P. 1
1. PENGERTIAN NIFAS

1. PENGERTIAN NIFAS

|Views: 476|Likes:
Published by Almira Nur Islami

More info:

Published by: Almira Nur Islami on Feb 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

pdf

text

original

ASUHAN KEBIDANAN PADA IBU NIFAS

` . Terjadinya proses laktasi membentuk hubungan antara orang tua dan bayi. Pada masa ini terjadi perubahan fisik maupun psikis berupa perubahan organ reproduksi.PENGERTIAN NIFAS Ialah masa sesudah persalinana yang diperlukan untuk pulihnya kembali alat kandungan yang lamanya 6 minggu.

7  LATER PUERPERIUM Terjadi pada minggu 1 sampai 6 minggu setelah melahirkan .PERIODE MASA NIFAS  IMMEDIATE PUERPERIUM Keadaan yang terjadi segera setelah persalinan sampai 24 jam sesudah persalinan  EARLY PUERPERIUM Keadaan yang terjadi pada permulaan puerperium hari 1 .

TUJUAN ASUHAN MASA NIFAS Untuk memulihkan kesehatan fisik dan mental Mencegah terjadinya infeksi dan komplikasi pada ibu dan bayi Memperlancar pembentukan ASI dan pengeluaran ASI Meningkatkan kesejahteraan pada ibu nifas .

.PERAN DAN TANGGUNG JAWAB BIDAN DALAM MASA NIFAS Peran bidan mandiri selama post partum diantaranya : Bidan harus tinggal bersama ibu dan bayi untuk memastikan bahwa keduanya dalam kondisi yang stabil dan mengambil tindakan yang cepat untuk stabilisasi.

Penuhi kebutuhan nutrisi dan hidrasi ibu Merawat kebersihan perineum Anjurkan ibu untuk istirahat dengna posisi yang nyaman . kandung kemih. tekanan darah nadi dan perdarahan setiap 15 menit pada jam pertama dan setiap 30 menit pada jam kedua. kontaksi uterus.LANJUTAN      Observasi tinggi fundus uteri.

sebagai permulaan dapat dilakukan dengan menyusui bayinya. Pastikan ibu buang air kecil dalam 3 jam pasca persalinan  Ajarkan ibu dan keluarga cara memeriksa fundus uteri dan menimbulkan kontraksi  Ajarkan tanda bahaya ibu dan bayi.  Bantu ibu untuk buang air kecil ke kamar mandi.  Biarkan .LANJUTAN bayi bersama ibunya untuk meningkatkan hubungan ibu dan bayinya.

Memberi konseling pada ibu dan anggota keluarga mencegah perdarahan Pemberian ASI awal Menjalin hubungan ibu dan bayi Menjaga bayi tetap sehat dan mencegah hipotermi .KUNJUNGAN PERTAMA        6 ± 8 Jam setelah persalinan Tujuan kunjungan pertama : Mencegah perdarahan karena atonia uteri Mendeteksi dan merawat penyebab lain perdarahan dan rujuk bila perdarahan berlanjut.

KUNJUNGAN KEDUA Dilakukan 6 hari setelah persalinan Tujuan kunjungan kedua : Memastikan uterus berjalan normal Menilai adanya tanda ± tanda infeksi Memastikan ibu menyusui dengan baik dan memeperhatikan tanda ± tanda penyulit Memberikan konseling KB secara mandiri .

KUNJUNGAN KETIGA Dilakukan 2 minggu setelah persalinan Sama dengan kunjungan kedua KUNJUNGAN KEEMPAT Dilakukan pada 6 minggu setelah persalinan Tujuan kunjungan keempat adalah konseling mengenai KB .

mendeteksi dan menangani masalah yang terjadi .PROGRAM DAN KEBIJAKAN TEKNIS ‡ Paling sedikit 4 kali kunjungan masa nifas dilakukan untuk menilai keadaan ibu dan bayi baru lahir untuk mencegah.

FREKUENSI KUNJUNGAN MASA NIFAS ‡ Kunjungan I : 6 ² 8 jam setelah persalinan ‡ Kunjungan II : 6 hari setelah persalinan ‡ Kunjungan III : 2 minggu setelah persalinan ‡ Kunjungan IV : 6 minggu setelah persalinan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->