GPS (Global Positioning System

)
KELOMPOK II

Disusun Oleh : Ahmad Abdul Rohman Irman Dwi Nugraha Roni Ruhyana Sarjono .

Apa Itu GPS ? .

GPS (Global Positioning System) adalah sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. .

Fungsi GPS itu sendiri adalah salah satu fungsinya itu untuk membuat point . route atau mendownload dan mengUpload data ke GPS .

sehingga dapat digunakan untuk memandu pengendara mengetahui jalur yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan. GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu navigasi dengan menambahkan peta.Salah satu kelebihan dan manfaat GPS Manfaat GPS adalah sebagai Pelacak kendaraan. dengan bantuan GPS pemilik kendaraan/pengelola jasa sewa mobil bisa mengetahui ada di mana saja kendaraan/aset bergeraknya berada saat ini. .

Terkadang. dibutuhkan satu satelit untuk memperbaiki sinyal yang diterima.Kekurangan GPS 1. 2. Ketidakakuratan posisi yang ditunjukkan 3. Selain itu. sinyal gps juga mudah berinteferensi dengan gelombang elektromagnetik lainnya . Kecepatan sinyal gps ini juga seringkali berubah karena dipengaruhi oleh kondisi atmosfer yang ada produk gpsny bisa di lihat di toko gps. Penggunaan gps untuk mengetahui posisi yang mengandalkan setidaknya tiga satelit ini tidak selamanya akurat. Gps ini dipengaruhi oleh posisi satelit yang berubah dan adanya proses sinyal yang ditunda.

bagian angkasa 3.Cara Kerja GPS Sistem ini menggunakan sejumlah satelit yang berada di orbit bumi Ada tiga bagian penting dari sistim ini yaitu : 1. bagian pengguna. bagian kontrol 2. .

Makin kecil angka akurasi (artinya akurasi makin tinggi).Akurasi Alat Navigasi GPS Akurasi atau ketepatan perlu mendapat perhatian bagi penentuan koordinat sebuah titik/lokasi. maka posisi alat akan menjadi semakin tepat. . tingkat akurasi ini lebih sering dipengaruhi oleh faktor sekeliling yang mengurangi kekuatan sinyal satelit. Pada pemakaian sehari-hari.

ANTENA Ada dua jenis antena yaitu : jenis Patch Jenis Quad Helix. .

maka ketika alat navigasi menerima koreksi dan memasukkannya kedalam perhitungan. dengan menggunakan stasiun darat.DGPS (Differential Global Positioning System) adalah sebuah sistem atau cara untuk meningkatkan GPS. . Dengan sistem ini. maka akurasi alat navigasi tersebut akan meningkat. yang memancarkan koreksi lokasi.

sehingga transmisi sinyal GPS ditransmisikan pada gelombang 20 cm atau sekitar 1.5 GHZ . Selanjutnya Receiver GPS menghitung timing waktu rambatan gelombang dari satelite Navstar dengan menghitung selisih timing pulsa antara pseudo random code dari Receiver GPS bangkitkan dengan sinyal yang identik dari satelit GPS Navstar.2 -1. data ephemeris dan data almanak.Sinyal GPS Sinyal GPS mengandung tiga informasi yaitu kode pseudorandom. Sinyal transmisi dari satelit GPS merupakan sinyal identifikasi satelit saat sedang mengirim informasi terhadap GPS Receiver. Kelebaran freqwensi (Bandwidth) yang dibutuhkan untuk mentransmisikan pseudo random code sekitar 1 MHz.

Panduan menggunakan GPS GARMIN Seri Ertex .

Menampilkan menu pada halaman utama c. Melihat seluruh data perjalanan pada pointer page Tombol ENTER a. Zoom in dan zoom out pada map page 4. Konfirmasi masukan data atau memilih menu b. Digunakan untuk memilih menu dan pages 2. Tekan dan tahan tombol ENTER untuk mengaktifkan menu mark waypoint . Mengatur tampilan kontras pada satelite page 3.TOMBOL ETREX Tombol UP/DOWN : 1.

Tombol POWER Menghidupkan dan mematikan GPS Menghidupkan dan mematikan lampu layar.Tombol PAGE Untuk kembali ke halaman sebelumnya. . jika anda melakukan sesuatu dan tidak akan melanjutkan anda dapat berhenti dengan menekan tombol PAGE.

Demikian yang bisa kami sampaikan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful