MACAM-MACAM PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH BAKTERI / JAMUR

Dosen Pengampu : BU AYU WULANDARI Spd Disusun Oleh :

1.

DEDE KRISNAWATI

POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL PRODI D III FARMASI REGULER PLUS TEGAL 2011 i

Makalah ini kami buat dan kami susun untuk tugas microbiologi dan sekaligus untuk menambahkan dan memperdalam pengetahuan tentang studi kasus yang ada dilingkukang kita tentang penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur Selanjutkan makalah ini sudah kami usahakan sebaik mungkin .Kami mengharapkan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua yang membaca makalah ini Wasalamualaikum wr.Wb Puji syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya kami dapat menyelesaikan makalah ini.KATA PENGANTAR Assalamualiakum Wr.Kami menyadari bahwa makalah ini banyak kekurangan.wb Penyusun ii .

..................5 BAB II 2...3 1................................3 Macam±macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri/jamur .........................................................................................................................1 Metode Penulisan...................................................7 DAFTAR PUSTAKA....ii HALAMAN DAFTAR ISI...............................................................4 1...............................................................................7 Saran......................................5 BAB III 3..i KATA PENGANTAR ...............1 Perumusan Masalah........................................................................2 2..............2 PEMBAHASAN Pengertian bakteri dan jamur...........................................................................3 Penyakit kelamin/HIV AIDS..........................................................iii BAB I PENDAHULUAN 1..................................6 PENUTUP Kesimpulan............................................4 2..........................................................................................................................2 BAB IV Latar Belakang Masalah.....2 1..........................................................................1 Tujuan Penulisan..........1 3....8 iii ...................................1 Sistematika Penulisan..................................1 2..................................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ..........................................1 1.......3 2..................................................4-5 Tuberkulosis/tbc...................3 Penyakit hepatitis.....

1.3 Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini adalah : Untuk memenuhi tugas mikrobiologi Semester II tahun pelajaran 2012Untuk lebih meningkatkan pengetahuan kita dalam mata kuliah microbiologi kususya penyakit yang disebabkan oleh bakteri /jamur. Tuberkulosis/tbc 1. Penyakit hepatitis 4.4 Metode Penulisan Untuk penulisan makalah ini menggunakan beberapa buku sebagai bahan referensi dan daftar pustaka.2 Perumusan Masalah Hal-hal yang diungkapkan dalam makalah ini hanya pokok masalah saja yaitu : 1. 1 . Macam±macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri/jamur 3.BAB I PENDAHULUAN 1. Pengertian bakteri dan jamur 2.1 Latar Belakang Masalah Makalah ini dibuat agar pembaca memperoleh wawasan tentang studi kasus yang ada dilingkungan tentag penyakit yang disebabkan oleh bakteri/jamur 1. Penyakit kelamin/HIV AIDS 5.

kesimpulan b. Tuberkulosis/tbc Bab III Penutup Mencakup: a. Bab IV Daftar Pustaka 2 . Penyakit kelamin/HIV AIDS e. Bab II Pembahasan a. Latar belakang masalah b. Sistematika penulisan. Pengertian bakteri dan jamur b.1.5 Sistematika Penulisan Untuk lebih memudahkan penulisan maka di susunlah sistematika sebagai berikut : Bab I Pendahuluan Mencakup a. Metode Penulisan e. Perumusan masalah c. Penyakit hepatitis d. Tujuan Penulisan d. Macam±macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri/jamur c. saran.

hewan atau yang lain. penyakit menular bukan disebabkan faktor fisik (seperti luka bakar dan trauma benturan) atau kimia (seperti keracunan) yang mana bisa ditularkan.Bakteri dan jamur adalah virus atau hewan terkecil yang menyebabkan suatu penyakit baik pada manusia. mulai dari tbc. antara lain : 1. plasenta bayi bagi ibu yang mengandung serta cairan tubuh seperti sperma. Penularan penyakit hepatitis ini melalui aliran darah. 3 . Penyakit Hepatitis Kecepatan penularan penyakit hepatitis 4 kali lebih cepat dari penyakit HIV. influenza. dan air liur. vagina. Ada penyakit menular yang ringan dan ada yang malah bisa menimbulkan kematian bila tidak segera ditangani. bakteria atau parasit). Penyakit menular yang juga dikenal sebagai penyakit infeksi dalam istilah medis adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi (seperti virus. Penyakit Menular yang disebabkan oleh bakteri / jamur Begitu banyak penyakit menular yang bisa menyerang. Macam-macam penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri/jamur yang sering kita temui. dan banyak lagi.

sumbatan kemaluan. Jenis penyakit kelamin bermacam-macam. wanita atau laki-laki yang sering bergonti-ganti teman kencan. Beberapa orang menderita sakit mirip flu dalam waktu beberapa hari hingga berminggu-minggu setelah terpapar virus. bukan hanya penderita tapi juga kesehatan keluarga dan masyarakat lainnya. dari gonorhea. kanker mulut rahim (cerviks) bahkan kematian. hamil diluar kandungan. bayi lahir cacat. laki-laki hidung belang dan sebagainya. Gejala HIV AIDS bisa jadi salah satu atau lebih dari ini semua biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. sakit kepala. 5 . prilaku seks bebas dan juga masalah prostitusi mempercepat perkembangan penyakit kelamin yang bisa mengancam kesehatan. Penyakit kelamin mudah menyerang pada golongan orang yang mempunyai perilaku seks bebas. Misalnya penjaja seks (PSK). baik pada pria maupun wanita. keguguran. Mereka mengeluh demam. sifilis (Syphilis). Gejala HIV AIDS tidak selalu muncul ketika terinfeksi AIDS. impotensi. sampai yang paling berat seperti HIV/AIDS. Penularan peyakit kelamin ini sangat cepat dan bisa tidak disadari oleh penderita. Gejala HIV AIDS Gejala HIV AIDS ± Penyakit HIV AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh sejenis virus yang dikenali sebagai HIV yang menyebabkan kegagalan sistem imun tubuh.Penyakit Kelamin Penyakit kelamin atau PMS ( Penyakit Menular Seksual) adalah suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman atau virus yang bisa ditularkan melalui hubungan seks dan biasanya menyerang daerah kelamin. Ancamannya cukup serius seperti kemandulan. herpes. dan kelenjar getah bening membesar di leher. Banyak orang yang belum tahu ancaman penyakit kelamin ini apalagi ditambah kurang sadarnya menjaga kebersihan kelamin. kelelahan.

Selama periode ini. tetapi belakangan kembali menyerang. Karena kadangkala penyakit batuk sering dianggap sepele. gejala HIV AIDS akan muncul. Salah satunya adalah karena penderita tuberkulosis ini tidak menghabiskan obat mereka. virus terus berkembang biak secara aktif menginfeksi dan membunuh sel-sel sistem kekebalan tubuh. Nafsu makan menurun sehingga mengakibatkan badan menjadi kurus. Pengobatan: Pengobatan untuk TBC bila sudah diketahui sejak dini sebenarnya tidak terlalu mahal dan mudah untuk disembuhkan karena sudah ada obat yang disediakan pemerintah. berkeringat pada malam hari. Penderita akan mengalami demam khususnya pada siang atau sore. Virus HIV menghancurkan sel-sel yang berfungsi sebagai ³pejuang´ infeksi primer. penderita TBC dapat juga dikarantina di tempat khusus agar tidak menularkan penyakitnya. Penyakit ini juga sebenarnya merupakan salah satu penyakit yang sudah ditaklukan. tetangga atau anggota keluarga yang mengalami gejala tersebut. Tidak menghabiskan obat dapat menyebabkan penderita tidak dapat sembuh dan menyebabkan obat tidak mampu lagi melawan kuman karena kuman menjadi kebal. Gejala: Batuk berdahak lebih dari tiga minggu. padahal penyakit ini dapat membunuh seseorang bila tidak segera ditangani dan dapat menular kepada orang lain. Tuberkulosis (TBC) y y y y y Penyebab: Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menular melalui percikan ludah saat penderita batuk.Perkembangan penyakit sangat bervariasi setiap orang. Pencegahan dan solusi: Bila ada teman. virus. Sistem kekebalan memungkinkan kita untuk melawan bakteri. Bila diperlukan. ada baiknya Anda menyarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mengetahui apakah batuknya merupakan penyakit TBC atau tidak. dan penyebab infeksi lainnya. yang disebut CD4 + atau sel T4. Kondisi ini dapat berlangsung dari beberapa bulan sampai lebih dari 10 tahun. Obat harus diminum secara teratur selama 6 sampai 9 bulan untuk menyembuhkan penyakit ini. Setelah sistem kekebalan melemah. Dapat juga disertai batuk yang mengeluarkan darah. 6 .

Banyak juga studi kasus tentang penyakit ±penyakit yang disebabkan oleh bakteri/jamur tersebut dilingkungan sehari. Saran Agar kita terhindar dari penyakit yang diebabkan oleh bakteri / jamur tersebut. 7 .terutama lingkungan rumah.lain.sentuhan dan lain.Kesimpulan Banyak penyakit.badan kita dan sering-seringlah minimal cuci tangan saat akan beraktifitas apapun. kita harus senantiasa menjaga kebersihan.dengan mempelajari microbiologi kita akan lebih tahu tentang penyakit apasaja yang disebabkan oleh jamur/bakteri.penyakit yang disebabkan oleh bakteri / jamur .hari.penyakit tersebut dapat menular lewat udara.

Daftar pustaka - Semua yang ada dimakalah ini diambil seuai dengan studi kasus yang ada dilingkungan sehari-hari Dilihat pada internet tentang penyakit yang disebabkan oleh bakteri/jamur pada manisia 8 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful