P. 1
Tujuan

Tujuan

|Views: 30|Likes:
Published by Juarnida

More info:

Published by: Juarnida on Feb 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/04/2013

pdf

text

original

1. Tujuan Pada tahap ini dilakukan analisis terhadap tujuan yang terdapat dalam kurikulum.

Sebenarnya tahap ini berupa analisis tugas, yang mencakup analisis struktur isi pembelajaran, konsep, procedural, dan perumusan tujuan pembelajaran. a. Analisis Struktur Isi Analisis struktur isi adalah analisis isi kurikulum. b. Analisis Konsep Analisis konsep merupakan identifikasi konsep-konsep utama yang akan diajarkan dan menyusunnya secara sistematis serta mengaitkan satu konsep dengan konsep yang lain yang relevan, sehingga membentuk suatu peta konsep. c. Analisi Prosedural Analisis Prosedural digunakan untuk mengidentifikasikan tahap-tahap penyelesaian tugas. Menurut Kemp (1994: 64), analisis procedural digunakan untuk menganalisis tugas dengan jalan mengidentifikasikan tahap-tahap penyelesaiannya. d. Perumusan Tujuan Pembelajaran Penyusunan Tujuan Pembelajaran (TP) atau Indikator Pencapaian Hasil Belajar (IPHB) didasarkan pada kompetense Dasar (KD) dan indicator yang tercantum dalam kurikulum tentang suatu materi. 2. Analisi Siswa Analisis siswa merupakan telaah karakteristik siswa yang meliputi kemampuan, latar belakang pengetahuan, dan tingkat perkembangan kognitif siswa. Dari hasil analisis ini nantinya akan dijadikan kerangka acuan dalam menyusun materi pembelajaran. Menurut teori belajar Piaget perkembangan anak dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu sensorimotor (0-2 than), praoperasional (2-7 tahun), operasional konkret (7-11 tahun), dan operasional formal (11 tahun ke atas) Jika menjadi subjek adalah siswa SLTP kelas I dengan usia antara 12-14 tahun , maka sesuai teori belajar Piaget siswa pada kelompok usia seperti berada dalam tahap operasi formal atau mereka telah mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih baik dan kompleks dari pada anak yang masih berada dalam tahap operasional konkret. 3. Materi Yang dimaksud materi pembelajaran di sini adalah hasil analisi tujuan, yang dinyatakan dengan analisis konsep dan analisis tugas. 4. Tujuan pembelajaran Tujuan pembelajaran adalah tujuan adalah tujuan pembelajaran (khusus) yang diperoleh dari hasil analisis tujuan yang telah dilakukan pada perumusan tujuan pembelajran di atas.

Aktivitas Belajar Mengajar dan Sumber Belajar Pembelajaran pokok bahasan energy ini berorientasi pada pendekatan CTL yang mengacu model pembelajaran langsung dan kooperatif. 7. 8. Tes ini dilakukan untuk penjajakan atau pengukuran tentang penguasaan siswa terhadap tujuan yang harus dicapai. . Penilaian Awal siswa Penilaian awal siswa dilakukan dengan cara memberikan tes. yang berupa pretest.5. sehingga langkah-langkah KBM yang dipersiapkan mengacu pada sintaks atau langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran langsung kooperatif. 6. Pemilihan Pendekatan Pembelajaran Pemilihan pendekatan pembelajaran bertujuan untuk memilih dan merencanakan kegiatan belajar berdasarkan bahan kajian yang sesuai dengan TP yang sudah dibuat agar dapat dicapai hasil belajar yang maksimal. Evaluasi Tes hasil Belajar (THB) disusun berdasarkam pada hasil perumusan tujuan pembelajaran. Tes merupakan salh satu alat untuk mengukur terjadinya perubahan tingkah laku pada siswa setelah berlangsung serangkaian proses belajar mengajar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->