BAB I PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang Penggunaan perangkat teknologi informasi dewasa ini hampir merambah semua lini kehidupan. Pengolahan data perkantoran dapat dipercepat dalam waktu singkat dengan bantuan perangkat teknologi seperti komputer. Dengan bantuan komputer, user dapat menyelesaikan tugastugas dan laporan dalam waktu yang relatif lebih cepat. Dengan demikian, user dapat lebih menghemat waktu dan tenaga. Pengelolaan data manajemen perkantoran, perusahaan, sekolah dan lembaga lainnya membutuhkan pengaturan yang spesifik. Tujuan

pengaturan ini adalah agar tercapainya efisiensi waktu dalam mengolah dan memproses data menjadi informasi. Hal semacam ini jarang terwujud karena pemanfaatan perangkat teknologi khususnya komputer di lembagalembaga tersebut masih belum maksimal. Pengolahan data yang kami maksud adalah Pengolahan Nilai dan Absensi Siswa pada SMA NW Anjani. Pemodelan teknik pemanfaatan peralatan teknologi perlu diciptakan. Pengelolaan data dengan sistem berbasis komputerisasi mutlak dibutuhkan. Dengan menggunakan manajemen basis data, maka data akan diolah secara tersentralisasi pada sistem database yang diintegrasikan dalam Database Manajemen Sistem (DBMS).

Sekolah Menengah Atas Nahdlatul Wathan Anjani atau juga disebut dengan SMA NW Anjani merupakan salah satu sekolah yang bernaung dilingkungan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani. SMA NW Anjani merupakan salah satu sekolah yang menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk menunjang pengolahan datanya. Tapi untuk saat ini SMA NW Anjani masih menggunakan sistem manual atau masih menggunkan excel, Oleh karena itu pada saat pengolahan data sering terjadi keterlambatan karena masih menggunkan sistem manual yaitu dengan masih menggunakan peralatan seadanya seperti Kalkulator sehingga terjadi keterlambatan dan tidak efisien khususnya bagi para wali murid karena harus disibukkan oleh itu semua pada setiap akhir semester. Oleh karena itu sebagai penulis yang sedang melakukan penelitian di SMA NW Anjani akan meneliti hal tersebut dengan judul ³Sistem Informasi Absensi Siswa Dan Pegolahan Nilai Pada SMA NW Anjani´ . Perancangan sistem informasi dari pegolahan data tersebut dirancang agar dapat mengelola data secara efektif dan efisien. 1.2. Rumusan Masalah Menilik latar belakang yang telah diuraikan di atas, penulis dapat merumuskan rumusan masalah yaitu ³Bagaimanakah desain dan

implementasi Sistem Informasi Absensi Siswa dan Pengolahan Nilai pada SMA NW Anjani?´

penelitian ini diharapkan bermanfaat kepada berbagai pihak seperti diuraikan berikut ini. Batasan Penelitian Dalam Tugas kali ini. .1.5. SMA NW Anjani akan mampu mengolah Absensi dan Nilai secara efektif dan efisien.4. 1. penggunaan perangkat berbasis komputer yang disertai ketersediaan perangkat lunak program aplikasi khusus. penulis membahas tentang Absensi Siswa dan Pengolahan Nilai pada SMA NW Anjani tahun 2011/2012 yang meliputi pengelolaan data siswa dan pengolahan nilai siswa. 1. Desain dan implementasi sistem yang akan dikembangkan akan merujuk kepada kebutuhan sistem sekolah pada tahun yang telah disebutkan. maka secara teoritis. Program aplikasi yang merupakan output dari ini akan dimanfaatkan sebagai gudang arsip yang siap diakses kapan saja dengan biaya yang ringan. Bagi SMA NW Anjani Dengan melihat dan memperhatikan kemampuan perangkat teknologi infomasi dewasa ini. Secara Teoritis a. Manfaat Penelitian Secara teoritis dan praktis.3. Tujuan Penelitian Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian yaitu ³Ingin mengetahui desain dan implementasi sistem pengolahan data manajemen sekolah pada SMA NW Anjani´. 1.

b. di mana penulis meneliti dan menganalisa sebuah sistem manual yang akan diubah menjadi desain sistem terkomputerisasi. maka sebuah penelitian harus mampu mengimplementasikan teori tersebut ke dunia nyata. Agar tidak hanya sekedar teori. maka dengan ini tersedianya sistem berbasis komputer sebagai output dari diharapkan bermanfaat dan berdaya guna bagi peningkatan performa kerja pegawai tata usaha sekolah pada SMA NW Anjani. Secara Praktis Secara teori mungkin benar seperti diuraikan pada bagian manfaat teoritis di atas.b. akan tetapi akan menjadi tantangan yang sangat harus diselesaika. Bagi Penulis Secara teoritis. Bagi Penulis . Akan tetapi bagaimanakan praktik dan langkah nyata dari teori tersebut. Bagi SMA NW Anjani Beranjak dari pengolahan data yaitu berupa Absensi Siswa dan Pengolaha Nili sekolah dengan sistem manual. penelitian ini menorehkan pengalaman yang sangat kuat bagi penulis . Desain dan implemantasi sistem baru tentu tidak mudah. 2. Adapun manfaat seara praktis yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah : a.

di lapangan kerja penulis mampu menyelesaikan tugas dan masalah yang terkait dengan manajemen informasi. Kemampuan ini akan berpengaruh positif bagi eksistensi kerja penulis sebagai seorang calon sarjana komputer. Kelak. sebagai mahasiswa sistem informasi. Tidak hanya pada taraf teori. tentu harus mampu Menganalisis sistem yang ada saat ini dan menganalisis sistem utuk kedepannya dalam pengolahan informasi. .Bagi penulis . akan tetapi mampu mendesain dan mengimplementasikannya sendiri dengan meniciptakan sebuah perangkat lunak program aplikasi pengolahan informasi.

cara-cara manual seperti disebutkan di atas.BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI 2. Lanjut Suma. lalu dicetak kembali.1. di mana nilai. misalnya. 1981:51). Bila dibandingkan dengan cara-cara sebelumnya yang disebut sebagai cara manual. Pengertian Sistem Sistem adalah suatu jaringan kerja dari procedure yang saling berhubungan. Pengolahan Absensi Siswa Suma (2009). Setelah hasil perhitungan diperoleh. yang artinya saling bekerja sama membentuk suatu satuan. berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kejadian atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu (John Wikley dan sons. dihitung dengan kalkulator di luar sistem. barulah kemudian nilai tersebut dimasukkan ke dalam komputer. Sistem Informasi 1.2. absen guru termasuk juga laporan nilai ujian. menjelaskan bahwa melalui pembuatan aplikasi pengolahan data sekolah dengan sistem basis data dapat mempermudah pembuatan laporan-laporan. 2. absensi siswa. Suma mamberi alasan bahwa proses mudah tersebut terjadi karena data-data yang terkait dengan laporan-laporan tersebut telah diproses dan dihitung secara otomatis di dalam sistem.1. baik itu laporan daftar siswa. Sistem adalah sejumlah komponen yang saling berinteraksi. Landasan Teori 1.Kajian Pustaka 1. akan rentan terhadap kesalahan. .

2001:9). Salah satu alternatif jawabannya mukin saja merupakan suatu keputusan untuk tidak melakukan perubahan apapun terhadap sistem yang berjalan. Alternatif lainnya mungkin hanya diperlukan perbaikan-perbaikan pada sistem tanpa harus menggatinya. tahapan utama dalam proses pengembangan sistem informasi adalah sebagai berikut: 1.2. jr dan Georage Schell. Investigasi Sistem Tahapan ini untuk menentukan problem-problem atau kebutuhan yang timbul. Siklus Hidup Pengembangan Sistem Menurut Tata Sutabri (2004:60). Hal itu memerlukan pengembangan sistem secara menyeluruh atau ada usaha lain yang dapat eilakukan untuk memecahkannya.Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari subsistem (John Willey dan Sons. 1981:15). Analisis Sistem Tahap analisis bertitik tolak pada kegiatan-kegiatan dari tugastugas di mana sistem yang berjalan dipelajari lebih mendalam. Pemakai sistem dan analisis sistem bekerja sama untuk menjabarkan kebutuhan dan kemampuan dari sistem berjalan. Pemakai sistem dan analisis sistem bekerja sama untuk . 1.Leod. Sistem adalah sekolompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencampai suatu tujuan (Raymond Mc. Salah satu tujuan terpenting pada tahap ini adalah mendefinisikan sistem berjalan. 2.

Pertama kali tidak terlalu lama setelah penerapan sistem. Pada akhirnya dengan bepartisifasi penuh dari pemakai sistem secara menyeluruh. menguji serta mendokumentasikan program-program dan prosedur sistem yang diperlukan. di mana tim proyek masih ada dan masing-masing aggota masih memiliki ingatan yang segar atas sistem yang mereka buat. 5. Tujuan tahap ini adalah menyelesaikan desain sistem yang sudah disetujui. mengistal dan memulai penggunaan sistem baru atau sistem yang diperbaiki. Review berikutnya dapat dilakukan kira-kira setalh enam bulan berjalan. Desain Sistem Tahap ini kegiatan diorientasikan pada computer dilaksanaka. Tujuannya untuk menyakinkan apakah sistem tersebut berjalan sesuai tujuan semula dan apakah masih ada perbaikan atau .menjabarkan kebutuhan dan kemampuan dari sistem baru yang akan diusulkan. 3. Rencana pembuatan program dilaksanakan dan juga testing programnya. Latihan para pemakai sistem dimulai. Pemeliharan Sistem Disarankan adanya dua tahap Review yang harus dilaksanakan. Implementasi Sistem Tahapan ini untuk menyelesaikan desain sistem yang ada dalam dokumen desain sistem yang disetujui dan menguji. 4. Spesifikasi perangkat keras pada perangkat lunak (HW/SW) yang telah disusun pada tahap selajutnya ditinjau kembali dan disempurnakan.

Lingkungan luar yang menguntungkan merupakn energy dari sistem dan dengan demikian harus tetap. Lingkungan luar sistemm dapat menguntungkn dan dapatpula bersifat merugikan sistem tersebut. Penghubung Sistem . Tujuan dari proses pemeliharan sistem ini adalah untuk melakukan evaluasi sistem secara cepat dan efisien.3. menyempurnakan proses pemeliharaan sistem dengan selalu menganalisis kebutuahan iformasi yang dihasilakan sistem tersebut dan lain sebagainya. bekerja sama membuat sistem juga memiliki karakterstik atau sifat tertentu. yang mencirikan bahwa hal tersebut bila dilaukan sebagai suatu sistem. 1. Komponen Sistem Suatu sistem terdiri dari jumlah komponen yang saling berinteraksi. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Basis Sistem Batas Sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu dengan suatu sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Karakteristik Sistem Karakteristik Sistem terdiri atas: 1. 3. Lingkungan Luar Sistem (environment) Lingkungan Luar Sistem (environment) merupakan batasan dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.penyempurnaan yang harus dilakukan. 2. 4.

Keluran (output) dari suatu sistem menjadi masukan (input) untuk subsistem yang lainnya dengan melalui penghubung. 7. Keluaran Sistem Keluaran Sistem merupakan hasil dari energi yang diolah dan klasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat berupa masukkan untuk subsistem yang lain atau kepada supra sistem. (maintenance Maintenance input adalah energi yang dimasukkan supaya sistem tersebut dapat beroprasi. Pengolahan Sistem Suatu sistem dapat berupa bagian pengolahan yang akan mengubah suatu masukan menjadi keluaran. 5. Dengan penghubung satu subsistem dapat berinteraksi dengan subsistem yang lainnya membentuk suatu kesatuan. Suatu sistem produksi akan mengolah suatu masukan berupa bahan baku dan bahanbahan yang lain menjadi keluaran berupa barang jadi. Masukan Sistem Masukan kedalam Sistem merupakan suatu energi yang dimasukkan sistem masukkan dapat berupa masukan perawatan Input) dan masukan sinyal (input signal).Penghubung Sistem merupakan media penghubung antar satu subsistem yang penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari subsistem ke subsistem lainnya. 6. Sasaran Sistem . 8. Signal input adalah energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.

misalnya sistem perputaran bumi. Klasifikasi Sistem Sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang. Misalnya sistem teologika. Interakasi di antara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti. Sistem Tertutup . Sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik. diantaranya adalah sebagai berikut : 1. yaitu sistem yang berupa pemikiran-pemikiran hubungan antar manusia dengan Tuhan. sistem produksi dan lainya sebagainya. sistem akuntansi. misalnya sistem komputer. Sistem Alamiah Secara Alamiah adalah suatu sistem yang terjadi secara proses alam. 1. Dan hanya dapat diraskan oleh si pemakai.4.Susatu sistem pasti mempunyai suatu sasaran (goal) atau sasaran (objective). Sistem Abstrak Sistrem abstrak adalah sebuah sistem yang brupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tanpak secara fisik. Sistem Tertentu Sistem tertentu beroprasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diproduksikan. sehingga keseluruhan dari sistem dapat diramalkan. 4. tidak dibuat oleh manusia. 2. maka operasi sistem tidak aka nada gunanya. 3. Kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran.

Akurat Akurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Tepat pada waktunya Tepat pada waktunya berarti informamsi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat informasi yang sudah using tidak akan mempunyai nilai lagi. Pertama.5. Leod. 1. b. Kuantitas Informasi a. Akurat juga berarti harus jelas mencermintak maksudnya. Pengertian Informasi Informasi adalah data yagn diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti lagi bagi yang menerimanya (Jogiyanto. Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi Manger. 2001: 3). Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan yang tepat mengubah atau merusak informasi tersebut.Sistem tertutup adalah sistem yang tidak berhubungn dan tidak terpengaruh dengan lingkungan lainnya. kedua komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik (Raymond Mc. jr. dan perhatian pada topic ini bersumber dari dua pengaruh. bisnis akan semakin rumit. 1. Karena informasi merupakan . Sistem ini berkerja secara otomatis sampai adanya turut campur tangan pihak luar. 1980: 8).

1. Pengertian Sistem Informasi Sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukankebutuhan pengolahan transaksi harian. Pengukuran nilai informasinya biasanya dihubungkan dengan analisis efektif biaya. 2. Lebih lanjut sebagai besar informasi tidak dapat persis ditaksir keuntungannya dengan suatu satuan nilai uang. tetapi dapat ditaksirkan nilai efektifnya. Komponen Sistem Informasi . Relevan suatu informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda. Nilai Informasi Nilai dari suatu informasi ditentukan oleh dua hal.6. antara lain yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya. Bila pengambilan keputusan terlambat. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Relevan Relevan berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. bersifat menejerial dan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan.landasan di dalam pengambilan keputusan. 1. Akan tetapi perlu perhatian bahwa informasi yang digunakan di dalam perusahaannya. tetapi dapat ditaksirkan nilai uang. mendukung organisasi. maka akan dapat berakibat fatal untuk organisasi. c.

Blok teknologi Teknologi digunakan untuk menerima input. Blok masukkan Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar. input disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan. b. Blok basis data Blok basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. c. e.Dalam komponen informasi terdiri dari komponen ± komponen yang disebutkan dengan istilah ³Blok bangunan´. menyimpan dan mengakses data. Blok model Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur. diantaranya adalah: a. menjalankan model. tersimpan . Blok keluar Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan menagemen serta semua pemakai sistem. menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. d. logika dan model matematika yang memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilakan keluaran yang diinginkan.

2001:21). Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi. kegagalan-kegagalan dari sistem itu sendiri. Basis data di akses atau dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak paket yang disebut dengan ³DBMS´ (Data Base management system). f. ketidakefisienan. air. api. kecurangan-kecurangan.7. yaitu: . Malthis dan Jhon H. Blok Kendali Banyak hal yang dapat merusak Sistem Informasi. debu. 1. seperti misalnya bencana alam. Sumber Daya Manusia Sumber daya manusia (Human Resources) mengandung pengertian usaha kerja atau jasa yang dapat diberikan dalam proses produksi sehingga mencerminkan usaha seorang dalam waktu tertentu untuk menghasilkan barang dan jasa (Robert L. Jakson.diperangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. sabotase dan lain sebagainya. Manajemen sumber daya manusia yang berdasarkan empat prinsip. Kesalahan-kesalahan. temperature.

khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain. Alat Bantu Perancangan Sistem 2. DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan. 4. 2. 1990). 3. DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart.1.1. atau model fungsi. segala kultur dan unsur dalam organisasi harus saling menunjang dan dapat kerjasama. model proses. Manajemen sumber daya manusia berhubungan dengan integrasi. Untuk mencapai suatu tujuan tersebut. menjadikan semua anggota terlihat bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut (Komaruddin. Diagram Arus Data (Data Flow Diagram) Data Flow Diagram memungkinkanprofesional (DFD) adalah alat pembuata Model yang sistem untuk menggambarkansistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data. Bahwa manusia adalah harta utama perusahaan dan manajemen yang efektif adalah sebagai kunci bagi terciptanya tujuan organisasi. 2. Kultur dan nilai perusahaan serta situasi organisasi akan memberikan pengaruh yang besar terhadap pencarian tujuan tersebut. baik secara manual maupun komputerisasi. diagram alur kerja. DFD adalah alat pembuatan model yang . Bubble diagram.

1. Tabel 2. Tabel 2. agenda atau baku. Sumber: Jogiyanto HM(2005:701) ³Analisis dan Desain Sistem Informasi Tahapan diagram Arus Data terbagi atas beberapa bagian yaitu : 1. organisasi atau sistem lainya yang berada di lingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem. Dataflow (arus data) arus data ini mengalir diantara proses simpan data dan kesatuan luar. mesin atau komputer hasil suatu arus data yang masuk ke dalam proses untuk dihasilkan. Diagram Konteks . Process (prorses) kegiatan arus kerja yang dari dilakukan oleh orang.1 Simbol Data Flow Diagram (Lanjutan) Simbol Fungsi Data store merupakan simpanan data yang berupa file database atau tabel manual. Simbol-simbol pada Data Flow Diagram dapat dilihat pada tabel 2.memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.1 Simbol Data Flow Diagram Simbol Fungsi Eksternal Entity (kesatuan luar atau batas sistem) berupa orang.

Penjalasan Program flowchart adalah bagan alir yang menggambarkan arus data dari program.1 Simbol-simbol Flowchart program Simbol Terminator Menunjukkan awal dan akhir proses.2. Tabel 2. Diagram Detail Diagram ini dibuat untuk menggambarkan arus data secara mendetail lagi dari tahapan proses yang didalam diagram nol. Diagram Nol Diagram ini dibuat untuk menggambarkan tahapan proses yang ada didalam diagram konteks. 2. yang penjabarannya lebih terperinci. 3. 2. 2. Simbol-simbol yang digunakan pada bagan flowchart ini antara lain seperti pada tabel 2. Decision Digunakan untuk seleksi kondisi didalam program. Fungsi dari bagan alir ini adalah untuk memudahkan programmer di dalam perancangan program aplikasi.Diagram ini dibuat untuk menggambarkan sumber serta tujuan data yang akan di proses atau dengan kata lain diagram tersebut diagunakan untuk menggambarkan sistem secara umum/global dari keseluruhan sistem yang ada.2.1 Simbol-simbol flowchart (lanjutan) Simbol Fungsi Fungsi .

Decision Digunakan untuk suatu seleksi kondisi didalam program. 2. Sumber: Jogiyanto HM(2005:803) ³Analisis dan Desain Sistem Informasi Adapun langkah-langkah dari pembuatan Flowchart program adalah sebagai berikut : 1. 3. Pemahaman masalah. 4. Conector Menunjukkan penghubung ke dalam yang sama. Preparation Digunakan untuk memberi nilai awal variabel. Tentukan input yang sesuai dengan data variabel yang telah disiapkan. Tentukan bentuk program pengolahan data Input . Predefined Process Menunjukkan suatu oprasi yang rinciannya ditunjukkan di tempat lain. Tentukan data (variabel) yang dibutuhkan. Menunjukkan penghubung ke halaman yang baru.Process Digunakan untuk mewakili proses. Flow Lines Symbol Menunjukkan arah dari proses.

untuk memenuhi kebutuhan. hewan. Basis data adalah kumpulan file-file yang saling berelasi.3. NmKelas NIS. dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka. konsep. peristiwa. suatu bentuk organisasi. Sedang Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia pegawai. Relasi tersebut biasanya ditunjukkan dengan kunci dari tiap file yang ada. pelanggan. siswa. teks. basis data diartikan sebagai kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa tanpa pengulangan yang tidak perlu. guru. Penyimpanan data pada basis data dikelola oleh satu atau banyak file. JnsKelamin KdPelajaran.. simbol. Pengertian Basis Data Basis data terdiri dari dua kata. Basis data markas atau gudang tempat bersarang dan berkumpul.NmSiswa. Menurut Kusrini (2006: 2). Contoh data operasional adalah: Data Sekolah Data Kelas Data Matapelajaran KdKelas. Enterprise. yaitu Basis dan Data. barang. Data yang disimpan didalam basis data merupakan data oprasional suatu enterprise. Kantor. Kumpulan data harus mengandung informasi untuk mendukung suatu sistem. universitas. seperti : sekolah. Satu basis data menunjukkan satu kupulan ndata yang dipakai dalam satu lingkup instansi. NmPelajaran . gambar. 2004:16) Istilah-istilah yang dipergunakan dalam sistem basis data adalah : 1. keadaan. bunyi. (Arif. atau kombinasinya. huruf.

Attribute/field. Entitas dilingkungan Universitas (Fakultas. 3. b. JkSiswa berisikan ³04345698´. Atribut siswa Sutrisno. guru. Budiono 5. isi atribut disebut nukau data. . Dosen. NmSiswa. kumpulan isi elemen data atribut yang saling berhubungan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap. Perempuan.2. Contoh : Entity siswa Entity Guru Atributnya Nis. JkSiswa Atributnya adalah NIP. Record/tuple. Mahasiswa). JkGuru 4. Contoh: sekolah merupakan kumpulan entitas siswa dan guru. merupakan data aktual atau inforasi yang disimpan di tiap data element atau atribut. Kumpulan entitas disebut himpunan entitas. NmGuru. c. Contoh : kumpulan atribut NIS. suatu obeyek yang dapat dibedakan dengan obyek lainnya yang dapat diwujudkan di dalam basis data. Contoh: a. Entitas di lingkungan sekolah (siswa. buku). NmSiswa. Data value (nilai atau isi data). Entitas. Nina Warni. karakteristik entitas tertentu.

menggunakan data. NmSiswa.1 Elemen-Element IDE Visual Basic 6. Nis sebagai Kunci Elemen 4. Bahasa Pemerograman Visual Basic 6. Contoh : Entitas data siswa mempunyai atribut-atribut NIS. Selain itu visual basic juga menawarkan berbagai kemudahan dalam mengelola sebuah basis data. 4. Kemudahan ini masih ditambah lagi dengan tersedianya sarana dan peranti yang lengkap. sebagai tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasi entitas dari suatu kumpulan entitas. Dalam pengembangan aplikasi.0 Visual Basic adalah salah satu development tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan windows. Kunci elemen data. namun berbeda-beda valuenya. Window Visual Basic .0 1. 8. 7. File.6. Visual basic menyediakan fasilitas yang memungkinkan anda untuk menyusun sebuah program dengan memasang objek-objek grafis dalam sebuah form. Database Management System (DBMS). kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang elemen dan atribut yang sam. Alamat. sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialek bahasa basic yang cenderung mudah dipelajari. visual basic menggunakan pendekatan visual untuk merancang user interface dalm bentuk form. kemudian yang saling berkaitan bersama dengan program untuk pengelolanya.

Kontrol-kontrol yang terdapat dalam window ini adalah gabungan dari kontrol standar yang digunakan oleh aplikasi window. 5. Pada form ini dapat diletakkan kontrol-kontrol yang diinginkan. 3. Window Code . window project dan window properti. Window toolbox.Visual Basic terdiri dari beberapa windows yang tergabung dalam Windows utama. Window ini juga membuat beberapa window lainnya seperti kerja (form). 2. yang digunakan dalam pembuatan program. Dari windows ini semua kegiatan pembuatan program dapat dilakukan melalui menu-menu yang di sediakan. Window Property Window ini digunakan untuk mengatur sifat (properti) dari form atau kontrol-kontrol dimana masing-msing memiliki program yang berbedabeda. 6. Window Toolbox Window ini merupakan tempat object Visual Basic yang berupa Control atau peralatan gambar form. Window Project Merupakan window yang digunakan untuk manajemen project. Window Form Form merupakan window yang digunakan untuk menggambar antar muka program. 4.

Rutin selalu diawali dengan Sub dan di akhiri dengan End sub juga di lengkapi dengan Event.0 Event merupakan kejadian yang diterima oleh objek (form dan kontrol). f. 2006) . Berikut penjelasan dari beberapa event : a. b. Keypress adalah Kode ASCII d. (Daryanto. Keypress Terjadi jika sebuah tombol keyboard ditekan. Pengkodean terdiri atas rutin-rutin program yang lebih kecil yang memberikan kemudahan pengelolaan kode. Change Terjadi apabila dari sebuah kontrol di ubah. agar objek tersebut berguna sesuai keinginan seperti click. Macam-Macam Event pada Visual Basic 6. drag dan lainlain yang dinyatakan dalam bentuk rutin program. Active Terjadi ketika sebuah form sebagai windows aktif e.Window ini digunakan untuk pengetikan kode. Load Terjadi ketika sebuah form dibuka atau dipanggil. c. Mouse Down Terjadi aplikasi pemakai program hanya menekan dan menahan tombol mouse. Click Pemakaian program menekan dan melepas tombol kiri mouse.

Foxpro. Selain itu Visual Basic menyediakan pembuatan basis data melalui Visual Data Manager (Visdata) merupakan program terpisah yang ditampilkan. 2003) . ada banyak pilihan bentuk report yang bisa dibuat.4.5 Crystal Report memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan Data Report.3 Crystal Report v. Di dalam suatu Basis data dapat disusun atas satu atau lebih tabel yang pembuatannya dilakukan secara Visual. Namun Visual Basic memiliki kemamampuan berkomunikasi dengan basis data Ms.2 Visual Data Manager (Visdata) Untuk menyimpan data yang diinputkan dan agar dapat dilakukan manipulasi terhadap data tersebut maka dibutuhkan adanya Basis data. subreport. Ms. grafik dan lain sebagainya serta mudah diintegrasikan dengan Visual Basic. Untuk membuat Basis data dapat dilakukan dengan menggunakan program lainnya seperti Dbase. (Zuhroh. seperti report sederhana.8. Excel. Access dan lain-lain. selain memiliki banyak pilihan data source. Ms. Access. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful