 16 orang berhijrah ke Habasyah ini kembali ke mekkah. Menghadapi tantangan dan kekerasan kaum kafir quraisy terhadap orang-orang islam. termasuk perbuatan haram dan merupakan dosa besar ( Q. Namun dugaan mereka meleset. Caranya suatu saat kaum kafir quraisy menganut agama islam dan melaksankan ajaran agama islam. di bawah pimpinan Jad far bin Abu Thalib. Kaum kafir quraisy mengusulkan pada Nabi Muhammad Saw agar permusuhan di antara mereka di hentikan. pemimpin pasukan kafir quraisy memerintah agar setiap keluarga dari kabilah quraisy meningkatkan tekanan dan siksaannya terhadap anggota keluarga yang masuk islam.

Bahkan menjelang peristiwa hijra tahun 622 m. menyebabkan Abu Lahab seorang kafir quraisy yang sangat keras dalam memusuhi nabi. Wafatnya Abu Thalib sebagi pemimpin Bani Hasyim. Mutd im bin Adi pemimpin kaum Naufal menyatakan perlindungan terhadap Nabi Muhammad SAW. umat islam yatsrib telah bersumpah setia akan melindungi Nabi Muhammad SAW berserta para pengikutnya. menggantikan kedudukan Abu Thalib sebagai pemimpin. Allah SWt senantiasa melindungi Nabi Muhammad SAW dari bebagai malapetaka.sejarah islam tahun wafatnya Abu Thalib dan Siti Khadijah disebut sebagai tahun amul huzni atau tahun berduka ita. Tidak lama setelah Bani Hasyim dipimpin oleh Abu Lahab. £ £ . Semenjak itu Rasulullah SAW tidak lagi memperoleh perlindungan dari kaum kerabatnya yakni Bani Hasyim.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->