BAB I KOMUNIKASI SEBAGAI ILMU A.PENGELOMPOKAN ILMU DAN PERKEMBANGAN ILMU KOMUNIKASI 1.

Pengelompokan Ilmu Dalam Undang-undang Pokok tentang Perguruan Tingi Nomor 22 Tahun 1961 dicantumkan pengelomokan ilnu pengetahuan yang terdiri atas empat kelompok, yaitu: a.ilmu agama/rohani, b.ilmu kebudayaan, c.ilmu sosial, d.ilmu eksakta dan teknik. Berikut ini adalah pembagian ilmu selengkapnya. a.Ilmu Pengetahuan Alam(Natural Science) 1.biologi 2.antropologi fisik 3.ilmu kedokteran 4.ilmu farmasi 5.ilmu pertanian 6.ilmu pasti 7.ilmu alam 8.ilmu teknik 9.geologi 10.dan sebagainya b.Ilmu Kemasyarakatan(Social Science)

Humanities Studies) 1.memperkaya diri dengan cara memperoleh pengertian yang lebih mendalam dan lebih sistematis mengenai ruang lingkup atau bidang perhatiannya.ilmu bahasa 4. Bernard Berelson. Dalam pada itu .Humaniora(Studi Humanitas .ilmu ekonomi 3.ilmu filsafat 3.ilmu agama 2. Ini dikenal dengan two-step flow commication dan multistep flow communication.1. tetapi banyak tahap. Hazel Gaudet.ilmu hukum 2. 2. Communication atau ilmu komunikasi merupakan integrasi prinsip-prinsip komunikasi yang .ilmu seni 6.ilmu politik 9.publisistik dan jurnalistik 11.Perkembanga n Ilmu Komunikasi Penelitian yang dilakukan oleh Paul Lazarsfeld .Harsojo menyatakan bahwa apabila suatu ilmu dipelajari dan dikembanggkan dengan tujuan untuk memajukan ilmu itu sendiri.Prof. maka ilmu seperti itu digolongkan ke dalam ilmu-ilmu murni.ilmu sejarah 8.dan sebagainya c.ilmu jiwa sosial 4. dan lain-lain menunjukan bahwa gejala sosial yang diakibat oleh media masa tidak hanya berlangsung satu tahap.ilmu bumi sosial 7.sosiologi 5.ilmu seni 5.antropologi budaya dan sosial 6.dan sebagainya.ilmu pendidikan 10.

Pengertian komunikasi Menurut Carl I. gambar. kial.PENGERTIAN DAN PROSES KOMUNIKASI 1. Hovland mengatakan bahwa komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain. Lambang sebagai media primer dalam proses komunikasi adalah bahasa. a. isyarat. ilmu komunikasi adalah: upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegar asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap.media 5. warna dll yang secara langsung mmpu menerjemahkan pikiran atau perasaan komunikator kepada komunikan.diketengahkan para cendikiawan berbagai disiplin akademik.message(pesan) 2.feed back(umpan balk) B. . yakni secara primer dan sekunder. 2. Hovland . Komunikologi merupakan program yang luas yang mencakup tanpa membatasi dirinya sendiri kepentingan atau teknik setiap disiplin akademik. Komunikasi berarti juga suatu filsafat komunikasi yang realistis. Proses komunikasi Proses komunikasi erbagi menjadi dua tahap.komunikan 4.komunikator 3. Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan mengunakam lambing sebagai media. Lima unsure komunikasi dasar yaiu: 1.